APV - Avanza - Xenia?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

szli wrote:bung handling, ya itu dari dulu saya bilang. Lihatlah Innova. Katanya banyak orang berani beli yang second 1 tahun cuma selisih 10 juta dari yang baru.

Itu kan mirip dengan Avanza turun 3-5 juta. Selisih sekitar 5%. Ngak make sense kan ? Mending ambil yang baru !
Bung Szli, Anda cobalah bawa Rp 100 juta untuk bawa pulang Avanza baru. Apakah bisa dapat? Harga resmi barunya saja sudah hampir Rp 110 juta dan itu harus inden. Showroom2 menjual dengan premium besar, bahkan ada yg jual Rp 119 juta.

Ada faktor yang Anda lupa perhitungkan yaitu inden. Banyak demand, supply lebih sedikit.

Dan jika seseorang sudah bawa Rp 100 juta dan bertekad bulat membawa pulang Avanza, they will end up buying a used one for slightly less than Rp 100 juta.

Anda kan selalu bilang 'A greater fool' theory? Tidak hanya berlaku untuk stock market, untuk pasar mobil juga lho.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh iya. Harga mobil sudah pada naik.

Still, kalau saya, perlu mobil cepat, ngak mau tunggu antri Avanza, suruh ambil risiko mobil bekas cuma selisih dikit, thats not my style.

Kalau sudah gitu, ya cari mobil lain. APV, or mobil bekas lain yang depreciasi sudah lebih dalam dan lebih lengkap banding Avanza.

Toh mobil 100 jutaan berjibun. Ngak cuman Avanza kok.

Memang saya dari dulu setuju demand and supply. Tapi kadang pasar mobil, seperti pasar modal, demand dan supplynya jadi distorsion. Misalnya kadang pasar panic, seperti sekarang. Tapi kadang terbaik. Euphorianya berlebihan. Tinggal terserah kita mau ikut pasar kapan, saat normal, euphoria, atau panic.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

kalo saya, nyetir sendiri pake avanza....
tapi kl disopirin, pake APV aja deh.....
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Now U R talking ....
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

AVANZA = style
APV = functional
cuma itu pertimbangannya pak szli.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

More feedback. Saudara saya saat ke puncak ama saya bawa APV. Nah dia kan ada kapsul. Saya sampai kaget ! Loh, ke puncak kok bawa APV, ngak bawa kapsul yang lebih besar ?

Dia kan dari dulu suka ama kapsul, nah jawaban dia mengejutkan saya " Itu APV dalamnya lebih lega dari kapsul, thats why saya bawa dia ! "

Wow ! Thats a big shock ! Tapi pikir pikir, possible, soalnya hidung APV pesek banget. Kalau kapsul engine roomnya jauh lebih panjang. Jadi sisa cabin untuk penumpang APV bisa saja lebih OK.

Memang saat saya dudukin lagi, rasanya mirip ama kapsul. Dan saudara saya yang sudah sering pakai kapsul pasti bisa lebih rasakan bedanya.

Cuman APV ada weakness, yaitu saat macet, pantatnya bisa lebih berasa panasnya. Tapi kopling manualnya sangat enteng ! Enak ! Ngak melelahkan !

Lihat banyak APV di puncak ! Meskipun ruang mesin agak panas dikit, tapi dengan harga 100 jutaan bisa saing ama cabin kapsul itu luar biasa ! Pantesan banyak yang beli.

Yang punya APV, saya suggest, tambah heat insulation di atas ruang mesin, dan saat stir, taru lagi selapis selimut atau apa, seharusnya panas mesin jauh berkurang !
The Stream X
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Thu Jul 15, 2004 16:50
Location: Jakarta

Post by The Stream X »

Hai!!!
Dah lama ga ke sini!

Udah Suzuki APV aja!!! Walaupun pernah di recall 2 kali bkn recall sih namanya, ga tau apa. Pertama gara2 masalah apa ya lupa! Yg ke2 Fuel pump tapi diganti gratis! Selanjutnya ga ada masalah.

Mesin di bawah jok, sampe skrg find2 aja. Ga ada masalah. Panas jg ga!

Nanti aku kasih reviewnya lagi deh! Sy lg ngetik review Suzuki APVku slama setahun! Saya skrg lg sibuk! Dah atu tahun aja nih Suzuki APVku!

BTW, saya jg sempet bangga nih! Ngeliat majalah AutoBild Minggu ini ga? Suzuki APV dpt The People Carier ama dpt nominasi ato finalis The Best Car of The Yearnya AutoBild! Bangga juga!

BTW, mana yah Suzuki APV-ers yg lain?
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

kalo ada duitnya ya mending beli APV yg X - 120 jt.
tenaga ok, lebih irit ketimbang Avanza, cuman leg roomnya sempit, dan per-nya keras, tinggi sekali, mesin di kolong, berat 2 ton !

'turun kelas' ke Avanza G - 110 jt
tenaga kalah dibanding APV, bensin lebih boros, menang brandname Toyota, mesin Daihatsu anyway, jok belakang bener2 cuman mainan, mesin di moncong 'lebih aman'

'turun kelas' lagi ke Xenia Xi - 90 jt
kecuali cuman untuk anter jemput anak sekolah / pulang pergi ke kantor, jangan beli yang 1.000cc, soalnya cuman 3 silinder.... berdasarkan pengalaman, mesin charade & hijet/zebra yang 3 silinder ga ada yang awet, getaran tinggi setelah jam terbang tinggi, akibatnya resale value tambah ancur di samping brand daihatsu yang 'lemah'.

so... balik lagi... kalo duitnya cukup... ya mending Alphard 3.0V dong.... eh... APV-X maksudnya :D
Audiophile
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Thu Aug 05, 2004 7:48

Post by Audiophile »

APV cukup baik, tapi, ada satu kelemahan : duduk di atas mesin :(
Walaupun katanya ada bahan peredam panas, mungkin 1 atau 2 tahun pertama akan bekerja dgn baik, tapi, apakah tahun2 berikutnya akan tetap 'perkasa' menahan panas mesin ? :?
Terutama utk kota Jakarta, yg tiap hari lalu-lintasnya padat-merayap, faktor 'duduk-di-atas-mesin' patut diperhitungkan, karena dalam kemacetan suhu mesin akan meningkat.

Kalau gue pribadi, lebih memilih Avanza matic, selain tidak duduk di atas mesin, transmisi matic-nya akan sangat membantu meringankan masalah kaki pegal di kemacetan kota Jakarta ... 8)
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

kalo g, ga pilih dua2nya......nyokap sekarang pake avanza.....sering juga g bawa tuh avanza...menurut g kurang enak, jok pengemudi ga bisa menopang paha deket lutut, bibir joknya kurang panjang.....jadi kaki cepet pegel.....trus pernah juga ke kawah putih, g duduk d jok paling blakang....hasilnya, kepala g pusing bgt......bener2 ga enak.....

kalo apv, terus terang aja g takut sama safetynya......coz g udah ngerasain pentingnya mobil ber-bonnet......g pernah kecelakaan d tol cipularang km 105 arah bdg........bener2 ngeri.....untungnya g selamet, cuma lecet di pinggang gara2 ketahan seat belt....waktu itu g pake sedan, moncongnya bener2 ancur....g ga bisa bayangin kalo waktu itu g pake apv......minimal kaki g udah di amputasi x.......

jadi mending jangan ambil resiko safety untuk ruang yang lebih lega!!!!
Last edited by ween on Fri Nov 18, 2005 2:02, edited 1 time in total.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Benar kan ? Bukan saya nuduh Toyota. Dari dulu sudah banyak orang yang complain ini mobil kurang sip.

Dan dengan kasus Avanza yang heboh itu, terus terang saya mulai worry about the APV, soalnya APV juga mobil sangat murah, dengan size begitu gede. Dan juga di laporkan dia juga pernah ada kasus pompa failure.

So I hope Suzuki will be smarter than Toyota in balancing cost and quality. But I am still worried. If a Big guy like Toyota can screw up like that, what about Suzuki ?

Kalau sudah terjadi gini, saran saya, untuk orang yang mau beli mobil 100 jutaan, selain beli Avanza dan APV, boleh juga pikir cari mobil bekas yang dulu harganya jauh lebih tinggi / berkelas, tapi sudah tua, jadi harganya sudah murah !

Betul, itu mobil tua, tapi lihat Avanza muda sudah fail, saya mulai pikir, maybe mobil berkelas yang sudah 5 tahun masih lebih Kuat dari mobil macam Avanza yang fresh from the oven !

Seperti saya pernah ada saudara cerita, Mercy dia sudah 20 tahun, dan still breathing and running !

Tell me what a 20 year old Avanza will be like ! Imagine !