Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
leakbali
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Dec 12, 2015 15:12

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by leakbali »

alvin23 wrote:
ChZ wrote:
leakbali wrote: tapi om, untuk menjadi leading bukan sekedar 430Nm, sama seperti fortuner sekarang, kalau cuma liat spek diatas kertas, jauhlah, tapi realitanya? kita semua taulah siapa yang leading :big_think:
Dulu waktu jaman paspor pertama keluar itu Fortuner sempat ketar ketir loh, om...

Yang lucunya sejak keluar VNT langsung disalip lagi.

The power of "mobil pejabat" dan "brand", om... itu yang bikin laku. Naik Fortuner khan berasa mobil pejabat nya... :ngacir:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..

keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
atau cari om turbo biar 378 HP, saya suka turbo , PJS dakar lewat :big_smile] :big_think: ........... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
it came from my dumb opinion
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot, :big_think:.... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by ChZ »

alvin23 wrote:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..

keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
Basically, paspor memang ngga punya selling point selain mesin nya. Keluasan kabin kalah, posisi nyetir juga gak enak, mahal pula. Saya pertama nyetir Dakar om saya malah berpikir keras kelebihan mobil ini selain mesinnya apa :big_biglaugh:

GNF, brand toyota, banyak dipake pejabat, modelnya juga makin ke-landcruiser landcruiser-an, cabin lebih lapang (walau kalo ane masuk baris ketiga ya sama aja gak enak, tapi slightly better than Paspor). :big_smoking:

Paspor baru dan Fortuner baru kalo liat spek mesin dan transmisinya saya masih jagokan Paspor... Tapi urusan cabin dll blom liat barang ngga bisa komen.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2551
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by KielConstantine »

htannis wrote: anyway kalau ane mah beli anki aja lah beda casing doang masa bayar lbh mahal 100jt buat apaan
Lebih mahal 100juta nya mending buat swap ke 1GD-FTV + ganti rumah keong yah ommm :mrgreen:




Rumah keong standart Toyota dihibahkan ke si Garry aja:

Image


:drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
tongkicot
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sat Dec 12, 2015 6:56

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by tongkicot »

Ogut pernah baca kalo anki mesinnya pake vnt (fortuner sekarang) kalo fortuner yg baru dah ngak pake vnt lagi tapi apa gitu.... Cmiww.

Mohon pencerahannya oms
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by kompresorz »

Turboman wrote:Dapat FWD an dr diler :


Dear All..

Terkait dgn teaser iklan ALL NEW FORTUNER - Coming Soon di koran KOMPAS hr ini tgl 16 Des.

Bersama ini kami sampaikan informasi dr TAM bahwa estimasi kisaran harga OTR DKI All New Fortuner 4x2 DIESEL adalah 450 - 520 juta. Utk OTR wilayah akan disampaikan menyusul & harga Resmi akan diinformasikan saat launching All New Fortuner.
Ah masih main kepala 4-5....tar liat dl dah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by Turboman »

tongkicot wrote:Ogut pernah baca kalo anki mesinnya pake vnt (fortuner sekarang) kalo fortuner yg baru dah ngak pake vnt lagi tapi apa gitu.... Cmiww.

Mohon pencerahannya oms
2GD dan 1GD pake VNT juga dan LEBIH KECIL daripada VNT si 2KD yang skg di Fortuner skg dan HiLux Vigo lama.

Good news ?

Bad news ?

BOTH !

Good news = spool up lebih cepat, makanya Diesel-nya ANKI kan responnya cukup instant

Bad news = kemampuan boost Max jadi terbatas

Solusi = Tunggu G Turbo bikin Grunter utk 2GD.....ha haaaa

*bukan sales G Turbo*
* Bukan ajakan Beli *
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by Chevyman »

Rem belakang fortuner AN Fortuner masih tromol ga ya om? :mky_03:
User avatar
shale shaker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by shale shaker »

ChZ wrote:
alvin23 wrote:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..

keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
Basically, paspor memang ngga punya selling point selain mesin nya. Keluasan kabin kalah, posisi nyetir juga gak enak, mahal pula. Saya pertama nyetir Dakar om saya malah berpikir keras kelebihan mobil ini selain mesinnya apa :big_biglaugh:

GNF, brand toyota, banyak dipake pejabat, modelnya juga makin ke-landcruiser landcruiser-an, cabin lebih lapang (walau kalo ane masuk baris ketiga ya sama aja gak enak, tapi slightly better than Paspor). :big_smoking:

Paspor baru dan Fortuner baru kalo liat spek mesin dan transmisinya saya masih jagokan Paspor... Tapi urusan cabin dll blom liat barang ngga bisa komen.
Couldnt agree more, harus diakui mobil mitsu dari sisi tech selangkah lbh maju dr toyota, tapi entah knapa soal desain saya melihat ada yg kurang proporsional di PJS akrg dan terlebih di ANPJS. mitsu yg saya suka hanya galant, lainnya sih rada aneh kurang pas diotak ane.

Tapi belakangan desainer toyota kehabisan ide atau apa, itu desain depan All new Fortuner juga maksa banget, lampu kekecilan plus kumis yg aneh...

Sorry kalau oot.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by Turboman »

Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif

Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak

Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat

260 hp VS 420 hp ?

Saksi = htannis

Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)

Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
* Bukan ajakan Beli *
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by FMEAKD »

shale shaker wrote:
ChZ wrote:
alvin23 wrote:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..

keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
Basically, paspor memang ngga punya selling point selain mesin nya. Keluasan kabin kalah, posisi nyetir juga gak enak, mahal pula. Saya pertama nyetir Dakar om saya malah berpikir keras kelebihan mobil ini selain mesinnya apa :big_biglaugh:

GNF, brand toyota, banyak dipake pejabat, modelnya juga makin ke-landcruiser landcruiser-an, cabin lebih lapang (walau kalo ane masuk baris ketiga ya sama aja gak enak, tapi slightly better than Paspor). :big_smoking:

Paspor baru dan Fortuner baru kalo liat spek mesin dan transmisinya saya masih jagokan Paspor... Tapi urusan cabin dll blom liat barang ngga bisa komen.
Couldnt agree more, harus diakui mobil mitsu dari sisi tech selangkah lbh maju dr toyota, tapi entah knapa soal desain saya melihat ada yg kurang proporsional di PJS akrg dan terlebih di ANPJS. mitsu yg saya suka hanya galant, lainnya sih rada aneh kurang pas diotak ane.

Tapi belakangan desainer toyota kehabisan ide atau apa, itu desain depan All new Fortuner juga maksa banget, lampu kekecilan plus kumis yg aneh...

Sorry kalau oot.
Setuju sama om, tech lebih maju dibanding toyota, walau itu gb exceed jaman batu 4 speed tapi clever jauh dari 4at toyota, kemudian AC itu ac ps lebih dahulu pakek tekan tekan buat rear, toyota masih geser, ac frontnya bisa dipasang ke hot, toyota gak, hu nya tiap trim ada gps, yg toyota trd doang, yg ane suka mesin dan gb ps mempelajari karakter pengemudinya, kalo fortie hadeh belum kerasa sampe sekarang
Cuma desain dan lebar serta pancang nya doang yg kurang..
Cmiiw imo
*pengguna PJS dan vnt *
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by ibar78 »

kalo 500 mah bel everest baru aja :big_bored:

4x2 2.2L Ambiente MT
4x4 2.2L Ambiente MT
4x2 2.2L Trend AT

Starts from Rp 560.000.000
4x2 2.2L Trend MT
:popcorn:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by Turboman »

ibar78 wrote:kalo 500 mah bel everest baru aja :big_bored:

4x2 2.2L Ambiente MT
4x4 2.2L Ambiente MT
4x2 2.2L Trend AT

Starts from Rp 560.000.000
4x2 2.2L Trend MT
FYI :
Everest di Thai itu harga dekat dgn Fortuner baru utk trim2 yg se level

di sini harganya jadi jauh di atas ANF

Itu harga Evie trend 560 jt, si ANF yg manual G harga 450 jt (estimasi)

Yg Titanium 634 jt, sedangkan ANF 520 jt VRZ - 4x2 A/T......cuman kalah di auto park dan Mitigation brake cruise control

Kalo FMI gak segera antisipasi, bisa tamat riwayat AN Evie......belum lagi nanti datangnya AN PJS yg moga2 harga seimbang ama ANF
* Bukan ajakan Beli *
tongkicot
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sat Dec 12, 2015 6:56

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by tongkicot »

Turboman wrote:
tongkicot wrote:Ogut pernah baca kalo anki mesinnya pake vnt (fortuner sekarang) kalo fortuner yg baru dah ngak pake vnt lagi tapi apa gitu.... Cmiww.

Mohon pencerahannya oms
2GD dan 1GD pake VNT juga dan LEBIH KECIL daripada VNT si 2KD yang skg di Fortuner skg dan HiLux Vigo lama.

Good news ?

Bad news ?

BOTH !

Good news = spool up lebih cepat, makanya Diesel-nya ANKI kan responnya cukup instant

Bad news = kemampuan boost Max jadi terbatas

Solusi = Tunggu G Turbo bikin Grunter utk 2GD.....ha haaaa

*bukan sales G Turbo*
Makasih om turbo penjelasannya lepel atas nih buat lepel ogut masih kudu kudu nangkring di sm nih :p
tongkicot
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sat Dec 12, 2015 6:56

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by tongkicot »

shale shaker wrote:
Tapi belakangan desainer toyota kehabisan ide atau apa, itu desain depan All new Fortuner juga maksa banget, lampu kekecilan plus kumis yg aneh...

Sorry kalau oot.
Ogut malah kalo liat headlampnya boleh juga tapi yang kayak kumis lele itu yang bikin gimanaaaaa gitu... All new yaris juga ada kumisnya loh, om

Sorry ogut cari button multi quotenya ngak nemu. :mky_01:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by daftar »

Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif

Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak

Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat

260 hp VS 420 hp ?

Saksi = htannis

Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)

Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om, :big_childish:
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja :big_smile]
:ngacir:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by vp920b »

Harganya agak kurang realitis kalau dibawah 500 mengingat kompetitor sudah 500-600juta..

Just my 2 cents sih dan omongan orang dalem TAM yang bilang naik 30%. Tipenya juga uda keluar di koran cuma SrZ ama VrZ.

We'll see. Kalau 400an pasti pada lari ke fortie bukan ke ANKI lagi..

Kalau ada testdrivenya minta pinjem ah..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by Turboman »

Dari awal kenaikan ANKI dan ANF (waktu rumor2 sebelum ANKi launching) selalu disebut kenaikan dalam nominal sekian puluh juta, nggak pernah dalam persen

Kalo naik 30% mah itu namanya gak niat jualan

Skg jualan mobil persaingan sengit, jepit2-an.......yang mau nguasain pangsa pasar di segment-nya ya harus jual dgn harga bersahabat
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by maskopat »

daftar wrote:
Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif

Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak

Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat

260 hp VS 420 hp ?

Saksi = htannis

Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)

Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om, :big_childish:
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja :big_smile]
yaaah biar ada pemasukan untuk para modifikator.... gitchu lhoooor... :big_grin:

kalo saya malah salut dengan mitsubishi.. dengan mesin paspor dakar 4D56 yang dirancang dari tahun 80-an, ditambahin ini itu bisa cukup aman sampe 250HP (kata mod turboman)... :big_exellent:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by Turboman »

daftar wrote: kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om, :big_childish:
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja :big_smile]
Liat2 pasarnya utk mana dulu om

Mobil2 keluarga IMV itu target pasarnya negara berkembang, dimana mobil harus bisa "dibawa sengsara" / mobil tetap jalan dengan perawatan minimal / ala kadarnya

Udah itu mobil akan bekerja dengan keras / jalan terus2-an / bawa penumpang banyak bahkan sampai melebihi spec

Di negara2 dimana mesin tsb dipasarkan belum menerapkan "pajak karbon"

Jadi mesin didisain utk kerja dengan stress level yang rendah, agar mesin tsb awet

Udah terbukti HiLux2 Jasa Marga itu selama operasional odo jalan 800 rb - 1 jt Km tanpa masalah berarti.

Jadi rasio antara output Power VS volume mesin-nya udah spt mesin Truk

Dan nggak cuman Toyota

Isuzu 4JK1-TCX juga sama, itu malah 2500 cc VGT cuman 136 PS

Isuzu 4JJ1-TC - 3000 cc juga cuman 130 an PS (RHF4 - non VGT)

Mitsu 4D56 non VGT - 2500 cc - 132 an PS

Nahhh......kenapa dibuat spt itu ?

Tapi ketika di arena balap, mesin 4JJ1-TC itu terbukti bisa dipompa hingga 600 - 700 - 800 HP........bahkan mungkin lebih....itu mesin Diesel 3000 cc terkencang di dunia, rekor Drag 402 M (D-Max space frame) under 8 detik oleh Chaba.

Nah sekarang kalo utk pasar Eropa dimana ada pajak karbon, semua produsen juga keluarin mesin2 Torsi besar & downsizing

Toyota 2AD-FHV - 2200 cc - 177 hp / 400 Nm - stock

Isuzu D-Max pake 2.3 - Twin Turbo

Tahun depan Thailand juga akan nerapin pajak Karbon, maka itu banyak produsen downsizing dari 2500 ke 2400 / 2200 bahkan 1900 cc......yang 1900 cc - 150 Hp (Isuzu D-Max Blue Power)

Trus matic-nya juga pada jadi 6 - 8 AT

Heheheheheheh
:big_grin:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by daftar »

maskopat wrote:
daftar wrote:
Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif

Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak

Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat

260 hp VS 420 hp ?

Saksi = htannis

Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)

Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om, :big_childish:
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja :big_smile]
yaaah biar ada pemasukan untuk para modifikator.... gitchu lhoooor... :big_grin:

kalo saya malah salut dengan mitsubishi.. dengan mesin paspor dakar 4D56 yang dirancang dari tahun 80-an, ditambahin ini itu bisa cukup aman sampe 250HP (kata mod turboman)... :big_exellent:
soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by ChZ »

Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif

Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak

Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat

260 hp VS 420 hp ?

Saksi = htannis

Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)

Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
Karena mereka mana mikir mobilnya mau di modif, om? Orientasinya kan SUV buat medan berat dan / atau family car untuk sehari - hari. Segmen pasar yang diincar bukan speedgoers, tapi family.

Lagian, setau saya pertimbangan semua pabrikan mobil adalah factory stock. Even on performance car. Sedikit sekali pabrikan yang mikir mobil itu "kertas kosong" buat diulik.

Apa iya insinyur Mitsu berpikir itu 4D56T bakal di boost sama yang punya sampe 260hp? Pasti enggak kan... Kalo mereka tau pun paling jawabannya "do it at your own risk". Ntah keguling, ntah rusak, itu resiko elu, bahasa kasarnya gitu.

Saya rasa orang Toyota juga nggak berpikir sejauh itu kalau mesin dan transmisi Innova D-4D bisa sekuat itu...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by daftar »

Turboman wrote:
daftar wrote: kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om, :big_childish:
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja :big_smile]
Liat2 pasarnya utk mana dulu om

Mobil2 keluarga IMV itu target pasarnya negara berkembang, dimana mobil harus bisa "dibawa sengsara" / mobil tetap jalan dengan perawatan minimal / ala kadarnya

Udah itu mobil akan bekerja dengan keras / jalan terus2-an / bawa penumpang banyak bahkan sampai melebihi spec

Di negara2 dimana mesin tsb dipasarkan belum menerapkan "pajak karbon"

Jadi mesin didisain utk kerja dengan stress level yang rendah, agar mesin tsb awet

Udah terbukti HiLux2 Jasa Marga itu selama operasional odo jalan 800 rb - 1 jt Km tanpa masalah berarti.

Jadi rasio antara output Power VS volume mesin-nya udah spt mesin Truk

Dan nggak cuman Toyota

Isuzu 4JK1-TCX juga sama, itu malah 2500 cc VGT cuman 136 PS

Isuzu 4JJ1-TC - 3000 cc juga cuman 130 an PS (RHF4 - non VGT)

Mitsu 4D56 non VGT - 2500 cc - 132 an PS

Nahhh......kenapa dibuat spt itu ?

Tapi ketika di arena balap, mesin 4JJ1-TC itu terbukti bisa dipompa hingga 600 - 700 - 800 HP........bahkan mungkin lebih....itu mesin Diesel 3000 cc terkencang di dunia, rekor Drag 402 M (D-Max space frame) under 8 detik oleh Chaba.

Nah sekarang kalo utk pasar Eropa dimana ada pajak karbon, semua produsen juga keluarin mesin2 Torsi besar & downsizing

Toyota 2AD-FHV - 2200 cc - 177 hp / 400 Nm - stock

Isuzu D-Max pake 2.3 - Twin Turbo

Tahun depan Thailand juga akan nerapin pajak Karbon, maka itu banyak produsen downsizing dari 2500 ke 2400 / 2200 bahkan 1900 cc......yang 1900 cc - 150 Hp (Isuzu D-Max Blue Power)

Trus matic-nya juga pada jadi 6 - 8 AT

Heheheheheheh
:big_grin:
jadi lebih karena disesuaikan sama karakter konsumennya ya om, dan juga mungkin kondisi BBM yang beredar :big_biglaugh:

iya sih om masih banyak mobil2 yang beredar di Indo CC besar dan tenaga segitu2 aja,
bener juga sama kayak truk yang hampir 5.000 CC tapi cuman 120 PS. tapi kuat banget disiksa :big_dunno:
berarti produsen memang tau konsumen indo banyak yang belum siap dengan yang hi-tech2 dan yang penting mobil bandel.,
mungkin juga karena masih banyak orang indo yang menganggap Tenaga = CC, mobil CC besar = tenaga besar, nggak melihat tenaga berapa HP/DK- yang dihasilkan.
Ty om untuk infonya mesin2 kecil yang hi power.

Tapi bukannya mobil2 yang udah dimodif itu awet2 aja ya om? kayak punya om htannis
wah kalo dilanljutin bisa OOT nih, :big_biglaugh:
:ngacir:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by alvin23 »

daftar wrote: soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
second to that om daftar :frm_salut: :frm_salut:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by ChZ »

daftar wrote: soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
Lancer Evo dan GT-R pun kalau diulik terlalu ekstrim juga jebol... Udah jebol kadan laptimes nya nggak lebih baik dari yang fine tuned power cuma naik 30% dari stock.

Nah, mobil - mobil begitu punya potensi sampai 1500hp, kenapa koq yang buat balapan rata-rata cuma 400-600hp... Nggak perkara resiko aja, resiko apaan 600hp buat RB26 sih geli-geli. Tapi menurut saya lebih ke balance. Mobil 1000HP keatas buat balapan di track, tuningnya pasti sulit. Overboost dengan turbo lag se abad... Belom cornering ability nya yang semakin berkurang. Tunernya harus berpikir keras biar itu mobil nggak malu-maluin lawan yang hp nya lebih kecil. Dan biaya research buat tuning.... itu bisa mahal sekali. Makanya nggak banyak yang berani ambil resiko.

Makanya saya salut dengan beberapa tuner yang bisa modif mobil sampai 800-1000HP tapi mobilnya tetep bisa enak buat jalan dan kenceng juga di track. Salah satu contohnya Mine's yang dari dulu sohor bisa bikin GT-R horsepower besar dengan kemampuan cornering yang baik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016

Post by daftar »

ChZ wrote:
daftar wrote: soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
Lancer Evo dan GT-R pun kalau diulik terlalu ekstrim juga jebol... Udah jebol kadan laptimes nya nggak lebih baik dari yang fine tuned power cuma naik 30% dari stock.

Nah, mobil - mobil begitu punya potensi sampai 1500hp, kenapa koq yang buat balapan rata-rata cuma 400-600hp... Nggak perkara resiko aja, resiko apaan 600hp buat RB26 sih geli-geli. Tapi menurut saya lebih ke balance. Mobil 1000HP keatas buat balapan di track, tuningnya pasti sulit. Overboost dengan turbo lag se abad... Belom cornering ability nya yang semakin berkurang. Tunernya harus berpikir keras biar itu mobil nggak malu-maluin lawan yang hp nya lebih kecil. Dan biaya research buat tuning.... itu bisa mahal sekali. Makanya nggak banyak yang berani ambil resiko.

Makanya saya salut dengan beberapa tuner yang bisa modif mobil sampai 800-1000HP tapi mobilnya tetep bisa enak buat jalan dan kenceng juga di track. Salah satu contohnya Mine's yang dari dulu sohor bisa bikin GT-R horsepower besar dengan kemampuan cornering yang baik.
maksud ane dari karakter penggunanya om,
kalo pengguna Fortie dan inova ini kan kebanyakan gak aneh2, beda sama pengguna sportcar,
jadi kayaknya ga mungkin toyota ngasih mesin buat fortuna punya tujuan biar gampang dioprek jadi hi power. Apalagi dari sasis juga ga memungkinkan untuk dibuat balapan,
nah lalu muncul pertanyaan ane tadi kenapa Toyota nggak bikin mobil CC kecil aja lalu dimaksimalkan dari awal,
:ngacir: