Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by omsafety »

plat yang digunakan untuk bodi Ertiga adalah yang paling tebal di kelasnya, yakni 0,8 mm.

http://www.medanbisnisdaily.com/news/re ... d1SzPaqqko

pernah punya kuda bensin th 2000, itu mahluk emang susah bener penyok body nya :mky_01:
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by Arteezy »

kunaskun wrote:
Arteezy wrote:Oh iya.. Ga ada spesifikasi ketebalan plat body mobil yah? Brp milimeter gitu? Soalnya klo feel diketok2, itu punya GL (theng theng theng..) berasa lebih tebal drpd Lio (treng treng treng..), Lio dan apanjah mirip bgt "ketipisannya".. Paling tebal yang pernah saya ketok itu mobil Mitsu Kuda 2000... (drep drep drep) :big_biglaugh:
bunyi dep dari kebanyakan repaint dan dempul juga bisa :mky_02: :mky_02:
drepnya bukan drep bekas dempulan sih om.. gmn ya nerangin bunyinya... susah diungkapkan dengan tulisan soalnya om.. yang pasti tebal gitu, kokoh berasanya... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26945
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by DOHC »

Arteezy wrote:Oh iya.. Ga ada spesifikasi ketebalan plat body mobil yah? Brp milimeter gitu? Soalnya klo feel diketok2, itu punya GL (theng theng theng..) berasa lebih tebal drpd Lio (treng treng treng..), Lio dan apanjah mirip bgt "ketipisannya".. Paling tebal yang pernah saya ketok itu mobil Mitsu Kuda 2000... (drep drep drep) :big_biglaugh:
stuju om... pas d ktok2, ama tutup pintu nya aj berasa GL lebi mantep dr lio... ortu ane yg ga ngerti mobil aj bsa notice perbedaan ke 2 mobil tsb... apalagi pintu row 2 nya lio, kaleng banget.. cuman kl apanja jadul sehh plg kebangetan kayanya... mungkin kl di GL bsa jg karena pelat panel nya dr sisi dalem ad ditempel peredam (walaupun sdkit banget)... jd pas di ketok2 ga tralu bergetar panel nya...
jalananDOHC wrote:Memang karakter dari plat tersebut tipis, dengan ketebalan 0,6 – 0,7 milimeter. Namun, baja yang kita pakai adalah High Tension Steel
http://www.mobilkomersial.com/plat-bodi ... lio-tipis/

Luxio dan grand max memiliki tebal plat yg relatif sama.APV sedikit lebih tebal.Rush sedikit lebih tebal.Vios dan Yaris memiliki plat dengan kualitas impor, selain lebih tebal kualitas lebih baik sehingga lebih tahan karat.Innova memiliki tebal plat persis sama dengan RUSH
Plat Avanza tebalnya sekitar 0.6mm
http://toyotaways.blogspot.com/2013/03/ ... tipis.html

plat body GL itu cuma 0.6mm-0.65mm u/ body samping2 ... untuk plafon 0.8mm
viewtopic.php?t=7833&start=100
omsafety wrote:plat yang digunakan untuk bodi Ertiga adalah yang paling tebal di kelasnya, yakni 0,8 mm.

http://www.medanbisnisdaily.com/news/re ... d1SzPaqqko

pernah punya kuda bensin th 2000, itu mahluk emang susah bener penyok body nya :mky_01:
mantep info nya om... :big_exellent: :big_exellent:

btw soal kuda diesel... sesepuh kuda disini, ki lurah suhu vanzmatic emg perna bersabda soal ketebalan si kulit si kuda ini...

tp kl soal ketebalan pelat... kayanya mobil2 jadul tebal2 yahh... ane inget panther kotak taon 99 ane... perna waktu itu cium truk d flyover semanggi ampe kap dan fender sobek.. ane pake milimeter sekrup ukur sobekan nya, kira2 ampir 2 mm lebih... asumsi cat, dll berarti kosong nya kira2 masi ad 1 mm kl tebel nya tuh pelat...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by Arteezy »

Berbicara soal plat body yg karakternya tipis dan dng jargon "High Tension Steel ".

Seperti kutipan berikut :
"Lebih lanjutnya, diterangkan tentang kelebihan plat baja tersebut ketika terjadi kecelakaan. Disebutkan bila karakter tipis dari baja tersebut mengandung tingkat kelenturan yang tinggi.
Selain mudah dibentuk, tingkat kelenturan dari dari plat bodi Honda Mobilio ini akan dapat meminimalisir benturan dalam kabin. Aman juga bagi para pejalan yang tertabrak bila terjadi kecelakaan".
Sumber : http://www.mobilkomersial.com/plat-bodi ... lio-tipis/

dan

"Keunggulan Plat Avanza
1. Mengurangi bahaya pada saat terjadi tabrakan, karena akan lebih lentur
2. Menghemat berat body yang juga tentunya akan menghemat bahan bakar
Jadi memang ada pertimbangan khusus kenapa Plat Toyota Avanza tidak tebal, tentunya dengan kwalitas yang sudah tidak diragukan lagi. Mesin Avanza juga sangat irit karena sudah dilengkapi teknologi VVT-i . Ada juga yang berpendapat Bonnet lebih ringsek bukan berarti lebih ringkih. Justru bonnet yang mudah ringsek itu bukti crumple zone di mobil tersebut memang ada, dan terbukti melindungi kabin.

Yang penting, kabin aman. No matter how keriting itu bonnet / moncong mobil jadinya.

Bonnet terlalu kaku / tidak mudah penyok, malah menyebabkan penumpangnya bakal menderita cidera lebih parah, karena tubuh penumpang yang memiliki gaya inersia saat melaju, harus langsung tiba tiba terhenti karena bonnet tidak mudah menyerap benturan (akibat struktur body yang kaku dan plat body terlalu tebal)."
Sumber : http://toyotaways.blogspot.com/2013/03/ ... tipis.html

Menurut rekan2 gmn yah? Logika saya berfikir sih plat yg tebal otomatis melindungi object di dlmnya alias penumpangnya... Klo memang plat tipis lebih baik dr segi keselamatan, apa iya mercy baru menggunakan plat tipis jg?? :big_think:
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by billyd1773dz »

Imho plat outershell g ada hubungan langsung terhadap frontal crash............. outershell hanya kosmetik, yg tebal lebih tahan g mudah lecet thats it, overall safety tdk bisa di nilai dri tebal tipisnya outershell

Sedangkan crash besar yg nahanya rangka di bagian dalam yg tdk kelihat langsung.... efektif tdknya baru ketahuan setelah crash test ncap...

Dont judge by its outer shell

Cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by kunaskun »

Arteezy wrote:
kunaskun wrote:
Arteezy wrote:Oh iya.. Ga ada spesifikasi ketebalan plat body mobil yah? Brp milimeter gitu? Soalnya klo feel diketok2, itu punya GL (theng theng theng..) berasa lebih tebal drpd Lio (treng treng treng..), Lio dan apanjah mirip bgt "ketipisannya".. Paling tebal yang pernah saya ketok itu mobil Mitsu Kuda 2000... (drep drep drep) :big_biglaugh:
bunyi dep dari kebanyakan repaint dan dempul juga bisa :mky_02: :mky_02:
drepnya bukan drep bekas dempulan sih om.. gmn ya nerangin bunyinya... susah diungkapkan dengan tulisan soalnya om.. yang pasti tebal gitu, kokoh berasanya... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
lebih kurang sama itu feelnya, pedege mobkas aja bisa ketipu kalau kerjain dempulannya rapih jali :mky_02: makanya pedege mobkas kalau ketemu yang bunyi kokoh gitu was2 langsung ngiderin liatin bener2.

lagian buat apa tebel2, berat2in aja :mky_04: yg penting rangkanya strukturnya kuat ga buat nyerap benturan dan melindungi org didalemnya. ane si prefer mendingan pelat tipis gpp tapi pas buka tutup pintu bunyinya mantep. mirip mobil jepang umum dikasih peredam aspal selembar dua lembar :big_smile]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by kunaskun »

Arteezy wrote:Berbicara soal plat body yg karakternya tipis dan dng jargon "High Tension Steel ".

Seperti kutipan berikut :
"Lebih lanjutnya, diterangkan tentang kelebihan plat baja tersebut ketika terjadi kecelakaan. Disebutkan bila karakter tipis dari baja tersebut mengandung tingkat kelenturan yang tinggi.
Selain mudah dibentuk, tingkat kelenturan dari dari plat bodi Honda Mobilio ini akan dapat meminimalisir benturan dalam kabin. Aman juga bagi para pejalan yang tertabrak bila terjadi kecelakaan".
Sumber : http://www.mobilkomersial.com/plat-bodi ... lio-tipis/

dan

"Keunggulan Plat Avanza
1. Mengurangi bahaya pada saat terjadi tabrakan, karena akan lebih lentur
2. Menghemat berat body yang juga tentunya akan menghemat bahan bakar
Jadi memang ada pertimbangan khusus kenapa Plat Toyota Avanza tidak tebal, tentunya dengan kwalitas yang sudah tidak diragukan lagi. Mesin Avanza juga sangat irit karena sudah dilengkapi teknologi VVT-i . Ada juga yang berpendapat Bonnet lebih ringsek bukan berarti lebih ringkih. Justru bonnet yang mudah ringsek itu bukti crumple zone di mobil tersebut memang ada, dan terbukti melindungi kabin.

Yang penting, kabin aman. No matter how keriting itu bonnet / moncong mobil jadinya.

Bonnet terlalu kaku / tidak mudah penyok, malah menyebabkan penumpangnya bakal menderita cidera lebih parah, karena tubuh penumpang yang memiliki gaya inersia saat melaju, harus langsung tiba tiba terhenti karena bonnet tidak mudah menyerap benturan (akibat struktur body yang kaku dan plat body terlalu tebal)."
Sumber : http://toyotaways.blogspot.com/2013/03/ ... tipis.html
bahasa marketing aja biar konsumen seneng :mky_04:
padahal ngirit bahan biar murah dan bisa tetep untung.

plat body gampang penyok ga selamanya lebih melindungi dari yang tebel.
Menurut rekan2 gmn yah? Logika saya berfikir sih plat yg tebal otomatis melindungi object di dlmnya alias penumpangnya... Klo memang plat tipis lebih baik dr segi keselamatan, apa iya mercy baru menggunakan plat tipis jg?? :big_think:
emangnya tank pake plat tebel :mky_01: mobil itu yang penting struktur rangkanya, salah satu terpenting ya crumple zone, bagian yang emang disiapin buat gampang rusak pas terjadi kecelakaan karena fungsinya menyerap benturan.

mirip dengan teori mobil F1 atau WRC kenapa pake plat enteng dan tipis2 karena tujuannya menyerap benturan, sekali ketoel itu pecahan akan hebohnya luar biasa karena setiap pecahan itu berarti menyerap gaya dan ga sampe ke rangka = org di dalemnya.

mercy jadul dan sekarang pasti ketebelan platnya. toh besi memang makin mahal, dan terpenting tebel bikin tambah berat, daripada adu tebel2an diketok bunyinya keren mendingan buat nambahin peredaman atau komponen turbo :big_love: mobil kan dipake buat jalan bukan dipajang terus diketok2 :big_grin:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2286
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by ilhami »

Kesimpulannya gini lho
Hidung mobil itu crumple zone, tapi kabin penumpang (G-con) harus kuat ngga gampang ringsek.

Tapi kenyataannya banyak bagian kabin penumpang yang ikut ringsek. Karena tabrakannya diluar spek. Teorinya crash test itu pada kecepatan 40 Kpj karena asumsinya orang melakukan pengereman. Jadi kalau adu kambing, mabuk, ugal-ugalan ya nggak akan selamat.
captenmea
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Mon Jul 13, 2015 16:05

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by captenmea »

trus avanza katanya lulus Asean NCAP ya.dapat bintang 4 loh,TAPI sy bingung avanza yang di tes yg buatan indonesia bukan? soal nya katanya harga avanza di singapura 1,1M :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26945
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by DOHC »

captenmea wrote:trus avanza katanya lulus Asean NCAP ya.dapat bintang 4 loh,TAPI sy bingung avanza yang di tes yg buatan indonesia bukan? soal nya katanya harga avanza di singapura 1,1M :big_think:
singapore mobil mahal2... plat nomor, pajak, asuransi dll nya ampun2 mahalnya... makanya apanja nya ampe sgitu mahal... isi nya, tetep aja kopong..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by g1ng2 »

bagaimanapun juga standard industri-nya sudah dibuat, semua saling terkait satu sama lain dari mulai pemilihan material sampai hasil testing.. pergeseran di sisi material bisa dilihat dari data berikut,
Image

yang pertama malah audi, bodi yang memang dikenal tebal itu bmw dan merci, walau sekarang biem jg mengembangkan lagi teknologi fiber buat bodinya.
steel jg lagi mengembangkan teknologi agar lebih ringan lagi (keluarga mittal gak mau industrinya tergeser sama perusahaan alloy yang lagi meroket sekarang ini).

dari sisi pengguna ya harus disadari aja, bahkan kita juga harus aware bahwa blok mesin juga udah gak sekuat dulu kalau sampe kena separator saja ada kemungkinan robek. sampe ada meme di industri logam seperti ini:
Image
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed May 06, 2015 6:32

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by nflfrs705 »

Baru aja liat benda ini dipamerin di lobby trans studio mall bdg (GNV 1.3 MT)
Ditawarin diskon 5 jt, bonus kaca film + kamera parkir :mrgreen:
Saya sependapat sama yang lain, GNV ini dikerjakan dg lebih solid.
Pintu2 lebih mantap ditutup, kap mesin kerasa lebih berat, feeling "kaleng"nya berkurang
Sempet nyalain audio system buat ngetes peredaman suara, hasilnya memuaskan di kuping saya yg biasa ngedengerin lagunya Coldplay :ngacir:

Image
Belakang? Masih kontroversial sptnya :e-naughty:

Image
Kata salesnya, GNV ini skrg orientasinya lebih utk kenyamanan walaupun tenaga & torsinya naik. Jadi mungkin driver GNA & GNV semoga gak ada lagi yg sruntulan di jalan deh.. :angel:
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
ianfreaks46
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Fri Aug 28, 2015 1:45

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by ianfreaks46 »

nflfrs705 wrote:
Image
Belakang? Masih kontroversial sptnya :e-naughty:
bentuk side body moulding berubah ya? :big_think:
baru ngehhh..
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7403
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by newrubble »

sy mau sdikit komentar berdasar pengalaman sy u crash/accident related claims di jpn us n eu

JDM punya automotive metal (steel/alum/mixed) starting 400 megapascals n itu disebut basic ultra high tensile tapi umumnya keicar dibuat dg grade 800mpa upward

indoDM (sy wkt itu bawa bangkai nissan gosong) ada range 350-400 mpa panel hingga structure. CKD ex indo for southafrican n mexican markets @ 400-650 mpa

Rollsroyce type apapun pd grade 1,2 - 1,75 gigapascal
Benz minimum 700 mpa
Bims minimum 600 mpa = subbie n vwgroup
Volvo starting 800 mpa

Bgmn cara bedakan tanpa hrs hancurkan? Bawa ke metalurgical lab

Aviation std minimum 1 gpa
Current highest tensile is 1,8 gpa

Skian n ty
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by Frenzyking »

Permisi juragan skalian, ane dari dulu silent reader SM. Pingin nanya tentang Veloz ini
Kebetulan kali ini kluarga tertarik sama GNV yg matic cuma masih ragu milih 1.3 A/T atau 1.5 A/T
Kalo dari review TS yg 1.3 A/T respon gasnya lemot ya? Kalo gitu apa ada yg udah nyoba 1.5 A/T? apa respon gasnya sama lemot dengan yg 1.3 A/T?

Thanks juragan skalian :big_smile]
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by djia »

Frenzyking wrote:Permisi juragan skalian, ane dari dulu silent reader SM. Pingin nanya tentang Veloz ini
Kebetulan kali ini kluarga tertarik sama GNV yg matic cuma masih ragu milih 1.3 A/T atau 1.5 A/T
Kalo dari review TS yg 1.3 A/T respon gasnya lemot ya? Kalo gitu apa ada yg udah nyoba 1.5 A/T? apa respon gasnya sama lemot dengan yg 1.3 A/T?

Thanks juragan skalian :big_smile]
saya belum td 2-2nya om. tpi saya pemakai veloz a/t (1.5) versi lama. di new avanza model sebelumnya, rasanya 1.5 atau 1.3 bejek2an gasnya ga beda signifikan. speknya seh tenaga lebih besar yang 1.5 tentunya, tapi kalo suda di jalan selain tenaga mesin yang menentukan juga kaki dan nyali :mky_03:
hanya saja, antara 1.3 dan 1.5 coba dilihat lagi beda lain2nya, apakah bedanya cukup sesuai dengan selisih harganya?
di new avanza model lawas sndiri, selain perbedaan onspec antara 1.3 dan 1.5 yang kelihatan, ternyata yang 1.5 peredaman mesin juga lebih baik (suara mesin minim masuk ke kabin dibanding 1.3), dan rasa2nya bawaannya juga sedikit lebih enak yang 1.5

satu lagi yg ane baru tau dari produk atoyot ini, kadang beda batch bentuk joknya bisa beda. veloz 1.5 ane joknya lebih tenggelam dan bikin capek daripada avanza 1.3 ane yg terpaut usia 1.5 tahun. kata tukang jok kemarin jok veloz ane sedikit lebih tipis dari biasanya. si tukang jok juga cerita dia pernah bikin mal (cetakan) untuk pembuatan bekleet yaris. suatu ketika dapat orderan dari seorang customer yang baru beli yaris jadi dia bikin bekleet sesuai cetakannya. n ternyata ketebalan dan kontur joknya beda :big_dunno: alhasil dia rugi beberapa meter kain jok ...
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by Frenzyking »

Wah Thanks gan tanggapannya hehe
Iya gan klo versi lama ane pernah nyoba punya temen dan memang gampang dan bisa dipake buat sruntulan sperti kata TS.
Ane baru sempat liad unitnya di pameran dan blum TD juga hehe, ntar klo udah TD share ya gaannn pengalamannya :-D

Wahh jadi klo masalah jok gitu apa ada solusi ya? Nunggu batch yg udah lebih baru nantinya atau emank trgantung hoki ya? Payahhh atoyot X.X
beta adrener
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Thu Mar 14, 2013 11:02

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by beta adrener »

ill feel ngliat lampu belakangnya.. itu bisa dicopot gak sih yg di bagian pintu belakang?? gak ikut nyala jga kan
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by jalananDOHC »

beta adrener wrote:ill feel ngliat lampu belakangnya.. itu bisa dicopot gak sih yg di bagian pintu belakang?? gak ikut nyala jga kan
kayaknya bisa dicopot, kata sales lampu di pintu bagasi cuma ditempel pake double tape .. tipe e malah kagak ada tempelan lampu pantulan
Forfunz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Dec 29, 2015 4:12

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by Forfunz »

Ane baru sebulan pake GNV 1.5 A/T en dulu sempet beberapa kali bawa Veloz lama punya mertua. Berasa lebih lemot buat tarikan awal apalagi kalau dari kondisi diam. Tapi putaran tengah dan atasnya lumayan enak kok gan. Ibaratnya kalau diadu dengan Veloz lama (dulu sering pake), jarak 0-40 km/jam (katakanlah jarak 500 m) bakalan menang Veloz lama. Tapi kalau adu 0-100 km/jam menang GNV. Di luar tarikan, yang beda jauh itu bantingannya gan, lebih baik dan stabil di jalan keriting walaupun tetap kalah dari R3. Untuk body roll, masih terasa tapi ada perbaikan dari Veloz lama (ane tipikal jarang ngebut ya). Kesenyapan kabin juga much better sih. Kalau ambil Veloz, kayanya mending 1.5 deh, kagok soalnya. :big_smile]
Frenzyking wrote:Permisi juragan skalian, ane dari dulu silent reader SM. Pingin nanya tentang Veloz ini
Kebetulan kali ini kluarga tertarik sama GNV yg matic cuma masih ragu milih 1.3 A/T atau 1.5 A/T
Kalo dari review TS yg 1.3 A/T respon gasnya lemot ya? Kalo gitu apa ada yg udah nyoba 1.5 A/T? apa respon gasnya sama lemot dengan yg 1.3 A/T?

Thanks juragan skalian :big_smile]

Ga ikut nyala gan, reflector doang. Lama-lama jadi kebiasaan gan kalau dah wara-wiri di jalan. Kalau tipe e sengaja ngga dipasang kayanya karena fokusnya untuk mobil niaga dan satu2xnya yang tanpa abs. Yang bikin ane kurang seneng tuh justru tulisan 1.5 nya, buat ngebedain dengan versi 1.3 nya. Buat apa juga sih :big_bored:
jalananDOHC wrote:
beta adrener wrote:ill feel ngliat lampu belakangnya.. itu bisa dicopot gak sih yg di bagian pintu belakang?? gak ikut nyala jga kan
kayaknya bisa dicopot, kata sales lampu di pintu bagasi cuma ditempel pake double tape .. tipe e malah kagak ada tempelan lampu pantulan
FaaHabs
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:15

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by FaaHabs »

Nice review om.. Ikut bagi pengelaman nih
Over all di GNA ini krasa banget banyak perubahn lho pas ditunggangin. Semua yg di sebutin di atas pun memang benar dari mulai desain, suspensi, peredaman suara, audio yg lebih yahut, security sistem dan engine nya pun kerasa ada peubahan. Bahkan saya pernah pake yang Tipe E nya pun bener² sama banget rasanya kaya tipe velozz.
Semua yg saya coba yang tipe manual. E, G, Velozz. Semua sama rasanya, itu yg saya heran, bahkan tipe terendah aja bisa ngrasain rasa velozz. Untuk yg 1.3 manual, terbilang masi bisa dipakai sruntul, asal....... Pakenya di rpm 3 ribu hhe. Over all, worth nggak nya untuk dimiliki ya tergantung selera yg berbeda² juga. Namun mnurut saya pribadi cukup layak dibeli dengan harganya yg sekarang, melihat memang banyak perubahan yg terasa.
Atau mungkin opsi klo pengen ga mahal tapi berasa tipe G pilih aja yang tipe E, tinggal kasi foglam, spoiler dan sensor parkir udh cukup, perkiraan ga habis 2 juta kok, dan Head unit juga sudah 2 din, tipe E pun pke Hed unit yg sama dipakai tipe velozz 1.3.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4593
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review of 2015 Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic

Post by Pboyz97 »

Up di thread lama
Very nice review om

Mau ikutan nimbrung nih , berhubung pernah naik GN Avanza E MT & G MT sebagai penumpang , impresinya adalah:

Dari desain exterior, bentuk depannya bukan selera semua orang (termasuk saya), saya lebih suka bentuk depannya veloz yang simpel. Kemudian antara tipe E&G ga banyak perbedaan. Kalo dari luar bedanya ada di grill atas chrome buat tipe G , TIpe G pake refelektir tempelan tipe E ga pake , velg e kaleng sedangkan G sudah alloy & tipe G ada foglamp & spoiler belakang sedangkan tipe E ga ada. Masuk ke interiornya, nyaris ga ada perbedaan antara yang PFL dengan yang FL, cuma dashboardnya aja yang berwarna kecoklatan dimana ini cukup baik & membuatnya terlihat "mahal". Bedanya sama tipe E hanya ada di HUnya yang sudah bisa bluetoth untuk tipe G (CMIW) :big_peace: , serta fitur seatbelt reminder disamping tombol pencetan lampu hazard, yang berguna agar pengemudi & penumpang depan memakai seatbelt saat perjalanan .

Kemudian legroom depan 11 12 sama ertiga tapi ga selega mobilio. Kemudian duduk di belakang juga lumayan lega (seimbang lah sama ertiga) tapi lagi2 ga selega mobilio, untungnya avanza punya jok yang lumayan tebal, sehingga duduk bisa lebih nyaman menurut saya, lebih tebal daripada mobilio yang tipisnya mirip2 sama calsig & gay alay. Kemudian duduk di baris ke3 juga cukup lega (sedikit lebih lega daripada ertiga , tapi ga selega mobilio), bagasi pun cukup luas (11 12 sama ertiga ,tapi ga segede mobilio). Berlanjut ke impresi selama perjalanan , suspensinya mengempuk daripada yang lama & lebih nyaman daripada yang lama, limbung masih agak terasa di kecepatan tinggi tapi sudah jauh berkurang daripada yang lama. Kemudian suara mesin 2NR nya sangat halus, jauh lebih halus daripada K3VE nya old avxen yang cukup berisik & kasar waktu di starter. Kuncinya pun sudah immob untuk semua tipenya (kecuali e mt std). Tampilan speedometer cukup cantik & membuat speedometer avanza sebelumnya menjadi terlihat kuno. Kekurangannya ada di peformanya yang ga sebaik gen sebelumnya, soalnya transmisi manualnya agak underpower di putaran bawah & rasio giginya agak panjang, beda sama yang lama dimana rasio giginya pendek2 sehingga enak buat sruntulan hahaha :big_biglaugh: , tapi bagusnya tenaga mesinnya lebih berisi di putaran atas , lebih baik daripada old avanza yang tenaganya kaya kehabisan nafas di putaran atas.

Kesimpulan:
Cukup banyak improvement yang terjadi pada GN Avanza ini, yang membuatnya naik kelas, namun 200jt untuk sebuah avanza rasanya kurang worth buat saya, tapi jika anda mencari MPV 7-seater yang proper dengan fitur yang lengkap , suka lewat jalan rusak, mengincar ASS & daya tahan yang handal , lebih mementingkan fungsionalitas sebuah LMPV daripada gengsi + mengincar kenyamanan (tapi ga suka sama ertiga FL) ,mobil ini cocok untuk dipertimbangkan #bukanfanboy #bukansales
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV