Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by dogar »

r1409 wrote:@dogar: seperti yg udah ane tulis dari awal, antar jemput, dan juga dipake sendiri. ini untuk armada pertama, pasti ane yg nyetir sendiri. lagipula ketika ga dipake anter jemput (malem, atau pas libur sekolah), ini mobil kan ane pake sendiri buat keluarga juga. Lagipula dengan build quality seringkih itu (plat bodi tipis, jok tipis, material plastik superjelek) ane ragu dengan ketahanan mobilio ini untuk jangka panjang.

@daftar: kalo model LMPV, memang ane pilih xenia daripada mobilio. tapi kan ada pilihan boxy MPV juga yg lebih menarik..
Oh buat dipake sendiri juga toh, soalnya saya baca ulang postingan di awal itu saya ngga nemu kalimat "buat dipake sendiri", yg saya baca itu "antar jemputnya disupirin sendiri". Kalo buat dipake sendiri+keluarga memang harus ambil mobil yg bener2 cocok dengan hati (harus 100% subjektif).
Whatever, kalau mau cari nyaman dan irit, maka diantara semua pilihan anda itu bukan tandingannya mobilio (meskipun standard kenyamanan orang beda2 ya). Kalau pengertian ringkih=gampang rusak, berarti blue bird bunuh diri ya. lol.

Btw, keliatannya sudah mengerucut ke Evalia ya, then go for it.
Evalia itu LMPV paling ngga laku di Indonesia (saingan sama Spin kali).
Penjualan selama 9 bulan (Jan-Sep) aja cuman 2865 unit, sama penjualan mobilio sebulan aja kalah jauh (diatas 3900an unit), apalagi sama Avanza.
Tapi ini sinyal positif buat yg ngebet sama Evalia, terutama second handnya, karena pasti harga bekasnya terjun bebas.
Kalau buat bisnis transportasi, perhitungan Total Cost of Ownership (TCO) wajib dipake.
Coba riset dikit2 TCO tiap kandidat mobil yg jadi inceran.
Bikin cashflow sederhana, kira2 pemasukan dari bisnis antar jemput ini nutup operational dan maintenance cost atau ngga.
Dan jangan sepelekan resale value loh, apalagi dlm bisnis. Kalo buat hobi sih resale value justru ngga penting.

Bukan cuman di Indonesia penjualan Evalia jeblok, di India Evalia malah disuntik mati.
http://otomotif.liputan6.com/read/22608 ... untik-mati
http://www.otomotifmagz.com/januari-mar ... unit-saja/
http://otomotif.kompas.com/read/2014/10 ... Mengganggu.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

tadi seharian keliling beberapa dealer dan showroom, cek fisik beberapa mobil kandidat target.

pertama tadi cek evalia di sebuah showroom mobil seken, dengan varian XV A/T 2013. ga sempat test drive, hanya cek interior.
luas kabin oke, legroom baris kedua cukup panjang. sayangnya sistem lipat jok hanya bisa lipat sandaran saja dengan rasio 60:40, untuk seat-nya nyambung semua. Jadi untuk melipat jok secara full harus lipat semua sandaran, barulah membalikkan jok. Tetapi yang kurang ane suka adalah cara membalik joknya, karena tuasnya berada di kaki jok bagian belakang. Berarti harus ditarik dari belakang, tidak seperti jok avanza/xenia dan luxio yang bisa one touch tumble. Dengan cara ini, penumpang baris ketiga masuk ke belakang dengan cara melipat sandaran jok baris kedua dan melangkahinya. Kurang bagus untuk penumpang cewek yang pake rok.
Legroom baris ketiga pas-pasan. Paha tidak terangkat tinggi seperti xenia karena lantainya rendah. tetapi lutut akan menyentuh sandaran jok baris kedua apabila sandaran ini dimiringkan, tetapi masih acceptable.
Ruang bagasi dibelakang baris ketiga kegedean, harusnya posisi jok baris ketiga bisa dimundurkan seperti pada luxio supaya dapat legroom yang luas.
Lalu nyalakan mesin, ane cukup heran karena dengan mesin yang sama seperti livina, ternyata bunyi kompresor AC tidak sekeras livina.
Visibility sangat luas karena dashboard dan kaca samping rendah, dan spionnya yang segede spion bus :))
Posisi duduk row 1 pas dan nyaman, jok cukup tebal dan supportive.

lalu ke showroom daihatsu, lihat luxio dan xenia.
Luxio punya luas kabin gede untuk penumpang baris kedua dan ketiga, tapi dengan kekurangan space untuk driver dan passenger baris pertama.
Legroom baris pertama sangat sempit karena terkena penutup ruang roda depan, kalau kaki selonjor hanya bisa mepet ketengah. Jok tipis dan engine berada pada sebelah kiri, maka dipastikan penumpang akan kepanasan pada bokongnya...
Berhubung ane nyetir mobil sendiri, maka dengan terpaksa mobil ini saya coret dari kandidat, karena legroom baris 1 yang tidak ergonomis akan membuat capek ane yg nyetir sehari-hari daripada penumpang belakang yang duduk di mobil hanya maksimal 2 jam sehari.

setelah itu lihat great new xenia, karena ane tertarik dengan jok row 2 nya yang bisa sliding.
Tadi coba duduk belakang dengan jok baris kedua dimajukan, legroom cukup oke, lutut tidak terlalu sempit. legroom baris kedua juga masih cukup.

abis itu meluncur ke honda, liat mobilio. ternyata seat baris ketiga tidak bisa diisi 3 orang, bisa pun hanya anak kecil. Lebar space termakan dengan armrest yang cukup besar, mengorbankan lebar jok. ditambah dengan build quality, jok yang keras dan ketika ane tekan langsung terasa besinya, langsung saja mobilio ane coret...

Kandidat ane tinggal 2 pilihan ini saja, antara evalia seken yang lebih murah dan bisa dapet trim XV A/T, atau great new xenia baru yang lebih mahal dan ane cuma bisa dapet varian X M/T Std tetapi lebih all-round purpose, dengan drawback penumpang baris ketiga akan sempit bila diisi 3 orang..
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by djia »

r1409 wrote: Kandidat ane tinggal 2 pilihan ini saja, antara evalia seken yang lebih murah dan bisa dapet trim XV A/T, atau great new xenia baru yang lebih mahal dan ane cuma bisa dapet varian X M/T Std tetapi lebih all-round purpose, dengan drawback penumpang baris ketiga akan sempit bila diisi 3 orang..
vote for evalia seken. selisih harga lumayan banget buat keperluan lainnya. yang M/T kyknya juga bakal fine2 aja.
saya pernah naik evalia 3 hari full day trip (banyak di dlm mobil), tpi sebagai penumpang baris 2 n 3. bantingan lebih nyaman dari all new xenia/avanza (rasanya signifikan). lebar row sama2 lega buat 3 orang dewasa, tpi kyknya memang lebih lega evalia dikit.
kekurangan waktu itu seingat saya: baris 3 tidak ada headrest (tpi tidak masalah jika hanya antar jemput jarak pendek. mgkin agak capek kalo buat trip seharian), sama pernah pas naik tanjakan agak berkerikil avxen dengan mudah naik, evalia kesulitan sampe penumpang turun semua. mgkin waktu itu pengaruh ban yg uda tipis juga, tpi kyknya kalo ban sama2 tebalpun masih lebih baik avxen dikit.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by evolution21 »

Kelemahan lain evalia
Tidak ada lampu kabin

Overal tetep pilih evalia, luas, bantingan nyaman, tinggal sedia senter aja di mobil
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by dogar »

evolution21 wrote:Kelemahan lain evalia
Tidak ada lampu kabin
Jendela pintu penumpang ngga bisa dibuka (yg tipe tertinggi cuman dikasih 'celah' buat longokin wajah doang).
Entah apa alasan Nissan ngga pasang lampu kabin dan bikin jendela pintu penumpang yg permanen ini. Ngirit bahan?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by Hansen »

dogar wrote:
evolution21 wrote:Kelemahan lain evalia
Tidak ada lampu kabin
Jendela pintu penumpang ngga bisa dibuka (yg tipe tertinggi cuman dikasih 'celah' buat longokin wajah doang).
Entah apa alasan Nissan ngga pasang lampu kabin dan bikin jendela pintu penumpang yg permanen ini. Ngirit bahan?
Mungkin lupa dibuatkan karena aslinya mobil barang.. :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by kunaskun »

karena cuma di indo yang minta jendela tengah bisa dibuka semua...
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by alvin23 »

Hansen wrote:
dogar wrote:
evolution21 wrote:Kelemahan lain evalia
Tidak ada lampu kabin
Jendela pintu penumpang ngga bisa dibuka (yg tipe tertinggi cuman dikasih 'celah' buat longokin wajah doang).
Entah apa alasan Nissan ngga pasang lampu kabin dan bikin jendela pintu penumpang yg permanen ini. Ngirit bahan?
Mungkin lupa dibuatkan karena aslinya mobil barang.. :ngacir:
:wkkk: :wkkk:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by solar_kerosen »

buat yg miskin atau kaya , kalau miskin kasih aja suzuki carry kalau agak kaya pake nissan serena
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by imingwahyudi »

By the way....serena C24 tahun akhir masuk akal juga..pun image di mata orang tua yang "wow...bona fide juga ini orang.."
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by djia »

Carry enak2 aja sih kalo buat armada antar jemput anak sekolah.
Tapi pas mau dibawa utk jalan2 sama keluarga sendiri ya mending ya mending evalia / xenia.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@solar: pangsa pasar ane menengah keatas.
@iming: biaya perawatan mahal, dan row 2 captain seat. jadi ga efisien.
@djia: betul, saat ga dipake antar jemput ya pake untuk keluarga.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@all, thanks masukannya.

setelah dipikir agak lama dan mendapat masukan dari banyak pihak, ada 1 saran yang paling mengena di ane.

ini mobil bakalan ane pake sendiri juga sebagai mobil keluarga, kemana-mana ane setir sendiri, dan family ane jumlahnya ga banyak2 amat. jadi ane harus lebih banyak memberatkan porsi pertimbangan ke arah kenyamanan dan fungsionalitas sebagai family car, bukan cuma mikirin kenyamanan penumpang anter jemput yang cuma duduk maksimal 1 jam saja. toh mereka duduk sempit2an juga ga lama, hanya sampai penumpang pertama turun. setelah itu mereka bisa duduk dengan lega. asal row 3 bisa 3 orang biarpun agak sempit, it's okay, toh penumpang juga rata2 anak sekolah, badannya ga gede2 amat masih pertumbuhan.

jadi kandidat pilihan ane agak berubah, bukan lagi MPV boxy yg gede (karena fungsionalitasnya, terlalu besar untuk family use sehari-hari).
Sekarang lebih ke arah LMPV.

spin ane coret karena kenyamanan penumpang yang terlalu parah, terutama jok baris kedua dan ketiga yang parah.
mobilio, jok tipis. ane juga ga demen banget dengan interiornya. harga juga terlalu tinggi untuk build quality sejelek itu.
avanza? mending xenia deh. dengan harga sama, dapet xenia dengan trim tinggi yg sudah ada immobilizer.

yang terpikir jadi antara xenia, grand livina, ertiga.

xenia, semua tau ini mobil badak, all purpose all condition, perawatan paling mudah, kapasitas paling besar diantara ketiga kandidat. tapi minusnya di FC dan kenyamanan.
ertiga, nyaman dan irit, tapi space sempit terutama legroom. apalagi row 3 nya dulu pernah ane coba, sempit banget. entah apakah 3 orang bisa masuk atau ga.
GL, dulu pernah punya, nyaman dan irit banget. minusnya di biaya perawatan dan parts yang cukup mahal. kakinya biarpun nyaman, tapi kurang durable dan biaya penggantiannya cukup mahal.

itu sih yg ane inget, mohon masukan tambahan mengenai plus minus ketiga mobil ini dan kalau ada juga saran untuk mobil lain, i really appreciate it.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by daftar »

pansah tipe terendah dapat 160juta
:ngacir:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by sandal »

r1409 wrote:yang terpikir jadi antara xenia, grand livina, ertiga.

xenia, semua tau ini mobil badak, all purpose all condition, perawatan paling mudah, kapasitas paling besar diantara ketiga kandidat. tapi minusnya di FC dan kenyamanan.
ertiga, nyaman dan irit, tapi space sempit terutama legroom. apalagi row 3 nya dulu pernah ane coba, sempit banget. entah apakah 3 orang bisa masuk atau ga.
GL, dulu pernah punya, nyaman dan irit banget. minusnya di biaya perawatan dan parts yang cukup mahal. kakinya biarpun nyaman, tapi kurang durable dan biaya penggantiannya cukup mahal.

itu sih yg ane inget, mohon masukan tambahan mengenai plus minus ketiga mobil ini dan kalau ada juga saran untuk mobil lain, i really appreciate it.
Xenia : Coba lirik Great New Xenia tipe R biasa yang sudah immob. Tipe di bawahnya (D, M, X) masih belum immobilizer. Soal kenyamanan sih menurut ane lebih nyaman dibanding model sebelumnya, tapi kalah dengan R3 & GL.

Ertiga : Kebetulan saya punya Ertiga manual yang sebelum facelift double blower, pernah saya sama rekan2 pake mobil ertiga bener sempit di row ketiga, tapi legroom tidak nungging. Coba cek stok lama yang sebelum facelift, katanya diskon besar + yang varian fl tipe tertinggi rem ABS disunat jadi kurang worth menurut saya. Kalo tidak ada stok lama di diler coba lirik sekennya ertiga GX.

GL : GL memang biaya penggantiannya cukup mahal. Agak kapok melihara GL ini
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by FRD »

Gimana kalo duit 160jt buat beli innova diesel 2008 aja? Lebih worth it rasanya drpd beli lmpv baru, meskipun innova diesel 2008 umurnya udah 7 taun sedangkan TS cari yg masih berumur 2taun kalo seken... Perawatan gampang, irit, muat banyak, image pasti diatas lmpv lhaaa, sparepart jarang jajan, dan udah terbukti kehandalannya sejak taun 2004-skrg :upss:
:big_smoking:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@daftar: harga segitu sudah dapet great xenia trim R standard. avanza kurang worth menurut ane.

@sandal: iya, yg xenia ane tertarik dengan tipe itu, paling worth.
kalo GL, kan menang iritnya. apakah selisih uang yg dihemat dari FC yg irit ini, sepadan dengan mahalnya biaya penggantian parts GL? kalo jatuhnya sama sih, ane pilih GL karena nyaman. itu yg ane pertimbangkan dan cari infonya, karena ane ga tau perbandingan biaya parts xenia vs GL.

@FRD: CMIIW, tapi setau ane, kalo mobil seken umur segitu, mau sekuat apapun pasti keluar banyak biaya perbaikan. dari kaki-kaki, ganti semua oli (ane kalo mobil seken harus ganti semua oli), belum lagi umur moving parts lain. budjetnya jadi nambah. kuat pun, umur pakainya sebentar juga udah 10 taun, bakalan makin banyak lagi parts yang udah aus dan harus ganti. sedangkan kalo mobil baru, mostly ga perlu jajan at least sampe 5 taun pertama.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by marama »

saran saya avanza aja om, pengalaman miara xenia 5th, memang harga barunya lbh murah, tp dari kualitas printilannya masih dibawah avanza.

Contoh di xenia saya dulu :
1. jok row 2 alas sayap nya sdh mulai kempes, motif nya beludru mulai kerut, berbeda dgn avanza yg jok nya lbh tebal dgn bahan trim yg lbh baik (tapi ini case di xenia sblm FL ya saya blm prnh bandingin great new xenia vs grand new avanza)
2. aksesoris spt sensor parkir di xenia kualitasnya dibawah avanza, saya sdh prnh error diganti untungnya slama garansi
3. peredaman kabin mnrt pengamatan saya lbh baik di avanza.
4. alarm nya kualitas xenia lbh buruk, drpd avanza

IMHO itu pengalaman saya dgn xenia slama 5th, dan saya kl ada rejeki lagi kalau bisa tdk ambil daihatsu, terlepas dr ini produk kembar identik, dan dibuat oleh daihatsu juga, tetep saja brand g bs bohong, trutama ktika akan dijual lagi depresiasinya masih lbh kuat avanza.

Beda 5-10jt mnrt saya better avanza saja drpd xenia
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by alvin23 »

r1409 wrote:@daftar: harga segitu sudah dapet great xenia trim R standard. avanza kurang worth menurut ane.

@sandal: iya, yg xenia ane tertarik dengan tipe itu, paling worth.
kalo GL, kan menang iritnya. apakah selisih uang yg dihemat dari FC yg irit ini, sepadan dengan mahalnya biaya penggantian parts GL? kalo jatuhnya sama sih, ane pilih GL karena nyaman. itu yg ane pertimbangkan dan cari infonya, karena ane ga tau perbandingan biaya parts xenia vs GL.

@FRD: CMIIW, tapi setau ane, kalo mobil seken umur segitu, mau sekuat apapun pasti keluar banyak biaya perbaikan. dari kaki-kaki, ganti semua oli (ane kalo mobil seken harus ganti semua oli), belum lagi umur moving parts lain. budjetnya jadi nambah. kuat pun, umur pakainya sebentar juga udah 10 taun, bakalan makin banyak lagi parts yang udah aus dan harus ganti. sedangkan kalo mobil baru, mostly ga perlu jajan at least sampe 5 taun pertama.
ilustrasi aja yah oom, kalo diantara pedagang mobkas, GL udah rahasia umum benerinnya muahal, kaki2 aja bisa berapa, hal ini juga berimbas ke resale value livina yang jeblok....
Antara Innova sama GL aja ane ragu kalo benerin kaki2 itu bakal lebih banyak abis yang mana...

coba liat thread ownership cost mobil deh, karena mobil ini mau dipake buat dipake usaha juga, minimal dibanding2in dan dihitung skenarionya, ownership cost selama (3 thn misal) paling murah yg mana...
kalo salah pilih mobil, bisa2 kerja jemputan murid2 itu ga profit/kerja lelah doang :big_peace:
Rocky R ADS CVT 2021
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@alvin:
betul, thanks infonya. ane udah cek dan barusan ngitung kasar, tapi ada 1 variabel yang masih belum ketemu angkanya.

tadi ane bandingin antara GNX baru, ANXenia 2nd, ANGL baru, dan ANGL seken untuk pemakaian 100rb km atau 5 tahun.

harga baru antara GNX tipe R std M/T dan ANGL SV M/T bisa dibilang sama, karena diskon ANGL saat ini lebih besar, sampe 28jt. harga sekennya sih, mirip2 juga. jadi bisa dibilang faktor harga beli dan jual berimbang.
soal asuransi juga, untuk mobil seharga ini sih berimbang juga. jadi, faktor harga beli/jual dan asuransi ya 11-12 lah.

untuk fuel, ane asumsikan dalam setahun jalan 20rb km dan GNX lebih boros 2kpl dibanding ANGL, maka didapati selisih pengeluaran BBM mereka sekitar 2 juta setahun. dengan perhitungan ini, GNX lebih boros 10 juta dalam 5 tahun.

Nah tinggal faktor maintenance cost ini yang ane masih belum ketemu perhitungannya. ANGL sih biaya maintenance bengkel resmi untuk 5 tahun sekitar 10 juta (sumber dari website resmi nissan indonesia) untuk servis, fluida dan fast moving parts, belum termasuk kalau ada penggantian komponen slow moving.
Kalau GNXenia, berapa ya?

Jadi untuk ANGL masih belum dapet data soal biaya slow moving parts, dan untuk GNXenia ane masih belum dapet data biaya servis dan parts nya.


Kalau ertiga sih, dibanding GNX, sepertinya agak berimbang juga. BBM lebih irit tapi harga beli lebih mahal, dan sepertinya harga seken lebih tinggi?
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by alvin23 »

r1409 wrote:@alvin:
betul, thanks infonya. ane udah cek dan barusan ngitung kasar, tapi ada 1 variabel yang masih belum ketemu angkanya.

tadi ane bandingin antara GNX baru, ANXenia 2nd, ANGL baru, dan ANGL seken untuk pemakaian 100rb km atau 5 tahun.

harga baru antara GNX tipe R std M/T dan ANGL SV M/T bisa dibilang sama, karena diskon ANGL saat ini lebih besar, sampe 28jt. harga sekennya sih, mirip2 juga. jadi bisa dibilang faktor harga beli dan jual berimbang.
soal asuransi juga, untuk mobil seharga ini sih berimbang juga. jadi, faktor harga beli/jual dan asuransi ya 11-12 lah.

untuk fuel, ane asumsikan dalam setahun jalan 20rb km dan GNX lebih boros 2kpl dibanding ANGL, maka didapati selisih pengeluaran BBM mereka sekitar 2 juta setahun. dengan perhitungan ini, GNX lebih boros 10 juta dalam 5 tahun.

Nah tinggal faktor maintenance cost ini yang ane masih belum ketemu perhitungannya. ANGL sih biaya maintenance bengkel resmi untuk 5 tahun sekitar 10 juta (sumber dari website resmi nissan indonesia) untuk servis, fluida dan fast moving parts, belum termasuk kalau ada penggantian komponen slow moving.
Kalau GNXenia, berapa ya?

Jadi untuk ANGL masih belum dapet data soal biaya slow moving parts, dan untuk GNXenia ane masih belum dapet data biaya servis dan parts nya.


Kalau ertiga sih, dibanding GNX, sepertinya agak berimbang juga. BBM lebih irit tapi harga beli lebih mahal, dan sepertinya harga seken lebih tinggi?
hmm seinget ane, kalo Nissan yang dicantumin di webnya agak minim biayanya... biasanya nyuri di:
-Oli pake asumsi NGO yg plg murah (10-40) biasanya trus ganti di 10.000km (padahal riskan)
-Oli ATF/CVT kalo matik, asumsinya 100.000 km, padahal kalau pemakaian nyata tiap 30.000-50.000 harus di flush
-kalo Manual udah lupa perawatannya gimana dan ketahanannya kayak apa (roda matahari, kampas kopling dsb)
-Livina biasanya kaki2 minta ganti setelah 2-3 tahun (kadang masih kecover pas garansi)
-Printilan kaki2 , tie rod, bushing sampe Power steering (ini bahaya) biasanya menyusul setelah masa garansi
-nah kalau yg mesin ane yg lupa hehe
-JASA BERES

Kalo daihatsu (ane bukan user, cuma tau dari rentalan aja, jadi gatahu detil mohon maaf):
-Biaya jasa di beres gratis ampe 50.000 km
-harga sparepart kaki2 jauh lebih murah
-mesin kurang tau, katanya sih bandel. dan filter2 murah , (filter oli OEM dibawah Rp50.000 apa ya kl gasalah)
-ada biaya oli gardan karena RWD

Ertiga mohon maaf bukan user dan ga deket wkwk
sebenernya dari komponen2 Ownership Cost, yang paling ngaruh banyak ya maintenance dan RV... jadi mobil lebih mahal dikit kalo RV nya lebih bertahan, jatuhnya lebih murah. Kalo RV xenia jatuh, coba asumsinya pake Avanza hehe
Rocky R ADS CVT 2021
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by djia »

Kalo beli grand livina nanti pas mau dijual lagi biasanya agak susah lho om.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by DOHC »

stuju ama om alvin... mengenai harga servis di beres batu makam itu rancu banget... dan beberapa point di hilangkan... dl awal GL kluar, ada penggantian MTF, dan coolant seinget ane... skrg ?? ilang smua..

dan jgn lupa, kl mengacu ke manual book nya lipina... tiap 40 rebu km itu sebenernya ad beberapa parts yg harus di ganti (dan lagi2 ga dicantumin)..
- serpentine belt (malah bsa 30 rebu km ud pada getas) --> sbiji 100an rebu
- MTF, kl ATF malah ud jadwal kuras neh --> seliter 80an rebu, kali 3 liter
- coolant yg warna ijo.. kl biru konon bsa lebi lama, tp tetep aj rada was2..
- minyak rem.. --> sbotol 30an rebu, kali 2 botol
- oli NGO tiap 10 rebu km ?? silahkan bersih2 lumpur di kpala klep... ud ad case nya tuh di forum sebelah

blom lagi busi nya lipina... skrg sebiji nya aj ud muahalll nya minta ampun.. jaman dl masi 99 rebu sebiji.. skrg ?? ampir 2 kali lipat.. dan umurnya jg ga mungkin bsa tahan ampe 100 rebu km... kcuali pake pertaplus dan jalan tol mullu...

itu smua fast moving... kl ud masuk ranah kaki2 ?? 10 jt mahh ud angka pasti terbang dr dompet itu...

ud banyak koq sharing ttg kaki2 lipina di forum ini, dan angka duit servis nya jg pada fantastis... bukan nya black campaign tp fakta.. bole cek ke toko spareparts, bengkel2 resmi dan non resmi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by DOHC »

sebenernya utk lipina...

kl sektor mesin relatif robust, kunci nya cuman pake oli bagus dan rutin ganti oli aj... sisa nya fast moving sama ama mobil2 bensin lain nya... malah daleman enjin lipina ckup presisi utk kategori mass production enjin... kl ad feeler gauge atau tape, bole tuh coba ukur celah antara noken as lobe nya ama ke spring dome nya... nyaris presisi di smua klep nya..

yg bkin deg2an justru kaki2 nya... ringkih.. kcuali TS type orang yg gapapa nyetir sambil denger orkestra kaki2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Saran mobil untuk antar jemput sekolah

Post by r1409 »

@dohc: wow, segitu mahalnya yah? Dulu memang ane pernah punya GL SV manual, dapet seken taun muda. Tapi pakenya cuma sebentar, cuma ga sampe setaun. Makanya dulu ane kerasa enak pakenya doang, ga tau servisnya kalo udah pakai lama :D

Oke, kalo gitu dengan terpaksa ane coret si livina, and it means kandidat tinggal GNX atau r3..

Btw, katanya r3 mau rilis versi diesel?

Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk