Page 49 of 51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Wed Aug 31, 2016 16:54
by doge
ricz wrote:@om2 yg diatas :


Sebisa mungkin 50 ribu per liter lah.... :mky_01:

Shell scooter berapa ya?

Kalo AHM oil rekomendid?
:big_slap:
sori bru bales... bru kliatan tritnya lg...

shell scooter... ax7 g smpe 50k setwku... tp g prnh pke.. jd gtw...
klo yg aku prna pke itu castrol power1... 10/40 klo gslh... 41k/botol di S&D[hrg 2015 sih ini], digantiin sm mereka gratis (seriusan ini wkwk)
castrol ini enak sih... suara aga alusan... klo di bit karbu lmyn ngurangi panas mesin (dibanding oli ahaem ya) tp spt biasanya mco... max interval gnti di 2000km... recomended la utk <50k/L

ahaem? no... mpx [39k/botol] itu oli mineral, nguap gila"an... (di bit karbu smpet aku pke smpe 1800km olinya g bersisa di lower dipstick :e-wall: ; untung g ngebul smpe skrg :mky_05: ) spx... semi synth... lebih mahal dr castrol power1... [hrg 2015 di 46k/botol] tp klo insist ahaem oli ya harus spx... at least... smpe 2000km g nguap parah...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Wed Aug 31, 2016 17:23
by camshaft
Turboman wrote:
sekondel wrote:
Turboman wrote:
Pake Kendall 5W30 semi synth cukup

cuman 85 - 90 rb / L

di Sanjaya knalpot - DTMF or Cakra - taman palem
wah, masalahnya kendall cukup susah di tempat ane omm.. dtmf pun jauh.. :big_cry:
kalo diantara merk yg saya ajukan, rekomendasi nya yg mana ya om? antara ultra, amsoil, mobil 1 atau fastron gold?
thanks
Antara Amsoil / M1

Tinggal cari yg paling murah aja

Fastron Gol 5W30 udah termasuk oli low SAPS krn MB 229.51

Sedang 1KR-DE masih flat tappet

Btw kalo misal beli Kendall, lgs aja ambil 1 dus misalnya, jadi bisa utk 3X ganti oli

*bukan seles kendall*
1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 1:07
by Hanggar
Mestinya semakin kental oli saat suhu operasional . . .suaranya makin halus di mesin.

Olie SAE 0W itu kan hanya bertahan sebentar saat mesin msh dingin, setelah panas pasti kekentalannya banyak maen di angka 20. Apalagi di indo yg panas begini dan macet2 an. Kalo mau pake oli encer menurut saya pilih yg range nya panjang macam 0w-30 atau 5w-40 biar suara mesin tetep lumayan alus.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 2:46
by Turboman
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 2:53
by camshaft
Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
owh gitu boss, jadi bukan karena oli nya yang terlalu encer, iya deh boss nanti ane coba cek celah katup nya, thanks boss

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 2:58
by ricz
doge wrote:
ricz wrote:@om2 yg diatas :


Sebisa mungkin 50 ribu per liter lah.... :mky_01:

Shell scooter berapa ya?

Kalo AHM oil rekomendid?
:big_slap:
sori bru bales... bru kliatan tritnya lg...

shell scooter... ax7 g smpe 50k setwku... tp g prnh pke.. jd gtw...
klo yg aku prna pke itu castrol power1... 10/40 klo gslh... 41k/botol di S&D[hrg 2015 sih ini], digantiin sm mereka gratis (seriusan ini wkwk)
castrol ini enak sih... suara aga alusan... klo di bit karbu lmyn ngurangi panas mesin (dibanding oli ahaem ya) tp spt biasanya mco... max interval gnti di 2000km... recomended la utk <50k/L

ahaem? no... mpx [39k/botol] itu oli mineral, nguap gila"an... (di bit karbu smpet aku pke smpe 1800km olinya g bersisa di lower dipstick :e-wall: ; untung g ngebul smpe skrg :mky_05: ) spx... semi synth... lebih mahal dr castrol power1... [hrg 2015 di 46k/botol] tp klo insist ahaem oli ya harus spx... at least... smpe 2000km g nguap parah...
Castrol berarti rekomendid ya.... Oke deh ntar tak tanya di AHASS ada gak olinya :mky_01:

Iya sih, denger dr temen jg MPX parah olinya...

Makasih ya om sarannya :mky_02:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 3:25
by dimasapri
Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:08
by marmut
dimasapri wrote:
Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:16
by camshaft
dimasapri wrote:
Turboman wrote:
camshaft wrote: 1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
belon boss setiap 40000 km harus di setel ulang celah katup nya boss

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:21
by camshaft
marmut wrote:
dimasapri wrote:
Turboman wrote:
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
yang udah pake lha itu 1KR FE dipake oleh toyota aygo sama peugeot 107 dan citroen C1

peugeot 107 harganya 235 juta boss mahal banget boss, daihatsu ayla/agya cuma 100 juta
jauh banget bedanya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:22
by snoepje
camshaft wrote:
Turboman wrote:
sekondel wrote:

1KR-DE di buku manualnya di sarankan pake SAE 0W-20
lagi pengen coba oli buatan jepang idemitsu dan eneos SAE 0W-20 bagus nggak yah buat 1KR-DE
kebetulan ane pake 1KR-DE,pake oli bawaan pabrik belon pernah ganti oli karena kilometernya baru 900 suara mesinnya berisik banget kaya mesin diesel, olie apa ya yang bikin halus suara mesin 1KR-DE
1KR-DE itu agya / ayla kan ya ?

di buku manual sodara saya tulisannya antara 5w30 atau 10w30.

kok bisa beda ya ?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:42
by marmut
sedari pencipta 1kr fe belum lahir, holden udah pake hla.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:42
by camshaft
snoepje wrote:
camshaft wrote:
Turboman wrote:
1KR-DE itu agya / ayla kan ya ?

di buku manual sodara saya tulisannya antara 5w30 atau 10w30.

kok bisa beda ya ?
ayla/agya keluaran 2016 yang disarankan 0w 20, sebelon 2016 masih pake 5w30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 4:56
by Turboman
tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 5:09
by camshaft
Turboman wrote:tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
oli yang bagus buat flat tappet apa boss

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 6:54
by Senod
Om Turboman,

nanya dong,
ANKI diesel dah 7000+ km, pas 1000 KM udah ganti oil kendall dx 5W-30, ini bisa tahan di pakai sampai 10,000 ?
mau sekalian ganti oli yg 10K bulan depan, estimasti bulan depan dah 8000+ KM untuk odonya.
terus oli berikutnya pake kendall lagi atau ada rekomendasi yg lain om ? yg rangenya sama kaya kendall ?

Thanks

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 7:06
by Turboman
Senod wrote:Om Turboman,

nanya dong,
ANKI diesel dah 7000+ km, pas 1000 KM udah ganti oil kendall dx 5W-30, ini bisa tahan di pakai sampai 10,000 ?
mau sekalian ganti oli yg 10K bulan depan, estimasti bulan depan dah 8000+ KM untuk odonya.
terus oli berikutnya pake kendall lagi atau ada rekomendasi yg lain om ? yg rangenya sama kaya kendall ?

Thanks
kalo cari yg harga 70 - 80 rebuan / L dan buntut 30 sih so far Kendall Super DXA 10W30 masi d best utk Diesel

sy dulu test sampe 9000 km di ToKiDies

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 7:09
by Turboman
camshaft wrote:
Turboman wrote:tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
oli yang bagus buat flat tappet apa boss
apa saja yg meet API SL / SN / MB 229.x or kadar antiwear minimal 1000 ppm (zddp combined Moly + Boron)

buat 5W30 bensin si Kendall 5W30 semi synth memenuhi syarat + harga juga murah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 7:19
by daftar
wah mobilnya pake olinya pada encer2 ya walau >10 tahun :weekk:

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 7:45
by Senod
Turboman wrote:
Senod wrote:Om Turboman,

nanya dong,
ANKI diesel dah 7000+ km, pas 1000 KM udah ganti oil kendall dx 5W-30, ini bisa tahan di pakai sampai 10,000 ?
mau sekalian ganti oli yg 10K bulan depan, estimasti bulan depan dah 8000+ KM untuk odonya.
terus oli berikutnya pake kendall lagi atau ada rekomendasi yg lain om ? yg rangenya sama kaya kendall ?

Thanks
kalo cari yg harga 70 - 80 rebuan / L dan buntut 30 sih so far Kendall Super DXA 10W30 masi d best utk Diesel

sy dulu test sampe 9000 km di ToKiDies
Thanks infonya om,
kalo yg di atas itu sekitar 100 - 150 Rb yg bisa 10.000 ?

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 9:01
by camshaft
Turboman wrote:
camshaft wrote:
Turboman wrote:tappet mah awet

setel klep bisa per 100 - 150 rb km

asal oli bagus
oli yang bagus buat flat tappet apa boss
apa saja yg meet API SL / SN / MB 229.x or kadar antiwear minimal 1000 ppm (zddp combined Moly + Boron)

buat 5W30 bensin si Kendall 5W30 semi synth memenuhi syarat + harga juga murah
oke boss thanks banget atas informasinya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 10:13
by sanfip77
Sore, kalo spek oli di buku manual 5-20 w kira2 pakai 0-20 bisa nggak ya?? Mobilnya harrier 2.4 2007

Thanks

Image

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 12:00
by Turboman
sanfip77 wrote:Sore, kalo spek oli di buku manual 5-20 w kira2 pakai 0-20 bisa nggak ya?? Mobilnya harrier 2.4 2007

Thanks

Image
ga masalah

krn saat suhu panas sama2 di zona SAE 20

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 13:27
by dimasapri
camshaft wrote:
marmut wrote:
dimasapri wrote:
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
yang udah pake lha itu 1KR FE dipake oleh toyota aygo sama peugeot 107 dan citroen C1

peugeot 107 harganya 235 juta boss mahal banget boss, daihatsu ayla/agya cuma 100 juta
jauh banget bedanya
Chevrolet Spin trim paling rendah yg cuma 130an juta setahu ane jg sudah pakai HLA & Dual VVTI.
Mmg sih lebih mahal dikit daripada LCGC tapi tidak dapat keringanan pajak seperti yg dinikmati LCGC.

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Posted: Thu Sep 01, 2016 13:33
by dimasapri
marmut wrote:
dimasapri wrote:
Turboman wrote:
Ada kemungkinan celah katup kelewat renggang kalo sampe berisik gak wajar

Minta mrk cek celah katup & setel bila perlu
Oooww...Mesin Agya/Ayla belum pakai hydraulic lash adjuster to....
pake HLA +50juta
Berarti Xenia/Avanza sdh pakai HLA ya Om?
HLA sangat membantu sekali, tdk perlu acara rutin stel klep untuk yg suka diy seperti ane