Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 29 May 2019, 16:41

MSU wrote:
29 May 2019, 15:45
nah bener...ban eco2 ini ternyata memang tapaknya ga gampang abis ya..punya om Maulana 58rb masih tebal.
saya perhatikan di xenia mobil kantor sampe 100rb baru diganti..
saya pake Dunlop SP Touring T1 di kijang kapsul...so far 30rb-an km udh hampir kena TWI
Klo pendapat ane yg newbie ini yah, ban eco kan dirancang biar hemat bahan bakar sehingga mengorbankan rolling resistance ke jalan. Rolling resistance kecil otomatis gesekan grip kecil jd bisa lbh awet. Dimana2 ban ngegrip kan cepet habis

demonusil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 23 Aug 2013, 19:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by demonusil » 29 May 2019, 19:45

setelah 6 tahun mazda CX5 GT R10 dengan ban bawaan toyo R36 ukuran 225/55 R19 Botak ( nempel TWI ) dengan kilometer 44rb , nyari nyari ban TOYO serupa adanya R46 dan harganya 3,1 per pcs.... ditawarkan alternatif accelera iota68 dengan ukuran sama 225/55 R19 katanya termasuk empuk, silent dan banyak yg menggunakan sebagai subtitusi ban bawaan CX5 yg harganya lumayan untuk mengganti 4 set sekaligus. Oh ia harga accelera iota ini per pcs kena 1,5jt sudah termasuk spooring. kesan pertama setelah ban dipasang pada Velg 19 bawaan, bannya jadi TERLIHAT BESAR seperti bukan ukuran 225/55/19 TOYO R36, sidewall ban bentuk membulat dan katanya accelera ini pakai yang namanya " rim guard" untuk melindungi velg jadi bibir ban agak menjorok keluar sedikit dari bibir velg. Tipe kembang asimetris , setelah ganti 4 ban spooring + balancing. nah ini sudah 2 hari pemakaian yg ane rasakan adalah.... kalo jalan kenceng, lepas stir ( maka stir akan narik ke kiri ) , balik ke tempat spooring dan dilakukan pengecekan ulang katanya normal dan ditukar ban kiri ke ban kanan (ini kemarin) hari ini yg ane rasakan masih narik kiri tapi ga separah sebelumnya sewaktu ban kanan ditaro di kiri. cek kaki kaki semua masih normal, long tie rod, ball joint, shock normal semua. Lalu kata penjualnya emang karakter ban accelera suka narik ke salah satu sisi ( benarkah ??...) sebelumnya pake ban bawaan TOYO R36 yg bahkan sampe deket TWI 44rb ga ada gejala narik kiri atau kanan. Mohon infonya yang pernah memakai ban accelera iota 68 225/55 R19 di CX5 apakah ada yang mengalami hal serupa

Terima kasih

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun » 29 May 2019, 20:07

demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
setelah 6 tahun mazda CX5 GT R10 dengan ban bawaan toyo R36 ukuran 225/55 R19 Botak ( nempel TWI ) dengan kilometer 44rb , nyari nyari ban TOYO serupa adanya R46 dan harganya 3,1 per pcs.... ditawarkan alternatif accelera iota68 dengan ukuran sama 225/55 R19 katanya termasuk empuk, silent dan banyak yg menggunakan sebagai subtitusi ban bawaan CX5 yg harganya lumayan untuk mengganti 4 set sekaligus. Oh ia harga accelera iota ini per pcs kena 1,5jt sudah termasuk spooring. kesan pertama setelah ban dipasang pada Velg 19 bawaan, bannya jadi TERLIHAT BESAR seperti bukan ukuran 225/55/19 TOYO R36, sidewall ban bentuk membulat dan katanya accelera ini pakai yang namanya " rim guard" untuk melindungi velg jadi bibir ban agak menjorok keluar sedikit dari bibir velg. Tipe kembang asimetris , setelah ganti 4 ban spooring + balancing. nah ini sudah 2 hari pemakaian yg ane rasakan adalah.... kalo jalan kenceng, lepas stir ( maka stir akan narik ke kiri ) , balik ke tempat spooring dan dilakukan pengecekan ulang katanya normal dan ditukar ban kiri ke ban kanan (ini kemarin) hari ini yg ane rasakan masih narik kiri tapi ga separah sebelumnya sewaktu ban kanan ditaro di kiri. cek kaki kaki semua masih normal, long tie rod, ball joint, shock normal semua. Lalu kata penjualnya emang karakter ban accelera suka narik ke salah satu sisi ( benarkah ??...) sebelumnya pake ban bawaan TOYO R36 yg bahkan sampe deket TWI 44rb ga ada gejala narik kiri atau kanan. Mohon infonya yang pernah memakai ban accelera iota 68 225/55 R19 di CX5 apakah ada yang mengalami hal serupa

Terima kasih
saya sih ga pernah pakai merek accelera atau sekelasnya, tapi menurut pengalaman saya ngobrol di beberapa bengkel spooring dan toko ban, itu memang penyakit ban sekelas itu. mulai dari susah di balance = jumlah timah banyak banget, finish balance pun kadang ga nolong, puter2 kombinasi ban + velg tetap steer berasa narik, spooring kaya ga dapet2, dsb.

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun » 29 May 2019, 20:11

MSU wrote:
29 May 2019, 15:45
nah bener...ban eco2 ini ternyata memang tapaknya ga gampang abis ya..punya om Maulana 58rb masih tebal.
saya perhatikan di xenia mobil kantor sampe 100rb baru diganti..
saya pake Dunlop SP Touring T1 di kijang kapsul...so far 30rb-an km udh hampir kena TWI
ya makanya ban disebut ban eco, eco semua, sampe performa juga eco :mky_01:
tapi hebat ya sampe 100 ribu km baru TWI, tanpa ada problem di sidewall.
samkenny95 wrote:
29 May 2019, 16:39
Pdhl GNKI masih pake D80/B390 ya yg dimana notabene bukan ban eco 🤔
itu malah lebih keren lagi: ban custom (tapi ga tau kategori eco ga), karena cuma ada ukuran innova setahu saya :mky_01: tapi untuk yang dunlop D80 V4 itu termasuk kurang untuk ukuran OEM, saya sampe sebisanya ga mau pake dunlop lagi :mky_01:

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1194
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Xous » 29 May 2019, 20:40

@om demon, sy pake saudara nya forceum jg gitu sign. Apalagi pas hard brake d highway. Berasa berhenti krn doa.
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
setelah 6 tahun mazda CX5 GT R10 dengan ban bawaan toyo R36 ukuran 225/55 R19 Botak ( nempel TWI ) dengan kilometer 44rb , nyari nyari ban TOYO serupa adanya R46 dan harganya 3,1 per pcs.... ditawarkan alternatif accelera iota68 dengan ukuran sama 225/55 R19 katanya termasuk empuk, silent dan banyak yg menggunakan sebagai subtitusi ban bawaan CX5 yg harganya lumayan untuk mengganti 4 set sekaligus. Oh ia harga accelera iota ini per pcs kena 1,5jt sudah termasuk spooring. kesan pertama setelah ban dipasang pada Velg 19 bawaan, bannya jadi TERLIHAT BESAR seperti bukan ukuran 225/55/19 TOYO R36, sidewall ban bentuk membulat dan katanya accelera ini pakai yang namanya " rim guard" untuk melindungi velg jadi bibir ban agak menjorok keluar sedikit dari bibir velg. Tipe kembang asimetris , setelah ganti 4 ban spooring + balancing. nah ini sudah 2 hari pemakaian yg ane rasakan adalah.... kalo jalan kenceng, lepas stir ( maka stir akan narik ke kiri ) , balik ke tempat spooring dan dilakukan pengecekan ulang katanya normal dan ditukar ban kiri ke ban kanan (ini kemarin) hari ini yg ane rasakan masih narik kiri tapi ga separah sebelumnya sewaktu ban kanan ditaro di kiri. cek kaki kaki semua masih normal, long tie rod, ball joint, shock normal semua. Lalu kata penjualnya emang karakter ban accelera suka narik ke salah satu sisi ( benarkah ??...) sebelumnya pake ban bawaan TOYO R36 yg bahkan sampe deket TWI 44rb ga ada gejala narik kiri atau kanan. Mohon infonya yang pernah memakai ban accelera iota 68 225/55 R19 di CX5 apakah ada yang mengalami hal serupa

Terima kasih

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 29 May 2019, 21:19

demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
setelah 6 tahun mazda CX5 GT R10 dengan ban bawaan toyo R36 ukuran 225/55 R19 Botak ( nempel TWI ) dengan kilometer 44rb , nyari nyari ban TOYO serupa adanya R46 dan harganya 3,1 per pcs.... ditawarkan alternatif accelera iota68 dengan ukuran sama 225/55 R19 katanya termasuk empuk, silent dan banyak yg menggunakan sebagai subtitusi ban bawaan CX5 yg harganya lumayan untuk mengganti 4 set sekaligus. Oh ia harga accelera iota ini per pcs kena 1,5jt sudah termasuk spooring. kesan pertama setelah ban dipasang pada Velg 19 bawaan, bannya jadi TERLIHAT BESAR seperti bukan ukuran 225/55/19 TOYO R36, sidewall ban bentuk membulat dan katanya accelera ini pakai yang namanya " rim guard" untuk melindungi velg jadi bibir ban agak menjorok keluar sedikit dari bibir velg. Tipe kembang asimetris , setelah ganti 4 ban spooring + balancing. nah ini sudah 2 hari pemakaian yg ane rasakan adalah.... kalo jalan kenceng, lepas stir ( maka stir akan narik ke kiri ) , balik ke tempat spooring dan dilakukan pengecekan ulang katanya normal dan ditukar ban kiri ke ban kanan (ini kemarin) hari ini yg ane rasakan masih narik kiri tapi ga separah sebelumnya sewaktu ban kanan ditaro di kiri. cek kaki kaki semua masih normal, long tie rod, ball joint, shock normal semua. Lalu kata penjualnya emang karakter ban accelera suka narik ke salah satu sisi ( benarkah ??...) sebelumnya pake ban bawaan TOYO R36 yg bahkan sampe deket TWI 44rb ga ada gejala narik kiri atau kanan. Mohon infonya yang pernah memakai ban accelera iota 68 225/55 R19 di CX5 apakah ada yang mengalami hal serupa

Terima kasih
Ga nakutin, tp disini keknya ada yg share pake iota tau2 pecah.


Perihal susah balancing kata suhu d atas ada benarnya, saya pake Achilles atr sport taun 2010, itu susah buat dibalancing...

Semenjak itu kalau ban murni merk lokal hanya percaya GT Radial.
Image
Image

demonusil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 23 Aug 2013, 19:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by demonusil » 29 May 2019, 21:33

kunaskun wrote:
29 May 2019, 20:07
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
saya sih ga pernah pakai merek accelera atau sekelasnya, tapi menurut pengalaman saya ngobrol di beberapa bengkel spooring dan toko ban, itu memang penyakit ban sekelas itu. mulai dari susah di balance = jumlah timah banyak banget, finish balance pun kadang ga nolong, puter2 kombinasi ban + velg tetap steer berasa narik, spooring kaya ga dapet2, dsb.
alamakkkkk :mky_05: jadi bener ya isu kalo ban accelera itu susah di balancing ? secara ban ukuran 225/55 R19 alternatif hanya si acclera ini, ane browsing ada sih ban 225/55 R19 yokohama juga cuma harganya malah lebih mahal dari TOYO R46 ya :mky_01:

demonusil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 23 Aug 2013, 19:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by demonusil » 29 May 2019, 21:35

Xous wrote:
29 May 2019, 20:40
@om demon, sy pake saudara nya forceum jg gitu sign. Apalagi pas hard brake d highway. Berasa berhenti krn doa.
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
:big_childish: berhenti karena doa #sereeem, iya gan kykna mo balik ke TOYO aja ini, tuker balik lagi ke tokonya dah gpp potong walau baru dipake 4 hari daripada ga nyaman banget pakenya narik kiri terus pake si Iota68 ini :mky_05:

demonusil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 23 Aug 2013, 19:54

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by demonusil » 29 May 2019, 21:39

josomba wrote:
29 May 2019, 21:19
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
Ga nakutin, tp disini keknya ada yg share pake iota tau2 pecah.


Perihal susah balancing kata suhu d atas ada benarnya, saya pake Achilles atr sport taun 2010, itu susah buat dibalancing...

Semenjak itu kalau ban murni merk lokal hanya percaya GT Radial.
Achilles juga punya karakter narik kiri ? berarti kedua merek lokal yang sangat hype ini kurang baik kah secara keseluruhan ? tapi ane liat banyak sekali toko velh terutama merek H*R semua bannya si Acccelera ini, bahkan katanya Accelera lebih bagus dari Achiles... ini pengalaman pertama sih pake accelera, selama ini kalo ban lokal Bridgestone atau dunlop....sama Hankook dan Falken kalo impor. tapi Bridgestone, Dunlop, Hankook dan Falken ga ada ukuran 225/55 R19 :big_slap:

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 29 May 2019, 21:59

josomba wrote:
29 May 2019, 21:19
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
setelah 6 tahun mazda CX5 GT R10 dengan ban bawaan toyo R36 ukuran 225/55 R19 Botak ( nempel TWI ) dengan kilometer 44rb , nyari nyari ban TOYO serupa adanya R46 dan harganya 3,1 per pcs.... ditawarkan alternatif accelera iota68 dengan ukuran sama 225/55 R19 katanya termasuk empuk, silent dan banyak yg menggunakan sebagai subtitusi ban bawaan CX5 yg harganya lumayan untuk mengganti 4 set sekaligus. Oh ia harga accelera iota ini per pcs kena 1,5jt sudah termasuk spooring. kesan pertama setelah ban dipasang pada Velg 19 bawaan, bannya jadi TERLIHAT BESAR seperti bukan ukuran 225/55/19 TOYO R36, sidewall ban bentuk membulat dan katanya accelera ini pakai yang namanya " rim guard" untuk melindungi velg jadi bibir ban agak menjorok keluar sedikit dari bibir velg. Tipe kembang asimetris , setelah ganti 4 ban spooring + balancing. nah ini sudah 2 hari pemakaian yg ane rasakan adalah.... kalo jalan kenceng, lepas stir ( maka stir akan narik ke kiri ) , balik ke tempat spooring dan dilakukan pengecekan ulang katanya normal dan ditukar ban kiri ke ban kanan (ini kemarin) hari ini yg ane rasakan masih narik kiri tapi ga separah sebelumnya sewaktu ban kanan ditaro di kiri. cek kaki kaki semua masih normal, long tie rod, ball joint, shock normal semua. Lalu kata penjualnya emang karakter ban accelera suka narik ke salah satu sisi ( benarkah ??...) sebelumnya pake ban bawaan TOYO R36 yg bahkan sampe deket TWI 44rb ga ada gejala narik kiri atau kanan. Mohon infonya yang pernah memakai ban accelera iota 68 225/55 R19 di CX5 apakah ada yang mengalami hal serupa

Terima kasih
Ga nakutin, tp disini keknya ada yg share pake iota tau2 pecah.


Perihal susah balancing kata suhu d atas ada benarnya, saya pake Achilles atr sport taun 2010, itu susah buat dibalancing...

Semenjak itu kalau ban murni merk lokal hanya percaya GT Radial.
Saya setuju kalau ban lokal susah balancing, bannya rata2 gak bulat sempurna. Dari pabrikannya pun gak ada usaha after sales yang baik.

Accelera bikin setir hampir gak pernah lurus
Achilles ATR saya ganti ke BS Techno seken, tadinya mobil dari speed 80 udah getar2, di BS ampe 120 anteng2 aja, di low speed kerasa jauh lebih halus.

Saya masih percaya sama GT sampai tahun lalu, beli 2 set SX2 dan GTX, keduanya sama penyakitnya. 2 dari 4 ban per set nya, kalau dilihat di mesin balancing itu velg posisinya agak miring, sidewallnya sisi atas dan bawah tebelnya beda, bisa dibayangin kayak apa pas ban itu gelinding di mobil, berisik dan getar gak karuan haha.

Tadinya saya iseng2 usaha dropship ban GT, tapi sekarang udah mulai nutup takut dikomplain hehe

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by erwinign » 29 May 2019, 22:36

demonusil wrote:
29 May 2019, 21:39
josomba wrote:
29 May 2019, 21:19
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
Ga nakutin, tp disini keknya ada yg share pake iota tau2 pecah.


Perihal susah balancing kata suhu d atas ada benarnya, saya pake Achilles atr sport taun 2010, itu susah buat dibalancing...

Semenjak itu kalau ban murni merk lokal hanya percaya GT Radial.
Achilles juga punya karakter narik kiri ? berarti kedua merek lokal yang sangat hype ini kurang baik kah secara keseluruhan ? tapi ane liat banyak sekali toko velh terutama merek H*R semua bannya si Acccelera ini, bahkan katanya Accelera lebih bagus dari Achiles... ini pengalaman pertama sih pake accelera, selama ini kalo ban lokal Bridgestone atau dunlop....sama Hankook dan Falken kalo impor. tapi Bridgestone, Dunlop, Hankook dan Falken ga ada ukuran 225/55 R19 :big_slap:
Achilles entah nggak tau kenapa ya om, saya pake di avanza k3ve gen 1 oke2 aja scr spooring (ban depan ach platinum, belakang dah ganti dunlop R1). Cuma begitu lewat jalan becek rasanya kaya terbang moncong depan nya. Sama2 kelas murah sy masih rekomen dunlop R1/hankook kinergy/falken sincera, hankook sama falken harga itu walaupun eco cuma econya lebih mendingan dr GT.

Ban lokal paling mending berarti GT ya, walaupun saya tetep ilfeel sama performance nya GT yang kelas middle kaya wkt pake eco di r3 sama BXT di yaris. Aneh aja pake BXT, stir rasanya spt speleng, belok2 manuver dikit kerasa licin kepleset, berisik nya luar biasa. Begitu 4 ban itu udah retak2 karetnya th lalu, langsung ganti falken ziex 914 rasanya bener2 bumi langit. Kerasa performa nya kaya pake potenza bawaan
Don't Judge The Book By It's Cover

carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: 31 Dec 2013, 21:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by carl » 29 May 2019, 23:05

Disini ada yang udah pernah pake Goodyear Assurance Triplemax? Bener2 jarang banget yang review di internet dibandingkan Ventus.

omnyanaira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 23 Jan 2018, 07:55

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by omnyanaira » 29 May 2019, 23:57

diidoot wrote:
27 May 2019, 10:06
Maulaa wrote:
26 May 2019, 13:18
Permisi suhu, mohon bimbingannya buat nubie yang galau

Ane pengguna Livina xgear 1,5 L M/T 2014/2013 (2 row)
KM 58.[cencored]
Ban masih bawaan, BS ecopia EP150
Kondisi ban:
A. kembangan masih tebel, TWI jg masih terlihat sangat jauh mengenai segitiganya
B. Kembangan/permukaan ban terlihat retak halus rambut di sebagian saja.
C. Sidewall ban, semua masih rapih dan dipastikan tidak ada keretakan

Pertanyaannya:
1. Dengan kondisi di atas, Apakah ban perlu diganti? Fyi, Umur ban (dari produksi) sudah masuk 6 tahun (september ini).

2. Kalau ganti ban, jujur ane bingung dengan opsi di bawah ini (sesuai ukuran std pabrikan):
A. BS Ecopia ep150
B. BS techno sports (harganya lebih murah fari BS ep150
C. Dunlop LM704
D. Hankook ventus
Dari ke 4 di atas, mending yang mana ya suhu

Mohon masukan, sarannya ya suhu.. ane H+1 lebaran ini mau menjajal tol trans jawa soalnya dengan keluarga.


Kemarin kebetulan service 60rb di Nissan..
Kalau SA bilang sebaiknya diganti.
Kalau mekaniknya bilang, ini masih aman kalau dipakai ke surabaya.

Barusan mampir juga ke BS (Bridgstone) authorized dealers, kata yang punya toko engga perlu ganti

Nanya sama 2 temen kantor yang lebih master tentang mobil, mereka semua bilang sebaiknya juga ganti.

Jadi ane makin galau nih

Mohon dibantu kasih saran, masukkan ya suhu

Terima kasih

ini bisa saya bilang ada 3 kelas ya, kebetulan udah nyoba di berbagai mobil

1. ban eco tyres (ecopia ep150)
2. ban touring/basic (techno sports)
3. ban comfort + medium performance (LM704 dan Ventus)

So far ya
-grip = Ventus > LM >> Ecopia = Techno (Serius saya juga kaget sama performa si ventus ini terutama pas basah)
-Silent = LM = Ventus > Ecopia > Techno
-Durable = Techno > Ecopia=LM > Ventus (Ventus saya 2x kena lobang di tol japek langsung benjol atau sobek berkat sidewall yang cukup tipis. LM sidewallnya cukup tebal tapi bannya ga seawet merk BS)
-Kekerasan = Techno > Ecopia > LM > Ventus (Ecopia menurut saya agak 'ngayun', LM biar empuk tapi relatif stabil)
Paling worth it = Ventus

Menurut saya kalau make mobilnya hati hati bisa lah pake Ventus. Tapi kalau mau aman-aman aja vote LM deh
Om klo sidewall ventus sama kinergy ex tebalan mana?? Lagi mau pertimbangin hanti ban ke ventus dari kinergy ex utk ban ertiga saya.. td nya mau cari lm704 tp disini(bangka) gda yg stok... Mau lompat ke t005a kejauhan gap harganya ..makanya mau tnya klo ventus sidewallnya dibanding kinergy lebih tebal mana?
Ohh yaa pasaran harga ventus noble s2 ukuran 185/65 R15 brpaan yaa?? Klo kmren angkut t005 dgn ukuran yg sama dsni kena 860rb
Trima kasih

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun » 30 May 2019, 00:13

demonusil wrote:
29 May 2019, 21:33
alamakkkkk :mky_05: jadi bener ya isu kalo ban accelera itu susah di balancing ? secara ban ukuran 225/55 R19 alternatif hanya si acclera ini, ane browsing ada sih ban 225/55 R19 yokohama juga cuma harganya malah lebih mahal dari TOYO R46 ya :mky_01:
nah ini sekadar cerita pengalaman ngobrol saya saja.
dan memang ban sekelas accelera itu hebatnya bisa banyak tersedia ukuran aneh2, makanya laku banget. apalagi untuk paketan pelek replika/OEM/cabutan.
demonusil wrote:
29 May 2019, 21:39
Achilles juga punya karakter narik kiri ? berarti kedua merek lokal yang sangat hype ini kurang baik kah secara keseluruhan ? tapi ane liat banyak sekali toko velh terutama merek H*R semua bannya si Acccelera ini, bahkan katanya Accelera lebih bagus dari Achiles... ini pengalaman pertama sih pake accelera, selama ini kalo ban lokal Bridgestone atau dunlop....sama Hankook dan Falken kalo impor. tapi Bridgestone, Dunlop, Hankook dan Falken ga ada ukuran 225/55 R19 :big_slap:
ya memang uniknya ban sekelas accelera itu di ukurannya, banyak ukuran merek yang kelas teratas sekalipun ga ada, mereka bisa ada. malah ukuran OE replacement pun cepat ada. seperti jago banget buat baca kebutuhan pasar.

kalau soal kualitas pengalaman saya pakai sekian banyak merek dan cobain macem2 model ban di macem2 mobil, yang paling mendingan untuk murmer itu GT RAdial untuk segi pemakaian sehari2 ya. harga yang dibayarkan sangat pantas dengan harganya. mau dibilang keras, cepet gundul, gampang bopak, gampang retak rambut di tapak, ga awet, berisik dsb tapi harganya bikin ya sudahlah memang sesuai harga, dan untuk di balancing di mesin relatif gampang, ga aneh2, buat saya si ini adalah indikasi setidaknya pabriknya bikin ban itu masih bener dari segi produksi dan QC.

S3r1
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 12 Sep 2017, 08:28
Location: Cikarang
Daily Vehicle: Jazz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by S3r1 » 30 May 2019, 00:44

Kebetulan lagi cari juga ban ini, tapi ukuran asli Mazda CX-5 yang 225/55R19 memang jarang, biasanya alternatif ke ukuran 235/55R19, yang dipakai di Hyundai SantaFe. Lebih banyak pilihan BS Alenza 001, Goodyear Efficient Grip, GT Champiro, Michelin Latitude Tour HP. Range harga sekitar 1,8 - 2,5

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 30 May 2019, 02:56

aabx wrote:
29 May 2019, 21:59
josomba wrote:
29 May 2019, 21:19
demonusil wrote:
29 May 2019, 19:45
setelah 6 tahun mazda CX5 GT R10 dengan ban bawaan toyo R36 ukuran 225/55 R19 Botak ( nempel TWI ) dengan kilometer 44rb , nyari nyari ban TOYO serupa adanya R46 dan harganya 3,1 per pcs.... ditawarkan alternatif accelera iota68 dengan ukuran sama 225/55 R19 katanya termasuk empuk, silent dan banyak yg menggunakan sebagai subtitusi ban bawaan CX5 yg harganya lumayan untuk mengganti 4 set sekaligus. Oh ia harga accelera iota ini per pcs kena 1,5jt sudah termasuk spooring. kesan pertama setelah ban dipasang pada Velg 19 bawaan, bannya jadi TERLIHAT BESAR seperti bukan ukuran 225/55/19 TOYO R36, sidewall ban bentuk membulat dan katanya accelera ini pakai yang namanya " rim guard" untuk melindungi velg jadi bibir ban agak menjorok keluar sedikit dari bibir velg. Tipe kembang asimetris , setelah ganti 4 ban spooring + balancing. nah ini sudah 2 hari pemakaian yg ane rasakan adalah.... kalo jalan kenceng, lepas stir ( maka stir akan narik ke kiri ) , balik ke tempat spooring dan dilakukan pengecekan ulang katanya normal dan ditukar ban kiri ke ban kanan (ini kemarin) hari ini yg ane rasakan masih narik kiri tapi ga separah sebelumnya sewaktu ban kanan ditaro di kiri. cek kaki kaki semua masih normal, long tie rod, ball joint, shock normal semua. Lalu kata penjualnya emang karakter ban accelera suka narik ke salah satu sisi ( benarkah ??...) sebelumnya pake ban bawaan TOYO R36 yg bahkan sampe deket TWI 44rb ga ada gejala narik kiri atau kanan. Mohon infonya yang pernah memakai ban accelera iota 68 225/55 R19 di CX5 apakah ada yang mengalami hal serupa

Terima kasih
Ga nakutin, tp disini keknya ada yg share pake iota tau2 pecah.


Perihal susah balancing kata suhu d atas ada benarnya, saya pake Achilles atr sport taun 2010, itu susah buat dibalancing...

Semenjak itu kalau ban murni merk lokal hanya percaya GT Radial.
Saya setuju kalau ban lokal susah balancing, bannya rata2 gak bulat sempurna. Dari pabrikannya pun gak ada usaha after sales yang baik.

Accelera bikin setir hampir gak pernah lurus
Achilles ATR saya ganti ke BS Techno seken, tadinya mobil dari speed 80 udah getar2, di BS ampe 120 anteng2 aja, di low speed kerasa jauh lebih halus.

Saya masih percaya sama GT sampai tahun lalu, beli 2 set SX2 dan GTX, keduanya sama penyakitnya. 2 dari 4 ban per set nya, kalau dilihat di mesin balancing itu velg posisinya agak miring, sidewallnya sisi atas dan bawah tebelnya beda, bisa dibayangin kayak apa pas ban itu gelinding di mobil, berisik dan getar gak karuan haha.

Tadinya saya iseng2 usaha dropship ban GT, tapi sekarang udah mulai nutup takut dikomplain hehe
Baru tadi jam 8 nemenin temen balancing velg+ban baru oem venturer pake pilot sport 4. Ban lokal gak bulet? Ini PS4 tadi di balancing aja megol semua :big_dunno:

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 30 May 2019, 03:03

kunaskun wrote:
29 May 2019, 20:11
samkenny95 wrote:
29 May 2019, 16:39
Pdhl GNKI masih pake D80/B390 ya yg dimana notabene bukan ban eco 🤔
itu malah lebih keren lagi: ban custom (tapi ga tau kategori eco ga), karena cuma ada ukuran innova setahu saya :mky_01: tapi untuk yang dunlop D80 V4 itu termasuk kurang untuk ukuran OEM, saya sampe sebisanya ga mau pake dunlop lagi :mky_01:
Kurang dalam segi apa dulu nih? Klo utk harian dalkot2 udah lbh dr cukup. Klo utk 200hp+ ya baru kurang :big_biglaugh:

Klo ane sih msh cinta ama dunlop, di K3VE dari bawaan sp10, LM703, dan ini baru pake LM704 :big_smile]

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by MSU » 30 May 2019, 07:48

Haha senasib...saya pake achilles juga bikin pusing tukang spooring...dulu di depan achilles atr narik satu sisi mulu...tukar dengan achilles 2233 solved...tp ni ban licin bgt..
Di mobil satunya pake dunlop sp touring..sampe mesti tukar kanan kiri baru bener
Tapi ttp cinta achilles drpd GT (dulu pake GTR378)...krn achilles bisa dipake smp abis...kl GTR378 dulu pas 50% benjol2 tapaknya

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 30 May 2019, 13:54

samkenny95 wrote:
30 May 2019, 02:56
Baru tadi jam 8 nemenin temen balancing velg+ban baru oem venturer pake pilot sport 4. Ban lokal gak bulet? Ini PS4 tadi di balancing aja megol semua :big_dunno:
Nah ini baru denger, mungkin gak banyak ya yang sharing2 defect nya ban, bahkan mungkin gak sadar kalau bannya gak bilat. Kebetulan yang lokal (mungkin) lebih banyak defect, secara volume penjualan juga beda. QC sekarang lagi agak2 sepertinya.

Kalau kasus saya, michelin hanya pernah sekali beli, tahun 2016 masih dipakai sampai sekarang. Kalau ban lokal biasanya 3-4 bulan aja bertahannya, saya jual lagi. Dari situ aja seumur idup saya berarti udah lebih banyak ngicipin ban lokal daripada yang mahal2 hehe

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 30 May 2019, 14:04

aabx wrote:
30 May 2019, 13:54
samkenny95 wrote:
30 May 2019, 02:56
Baru tadi jam 8 nemenin temen balancing velg+ban baru oem venturer pake pilot sport 4. Ban lokal gak bulet? Ini PS4 tadi di balancing aja megol semua :big_dunno:
Nah ini baru denger, mungkin gak banyak ya yang sharing2 defect nya ban, bahkan mungkin gak sadar kalau bannya gak bilat. Kebetulan yang lokal (mungkin) lebih banyak defect, secara volume penjualan juga beda. QC sekarang lagi agak2 sepertinya.

Kalau kasus saya, michelin hanya pernah sekali beli, tahun 2016 masih dipakai sampai sekarang. Kalau ban lokal biasanya 3-4 bulan aja bertahannya, saya jual lagi. Dari situ aja seumur idup saya berarti udah lebih banyak ngicipin ban lokal daripada yang mahal2 hehe
Pas kebeneran temen beli velgnya baru, jd dia pantengin si tukang biar gak coel in velg :big_biglaugh:

Eh dipantengin malah ternyata megol semua, padahal produksi 4418. Katanya sih beli di surabaya :big_childish:

Klo sy stick to dunlop ajah, soalnya pake 6 tahun sampe nyentuh twi gak pernah ada gejala2 :big_peace:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2152
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun » 30 May 2019, 19:44

samkenny95 wrote:
30 May 2019, 03:03
Kurang dalam segi apa dulu nih? Klo utk harian dalkot2 udah lbh dr cukup. Klo utk 200hp+ ya baru kurang :big_biglaugh:

Klo ane sih msh cinta ama dunlop, di K3VE dari bawaan sp10, LM703, dan ini baru pake LM704 :big_smile]
bopak2 dan licin banget padahal belum TWI kira2 baru 60%, jauh bener dari kerjaan si BS B390. ganti ke AR10 apalagi, bisa sampe habis, padahal bekas :mky_01:
samkenny95 wrote:
30 May 2019, 02:56
Baru tadi jam 8 nemenin temen balancing velg+ban baru oem venturer pake pilot sport 4. Ban lokal gak bulet? Ini PS4 tadi di balancing aja megol semua :big_dunno:
sudah coba pindah bengkel spooring? kali aja mesin atau operatornya ngaco. saya pernah alami ini, di bengkel A ada satu ban pake timah sampe 60 gram total, iseng ke bengkel B eh dilepas semua, cuma tempel 30 gram, dan ini ga cuma di satu ban saja, di ban lain juga begitu. dan rasanya? lebih tenang di kecepatan normal toll :mky_01:

tapi sempet juga ada bengkel yang blg: ban mahal juga kadang ga jamin pasti bagus, karena bisa jadi karena ban mahal itu kan jrg ada yang beli, jadi jarang kejual, nah pas disimpen di gudang bisa jadi penyimpanan ga bagus. apalagi kecenderungan ban mahal itu kadang ada yang import yang mana jarang banget bisa dapet dibawah 6 bulan dari tanggal pas beli, karena faktor pengiriman dsb, jadi menambah resiko. beda dengan ban yg umum dan lebih laku, kecenderungan kaya gini lebih rendah, walau seperti biasa ciptaan manusia bisa saja ada salah.

bedidi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 03 Mar 2016, 16:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by bedidi » 30 May 2019, 20:29

Om om semuanya, saya mau tanya. Kalo ban sobek bagian tapak n posisinya agak minggir kira2 masih bisa di service gak?

vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: 11 Aug 2016, 21:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by vinchazz » 30 May 2019, 23:19

Paling mending emang GT ya hahaha walo GT juga lineup nya yg bagus cuma gtx ama champiro hpy doank
Bxt nya licin kayak eco, savero suv nya berisik pdhal size sama vs hpy
Achiles kmren beli velg hsr buat ignis gratis achiless gue suruh tambahin aja ganti pilot sport 4 skalian ke adek gue
Dripada kenapa napa

samkenny95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 08 Apr 2016, 00:42

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by samkenny95 » 31 May 2019, 03:35

kunaskun wrote:
30 May 2019, 19:44
samkenny95 wrote:
30 May 2019, 02:56
Baru tadi jam 8 nemenin temen balancing velg+ban baru oem venturer pake pilot sport 4. Ban lokal gak bulet? Ini PS4 tadi di balancing aja megol semua :big_dunno:
sudah coba pindah bengkel spooring? kali aja mesin atau operatornya ngaco. saya pernah alami ini, di bengkel A ada satu ban pake timah sampe 60 gram total, iseng ke bengkel B eh dilepas semua, cuma tempel 30 gram, dan ini ga cuma di satu ban saja, di ban lain juga begitu. dan rasanya? lebih tenang di kecepatan normal toll :mky_01:

tapi sempet juga ada bengkel yang blg: ban mahal juga kadang ga jamin pasti bagus, karena bisa jadi karena ban mahal itu kan jrg ada yang beli, jadi jarang kejual, nah pas disimpen di gudang bisa jadi penyimpanan ga bagus. apalagi kecenderungan ban mahal itu kadang ada yang import yang mana jarang banget bisa dapet dibawah 6 bulan dari tanggal pas beli, karena faktor pengiriman dsb, jadi menambah resiko. beda dengan ban yg umum dan lebih laku, kecenderungan kaya gini lebih rendah, walau seperti biasa ciptaan manusia bisa saja ada salah.
Sepertinya pindah bengkel pun kayaknya bakal sama aja, kan masalah ada di ban bukan di mesin spooring dan operatornya. Timah kemaren gak banyak ane intip, masih dalam batas "wajar" :big_think:

FYI: timah sedikit, tp ban diliat dgn mata telanjang udah keliatan megolnya

Ban nya michelin pilot sport 4, 215/50/R17 produksi minggu 44 tahun 18

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by supriyadi » 31 May 2019, 07:02

bedidi wrote:
30 May 2019, 20:29
Om om semuanya, saya mau tanya. Kalo ban sobek bagian tapak n posisinya agak minggir kira2 masih bisa di service gak?
Kalo masih ditapak ban sih aman. Tapi bagusnya tambal dalam/tip top. Agak mahal & agak lama kerjaannya soalnya mesti buka ban dulu, tapi dijamin lebih awet & lebih aman daripada tambal cacing/tusuk

Post Reply