Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
solidgear
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 20 Dec 2017, 23:15
Location: Bekasi

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by solidgear »

malam om om mau tanya dong, perihal hubungan ban dan velg.

1. sekarang pakai velg Ring 15 lebar 7 dgn ban SX2 ukuran 195/55

2. next mau up ke velg Ring 16 lebar 7 pakai pakai ban SX2 juva tp ukuran 205/50


dr point 1 dan 2 diatas jika dipasang di mobil, ground clearancenya apakah akan sama atau berbeda? jika berbeda lebih rendah mana ya?

makasih

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1154
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor »

solidgear wrote:
12 Feb 2020, 23:38
malam om om mau tanya dong, perihal hubungan ban dan velg.

1. sekarang pakai velg Ring 15 lebar 7 dgn ban SX2 ukuran 195/55

2. next mau up ke velg Ring 16 lebar 7 pakai pakai ban SX2 juva tp ukuran 205/50


dr point 1 dan 2 diatas jika dipasang di mobil, ground clearancenya apakah akan sama atau berbeda? jika berbeda lebih rendah mana ya?

makasih
Tinggal dihitung aja Om. Tp prediksi saya sih lebih besar 205/55R16, tp selisihnya kecil lah pasti.

Kalau males hitung tinggal googling tire size calculator aja
:mky_08:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

adrianomyman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by adrianomyman »

atuttallula wrote:
12 Feb 2020, 09:28
MSU wrote:
11 Feb 2020, 11:59
atuttallula wrote:
11 Feb 2020, 11:14
permisi newbie minta rekomendasi :big_smile]

Rencana mau ganti ban buat karimun kotak r13 165/65 selama ini pake Bridgestone depan ar20 buatan tahun 2013 sedangkan belakang ar10 buatan tahun 2011 nah setelah di cek yg belakang tuh udah mulai retak2 dan yg bagian depan kanan udah bocor alus (padahal udah di tambal) Serta Mobil terasa goyang kalo dibawa jalan dan bunyi glodakan :glodak:
Jadi saya memutuskan untuk mengganti keempatnya..

Ada beberapa pilihan yg bikin bingung
1. Bridgestone ar20
2. Dunlop sp touring r1
3. Goodyear duraplus
4. GT champiro bxt pro
5. Hankook kinergy eco2 k435
6. Hankook kinergy ex h308
7. Michelin energy xm2

Penggunaan hanya dalam Kota, jarang ngebut paling ngebut 80km/jam..

Menurut agan2 yg kualitas tepat dibawa Bridgestone yg Mana dari pilihan diatas? Secara memang Bridgestone keawetan, kenyamanan dan kesenyapan mantab..

Atau mungkin agan2 punya pengalaman menggunakan merek2 dan tipe diatas walau beda ukuran ban bisa kasih saran..

Thanks in advance..

Sebenernya pengen bridgestone ar20 lagi cman kalo langsung 4 kok ya lumayan :ungg:
dengan kondisi yang disebutkan di atas...kalo saya bakal pake ban eco2aja
dulu di kijang kapsul saya pake Dunlop sp touring T1 (pendahulu R1)..so far ok2 aja..sampe 40rb km dipake msh ok mgkn cocoknya diganti sktr 50rb km. sekarang diganti ama ecopia (di daftar om ga ada)
GT BXT pernah liat di bbrp mobil...pas udh hampir abis telapaknya kayak terkelupas2..
Kalo tipe eco yg saya tau cuman ada GT champiro eco sama Hankook eco2 k435 sayangnya ga da bridgestone ecopia untuk ukuran r13 165/65 adanya r13 165/70 padahal ini menarik juga :e-think:

Dunlop sp touring r1 itu sama atau beda ya om sama Dunlop sp10? soalnya SP10 sering benjol :e-snooty:

GT bxt pro serem juga y om kyak terkelupas..
adrianomyman wrote:
11 Feb 2020, 12:00
atuttallula wrote:
11 Feb 2020, 11:14
permisi newbie minta rekomendasi :big_smile]

Rencana mau ganti ban buat karimun kotak r13 165/65 selama ini pake Bridgestone depan ar20 buatan tahun 2013 sedangkan belakang ar10 buatan tahun 2011 nah setelah di cek yg belakang tuh udah mulai retak2 dan yg bagian depan kanan udah bocor alus (padahal udah di tambal) Serta Mobil terasa goyang kalo dibawa jalan dan bunyi glodakan :glodak:
Jadi saya memutuskan untuk mengganti keempatnya..

Ada beberapa pilihan yg bikin bingung
1. Bridgestone ar20
2. Dunlop sp touring r1
3. Goodyear duraplus
4. GT champiro bxt pro
5. Hankook kinergy eco2 k435
6. Hankook kinergy ex h308
7. Michelin energy xm2

Penggunaan hanya dalam Kota, jarang ngebut paling ngebut 80km/jam..

Menurut agan2 yg kualitas tepat dibawa Bridgestone yg Mana dari pilihan diatas? Secara memang Bridgestone keawetan, kenyamanan dan kesenyapan mantab..

Atau mungkin agan2 punya pengalaman menggunakan merek2 dan tipe diatas walau beda ukuran ban bisa kasih saran..

Thanks in advance..

Sebenernya pengen bridgestone ar20 lagi cman kalo langsung 4 kok ya lumayan :ungg:
Kalo sy sih Champiro bxt pro atw xm2 aja udah cukup. Sy sdh pake bxt pro 40rb kman ,cukupan lah. Kendalanya leibih ke mudah kena tusuk paku/tajam aja.
Nggak milih Hankook, atwpun goodyear Krn stok jarang ada disini.
kalo liat di harga online ternyata Michelin xm2 lebih mahal dari AR20 om, kirain lebih murah dikit :lol:

iya juga om hankook sama goodyear jarang cuman cukup penasaran sama 2 merek ini :)

klo boleh tau om mobilnya apa? soalnya cukup awet juga Bxt pro sampe 40rb km..
supriyadi wrote:
11 Feb 2020, 18:19
atuttallula wrote:
11 Feb 2020, 11:14
permisi newbie minta rekomendasi :big_smile]

Rencana mau ganti ban buat karimun kotak r13 165/65 selama ini pake Bridgestone depan ar20 buatan tahun 2013 sedangkan belakang ar10 buatan tahun 2011 nah setelah di cek yg belakang tuh udah mulai retak2 dan yg bagian depan kanan udah bocor alus (padahal udah di tambal) Serta Mobil terasa goyang kalo dibawa jalan dan bunyi glodakan :glodak:
Jadi saya memutuskan untuk mengganti keempatnya..

Ada beberapa pilihan yg bikin bingung
1. Bridgestone ar20
2. Dunlop sp touring r1
3. Goodyear duraplus
4. GT champiro bxt pro
5. Hankook kinergy eco2 k435
6. Hankook kinergy ex h308
7. Michelin energy xm2

Penggunaan hanya dalam Kota, jarang ngebut paling ngebut 80km/jam..

Menurut agan2 yg kualitas tepat dibawa Bridgestone yg Mana dari pilihan diatas? Secara memang Bridgestone keawetan, kenyamanan dan kesenyapan mantab..

Atau mungkin agan2 punya pengalaman menggunakan merek2 dan tipe diatas walau beda ukuran ban bisa kasih saran..

Thanks in advance..

Sebenernya pengen bridgestone ar20 lagi cman kalo langsung 4 kok ya lumayan :ungg:
Kalo itu pilihannya:
1. Bridgestone AR20 cuma harga mihul
2. Michelin energy xm2
Pernah pake BS AR20 udah ketojos baut 12 masih ok, awet, tapi diatas 20rb km mulai berisik. Nggak pengen nyobain Dunlop LM704 Om? Ane sekarang pake ban ini, cuma ya dindingnya agak lembek dari BS
Setuju om AR20 mantap harganya tapi berbanding dengan kualitasnya cuman kurang optimal pengunaanya karena karimun penggunaan dalam kota dan jarang banget ngebut :D
jadi kemungkinan AR20 sama XM2 pilihan terakhir klo masih bingung memilih :lol: tapi harus naikin budget :e-doh:

Maunya sih om nyoba LM704 cuman ga untuk tipe bannya karimun Dunlop cuman ada yg SP touring r1 aja, sedih juga ga banyak pilihan untuk r13 165/65 :cry:

:frm_salut: oia om-om yang baik hati kalo beli ban mobil tu maksimal berapa lama umur ban yang optimal untuk dibeli? misal beli bulan februari tahun ini nah pembuatan ban maksimal bulan apa di tahun lalu?
Sy pake bxt pro jadi kaki mbl terios lama sy om, uk std 215/65r16. Ga ada issue retak, benjol atau apapun jg, cmn krn udah sedikit makan luar ,tempelan udah byk, dan dah kena tws sy ganti.
Desember lalu ganti falken 914 uk sama. Itu jg krn bosan pengen cb merk lain.

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by osbertc0ol »

solidgear wrote:
12 Feb 2020, 23:38
malam om om mau tanya dong, perihal hubungan ban dan velg.

1. sekarang pakai velg Ring 15 lebar 7 dgn ban SX2 ukuran 195/55

2. next mau up ke velg Ring 16 lebar 7 pakai pakai ban SX2 juva tp ukuran 205/50


dr point 1 dan 2 diatas jika dipasang di mobil, ground clearancenya apakah akan sama atau berbeda? jika berbeda lebih rendah mana ya?

makasih
Bisa kesini oom
https://tiresize.com/tyre-size-calculator/

akur79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 21 Jan 2014, 09:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by akur79 »

atuttallula wrote:
12 Feb 2020, 09:28
MSU wrote:
11 Feb 2020, 11:59
atuttallula wrote:
11 Feb 2020, 11:14
permisi newbie minta rekomendasi :big_smile]

Rencana mau ganti ban buat karimun kotak r13 165/65 selama ini pake Bridgestone depan ar20 buatan tahun 2013 sedangkan belakang ar10 buatan tahun 2011 nah setelah di cek yg belakang tuh udah mulai retak2 dan yg bagian depan kanan udah bocor alus (padahal udah di tambal) Serta Mobil terasa goyang kalo dibawa jalan dan bunyi glodakan :glodak:
Jadi saya memutuskan untuk mengganti keempatnya..

Ada beberapa pilihan yg bikin bingung
1. Bridgestone ar20
2. Dunlop sp touring r1
3. Goodyear duraplus
4. GT champiro bxt pro
5. Hankook kinergy eco2 k435
6. Hankook kinergy ex h308
7. Michelin energy xm2

Penggunaan hanya dalam Kota, jarang ngebut paling ngebut 80km/jam..

Menurut agan2 yg kualitas tepat dibawa Bridgestone yg Mana dari pilihan diatas? Secara memang Bridgestone keawetan, kenyamanan dan kesenyapan mantab..

Atau mungkin agan2 punya pengalaman menggunakan merek2 dan tipe diatas walau beda ukuran ban bisa kasih saran..

Thanks in advance..

Sebenernya pengen bridgestone ar20 lagi cman kalo langsung 4 kok ya lumayan :ungg:
dengan kondisi yang disebutkan di atas...kalo saya bakal pake ban eco2aja
dulu di kijang kapsul saya pake Dunlop sp touring T1 (pendahulu R1)..so far ok2 aja..sampe 40rb km dipake msh ok mgkn cocoknya diganti sktr 50rb km. sekarang diganti ama ecopia (di daftar om ga ada)
GT BXT pernah liat di bbrp mobil...pas udh hampir abis telapaknya kayak terkelupas2..
Kalo tipe eco yg saya tau cuman ada GT champiro eco sama Hankook eco2 k435 sayangnya ga da bridgestone ecopia untuk ukuran r13 165/65 adanya r13 165/70 padahal ini menarik juga :e-think:

Dunlop sp touring r1 itu sama atau beda ya om sama Dunlop sp10? soalnya SP10 sering benjol :e-snooty:

GT bxt pro serem juga y om kyak terkelupas..
adrianomyman wrote:
11 Feb 2020, 12:00
atuttallula wrote:
11 Feb 2020, 11:14
permisi newbie minta rekomendasi :big_smile]

Rencana mau ganti ban buat karimun kotak r13 165/65 selama ini pake Bridgestone depan ar20 buatan tahun 2013 sedangkan belakang ar10 buatan tahun 2011 nah setelah di cek yg belakang tuh udah mulai retak2 dan yg bagian depan kanan udah bocor alus (padahal udah di tambal) Serta Mobil terasa goyang kalo dibawa jalan dan bunyi glodakan :glodak:
Jadi saya memutuskan untuk mengganti keempatnya..

Ada beberapa pilihan yg bikin bingung
1. Bridgestone ar20
2. Dunlop sp touring r1
3. Goodyear duraplus
4. GT champiro bxt pro
5. Hankook kinergy eco2 k435
6. Hankook kinergy ex h308
7. Michelin energy xm2

Penggunaan hanya dalam Kota, jarang ngebut paling ngebut 80km/jam..

Menurut agan2 yg kualitas tepat dibawa Bridgestone yg Mana dari pilihan diatas? Secara memang Bridgestone keawetan, kenyamanan dan kesenyapan mantab..

Atau mungkin agan2 punya pengalaman menggunakan merek2 dan tipe diatas walau beda ukuran ban bisa kasih saran..

Thanks in advance..

Sebenernya pengen bridgestone ar20 lagi cman kalo langsung 4 kok ya lumayan :ungg:
Kalo sy sih Champiro bxt pro atw xm2 aja udah cukup. Sy sdh pake bxt pro 40rb kman ,cukupan lah. Kendalanya leibih ke mudah kena tusuk paku/tajam aja.
Nggak milih Hankook, atwpun goodyear Krn stok jarang ada disini.
kalo liat di harga online ternyata Michelin xm2 lebih mahal dari AR20 om, kirain lebih murah dikit :lol:

iya juga om hankook sama goodyear jarang cuman cukup penasaran sama 2 merek ini :)

klo boleh tau om mobilnya apa? soalnya cukup awet juga Bxt pro sampe 40rb km..
supriyadi wrote:
11 Feb 2020, 18:19
atuttallula wrote:
11 Feb 2020, 11:14
permisi newbie minta rekomendasi :big_smile]

Rencana mau ganti ban buat karimun kotak r13 165/65 selama ini pake Bridgestone depan ar20 buatan tahun 2013 sedangkan belakang ar10 buatan tahun 2011 nah setelah di cek yg belakang tuh udah mulai retak2 dan yg bagian depan kanan udah bocor alus (padahal udah di tambal) Serta Mobil terasa goyang kalo dibawa jalan dan bunyi glodakan :glodak:
Jadi saya memutuskan untuk mengganti keempatnya..

Ada beberapa pilihan yg bikin bingung
1. Bridgestone ar20
2. Dunlop sp touring r1
3. Goodyear duraplus
4. GT champiro bxt pro
5. Hankook kinergy eco2 k435
6. Hankook kinergy ex h308
7. Michelin energy xm2

Penggunaan hanya dalam Kota, jarang ngebut paling ngebut 80km/jam..

Menurut agan2 yg kualitas tepat dibawa Bridgestone yg Mana dari pilihan diatas? Secara memang Bridgestone keawetan, kenyamanan dan kesenyapan mantab..

Atau mungkin agan2 punya pengalaman menggunakan merek2 dan tipe diatas walau beda ukuran ban bisa kasih saran..

Thanks in advance..

Sebenernya pengen bridgestone ar20 lagi cman kalo langsung 4 kok ya lumayan :ungg:
Kalo itu pilihannya:
1. Bridgestone AR20 cuma harga mihul
2. Michelin energy xm2
Pernah pake BS AR20 udah ketojos baut 12 masih ok, awet, tapi diatas 20rb km mulai berisik. Nggak pengen nyobain Dunlop LM704 Om? Ane sekarang pake ban ini, cuma ya dindingnya agak lembek dari BS
Setuju om AR20 mantap harganya tapi berbanding dengan kualitasnya cuman kurang optimal pengunaanya karena karimun penggunaan dalam kota dan jarang banget ngebut :D
jadi kemungkinan AR20 sama XM2 pilihan terakhir klo masih bingung memilih :lol: tapi harus naikin budget :e-doh:

Maunya sih om nyoba LM704 cuman ga untuk tipe bannya karimun Dunlop cuman ada yg SP touring r1 aja, sedih juga ga banyak pilihan untuk r13 165/65 :cry:

:frm_salut: oia om-om yang baik hati kalo beli ban mobil tu maksimal berapa lama umur ban yang optimal untuk dibeli? misal beli bulan februari tahun ini nah pembuatan ban maksimal bulan apa di tahun lalu?
ini kondisi persis yg sy alami. mo ganti ban utk karimun yg r13 memang pilihan ban yg premium terjangkau gak bnyk. cm AR20 ama michelin XM. dunlop LM704 nggak ada pilihan utk r13.
sebenernya bs juga pake hankook kinetic.

akhirnya sama2 ganti keempat ban dan utk pemakaian sering luarkota dan lbh jangka panjang, jatuhnya akhir pake LM704 dunlop 185/55 skalian ganti velg bekas r15nya ignis.

atuttallula
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 11 Feb 2020, 10:46

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by atuttallula »

adrianomyman wrote:
13 Feb 2020, 10:35

Sy pake bxt pro jadi kaki mbl terios lama sy om, uk std 215/65r16. Ga ada issue retak, benjol atau apapun jg, cmn krn udah sedikit makan luar ,tempelan udah byk, dan dah kena tws sy ganti.
Desember lalu ganti falken 914 uk sama. Itu jg krn bosan pengen cb merk lain.
berarti kuat juga ya om walaupun banyak tempelan..
btw makasih ya om udah sharing tentang ban :big_deal:
akur79 wrote:
15 Feb 2020, 10:33



ini kondisi persis yg sy alami. mo ganti ban utk karimun yg r13 memang pilihan ban yg premium terjangkau gak bnyk. cm AR20 ama michelin XM. dunlop LM704 nggak ada pilihan utk r13.
sebenernya bs juga pake hankook kinetic.

akhirnya sama2 ganti keempat ban dan utk pemakaian sering luarkota dan lbh jangka panjang, jatuhnya akhir pake LM704 dunlop 185/55 skalian ganti velg bekas r15nya ignis.
iya om bener banget yg premium cuman ada AR20 dan michelin XM2..
pengen pake lagi bridgestone cuman pemakaian dalam kota dan jarang ngebut jadi berasa kurang optimal aja kalo pake seri yang premium cuman memang keawetan ga diragukan..
misal ada yg LM704 mau nyoba sayangnya ga ada..

Hankook kinetic itu sama kan dengan kinergy? cukup penasaran dengan harganya yg cukup murah..tapi baca2 sidewall lembek ya..

oia misal om jadi saya pilihan ban yg mana?*tanpa bridgestone dan michelin.
1. Dunlop sp touring r1
2. Goodyear duraplus
3. GT champiro bxt pro
4. Hankook kinergy eco2 k435
5. Hankook kinergy ex h308


oia untuk pembelian bulan februari 2020 itu maksimal pembuatan ban tahun 2019 minggu keberapa ya om?


thanks in advance

Post Reply