atau cari om turbo biar 378 HP, saya suka turbo , PJS dakar lewat ...........alvin23 wrote:umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..ChZ wrote:Dulu waktu jaman paspor pertama keluar itu Fortuner sempat ketar ketir loh, om...leakbali wrote: tapi om, untuk menjadi leading bukan sekedar 430Nm, sama seperti fortuner sekarang, kalau cuma liat spek diatas kertas, jauhlah, tapi realitanya? kita semua taulah siapa yang leading
Yang lucunya sejak keluar VNT langsung disalip lagi.
The power of "mobil pejabat" dan "brand", om... itu yang bikin laku. Naik Fortuner khan berasa mobil pejabat nya...
keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Sat Dec 12, 2015 15:12
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
it came from my dumb opinion
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot, ....
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot, ....
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Basically, paspor memang ngga punya selling point selain mesin nya. Keluasan kabin kalah, posisi nyetir juga gak enak, mahal pula. Saya pertama nyetir Dakar om saya malah berpikir keras kelebihan mobil ini selain mesinnya apaalvin23 wrote:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..
keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
GNF, brand toyota, banyak dipake pejabat, modelnya juga makin ke-landcruiser landcruiser-an, cabin lebih lapang (walau kalo ane masuk baris ketiga ya sama aja gak enak, tapi slightly better than Paspor).
Paspor baru dan Fortuner baru kalo liat spek mesin dan transmisinya saya masih jagokan Paspor... Tapi urusan cabin dll blom liat barang ngga bisa komen.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2551
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Lebih mahal 100juta nya mending buat swap ke 1GD-FTV + ganti rumah keong yah ommmhtannis wrote: anyway kalau ane mah beli anki aja lah beda casing doang masa bayar lbh mahal 100jt buat apaan
Rumah keong standart Toyota dihibahkan ke si Garry aja:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Dec 12, 2015 6:56
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Ogut pernah baca kalo anki mesinnya pake vnt (fortuner sekarang) kalo fortuner yg baru dah ngak pake vnt lagi tapi apa gitu.... Cmiww.
Mohon pencerahannya oms
Mohon pencerahannya oms
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Ah masih main kepala 4-5....tar liat dl dahTurboman wrote:Dapat FWD an dr diler :
Dear All..
Terkait dgn teaser iklan ALL NEW FORTUNER - Coming Soon di koran KOMPAS hr ini tgl 16 Des.
Bersama ini kami sampaikan informasi dr TAM bahwa estimasi kisaran harga OTR DKI All New Fortuner 4x2 DIESEL adalah 450 - 520 juta. Utk OTR wilayah akan disampaikan menyusul & harga Resmi akan diinformasikan saat launching All New Fortuner.
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
2GD dan 1GD pake VNT juga dan LEBIH KECIL daripada VNT si 2KD yang skg di Fortuner skg dan HiLux Vigo lama.tongkicot wrote:Ogut pernah baca kalo anki mesinnya pake vnt (fortuner sekarang) kalo fortuner yg baru dah ngak pake vnt lagi tapi apa gitu.... Cmiww.
Mohon pencerahannya oms
Good news ?
Bad news ?
BOTH !
Good news = spool up lebih cepat, makanya Diesel-nya ANKI kan responnya cukup instant
Bad news = kemampuan boost Max jadi terbatas
Solusi = Tunggu G Turbo bikin Grunter utk 2GD.....ha haaaa
*bukan sales G Turbo*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 717
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Rem belakang fortuner AN Fortuner masih tromol ga ya om?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Couldnt agree more, harus diakui mobil mitsu dari sisi tech selangkah lbh maju dr toyota, tapi entah knapa soal desain saya melihat ada yg kurang proporsional di PJS akrg dan terlebih di ANPJS. mitsu yg saya suka hanya galant, lainnya sih rada aneh kurang pas diotak ane.ChZ wrote:Basically, paspor memang ngga punya selling point selain mesin nya. Keluasan kabin kalah, posisi nyetir juga gak enak, mahal pula. Saya pertama nyetir Dakar om saya malah berpikir keras kelebihan mobil ini selain mesinnya apaalvin23 wrote:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..
keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
GNF, brand toyota, banyak dipake pejabat, modelnya juga makin ke-landcruiser landcruiser-an, cabin lebih lapang (walau kalo ane masuk baris ketiga ya sama aja gak enak, tapi slightly better than Paspor).
Paspor baru dan Fortuner baru kalo liat spek mesin dan transmisinya saya masih jagokan Paspor... Tapi urusan cabin dll blom liat barang ngga bisa komen.
Tapi belakangan desainer toyota kehabisan ide atau apa, itu desain depan All new Fortuner juga maksa banget, lampu kekecilan plus kumis yg aneh...
Sorry kalau oot.
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif
Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak
Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat
260 hp VS 420 hp ?
Saksi = htannis
Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)
Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak
Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat
260 hp VS 420 hp ?
Saksi = htannis
Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)
Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Setuju sama om, tech lebih maju dibanding toyota, walau itu gb exceed jaman batu 4 speed tapi clever jauh dari 4at toyota, kemudian AC itu ac ps lebih dahulu pakek tekan tekan buat rear, toyota masih geser, ac frontnya bisa dipasang ke hot, toyota gak, hu nya tiap trim ada gps, yg toyota trd doang, yg ane suka mesin dan gb ps mempelajari karakter pengemudinya, kalo fortie hadeh belum kerasa sampe sekarangshale shaker wrote:Couldnt agree more, harus diakui mobil mitsu dari sisi tech selangkah lbh maju dr toyota, tapi entah knapa soal desain saya melihat ada yg kurang proporsional di PJS akrg dan terlebih di ANPJS. mitsu yg saya suka hanya galant, lainnya sih rada aneh kurang pas diotak ane.ChZ wrote:Basically, paspor memang ngga punya selling point selain mesin nya. Keluasan kabin kalah, posisi nyetir juga gak enak, mahal pula. Saya pertama nyetir Dakar om saya malah berpikir keras kelebihan mobil ini selain mesinnya apaalvin23 wrote:
umm nggak juga sih om.. dulu pas exceed dan dakar keluar, fortuner diesel cuma punya diesel lelet (std) , plus waktu itu kan PJS model fresh, beda ama fortie yg mirip innova dan udh beredar bbrp tahun..
keluar VNT, keluhan boyota udh ga se-severe sebelumnya, kabin juga paling luas, posisi driving dan row 3 lbh bagus, fitur nambah, tampilan ganteng.. ya wajar balik lagi...
baru kalo kurang kenceng, cari PJS dakar
GNF, brand toyota, banyak dipake pejabat, modelnya juga makin ke-landcruiser landcruiser-an, cabin lebih lapang (walau kalo ane masuk baris ketiga ya sama aja gak enak, tapi slightly better than Paspor).
Paspor baru dan Fortuner baru kalo liat spek mesin dan transmisinya saya masih jagokan Paspor... Tapi urusan cabin dll blom liat barang ngga bisa komen.
Tapi belakangan desainer toyota kehabisan ide atau apa, itu desain depan All new Fortuner juga maksa banget, lampu kekecilan plus kumis yg aneh...
Sorry kalau oot.
Cuma desain dan lebar serta pancang nya doang yg kurang..
Cmiiw imo
*pengguna PJS dan vnt *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
kalo 500 mah bel everest baru aja
4x2 2.2L Ambiente MT
4x4 2.2L Ambiente MT
4x2 2.2L Trend AT
Starts from Rp 560.000.000
4x2 2.2L Trend MT
4x2 2.2L Ambiente MT
4x4 2.2L Ambiente MT
4x2 2.2L Trend AT
Starts from Rp 560.000.000
4x2 2.2L Trend MT
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
FYI :ibar78 wrote:kalo 500 mah bel everest baru aja
4x2 2.2L Ambiente MT
4x4 2.2L Ambiente MT
4x2 2.2L Trend AT
Starts from Rp 560.000.000
4x2 2.2L Trend MT
Everest di Thai itu harga dekat dgn Fortuner baru utk trim2 yg se level
di sini harganya jadi jauh di atas ANF
Itu harga Evie trend 560 jt, si ANF yg manual G harga 450 jt (estimasi)
Yg Titanium 634 jt, sedangkan ANF 520 jt VRZ - 4x2 A/T......cuman kalah di auto park dan Mitigation brake cruise control
Kalo FMI gak segera antisipasi, bisa tamat riwayat AN Evie......belum lagi nanti datangnya AN PJS yg moga2 harga seimbang ama ANF
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Dec 12, 2015 6:56
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Makasih om turbo penjelasannya lepel atas nih buat lepel ogut masih kudu kudu nangkring di sm nih :pTurboman wrote:2GD dan 1GD pake VNT juga dan LEBIH KECIL daripada VNT si 2KD yang skg di Fortuner skg dan HiLux Vigo lama.tongkicot wrote:Ogut pernah baca kalo anki mesinnya pake vnt (fortuner sekarang) kalo fortuner yg baru dah ngak pake vnt lagi tapi apa gitu.... Cmiww.
Mohon pencerahannya oms
Good news ?
Bad news ?
BOTH !
Good news = spool up lebih cepat, makanya Diesel-nya ANKI kan responnya cukup instant
Bad news = kemampuan boost Max jadi terbatas
Solusi = Tunggu G Turbo bikin Grunter utk 2GD.....ha haaaa
*bukan sales G Turbo*
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sat Dec 12, 2015 6:56
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Ogut malah kalo liat headlampnya boleh juga tapi yang kayak kumis lele itu yang bikin gimanaaaaa gitu... All new yaris juga ada kumisnya loh, omshale shaker wrote:
Tapi belakangan desainer toyota kehabisan ide atau apa, itu desain depan All new Fortuner juga maksa banget, lampu kekecilan plus kumis yg aneh...
Sorry kalau oot.
Sorry ogut cari button multi quotenya ngak nemu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om,Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif
Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak
Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat
260 hp VS 420 hp ?
Saksi = htannis
Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)
Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Harganya agak kurang realitis kalau dibawah 500 mengingat kompetitor sudah 500-600juta..
Just my 2 cents sih dan omongan orang dalem TAM yang bilang naik 30%. Tipenya juga uda keluar di koran cuma SrZ ama VrZ.
We'll see. Kalau 400an pasti pada lari ke fortie bukan ke ANKI lagi..
Kalau ada testdrivenya minta pinjem ah..
Just my 2 cents sih dan omongan orang dalem TAM yang bilang naik 30%. Tipenya juga uda keluar di koran cuma SrZ ama VrZ.
We'll see. Kalau 400an pasti pada lari ke fortie bukan ke ANKI lagi..
Kalau ada testdrivenya minta pinjem ah..
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Dari awal kenaikan ANKI dan ANF (waktu rumor2 sebelum ANKi launching) selalu disebut kenaikan dalam nominal sekian puluh juta, nggak pernah dalam persen
Kalo naik 30% mah itu namanya gak niat jualan
Skg jualan mobil persaingan sengit, jepit2-an.......yang mau nguasain pangsa pasar di segment-nya ya harus jual dgn harga bersahabat
Kalo naik 30% mah itu namanya gak niat jualan
Skg jualan mobil persaingan sengit, jepit2-an.......yang mau nguasain pangsa pasar di segment-nya ya harus jual dgn harga bersahabat
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
yaaah biar ada pemasukan untuk para modifikator.... gitchu lhoooor...daftar wrote:kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om,Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif
Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak
Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat
260 hp VS 420 hp ?
Saksi = htannis
Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)
Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja
kalo saya malah salut dengan mitsubishi.. dengan mesin paspor dakar 4D56 yang dirancang dari tahun 80-an, ditambahin ini itu bisa cukup aman sampe 250HP (kata mod turboman)...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Liat2 pasarnya utk mana dulu omdaftar wrote: kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om,
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja
Mobil2 keluarga IMV itu target pasarnya negara berkembang, dimana mobil harus bisa "dibawa sengsara" / mobil tetap jalan dengan perawatan minimal / ala kadarnya
Udah itu mobil akan bekerja dengan keras / jalan terus2-an / bawa penumpang banyak bahkan sampai melebihi spec
Di negara2 dimana mesin tsb dipasarkan belum menerapkan "pajak karbon"
Jadi mesin didisain utk kerja dengan stress level yang rendah, agar mesin tsb awet
Udah terbukti HiLux2 Jasa Marga itu selama operasional odo jalan 800 rb - 1 jt Km tanpa masalah berarti.
Jadi rasio antara output Power VS volume mesin-nya udah spt mesin Truk
Dan nggak cuman Toyota
Isuzu 4JK1-TCX juga sama, itu malah 2500 cc VGT cuman 136 PS
Isuzu 4JJ1-TC - 3000 cc juga cuman 130 an PS (RHF4 - non VGT)
Mitsu 4D56 non VGT - 2500 cc - 132 an PS
Nahhh......kenapa dibuat spt itu ?
Tapi ketika di arena balap, mesin 4JJ1-TC itu terbukti bisa dipompa hingga 600 - 700 - 800 HP........bahkan mungkin lebih....itu mesin Diesel 3000 cc terkencang di dunia, rekor Drag 402 M (D-Max space frame) under 8 detik oleh Chaba.
Nah sekarang kalo utk pasar Eropa dimana ada pajak karbon, semua produsen juga keluarin mesin2 Torsi besar & downsizing
Toyota 2AD-FHV - 2200 cc - 177 hp / 400 Nm - stock
Isuzu D-Max pake 2.3 - Twin Turbo
Tahun depan Thailand juga akan nerapin pajak Karbon, maka itu banyak produsen downsizing dari 2500 ke 2400 / 2200 bahkan 1900 cc......yang 1900 cc - 150 Hp (Isuzu D-Max Blue Power)
Trus matic-nya juga pada jadi 6 - 8 AT
Heheheheheheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.maskopat wrote:yaaah biar ada pemasukan untuk para modifikator.... gitchu lhoooor...daftar wrote:kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om,Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif
Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak
Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat
260 hp VS 420 hp ?
Saksi = htannis
Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)
Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja
kalo saya malah salut dengan mitsubishi.. dengan mesin paspor dakar 4D56 yang dirancang dari tahun 80-an, ditambahin ini itu bisa cukup aman sampe 250HP (kata mod turboman)...
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Karena mereka mana mikir mobilnya mau di modif, om? Orientasinya kan SUV buat medan berat dan / atau family car untuk sehari - hari. Segmen pasar yang diincar bukan speedgoers, tapi family.Turboman wrote:Kalo saya dan kawan2 pengguna Diesel menilai mesin nggak dari spec std, tapi potensi mesin tsb ketika di modif
Realita-nya :
PJS Dakar yg skg modif aman mentok di 250 - 260 Hp, di atas itu resiko-nya macam2, sistem CRD rembes / matic-nya berisiko rusak
Innopah Diesel 2KD yg aslinya cuman 102 Hp terbukti bisa ditingkatkan sampai 420 Hp.....sistem CRD nya kuat....matic-nya juga kuat
260 hp VS 420 hp ?
Saksi = htannis
Saya bukan fans T, justru malah prihatin melihat spt ini, kenapa si Mitsu gak bikin mesin & Trans sebadak T atau Isuzu (itu Isuzu 4JJ dan 4JK juga kuat dipompa tinggi)
Walau mmg kalo dlm kondisi light tune si Dakar mah fine2 aja dan awet
Lagian, setau saya pertimbangan semua pabrikan mobil adalah factory stock. Even on performance car. Sedikit sekali pabrikan yang mikir mobil itu "kertas kosong" buat diulik.
Apa iya insinyur Mitsu berpikir itu 4D56T bakal di boost sama yang punya sampe 260hp? Pasti enggak kan... Kalo mereka tau pun paling jawabannya "do it at your own risk". Ntah keguling, ntah rusak, itu resiko elu, bahasa kasarnya gitu.
Saya rasa orang Toyota juga nggak berpikir sejauh itu kalau mesin dan transmisi Innova D-4D bisa sekuat itu...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
jadi lebih karena disesuaikan sama karakter konsumennya ya om, dan juga mungkin kondisi BBM yang beredarTurboman wrote:Liat2 pasarnya utk mana dulu omdaftar wrote: kalo saya malah prihatin dalam bentuk lain om,
Toyota bisa bikin mesin2 yang nya potensi besar dan aman untuk ditingkatkan performanya, tapi kenapa nggak bikin mesin yang kecil aja dan di boost sampai maksimal. Menurut saya yang seperti itu adalah salah satu kecanggihan engineering juga apalagi di masa sekarang yang mindsetnya menciptakan teknologi yang lebih eco friendly.
Menurut saya juga engineering yang baik dari produsen mobil itu harus bisa disuguhkan ke konsumen sebagai hasil final, bukan raw product yang masih perlu ditambah2 lagi agar sempurna, karena kalo begitu berarti hasil engineering konsumen / bengkel / produsen performance part donk? cm pendapat aja
Mobil2 keluarga IMV itu target pasarnya negara berkembang, dimana mobil harus bisa "dibawa sengsara" / mobil tetap jalan dengan perawatan minimal / ala kadarnya
Udah itu mobil akan bekerja dengan keras / jalan terus2-an / bawa penumpang banyak bahkan sampai melebihi spec
Di negara2 dimana mesin tsb dipasarkan belum menerapkan "pajak karbon"
Jadi mesin didisain utk kerja dengan stress level yang rendah, agar mesin tsb awet
Udah terbukti HiLux2 Jasa Marga itu selama operasional odo jalan 800 rb - 1 jt Km tanpa masalah berarti.
Jadi rasio antara output Power VS volume mesin-nya udah spt mesin Truk
Dan nggak cuman Toyota
Isuzu 4JK1-TCX juga sama, itu malah 2500 cc VGT cuman 136 PS
Isuzu 4JJ1-TC - 3000 cc juga cuman 130 an PS (RHF4 - non VGT)
Mitsu 4D56 non VGT - 2500 cc - 132 an PS
Nahhh......kenapa dibuat spt itu ?
Tapi ketika di arena balap, mesin 4JJ1-TC itu terbukti bisa dipompa hingga 600 - 700 - 800 HP........bahkan mungkin lebih....itu mesin Diesel 3000 cc terkencang di dunia, rekor Drag 402 M (D-Max space frame) under 8 detik oleh Chaba.
Nah sekarang kalo utk pasar Eropa dimana ada pajak karbon, semua produsen juga keluarin mesin2 Torsi besar & downsizing
Toyota 2AD-FHV - 2200 cc - 177 hp / 400 Nm - stock
Isuzu D-Max pake 2.3 - Twin Turbo
Tahun depan Thailand juga akan nerapin pajak Karbon, maka itu banyak produsen downsizing dari 2500 ke 2400 / 2200 bahkan 1900 cc......yang 1900 cc - 150 Hp (Isuzu D-Max Blue Power)
Trus matic-nya juga pada jadi 6 - 8 AT
Heheheheheheh
iya sih om masih banyak mobil2 yang beredar di Indo CC besar dan tenaga segitu2 aja,
bener juga sama kayak truk yang hampir 5.000 CC tapi cuman 120 PS. tapi kuat banget disiksa
berarti produsen memang tau konsumen indo banyak yang belum siap dengan yang hi-tech2 dan yang penting mobil bandel.,
mungkin juga karena masih banyak orang indo yang menganggap Tenaga = CC, mobil CC besar = tenaga besar, nggak melihat tenaga berapa HP/DK- yang dihasilkan.
Ty om untuk infonya mesin2 kecil yang hi power.
Tapi bukannya mobil2 yang udah dimodif itu awet2 aja ya om? kayak punya om htannis
wah kalo dilanljutin bisa OOT nih,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1966
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
second to that om daftardaftar wrote: soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
Lancer Evo dan GT-R pun kalau diulik terlalu ekstrim juga jebol... Udah jebol kadan laptimes nya nggak lebih baik dari yang fine tuned power cuma naik 30% dari stock.daftar wrote: soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
Nah, mobil - mobil begitu punya potensi sampai 1500hp, kenapa koq yang buat balapan rata-rata cuma 400-600hp... Nggak perkara resiko aja, resiko apaan 600hp buat RB26 sih geli-geli. Tapi menurut saya lebih ke balance. Mobil 1000HP keatas buat balapan di track, tuningnya pasti sulit. Overboost dengan turbo lag se abad... Belom cornering ability nya yang semakin berkurang. Tunernya harus berpikir keras biar itu mobil nggak malu-maluin lawan yang hp nya lebih kecil. Dan biaya research buat tuning.... itu bisa mahal sekali. Makanya nggak banyak yang berani ambil resiko.
Makanya saya salut dengan beberapa tuner yang bisa modif mobil sampai 800-1000HP tapi mobilnya tetep bisa enak buat jalan dan kenceng juga di track. Salah satu contohnya Mine's yang dari dulu sohor bisa bikin GT-R horsepower besar dengan kemampuan cornering yang baik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Fortuner 2015 atau AN Fortuner 2016
maksud ane dari karakter penggunanya om,ChZ wrote:Lancer Evo dan GT-R pun kalau diulik terlalu ekstrim juga jebol... Udah jebol kadan laptimes nya nggak lebih baik dari yang fine tuned power cuma naik 30% dari stock.daftar wrote: soalnya kayak innova dan fortuner ini mobil kan keluarga bukan mobil balap om, saya yakin pembelinya jauh lebih banyak konsumen yang pakai spek standar/stock saja ketimbang yang dimodif2, lain halnya dengan mobil macam lancer, gt-r atau civic type R misal.
lagipula pakai mobil gini dibikin 400hp ya mubadzir kalo cuman buat angkut keluarga, 200HP juga cukup lah, dan tenaga segitu pakai mesin 1.800-2.000cc juga bisa kalo produsen mau.
Nah, mobil - mobil begitu punya potensi sampai 1500hp, kenapa koq yang buat balapan rata-rata cuma 400-600hp... Nggak perkara resiko aja, resiko apaan 600hp buat RB26 sih geli-geli. Tapi menurut saya lebih ke balance. Mobil 1000HP keatas buat balapan di track, tuningnya pasti sulit. Overboost dengan turbo lag se abad... Belom cornering ability nya yang semakin berkurang. Tunernya harus berpikir keras biar itu mobil nggak malu-maluin lawan yang hp nya lebih kecil. Dan biaya research buat tuning.... itu bisa mahal sekali. Makanya nggak banyak yang berani ambil resiko.
Makanya saya salut dengan beberapa tuner yang bisa modif mobil sampai 800-1000HP tapi mobilnya tetep bisa enak buat jalan dan kenceng juga di track. Salah satu contohnya Mine's yang dari dulu sohor bisa bikin GT-R horsepower besar dengan kemampuan cornering yang baik.
kalo pengguna Fortie dan inova ini kan kebanyakan gak aneh2, beda sama pengguna sportcar,
jadi kayaknya ga mungkin toyota ngasih mesin buat fortuna punya tujuan biar gampang dioprek jadi hi power. Apalagi dari sasis juga ga memungkinkan untuk dibuat balapan,
nah lalu muncul pertanyaan ane tadi kenapa Toyota nggak bikin mobil CC kecil aja lalu dimaksimalkan dari awal,