Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

aratha wrote: Saya sudah renta om, dulu waktu masih ceria sih jor2an banget bikin Wonder (yang akhirnya nyangsang di pohon) dan RX3 (yang akhirnya disita bokap)
Jadi dah poison proof sekarang ini, kecuali buat exterior (spoiler n bodykit) :big_slap:

Ow iya, dah ada review buat FN belum ya di seraya?
Hahahaha sudah bertobat ya oom dari kekhilafan masa muda :big_biglaugh:

FN belum ada oom, unitnya saja jarang :big_biglaugh: disini kayak nya FN yang banyak beredar malah Type-R.
aabx wrote: Thanks infonya

Setuju om, R series menurut rekan2 ane yang ahli honda adalah lanjutan dari D series (mobil harian yang selalu jadi project ane juga D17 hehe). Sebagai pengguna D series jadi selalu punya mimpi (re: penasaran) swap ke K, maksud ane sih FB3 ini buat ane cuma masalah psikologis doang hehe karena penasaran banget sama K

Yang kemarin ane TD padahal bannya Michelin Pilot Sport om, which is menurut review2 dari luar kalau ban ini masih terlalu nyaman buat dibilang sport hehe
Yups oom R itu lanjutannya D kalau jaman dulu... SOHC VTEC banci kalau kata orang orang... tapi masih bisa ngasapin DOHC abal abal merek lain :big_biglaugh: bedanya kalau sekarang ada L serie untuk yang 1500cc kebawah (L12, L13, L15)

L juga sebenernya bukan mesin yang pelan, tapi suara mesinnya kayak blender... sedih banget :big_biglaugh:

Wuidih Michelin PS series... Hahahaha... Sepertinya memang yang bikin FB kerasa keras baik 1.8 maupun 2.0 ini karakter ban nya ya. Soalnya kalau dari damping sokbrekernya sendiri enak gak se-ngocok di FD. Kebetulan masih sering naik FD sebagai penumpang jadi cukup hapal karakter dampingnya.
Quorra wrote: Nah itu yang saya pikirkan juga bro, kalo bekas mau upgrade level ga terlalu nombok banyak. Kalo baru nambahnya ampun belum lagi kalo masih umur jagung uda bosen terpaksa ditahan pake dulu karena depresiasinya ga nguatin dan ga rela dijual masian :D

Selama pengalaman bro maen" mobkas (jual dan ganti) apa engga rugi banyak bro pas dijual lagi ? Saya sih pribadi ga berharap untung karena emang ga tujuan cari untung cuman at least kalo bisa draw biar ga nombok ato tekor banyak pas pengen ganti lagi apa memungkinkan ? Thanks :)
Ya itu oom kalau sudah tangan kedua dijual kita enaknya depresiasi gak sekejam kalau tangan pertama... Dari pengalaman sih memang dijual lagi harga pasti turun tapi dalam rentang waktu yang sama, misal 2 taun, gak se rugi kalau beli dari baru.

CR-V RM saya waktu dijual malah harganya nyaris sama dengan waktu angkut... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by stevenanthony »

ChZ wrote:
stevenanthony wrote:
fd kalau ga salah 150... fb 140... (autoevolution) fc 125 (autobild)

kunci city, civic fc juga... odisei rc1 juga kalo gak salah, yang prestis... :mky_03:
Hmm berarti malah makin ceper ya... Biasanya sih HPM untuk spek indo ground clearance nya dinaikin dikit kayak di Freed. Asumsi saya 150mm kalau spek Indo. Kalau dibilang approach angle dan wheelbase kayak nya juga gak terlalu beda jauh FD dan FB, tapi FB lebih gak gampang mentok.
mungkin... di brosurnya fb sendiri gaada data gc nya... :mky_03:
2015 Honda HR-V E CVT
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ternakblog »

nyotnyet wrote:
ternakblog wrote:
Quorra wrote:Nice review bro, kebetulan saya tertarik ingin hunting mobkas karena selama ini selalu beli baru dan pake jangka waktu cukup lama sebelum ganti lagi. Terasa boring gitu" aja, pengen coba cari mobkas biar sering" ganti dan bisa nyoba banyak jenis mobil. Biasanya bro dapet mobil second tahun muda gitu dari user langsung atau keliling di showroom mobkas ? Thanks :)
Nambahin pertanyaan ini,kalo hunting mobkas di showrom gitu semua barang busuk kah?yang pertama kali ditengok itu kira2 apa ya biar ga ketipu tampilannya,tertarik juga hunting mobkas
Oh iya lagi,hbis beli itu lgsg dibalik nama ato dibiarin ae bro?kan itungane itu kita misal pake 2-3taon kmudian jual lagi,kalo dibalik nama nanti kehitung tangan kedua?
Bantu jawab, liat aja perbandingan jarak tempuh ama kondisi mobilnya...misal jarak tempuh 15rb, kan ga mungkin jok kulitnya pecah2 atau hancur (contoh ekstrim), seperti yg chris bilang, baret2 wajar ya namanya mobil seken, lbh bagus kalo showroom brani bawa ke beres buat cek service record dll.

Kalo masalah balik nama, biasanya kalo bisa ditembak ya tembak aja sampe ga bisa ditembak lagi (diblokir), kalo ga salah pun nambah 200-300an bisa nembak yg blokiran..CMIIW
Sip sip,jadi mending kagak usah dibalik nama saja ya?bro domisili sby?ada rekomen ga showrom mobkas yang bagus?rencna mau maen2 sama mobkas
@chz,thanks masukannya,boleh tau dpt dikisaran brp civic sama hrv kmrn?biar bisa kira2 harga yg pas dibanding harga iklannya:-D
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by nyotnyet »

ternakblog wrote:
nyotnyet wrote:
ternakblog wrote: Nambahin pertanyaan ini,kalo hunting mobkas di showrom gitu semua barang busuk kah?yang pertama kali ditengok itu kira2 apa ya biar ga ketipu tampilannya,tertarik juga hunting mobkas
Oh iya lagi,hbis beli itu lgsg dibalik nama ato dibiarin ae bro?kan itungane itu kita misal pake 2-3taon kmudian jual lagi,kalo dibalik nama nanti kehitung tangan kedua?
Bantu jawab, liat aja perbandingan jarak tempuh ama kondisi mobilnya...misal jarak tempuh 15rb, kan ga mungkin jok kulitnya pecah2 atau hancur (contoh ekstrim), seperti yg chris bilang, baret2 wajar ya namanya mobil seken, lbh bagus kalo showroom brani bawa ke beres buat cek service record dll.

Kalo masalah balik nama, biasanya kalo bisa ditembak ya tembak aja sampe ga bisa ditembak lagi (diblokir), kalo ga salah pun nambah 200-300an bisa nembak yg blokiran..CMIIW
Sip sip,jadi mending kagak usah dibalik nama saja ya?bro domisili sby?ada rekomen ga showrom mobkas yang bagus?rencna mau maen2 sama mobkas
@chz,thanks masukannya,boleh tau dpt dikisaran brp civic sama hrv kmrn?biar bisa kira2 harga yg pas dibanding harga iklannya:-D
Iya saya di surabaya...kalo showroom mobkas saya ga tau om...ga pernah beli mobkas soalnya, pernahnya jual...hahaha...
Mungkin kucing mabok ada kenalan...

Soul Red zoom zoom
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26941
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by DOHC »

dsar fenboy honda...

btw, nice review mods.... btw knapa ngangkut yg 1.8 mods.... tanggung beut ga 2.0 aja...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by aratha »

ChZ wrote: Hahahaha sudah bertobat ya oom dari kekhilafan masa muda :big_biglaugh:

FN belum ada oom, unitnya saja jarang :big_biglaugh: disini kayak nya FN yang banyak beredar malah Type-R.
Alhamdulillah sudah tobat om, Khilaf banget sampe Katana juga saya swap pake Cultus :big_childish:
FN Type R vs FD2 type R tetep aja jomplang om. Cuma tampangnya FN emang ganteng banget menurut saya.

Kata om saya, FN harus ngeluarin sekitar 3ribu Pounds baru bisa nyamain FD dalam hal performa. Sayang saya belum pernah ketemu FD2R disini.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

ternakblog wrote: Sip sip,jadi mending kagak usah dibalik nama saja ya?bro domisili sby?ada rekomen ga showrom mobkas yang bagus?rencna mau maen2 sama mobkas
@chz,thanks masukannya,boleh tau dpt dikisaran brp civic sama hrv kmrn?biar bisa kira2 harga yg pas dibanding harga iklannya:-D
Surabaya kalau showroom bisa cek di daerah Kertajaya atau Barata Jaya... Banyak disana tinggal muter muter aja.

Civic saya dapetnya di bawah harga pasaran banget sih om... 225juta. Kalo HR-V di 330juta.
DOHC wrote:dsar fenboy honda...

btw, nice review mods.... btw knapa ngangkut yg 1.8 mods.... tanggung beut ga 2.0 aja...
Iya sya fenboi honda :big_childish:

Karena.... seken om. Hahahaha...

Seken nyari 2.0 susah banget
aratha wrote: Alhamdulillah sudah tobat om, Khilaf banget sampe Katana juga saya swap pake Cultus :big_childish:
FN Type R vs FD2 type R tetep aja jomplang om. Cuma tampangnya FN emang ganteng banget menurut saya.

Kata om saya, FN harus ngeluarin sekitar 3ribu Pounds baru bisa nyamain FD dalam hal performa. Sayang saya belum pernah ketemu FD2R disini.
Yups, FN lebih berat daripada FD. Di TG aja diadu di sirkuit sama EP3, FN nya kalah. Cuma naik 1hp dibanding EP3 dulu padahal bobotnya nambah banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by loadeddiapers »

Hahahahaha jadi trending hashtag #ChzFanboyHonda :big_biglaugh:
Baru liat tret yg di sebelah :mky_03:
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

loadeddiapers wrote:Hahahahaha jadi trending hashtag #ChzFanboyHonda :big_biglaugh:
Baru liat tret yg di sebelah :mky_03:
Wkwkwkwkwk nasib deh kalau dikit dikit dituduh fanboy ... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by 34lee »

ImageImage


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

Hari Kamis 22/07 kemarin baru aja melakukan perawatan berkala 40.000 KM

Odo reading masih 39ribuan sih, berhubung mobil seken dan record perawatannya enggak jelas, buku servis gak ada, record di BeRes cuma sampe 20k. Jadi demi kenyamanan pemakaian, order pekerjaannya : tune-up lengkap.

List Pekerjaan :
- Tune-up (periksa filter udara, busi, setel klep, semprot carbjet, kalibrasi ulang ECU)
- Kalibrasi Injector
- Bersihkan filter bensin

Perawatan gak saya lakukan di BeRes.... Berhubung lagi main di bengkel baru salah satu mantan sesepuh BeRes Ahon langganan yang baru buka, plus mobil udah gak masa garansi, ya udah servis aja sekalian. Kebetulan dulu saya termasuk konsumen yang sangat puas dengan hasil servis nya waktu divisi servis dipegang sama beliau.

Image

Image

Image

Hasil bongkar - bongkar mobil :
- Filter udara masih bagus, sudah ganti sendiri. Cost : IDR 150k.
- Oli baru ganti di odo 37k FK-Massimo 5W-30.
- Busi udah mulai berkerak tapi gak diganti since yang dipakai type Iridium which is quite costly... Sebetulnya disaranin ganti tapi harga per pcs nya 280ribu. Total damage cost sejuta lewat. Presumably pengguna sebelumnya ngisi Premium... Jadi busi udah keliatan jelek walaupun baru 40k (Iridium normalnya bisa sampe 80k - 100k). Cuma kalau diliat elektrode nya masih bagus.
- Another proof kalau pemilik sebelumnya ngisi premium... Bisa diliat di gambar. Fuelpump nya kotor sekali... :mky_05: overhaul total fuel pump dan dibersihkan semua.
- Engine mounting udah gejala... Enggak bisa liat kondisi karetnya since engine mounting Civic FB dikasih cover dari metal. Menurut mekaniknya gerakannya udah gak wajar... Salah satu biang kerok getaran gak wajar waktu pagi masuk gigi mundur.
- Cabin Air filter juga sangat berdebu... Tapi dibersihkan doank karena gak stock, maklum bukan BeRes.
- Ada bocor di reservoir wiper fluid :e-wall: dilem beres.
- Waktu dibuka di scanner kebaca ada error di pembacaan tachometer.... Aneh... Baru ketauan di scanner, penggunaan normal gak ada gejala - gejala enggak wajar.

Image

Cost total : IDR 480k + G'Zox Carb Cleaner IDR 135k
Lama pekerjaan : masuk 09.30 - check list kelengkapan dan kondisi mobil 30 menit - dipotong istirahat 1 jam. Selesai 15.30. Total 4.5jam.

Sedikit review soal bengkel nya.... Bisa jadi referensi untuk SMers yang tinggal di Semarang dan sekitarnya.

Garage Plus
Jl. Sri Rejeki Raya 151 Semarang


- Kapasitas nya kecil... Jadi harus janjian dulu kalau mau masuk...
- Tempat nya cukup bersih dan penerangan cukup... Plus proper ventilation... Jadi enggak pengap dan kesannya nyaman buat orang yang hobi keliling meriksain kerjaan mekanik kayak saya. Kalo kesan saya kayak bengkel - bengkel di luar negeri. Bersih dan rapi banget.
- Very detailed work. Mobil betul - betul diperhatikan dari awal pemeriksaan sampe final inspection. Dan berhubung si owner sekarang kondisi kerjanya lebih nyantai dan gak se-sibuk waktu di BeRes, hasil nya bisa lebih maksimal dan lebih available untuk diajak konsultasi langsung. Permasalahan mobil diurut sampai ke akar - akarnya. Kadang yang gak diminta di Work order pun dilakuin. Juga dukungan gear yang memadai walaupun beberapa masih belum lengkap karena under construction. Baru buka roughly 2 mingguan.
- Affordable price... Kalau sudah liat sendiri kerjaannya bakal ngerasa worth it bayarnya... Wkwkwkwkwkw. Owner nya 2 orang sama - sama punya passion di otomotif, ilmunya sangat banyak.
- Untuk sementara ini still under construction, belom officially open, tapi memang sudah nerima customer.

Image

Image

*Bukan ngiklan
*cuma review customer yang puas
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ipat »

Perawatan diesel (ipah) disana bisa ga om? Selama ini di autocenter arteri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

ipat wrote:Perawatan diesel (ipah) disana bisa ga om? Selama ini di autocenter arteri
PM ya oom ... biar gak OOT :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by aceagung »

ChZ wrote: Garage Plus
Jl. Sri Rejeki Raya 151 Semarang
boleh japri CP nya om? saya cari di gugel gak ketemu :mky_01:
:big_deal:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

aceagung wrote: boleh japri CP nya om? saya cari di gugel gak ketemu :mky_01:
:big_deal:
Siap oom... memang belom ada di mbah gugel karena belom resmi buka hahahaha :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

Hari ini (3/8) baru aja melakukan flushing oli A/T di Bengkel resmi Honda Istana Cendrawasih, Semarang.

Menggunakan 6 liter Honda ATF DW-1. Sempat bingung sama SA nya DW-1 atau Z-1, tapi begitu nanya foreman ternyata memang DW-1 (oom egi, you were right).

Image

Pekerjaan kurang lebih 2 jam, masuk ngantri 09.00, dikerjakan 09.30, selesai 11.30.

Image

Image

Image
Current ATF Condition

DC Total :
- 6 liter ATF DW-1 (@Rp. 81.000,- + PPn 10% = Rp. 89.100,- ) = Rp. 507.600,-
- Jasa Rp. 150.000,- + PPn 10% = Rp. 165.000,-
Total = Rp. 672.600,-

Untuk flushing jumlah oli yang digunakan bisa bervariasi tergantung dari kebutuhan, enggak mutlak 6. Bisa kurang, bisa lebih, tergantung seberapa kotor ATF yang lama. Awalnya disediakan 7 botol tapi begitu pake 6 botol dirasa cukup akhirnya pakai 6 aja.

Lalu masalah bunyi kasar waktu masuk gigi mundur pada pagi hari / kondisi mesin dingin ternyata habis ganti oli ATF sudah enggak terjadi.

Oh iya sempet tadi waktu nungguin main ke kantor servisnya baca - baca training manuals nya Honda Civic FB. Mumpung kenal atasan sampe bawahan jadi boleh lah pinjem liat-liat bentar... :mky_03: Ubek - ubek info tentang transmisi, ternyata transmisi FB2 ini ada beberapa refinement :
- Peningkatan efisiensi pompa dengan mengurangi tekanan saluran pompa oli yang dikontrol secara elektronis
- Peningkatan efisiensi pada Torque Converter.
- Penggunaan kopling dengan koefisien gesek yang lebih tinggi sehingga jumlah pelat kopling pada clutch pack bisa dikurangi untuk efisiensi. FD1 AT menggunakan 6 plat kopling, FB2 5 plat kopling.
- Lockup range yang diperluas.

Jadi memang bukan sugesti kalau 5AT di FB2 terasa lebih refined dibanding FD1....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by mangujo »

Yaampun dapet mobilnya dibawah pasaran banget brooo
Kalo di bandung tuh masih 260-275, jarang banget yg 250jg (untuk tahun 2012)
Kalo 225 atau 220 worthed lah fb ini..

Selama ini saya mikirnya sekennya fb mahalllll banget dibanding fd... Fd aja pdhl udh tergolong mahal sekennya untuk taun2 tua hahaha
Tapi kalo skrg udh terlalu kepincut sama penampakan civic turbo euy... Ajegile kalo ada dana kebeli civic turbo (480jt)
Mungkin saya bakal milih toyota ft86 seken 2013 aja -,-
Dilemma beli mobil baru full price selalu kepingin mobil kelas lainnya yg seken...
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
officialvlo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Aug 27, 2016 14:29

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by officialvlo »

Nice ripiu om..

Btw. Untuk dashboard FB2 mirio CRV RM ya om. Head unit tombol2an nya sama. Mid atas dash sama jg. Stir jg hampir sama ya.
- R171 SLK 300 GrandEdition 2010
- F10 528i 2012 Twin Turbo (ON SALE NOW)
- F10 M5 2011
- W204 C200 CGI Avantgarde
- L15Z1 RS CVT 2016
- 2AR-FXE 2013

Follow me at IG , theredsoles. [emo-me-too]
michmichael
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Wed Mar 30, 2016 9:29

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by michmichael »

Nice review :mky_02:
Saya juga fanboy honda semenjak pertama kali waktu sd papa saya punya jazz gd3. Semenjak itu saya suka semua honda-honda karena desain eksterior dari honda menurut saya sangat menarik. Dan menurut saya pada masa itu punya honda terasa seperti orang mampu untuk level mobil jepang. Karena line up nya yang masih sedikit belum seperti sekarang. Beda dengan sekarang semenjak sama brio lio dan brv dan salam satu dasbor lainnya menyerang. Sekarang sih sebenarnya juga terkesan masih orang mampu karena beli mobil yang overpriced :e-wall: :frm_bang_head: yah meskipun sangat disayangkan build quality nya saat ini sangat kurang.
Sekarang udah sma karena fanboy honda pakenya hrv :mky_01:
Nextnya kepengen punya civic sih entah fb fd maupun civic turbo sedan or hatch
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

mangujo wrote:Yaampun dapet mobilnya dibawah pasaran banget brooo
Kalo di bandung tuh masih 260-275, jarang banget yg 250jg (untuk tahun 2012)
Kalo 225 atau 220 worthed lah fb ini..

Selama ini saya mikirnya sekennya fb mahalllll banget dibanding fd... Fd aja pdhl udh tergolong mahal sekennya untuk taun2 tua hahaha
Tapi kalo skrg udh terlalu kepincut sama penampakan civic turbo euy... Ajegile kalo ada dana kebeli civic turbo (480jt)
Mungkin saya bakal milih toyota ft86 seken 2013 aja -,-
Dilemma beli mobil baru full price selalu kepingin mobil kelas lainnya yg seken...
Hahahaha iya oom... ya mmg kondisinya gak terlalu bagus tapi good price lah....

Saya Civic turbo nunggu sekennya kalau udah dibawah 300juta aja wkwkwkwkwkw
officialvlo wrote:Nice ripiu om..

Btw. Untuk dashboard FB2 mirio CRV RM ya om. Head unit tombol2an nya sama. Mid atas dash sama jg. Stir jg hampir sama ya.
Ya oom memang selain Civic dan CR-V berbagi basis juga mereka nongol selang waktunya gak terlalu jauh. 2 mobil Honda di Indonesia yang pertama pakai i-MID...
michmichael wrote:Nice review :mky_02:
Saya juga fanboy honda semenjak pertama kali waktu sd papa saya punya jazz gd3. Semenjak itu saya suka semua honda-honda karena desain eksterior dari honda menurut saya sangat menarik. Dan menurut saya pada masa itu punya honda terasa seperti orang mampu untuk level mobil jepang. Karena line up nya yang masih sedikit belum seperti sekarang. Beda dengan sekarang semenjak sama brio lio dan brv dan salam satu dasbor lainnya menyerang. Sekarang sih sebenarnya juga terkesan masih orang mampu karena beli mobil yang overpriced :e-wall: :frm_bang_head: yah meskipun sangat disayangkan build quality nya saat ini sangat kurang.
Sekarang udah sma karena fanboy honda pakenya hrv :mky_01:
Nextnya kepengen punya civic sih entah fb fd maupun civic turbo sedan or hatch
Dulu rasanya Honda not care much about volume-making... Mungkin sekarang trend mobil yang bergeser jadi bikin mereka fokus ke volume-making kalo enggak ya bangkrut... Makanya keluarlah Brio dan sodara-sodaranya yang in fact juga gak di develop di Jepang...

Saya gak tau sih kenapa sampe dibuatin guyonan salam satu dasbor... in fact Mercedes A-Class lineups pun dasbornya sama semua :big_biglaugh: mungkin produk laris lebih rawan kena bully :big_biglaugh: dan gak ada yang berani bully Merc karena yang pake orang kaya mungkin :big_biglaugh:

Honda sekarang memang bukan mobil yang diperuntukkan buat yang hobi spirited driving... tapi buat yang cari mobil sensibel untuk sehari - hari yang enak disetir sendiri wkwkwkwkw... Toyota IMO gak terlalu enak disetir sendiri...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by g4ndalf »

ChZ wrote:
mangujo wrote:Yaampun dapet mobilnya dibawah pasaran banget brooo
Kalo di bandung tuh masih 260-275, jarang banget yg 250jg (untuk tahun 2012)
Kalo 225 atau 220 worthed lah fb ini..

Selama ini saya mikirnya sekennya fb mahalllll banget dibanding fd... Fd aja pdhl udh tergolong mahal sekennya untuk taun2 tua hahaha
Tapi kalo skrg udh terlalu kepincut sama penampakan civic turbo euy... Ajegile kalo ada dana kebeli civic turbo (480jt)
Mungkin saya bakal milih toyota ft86 seken 2013 aja -,-
Dilemma beli mobil baru full price selalu kepingin mobil kelas lainnya yg seken...
Hahahaha iya oom... ya mmg kondisinya gak terlalu bagus tapi good price lah....

Saya Civic turbo nunggu sekennya kalau udah dibawah 300juta aja wkwkwkwkwkw
officialvlo wrote:Nice ripiu om..

Btw. Untuk dashboard FB2 mirio CRV RM ya om. Head unit tombol2an nya sama. Mid atas dash sama jg. Stir jg hampir sama ya.
Ya oom memang selain Civic dan CR-V berbagi basis juga mereka nongol selang waktunya gak terlalu jauh. 2 mobil Honda di Indonesia yang pertama pakai i-MID...
michmichael wrote:Nice review :mky_02:
Saya juga fanboy honda semenjak pertama kali waktu sd papa saya punya jazz gd3. Semenjak itu saya suka semua honda-honda karena desain eksterior dari honda menurut saya sangat menarik. Dan menurut saya pada masa itu punya honda terasa seperti orang mampu untuk level mobil jepang. Karena line up nya yang masih sedikit belum seperti sekarang. Beda dengan sekarang semenjak sama brio lio dan brv dan salam satu dasbor lainnya menyerang. Sekarang sih sebenarnya juga terkesan masih orang mampu karena beli mobil yang overpriced :e-wall: :frm_bang_head: yah meskipun sangat disayangkan build quality nya saat ini sangat kurang.
Sekarang udah sma karena fanboy honda pakenya hrv :mky_01:
Nextnya kepengen punya civic sih entah fb fd maupun civic turbo sedan or hatch
Dulu rasanya Honda not care much about volume-making... Mungkin sekarang trend mobil yang bergeser jadi bikin mereka fokus ke volume-making kalo enggak ya bangkrut... Makanya keluarlah Brio dan sodara-sodaranya yang in fact juga gak di develop di Jepang...

Saya gak tau sih kenapa sampe dibuatin guyonan salam satu dasbor... in fact Mercedes A-Class lineups pun dasbornya sama semua :big_biglaugh: mungkin produk laris lebih rawan kena bully :big_biglaugh: dan gak ada yang berani bully Merc karena yang pake orang kaya mungkin :big_biglaugh:

Honda sekarang memang bukan mobil yang diperuntukkan buat yang hobi spirited driving... tapi buat yang cari mobil sensibel untuk sehari - hari yang enak disetir sendiri wkwkwkwkw... Toyota IMO gak terlalu enak disetir sendiri...
Honda n toyota... kalau eropa ibarat bmw n mercs. Mazda is audi... kalau suka driving rata2 pilih honda, kalau jadi penumpang toyota.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4593
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by Pboyz97 »

Nice review bro

Civic FB kalo menurut saya masih acceptable bentuknya, walaupun desainnya ga sebagus FD apalagi FC, belom lagi interiornya yang terkesan biasa saja untuk mobil sekelas civic + minim fitur untuk versi 1.8nya , tapi mobil ini merupakan mobil yang paling fun to drive di kelasnya kalo menurut saya, btw FB nya udah diupgrade apa aja nih bro hehehe?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

Half-a-year usage report.

Sejujurnya mobil ini sudah kami miliki lebih dari 6 bulan... tapi terhitung yang saya bener-bener full pake itu sejak bulan July 2016... Berarti terhitung sampe hari ini sekitar 6 bulan... Kami pake mobil ini dari bulan 4 2016... Jadi uda sekitar 8-9 bulan...

Dan umur mobil skr udah hampir 5 tahun.

ODO read skrg 45.[cencored]

What I did in last 6 months :

Oil Change at 42k ODO Read...
LiquiMoly 5W-30 SpecialTec AA, replacing the old FK Freshing 5W-30.
Total : 3.8 litre (incl. Oil Filter). Sisa 200cc dari 1 gallon.

Image

DC : 550k (oil) + 100k (LiquiMoly Engine Flush) + 40k (oil filter) = 690k.
Can be cheaper using Honda's Genuine Automobile Oil Blue (5W-30) 100k/litre.
Why I choose LiquiMoly instead of Honda's genuine?
Because it could last longer, dan kenal sama pemilik bengkel :mky_01:

Exhaust System Modification
Full ORD Exhaust Downpipe + Resonator + Muffler

Image

Image

Image

Image

Why I choose ORD?
Sebetulnya berawal dari penasaran krn testimoni orang-orang... Dan ternyata memang gain-nya cukup baik... Terutama di mesin R18Z1 yang ampas high-revnya untuk ukuran mesin Honda krn karakter VTEC nya R-series yang aktif buat economy saja di 2000-4000 RPM (walaupun masih lebih baik dari Toyota/Mazda high rev nya :big_weee: ). Sebagai golongan "mentokin tacho sampe redline", I demand more high-end power and ORD could provide me that. Yang lucu ketika exhaust system biasa lebih meningkatkan torsi di tarikan bawah, ORD malah lebih kuat di atas. Konon si tunernya ORD ini cukup khatam dengan mesin Honda kalo baca di forum sebelah.

Untuk daily sebetulnya Downpipe saja udah cukup, tapi kenapa ane ganti dengan resonator dan downpipe sekalian? Ibarat Sayur tanpa garem, mobil lari kenceng tanpa ter-ekspos suaranya itu hambar... :mky_01: Muffler perkara suara dan tampilan aja (jujur gak suka model muffler bawaan FB), Resonator biar halus suaranya (walaupun sebenernya reson ini cukup berpengaruh ke tarikan juga jadi lebih padet di RPM atas). Sound characteristik agak dengung under 4000 RPM, tapi semakin ditarik semakin garing suaranya, macem B-series kalo ditarik... well walaupun tetep lebih padet B-series tentunya.

Fuel cons? Dengan driving style sama, bensin Pertamax 92 dan Pertamax 98 ganti-ganti... averaging 9.3 to 9.6 km/l tergantung rute... Standar mentok di 9.3 udah. Mix luar kota-dalem kota rute nanjak-nanjak 12-13 km/l.

DC : Downpipe 1.8juta + Resonator 700ribu + Muffler 1,5juta = 4juta.

Problems ?
- Undercarriage is still good, senyap. Even lebih senyap dibanding Honda HR-V 1.8 di rumah.
- Engine still runs very smooth, no leaks... Tapi mulai ada sedikit getaran... Presumably engine mounting udah mulai worn off walaupun blm parah.
- Interior rattles : glovebox, left doortrim.
- Sound system : Staging suara di belakang :mky_05: mungkin krn set-up modifikasi audio pemilik lamanya.
- Ban serep turun karena sidewall ban kanan belakang udah sobek-sobek dan mulai kalah (karena sempat bocor alus dan dipake terus lupa ngisi angin agak lama jadi sidewall nya kalah). Ban belakang sepertinya udah minta ganti (ban tahun 2011). Rencana sekalian sama depannya mungkin tengah tahun ini... Treadwear masih cukup oke masih tebel.
- Paintwork sucks, clear coat ngelupas di beberapa bagian seperti pintu belakang kanan dan bumper depan. Ini masalah mungkin karena dulu repaint nya kurang bagus sepertinya.

What I recently noticed :
- Sepertinya mobil ini diciptakan untuk family sedan, sehingga damper suspensi belakang justru enak kalo diisi orang banyak. Di kondisi beban kosong krn travelnya agak panjang dan damper agresif jadi terasa malah keras... Begitu terisi beban malah empuk krn travel suspensi berkurang... Kondisi ini kebalik dengan CR-V RM yang travel suspensinya pendek tapi dampernya soft.

- Bagian bokong mobil ini superb! Ketika nikung agak kenceng dan flick setir minim gejala ngebuang dan movement mobil sangat-sangat mudah dikontrol. Ini barusan ane sadari karena setelah liat video ini :

[youtube]ygV2VpijzwQ[/youtube]

Dan beberapa kali ane coba sendiri... Memang benar adanya... Mobil ini sangat nurut kalau dibelokin.

- EPS better dari CR-V RM atau Odyssey RC... tapi rationya slow... Mbl ini justru g cocok buat nyetir agresif. The same feeling I got when driving Accord CR... Smooth sailing... Solid chassis with slow steering. But fun? I don't think so.

- Karakter rem agak dalem... Tapi kalau sudah terbiasa malah enak, biting pointnya gampang dirasakan. Juga nggak memabukkan kalo ngerem.

- 5AT nya sluggish ketika crawling... Tapi begitu sudah cruise masuk 2000 RPM dia akan makin cepet lock-up... Ketika sudah masuk overdrive (gear 5) dan dibejeg pun lock-up nya cukup cepat. Intinya transmisinya akan terus menyesuaikan dengan karakter injakan gas pengemudi... Tapi kelemahannya ada di ratio nya yang panjang-panjang dan memang diciptakan untuk jalan datar, sehingga untuk nanjak seringkali berasa gak dapet-dapet momentnya.

FAQ :
- Product Gagalnya Honda?
Menurut ane banyaknya fanboy dan hater di luar sana yang mengatakan Civic generasi ke-9 adalah kegagalan Honda, sebenernya mobil ini considered gagal karena "FD was too good that even Honda don't know how to succeed it". Sehingga di dalam kebingungan itu... dan tentu saja ditimpa badai krisis keuangan, mereka insist untuk memberikan formula yang sama dengan FD... Dengan berbagai refinement. Well, ada beberapa hal yang ternyata memang "improved" dari FD termasuk karakter AT nya.

Kekecewaan penggemar itu karena Civic biasanya membawa sesuatu yang "baru" ketika ganti model, dan yang ini cenderung stagnan, gak ada break-through, kualitas buatan menurun, sehingga considered as gagal.

Tapi tenang saja, Honda sudah berhasil mendesain sebuah "produk gagal" yang baik... Untuk ukuran sebuah "produk gagal yang dihasilkan waktu krisis ekonomi", mobil ini sangat baik.

My favourite Civic?
Nope, Kalo boleh jujur FB justru masuk ke list paling bawah generasi Civic favorit ane. Why? Karena less-iconic dibanding yang lain. Modelnya sangat mudah dilupakan orang. Tidak seperti FC1 yang bener-bener gak keliatan seperti "Civic"... atau FD yang bener-bener terkesan "naik kelas" dari ES... dan ES yang bener-bener "upgrade" dari EK... dan seterusnya. FB ini konservatif, mobil yang terlihat biasa-biasa di jalan, even dibanding Corolla baru masih menarik Corolla baru. Orang gak akan berpikir FB ini mobil mahal apalagi sebuah Honda Civic. Biasa sebuah Honda Civic itu noticable di jalan mau generasi manapun.

Orang yang naik Civic FB ini akan terlihat seperti orang yang konservatif, regular salaryman yang masih menapaki jenjang karier. Bukan terkesan "youthful" seperti FD atau "mature" seperti FC. Yah mungkin cocok dengan ane yang juga sedang menapaki karier...

The good point is... Jadi gak gampang dikenali. Mobil ini pretty much akan disangka Honda City saja sama orang banyak. Sudah brapa kali ane ditanya "tuh mobil lu Honda apaan? Honda City ya?" sama orang - orang yang gak ngerti mobil... :big_bored: cocok buat orang yang gak suka dikenali atau gak suka show-off...

But still, feel Civic nya masih ada. That's what I love from this car. It's still better than Corolla in terms of drivability, and in the other way it's comfortable enough.

Image

Image

Well looking forward for another year of ownership... :cupss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7