Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by ecco »

SMers,

saya mau berbagi pengalaman mesin ngelitik - gak OOT kok dijamin he..he..he..
Selama ini saya selalu beranggapan kalo mobil ngelitik karena pakai BBM busuk atau oktan kurang, ternyata salah besar. Mobil saya Swift Sport 2014, baru dari showroom saya bawa udah ngelitik, isi full tank Vpower (blom ada P.Turbo) tetep aja ngelitik. Ke Beres saya komplen, SA mengamini bunyi yg saya dengar itu ngelitik jadi bukan halusinansi saya doang, udah dibersihin semprot2...tetep ngelitik.

Tiba saat servis 1000km pertama, ganti oli ke redline 5w30. Ngelitik ilang, tapi berasa berat, maklum Redline 5w30 itu berat bgt. Sampai saya buang oli di 5000 (karena waktu servis sudah tiba), aman sejahtera dari ngelitik.
Oli berikutnya United F1 Experience. Aman lancar tanpa ngelitik sejauh 3500an KM, menjelang 4000an dan selanjutnya...ngelitik datang kembali walau tidak separah baru beli. Aneh bih ajaib, frustrasi, dongkol, dll.
Servis 10rb KM, oli diganti ke Amsoil 0w20. Kembali aman lancar tanpa ngelitik, mesin sangat responsive dan rev happy (kalau transmisi suka nyendal itu perkara beda, nanti saya tulis di trit oli metik) ...dan bebas ngelitik ini berlangsung sampai oli dibuang di 15rb KM.

Nah momen pembuktian. Berhubung di rumah ada Amsoil 0w20 sisa 2 botol dan SGO 2 liter, saya campur lah 2 jenis oli itu tidak lupa saya tambah sedikit oli Omega 300 buat naikin Moly dan bawa ke Beres untuk servis rutin 15rb KM. Selesai servis keluar bengkel...NGELITIK...langsung dongkol, mau balik ke beres malas, kok rasanya gak ada urusan sama Beres. OK, saya jalankan mobil abis servisan lamaan dikit, saya bawa sampai 1600an KM...ngelitik hampir selalu muncul bagitu RPM mulai naik melibihi 2000. Saya udah curiga ini urusan sama Oli - dengan modal filter oli yang memang selalu saya siapkan di mobil, saya bawa oli Mazda Golden Eco SM (beli murah banget dari temen) 4 botol ke bengkel pinggir jalan. Buang oli dan filternya, tuang sekitar 300cc oli baru buat bilas, isi baru. Hasilnya top, mobil kembali responsif tanpa ngelitik yang bikin dongkol. Sekarang sudah jalan sekitar 300an KM dengan oli Mazda Golden Eco, aman dari ngelitik.

Kesimpulan saya sekarang ini adalah oli berpengaruh ke ngelitik dan sudah saya buktikan sendiri. Sekarang saya jadi tau kenapa Yaris saya dulu ngelitik2 walau pakai Vpower. karena saya pernah percobaan tidak ganti oli 25rb KM selama 2.5 tahun...

Sekian pengalaman tadi tukang coba2 oli...semoga bermanfaat :big_peace:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by iwing »

ecco wrote: Mon May 22, 2017 1:05 SMers,

saya mau berbagi pengalaman mesin ngelitik - gak OOT kok dijamin he..he..he..
Selama ini saya selalu beranggapan kalo mobil ngelitik karena pakai BBM busuk atau oktan kurang, ternyata salah besar. Mobil saya Swift Sport 2014, baru dari showroom saya bawa udah ngelitik, isi full tank Vpower (blom ada P.Turbo) tetep aja ngelitik. Ke Beres saya komplen, SA mengamini bunyi yg saya dengar itu ngelitik jadi bukan halusinansi saya doang, udah dibersihin semprot2...tetep ngelitik.

Tiba saat servis 1000km pertama, ganti oli ke redline 5w30. Ngelitik ilang, tapi berasa berat, maklum Redline 5w30 itu berat bgt. Sampai saya buang oli di 5000 (karena waktu servis sudah tiba), aman sejahtera dari ngelitik.
Oli berikutnya United F1 Experience. Aman lancar tanpa ngelitik sejauh 3500an KM, menjelang 4000an dan selanjutnya...ngelitik datang kembali walau tidak separah baru beli. Aneh bih ajaib, frustrasi, dongkol, dll.
Servis 10rb KM, oli diganti ke Amsoil 0w20. Kembali aman lancar tanpa ngelitik, mesin sangat responsive dan rev happy (kalau transmisi suka nyendal itu perkara beda, nanti saya tulis di trit oli metik) ...dan bebas ngelitik ini berlangsung sampai oli dibuang di 15rb KM.

Nah momen pembuktian. Berhubung di rumah ada Amsoil 0w20 sisa 2 botol dan SGO 2 liter, saya campur lah 2 jenis oli itu tidak lupa saya tambah sedikit oli Omega 300 buat naikin Moly dan bawa ke Beres untuk servis rutin 15rb KM. Selesai servis keluar bengkel...NGELITIK...langsung dongkol, mau balik ke beres malas, kok rasanya gak ada urusan sama Beres. OK, saya jalankan mobil abis servisan lamaan dikit, saya bawa sampai 1600an KM...ngelitik hampir selalu muncul bagitu RPM mulai naik melibihi 2000. Saya udah curiga ini urusan sama Oli - dengan modal filter oli yang memang selalu saya siapkan di mobil, saya bawa oli Mazda Golden Eco SM (beli murah banget dari temen) 4 botol ke bengkel pinggir jalan. Buang oli dan filternya, tuang sekitar 300cc oli baru buat bilas, isi baru. Hasilnya top, mobil kembali responsif tanpa ngelitik yang bikin dongkol. Sekarang sudah jalan sekitar 300an KM dengan oli Mazda Golden Eco, aman dari ngelitik.

Kesimpulan saya sekarang ini adalah oli berpengaruh ke ngelitik dan sudah saya buktikan sendiri. Sekarang saya jadi tau kenapa Yaris saya dulu ngelitik2 walau pakai Vpower. karena saya pernah percobaan tidak ganti oli 25rb KM selama 2.5 tahun...

Sekian pengalaman tadi tukang coba2 oli...semoga bermanfaat :big_peace:
sama nih om. mobil saya sering terdengar ngelitik. udah coba sgo, shell dan castrol. saat ini masih pakai fastron techno 10w-30 di pemakaian kedua. pakai fastron ini masih agak mendingan suara nya, lebih responsif dan irit. rencana kalo udah waktu ganti oli, mau ganti fastron gold 5w-40. mo coba aja sih. btw mobil saya sx4
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by r1409 »

kalo untuk mesin HR15DE apa aman pake 0w-20 ya? di manual book sih paling encer 0w-30, tapi masa' HR15DE kalah sama mesin2 segenerasinya yg bisa pake 0w-20?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by DOHC »

r1409 wrote: Mon May 22, 2017 14:45 kalo untuk mesin HR15DE apa aman pake 0w-20 ya? di manual book sih paling encer 0w-30, tapi masa' HR15DE kalah sama mesin2 segenerasinya yg bisa pake 0w-20?
wahh 0-20 sehh alamat sering2 cek oli aj... wong 10-30 atau 5-30 aj pengaupan ckup lmayan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fernando_lim »

ecco wrote: Mon May 22, 2017 1:05 SMers,

saya mau berbagi pengalaman mesin ngelitik - gak OOT kok dijamin he..he..he..
Selama ini saya selalu beranggapan kalo mobil ngelitik karena pakai BBM busuk atau oktan kurang, ternyata salah besar. Mobil saya Swift Sport 2014, baru dari showroom saya bawa udah ngelitik, isi full tank Vpower (blom ada P.Turbo) tetep aja ngelitik. Ke Beres saya komplen, SA mengamini bunyi yg saya dengar itu ngelitik jadi bukan halusinansi saya doang, udah dibersihin semprot2...tetep ngelitik.

Tiba saat servis 1000km pertama, ganti oli ke redline 5w30. Ngelitik ilang, tapi berasa berat, maklum Redline 5w30 itu berat bgt. Sampai saya buang oli di 5000 (karena waktu servis sudah tiba), aman sejahtera dari ngelitik.
Oli berikutnya United F1 Experience. Aman lancar tanpa ngelitik sejauh 3500an KM, menjelang 4000an dan selanjutnya...ngelitik datang kembali walau tidak separah baru beli. Aneh bih ajaib, frustrasi, dongkol, dll.
Servis 10rb KM, oli diganti ke Amsoil 0w20. Kembali aman lancar tanpa ngelitik, mesin sangat responsive dan rev happy (kalau transmisi suka nyendal itu perkara beda, nanti saya tulis di trit oli metik) ...dan bebas ngelitik ini berlangsung sampai oli dibuang di 15rb KM.

Nah momen pembuktian. Berhubung di rumah ada Amsoil 0w20 sisa 2 botol dan SGO 2 liter, saya campur lah 2 jenis oli itu tidak lupa saya tambah sedikit oli Omega 300 buat naikin Moly dan bawa ke Beres untuk servis rutin 15rb KM. Selesai servis keluar bengkel...NGELITIK...langsung dongkol, mau balik ke beres malas, kok rasanya gak ada urusan sama Beres. OK, saya jalankan mobil abis servisan lamaan dikit, saya bawa sampai 1600an KM...ngelitik hampir selalu muncul bagitu RPM mulai naik melibihi 2000. Saya udah curiga ini urusan sama Oli - dengan modal filter oli yang memang selalu saya siapkan di mobil, saya bawa oli Mazda Golden Eco SM (beli murah banget dari temen) 4 botol ke bengkel pinggir jalan. Buang oli dan filternya, tuang sekitar 300cc oli baru buat bilas, isi baru. Hasilnya top, mobil kembali responsif tanpa ngelitik yang bikin dongkol. Sekarang sudah jalan sekitar 300an KM dengan oli Mazda Golden Eco, aman dari ngelitik.

Kesimpulan saya sekarang ini adalah oli berpengaruh ke ngelitik dan sudah saya buktikan sendiri. Sekarang saya jadi tau kenapa Yaris saya dulu ngelitik2 walau pakai Vpower. karena saya pernah percobaan tidak ganti oli 25rb KM selama 2.5 tahun...

Sekian pengalaman tadi tukang coba2 oli...semoga bermanfaat :big_peace:

Oot dikit jg yah om dari pengalaman ane sih ngelitik krn oli kebanyakan di rpm rendahnya
Kalo ngelitik wkt rpm tengah ke atas biasa baru krn bensin

Ane jg kejadian dimbl butut dulu getz 1.3 ane wkt gunakan hx7 umur oli 1000 km keatas wkt rpm rendah ngelitik parah wkt itu, ya sudah tak isi pertamax dan petronas 92 zaman itu eh ngelitiknya ga ilang2 jg terutama di kemacetan dan suhu cuaca yg panas bgt makin menjadi ngelitiknya
Sedikit curiga dgn oli yg berumur 2200 km 1.5 bln cek dipstick trus ngerasain dgn jari sptnya olinya rada gimana gitu feelnya (hx7 asli yah dijamin krn 2x ganti di 3000km dan kali ini tap di 2200km) dan saya putuskan tap aja olinya dan ganti ke caltex havoline 10w40

Setelah ganti oli caltex havoline sama sekali senyap bebas ngelitik
Penasaran bener apa ga soal ini akhirnya di 5000 saya tap dan tes balik ke hx 7
Eng ing eng suara orkestra dimulai lagi sejak 1000km keatas saya tap lagi dan kali ngetes mobil s2000 10w40 dan senyap kembali non orkestra mesin

Share aja bukan vonis suatu merk
Dan sampe detik ini ogah dgn oli kerang lagi termsk fastron gold jg bikin orkestra mesin di 5000km

Sekian oot dari ane
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by themo »

permisi om, mau tanya nih. minggu depan mobil ane udah sebulan tapi km masih diangka 400an. lebih baik ganti oli apa enggak ya?maklum, baru punya mobil. mobil ane brv nih, kalau mau pakai oli reyen yg 5w30 apa 0w20?di page sebelumnya ane baca pengguna sienta diarahin pakai 0w20.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by iwing »

caltex dan valvoline, sudah lama cari merk ini tapi gak nemu disekitaran rumah akhirnya pake punya pertamina hahahhahaa
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kurniakerten »

themo wrote: Tue May 23, 2017 2:57 permisi om, mau tanya nih. minggu depan mobil ane udah sebulan tapi km masih diangka 400an. lebih baik ganti oli apa enggak ya?maklum, baru punya mobil. mobil ane brv nih, kalau mau pakai oli reyen yg 5w30 apa 0w20?di page sebelumnya ane baca pengguna sienta diarahin pakai 0w20.
kata om Turboman, kalo mobil baru ketika 1000km harus diganti semua oli per-olian... katanya biar jangka panjang lebih awet...
meskipun gw agak telat karena baru tahu... hehe
E300 W212
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by themo »

kurniakerten wrote: Tue May 23, 2017 4:51
kata om Turboman, kalo mobil baru ketika 1000km harus diganti semua oli per-olian... katanya biar jangka panjang lebih awet...
meskipun gw agak telat karena baru tahu... hehe
oli mesin doang kan om?rekomen pakai yg 5w30 apa 0w20?dan digenepin 1000km dulu baru diganti?
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by r1409 »

DOHC wrote: Mon May 22, 2017 15:12 wahh 0-20 sehh alamat sering2 cek oli aj... wong 10-30 atau 5-30 aj pengaupan ckup lmayan...
ini cuma HR15DE milik situ atau semua ya? apa ada user HR15DE lain yg mengalami hal yg sama?
soalnya evalia ane dulu pernah pake 10-30 jalan 5rb km aman2 aja sampe waktunya ganti oli, lalu ganti 5-30 udah jalan 9000km hingga skrg juga masih aman. ga terlihat penguapan, level di dipstick masih ada di titik atas.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by DOHC »

r1409 wrote: Tue May 23, 2017 16:51
DOHC wrote: Mon May 22, 2017 15:12 wahh 0-20 sehh alamat sering2 cek oli aj... wong 10-30 atau 5-30 aj pengaupan ckup lmayan...
ini cuma HR15DE milik situ atau semua ya? apa ada user HR15DE lain yg mengalami hal yg sama?
soalnya evalia ane dulu pernah pake 10-30 jalan 5rb km aman2 aja sampe waktunya ganti oli, lalu ganti 5-30 udah jalan 9000km hingga skrg juga masih aman. ga terlihat penguapan, level di dipstick masih ada di titik atas.
yah punya sini lah... masa punya tetangga
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by kurniakerten »

themo wrote: Tue May 23, 2017 6:37
kurniakerten wrote: Tue May 23, 2017 4:51
kata om Turboman, kalo mobil baru ketika 1000km harus diganti semua oli per-olian... katanya biar jangka panjang lebih awet...
meskipun gw agak telat karena baru tahu... hehe
oli mesin doang kan om?rekomen pakai yg 5w30 apa 0w20?dan digenepin 1000km dulu baru diganti?
Dicek buku manualnya biasanya ada oli yg direkomendasikan paling rendah apa?
Pas servis pertama 1000km aja menurut gw sih...
E300 W212
masmike
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed May 24, 2017 13:53
Location: Jog

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by masmike »

ecco wrote: Mon May 22, 2017 1:05 SMers,

saya mau berbagi pengalaman mesin ngelitik - gak OOT kok dijamin he..he..he..
Selama ini saya selalu beranggapan kalo mobil ngelitik karena pakai BBM busuk atau oktan kurang, ternyata salah besar. Mobil saya Swift Sport 2014, baru dari showroom saya bawa udah ngelitik, isi full tank Vpower (blom ada P.Turbo) tetep aja ngelitik. Ke Beres saya komplen, SA mengamini bunyi yg saya dengar itu ngelitik jadi bukan halusinansi saya doang, udah dibersihin semprot2...tetep ngelitik.

Tiba saat servis 1000km pertama, ganti oli ke redline 5w30. Ngelitik ilang, tapi berasa berat, maklum Redline 5w30 itu berat bgt. Sampai saya buang oli di 5000 (karena waktu servis sudah tiba), aman sejahtera dari ngelitik.
Oli berikutnya United F1 Experience. Aman lancar tanpa ngelitik sejauh 3500an KM, menjelang 4000an dan selanjutnya...ngelitik datang kembali walau tidak separah baru beli. Aneh bih ajaib, frustrasi, dongkol, dll.
Servis 10rb KM, oli diganti ke Amsoil 0w20. Kembali aman lancar tanpa ngelitik, mesin sangat responsive dan rev happy (kalau transmisi suka nyendal itu perkara beda, nanti saya tulis di trit oli metik) ...dan bebas ngelitik ini berlangsung sampai oli dibuang di 15rb KM.

Nah momen pembuktian. Berhubung di rumah ada Amsoil 0w20 sisa 2 botol dan SGO 2 liter, saya campur lah 2 jenis oli itu tidak lupa saya tambah sedikit oli Omega 300 buat naikin Moly dan bawa ke Beres untuk servis rutin 15rb KM. Selesai servis keluar bengkel...NGELITIK...langsung dongkol, mau balik ke beres malas, kok rasanya gak ada urusan sama Beres. OK, saya jalankan mobil abis servisan lamaan dikit, saya bawa sampai 1600an KM...ngelitik hampir selalu muncul bagitu RPM mulai naik melibihi 2000. Saya udah curiga ini urusan sama Oli - dengan modal filter oli yang memang selalu saya siapkan di mobil, saya bawa oli Mazda Golden Eco SM (beli murah banget dari temen) 4 botol ke bengkel pinggir jalan. Buang oli dan filternya, tuang sekitar 300cc oli baru buat bilas, isi baru. Hasilnya top, mobil kembali responsif tanpa ngelitik yang bikin dongkol. Sekarang sudah jalan sekitar 300an KM dengan oli Mazda Golden Eco, aman dari ngelitik.

Kesimpulan saya sekarang ini adalah oli berpengaruh ke ngelitik dan sudah saya buktikan sendiri. Sekarang saya jadi tau kenapa Yaris saya dulu ngelitik2 walau pakai Vpower. karena saya pernah percobaan tidak ganti oli 25rb KM selama 2.5 tahun...

Sekian pengalaman tadi tukang coba2 oli...semoga bermanfaat :big_peace:
jadi yarisnya dikasi minum oli apa om akhirnya biar ga ngelitik.. sama nih punya saya juga klitik2..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

kalo mesin ngelitik yg harus dilakukan

- Carbon Clean lewat lubang busi
- Purging injector
- setel celah busi dgn feeler gauge busi sesuai petunjuk di buku manual
- Ganti busi per 20 rb km

Lalu saat ganti BBM dgn RON yg lebih rendah, reset ECU dgn cabut terminal akai atau pake OBD2 scanner
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by ecco »

masmike wrote: Wed May 24, 2017 13:57
ecco wrote: Mon May 22, 2017 1:05 SMers,

......

Kesimpulan saya sekarang ini adalah oli berpengaruh ke ngelitik dan sudah saya buktikan sendiri. Sekarang saya jadi tau kenapa Yaris saya dulu ngelitik2 walau pakai Vpower. karena saya pernah percobaan tidak ganti oli 25rb KM selama 2.5 tahun...

Sekian pengalaman tadi tukang coba2 oli...semoga bermanfaat :big_peace:
jadi yarisnya dikasi minum oli apa om akhirnya biar ga ngelitik.. sama nih punya saya juga klitik2..
Yaris saya akhirnya diobok2 Om, panjang critanya itu. Tapi sebelon saya jual saya pakainya Amsoil 0w20 sih, manteb.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
masmike
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed May 24, 2017 13:53
Location: Jog

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by masmike »

ecco wrote: Fri May 26, 2017 7:46
masmike wrote: Wed May 24, 2017 13:57
ecco wrote: Mon May 22, 2017 1:05 SMers,

......

Kesimpulan saya sekarang ini adalah oli berpengaruh ke ngelitik dan sudah saya buktikan sendiri. Sekarang saya jadi tau kenapa Yaris saya dulu ngelitik2 walau pakai Vpower. karena saya pernah percobaan tidak ganti oli 25rb KM selama 2.5 tahun...

Sekian pengalaman tadi tukang coba2 oli...semoga bermanfaat :big_peace:
jadi yarisnya dikasi minum oli apa om akhirnya biar ga ngelitik.. sama nih punya saya juga klitik2..
Yaris saya akhirnya diobok2 Om, panjang critanya itu. Tapi sebelon saya jual saya pakainya Amsoil 0w20 sih, manteb.
waduh.. susah deh cari amsoil di jogja hehehe.. sip om,, thanks pencerahannya, saya cb muter2 dulu nyari amsoil disini.. yg 5w30 aja kali yah..
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fariezal »

Mampu berapa kilometer di 2kd, pake 75% biosol tanpa aditif dan sisa nya dex.. Image

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk

j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Tue May 01, 2012 3:55

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by j4niS »

r1409 wrote:
DOHC wrote: Mon May 22, 2017 15:12 wahh 0-20 sehh alamat sering2 cek oli aj... wong 10-30 atau 5-30 aj pengaupan ckup lmayan...
ini cuma HR15DE milik situ atau semua ya? apa ada user HR15DE lain yg mengalami hal yg sama?
soalnya evalia ane dulu pernah pake 10-30 jalan 5rb km aman2 aja sampe waktunya ganti oli, lalu ganti 5-30 udah jalan 9000km hingga skrg juga masih aman. ga terlihat penguapan, level di dipstick masih ada di titik atas.
kayanya gak semua hr15de....seperti di ane dari baru udah langsung ganti pke 5w 30 sampe sekarang udah 80rb an km masih aman jaya...malah kepikiran pengen coba ganti 0w 20, scara di nissan thailand juke hr15de udah direkomendasi pake 0w 20 :D

just share mine...

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk

fellar031
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Jun 12, 2016 10:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fellar031 »

Siang gan . terutama buat om turboman..
mau tanya oli yang recomended utk mesin outlander sport 2000cc apa ya?
maunya sih kalo bisa 5w30 . budget dibawah 150 rb/L
dulu coba pake amsoil 0w20 enak bgt sayang skrng harganya naik .
odonya sudah menempuh 65xxxkm kalo ada oli diesel yang bisa ke mesin bensin mungkin boleh sarannya.
thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

fellar031 wrote:Siang gan . terutama buat om turboman..
mau tanya oli yang recomended utk mesin outlander sport 2000cc apa ya?
maunya sih kalo bisa 5w30 . budget dibawah 150 rb/L
dulu coba pake amsoil 0w20 enak bgt sayang skrng harganya naik .
odonya sudah menempuh 65xxxkm kalo ada oli diesel yang bisa ke mesin bensin mungkin boleh sarannya.
thanks
kalo cocok dgn 0W20 bisa ke Q8 Form Ultra 0W20

ketahanan sedikit di atas Ams ASM 0W20

ada promo di Bli2 dan Toda

* bukan seles *
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Turboman »

fariezal wrote:Mampu berapa kilometer di 2kd, pake 75% biosol tanpa aditif dan sisa nya dex.. Image

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
dulu sy pake 10.000 km en test ke lab hasilnya masi layak pakai si

Btw Biosol kasi additip aja, kadar B20 nya itu yg bikin rusak solar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by Herman7103 »

j4niS wrote:
r1409 wrote:
DOHC wrote: Mon May 22, 2017 15:12 wahh 0-20 sehh alamat sering2 cek oli aj... wong 10-30 atau 5-30 aj pengaupan ckup lmayan...
ini cuma HR15DE milik situ atau semua ya? apa ada user HR15DE lain yg mengalami hal yg sama?
soalnya evalia ane dulu pernah pake 10-30 jalan 5rb km aman2 aja sampe waktunya ganti oli, lalu ganti 5-30 udah jalan 9000km hingga skrg juga masih aman. ga terlihat penguapan, level di dipstick masih ada di titik atas.
kayanya gak semua hr15de....seperti di ane dari baru udah langsung ganti pke 5w 30 sampe sekarang udah 80rb an km masih aman jaya...malah kepikiran pengen coba ganti 0w 20, scara di nissan thailand juke hr15de udah direkomendasi pake 0w 20 :D

just share mine...

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
Sama dgn Om, ANGL 1.5 SV CVT 2014 hanya ngambil oli gratis aja pake 10W30 lalu coba minta ganti ke NGO 0W20 saat itu, ngak bisa bukan utk ANGL tapi utk XTrail kata SA nya, ya udah pake sampai sekarang NGO 5W30 karena mesin dan Fuel consumption stabil irit, sdh pernah tanya Om Turboman ok utk pake 6 bln an atau 6000 km walau yg worth menurut Om Turbo Kendall semi sintetis 10w30 yg belum pernah saya lihat di jual di Palembang. Lalu check manual book Nissan ANGL terendah 0W30, utk mesin HR15DE yg masih flat tapped, Kalau roller rocker bisa 0W20, Suhu tolong bila saya salah dikoreksi. Tetapi seandainya Om tetap mau pake Amsoil 0W20 utk jangka panjang boleh minta reviewnya.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by dieselman228 »

fariezal wrote:Mampu berapa kilometer di 2kd, pake 75% biosol tanpa aditif dan sisa nya dex.. Image

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
Selalu 10rb km om kalau saya
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fariezal »

Aditif yang value for money pake apa

Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk

fellar031
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Jun 12, 2016 10:11

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07

Post by fellar031 »

Turboman wrote: Sat May 27, 2017 4:31
fellar031 wrote:Siang gan . terutama buat om turboman..
mau tanya oli yang recomended utk mesin outlander sport 2000cc apa ya?
maunya sih kalo bisa 5w30 . budget dibawah 150 rb/L
dulu coba pake amsoil 0w20 enak bgt sayang skrng harganya naik .
odonya sudah menempuh 65xxxkm kalo ada oli diesel yang bisa ke mesin bensin mungkin boleh sarannya.
thanks
kalo cocok dgn 0W20 bisa ke Q8 Form Ultra 0W20

ketahanan sedikit di atas Ams ASM 0W20

ada promo di Bli2 dan Toda

* bukan seles *
Kalo mau yg di sae 5w30 apa ya om turbo...