Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kensfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Aug 14, 2016 6:46

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kensfield »

Turboman wrote:
kensfield wrote:
Turboman wrote: 2GD kasih T8700 aja
Kalo ft8700 lumayan pak harganya
Hehe
Budget aku dibawah 110rb/lt untuk 10rb km pak soalnya
Kira-kira apa ya pak
Tq
wah oli kelas entry level jangan dipaksain utk 10 rb km om, kecuali om nempuh 10 rb km dlm 2 bulan dan jalan selalu lancar / nyetir pulse n glide / mesin std

Kendall Super DXA 10W30, sy perna test sampe 9000 km di ToKiDies
Berarti better pakai idemitsu tapi ganti 5rbkm ya pak dengan filter sakura?
Selama ini aku pakai castrol a5 5w30 jalan 10rb km sih pak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kensfield wrote:
Turboman wrote:
kensfield wrote: Kalo ft8700 lumayan pak harganya
Hehe
Budget aku dibawah 110rb/lt untuk 10rb km pak soalnya
Kira-kira apa ya pak
Tq
wah oli kelas entry level jangan dipaksain utk 10 rb km om, kecuali om nempuh 10 rb km dlm 2 bulan dan jalan selalu lancar / nyetir pulse n glide / mesin std

Kendall Super DXA 10W30, sy perna test sampe 9000 km di ToKiDies
Berarti better pakai idemitsu tapi ganti 5rbkm ya pak dengan filter sakura?
Selama ini aku pakai castrol a5 5w30 jalan 10rb km sih pak
Busseetttt

om rencana pake mobil setahun - 2 tahun aja ya ?

dari interval oli dan jenis oli yg om gunakan, itu mesin sih bisa aus prematur tu om......hati2

Kecuali 10 rb km dicapai dlm 2 bulan ya oli2 tsb bisa pake 10 rb km, itupun dgn catatan jalan lancar terus / gaya nyetir pulse n glide dan mesin STANDARD (light tune masi bisa)

Idemitsu 10W30 yg di sini versi bensin kan ? (bukan high TBN / high SAPS)

Kalo mau pake 10W30 Diesel bisa pake oli OEM Mitsu punya, nah itu ganti aja tiap 5000 km (tapi jangan expect utk performa ya)

Jika mobil per bulan jalan 1000 - 1500 km :

Yg moderate = Kendall Super D-XA 10W30 pake 8000 - 9000 km atau 9 bulan max

Castr Magna Diesel 10W30 pake 7500 - 8000 km

Castrol Magna Prof kalo pake juga 7500 km aja

Kecuali pake Castrol EDGE 0W40 ya bisa utk 10 - 12 rb km or 12 bulan max.
* Bukan ajakan Beli *
GoldyBrown
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by GoldyBrown »

Om turbo saya mau tanya, saya ada gk 5 dirumah punya kakak km baru 2100an, kmrn pas service 1000 km si blm disuruh ganti oli, disuruhnya pas 5000 aja, tapi dirumah ada oli nganggur nih 1 magnatek 10-40 api SN, sayaang klo gak dipake, dan sering bolak balik tol jarak lumayan, kalo dituang fine2 aja apa gak ya kira2 utk break in sampe 5000 aja? klo soal bbm rada boros dikit si gpp, nanti pas 5000 dan seterusnya pengennya pake 5-30 aja. trims om
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by anrico17 »

Mau numpang nanya
Mobil ane bentar lagi jadwal ganti oli, kr kr ada yng bs kasih rekomendasi yng bagus apa, dalam konteks bikin tarikan lbh ringan dan tahan agak lama (lbh dri 6 bulan), soalnya gk sering dipake

Oya mobil ane hrv 1.5
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
kensfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun Aug 14, 2016 6:46

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kensfield »

Turboman wrote:
kensfield wrote:
Turboman wrote:
wah oli kelas entry level jangan dipaksain utk 10 rb km om, kecuali om nempuh 10 rb km dlm 2 bulan dan jalan selalu lancar / nyetir pulse n glide / mesin std

Kendall Super DXA 10W30, sy perna test sampe 9000 km di ToKiDies
Berarti better pakai idemitsu tapi ganti 5rbkm ya pak dengan filter sakura?
Selama ini aku pakai castrol a5 5w30 jalan 10rb km sih pak
Busseetttt

om rencana pake mobil setahun - 2 tahun aja ya ?

dari interval oli dan jenis oli yg om gunakan, itu mesin sih bisa aus prematur tu om......hati2

Kecuali 10 rb km dicapai dlm 2 bulan ya oli2 tsb bisa pake 10 rb km, itupun dgn catatan jalan lancar terus / gaya nyetir pulse n glide dan mesin STANDARD (light tune masi bisa)

Idemitsu 10W30 yg di sini versi bensin kan ? (bukan high TBN / high SAPS)

Kalo mau pake 10W30 Diesel bisa pake oli OEM Mitsu punya, nah itu ganti aja tiap 5000 km (tapi jangan expect utk performa ya)

Jika mobil per bulan jalan 1000 - 1500 km :

Yg moderate = Kendall Super D-XA 10W30 pake 8000 - 9000 km atau 9 bulan max

Castr Magna Diesel 10W30 pake 7500 - 8000 km

Castrol Magna Prof kalo pake juga 7500 km aja

Kecuali pake Castrol EDGE 0W40 ya bisa utk 10 - 12 rb km or 12 bulan max.
Idemitsu yg bisa buat bensin dan diesel itu pak
Iya rencana pemakaian 3 tahun aja sih pak atau 200rb km
Kalo oli nissan bagaimana pak?
User avatar
bramray
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Nov 14, 2016 10:59
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by bramray »

om Turbo,
mau tanya donk, saya pengguna toyta rush 2015 A/T sebelumnya pake oli castrol 5-30 pas servis 10k ditawarin oli TMO 0-20 nah sekarang udah pakai yang 0-20 , yng terasa aneh adalah kenapa saat pakai 5-30 dlu keceptan 100kpj itu bisa di raih di 3000 rpm, atau kadang 2900 an, jalanan lurus penumpang hanya saya dengan nBB 100kg, setelah pakai TMO kenapa jadi 0-20 jumlah nya sama2 3liter (plus gnti filter oli) kenapa saat lari 100kpj jadi 3200an RPM padahal harusnya lebih encer kan lebih mudah mencapai 100kpj nya,
saya gnit oli setiap 3 bulanan atau maks 5000km, dari castrol cuma part synth harga 150, kalo TMO 160 ktnyanya udh full synth , dari harga kalo emg bneran full synth kok cm beda 10rb rupiah aja yah, apa jgn2 oli saya ini di isi yang 10-30 klo dgn uang sgtu kan bisa sja dapaat yg 10-30 (maaf jadi curiga tak berdasar)
apakah betul logika saya ini? kalo ake lebih encer harusnya mencapai 100kpj kan lebih mudah kok mesin jadi lebih ngeden yah om?
yang sempat saya amati saat yang castrol kalo awal ganti mmg rasanay berat mendekati 3 bulanan terasa lebih encer dan mudh mncapai 100kpj cm wktu awal ganti yang castrol gak sempat lihat 100kpj nya diraih berapa rpm krn belum tau ada oli tmo yang 0-20 itu saat udah akir2 mau ganti baru betul2 konsen kesitu dan kecewa akrena kok yang pasti jadi lebih boros biasa isi 50 -70 jadi skg 70 -100 rb
tapi dengan castrol yang udah terasa makin enak di akir itu apakah itu pertanda oli mulai rusak jadinya terasa enak , sekaan terkesan olinya makin enak namun yang pasti i bku manual rekom 5-30 tapi kok SA toyota nawarin 0-20 alias gak papa kan yah harusnya, tapi manual berkata lain?
gimana yah om, tapi saya jadi bingung karena andai ganti ke castrol lagi kok rasanay hati ini berat karena ceritanay TMO kan udh full synth kalo castrol kan masih semi, tapi kalo dari pengalaman pemakaian kok enakan castrol ya?
mohon bantuannya om - om sekalian
Terima Kasih banyak atas jawabnya om,
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by pernahmiskin »

Pagi om turboman...

Diantara honda e-pro, shell hx 8, evalube ultra dan mobil super 2000 ( semua 5w-30)
Buat pemakaian 7500km / 9 bulan worthed mana....
Terima kasih banyak sebelumnya....
Buat hrv km 26rb
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

pernahmiskin wrote:Pagi om turboman...

Diantara honda e-pro, shell hx 8, evalube ultra dan mobil super 2000 ( semua 5w-30)
Buat pemakaian 7500km / 9 bulan worthed mana....
Terima kasih banyak sebelumnya....
Buat hrv km 26rb
Kendall 5W30 semi synth ajah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

bramray wrote:om Turbo,
mau tanya donk, saya pengguna toyta rush 2015 A/T sebelumnya pake oli castrol 5-30 pas servis 10k ditawarin oli TMO 0-20 nah sekarang udah pakai yang 0-20 , yng terasa aneh adalah kenapa saat pakai 5-30 dlu keceptan 100kpj itu bisa di raih di 3000 rpm, atau kadang 2900 an, jalanan lurus penumpang hanya saya dengan nBB 100kg, setelah pakai TMO kenapa jadi 0-20 jumlah nya sama2 3liter (plus gnti filter oli) kenapa saat lari 100kpj jadi 3200an RPM padahal harusnya lebih encer kan lebih mudah mencapai 100kpj nya,
saya gnit oli setiap 3 bulanan atau maks 5000km, dari castrol cuma part synth harga 150, kalo TMO 160 ktnyanya udh full synth , dari harga kalo emg bneran full synth kok cm beda 10rb rupiah aja yah, apa jgn2 oli saya ini di isi yang 10-30 klo dgn uang sgtu kan bisa sja dapaat yg 10-30 (maaf jadi curiga tak berdasar)
apakah betul logika saya ini? kalo ake lebih encer harusnya mencapai 100kpj kan lebih mudah kok mesin jadi lebih ngeden yah om?
yang sempat saya amati saat yang castrol kalo awal ganti mmg rasanay berat mendekati 3 bulanan terasa lebih encer dan mudh mncapai 100kpj cm wktu awal ganti yang castrol gak sempat lihat 100kpj nya diraih berapa rpm krn belum tau ada oli tmo yang 0-20 itu saat udah akir2 mau ganti baru betul2 konsen kesitu dan kecewa akrena kok yang pasti jadi lebih boros biasa isi 50 -70 jadi skg 70 -100 rb
tapi dengan castrol yang udah terasa makin enak di akir itu apakah itu pertanda oli mulai rusak jadinya terasa enak , sekaan terkesan olinya makin enak namun yang pasti i bku manual rekom 5-30 tapi kok SA toyota nawarin 0-20 alias gak papa kan yah harusnya, tapi manual berkata lain?
gimana yah om, tapi saya jadi bingung karena andai ganti ke castrol lagi kok rasanay hati ini berat karena ceritanay TMO kan udh full synth kalo castrol kan masih semi, tapi kalo dari pengalaman pemakaian kok enakan castrol ya?
mohon bantuannya om - om sekalian
Terima Kasih banyak atas jawabnya om,
coba cek setelan rem tangannya om

biasa BeRes hobby setel rem tangan sampe rapet, alhasil roda belakang muternya gak bebas
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
nuwbee
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Nov 06, 2014 11:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by nuwbee »

Pagi Om Turboman, saya mo tanya, saya ada Fortie VNT light tune 260dk-600nm, sekarang sih pake shell helix ultra untuk 10k km. pemakaian 60km tol terus. tapi di akhir pekan bisa 200km keluar kota kondisi lalin kombinasi. masih oke atau harus gimana om? makasih banyak om :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

nuwbee wrote:Pagi Om Turboman, saya mo tanya, saya ada Fortie VNT light tune 260dk-600nm, sekarang sih pake shell helix ultra untuk 10k km. pemakaian 60km tol terus. tapi di akhir pekan bisa 200km keluar kota kondisi lalin kombinasi. masih oke atau harus gimana om? makasih banyak om :)
SHU 5W40 kan ?

ga masalah
* Bukan ajakan Beli *
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kenop »

om turbo sy mau nanya, klo misal nya spek oli mobil minta nya synthetic (ato plg ngga dari pabrikan nya uda dikasih synthetic), klo diisi oli mineral apa bakal jadi masalah di kemudian hari?

drain interval per 5000 km misal nya dgn oli mineral, dan untuk pemakaian jangka panjang..

thanks om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kenop wrote:om turbo sy mau nanya, klo misal nya spek oli mobil minta nya synthetic (ato plg ngga dari pabrikan nya uda dikasih synthetic), klo diisi oli mineral apa bakal jadi masalah di kemudian hari?

drain interval per 5000 km misal nya dgn oli mineral, dan untuk pemakaian jangka panjang..

thanks om
mobil apa ?
* Bukan ajakan Beli *
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kenop »

Turboman wrote:
kenop wrote:om turbo sy mau nanya, klo misal nya spek oli mobil minta nya synthetic (ato plg ngga dari pabrikan nya uda dikasih synthetic), klo diisi oli mineral apa bakal jadi masalah di kemudian hari?

drain interval per 5000 km misal nya dgn oli mineral, dan untuk pemakaian jangka panjang..

thanks om
mobil apa ?
misal nya mobil sy deh, ertiga
spek oli mineral nya sama2 dari viskositas dan API nya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kenop wrote:
Turboman wrote:
kenop wrote:om turbo sy mau nanya, klo misal nya spek oli mobil minta nya synthetic (ato plg ngga dari pabrikan nya uda dikasih synthetic), klo diisi oli mineral apa bakal jadi masalah di kemudian hari?

drain interval per 5000 km misal nya dgn oli mineral, dan untuk pemakaian jangka panjang..

thanks om
mobil apa ?
misal nya mobil sy deh, ertiga
spek oli mineral nya sama2 dari viskositas dan API nya..
Ertiga kasih mineral gpp

kalo yg minta full synth biasanya mesin2 High Perf

spek terendah yg bisa digunakan ikutin buku manual aja

Sent from my MI NOTE LTE using Seraya Motor mobile app
* Bukan ajakan Beli *
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kenop »

Turboman wrote:
kenop wrote:
Turboman wrote: mobil apa ?
misal nya mobil sy deh, ertiga
spek oli mineral nya sama2 dari viskositas dan API nya..
Ertiga kasih mineral gpp

kalo yg minta full synth biasanya mesin2 High Perf

spek terendah yg bisa digunakan ikutin buku manual aja

Sent from my MI NOTE LTE using Seraya Motor mobile app
woke dehh.. siap.. thanks om turbo info nya :big_deal:
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Hanggar »

Mobil harian ane Kia Sedona, engine KV6 2500cc V6. Std buku manual sih pake 10w-30 . . . tapi ane pake 10w-40 . . . masih aman ngak yah? Krn mesin sudah HLA.

Engine sudah pernah restorasi total, dulu bengkel malah sarankan pake 15w-40 krn mesin tua dan gap nya mgkn sudah nga serapet barunya. Benar ngak tuh?

Dalam sebulan saya menempuh 1800km - 2000 an km dgn kondisi super macet (pulangnya 35 km bisa 2,5 jam rata2).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Hanggar wrote:Mobil harian ane Kia Sedona, engine KV6 2500cc V6. Std buku manual sih pake 10w-30 . . . tapi ane pake 10w-40 . . . masih aman ngak yah? Krn mesin sudah HLA.

Engine sudah pernah restorasi total, dulu bengkel malah sarankan pake 15w-40 krn mesin tua dan gap nya mgkn sudah nga serapet barunya. Benar ngak tuh?

Dalam sebulan saya menempuh 1800km - 2000 an km dgn kondisi super macet (pulangnya 35 km bisa 2,5 jam rata2).
10W40 masih layak utk HLA
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Hanggar »

Thanks Om Turbo.

Selama ini saya puas pake oli Mobil 10w-40, ada saran oli dikisaran harga yg sama tapi lebih bagus performanya? Saya agak bolot soal oli, pakenya itu2 ajah . . . hehehehe.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Hanggar wrote:Thanks Om Turbo.

Selama ini saya puas pake oli Mobil 10w-40, ada saran oli dikisaran harga yg sama tapi lebih bagus performanya? Saya agak bolot soal oli, pakenya itu2 ajah . . . hehehehe.
tuh Q8 yg lagi promo aja di BliBli

murah tuh yg 10W40 nya

kalo mau lebih baik ya 5W40

monitor aja nguap nggal nya
* Bukan ajakan Beli *
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Or4cle »

Hello Om Turbo ... Mau tanya nihh
Amsoil OE 5W-30 bisa gak dipakai sampai 15.000 KM ? Mobil Jazz I-DSI GD3, rute dalkot kadang2 tol lukot (Jabotabek), rata2 pemakaian 30 KM/hari

Saat ini sudah hampir 10.000 KM dan masih enak dipakai
Terima kasih
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by pernahmiskin »

Turboman wrote:
pernahmiskin wrote:Pagi om turboman...

Diantara honda e-pro, shell hx 8, evalube ultra dan mobil super 2000 ( semua 5w-30)
Buat pemakaian 7500km / 9 bulan worthed mana....
Terima kasih banyak sebelumnya....
Buat hrv km 26rb
Kendall 5W30 semi synth ajah
Siap om turboman, Terima kasih....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
geloman72
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Apr 03, 2016 14:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by geloman72 »

Malam Om turbo,

saya penguna gnVeloz 1,5 m/t km 10ribuan , suka bawa di tol high rpm
di buku disarankan pake oli 0w20
oli apa yang bagus ya om? bugdet sekitar 200/liter nya
thx om Turbo
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Nugrohonug »

Om turbo mau tanya nih,lebih bagus mana om antara mobil 1 delvac esp sama mobil 1 turbo diesel truck buat old ps dakar ? Pemakaian sering gasspoll om,bbm biosolar mix dex 50:50
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

Or4cle wrote:Hello Om Turbo ... Mau tanya nihh
Amsoil OE 5W-30 bisa gak dipakai sampai 15.000 KM ? Mobil Jazz I-DSI GD3, rute dalkot kadang2 tol lukot (Jabotabek), rata2 pemakaian 30 KM/hari

Saat ini sudah hampir 10.000 KM dan masih enak dipakai
Terima kasih
Walah Ams OE idealnya 8000 km max

10 rb km sih udah lampu kuning
* Bukan ajakan Beli *