Kalau ngomong reliabilitas, sebenernya Toyota yang beneran lebih reliabel dari merek lain cuma Avanza Innova dan kroconya aja.... (Fortuner, Hilux, Rush).DOHC wrote: stuju ama poin2 diatas...
sebenernya kl utk urusan harga resmi nya, atoyot ga murah2 amat... tp yahh krn faktor X nya lahh yg bkin dia seolah2 murah2... sperti batu makam pun jg kl ad part kw an nya murah koq... link stabilizer lipina kelas 150 rebu sepasang jg ada... ampe brake pad depan 120 rebu jg ada... ipah punya aj sbiji link stabilizer bsa ratusan rebu...
tp yahh kembali lagi ke faktor ketahanan... soal harga resmi bole sama.. tp kualitas ketahanan yg rada susah disaingin... dgn konstruksi kaki depan yg mirip2, avanza ane jauhhh lebi awet ktimbang lipina ane dl... pdahal kl bole dibilang, itu apanja ane dipake nya bladrakan abis...
Kalau sudah sedan sedannya dan hatchback nya mah sami mawon... Jazz sama Yaris ya sama sama ajah ndak beda jauh, Accord Camry ya sama-sama ajah... kaki-kakinya gak ada yang lebih awet dari yang satunya atau gmn, kaki-kaki sedan dipake di Indonesia kok minta awet...
Contoh kemaren temen ane nanya harga kampas rem Camry 2008 875rb depan dan 530rb belakang, itu di toko sparepart Kedungdoro yah, bukan di BeRes.... Accord juga kurang lebih segituan.
Toyota terkesan ngrawatnya murah kan karena KWnya banyak ae. Males beli ori nyari KW bejibun, Honda Mitsu Suzuki mana ada, jarang sekali.
Makanya terkesan ngerawat Honda Mitsu Suzuki itu "mahal", ya karena gak ada KW nya... ini ngomongin passenger cars yah, diluar Mitsu dan Suzuki yang fleet, passenger cars harga slow movingnya yo mahal...