Re: Pilihan Jazz GK5 RS atau 2 Skyactiv GT
Posted: Sat Mar 07, 2015 6:47
Mazda 2 head unit nya bs ganti ga ya? Kl beli tipe v kan msh jelek bgt itu.
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Nah, perkara i-stop ini juga yang mengganjal saya buat ambil CX-5, jadinya maju mundur maju mundur cantik deh mau minang mobil ini atau yang lebih sederhana aja teknologinyaMamang555 wrote:Daripada buat thread baru, saya numpang disini ya bro TS
Jadi begini, bokap lagi nyari mobil untuk ganti Yaris nya yang lama (taon 2010). Usernya yaa bokap dan kalo weekend mungkin dipake sama adek. Kendidat yang diajukan awalnya New Yasir dan Jazz GK5. Yasir dipilih karena murni modelnya yang keren (selera adek), namun ketika minta pendapat saya, langsung saya tolak mentah2 karena satu kata aja : BOSEN. Dan juga ga ada satu hal baru yang ditawarkan mobil ini. Mek ganti casing thok.
Jadilah Jazz lenggang kangkung jadi kendidat tunggal. Kelihatannnya semua aspek masup. Keren (debatable, saya ga gitu suka sih), lega, irit (??), image, reliable, dll dsb. Kami belum pernah melihara Honda sejauh ini tapi cukup tau bahwa biaya perawatan Honda di beres lebih mahal ketimbang Toyota. Tapi ini kan hanya sekian persen aja. Toh 5 tahun lagi kemungkinan di jokul lagi. Hehehe
Cuma kemarin beliau iseng2 mengajukan Swift dan menolak saat saya bilang : kenapa ga mobil 3 baris aja? Beliau bilang : kegedean. Toh beliau saat ini cuma tinggal bertiga dengan ibu dan adek saya. Dengan alasan yang sama pula beliau menolak untuk beli HRV selain karena budget tentu saja. So, hatchback is a better choice terlepas dari kekurangan akomodasinya.
Cuma, saya ini demen nyoba2, tapi ga mau ngerepotin orang tua juga.
Sempet kepikiran : kenapa ga nyoba Mazda 2 R aja? Diskon yang muncul sekarang juga makin menggoyahkan iman. Dealernya juga mulai banyak dan ga gitu jauh dari rumah. Kayaknya ga ada gimmick elektrikal aneh2 ataupun transmisi canggih (katakan DSG / DCT dll dsb) dimobil ini yang akan bikin sengsara dikemudian hari. Cuma ada satu aja pikiran mengganjal dari Mazda 2 ini. Fitur : auto stop!
Di satu sisi fitur ini (menurut marketing Mazda) membantu untuk efisiensi bbm kendaraan (ntah sekian persen?) tapi disisi lain, trafic Jakarta yang naujubile padatnya mungkin bakalan menyiksa kalo fitur ini aktif.
Pertanyaannya:
1. Kira2 bakal ngaruh berat ga ke umur accu mobil?
2. Apa perlu accu khusus? Ada treatment2 khusus ga untuk perawatannya?
3. Bisa di off kan ga fitur ini?
Segitu aja dulu deh
Tanya donk om goAD74YA wrote:Jadi:
1. Ngaruh ke aki sangat kecil, karena beban di handle kapasitor
2. Gak pake perawatan, selama busi nya pakai yang kualitas bagus, selow ae
3. Bisa dimatikan
Teori basic i-stop atau idling stop semua tetep sama. Butuh 3 komponen; starter motor, aki, dan sensor input. Di mazda6, fungsi aki nyaris 100% diambil alih oleh eloop capasitor dengan regen braking and such, di mazda2 walaupun ane gatau pasti ada sistem regen braking atau tidak, disini aki tetap berperan besar menggantikan daya mesin walau masih ada support dari little cap yang bridging keduanya biar akinya tidak terlalu banyak beban. Oleh karena itu, kalau di Mazda6 saat idling 20 detik AC masih bisa dingin, di Mazda2 dan CX5 ac hanya aktif sebagai ventilasi walaupun nyala. Kenapa 20 detik? Karena berdasar penelitian (lembaga nya lupa) kalau idle lebih dari 10 detik, you might as well turn the car off daripada membuat heat island effect yang bikin global warming selain bikin boros fuel cons.KodokPushUp wrote:Tanya donk om goAD74YA wrote:Jadi:
1. Ngaruh ke aki sangat kecil, karena beban di handle kapasitor
2. Gak pake perawatan, selama busi nya pakai yang kualitas bagus, selow ae
3. Bisa dimatikan
Ane agak rancu antara kapasitor sama e-loop yg ada di mazda 6
Kalo di mazda 6, kan kapasitor diisi dengan daya dari regenerative braking
Nah kalo di mazda dengan fitur i-stop tapi tanpa e-loop, kapasitor diisi oleh daya dari mana?
Ane malah ngira nya i-stop di mazda non e-loop, ambil daya ketika mesin mati dari accu langsung
otogossif wrote:Halloo... apa kabar nie para penboy Honda & Mazda, para suhu/master/car enthusiasts, serta para juragan supercars..?tritnya mayan lama ga ada update yak..?secara bbrp mggu yg lalu ane udah sempet baca trit ini sih, tp cm sepintas aja.. n fokus ane cm pgn cari referensi tambahan utk rencana meminang Jazz GK5-nya..
tp di suatu hari yg cukup boring pada suatu weekend kemarin, ketika hasrat hanya ingin "kabur" dari nemenin bini' yg tengah belanja barang2 kulakan di suatu trade centre.. ane iseng2 aj liat2 ke booth pameran bbrp brand kawakan yg kebetulan ada gelar lapak di ono..
entah knp ketika mata ini yg awalnya tertuju pada unit HRV di situ, begitu pas nyampe di TKP, hanya bertahan bbrp detik aja di booth Honda, coz ternyata sejatinya hati lah yg menggerakkan kaki tuk berpindah ke booth Mazda! Kebetulan unit yg dipamerin M 2 GT Soul Red, n tanpa babibu lsg aj ane samperin ntuh bo'il, trus lsg masuk n duduk di kursi driver, ketika para sales batangannya baru pada "tersadar dari kebengongannya”, klo ada org yg datengin nih booth .
awal2 cerita, dulu habis lihat poto2 di review M 2 Skyactiv di trit review corner, ane lsg blacklist nih boil cm krn tampilan dash-nya yg bukan selera ane (especially AC vent yg membulat mengingatkanku pada boil Datsun jadul bokap di masa2 balitaku yg ga gtu bahagia!Hahaha..*sorry moom&daad.. Just kidding looh! hehehe.. )! tp paradigma itu sekejap lenyap hanya dari sesi test duduk dlm wktu secelup/dua celup ini, thus some how i feel something has been creeping inside my head ever since!
The dashboard definitely feel much "posh" than Jazz GK, and the HUD has a simple display, but is user friendly, coz when I tried connect it (bluetooth) with my "oldschool" android cell, in just a second...-voila- it connected successfully! yg di saat bersamaan betapa "terkejangnya" ane, coz mendadak tampil di layar HUD: incoming call dg nama kontak bini' ane yg ternyata lg nelpon nyariin lakinye..! so, lsg aj ane answer via HUD (kl ga salah, keknya bs jg dr steering switch deh) demikian jg dg fitur2 lain di HUD yg ternyata cukup “as easy as 1-2-3”, (i tried this in-selfishly trial error-way, secara si sales batangan bener2 minim pengetahuan produk! )
and then, liat di atas MID, ada semacam mika transparan yg ane kira itu penggaris busur plastik pny org ketinggalan or apa gitu.. ternyata itu adl "active driving display" yg bs nongol & bersinar macam hologram penampakan dr dunia masa depan!(dasar wong ndeso!hehehe.. )
anywey, shortly, IMHO ane yg “ndeso” (baca: ga apdet) dengan perkembangan teknologi dunia otomotif, hanya dr pengalaman yg sekedar test duduk di M 2 ini, udah sukses bikin ane galau, bahkan berangkat dari fakta bahwa di alam bawah sadar/atas sadar ane sebelumnya which is, selama ini ane bahkan tdk pernah terpikir utk melirik merk ini, disebabkan faktor lack of ASS; RV drop; image less reliability; serta rareness+expensiveness sparepart-nya! (yes, i’m quite a fanboy of Honda! )
anywey, in sum, hal yg ane like dr All New M 2 ini:
- Dashboard, of course, with those leather stitched all over ‘em
- Sophisticated HUD (with “Mzd connect” system) & Active Driving Display
- Jok super empuk & supportif
- DRL nan ganteng
- Shark fin antenna
- Spion tengah ada “black box”-nya, yg konon buat “mengatur pantulan cahaya/silau yg berlebih”
- Sensor blind spot
- Engine note yg masih menyisakan “roarring sound”
but then as well, i dislikes:
- Rear appearance yg rada “aneh”; dah gitu pake ada black lower rear bumper garnish pulak,seems like it wearing diapers!
- 2nd row semprul
- Profil ban yg tebel jd mirip kaya traktor
anywey, sebetulnya ini bukanlah sebuah reviu, melainkan lebih ke maksud hamba utk bertanya pada para master dan user penunggang All New M 2 Skyactive: soal konsumsi fuel-nya?mungkinkah this “new idol” mengalahkan prestasi konsumsi BBM si Jazz GK5 dg Pertamax sbg pemuas dahaganya?Trus juga, sekedar mo ikut komen yak:
- Soal aki, untungnya dia ada digaransi selama 1 tahun sih..(mnrut si seles Mzd). so, at least, agak dikit melegakan lah ya wat yg masih mikir2 soal keawetan aki boil dg fitur i-stop ini.
- ada juga sensor auto brake jika ada kendaraan di depan dlm jarak yg terlalu dekat (sensornya mendeteksi heat, so, hanya kendaraan bermotor aja yg akan terdeteksi), dan hanya aktif pada kecepatan under 30 mph, dgn durasi hanya bbrp detik/dua kali “shake-shake” aja konon tujuannya buat "nampol" si driver biar melek! (Trus hbs gtu bs blh deh lanjut merem lagi, amaan..)
- trus kayanya sempet denger juga kalo M 2 nie udah ada "lane departure warning" or something gtu yak..?(which to the extend of my knowledge, only some eurocars that have applied this)
Sekian, dan mohon maaf klo kepanjangan apalagi jika dianggap OOT. Thanks atas perhatianna, n plis dijawab ya mod2/bro2/sis2 yg udah pernah compare antara duo hothatch ini.. hehe.. :big_grin
p.s: dpt info diskonna M 2 ini around 15mil. wat NIK 2014 (dari pricelist 2014, not the 2015's! )
ada sales Mzd yg sempet terucap diskon 20jt Oom utk VIN 2014nya.. tp entah gmn, pas ngobrol ma sales lainnya "dikoreksi" jd cm 15jt doang. dr tampangnya sih, si seles pertama yg ngobrol ma ane, kaya msih baru gtu deh.. makanya ngomongnya masih polos2 aja.. hahaha...hurricane168 wrote:Dapet diskon berapa om di m2 gt vin 2014 nya heheh...
harusnya sih emang 20 juta vin 2015. 2 minggu lalu pernah tanya di puri mall waktu mazda lagi gelar lapak di sana.otogossif wrote:ada sales Mzd yg sempet terucap diskon 20jt Oom utk VIN 2014nya.. tp entah gmn, pas ngobrol ma sales lainnya "dikoreksi" jd cm 15jt doang. dr tampangnya sih, si seles pertama yg ngobrol ma ane, kaya msih baru gtu deh.. makanya ngomongnya masih polos2 aja.. hahaha...hurricane168 wrote:Dapet diskon berapa om di m2 gt vin 2014 nya heheh...
setau ane (based on those sales talks), diskonnya cm berlaku buat VIN 2014 bro.. yg VIN 2015 no discount! tp klo mang bener, manteeb bgt tuuh klo yg VIN 2015 jg dpt diskon segede gaban gtu..!!vipere wrote:harusnya sih emang 20 juta vin 2015. 2 minggu lalu pernah tanya di puri mall waktu mazda lagi gelar lapak di sana.
otogossif wrote:ada sales Mzd yg sempet terucap diskon 20jt Oom utk VIN 2014nya.. tp entah gmn, pas ngobrol ma sales lainnya "dikoreksi" jd cm 15jt doang. dr tampangnya sih, si seles pertama yg ngobrol ma ane, kaya msih baru gtu deh.. makanya ngomongnya masih polos2 aja.. hahaha...hurricane168 wrote:Dapet diskon berapa om di m2 gt vin 2014 nya heheh...
Rocco77 wrote:Om TS dah tentukan pilihan?
Mazda2 dengan KODO nya memang menarik...gimmick nya menjadi point tersendiri di banding para rivalnya...
boleh deh di-PM Oom nett discountnya..?plus bonus-bonusnya?trus sisa type&warnanya apa aja?Thx!hurricane168 wrote:otogossif wrote:ada sales Mzd yg sempet terucap diskon 20jt Oom utk VIN 2014nya.. tp entah gmn, pas ngobrol ma sales lainnya "dikoreksi" jd cm 15jt doang. dr tampangnya sih, si seles pertama yg ngobrol ma ane, kaya msih baru gtu deh.. makanya ngomongnya masih polos2 aja.. hahaha...hurricane168 wrote:Dapet diskon berapa om di m2 gt vin 2014 nya heheh...
Ane bisa usahain diatas 20 om ...
Siapa tau masih nyari nyari diskon hihi vin 2014