Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

gils wrote:
yogaadhiyasa wrote:Makasih sarannya om. Jadi bisa dibilang untuk urusan dashboard retak sudah solved ya om untuk XV40 facelift? Kalau untuk nyetir sendiri camry cenderung kurang asik ya om kalo dibandingkan dengan mercy? Konsumsi BBM juga kayaknya masih lebih borosan camry kalau dibandingkan dengan mercy. Kalo boleh tau dulu camrynya yang versi 2.4 atau 3.5 ya om? Jadi overall om masih tetep lebih merekomendasikan mercy ya om kalo dibandingkan sama camry?
Ya om, Di Unit ex Camry saya sampe 120rbkm++ gak ada yang retak sama sekali,mulus aja.. padahal sering juga kejemur matahari langsung, saya sempet pakai dua dua nya om,2.4V dan terakhir ya 3.5Q ini. kebetulan waktu itu om saya punya showroom mobkas n ada masuk 3.5 Q mint condition, akhirnya saya tuker tambah.. rasa nyetir camry ya saya bilang sih bosenin om sama kaya bawa sedan toyota lain lah, cuman diobati tenaga 3500cc v6 nya memang salah satu yg bikin saya seneng kalo nyetir. lain cerita kalau sdh duduk di belakang,mantap berasa jadi bos.. nyalain kursi pijit,buka sunroof, bakar rokok.. :big_smoking:

saya bandingin sama w204 aja ya om, saya lbh suka nyetir 204. tp jok belakang nya sempit (kalau di bandingkan camry) n saya berasa lebih nyaman di supirin pake camry.. Camry juga bukan mobil rewel sih,saya pakai hampir setiap hari untuk kerja sampai di pake 120rbkm++ (waktu ambil masih 30rb). gada penyakit aneh2, hanya servis berkala. pernah ganti engine mounting.. terakhir di kaki2 ada bunyi gluduk2 tp belom sempet di service mobil dah laku.

kalo om suka main golf, bagasi camry cukup besar bisa muat 2-3 bag Golf :big_exellent:
Kalo sampe 120k KM dan ga ada masalah dashboard retak berarti sudah bagus banget ya om improvement dari toyota ini? Wah, ternyata om termasuk maniak camry juga ya om kalo sampe 2 kali ganti camry. Betul om, kalo duduk di belakang camry ini kita udah ngerasa seperti big boss aja ya om, walaupun harga bekasnya sudah lumayan terjangkau. Jadi overall selama pakai mobil ini cukup tangguh ya om dan ga ada kerusakan yang macem2. Bagasinya luas juga ya om untuk ukuran sedan kalo bisa muat 2-3 bag golf, cocok nih berarti buat saya yang nggak pernah ketinggalan bawa bag golf di bagasi. :big_blushing:
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

3mul wrote:E280 kelasnya beda. tapi kalo 50:50 penumpang dan nyupir sendiri saya tawarin alternatif lain: Accord 3.5 L :mky_01:
Driving pleasure dapet dan duduk di kursi belakangnya lebih lega dari Merc.
Wah, ini alternatif yang cukup menarik juga nih om. Saya baru ingat kalo accord sebelum yang sekarang ini ada versi yang 3.5. Kalo nggak salah mesinnya cukup canggih ya om karena bisa matiin silinder saat macet jadi konsumsi BBMnya lebih irit CMIIW. Tapi saya liat2 kok unitnya cukup jarang juga ya om dipasaran, apalagi di kota saya.
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

Mohon masukannya dari para suhu SM.

Pertama2 saya mau berterimakasih buat para suhu2 disini yang sudah mau berbagi ilmunya ke saya soal otomotif. Sekarang saya jadi tau plus minusnya dari setiap mobil baik camry atau E280 secara detail dan terperinci. Sebenernya dengan tau kelebihan dan kekurangan dari setiap kandidat saya malah jadi semakin bingung karena dua2nya punya keunggulannya masing2 yang susah untuk diabaikan dan pada akhirnya posisi keduanya malah jadi saling imbang antara satu sama lain dan membuat saya makin bingung untuk memilih.

Ditengah2 kebingungan saya ini, saya malah mendapatkan option ke-3 yang ditawarkan ke saya oleh teman lama dari Jakarta yang benar2 diluar dugaan. Jadi, waktu saya telepon dia dan nanya2 soal mercy, dia bilang kalo mau menjual salah satu mobil koleksinya (teman saya ini termasuk maniak mercy dan sudah khatam dalam dunia mercy). Dia bilang, daripada ambil W211 kenapa nggak ambil mobil saya aja. Disitu saya masih bingung mobil mana yang mau dijual karena jumlahnya banyak sekali.

Nah, jadi ternyata mobil yang mau dia jual itu adalah S350 W220 tahun 2005. Setau saya S-class ini adalah W220 terakhir sebelum berganti jadi W221, jadi bisa dibilang model ini adalah facelift yang terakhir dari W220 CMIIW. Mobil ini dia pakai dari baru (tangan pertama). Kondisinya saya yakin masih sangat bagus karena teman saya ini sangat mengerti urusan mercy dan jarang dipakai juga mobilnya, paling hanya sabtu minggu atau waktu ada acara resmi. Sekitar 2 tahun lalu saya sempat bawa mobil ini dan komentarnya sangat luar biasa. Mobilnya sangat2 nyaman dan bertenaga, dan saat itu saya cuma bisa mimpi buat bisa memilikinya. Untuk kondisi saat ini juga sebenernya sudah agak over budget, tapi karena melihat kondisinya yang istimewa, dan ada harga khusus teman, akhirnya saya pertimbangkan juga.

Setelah ngobrol panjang lebar via telepon dan juga chat via BBM, kurang lebih beginilah kondisi mobilnya supaya teman2 disini bisa punya bayangan tentang kondisi mobilnya.

Mobilnya secara umum masih standar dengan beberapa modifikasi ringan yang saya liat dari foto BBM dan terakhir kali saya liat mobil tersebut:

- Velg AMG ori palang 5 R20 (Aslinya mau dijual dengan velg standard, tapi setelah nego2 akhirnya dikasih juga velg AMG ini beserta velg originalnya secara gratis berhubung sudah berteman lama).
- Knalpot sudah lobang 4 (Saya nggak tau apakah cuma ujungnya aja atau gimana, karena setau saya standarnya hanya 2 CMIIW).
- AMG pedal set dan pernak pernik kecil lainnya.

Lainnya masih standar seperti bawaan pabrik.

Nah selanjutnya dimulai dari yang saya suka dulu dari mobil ini:

- Very low mileage (Odometer hanya 17rban KM dari tahun 2005, dan saya yakin nggak akan diakalin soalnya dari teman sendiri dan juga tangan pertama dari baru)
- Eksterior sangat mulus (tidak ada ada lecet atau penyok sedikitpun) dia juga jamin kalo catnya 100% ori dari pabrik, nggak ada bagian yang direpaint sama sekali.
- Cat sangat kinclong karena baru saja dicoating kurang lebih sebulan yang lalu, termasuk bersihin mesin, kolong, interior, dll jadi bisa dibilang kondisi mobil sangat bersih dan terawat.
- Interior sangat bersih karena teman saya ini nggak punya anak kecil, dan dia non-smoker.
- Full service record dari bengkel resmi (Baru2 ini habis service besar di bengkel resmi habis puluhan juta. Semua parts2 yang harus diganti sudah diganti dan dia jamin kalo dalam 1-2 tahun mobil nggak akan jajan yang aneh2). Semua bon terlampir dan kalo saya jadi ambil dibolehkan dibawa ke bengkel resmi untuk general check up dan diagnostic untuk lebih meyakinkan.
- Shockbreaker, dan kompressor airmatic baru di keempat roda (Ini yang menurut saya penting karena kalo sampe rusak akan lumayan menguras kantong).
- Keempat ban masih baru

Secara umum kondisinya sangat bagus untuk ukuran mobil berumur 11 tahun, dan kelihatannya masih sangat segar dan nggak kelihatan kalau mobil sudah capek.

Sekarang, kita bicara masalah kekurangan dari mobil ini yang dibicarakan sama pemiliknya:

- Bagian kulit di setir, switch lampu, dan tombol power window ada yang mengelupas (mungkin karena teman saya ini biasa pake banyak cincin di tangannya, dan seumur2 mobil ini sangat jarang dikasih ke supir, jadi dia sendiri lebih banyak bawa mobil ini sendiri).
- Layar di head unit ada dead pixel (saya nggak tau apakah head unit ini masih bisa berfungsi normal atau nggak selain masalah layar ini).
- Jok tempat supir ada retak sedikit di bagian dudukannya (Tapi nggak terlalu keliatan karena jok tempat supir sudah dikasih cover)
- Mekanisme bagasi agak bermasalah (Yang ini saya bener2 nggak tau apa masalahnya)
- Headlamp agak sedikit kuning, tp masih dalam batas wajar.
- Pajak mepet jatuh temponya.

Itulah kekurangan dari mobil tersebut, setidaknya yang sudah saya tau soalnya saya sudah lumayan lama nggak ketemu sama mobil ini.

Nah pertanyannya jika saya perbaiki semua problem diatas, apakah masih worthed ngambil W220 ini walaupun sudah berusia 11 Tahun? Dan apakah semua problem diatas berpotensi untuk mengeluarkan biaya yang banyak di kemudian hari. Tapi kalo misalnya beli mobil ini saya nggak usah khawatir sama perlakuan dari pemilik sebelumnya karena yang punya teman sendiri yang sudah akrab dan sudah tau bagaimana dia memperlakukan mobil.
Atau malah suhu2 disini lebih recommend untuk ambil resiko cari camry atau W211 di pasaran yang umurnya lebih muda tapi saya nggak tau bagaimana perlakuan dari pemilik sebelumnya (seperti beli kucing dalam karung).
Apakah suhu2 disini ada yang sudah punya pengalaman dengan W220 ini? Apakah mobil ini cukup reliable atau malah cukup rewel?

Rencananya weekend ini saya mau ke Jakarta buat ketemu teman saya ini, dan kalo nggak cocok sekalian hunting buat camry atau W211 yang kondisinya masih bagus.

Mohon maaf kalo saya kesannya seperti nggak punya pendirian dan ganti2 kandidat seenaknya, karena sejujurnya saya juga sama sekali nggak nyangka kalo bakalan ditawarin mobil ini sama temen saya.

Mohon pencerahannya dari para suhu SM yang baik hati tentang apa yang sebaiknya saya lakukan. Karena jujur saat ini saya sangat bingung dengan pilihan yang ada.

Terimakasih SM
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by farizfsa »

yogaadhiyasa wrote:Mohon masukannya dari para suhu SM.

Pertama2 saya mau berterimakasih buat para suhu2 disini yang sudah mau berbagi ilmunya ke saya soal otomotif. Sekarang saya jadi tau plus minusnya dari setiap mobil baik camry atau E280 secara detail dan terperinci. Sebenernya dengan tau kelebihan dan kekurangan dari setiap kandidat saya malah jadi semakin bingung karena dua2nya punya keunggulannya masing2 yang susah untuk diabaikan dan pada akhirnya posisi keduanya malah jadi saling imbang antara satu sama lain dan membuat saya makin bingung untuk memilih.

Ditengah2 kebingungan saya ini, saya malah mendapatkan option ke-3 yang ditawarkan ke saya oleh teman lama dari Jakarta yang benar2 diluar dugaan. Jadi, waktu saya telepon dia dan nanya2 soal mercy, dia bilang kalo mau menjual salah satu mobil koleksinya (teman saya ini termasuk maniak mercy dan sudah khatam dalam dunia mercy). Dia bilang, daripada ambil W211 kenapa nggak ambil mobil saya aja. Disitu saya masih bingung mobil mana yang mau dijual karena jumlahnya banyak sekali.

Nah, jadi ternyata mobil yang mau dia jual itu adalah S350 W220 tahun 2005. Setau saya S-class ini adalah W220 terakhir sebelum berganti jadi W221, jadi bisa dibilang model ini adalah facelift yang terakhir dari W220 CMIIW. Mobil ini dia pakai dari baru (tangan pertama). Kondisinya saya yakin masih sangat bagus karena teman saya ini sangat mengerti urusan mercy dan jarang dipakai juga mobilnya, paling hanya sabtu minggu atau waktu ada acara resmi. Sekitar 2 tahun lalu saya sempat bawa mobil ini dan komentarnya sangat luar biasa. Mobilnya sangat2 nyaman dan bertenaga, dan saat itu saya cuma bisa mimpi buat bisa memilikinya. Untuk kondisi saat ini juga sebenernya sudah agak over budget, tapi karena melihat kondisinya yang istimewa, dan ada harga khusus teman, akhirnya saya pertimbangkan juga.

Setelah ngobrol panjang lebar via telepon dan juga chat via BBM, kurang lebih beginilah kondisi mobilnya supaya teman2 disini bisa punya bayangan tentang kondisi mobilnya.

Mobilnya secara umum masih standar dengan beberapa modifikasi ringan yang saya liat dari foto BBM dan terakhir kali saya liat mobil tersebut:

- Velg AMG ori palang 5 R20 (Aslinya mau dijual dengan velg standard, tapi setelah nego2 akhirnya dikasih juga velg AMG ini beserta velg originalnya secara gratis berhubung sudah berteman lama).
- Knalpot sudah lobang 4 (Saya nggak tau apakah cuma ujungnya aja atau gimana, karena setau saya standarnya hanya 2 CMIIW).
- AMG pedal set dan pernak pernik kecil lainnya.

Lainnya masih standar seperti bawaan pabrik.

Nah selanjutnya dimulai dari yang saya suka dulu dari mobil ini:

- Very low mileage (Odometer hanya 17rban KM dari tahun 2005, dan saya yakin nggak akan diakalin soalnya dari teman sendiri dan juga tangan pertama dari baru)
- Eksterior sangat mulus (tidak ada ada lecet atau penyok sedikitpun) dia juga jamin kalo catnya 100% ori dari pabrik, nggak ada bagian yang direpaint sama sekali.
- Cat sangat kinclong karena baru saja dicoating kurang lebih sebulan yang lalu, termasuk bersihin mesin, kolong, interior, dll jadi bisa dibilang kondisi mobil sangat bersih dan terawat.
- Interior sangat bersih karena teman saya ini nggak punya anak kecil, dan dia non-smoker.
- Full service record dari bengkel resmi (Baru2 ini habis service besar di bengkel resmi habis puluhan juta. Semua parts2 yang harus diganti sudah diganti dan dia jamin kalo dalam 1-2 tahun mobil nggak akan jajan yang aneh2). Semua bon terlampir dan kalo saya jadi ambil dibolehkan dibawa ke bengkel resmi untuk general check up dan diagnostic untuk lebih meyakinkan.
- Shockbreaker, dan kompressor airmatic baru di keempat roda (Ini yang menurut saya penting karena kalo sampe rusak akan lumayan menguras kantong).
- Keempat ban masih baru

Secara umum kondisinya sangat bagus untuk ukuran mobil berumur 11 tahun, dan kelihatannya masih sangat segar dan nggak kelihatan kalau mobil sudah capek.

Sekarang, kita bicara masalah kekurangan dari mobil ini yang dibicarakan sama pemiliknya:

- Bagian kulit di setir, switch lampu, dan tombol power window ada yang mengelupas (mungkin karena teman saya ini biasa pake banyak cincin di tangannya, dan seumur2 mobil ini sangat jarang dikasih ke supir, jadi dia sendiri lebih banyak bawa mobil ini sendiri).
- Layar di head unit ada dead pixel (saya nggak tau apakah head unit ini masih bisa berfungsi normal atau nggak selain masalah layar ini).
- Jok tempat supir ada retak sedikit di bagian dudukannya (Tapi nggak terlalu keliatan karena jok tempat supir sudah dikasih cover)
- Mekanisme bagasi agak bermasalah (Yang ini saya bener2 nggak tau apa masalahnya)
- Headlamp agak sedikit kuning, tp masih dalam batas wajar.
- Pajak mepet jatuh temponya.

Itulah kekurangan dari mobil tersebut, setidaknya yang sudah saya tau soalnya saya sudah lumayan lama nggak ketemu sama mobil ini.

Nah pertanyannya jika saya perbaiki semua problem diatas, apakah masih worthed ngambil W220 ini walaupun sudah berusia 11 Tahun? Dan apakah semua problem diatas berpotensi untuk mengeluarkan biaya yang banyak di kemudian hari. Tapi kalo misalnya beli mobil ini saya nggak usah khawatir sama perlakuan dari pemilik sebelumnya karena yang punya teman sendiri yang sudah akrab dan sudah tau bagaimana dia memperlakukan mobil.
Atau malah suhu2 disini lebih recommend untuk ambil resiko cari camry atau W211 di pasaran yang umurnya lebih muda tapi saya nggak tau bagaimana perlakuan dari pemilik sebelumnya (seperti beli kucing dalam karung).
Apakah suhu2 disini ada yang sudah punya pengalaman dengan W220 ini? Apakah mobil ini cukup reliable atau malah cukup rewel?

Rencananya weekend ini saya mau ke Jakarta buat ketemu teman saya ini, dan kalo nggak cocok sekalian hunting buat camry atau W211 yang kondisinya masih bagus.

Mohon maaf kalo saya kesannya seperti nggak punya pendirian dan ganti2 kandidat seenaknya, karena sejujurnya saya juga sama sekali nggak nyangka kalo bakalan ditawarin mobil ini sama temen saya.

Mohon pencerahannya dari para suhu SM yang baik hati tentang apa yang sebaiknya saya lakukan. Karena jujur saat ini saya sangat bingung dengan pilihan yang ada.

Terimakasih SM
mesin E280 dan S350 sama. based on M272 engine family.
mesin E280 E30 dengan cc 3000cc
mesin S350 E37 dengan cc 3700cc

nyaman jelas S-Class jauuh, duduk belakang apalagi, jauuh enaknya. Setir ringannya jauuuh, nyetir di mainan arcade timezone juga kalah lah ringannya drpd S-Class W220 ini.

empuk, stabil, luas, senyap, lumayan robust, harga mepet cayla baru.

Tapi..
W220 S-Class di Indo lagi bener2 jatuh harganya, jatuh sejatuh2nya. 100jt untuk tahun 2000-2001 juga udah ada. temen baru ambil S350 2005 cuma 200jt. Bisa lebih mahal mercy tiger atau mini kondisi sama-sama oke.

Yakinin garasi muat, panjang 5.2 - 5.3 M.

Liat Option, makin lengkap makin oke, kalo bisa yang ada meja dan tv belakang, krey samping belakang kiri kanan, dan belakang, speaker bose/harman kardon ane lupa, dll terlalu banyak opsi kalo harus ditulis satu persatu.

Yakinin elektrik berfungsi, kalo ambil mercy ajak scan diagnostic di bengkel spesialis pake Xentry atau Star Diagnostic atau ke Beres sekalian.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by ChZ »

yogaadhiyasa wrote: Wah, jadi kalo soal kenyamanan jok belakang E280 masih kalah ya om kalo dibandingkan sama camry. Betul om, saya sudah pernah coba duduk di camry memang nyaman sekali, apalagi yang tipe Q karena jok belakangnya sudah bisa reclining secara electric dan ada kursi pijatnya juga. Jadi diem2 naksir juga ya om sama W211? :big_blushing:
Saya bukan pecinta Mercedes sih oom... cuma klw E280 sih saya memang suka modelnya... apalagi klw barang bagus harga bagus sih :big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by ripratama »

Waahh, first entry to Benz world lgsg pakai S-Class? Bahaya Om.
Next nya mana mau turun ke C atau E? Wkwkwkwk

Seriously, kalau beli W220 sudah harus siap dengan size dan maintenance nya. Utk kenyamanan tdk perlu diragukan.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

farizfsa wrote:mesin E280 dan S350 sama. based on M272 engine family.
mesin E280 E30 dengan cc 3000cc
mesin S350 E37 dengan cc 3700cc

nyaman jelas S-Class jauuh, duduk belakang apalagi, jauuh enaknya. Setir ringannya jauuuh, nyetir di mainan arcade timezone juga kalah lah ringannya drpd S-Class W220 ini.

empuk, stabil, luas, senyap, lumayan robust, harga mepet cayla baru.

Tapi..
W220 S-Class di Indo lagi bener2 jatuh harganya, jatuh sejatuh2nya. 100jt untuk tahun 2000-2001 juga udah ada. temen baru ambil S350 2005 cuma 200jt. Bisa lebih mahal mercy tiger atau mini kondisi sama-sama oke.

Yakinin garasi muat, panjang 5.2 - 5.3 M.

Liat Option, makin lengkap makin oke, kalo bisa yang ada meja dan tv belakang, krey samping belakang kiri kanan, dan belakang, speaker bose/harman kardon ane lupa, dll terlalu banyak opsi kalo harus ditulis satu persatu.

Yakinin elektrik berfungsi, kalo ambil mercy ajak scan diagnostic di bengkel spesialis pake Xentry atau Star Diagnostic atau ke Beres sekalian.
Makasih atas pencerahannya om. Oh, ternyata basic dari mesinnya sama2 M272 ya om, tp cuma beda di displacementnya saja. jadi secara overall S-class ini jauh lebih enak ya om kalo dibandingkan sama W211.

Nah ini yang agak mengganjal om, temen saya buka harga di angka 3XX jt kecil sih om, apakah kemahalan ya om? Berarti kedepannya apakah RVnya akan tetap suram apa malah sudah sampe ke titik terendah ya om yang kalaupun turun juga sedikit2? Kalo soal garasi sih insyaallah muat ya om, soalnya garasi dirumah saya juga lumayan besar, maklum masih bangunan lama.

Kalo yang bisa dilihat secara kasat mata sih om, punya temen saya ini cenderung full option sih om menurut saya. Soalnya mobil ini masuknya lewat IU dan kalo nggak salah ini UK spec karena speedometernya dalam MPH (Maaf sebelumnya saya salah sebut mileage mobil ini 17rban KM, yang benar 17rban miles sesuai yang saya dapat di foto, maklum mata sudah mulai kurang awas). Nah, kelengkapan di mobil ini yang menurut saya beda dari W220 versi lokal kurang lebih begini om:

- TV depan belakang (TV belakang nempel di console tengah).
- Ada sunroof
- Krey samping, dan belakang ada
- Meja lipat di belakang ada
- Ada kulkas dibalik armrest belakang
- Merek speaker saya kurang tau
- Sudah ada tombol start stop engine yang letaknya diatas shift knob

Kayaknya itu saja sih om yang bisa saya sebutin, mungkin kalo sudah liat mobilnya secara langsung bisa saya update lagi. Temen saya juga menyarankan sebelum ambil untuk general check up dulu sekalian diagnostic ke bengkel resmi supaya hati saya lebih tenang nantinya om.
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

ripratama wrote:Waahh, first entry to Benz world lgsg pakai S-Class? Bahaya Om.
Next nya mana mau turun ke C atau E? Wkwkwkwk

Seriously, kalau beli W220 sudah harus siap dengan size dan maintenance nya. Utk kenyamanan tdk perlu diragukan.
Makasih sarannya om. Kalo untuk urusan size dan maintenancenya sih insyaallah saya sanggup om. Sebenernya bapak saya sudah lama berkecimpung di dunia mercy juga om, jadi keluarga kami sudah lumayan akrab dengan mobil lansiran mercy termasuk dengan saya. Jaman dulu banget juga pernah pakai W202 dan W124 meskipun belom bisa beli sendiri (masih dibelikan orangtua) om, abis itu sempet bosen dan akhirnya setelah sudah bisa cari uang sendiri mulai pindah haluan ke BMW juga. Dari situ saya jadi lumayan tau tentang seluk beluk perawatan mercy dan mobil eropa lainnya supaya nggak terlalu bikin kantong bolong om, tentunya dibantu juga sama bengkel2 spesialis yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kalo untuk urusan turun kelas ke C atau E class sih rasanya mau2 aja om asalkan yang baru, apalagi kalo dikasih gratis. :mky_03:
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by arfyano »

kondisi S Class nya sangat menggiurkan, tapi harga nya juga ga murah sih, lain hal kl tmn si om jual 200jt, hihihi.. kl saya pribadi utk milih mbl mewah mending merk jepang,, emang siih nyetir camry itu kesannya membosankan, tp kebayar sm kenyamanan, kemewahan, fitur dan kemudahan dlm perawatannya.. btw, budget 300jt itu sudah dpt camry xv50 blm ya?
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

arfyano wrote:kondisi S Class nya sangat menggiurkan, tapi harga nya juga ga murah sih, lain hal kl tmn si om jual 200jt, hihihi.. kl saya pribadi utk milih mbl mewah mending merk jepang,, emang siih nyetir camry itu kesannya membosankan, tp kebayar sm kenyamanan, kemewahan, fitur dan kemudahan dlm perawatannya.. btw, budget 300jt itu sudah dpt camry xv50 blm ya?
Betul om, kondisi S-classnya memang sangat istimewa. Alasan ini jugalah yang bikin saya tertarik meskipun umur mobilnya sudah lumayan tua. Rencananya nanti di jakarta mau saya nego2 lagi harganya dan moga2 bisa dibawah kepala 3 harganya. Jadi overall om lebih pilih camry ya dibandingkan dengan 2 kadidat mercy lainnya. Kalo untuk XV50 kayaknya saya perlu stretch budget lagi om, itupun juga paling dapetnya yang batch awal (2012) dan tipe paling rendah (tipe G) CMIIW. Anyway, terimakasih banyak om buat komentarnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by ChZ »

S-Class memang menggiurkan sih om... Kenyamanan dan gadget nya pasti di atas Camry atau E280... Baca baca dari kondisinya sepertinya terawat.

Tapi yang menjadi concern saya adalah umur dan mileage nya... Mobil ini sudah 11 tahun, mau se-sehat apapun namanya udah tua... ya kayak lansia lah... se sehat-sehatnya mbah-mbah kita tetep aja penyakitnya ada... Jadi kalo ekspektasi mobil ini bakal gak ada masalah ke depannya, sepertinya agak salah. Mileage 17k miles, sekitar 30-40k... Saya kok malah menghindari mobil seken dengan mileage rendah jarang dipake gini. Yang sering dipake sehari - hari malah lebih sehat.

Malah menurut saya akan makin banyak masalahnya seiring usia bertambah... Belum lagi S-Class ini mengadopsi fitur elektris yang banyak gak ditemui di E-Class apalagi C-Class... So resiko electrical faulty juga banyak. ECU faulty? Bisa jadi... Temen saya ML350 2009 ECU nya sudah repair 1x... Mesin M272 juga tuh. Belom suspensi AIRMATIC nya yang pasti gak akan se-awet per dan shock biasa.

Kenikmatan berkendara kok saya masih megang E280... Terutama soal transmisi nya yang lebih advanced. Belum lagi dimensinya jelas lebih mudah mengendalikan W211 dibanding W220. I'm not a fan of big limo like S-class 7serie or such... Menurut saya sedan sebesar E-Class atau Camry sudah cukup besar untuk sehari - hari. E-class secara ukuran jauh lebih sensibel.

Dan in fact E280 adalah trim tertinggi dari E-Class W211 sedangkan S350 itu trim menengah nya S-Class W220.... Prinsip saya : lebih baik beli mobil yang kelasnya dibawah tapi top trim daripada beli mobil kelas atasnya yang entry level. Yah walaupun S350 gak entry level amat sih... masih ada S280. Subjektif saya kalo ditanya mending beli Accord VTi S86 2001 atau Civic FD2 2006 pasti saya ambil Civic nya... Walaupun fitur-fitur di Accord lebih lengkap, tapi trim VTi... alias trim terendah. Agak gimana gituuuu beli mobil seken dapetnya trim terendah sementara selisih harga dengan trim tertinggi cuma beda dikit.

W220 juga bukan termasuk jajaran Mercedes yang "legendaris"... Memang Mercedes tipe paling mewah (S class geto...) tapi not the best or the worst S-Class... Apalagi "cuma" S350, that's why it won't became a future classic... Kalo S500 atau S600 yaa patut dipertimbangkan... (makanya harga sekennya S350 W220 ini cukup drop.... karena yah gak spesial-spesial amat... Populasinya juga banyak... but it's an S-Class tho...)

E-Class W211 kalo dapet yang Edition 9 malah berpotensi jadi Future Classic... Edisi terakhir dan limited (AFAIK) E-Class W211... Plus modelnya yang masih sedep dipandang sampe sekarang.... belum kemakan umur.

Subjective saya akan pilih E280 ... Tapi kalo money is no object dan memang hati condong ke S-Class ya ambil aja W220nya... kalo sudah terbiasa piara Mercedes kurasa gak akan kaget sama service bill nya... yaa mahalan pasti dibanding C atau E.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by farizfsa »

Buat saya sih W220 mau yang facelift S500 kalo udah diatas 300 mahal, kecuali s600, or s class amg original beda cerita. Untuk tahun segitu harusnya udah cuma 200an.

Saat ini w220 banyak diincar buat di modif karena gampang dibikin ceper dan keren. Ga terlalu banyak dandanin sana sini buat tampil ok.

Milage rendah ga jaminan ok. Pernah saya punya clk tahun 2002 km 2000 dan clk 2001 km 70000. Yang rewel yg 2000km aja.

Kalo diliat dr option sih oke, tp blm bs justify 300++ nya itu. 300++ bisa dpt w211 9th edition, w212 E250 E300 tahun awal dengan nego keras atau w204 C300 panoramic amg pack.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

ChZ wrote:S-Class memang menggiurkan sih om... Kenyamanan dan gadget nya pasti di atas Camry atau E280... Baca baca dari kondisinya sepertinya terawat.

Tapi yang menjadi concern saya adalah umur dan mileage nya... Mobil ini sudah 11 tahun, mau se-sehat apapun namanya udah tua... ya kayak lansia lah... se sehat-sehatnya mbah-mbah kita tetep aja penyakitnya ada... Jadi kalo ekspektasi mobil ini bakal gak ada masalah ke depannya, sepertinya agak salah. Mileage 17k miles, sekitar 30-40k... Saya kok malah menghindari mobil seken dengan mileage rendah jarang dipake gini. Yang sering dipake sehari - hari malah lebih sehat.

Malah menurut saya akan makin banyak masalahnya seiring usia bertambah... Belum lagi S-Class ini mengadopsi fitur elektris yang banyak gak ditemui di E-Class apalagi C-Class... So resiko electrical faulty juga banyak. ECU faulty? Bisa jadi... Temen saya ML350 2009 ECU nya sudah repair 1x... Mesin M272 juga tuh. Belom suspensi AIRMATIC nya yang pasti gak akan se-awet per dan shock biasa.

Kenikmatan berkendara kok saya masih megang E280... Terutama soal transmisi nya yang lebih advanced. Belum lagi dimensinya jelas lebih mudah mengendalikan W211 dibanding W220. I'm not a fan of big limo like S-class 7serie or such... Menurut saya sedan sebesar E-Class atau Camry sudah cukup besar untuk sehari - hari. E-class secara ukuran jauh lebih sensibel.

Dan in fact E280 adalah trim tertinggi dari E-Class W211 sedangkan S350 itu trim menengah nya S-Class W220.... Prinsip saya : lebih baik beli mobil yang kelasnya dibawah tapi top trim daripada beli mobil kelas atasnya yang entry level. Yah walaupun S350 gak entry level amat sih... masih ada S280. Subjektif saya kalo ditanya mending beli Accord VTi S86 2001 atau Civic FD2 2006 pasti saya ambil Civic nya... Walaupun fitur-fitur di Accord lebih lengkap, tapi trim VTi... alias trim terendah. Agak gimana gituuuu beli mobil seken dapetnya trim terendah sementara selisih harga dengan trim tertinggi cuma beda dikit.

W220 juga bukan termasuk jajaran Mercedes yang "legendaris"... Memang Mercedes tipe paling mewah (S class geto...) tapi not the best or the worst S-Class... Apalagi "cuma" S350, that's why it won't became a future classic... Kalo S500 atau S600 yaa patut dipertimbangkan... (makanya harga sekennya S350 W220 ini cukup drop.... karena yah gak spesial-spesial amat... Populasinya juga banyak... but it's an S-Class tho...)

E-Class W211 kalo dapet yang Edition 9 malah berpotensi jadi Future Classic... Edisi terakhir dan limited (AFAIK) E-Class W211... Plus modelnya yang masih sedep dipandang sampe sekarang.... belum kemakan umur.

Subjective saya akan pilih E280 ... Tapi kalo money is no object dan memang hati condong ke S-Class ya ambil aja W220nya... kalo sudah terbiasa piara Mercedes kurasa gak akan kaget sama service bill nya... yaa mahalan pasti dibanding C atau E.
Betul om, biarpun kondisi mobilnya sangat terawat tapi pada akhirnya umur dari mobil itu sendiri memang nggak bisa bohong ya. Saya juga pernah dikasih saran sama montir langganan kalo mobil setiap hari dipakai (terutama mobil eropa) jatuhnya akan lebih awet kalo dibandingkan mobil yang jarang keluar. Nah, soal electrical ini juga merupakan salah satu concern saya om, apalagi kalo melihat unit S-class ini adalah versi CBU yang punya banyak fitur tambahan kalo dibandingkan dengan S-class lokal (ATPM), sementara kalo untuk urusan airmatic insyaallah aman om untuk sementara waktu, karena shock dan kompressornya baru saja diganti kan.

Nah, kalo soal kenikmatan berkendara ini om yang bagi saya masih agak rancu. Kalo dari segi dimensi memang W211 lebih kompak jadinya lebih gesit buat di perkotaan, tapi kalo liat beragam fitur dari S-class ini banyak juga om sepertinya yang bisa menunjang kenikmatan berkendara biarpun dimensinya sangat bongsor. Belum lagi karena bobotnya yang lebih berat, pasti kestabilannya juga lebih baik. Saya pribadi sebenernya sudah pernah merasakan mobil ini sekitar 2 tahun lalu dan saya bisa bilang kalo mobil ini cukup nikmat untuk dikendarai sendiri walaupun dimensinya yang bongsor agak menyulitkan buat bermanuver di perkotaan. Satu yang saya ingat saat nyetir mobil ini, yaitu radius putarnya yang sangat kecil buat mobil seukuran ini (IMHO).

Saya yakin kok om kalo di masa yang akan datang mobil ini nggak akan menjadi future classic. Teman saya juga pernah bilang, kalo mau cari mercy yang bisa jadi investasi, cari yang jumlah pintunya sedikit (cth: coupe or cabrio). Selain itu mobil ini juga populasinya cukup banyak di pasaran (meskipun nggak bisa dibilang pasaran jg).

Ini juga om yang menjadi dilema saya, sebenernya kalo saya mau berpikir rasional beli camry yang 2.4 saja sudah cukup kan? Toh alasannya ganti mobil juga cuma ingin naik kelas, sudah cukup mewakili lah kalo sebelumnya punya altis terus ganti ke camry. Tapi sebenernya alasan saya ganti altis saya ini karena saya merasa altis saya ini terlalu "biasa" buat saya. Memang, saya sebenernya sangat puas sama mobil ini, mobilnya tangguh, hemat BBM, nyaman, cukup bertenaga buat saya, tapi entah kenapa kok nggak ada rasa unique di mobil ini. Semuanya terasa datar dan sepertinya ada sebuah "Faktor X" yang hilang dari mobil ini yang nggak bisa saya ungkapkan dengan kata2. Nah sekarang "Faktor X" itu yang lagi saya coba gali om. Jadi kesimpulannya, otak saya pasti pilih mobil jepang dengan segala kelebihannya, tapi hati saya pasti pilih mobil eropa dengan segala uniqueness dan "Faktor X" yang dimilikinya. Jadi begitu kira2 om keadaannya, semoga si om nggak ikut2an pusing ya. :mky_01:
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

farizfsa wrote:Buat saya sih W220 mau yang facelift S500 kalo udah diatas 300 mahal, kecuali s600, or s class amg original beda cerita. Untuk tahun segitu harusnya udah cuma 200an.

Saat ini w220 banyak diincar buat di modif karena gampang dibikin ceper dan keren. Ga terlalu banyak dandanin sana sini buat tampil ok.

Milage rendah ga jaminan ok. Pernah saya punya clk tahun 2002 km 2000 dan clk 2001 km 70000. Yang rewel yg 2000km aja.

Kalo diliat dr option sih oke, tp blm bs justify 300++ nya itu. 300++ bisa dpt w211 9th edition, w212 E250 E300 tahun awal dengan nego keras atau w204 C300 panoramic amg pack.
Wah, jadi kalo menurut om harganya tergolong overpriced ya om untuk ukuran W220. Nanti pas disana saya pasti bakalan nego2 lagi om untuk dapet best pricenya, harapannya sih dibawah kepala 3 juga sudah lumayan bagus buat saya.

Betul om, saya sempet liat2 di majalah banyak sekali W220 yang dimodif elegant style dan hasilnya sangat luar biasa dengan ubahan yang minim. Setuju om, mileage rendah juga nggak menjamin kesehatan mobil itu sendiri.

Oiya om, sekedar mengingatkan kalo harga tersebut sudah include velg AMG R20 original beserta dengan ban yang baru. kalo misalkan harga velg dan bannya saya asumsikan sekitar 40 jt CMIIW, apakah setelah dipotong harga velg dan ban tersebut harganya masih relevan om? Saya awalnya nggak tertarik buat ambil option ini (maunya pakai velg standar saja). Tapi, setelah dilihat2 kok pas dipakein velg ini kegantengannya langsung meningkat drastis ya om.

Wah, apa bener om bisa dapet W212 dibawah 400jt? Soalnya saya liat2 kok harganya masih diatas 400 semua ya om rata2?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by farizfsa »

menurut ane sih overpriced, unless itu S500, boleh deh.

velg AMG R20 itu sudah itungan seken, diliat juga asli apa ga, soalnya tw nya mirip sekali.

seken 40 juta sudah bukan kelas AMG tp velg forged amerika atau Brabus Mono tiga.

kalo saya sih, ttp stick ke W211, mobil akan lebih kepake, dr pada S-Class, percayalah kalo make sendiri agak males.

W212 beberapa seller udah jual di kepala 3 tinggal pinter2 nyari.

kalo tetep W220, pastiin mbl akan di keep jangka waktu yang lama biar ga nyesel pas jual
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by ChZ »

yogaadhiyasa wrote:
Nah, kalo soal kenikmatan berkendara ini om yang bagi saya masih agak rancu. Kalo dari segi dimensi memang W211 lebih kompak jadinya lebih gesit buat di perkotaan, tapi kalo liat beragam fitur dari S-class ini banyak juga om sepertinya yang bisa menunjang kenikmatan berkendara biarpun dimensinya sangat bongsor. Belum lagi karena bobotnya yang lebih berat, pasti kestabilannya juga lebih baik. Saya pribadi sebenernya sudah pernah merasakan mobil ini sekitar 2 tahun lalu dan saya bisa bilang kalo mobil ini cukup nikmat untuk dikendarai sendiri walaupun dimensinya yang bongsor agak menyulitkan buat bermanuver di perkotaan. Satu yang saya ingat saat nyetir mobil ini, yaitu radius putarnya yang sangat kecil buat mobil seukuran ini (IMHO).

Saya yakin kok om kalo di masa yang akan datang mobil ini nggak akan menjadi future classic. Teman saya juga pernah bilang, kalo mau cari mercy yang bisa jadi investasi, cari yang jumlah pintunya sedikit (cth: coupe or cabrio). Selain itu mobil ini juga populasinya cukup banyak di pasaran (meskipun nggak bisa dibilang pasaran jg).

Ini juga om yang menjadi dilema saya, sebenernya kalo saya mau berpikir rasional beli camry yang 2.4 saja sudah cukup kan? Toh alasannya ganti mobil juga cuma ingin naik kelas, sudah cukup mewakili lah kalo sebelumnya punya altis terus ganti ke camry. Tapi sebenernya alasan saya ganti altis saya ini karena saya merasa altis saya ini terlalu "biasa" buat saya. Memang, saya sebenernya sangat puas sama mobil ini, mobilnya tangguh, hemat BBM, nyaman, cukup bertenaga buat saya, tapi entah kenapa kok nggak ada rasa unique di mobil ini. Semuanya terasa datar dan sepertinya ada sebuah "Faktor X" yang hilang dari mobil ini yang nggak bisa saya ungkapkan dengan kata2. Nah sekarang "Faktor X" itu yang lagi saya coba gali om. Jadi kesimpulannya, otak saya pasti pilih mobil jepang dengan segala kelebihannya, tapi hati saya pasti pilih mobil eropa dengan segala uniqueness dan "Faktor X" yang dimilikinya. Jadi begitu kira2 om keadaannya, semoga si om nggak ikut2an pusing ya. :mky_01:
Hmmm bener-bener-salah sih kalau ini... sebetulnya yang bikin mobil stabil adalah center of gravity... bukan bobotnya :mky_01: Stabilnya kurasa mirip-mirip ya... Buat saya yang jarang bawa mobil Eropa sekali bawa sih kelas yang manapun terasa napak banget sama tanah.

S-Class memang radius putarnya kecil kok oom... lebih kecil dari Toyota Yaris baru mungkin :big_slap: liat S-Class puter balik di kota itu gak terlihat kesusahan kayak nyetir sedan gede. Cuma kayak nyetir sedan sekelas Honda City kalo puter balik... faktor RWD nya juga sih.

Tapi saya pribadi kalo cari S-Class... setuju sama oom di atas... 300 sih mending cari S500 sekalian... Other than that... mending E-class...

Faktor X.... mungkin logo Mercedes nya bikin terasa spesial kalau di jalan :big_peace: dan kalo disetir berasa beda dibanding Altis atau Camry. Camry is literally a bigger Altis....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

farizfsa wrote:menurut ane sih overpriced, unless itu S500, boleh deh.

velg AMG R20 itu sudah itungan seken, diliat juga asli apa ga, soalnya tw nya mirip sekali.

seken 40 juta sudah bukan kelas AMG tp velg forged amerika atau Brabus Mono tiga.

kalo saya sih, ttp stick ke W211, mobil akan lebih kepake, dr pada S-Class, percayalah kalo make sendiri agak males.

W212 beberapa seller udah jual di kepala 3 tinggal pinter2 nyari.

kalo tetep W220, pastiin mbl akan di keep jangka waktu yang lama biar ga nyesel pas jual
Wah jadi ternyata dengan harga segitu juga masih terasa overpriced ya om untuk ukuran W220. Sebagai informasi thread ini sudah saya kasih liat ke teman saya pemilik mobil tersebut om, jadi selanjutnya bisa jadi bahan "pembelaan" buat saya supaya bisa nego lebih sadis lagi. :mky_03:Nanti sesampainya di jakarta saya akan ngomong lebih lanjut sama beliau untuk dapat harga yang terbaik. Makasih juga buat teman2 disini yang sudah kasih informasi berapa harga yang pantas buat W220 ini.

Terimakasih banyak om koreksinya, jadi velg AMG ini beserta sama bannya juga nggak sampai 40 jt ya om harganya. Maaf saya sejujurnya memang nggak begitu ngerti harga pasaran velg dan cuma bisa berasumsi. Kalo soal keaslian velgnya, insyaallah pemiliknya bisa jamin kalo ini velg AMG asli. Soalnya, dia nanti juga akan mencantumkan receipt waktu dia beli velg ini di permaisuri ban jakarta waktu mobilnya masih baru.

Kalo harga W212 bisa di angka kepala 3 sebenernya bisa jadi alternatif yang cukup menarik ya om. Tapi kok sepertinya kalo di angka 3 kecil agak mustahil ya om. Kepala tiganya kalo asumsi saya pasti sekitar 3 besar dan hapir mepet 4. Dan kalo harganya dibawah pasaran juga saya agak ragu dengan kondisinya yang kurang terawat jg ya om meskipun hal tersebut tidak mutlak. tapi kalo harus stretch budget sampe segitu jujur saja saya belom sanggup om. :big_blushing:
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

ChZ wrote:Hmmm bener-bener-salah sih kalau ini... sebetulnya yang bikin mobil stabil adalah center of gravity... bukan bobotnya :mky_01: Stabilnya kurasa mirip-mirip ya... Buat saya yang jarang bawa mobil Eropa sekali bawa sih kelas yang manapun terasa napak banget sama tanah.

S-Class memang radius putarnya kecil kok oom... lebih kecil dari Toyota Yaris baru mungkin :big_slap: liat S-Class puter balik di kota itu gak terlihat kesusahan kayak nyetir sedan gede. Cuma kayak nyetir sedan sekelas Honda City kalo puter balik... faktor RWD nya juga sih.

Tapi saya pribadi kalo cari S-Class... setuju sama oom di atas... 300 sih mending cari S500 sekalian... Other than that... mending E-class...

Faktor X.... mungkin logo Mercedes nya bikin terasa spesial kalau di jalan :big_peace: dan kalo disetir berasa beda dibanding Altis atau Camry. Camry is literally a bigger Altis....
Makasih banyak atas koreksinya om, maklum saya memang kurang paham soal engineering seperti ini om. Jadi secara umum kestabilannya tetap beda tipis ya om kalo dibandingkan sama adik2nya.

Betul om, pertama kali bawa mobil ini juga saya kaget kalo mobil sebesar dan sepanjang ini bisa belok sepatah itu. Ternyata faktor FWD atau RWD juga bisa berpengaruh ya om untuk masalah radius putaran.

Nanti di jakarta bakalan saya nego2 lagi juga om harganya, kalaupun akhirnya nggak jodoh juga bisa cari camry atau W211 yang kondisinya masih bagus mumpung masih di jakarta. Soalnya, kalo di kota saya barangnya lumayan susah om buat dicari, jadi alternatifnya pun nggak banyak.

Nah, soal faktor X ini yang agak rancu om, karena maksud saya ganti mobil juga pengen merasakan sesuatu yang spesial yang nggak bisa didapatkan di mobil saya sekarang ini.
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by armann »

arfyano wrote:kondisi S Class nya sangat menggiurkan, tapi harga nya juga ga murah sih, lain hal kl tmn si om jual 200jt, hihihi.. kl saya pribadi utk milih mbl mewah mending merk jepang,, emang siih nyetir camry itu kesannya membosankan, tp kebayar sm kenyamanan, kemewahan, fitur dan kemudahan dlm perawatannya.. btw, budget 300jt itu sudah dpt camry xv50 blm ya?
xv50 awal2 msh di 360an itupun tipe g, sunat abis
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

Selamat sore teman2 SMers

Jadi tadi siang saya sudah ketemu sama teman saya itu, dan setelah nego2 lagi dan dengan segala pembelaan dari thread ini akhirnya harga bisa turun ke angka 275jt include sama velgnya. Nah, apakah menurut teman2 harga tersebut sudah cukup reasonable untuk ukuran sebuah W220? Oiya, berhubung teman saya ini juga punya W211 (E260 elegance) yang sayangnya tidak dijual, saya akhirnya bisa sedikit membandingkan antara dua mobil tersebut. Saya tau, kalo perbandingan kedua mobil ini tidak apple to apple, tapi maksud saya cuma sebagai perbandingan saja supaya nantinya nggak penasaran. Saya juga sempat test drive keduanya, sekalian juga test duduk di belakang, dan kira2 beginilah komentar saya:

-Soal dimensi memang lebih enak bawa W211 karena berasa lebih gesit buat meliuk di kemacetan.
-Untuk suspensi masih enak W220 karena berasa lebih empuk dan stabil saat kecepatan tinggi (mungkin factor airmatic juga). Naik W220 ini berasa seperti naik magic carpet kalo menurut saya, karena semua guncangan di jalan benar2 bisa diredam dengan baik oleh mobil ini.
-Tenaga masih enak W220, mungkin ini juga karena tidak apple to apple karena selisih displacementnya jg besar.
-Kenyamanan masih bagus W220 karena kursinya berasa lebih empuk baik depan dan belakang dan legroomnya luar biasa lebar.
- Konsumsi BBMnya jelas lebih irit W211 karena displacementnya juga jauh lebih kecil.
-Fitur/gadget lebih menang W220, kalo didalem sepertinya ga akan kekurangan hal untuk dimainkan.

Setelah melihat mobilnya secara langsung saya juga mau kasih tau beberapa option yang saya nggak sebut sebelumnya:

- Jok ada heater (saya pribadi suka sekali dengan fitur ini)
- Memory seat depan belakang
- Orthopedic seat (ini yang membuat jok W220 jauh lebih nyaman dibandingkan W211)
- Sound system harman kardon
- Telepon mobil original merek nokia 2 buah (armrest depan dan belakang)
- Sudah pakai big brake kit dari AMG original kepunyaan S65 (specnya: Depan: 8 piston dengan piringan cakram 380mm drilled, Belakang: 4 piston dengan piringan cakram 355mm drilled) Saya sudah coba, rem ini luar biasa pakem tapi saya masih ada keraguan apakah di masa yang akan datang rem ini akan membawa masalah mengingat sudah bukan aslinya lagi?
- Ada speedometer dari S65 AMG juga yang angka maksimalnya sampai 320 KMH (kondisi tidak terpasang di mobil, mobil sekarang pakai speedometer MPH asli bawaannya) Nah, pertanyaan saya kalo speedometer ini dipasang bisa mempengaruhi system elektrikal atau tidak?
- Full bodykit S65 AMG original with part number, teman saya ini handcarry dari jerman waktu liburan. (kondisinya juga tidak terpasang, tapi kalo jadi ambil bakal dikasih)

Nah, selanjutnya kita ke bagian kekurangannya, berikut ini kekurangan dari mobil ini setelah saya liat langsung tambahan dari kekurangan sebelumnya:

-Kaca film V-kool bawaan sudah mulai pudar, apalagi yang di bagian kaca belakang, mungkin karena terlalu sering menyalakan defogger CMIIW.

-Karpet interior sudah mulai bulukan, awalnya saya nggak tau karena didobel dengan karpet karet.

- Armrest depan dan plafon sedikit kotor, tapi nggak begitu berpengaruh.
- Aki mobil ini ternyata sudah berumur 5 tahun, sebenernya masih berfungsi bagus, tapi saya nggak tau sampai berapa lama lagi.

Begitulah kira2 kondisi mobilnya setelah saya liat secara langsung dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Secara umum saya sangat suka dengan mobil ini, saat saya nyetir mobil ini secara langsung kok rasanya saya bisa dengan mudahnya melupakan W211 apalagi camry.

Bagaimana komentar teman2, kalo kira2 responnya bagus saya rencananya mau langsung DP aja sebelum diserobot sama orang lain. :mky_03:

Terimakasih SM
Last edited by yogaadhiyasa on Sat Oct 01, 2016 12:04, edited 1 time in total.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by 3mul »

Kalo saya jd si Om, dengan mileage rendah, bonus segudang n service record yg bagus pastinya saya ambil.

Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

3mul wrote:Kalo saya jd si Om, dengan mileage rendah, bonus segudang n service record yg bagus pastinya saya ambil.

Sent from my LG-D855 using Seraya Motor mobile app
Wah, jadi overall masih cukup worthed ya om mobilnya buat diambil. Terimakasih juga buat sarannya om. :big_exellent:
Awakhan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Thu Dec 11, 2014 12:39

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by Awakhan »

klo 275 jadi nya + velg amg nya. udah ambil aja om. yg penting mesin sehat, ada service record. kaki kaki juga masih baru kan..
yogaadhiyasa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Mon Apr 25, 2016 10:13

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by yogaadhiyasa »

Awakhan wrote:klo 275 jadi nya + velg amg nya. udah ambil aja om. yg penting mesin sehat, ada service record. kaki kaki juga masih baru kan..
Betul om, harga 275jt itu sudah include sama velg AMG dan juga perintilan yang sudah saya sebutkan diatas. Kalo soal mesin insyaallah aman om karena mobil ini sudah ada service record dari bengkel resmi, dan shock beserta kompressor airmaticnya juga kebetulan baru saja diganti. Anyway, terimakasih banyak atas sarannya om.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4727
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Camry 3.5Q 2011 Vs Mercedes-Benz E280 7G-Tronic W211 2009

Post by F272 »

Jadi Penasaran juga saya nih.....
ada penampakan Foto mobil nya ga om yogaadhiyasa....
hehehe..boleh dong di shrare...