Page 8 of 9

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Sun Dec 09, 2018 20:57
by ordengineering
Test testtt... kudu dr pc ane reply soon all ya 🤦‍♂️

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Dec 11, 2018 4:41
by rendangkrispi
Om, kalo knalpot bau kenapa ya? Gak ngerti sih baunya gimana tapi bukan bau oli, gak enak deh pokoknya kalo tiap nyalain mobil sampe masuk ke dalem rumah tapi gak sampe masuk ke dalem mobil.

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Dec 11, 2018 11:22
by saturday
rendangkrispi wrote: Tue Dec 11, 2018 4:41 Om, kalo knalpot bau kenapa ya? Gak ngerti sih baunya gimana tapi bukan bau oli, gak enak deh pokoknya kalo tiap nyalain mobil sampe masuk ke dalem rumah tapi gak sampe masuk ke dalem mobil.
Coba bantu jawab tapi belum tentu benar :mky_01: Sering dengar dari orang-orang kalau knalpot seperti bau sulfur/telor busuk, tandanya catalytic converternya harus diganti.

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Dec 11, 2018 12:33
by bembenk95
rendangkrispi wrote:Om, kalo knalpot bau kenapa ya? Gak ngerti sih baunya gimana tapi bukan bau oli, gak enak deh pokoknya kalo tiap nyalain mobil sampe masuk ke dalem rumah tapi gak sampe masuk ke dalem mobil.
Mobil nya apa om, thn berapa, pakai bahan bakar apa?

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Dec 12, 2018 15:26
by rendangkrispi
bembenk95 wrote: Tue Dec 11, 2018 12:33 Mobil nya apa om, thn berapa, pakai bahan bakar apa?
CRV RE R20A1 07 om, Pertamax sejak dulu.

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Fri Dec 14, 2018 0:38
by vinchazz
rendangkrispi wrote: Wed Dec 12, 2018 15:26
bembenk95 wrote: Tue Dec 11, 2018 12:33 Mobil nya apa om, thn berapa, pakai bahan bakar apa?
CRV RE R20A1 07 om, Pertamax sejak dulu.
Kalo bau seperti telor busuk umumnya catcon sudah uzur dan minta ganti
Saya punya RE baru bau kalo abis digeber ampe 140kmh di tol
Baunya ampe masuk kabin

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Fri Dec 14, 2018 1:10
by bembenk95
rendangkrispi wrote: Wed Dec 12, 2018 15:26
bembenk95 wrote: Tue Dec 11, 2018 12:33 Mobil nya apa om, thn berapa, pakai bahan bakar apa?
CRV RE R20A1 07 om, Pertamax sejak dulu.
kalo pas stasioner/ idle bau gas knalpot tajam & perih di mata, mkn ada bocor seblm katalik atau katalik sudah rusak.
di mobil ane copot katalik, efeknya spt di atas itu om :big_slap:

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Fri Dec 14, 2018 8:32
by rendangkrispi
bembenk95 wrote: Tue Dec 11, 2018 12:33 kalo pas stasioner/ idle bau gas knalpot tajam & perih di mata, mkn ada bocor seblm katalik atau katalik sudah rusak.
di mobil ane copot katalik, efeknya spt di atas itu om :big_slap:
Gak sampe bikin perih sih, nanti aku cek deh buat mastiin, tapi kalo emang kena itu ada efek buruknya kah buat si mobil?
Thanks.
vinchazz wrote: Fri Dec 14, 2018 0:38 Kalo bau seperti telor busuk umumnya catcon sudah uzur dan minta ganti
Saya punya RE baru bau kalo abis digeber ampe 140kmh di tol
Baunya ampe masuk kabin
Beberapa hari yang lalu dibawa ngebut 120-140kmh ~1 jam kabin nggak ada bau sih om...
Kalo jalan pelan <20kmh kaca dibuka baru kecium baunya.

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Fri Dec 14, 2018 23:53
by vinchazz
rendangkrispi wrote: Fri Dec 14, 2018 8:32
bembenk95 wrote: Tue Dec 11, 2018 12:33 kalo pas stasioner/ idle bau gas knalpot tajam & perih di mata, mkn ada bocor seblm katalik atau katalik sudah rusak.
di mobil ane copot katalik, efeknya spt di atas itu om :big_slap:
Gak sampe bikin perih sih, nanti aku cek deh buat mastiin, tapi kalo emang kena itu ada efek buruknya kah buat si mobil?
Thanks.
vinchazz wrote: Fri Dec 14, 2018 0:38 Kalo bau seperti telor busuk umumnya catcon sudah uzur dan minta ganti
Saya punya RE baru bau kalo abis digeber ampe 140kmh di tol
Baunya ampe masuk kabin
Beberapa hari yang lalu dibawa ngebut 120-140kmh ~1 jam kabin nggak ada bau sih om...
Kalo jalan pelan <20kmh kaca dibuka baru kecium baunya.
Lah malah kebalik ya
Coba sekitaran catcon deh
Kalo bener bau sangit kyk telor busuk sih biasanya catcon yg kena

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Dec 19, 2018 2:19
by Dicky66
Om,kalau pasang downpipe/ganti downpipe itu plug n play kah tanpa harus ada tambahan paking/lem dan sejenisnya? Maklum awam🙏😁

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Dec 26, 2018 17:09
by ordengineering
Selamat Natal dan Tahun Baru

Happy holidays temans

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Dec 26, 2018 17:10
by ordengineering
Dicky66 wrote:Om,kalau pasang downpipe/ganti downpipe itu plug n play kah tanpa harus ada tambahan paking/lem dan sejenisnya? Maklum awam[emoji120][emoji16]
Downpipe plug n play bro

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Dec 26, 2018 17:10
by ordengineering
Sori blm fokus reply satu2, lg finishing rekap tahunan :'(

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Sun Dec 30, 2018 5:15
by afareyzi256
ordengineering wrote: Thu Oct 22, 2015 8:10 Sambil Di update, Foto2nya menyusul :)

Knalpot (exhaust) dan bagian bagiannya


Exhaust System
Knalpot pada kendaraan bermesin secara umum dibagi dari :

Image

1. Header, downpipe atau manifold

2. Resonator,

3. Muffler,

Dan keseluruhan bagian tersebut dihubungkan oleh Piping.

Pada kebanyakan mobil modern, ditambahkan Catalytic Converter (cc), untuk meredam emisi gas buang agar tidak terlepas secara bebas ke atmosfir. Tujuannya demi terjaganya kebersihan udara yang dihirup makhluk hidup. Biasa ditempatkan setelah header, downpipe atau manifold.




Catalytic Converter






1. Header , ialah bagian. pertama dari exhaust yang berhubungan langsung dengan mesin. Fungsinya ialah menerima pembuangan pertama dari tiap silinder untuk disalurkan menjadi satu kepada bagian selanjutnya. Bila mesin memiliki 4 silinder, maka jumlah pipa header akan berjumlah 4 pipa, yang akhirnya akan menjadi 1 sebelum masuk ke bagian selanjutnya, yaitu resonator ataupun catalytic converter.

Yang tentunya dihubungkan oleh piping.







2. Resonator, ialah bagian yang berada setelah header ataupun catalytic converter, yang berfungsi sesuai namanya, meresonansi suara dari gas buang yang memekakan telinga karena berbenturan dengan atmosfir.




Resonator


3. Muffler, ialah bagian yang meneruskan fungsi resonator dalam meredam suara. Sesuai namanya, Muffler atau peredam








Boros BBM, Ngempos, Nahan, Tarikan Loyo?? Ini obatnya!!


Image
Nah sekarang qt bahas mengenai efisiensi exhaust, kenapa dia berpengaruh pada konsumsi BBM dan tenaga mesin. Exhaust yang ideal itu ialah yang sesuai kebutuhan penggunaan. Sesuai dengan powerband (penggunaan RPM) yang paling sering kita pakai dan kita inginkan. Jadi jangan salah desain, bila biasa cruising rpm 3000-6000 ngapain kita gunakan exhaust yang memiliki spesifikasi untuk rpm 8000rpm?
Dari post sebelumnya kita mungkin bertanya kenapa sih pembuangan exhaust gas harus dibikin lancar?harus ada pembilasan/scavenging dsb? Bukannya banyak dibuang pasti akan lebih banyak boros?
Waaahhh, beginiiii…….. Yang dibuang selancar – lancarnya dan perlu dibilas sebersih2nya itu adalah kotoran lho, Exhaust Gas! Gas yang sudah jenuh dan tidak mengandung O2 lagi. Kalo kotoran kotoran tersebut tersisa dijantung mesin (ruang bakar), hal ini yang bikin boros! Tenaga Loyo.
Sama aja tubuh manusia PUPnya kita tahan2 gak dibuang keluar, atau kita hirup oksigen lantas CO2 nya kita tahan dalam tubuh kita, mati bisa.

Itulah kenapa exhaust system ini perlu kita desain sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan, tidak asal ganti RESING, Done. Penyakit penggunaan exhaust system yang salah itu biasanya bahasa orang kita ada dua : Ngempos, dan Nahan. Sebenernya sih ini istilah terhadap perasaan driver pada performa kendaraannya.
Nah apasih ngempos itu? “Ngempos banget mobil, kudu ngedennn ngegas dalem baru bisa ngedorong”. Ngempos itu biasanya bila driver merasakan torsi yang sangat kurang pada Low and Mid RPM. Lack Of Torque ini terjadi biasanya karena airspeed yang sangat rendah pada exhaust system, sehingga driver kudu ngeden menekan pedal gas lebih dari semestinya karena putaran mesin harus dibawa ke rpm tinggi baru tenaganya ideal buat ngebawa body kendaraan. Airspeed yang terlalu rendah akan menghasilkan volumetric effisiensi yang payah di Low and Mid RPM. Hal ini lah yang membuat konsumsi BBM menjadi boros.

Nah, lantas Nahan itu rasa yang bagaimana? “Mobil gw nahan nihhhhh, gak mau lepas atasnya“. Nahh, Nahan biasa nya terucap bila ada keluhan RPM atas yang terasa kurang bertenaga. Hal ini kebalikan dari Ngempos, biasanya airspeed dari exhaust system terlalu tinggi atau bahkan turbulen, sehingga mesin tidak menerima asupan oksigen yang cukup pada rpm tinggi. Karena kurva volumetric efficiency nya sudah turun drastis . Sudah ditampol gas dalam2, padahal mesin sudah teriak, tenaga tetap saja berasa kurang. CO2 yang tersisa diruang bakar terlalu banyak, Inipun hasilnya boros.
Sebetulnya adalagi Faktor Suggestif suara vs tenaga, hal ini terkait dengan suara yang dihasilkan setelah penggantian resonator maupun muffler. Terkadang (ada beberapa kasus), walaupun secara statistik tenaganya lebih besar menggunakan resonator dan muffler freeflow. Tapi karena besarnya suara yang didengar driver, secara tidak langsung driver akan berasumsi “Koq ngisian (torsi) waktu muffler dan reson standart?“. Hal ini menurut saya sebetulnya lebih ke arah sugestif. Perbadingan Suara per Tenaga yang dihasilkan lebih besar Suara muffler Freeflow. Tarolah dengan mesin standart kita dapatkan 150 db (desibel) dan torsi mesin 100NM, perbandingannya 1.5:1 . Nah sedangkan dengan muffler freeflow suaranya 200 db dan torsi mesin 125NM (contoh doank lho), perbandingannya 1.6:1. Otomatis kita akan berasumsi 200 db itu sebagai “mesin bekerja lebih keras” padahal tidak, suara exhaustnya saja yang lebih keras. Inilah faktor sugestif yang sangat sering terjadi. Banyak driver yang ingin suara jauh lebih halus walapun torsinya lebih berkurang, driver anggap sebagai lebih “ngisi”. Walaupun bila diukur secara statistic (dyno) powernya berkurang.
Nah ada pula yang kebalikannya ada yang senang suara teriak sejadi2nya driver anggap itu serasa power yang “lepas” (padahal mobil jalannya disitu2 aja x_x ).
Inilah faktor sugestif yang saya maksud. Hal ini saya bahas karena sewaktu obrolan dengan kawan saya.“Iya lhoo, walaupun di test time di Drag waktunya sama2 aja, tapi saat pake reson yang lama, mobil tu terasa ngisinya beda banget. Bawaannya ya beda aja. Pokonya gw lebih seneng reson yang lama“. Hehe, sugestif kan. bro “B” dan “R” ini obrolan qt sambil makan pecel .
“Nah bro, saya udah pakai exhaust yang perhitungan sesuai request, power enak banget bro! Tiap bawa mobil ane tiban terus. Tapi koq tetep boros?????? Masih salah itungan???” Ya iyalah Kakinya gatel “ane tiban terus” wkwkwkwkwk. Mobil mana pun juga bakal boros kalo gasnya ditiban terus.

Nah, jadi jelas yaaaah. Kenapa desain exhaust itu mempengaruhi konsumsi BBM dan tarikan. Size Does Matters.
Ganti Hi-Performance Exhaust (Dengan perhitungan yang akurat) ternyata bisa jadi obat biar BBM irit , dengan bonus Performa kendaraan meningkat pastinya
Kurang lebih demikian yang saya bisa share. Kalau ada yang perlu ditambahkan nanti akan saya update post ini

Happy Driving.
kalo boleh tau kira 2 innova 2.0 bensin vvt-i euro 2 A/T kira 2 ada gak yah costum buat Header 4-2-1 buat ngejar torsi rpm bawah biar gak lemot alias ngacir

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Thu Jan 10, 2019 6:00
by aabx
ordengineering wrote: Sun Oct 21, 2018 20:01 1. Gak bro. Krn pasti lbh rich walopun sedikit bngt. Justru mesin makin adem.
Dual sama twin itu straight thru tapi ada dbkillernya.
.
2. Ñah saya juga mau kasih reson venturynya yg buat cc 2000 keatas hehe. Idem maksudnya
.
Bro ane tertarik nih riset suara.sama ente. Tingkat kepuasam noise org yg sensitif kaya bro ini yg lg mau sy jadiin parameter. Mau coba multi helmotz?
Dengung kabin di midrange pasti ya yg bikin ga enak bagi org sensitif kaya bro.
Makasih masukannya om, sori baru respon lagi nih

Reson ventury berarti karakternya lebih ngeredam daripada reson manual ord ya om?

Multi helmotz ini ngurangin db keseluruhan atau ngilangin droning aja om? Saya cari2 opini orang masih berbeda2 ya

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Thu Jan 10, 2019 7:42
by MSU
newbie numpang nanya....kalo di diesel tua non commonrail..apakah disarankan untuk melakukan pembersihan di jalur knalpot-nya.
mengingat di ujung knalpot aja berasa kerak item-nya rada tebel

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Feb 05, 2019 18:14
by ordengineering
Bentarr

Spoiler test pooling.
.

Lanjut reply forum after this
20190206_011002.jpeg

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Feb 12, 2019 13:10
by g36
ordengineering wrote: Tue Feb 05, 2019 18:14 Bentarr

Spoiler test pooling.
.

Lanjut reply forum after this20190206_011002.jpeg
Om mau tanya, saya punya header ORD buat mesin K14 2 biji, 1 di ANS dan 1 di Baleno hatchback. Kok pas pasang lebih kerasa enaknya di ANS ya om?

Pas di baleno tarikan cuma beda dikit, suara persis standar, yg ada malah lebih boros dikit 😅. Di ANS awal pasang aja suara agak garing2 dan tarikan mantap. Masalahnya di mana ya om?

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Feb 12, 2019 14:41
by RobbyKodo
Ord dipasang ke cx5 gimana ya rasanya

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Feb 27, 2019 22:52
by ordengineering

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Wed Feb 27, 2019 22:53
by ordengineering

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Mon Mar 18, 2019 9:29
by gaban05
Om mau tanya dong. Mobil ane Sross 2018 matic, kode mesin M15A.
Mau ngejar performance, tapi suara sedeket mungkin sama standard, karena mobilnya kebanyakan istri yang pake.

Kalo pasang header dan reson ord tapi mufflernya standard gimana?
Terus kalau reson bawaanya tetep dipasang sesudah reson ORD efeknya apa?

Thanks sebelumnya

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Tue Mar 26, 2019 11:11
by Dicky66
Misi om ijin tanya😁 mbl saya gk5 manual udah ganti downpipe,frontpipe masih standar,reso + muffler
Setiap pagi kalau dinyalain ko asep tipisnya,berasa aga banyak dari sebelumnya yah? Apa ada pengaruh dari penggantian downpipe kah? Kalau saya cek ke dalem muffler semuanya bersih g ada tanda' bekas oli / basah oli

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Mon May 13, 2019 8:56
by singachu
ordengineering wrote: Wed Dec 26, 2018 17:10 Sori blm fokus reply satu2, lg finishing rekap tahunan :'(
om Odie,
untuk 1NR-VE / 2NR-VE nya avanza, kenapa kok banyak yang bilang header untuk 1300 cc sama designnya dengan 1500cc ?
Apa memang sama aja hitungan pipanya untuk avanza 1300 dan 1500 ?

regards,
singachu

Re: Edukasi Tips Knalpot Mobil, Keluhan Tarikan Ngempos, BBM Boros by ORDexhaust-Race+Dyno Proven

Posted: Thu Jun 06, 2019 20:03
by speeddrag
:big_peace:

Gan, saya punya avanza S 2007.
Lagi mau ganti knalpot racing.
Mohon informasi ressonator dan muffler yg rekomended. Suara dpt dan tenaga atas bawah gak berkurang, alias increase performance.

Please email me type of resson dan muffler nya.