Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

andrijet wrote:Kl om jelaskan itu konsumsi BBM di kecepatan 40-50kpj @1.200RPM orang-orang pst bakal nerima dengan common sense dan pengalaman pribadinya masing2.
Yang di protes selain angka 1:35, angka 1200 rpm nya itu om, dianggap tidak masuk akal dan dianggap bikin rusuh.

Yang baca disini ada yang punya mobil 3 silinder? Bisa /pernah coba tidak?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by DOHC »

ad diskusi menarik soal nyetir low rpm di bitog yg dmana mnurut ane ckup masuk akal...

http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=1143775
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

DOHC wrote:rpm rendah all the time mnurut ane ga applicable soalnya... kcuali mobil tsb mobil diesel yg torsi ud berlimpah di putaran bawah atau mobil2 bensin jadul OHV macam 7k.. itu aj coba deh nyetir 7K dgn rpm 1000-1500... djamin glitik spanjang jalan...

mobil bensin bsa dpaksa rpm rendah spanjang jalan dan ga glitik, klo mobil tsb baru di carbon clean atau ganti oli... tp kl kondisi normal, entahlah, ane blom ktemu... ipah ama apanja yg mobil kategori niaga aj dbawah 2000 rpm cruising glitik...
Kalau ipah apanja tersebut saya curiga karena bensinnya nggak cocok om.

Saya kalau bisa sih mau pakai rpm rendah terus. tapi takutnya kalau pakai rpm rendah terus takut aki nggak ngisi, sehingga beberapa saat sengaja pakai 2000rpm kalau pas keluar kota. Jalur kebetulan jarang sekali memungkinkan untuk lebih dari 60kpj.
DOHC wrote:ad diskusi menarik soal nyetir low rpm di bitog yg dmana mnurut ane ckup masuk akal...

http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=1143775
Terima kasih linknya.

Ini yang saya aggap menarik:
"Lugging is like when you come to a stop light and you end up going about 2 mph, and instead of putting it 1st, you go to second. RPMs drop to say, 400 or 500 and when you give it gas, it makes a knocking sound."

Kalau rpm terlalu rendah, triknya adalah pertama ngegas harus benar benar seperti kapas, sedikiit banget, bila mesin sudah merespon, baru diinjak lebih dalam. Kalau langsung dihantam maka ya salah satu efeknya seperti diatas itu, kletek kletek.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, rpm terendah perlu dicari dengan mengecek bila di gas. Bila mobil tidak langsung akselerasi, berarti terlalu rendah. Kalau di Ayla, ini juga ditunjukkan oleh lampu eco. Jadi tinggal dicari rpm berapa lampu eco mulai menyala. Kalau di Ayla saya, sekitar 1200 rpm untuk gigi 3 sampai 5.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by DOHC »

coba dibaca2 lagi pak kebawah2 nya... atau coba gugel lg dgn keywords lugging the engine...

kl yg bsa ane simpulkan dr web tsb dan gugel2 wesbite lain nya ttg lugging, glitik itu hanya salah satu parameter kl kelewat rendah rpm nya doank.. tp yg musti d garis bawahi, rpm terlalu rendah utk cruising, selain memberikan beban extra ke gearbox (gear cepet rontok, scara pabrikan ad maksud bkin gigi 1 (low gear) dst dst), dan lagi yg harus di perhatikan adalah con rod, liner silinder, pin piston, dan tentu yah ring si piston itu sendiri... dmana walaupun rpm terlalu rendah dan mesin ga glitik, tp komponen2 vital tsb dipaksa bekerja "lebi berat" krn mesin harus menarik beban yg ckup berat dsaat bukan pada putaran optimal nya yg mengeluarkan skian torsi... yg pd akhirnya yah lebi cepet aus atau jebol...

mengenai lampu eco, ane perna nyetir mobil honda ber lampu eco... lampu tsb nyala padahal ane lupa ganti gigi dan glitik...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

DOHC wrote:coba dibaca2 lagi pak kebawah2 nya... atau coba gugel lg dgn keywords lugging the engine...

kl yg bsa ane simpulkan dr web tsb dan gugel2 wesbite lain nya ttg lugging, glitik itu hanya salah satu parameter kl kelewat rendah rpm nya doank.. tp yg musti d garis bawahi, rpm terlalu rendah utk cruising, selain memberikan beban extra ke gearbox (gear cepet rontok, scara pabrikan ad maksud bkin gigi 1 (low gear) dst dst), dan lagi yg harus di perhatikan adalah con rod, liner silinder, pin piston, dan tentu yah ring si piston itu sendiri... dmana walaupun rpm terlalu rendah dan mesin ga glitik, tp komponen2 vital tsb dipaksa bekerja "lebi berat" krn mesin harus menarik beban yg ckup berat dsaat bukan pada putaran optimal nya yg mengeluarkan skian torsi... yg pd akhirnya yah lebi cepet aus atau jebol...

mengenai lampu eco, ane perna nyetir mobil honda ber lampu eco... lampu tsb nyala padahal ane lupa ganti gigi dan glitik...
Bukannya bekerja lebih berat hubungannya dengan tenaga dan beban? Kalau beban besar tenaga tidak ada kan jadinya tidak membebani, karena nggak ada tenaga?

asal mesin masih bekerja smooth, mestinya tidak membebani komponen.

Namun beda lagi kalau kerja mesin jadi tidak teratur. kalau sudah nyentak nyentak nggak lancar saya setuju kalau itu bisa merusak mesin.

Lampu eco Ayla matik juga berbeda perilakunya. Yang saya sebut sebelumnya berlaku hanya untuk Ayla manual.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by JESKONENG »

Haha... kalok dibawah 2000 rpm mesin ngelitik, bole dicoba pake Norival DragRace atau Drag Evo om.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by KodokPushUp »

Mobil ane cruising 1-1,5k rpm, upshift 1,8k rpm kalo injeknya super halus.
Selama kondisi ruang bakar bersih dan bahan bakar+timingnya sesuai, ga masalah mestinya.
Tapi malah bikin frustasi, tiap mau nyalip mesti downshift (sering sampe downshift 2 step) buat masuk ke area powerband
Kalo mobilnya diesel non turbo dengan low rev torque dewa, ya ga masalah
sucahyo wrote:
KodokPushUp wrote:Inti mesin kan pembakaran.
Pembakaran butuh udara (air intake), pasokan bahan bakar, percikan api (busi dan antek2 elektrik lain), serta pembuangan (exhaust)
Pabrikan udah reset lama buat optimalisasi ke 4 nya, dan untuk durability maksimal.
-cut-
Maksud om tes dyno aditif tidak akan menunjukkan perubahan yang berarti?

Kalau untuk busi kadang cocok cocokan. tapi sering dipromosikan sebagai penambah performa. filter udara racing juga. Yang juga populer di group mobil LCGC adalah CAI, grounding wire dan voltage stabilizer. Alat tersebut sering dipromosikan sebagai penambah tenaga dan penambah irit, namun kebanyakan masih mengandalkan testimoni. Kalau ada ukuran, tentu lebih mudah bagi konsumen untuk memilih, karena saya rasa banyak yang mementingkan price vs performance.

Kalau mampu mungkin lebih milih pasang semua, entah ngefek atau tidak, yang jelas kalau ditotal nambah. Tapi rasanya kebanyakan tidak begitu. Pinginnya hanya pakai alat yang beneran terasa walau cuma satu upgrade. Misalnya konsumen punya yang 400 ribu, kebanyakan modif berharga sekitar 400 ribu, konsumen tentu berpikir dari opsi yang tersedia, modif mana yang paling memuaskan. Nanti yang paling nggak ngefek direncanakan paling belakangan.
Yg ane bold. Dalam kondisi optimal
Bensin udah sesuai rekomendasi belum?
Bukan oktan minimal, tapi oktan optimal
Kalo bensin dibawah oktan optimal, dikasih additif, ya nambah ketika di dyno
Kalo bensin udah oktan optimal, dikasih additif, ya ga efek apa2
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by JESKONENG »

Moga ada media yg bersedia jadi penyelenggara dynotest komparasi aditif bbm ... termsk test mesin dng kompresi di atas 10:1 ditest pake oktan 95 saja vs pake premium + Norival Drag Evo vs Oktan95 + Norival Drag Race
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

KodokPushUp wrote:Mobil ane cruising 1-1,5k rpm, upshift 1,8k rpm kalo injeknya super halus.
Selama kondisi ruang bakar bersih dan bahan bakar+timingnya sesuai, ga masalah mestinya.
Tapi malah bikin frustasi, tiap mau nyalip mesti downshift (sering sampe downshift 2 step) buat masuk ke area powerband
Kalo mobilnya diesel non turbo dengan low rev torque dewa, ya ga masalah
Mungkin tiap mobil beda - beda ya. Asal nggak tanjakan, untuk saya nyalip dari 1200 rpm masih enak kok. Kalau agak menanjak seperti di malang, butuh minim 1500rpm kalau mau nyalip.

Tapi baru tahu bisa upshift di 1800rpm kalau injek halus, hebat juga sistemnya. Seandainya ditambah powernya, apa downshift waktu nyalip bisa berubah ya, apa bisa otomatis menyesuaikan dengan tenaga?
KodokPushUp wrote:Yg ane bold. Dalam kondisi optimal
Bensin udah sesuai rekomendasi belum?
Bukan oktan minimal, tapi oktan optimal
Kalo bensin dibawah oktan optimal, dikasih additif, ya nambah ketika di dyno
Kalo bensin udah oktan optimal, dikasih additif, ya ga efek apa2
Mungkin yang dari sales aditif bisa memberikan keterangan. Kalau untuk saya, kalau di sepeda motor karbu, premium justru terasa lebih bertenaga dari pertamax. Untuk mobil, susah merasakan bedanya antara premium + pro capacitor vs pertamax plus + pro capacitor. Untuk yang premium + pc vs pertamax plus saja, nggak nyoba.

Kalau aditifnya tujuannya membersihkan kerak atau pelumas, saya berpendapat bisa mengurangi tenaga.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

Kembali ke pro kontra penggunaan MID, minggu ini saya melakukan eksperimen, ternyata walau tenaga terasa bertambah, nilai MID cuma 80% dari biasanya. Dan setelah saya koreksi, nilai MID kembali seperti semula, tanpa penurunan tenaga. Tujuan dari eksperimen adalah membuat tenaga tidak terasa ngedrop di 2500rpm. Triknya adalah implementasi ala the hull effect, dengan memberi treatment ke kabel yang mengarah ke oli mesin. setelah dilakukan tenaga dari rpm rendah sampai tinggi terasa datar. Kalau nggak lihat spedo, tidak akan bisa menebak rpm, kecuali saat suara exhaust/mesin mulai berubah. Sebelumnya tenaga terasa naik di 2000 rpm, turun di 2500rpm, lalu naik lagi di 3000 rpm.

Dari eksperimen ini saya menyimpulkan bahwa:
- MID bisa dipakai acuan untuk mengetahui performa. Bisa dipergunakan untuk mengetahui performa mesin pada rpm tertentu, dengan membandingkan perubahan nilai MID sebelum dan sesudah.
- perasaan driver susah dipakai sebagai acuan. Sering lupa. dan perasaan kaki sama sekali tidak bisa dipercaya. Misalkan mesin berkurang tenaganya, maka akselerasi bisa terasa enteng karena ngegas harus lebih dalam sehingga berkesan ringan. Kalau mesin bertambah tenaganya maka di sentuh sedikit sudah jalan banyak sehingga ngegas terasa berat karena harus sangat dikontrol. Tapi efek ini juga terbukti bisa dimainkan seperti halnya pada implementasi CAI air bleed, dimana gas di tekan sedikit tenaga sudah terasa, sehingga dikatakan tenaga nambah. Namun dari yang yang coba dyno pada bilang bahwa CAI tidak menambah tenaga, jadi yang dirubah cuma respon gasnya saja.
- Seandainya metode full to full dianggap akurat, diasumsikan tidak pernah ada gelembung yang nyangkut ditangki dan petugas pengisian mengisi sampai batas yang selalu sama, mengetahui perubahan keiritan tentu tidak bisa hanya dengan satu kali full to full. Harus beberapa kali full to full baru bisa dipastikan.

Intinya, saya lebih percaya MID daripada perasaan. Hasil MID lebih konsisten dari hasil full to full.
Last edited by sucahyo on Mon Apr 20, 2015 3:42, edited 1 time in total.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by andrijet »

Horeee MID akurat...
Berarti konsumsi BBM mobil saya 1 : 99,9.
Eat that Prius..!!!
:wkkk:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

andrijet wrote:Horeee MID akurat...
Berarti konsumsi BBM mobil saya 1 : 99,9.
Eat that Prius..!!!
:wkkk:
Memangnya kalau dilakukan terus menerus, nggak bisa dapat 1:99 di full to fullnya juga om? Apakah yang om lakukan tidak bisa dilakukan dalam kondisi normal? Kalau tidak bisa, berarti ya tidak valid om.

Tujuannya bukan posting angka tertinggi di MID om, tapi sharing informasi bagaimana caranya agar angka MID bisa tinggi. Nah, bagaimana cara om?
Last edited by sucahyo on Mon Apr 20, 2015 3:50, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by Turboman »

Kalau utk ukur road performance di jalan :

Image

http://www.gtechpro.com/prod.html

Bisa beli segera di :
http://www.ebay.com/bhp/gtech-pro

Banyak yg jual seken - mint condition kayaknya, jadi hemat
* Bukan ajakan Beli *
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

MID commercial, ternyata ambil datanya dari ECU juga:
http://www.scangauge.com/
ScanGaugeII & ScanGaugeE Work On All OBDII Protocols Including CAN, required on all vehicles starting in 2008.
Kalau di luar negeri, orang belajar mengemudi lebih irit dengan mengandalkan MID:
ScanGaugeII helped my change my driving habits and get an extra 3 MPG in my 2009 KIA Rio (average 34 to now 37). I originally bought them just for the coolant temp gauge since my car didn’t come with one. The gas savings is just an added benefit and soon the gauges will pay for themselves with gas on the rise again.
– Ryan S

Just wanted to let you know that the ScanGauge II is working great with my Mazda 2. It is within a fraction of a mile of the odometer reading. Now that I have done the fuel usage calibration, it is right on for fuel use and MPG. It is simple to use and it has helped we increase my mileage from 37 to 42+ MPG. GREAT JOB, WELL DONE. Thanks!
– Lou
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by Turboman »

MID memang ambil data dari ECU.....bisa pakai data :
- Engine load
- Speed
- RPM
- Distance

4 itu aja lalu diolah menjadi simulasi Konsumsi BBM

Tapi ya namanya kalau pengukuran utk pengetesan suatu produk hendaknya produsen gunakan alat2 bantu yang lebih akurat / Professional purpose doonggg......

Juga produsen yang bijaksana hendaknya mendengar masukkan dari publik / konsumen..........kalau dia mau sukses......
* Bukan ajakan Beli *
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

Turboman wrote:MID memang ambil data dari ECU.....bisa pakai data :
- Engine load
- Speed
- RPM
- Distance

4 itu aja lalu diolah menjadi simulasi Konsumsi BBM

Tapi ya namanya kalau pengukuran utk pengetesan suatu produk hendaknya produsen gunakan alat2 bantu yang lebih akurat / Professional purpose doonggg......

Juga produsen yang bijaksana hendaknya mendengar masukkan dari publik / konsumen..........kalau dia mau sukses......
Ok. setuju

andrijet wrote:Horeee MID akurat...
Berarti konsumsi BBM mobil saya 1 : 99,9.
Eat that Prius..!!!
:wkkk:
Saya coba cari info, kalau dari percobaannya Top gear, dengan pengujian bensin 1 gallon berapa mile, BMW M3 lebih irit dari prius.


Jadi bisa jadi angkanya benar.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by aldy »

JESKONENG wrote:Moga ada media yg bersedia jadi penyelenggara dynotest komparasi aditif bbm ... termsk test mesin dng kompresi di atas 10:1 ditest pake oktan 95 saja vs pake premium + Norival Drag Evo vs Oktan95 + Norival Drag Race
Setuju om..curcol dkit pengalaman pake mobilinyong CVT isi premios kasih nori drag race.. Dalkot posisi D cuma main 1000-2000rpm aja mobil udh ngacir berasa kyk mesin diesel :mky_02:Image
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
provis
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jun 23, 2013 12:53

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by provis »

andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by andrijet »

Itu maksudnya apa ya gelindingin 523i pk gigi 5 di 500RPM?
:big_think:

NB:

Video saya dapet 1:99,9 itu just a joke ya..!
Betul tanpa rekayasa dan kejadian asli.
Tapi ada 'behind the scene-nya'.
Master2 disini pasti faham, hehehe..
In real daily life, that was impossible!
:mky_03:

Sama kyk Prius VS M3 versi Topgear.
Betul itu test nyata tanpa rekayasa.
Tapi ada behind the scene-nya.
Ada term and condition apply-nya.
:wkkk:

Kl orang pinter pasti dicerna dulu maksud dan tujuannya.
Gak seeksplisit 'M3 lbh irit dr Prius'.
:big_biglaugh:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by VanzMatic »

:weekk: Ya nggapapa..

Ada rakan member yg punya channel kenalan ke media otomotif?

Bisa dihubungkan untuk melakukan tes komparasi additif.. as mentioned by om Jeskoneng..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

andrijet wrote:Video saya dapet 1:99,9 itu just a joke ya..!
Betul tanpa rekayasa dan kejadian asli.
Tapi ada 'behind the scene-nya'.
Master2 disini pasti faham, hehehe..
In real daily life, that was impossible!
:mky_03:
Terima kasih infonya. Kalau real daily life, berapa hasil terbaik di MID?

Kalau saya, kendalanya adalah lalu lintas. Nggak pernah lewat tol sehingga sering maksimal cuma bisa 40kpj. Angka mid jadi rendah karena di perumahan banyak polisi tidur. Jadi walau jalan nggak pakai di gas, karena harus pakai maksimal gigi 2 jadinya masih lumayan boros. Pakai gigi 3 tidak bisa karena terlalu cepat.

Soal bensin, saya curiga bahwa bensin yang lebih mahal komposisinya bukan untuk nambah tenaga tapi untuk nambah oktan saja (daya bakar nggak nambah).
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by andrijet »

In real life, variatif om.
Tergantung rute yang menghasilkan kecepatan rata-rata.
Tergantung mode Eco Pro, Comfort, Sport, atau Sport+.
Average speed 20kpj sekitar 1:10 - 1:12.
Di track Sport+ 1:3.
Full macet 1:7 paling parah.
328i kurang lebih sama kyk Brio 1.3 konsumsi BBMnya.
320d yang bikin iri, bs lbh hemat 50%, hehehe..
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

andrijet wrote:In real life, variatif om.
Tergantung rute yang menghasilkan kecepatan rata-rata.
Tergantung mode Eco Pro, Comfort, Sport, atau Sport+.
Average speed 20kpj sekitar 1:10 - 1:12.
Di track Sport+ 1:3.
Full macet 1:7 paling parah.
328i kurang lebih sama kyk Brio 1.3 konsumsi BBMnya.
320d yang bikin iri, bs lbh hemat 50%, hehehe..
Ok, terima kasih banyak infonya. Enak juga bisa pindah mode. Yang model d itu diesel? apa tenaganya sama?
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by andrijet »

320d itu diesel.
BMW one of the best dieselnya.
4-inline 2.000cc 184PS-380Nm.

Mode2an.
Eco mode, Sport mode.
Sebetulnya mulai turun ke mobil-mobil menengah.
Mobil 300jutaan dah mulai mengadopsi sistem kyk gini.
Bahkan mobil 200jutaan kyk Juke dan Mazda2 juga punya.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Trit khusus Ajang promosi para sales additive BBM

Post by sucahyo »

andrijet wrote:320d itu diesel.
BMW one of the best dieselnya.
4-inline 2.000cc 184PS-380Nm.

Mode2an.
Eco mode, Sport mode.
Sebetulnya mulai turun ke mobil-mobil menengah.
Mobil 300jutaan dah mulai mengadopsi sistem kyk gini.
Bahkan mobil 200jutaan kyk Juke dan Mazda2 juga punya.
Terima kasih. Hebat 2000cc bisa 184 ps. jauh banget bila dibandingkan dengan diesel lain. Yang bensin pun sip banget bisa sama irit dengan Brio 1.3.

Enak juga bila setelan bahan bakar bisa diatur. kalau pakai aditif, nggak perlu khawatir overdosis dan tinggal disesuaikan dari dashboard, nggak perlu buka laptop kaya di fast furious. Jadi ingat produk 600 ribuan yang bisa mengatur debit bahan bakar diatur pakai potensio di sepeda motor. Kalau yang di mobil yang hampir sama ada potensionya mengakali sensor MAP dan O2, jadi ingat ini: