Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

xenialxrs
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Dec 17, 2016 6:23
Location: Bandung

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by xenialxrs »

Di motor :
Motor Yamaha Mio J '12, pake premium 1:42, pertalite 1:46, pertamax 1:49. Rute Dalkot bandung
Di mobil :
Mobil Toyota Avanza 1.3 G '12, pake premium 1:12, pertalite 1:14, pertamax 1:14,8. Rute lukot nontol

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: RE: Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by Pugman »

Or4cle wrote: Sat Apr 29, 2017 17:46
Pugman wrote: Sat Apr 29, 2017 16:35
Giri wrote: Sat Apr 29, 2017 11:51
Saya sependapat nih. Pakai pertalite & premium soal kehematan hampir sama menurut saya. Jadi saya cenderung pilih premium untuk kendaraan saya Xenia 1000 cc 2013.

Sent from my Infinix HOT 3 LTE using Tapatalk
Kalau dari pengalaman saya, konsumsi bahan bakar dengan jenis oktan bbm bervariasi tidak beda jauh. Secara kualitatif Yang jelas terasa adalah kehalusan mesin dan akslerasi yang secara feeling terasa meningkat.
Kalau mau secara kuantitatif ya ukur pakai sound level meter, vibro meter untuk kehalusan, vibscanner untuk lihat suhu ruang bakar dan racelogic untuk akselerasinya.

Saya pernah melakukan tes kecil dengan mobil saya yang saya amati selama 4 bulan dengan jarak tempuh +/-10000km rutenya adalah dari rumah kekantor dengan kondisi lalu lintas lancar diatas 50%. Saya melakukan
1. Isi bbm premium
2. Isi pertalite
3. Isi pertalite yang dicampur dengan P.Turbo (2:1)
4. Isi Premium campur V-Power (2:1)

Hanya ada yang menarik, ketika saya berpindah dari 1tipe bbm ke tipe bbm yang lain maka sering saya temui konsumsi bbm meningkat atau lebig boros hingga hanya pada kisaran 8 - 9km/l. Ini terjadi kalau setiap jarak tempuh 300-400km saya mengisi bbm berbeda jenis dari isian terakhir. Namun jika saya pertahankan mengisi bbm yang sama hingga lebih dari 500km maka mobil saya berangsut bisa mencapai 11km/l lagi. Jadi pendapat saya, jangan terlalu sering megisi bbn dengan oktan berbeda-beda.
Mungkin karena ECU melakukan self learning dengan memajukan/memundurkan timing ignition sesuai dengan kualitas BBM yang dipakai (CMIIW)
Yup, memang semacam self learning, tapi ini juga hanya bekerja lebih baik pada Sistem injeksi close loop cirinya adalah ada oksigen sensor di catcon.
Untuk mobil mungkin sudah sistem close loop, namun untuk sepeda motor masih ada yang open loop. Dalam sistem injeksi close loop, ECU dilengkapi dengan control P.I.D (Proporsional Integral Derivatif). Set pointnya adalah nilai keluaran O2 di knalpot. Perubahan oktan menghasilkan perubahan hasil gas buang O2 nah dari situ ECU mengubah respon time dengan maju mundur pengapian, lalu mengubah gain dengan menambah atau mengurangi injeksi bbm. Dalam self tuning seperti ini memang perlu waktu untuk mendekati steady state errornya.
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by ardhrizk »

2014 March HR15DE M/T, odo 28rb. Standar ting ting.
Belum pernah dikasih premium atau pertalite sih ini mobil.
Tapi kalau pertamax vs turbo, biasanya turbo selalu lebih irit 1 - 1.5 km/ltr (full to full, kondisi nyetir sama, pernah nyoba emang utk nyari bedanya).
Selagi masih beda seribu haraganya, beda 30rb rupiah tiap ngisi sangat sangat worth ngelihat respon dan kehalusan mesinnya, jadinya pengen bejek mulu.

Supra X 125 karbu tahun 2011, odo 36rb. Standar ting ting pabrik mesinnya (cman suspensi coilover doang).

Hmm, paling bedanya cuman 5 km/ltr aja setiap naik, premium, pertamax, turbo. Toh tangki juga cuman 4 ltr, jadi egk kerasa beda harganya tiap ngisi. Yg jelas kalo diisi turbo, mesinnya jadi super revvy, ditarik gasnya sampe deket redline baru ganti gigi juga egk nolak, egk kerasa mesinnya nahan. Akselerasi sampe topspeed 115km/h di speedo juga kerasa lebih cepat.

Pertamax Turbo + Oli 10-40W Full Synthetic bikin ini motor berasa lebih ngebut dari seharusnya, dihajar tarik gas kandas terus menerus 30km jalan jauh atau diajak macet macetan di siang terik juga mesinnya egk ada tanda tanda kepanasan. Beda banget kalo dibandingin sama zaman SMA di medan, masih pake premium walaupun oli Castrol Power1 tetep terasa beda panas dan tarikan mesinnya kalo udah macet di siang hari. Hehehe :mky_01:

Kesimpulan: Pertamax Turbo/kualitas lebih bagus worth banget (selagi bedanya egk nyampe 2rb antara pertamax ke turbo, kalo iya bakal mikir lagi) utk di mobil. Kalau motor kedepannya bakal isi turbo terus. Agak jarang dipake juga sih motornya. :mky_08:
:ngacir: