Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yg bermesin 3 silinder..
hukum alamnya nih mesin pincang.....walau diberi balancer sekalilpun...
march
ayla agya
mirage
xenia li
mirage...suaranya kasar euy..kayak mesin jahit.
xenia li, kayak kucing mendengkur...
Entah mengapa, mungkin karena sy gak ngerti permesinan, sy numpang mobil2 3 silinder fine2 saja, getaran yg katanya horor tidak sy rasakan, suara mesin yg katanya kayak mesin jahit gak terlalu terdengar. Atau mungkin karena sensor getaran dan saraf pendengaran sy sudah baal, gara2 dulu sy sering naik bajaj dan metro mini hahaha
Sy gak mau sebut merk seperti kawan2 di sini yg bilang tidak akan beli merk A atw B (dg alasan bq atw ass saat ini hancur lebur atw sunatannya keterlaluan), soalnya jika ternyata merk tersebut produknya dan/atau ass-nya membaik dan membuat kita menjadi berminat membeli, jadi serasa menjilat ludah sendiri
coba bandingkan xenia li vs xenia 1.3
orang awam yg numpangpun akan tau perbedaannya.
bukan akselerasi...tapi suara mesin.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Saya rasa suara mesin 3 silinder jadi terasa mengganggu, karena sejak awal sudah apriori sama mesin itu. Suara mesin yg terdengar jadi semacam reminder "mesin 3 silinder, nih"...bagi yg sudah apriori ya mengganggu konsentrasi nyetir deh, hehe...
Mesin 3 silinder oke, asal jangan xenia Li. 3 silinder + gear ratio pendek + body berat, mesin sering meraung2 karena mainnya di rpm tinggi terus.
Kalau nissan Maret atau K10-nya suzuki masih lbh halus dari pada K3-nya daihatsu yang 4 silinder.
1.juke - mengerikan
2.LCGC - mending beli mobil seken daripada maksa punya mobil gituan(datzun go,agiya,ayila,myrage,bri0,zplash,)
3.mobil roti(epalia ,apvi,luksio dkk)
4.sedan- minjam komen member diatas "kalo masuk mesti miringin badan,d kalo hadapan sama truk kayak mau dilindas
1. mobil yang khusus dibuat hanya untuk pasar ASEAN atau negara berkembang lain / bukan model global
sebut saja dari pemain besar contohnya dari ahond
-BRV,
-MOBILIO,
menurut ane karakteristik brand itu hilang, karena efisiensi dan ngejar ekonomis demi market share. padahal ahond di jaman 90an ampe 2000an awal mobil2 nya sangat idaman dan fun to drive e.g. civic estilo, accord maestro, jazz gd3
jadi untuk skrg mobil yg bener2 masih ad rasa ahond ny paling civic, accord, hrv jazz (masih oke lah ya berhubung desain global) IMHO.
2. mobil rebadge
entah kenapa ini strategi marekting sebuah pabrikan untuk efisiensi di sisi R&D atau hanya untuk tes pasar semata,
contoh gagal ny:
saya gak berani nulis mobil yg gak bakal saya beli... lha gimana, beberapa mobil yg awalnya saya gak suka malah tiba2 ada di garasi... contohnya: brio, dakar lama, fortuner non vnt, livina (kantor), luxio (kantor, gantinya livina)....
FRD wrote:saya gak berani nulis mobil yg gak bakal saya beli... lha gimana, beberapa mobil yg awalnya saya gak suka malah tiba2 ada di garasi... contohnya: brio, dakar lama, fortuner non vnt, livina (kantor), luxio (kantor, gantinya livina)....
abahnyaabdurrahman wrote:1.juke - mengerikan
2.LCGC - mending beli mobil seken daripada maksa punya mobil gituan(datzun go,agiya,ayila,myrage,bri0,zplash,)
3.mobil roti(epalia ,apvi,luksio dkk)
4.sedan- minjam komen member diatas "kalo masuk mesti miringin badan,d kalo hadapan sama truk kayak mau dilindas
Kalo menurut preferensi pribadi, ane cuman akan beli mobil yang model global. Kenapa? Karena model global pasti akan sama di semua market jadi safety dan comfort pasti terjamin.
turbine888 wrote:Kalo menurut preferensi pribadi, ane cuman akan beli mobil yang model global. Kenapa? Karena model global pasti akan sama di semua market jadi safety dan comfort pasti terjamin.
global di brp negara om ?
avanza juga ada di beberapa negara asia macam singapore sampai timur tengah... itu global bukan ?
turbine888 wrote:Kalo menurut preferensi pribadi, ane cuman akan beli mobil yang model global. Kenapa? Karena model global pasti akan sama di semua market jadi safety dan comfort pasti terjamin.
global di brp negara om ?
avanza juga ada di beberapa negara asia macam singapore sampai timur tengah... itu global bukan ?
Bukan om. Kalo menurut ane, mobil global tuh harus di-develop secara ekstensif oleh pihak manufacturer, di-engineer dengan standar dunia/global, lalu dijual dan dipasarkan di berbagai benua sebagai model yang sama. Kalo apanjah kan cuman di-develop oleh TAM dan dijual ke negara" tetangga, afrika, dan amerika selatan.
turbine888 wrote:Kalo menurut preferensi pribadi, ane cuman akan beli mobil yang model global. Kenapa? Karena model global pasti akan sama di semua market jadi safety dan comfort pasti terjamin.
global di brp negara om ?
avanza juga ada di beberapa negara asia macam singapore sampai timur tengah... itu global bukan ?
Bukan om. Kalo menurut ane, mobil global tuh harus di-develop secara ekstensif oleh pihak manufacturer, di-engineer dengan standar dunia/global, lalu dijual dan dipasarkan di berbagai benua sebagai model yang sama. Kalo apanjah kan cuman di-develop oleh TAM dan dijual ke negara" tetangga, afrika, dan amerika selatan.
saya masih agak kurang paham om bedanya dimana..??
avanza juga ada di beberapa negara asia macam singapore sampai timur tengah... itu global bukan ?
Bukan om. Kalo menurut ane, mobil global tuh harus di-develop secara ekstensif oleh pihak manufacturer, di-engineer dengan standar dunia/global, lalu dijual dan dipasarkan di berbagai benua sebagai model yang sama. Kalo apanjah kan cuman di-develop oleh TAM dan dijual ke negara" tetangga, afrika, dan amerika selatan.
saya masih agak kurang paham om bedanya dimana..??
Ane coba jelasin lagi, gan. Sebagai contoh, mobilio, walaupun dijual di India dan Indonesia bukan merupakan mobil global karena disetting dan develop khusus untuk pasar India dan Indonesia dan hanya dijual di pasar itu saja. Sementara itu, jazz merupakan mobil global karena didevelop untuk dijual di seluruh dunia. Dan di belahan dunia mana pun, mobil bernama honda jazz akan sama bentuknya. contoh lainnya adalah mobil" mercedes-benz, bmw, dan pabrikan eropa yang rata" lineup nya merupakan model global.
turbine888 wrote:
Bukan om. Kalo menurut ane, mobil global tuh harus di-develop secara ekstensif oleh pihak manufacturer, di-engineer dengan standar dunia/global, lalu dijual dan dipasarkan di berbagai benua sebagai model yang sama. Kalo apanjah kan cuman di-develop oleh TAM dan dijual ke negara" tetangga, afrika, dan amerika selatan.
saya masih agak kurang paham om bedanya dimana..??
Ane coba jelasin lagi, gan. Sebagai contoh, mobilio, walaupun dijual di India dan Indonesia bukan merupakan mobil global karena disetting dan develop khusus untuk pasar India dan Indonesia dan hanya dijual di pasar itu saja. Sementara itu, jazz merupakan mobil global karena didevelop untuk dijual di seluruh dunia. Dan di belahan dunia mana pun, mobil bernama honda jazz akan sama bentuknya. contoh lainnya adalah mobil" mercedes-benz, bmw, dan pabrikan eropa yang rata" lineup nya merupakan model global.
kalo ngambil contoh avanza. karena di buat/rakit disini meskipun juga dikirim ke luar indonesia (misal timur tengah, afrika, singapura), berarti itu tetap bukan global gitu ya padahal bentuk nya sama persis..?? misal lagi toyota yaris, apakah termasuk model global padahal bentuk untuk asia dan amerika/eropa berbeda..?? misal lagi untuk mpv mitsubishi (meskipun blm jadi), kan dirakit/dibuat disini juga untuk pasar sini dan diluar indonesia, apakah termasuk model global..??
Sebenernya agak rancu sih definisi global product itu...
Intinya : mobil yang rata - rata dijual di negara maju (eropa, amerika, jepang...) biasanya yang disebut global product... sudah lolos uji tabrak Global NCAP... Mobil yang tidak memiliki kriteria spesifik karena bisa diterima di market mana saja... Adanya penyesuaian spesifikasi mungkin sebatas retuning di engine atau fitur penunjang saja... Contoh produk global biasanya dikemas dalam bentuk sedan, hatchback, crossover...
Sedangkan non-global / specific product itu.... biasanya product yang dikembangkan secara khusus oleh si manufacturer untuk comply dengan kondisi geografis tertentu... Contoh produk non-global itu LMPV, LCGC, IMV... Dipasarkan khusus untuk negara - negara berkembang... yang dimana kondisi jalanannya memprihatinkan, kondisi sosial-ekonominya masih belum mapan, masyarakatnya suka bepergian rame-rame pake mobil pribadi (angkut lebih dari 5 orang di dalam 1 mobil plus barang)... Dan biasanya product non-global tidak dijual di negara asal pembuatnya... Agya dan Avanza gak dijual di Jepang, Spin gak dijual di Amerika Utara (Spin masih dijual di Brasil), dst...
Sebetulnya gak ada perlunya kita diskriminasi produk global / tidak... karena produk non-global pun diciptakan sesuai standar dari prinsipal dan biasanya masih se-platform dengan product globalnya. Contoh paling jelas adalah IMV... Hilux itu product global... tapi Kijang/unFortuner itu bukan... Brio itu konstruksi kakinya mirip dengan Honda Jazz/Fit, masih satu turunan... Toyota Agya itu se-platform dengan Toyota Aygo dan sodara tirinya Peugeot 107... Grand Livina yang se-platform dengan Note... dst...
Global / non-Global hanya perkara mobilnya dijual dimana aja... Mereka masih bersaudara dengan main lineups pabrikan... Perkara safety rating yang rendah... Simply karena negara - negara tempat mobil - mobil ini dijual belum punya safety regulation yang jelas...
Last edited by ChZ on Sat Oct 29, 2016 11:53, edited 1 time in total.