Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Roadshow »

Hi bro turbo.. mau tanya lagi.

Kmrn ada jalan2 ke giias kebetulan ke booth nya amsoil. Untuk yg series premium synthetic diesel oil di catalogue nya di claim bisa sampai 50,000 miles atau 1 tahun yg mana tercapai lebih dahulu. Itu benar ga ya?

Untuk anps lebih prefer yg mana ya untuk ganti oli di km 10,000? 5w40(deo), 15w40(dme), 15w40(oed), 10w30(oec), atau q8 t8700?

Kalau di manual nya anps saya lihat bisa dari 5w-40 sih.



Thank you
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Roadshow wrote:Hi bro turbo.. mau tanya lagi.

Kmrn ada jalan2 ke giias kebetulan ke booth nya amsoil. Untuk yg series premium synthetic diesel oil di catalogue nya di claim bisa sampai 50,000 miles atau 1 tahun yg mana tercapai lebih dahulu. Itu benar ga ya?

Untuk anps lebih prefer yg mana ya untuk ganti oli di km 10,000? 5w40(deo), 15w40(dme), 15w40(oed), 10w30(oec), atau q8 t8700?

Kalau di manual nya anps saya lihat bisa dari 5w-40 sih.



Thank you
4N15 pake 5W40 aja

nguapnya parah

Delvac1 or TDT aja yg ekonomis dan kuat, bis dapet 160 rb

Amsoil yg menarik mah yg harga promo di Graha dulu...
* Bukan ajakan Beli *
nekosaiyajin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by nekosaiyajin »

Pagi om2 semua..
Om ada yg pke 5w30 buat old mazda2 gk?reviewnya gmn..ato ada rekomend oli terbaik buat old mazda2 biar makin ngacir dan lebih irit bbm..mksih bnyk om..
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Roadshow »

Turboman wrote:
Roadshow wrote:Hi bro turbo.. mau tanya lagi.

Kmrn ada jalan2 ke giias kebetulan ke booth nya amsoil. Untuk yg series premium synthetic diesel oil di catalogue nya di claim bisa sampai 50,000 miles atau 1 tahun yg mana tercapai lebih dahulu. Itu benar ga ya?

Untuk anps lebih prefer yg mana ya untuk ganti oli di km 10,000? 5w40(deo), 15w40(dme), 15w40(oed), 10w30(oec), atau q8 t8700?

Kalau di manual nya anps saya lihat bisa dari 5w-40 sih.



Thank you
4N15 pake 5W40 aja

nguapnya parah

Delvac1 or TDT aja yg ekonomis dan kuat, bis dapet 160 rb

Amsoil yg menarik mah yg harga promo di Graha dulu...

Okay bro.. thank you saran nya.
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Roadshow »

Turboman wrote:
Roadshow wrote:Hi bro turbo.. mau tanya lagi.

Kmrn ada jalan2 ke giias kebetulan ke booth nya amsoil. Untuk yg series premium synthetic diesel oil di catalogue nya di claim bisa sampai 50,000 miles atau 1 tahun yg mana tercapai lebih dahulu. Itu benar ga ya?

Untuk anps lebih prefer yg mana ya untuk ganti oli di km 10,000? 5w40(deo), 15w40(dme), 15w40(oed), 10w30(oec), atau q8 t8700?

Kalau di manual nya anps saya lihat bisa dari 5w-40 sih.



Thank you
4N15 pake 5W40 aja

nguapnya parah

Delvac1 or TDT aja yg ekonomis dan kuat, bis dapet 160 rb

Amsoil yg menarik mah yg harga promo di Graha dulu...

Btw bro kalau pakai yg awalan nya 10w atau 15w masih bisa ga ya? Soal saya lihat di manual nya yg 10w bisa dari suhu -20°C kalau yg 15w bisa dari suhu -15°C. Kalau yg 5w bisa dari suhu -40°C. Secara di Indo kan ga mungkin suhu minus bro. Terua kalau yg awalan 10w atau 15w kan lebih murah.. gimana pendapat bro turbo?
Eliteguard
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Eliteguard »

Roadshow wrote:
Turboman wrote:
Roadshow wrote:Hi bro turbo.. mau tanya lagi.

Kmrn ada jalan2 ke giias kebetulan ke booth nya amsoil. Untuk yg series premium synthetic diesel oil di catalogue nya di claim bisa sampai 50,000 miles atau 1 tahun yg mana tercapai lebih dahulu. Itu benar ga ya?

Untuk anps lebih prefer yg mana ya untuk ganti oli di km 10,000? 5w40(deo), 15w40(dme), 15w40(oed), 10w30(oec), atau q8 t8700?

Kalau di manual nya anps saya lihat bisa dari 5w-40 sih.



Thank you
4N15 pake 5W40 aja

nguapnya parah

Delvac1 or TDT aja yg ekonomis dan kuat, bis dapet 160 rb

Amsoil yg menarik mah yg harga promo di Graha dulu...

Btw bro kalau pakai yg awalan nya 10w atau 15w masih bisa ga ya? Soal saya lihat di manual nya yg 10w bisa dari suhu -20°C kalau yg 15w bisa dari suhu -15°C. Kalau yg 5w bisa dari suhu -40°C. Secara di Indo kan ga mungkin suhu minus bro. Terua kalau yg awalan 10w atau 15w kan lebih murah.. gimana pendapat bro turbo?
Nubie bantu share..
Jadi pertimbangan memilih awalan 5w itu bukan hanya krn dipakai buat suhu minus.. tp pada saat suhu mesin dingin awalan 5w lebi encer. Dmna mesin baru skrg memiliKi tingkat kerapatan yg tggi sehingga dibutuhkan oli encer untuk bisa lebi cpat menjangkau ke seluruh mesin.
Hedi2an
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Apr 02, 2015 23:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Hedi2an »

kyfer wrote:
limsandy wrote:
kyfer wrote:Sekilas info, di GIIAS
Fastron Gold 0w20 115rb/ltr, 5w30 1445rb/ltr
Beli 3 ltr gratis 1 ltr
Info salesnya td klo mobil thn 2015 kesini diskon nya 50%.
Jadi kalo beli Fastron Gold 0w-20 1 dus = 1380 trus diskon 50% jadi 690 rb buat 16 liter jatoh2 nya gak sampe 45 rb lho per liter.

Ini bener gak?
Rupanya 1 stnk bisa beli max 4 ltr, jadi kalo mau lebih, siapin stnk yang banyak. :D foto juga gpp, nanti kirim via wa aja. Saya jadinya kemaren cuma beli 4 ltr.



Om Turbo dan om-om yang lain, ini fastron gold 0w20 gimana kalau dibandingkan dengan oli honda epro gold 0w20? Bisa di pake berapa km baiknya?
Mobil saya HRV dan kemaren-kemaren udah 2x pake Amsoil signature 0w20 beli di graha.


thanks
Tambahan info gan.. saya tgl 17 ke GIIAS, klo yg promo beli 3liter gratis 1liter atau 1 galon diskon 25% ga perlu STNK koq, itu emang promo eventnya sgitu, plus ditambah dpt voucher bensin non subsidi 50rb.. tp pmbelian maximal 8liter atau 2 galon..
Klo yg pke STNK per STNK dpt 1 galon itu yg promo2 khusus aja, kya saya pas tgl 17 promo khususnya brlaku mulai jam 8mlm itu diskon 71% utk 1galon.. jd saya dapet fastron gold 0w-20 diharga 130ribu sgalonnya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Roadshow wrote:
Turboman wrote:
Roadshow wrote:Hi bro turbo.. mau tanya lagi.

Kmrn ada jalan2 ke giias kebetulan ke booth nya amsoil. Untuk yg series premium synthetic diesel oil di catalogue nya di claim bisa sampai 50,000 miles atau 1 tahun yg mana tercapai lebih dahulu. Itu benar ga ya?

Untuk anps lebih prefer yg mana ya untuk ganti oli di km 10,000? 5w40(deo), 15w40(dme), 15w40(oed), 10w30(oec), atau q8 t8700?

Kalau di manual nya anps saya lihat bisa dari 5w-40 sih.



Thank you
4N15 pake 5W40 aja

nguapnya parah

Delvac1 or TDT aja yg ekonomis dan kuat, bis dapet 160 rb

Amsoil yg menarik mah yg harga promo di Graha dulu...

Btw bro kalau pakai yg awalan nya 10w atau 15w masih bisa ga ya? Soal saya lihat di manual nya yg 10w bisa dari suhu -20°C kalau yg 15w bisa dari suhu -15°C. Kalau yg 5w bisa dari suhu -40°C. Secara di Indo kan ga mungkin suhu minus bro. Terua kalau yg awalan 10w atau 15w kan lebih murah.. gimana pendapat bro turbo?
Kalo sy mah lihat di buku manual


SAE terendah utk ambient sampe 30 - 35 deg C boleh pake SAE berapa, nah itu yg saya pilih

teori SAE sekian utk suhu luar sekian itu sih cerita 30 tahun yg lalu

sejak 2011 rata2 mesin bensin NA aja std nya 0W20

Dan ini ke depannya sedang di propose SAE 0W16 sbg std utk mesin bensin NA !

Dan mesin2 TURBO Diesel juga udah mulai byk yg pake std 5W30 / 0W30
* Bukan ajakan Beli *
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Roadshow »

Okay deh semua nya. Thank you untuk saran dan informasi nya. Kyk nya saya pilih yg 15w40 aja.. masih masuk menurut manual nya soal nya. Thank you
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Roadshow wrote:Okay deh semua nya. Thank you untuk saran dan informasi nya. Kyk nya saya pilih yg 15w40 aja.. masih masuk menurut manual nya soal nya. Thank you
Utk AN PJS 4N15 kalo mau ekonomis dan affordable bisa pakai

Q8 T800 - 10W40 - API CI-4

Shell Rimula R5 - 10W40 (yg harga promo)

jatuh2-nya sekitar 80 - 90 rb / L

Bisa pakai 10 rb km / 12 bulan max

menimbang 4N15 nguapnya parah, ane lebih rekomen buntut 40 aja

10W40 kekentalan maximum jika ingin performa tetap enak

kalo 15W40 tarikan berat, alhasil BBM bisa boros dan warming up jadi lama

dan kalo mesin2 yg didisain utk oli encer kita kasih oli kental, dlm jangka panjang ada trade off juga lho
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Schweppes »

Kalau W204 C200 CGI rekomendnya berapa ya om Turbo? 5-30 kah?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Schweppes wrote:Kalau W204 C200 CGI rekomendnya berapa ya om Turbo? 5-30 kah?
mintanya oli yg meet MB 229.5 bukan ?

bila iya maka SAE terendah ya 5W30 spt SHU 5W30 / petronas syntium 3000 LL
* Bukan ajakan Beli *
igoymarboen
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Jan 04, 2015 11:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by igoymarboen »

Met malem om2 semua...
Oot niy om..mohon dibantu ya...

Saya baru saja Overhoul mesin Ford Ranger 3.0 TDCi..
Nah, saya mau mencari oli yg pas om...
Klo baca di buku manual, requirement oil nya 5W-40..
Api CH-4..

Nah, saya rencana mau pake oli motul CRDi 5W-40 om..
Gimana kira2 om...cocok ga..?

Note. Semua spareparts saya pakai genuine ford...

Tolong dibantu ya om2 semua..
Makasi om..
Colek om admin...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by marmut »

igoymarboen wrote:Met malem om2 semua...
Oot niy om..mohon dibantu ya...

Saya baru saja Overhoul mesin Ford Ranger 3.0 TDCi..
Nah, saya mau mencari oli yg pas om...
Klo baca di buku manual, requirement oil nya 5W-40..
Api CH-4..

Nah, saya rencana mau pake oli motul CRDi 5W-40 om..
Gimana kira2 om...cocok ga..?

Note. Semua spareparts saya pakai genuine ford...

Tolong dibantu ya om2 semua..
Makasi om..
Colek om admin...
oli untuk break in atau bagaimana? karena (setau saya) tidak sama oli untuk break in dan setelah break in.
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Roadshow »

Turboman wrote:
Roadshow wrote:Okay deh semua nya. Thank you untuk saran dan informasi nya. Kyk nya saya pilih yg 15w40 aja.. masih masuk menurut manual nya soal nya. Thank you
Utk AN PJS 4N15 kalo mau ekonomis dan affordable bisa pakai

Q8 T800 - 10W40 - API CI-4

Shell Rimula R5 - 10W40 (yg harga promo)

jatuh2-nya sekitar 80 - 90 rb / L

Bisa pakai 10 rb km / 12 bulan max

menimbang 4N15 nguapnya parah, ane lebih rekomen buntut 40 aja

10W40 kekentalan maximum jika ingin performa tetap enak

kalo 15W40 tarikan berat, alhasil BBM bisa boros dan warming up jadi lama

dan kalo mesin2 yg didisain utk oli encer kita kasih oli kental, dlm jangka panjang ada trade off juga lho
Wah.. okay bro. Thank you saran nya.

Kmrn saya kepikiran mau beli amsoil dulu di giias. Cuman harga nya ga tahan hahaha. Yg premium series 5w40 1 quartz nya 180rb. Kalau beli 1 dus (12 quartz) dapet potongan 10%. Cuman tetap aja mahal.

Tapi yg saya masih engga jelas, di katalog nya ditulis untuk diesel bisa sampe 25,000 miles atau 1 tahun mana yg tercapai lebih dahulu. Kalau memang bisa bearti ga mahal2 bgt.. jazz saya 1 tahun kira2 20,000km. Menurut bro turbo claim nya benar ga ya?
Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Dityyy »

Om turbo dan om lainnya, mau tanya dong emang oli top1 kurang bagus ya? Apa gmn? Kemarin sy ganti top1 5w-30 paling mahal padahal diantara oli lain di bengkel itu....

Sent from my GT-N7100 using Seraya Motor mobile app
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Roadshow wrote:
Turboman wrote:
Roadshow wrote:Okay deh semua nya. Thank you untuk saran dan informasi nya. Kyk nya saya pilih yg 15w40 aja.. masih masuk menurut manual nya soal nya. Thank you
Utk AN PJS 4N15 kalo mau ekonomis dan affordable bisa pakai

Q8 T800 - 10W40 - API CI-4

Shell Rimula R5 - 10W40 (yg harga promo)

jatuh2-nya sekitar 80 - 90 rb / L

Bisa pakai 10 rb km / 12 bulan max

menimbang 4N15 nguapnya parah, ane lebih rekomen buntut 40 aja

10W40 kekentalan maximum jika ingin performa tetap enak

kalo 15W40 tarikan berat, alhasil BBM bisa boros dan warming up jadi lama

dan kalo mesin2 yg didisain utk oli encer kita kasih oli kental, dlm jangka panjang ada trade off juga lho
Wah.. okay bro. Thank you saran nya.

Kmrn saya kepikiran mau beli amsoil dulu di giias. Cuman harga nya ga tahan hahaha. Yg premium series 5w40 1 quartz nya 180rb. Kalau beli 1 dus (12 quartz) dapet potongan 10%. Cuman tetap aja mahal.

Tapi yg saya masih engga jelas, di katalog nya ditulis untuk diesel bisa sampe 25,000 miles atau 1 tahun mana yg tercapai lebih dahulu. Kalau memang bisa bearti ga mahal2 bgt.. jazz saya 1 tahun kira2 20,000km. Menurut bro turbo claim nya benar ga ya?
Wakti bbrp bulan lalu Amsoil harga promo di Graha ikut ambil gak ?

Yg DEO 5W40 kan cuman 130 rb an tuh

Btw kalo mau pake jalan 20.000 km, oli filternya ganti di 10.000 km
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

Dityyy wrote:Om turbo dan om lainnya, mau tanya dong emang oli top1 kurang bagus ya? Apa gmn? Kemarin sy ganti top1 5w-30 paling mahal padahal diantara oli lain di bengkel itu....

Sent from my GT-N7100 using Seraya Motor mobile app
nanti sesudah jalan 10.000 km or max 12 bulan, sample oli bekasnya test di Petrolab aja
* Bukan ajakan Beli *
igoymarboen
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Jan 04, 2015 11:20

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by igoymarboen »

marmut wrote:
igoymarboen wrote:Met malem om2 semua...
Oot niy om..mohon dibantu ya...

Saya baru saja Overhoul mesin Ford Ranger 3.0 TDCi..
Nah, saya mau mencari oli yg pas om...
Klo baca di buku manual, requirement oil nya 5W-40..
Api CH-4..

Nah, saya rencana mau pake oli motul CRDi 5W-40 om..
Gimana kira2 om...cocok ga..?

Note. Semua spareparts saya pakai genuine ford...

Tolong dibantu ya om2 semua..
Makasi om..
Colek om admin...
oli untuk break in atau bagaimana? karena (setau saya) tidak sama oli untuk break in dan setelah break in.

Maksudnya oli untuk break in, apa ya om..?
Maksudnya itu oli pertama kali pakai bukan..
Klo saya liat, oli yg dipakai pertama setelah bongkar, pakai total Rubia Tir 6400 15W-40...

Dan udh mau sampai ke 1000 km after overhoul...

Makanya mo cari oli yg sesuai rekomendasi pabrikan, tapi dengan kualitas oli yg bagus...

Makasi om...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

igoymarboen wrote:
marmut wrote:
igoymarboen wrote:Met malem om2 semua...
Oot niy om..mohon dibantu ya...

Saya baru saja Overhoul mesin Ford Ranger 3.0 TDCi..
Nah, saya mau mencari oli yg pas om...
Klo baca di buku manual, requirement oil nya 5W-40..
Api CH-4..

Nah, saya rencana mau pake oli motul CRDi 5W-40 om..
Gimana kira2 om...cocok ga..?

Note. Semua spareparts saya pakai genuine ford...

Tolong dibantu ya om2 semua..
Makasi om..
Colek om admin...
oli untuk break in atau bagaimana? karena (setau saya) tidak sama oli untuk break in dan setelah break in.

Maksudnya oli untuk break in, apa ya om..?
Maksudnya itu oli pertama kali pakai bukan..
Klo saya liat, oli yg dipakai pertama setelah bongkar, pakai total Rubia Tir 6400 15W-40...

Dan udh mau sampai ke 1000 km after overhoul...

Makanya mo cari oli yg sesuai rekomendasi pabrikan, tapi dengan kualitas oli yg bagus...

Makasi om...
cari yg harga brp per L nya ?
* Bukan ajakan Beli *
igoymarboen
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Jan 04, 2015 11:20

Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by igoymarboen »

Turboman wrote:
igoymarboen wrote:
marmut wrote: oli untuk break in atau bagaimana? karena (setau saya) tidak sama oli untuk break in dan setelah break in.

Maksudnya oli untuk break in, apa ya om..?
Maksudnya itu oli pertama kali pakai bukan..
Klo saya liat, oli yg dipakai pertama setelah bongkar, pakai total Rubia Tir 6400 15W-40...

Dan udh mau sampai ke 1000 km after overhoul...

Makanya mo cari oli yg sesuai rekomendasi pabrikan, tapi dengan kualitas oli yg bagus...

Makasi om...
cari yg harga brp per L nya ?

Klo masalah harga si relatif om Turboman...
Klo emang olinya bagus, mahal dikit sesuai lah....

Cuma ada temen yg saranin pake Motul CRDi...
Nah, saya si pengen tau kualitas oli itu om..
Kira2 bagus ga ya untuk ford ranger saya...

Klo datasheet teknisnya si, oli ini bagus...ditinjau dari review om waktu bicarain oli Q8...
Nah, saya cari datanya juga..

Cuma kan saya perlu juga informasi yg pernah pengalaman pake om...
Hehehe...

Mohon dibantu ya om..
Makasi
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Schweppes »

Turboman wrote:
Schweppes wrote:Kalau W204 C200 CGI rekomendnya berapa ya om Turbo? 5-30 kah?
mintanya oli yg meet MB 229.5 bukan ?

bila iya maka SAE terendah ya 5W30 spt SHU 5W30 / petronas syntium 3000 LL
Siyap, terimakasih inputnya om Turbo :big_okay:
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by ipOi78 »

DPF or Non DPF ? Sempet baca di web mengenai DPF ( Diesel Particulate Filter ) tapi karena teksnya bahasa inggris jadi ga mudeng..hehehe

Apakah oli khusus mesin diesel itu harus sesuai dgn DPF or Non DPF ? Kalo mobil santafe itu termasuk yang mana kah..dan juga kalo ANPS...kira2 ada yg bisa kasi penjelasan ? Thx
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by Turboman »

ipOi78 wrote:DPF or Non DPF ? Sempet baca di web mengenai DPF ( Diesel Particulate Filter ) tapi karena teksnya bahasa inggris jadi ga mudeng..hehehe

Apakah oli khusus mesin diesel itu harus sesuai dgn DPF or Non DPF ? Kalo mobil santafe itu termasuk yang mana kah..dan juga kalo ANPS...kira2 ada yg bisa kasi penjelasan ? Thx
Di Indo mah mobil ber DPF dlm waktu singkat pasti mampet DPF nya

tapi dgn teknik Re Flash ECU maka DPF bisa dibabat tanpa nyala CE
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 06

Post by andyez86 »

Turboman wrote:
Roadshow wrote:Okay deh semua nya. Thank you untuk saran dan informasi nya. Kyk nya saya pilih yg 15w40 aja.. masih masuk menurut manual nya soal nya. Thank you
Utk AN PJS 4N15 kalo mau ekonomis dan affordable bisa pakai

Q8 T800 - 10W40 - API CI-4

Shell Rimula R5 - 10W40 (yg harga promo)

jatuh2-nya sekitar 80 - 90 rb / L

Bisa pakai 10 rb km / 12 bulan max

menimbang 4N15 nguapnya parah, ane lebih rekomen buntut 40 aja

10W40 kekentalan maximum jika ingin performa tetap enak

kalo 15W40 tarikan berat, alhasil BBM bisa boros dan warming up jadi lama

dan kalo mesin2 yg didisain utk oli encer kita kasih oli kental, dlm jangka panjang ada trade off juga lho

Permisi..mau nanya dong,Klo ANKI dikasi oli 15w40 efeknya jg sama ya?tarikan berat,BBM boros dan warming up jadi lama??bntr lagi waktunya ganti oli nihh...hehehe