Mobil SMers yang paling banyak problem?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by adty »

Nightster Guy wrote:Tdk ada yg lebih menjengkelkan drpd ritual harus bawa segebok aqua 1 literan jaga2 mobil overheat dan prasaan supertegang saat kejebak macet ngeliat jarum temp yg mulai ngaceng mendekat ke H

:wkkk:
Nah C24 ane dulu nih dimobil harus ada ginian :wkkk: dari overheat pas macet nanjak kearah sukabumi, overheat di ujungberung, sampe overheat di pasar. Capeee deeehhhh
Penikmat roti tawar beroda
anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by anakgembrot »

Nightster Guy wrote:Espass first batch 1995.

Semua rusak, trmasuk dompet ownernya. Semua bunyi, kcuali klaksonnya.

:wkkk: :wkkk: :wkkk:

beneran ini om? :big_slap:


jaman SD sering nebeng mobil espass punya temen, serasa alphaaarrdd :mky_02: .... pada jamannya :mky_03:
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by iamwewe »

mazda2 2012. udah sering rpm naik turun karena throttle body nya kotor. padahal filter udara pake standard punya, sering disemprot pula. udah pernah ganti filter udara oem juga, tapi tetep aja throttle bodynya gampang banget dah kotor. sekarang engine mounting udh mulai kena. nyetir di rpm 3000, setir bak vibratorrrrrr.. shockbreaker kanan belakang jg nggak tau kenapa, suka kaya ada suara besi beradu skrg. tonkkk.. tonk... kalo pas lewat poldur.

pemakaian: mobil perang yg tiap hari pp pluit - tjg priuk.

d4d a/t 2012, indikator check filter solar nyala terus. padahal udah diganti filter solarnya DIY. tapi mobil overall nggak ada masalah berarti. masih jalan terusssss aja.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by iamwewe »

Nightster Guy wrote:Tdk ada yg lebih menjengkelkan drpd ritual harus bawa segebok aqua 1 literan jaga2 mobil overheat dan prasaan supertegang saat kejebak macet ngeliat jarum temp yg mulai ngaceng mendekat ke H

:wkkk:
wah dulu zebra saya nih kaya gini juga :wkkk: :wkkk:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

DOHC wrote:kalo ane...

juara 1 nya yahh batu makam livina, scara ini mobil mostly dipake rute dalkot, jarang bawa berat :
- umur 3 taon shock belakang bocor, beberapa bulan kemudian, janjian shock depan bocor, link stabilizer depan jg ud oblak (abis kurleb 2 jt)
- umur ke 4, mulai ada bunyi glodak2 di dek kl kena speed bump (cuekin aj, lg sibuk2 nya jd mahasiswa soalnya)
- umur ke 5, shock ud mulai keras yg depan, support shock depan retak, bushing swing arm, crossmember ancur, link stabilizer oblak lagi, link subframe depan kiri kanan jg ud ancur karet nya, enjin monting kiri ancur seancur2nya, enjin mounting tengah jg ud loss karet nya, dan kopling yg tewas total di usia 90 rebu km (abis kurleb 11 jutaan utk servis smua, parts campur sari antara beres dan atrium)
sebenernya kl itu smua ga mau diganti jg gapapa... asalkan kuping nya tega aj kl nyetir denger bunyi klutuk2 glodak2, jedug2 dkk.... tp ntuh ban dan sluruh parts kaki2 nya ga bakal copot sendiri d jalan...
- d umur ke 5, bearing depan kanan uda mulai geter2 kalo di tes.. dan gemuruh kl jalan kenceng... ganti kiri kanan (600an rb, parts kw 1 koyo bearing japan)

juara kedua... isusu panther 99
- tiap 3 taon ganti shock depan, bocor pasti (murah, spaasang cuman 300an rb)
- tiap taon overhaul rem depan, sering macet (skali lagi murah, karet seal cuman 100 rb)
- selama pake 11 taon, ganti tie rod ada 4 kali, ganti steering rack sekali, (murah, pake parts 555 ga ampe sjuta)
- idle arm, diganti tiap kali ganti ban... janjian mereka tewas bareng (parts 555 300an rebu)
- bushing swing arm, stabilizer diganti di taon ke 8 krn ud jebol (murah, bkin di glodok smuanya ga ampe 100 rebu)
- radiator awet ampe taon ke 4 trus bocor mulu shg ane las trus pakein coolant dan aman jaya ampe dijual tuh mobil
- body kropos smua, nyaris tiap taon bawa ke tukang las pinggir jalan d kramat raya...

ini mobil overall slama 11 taon make, perawatan plg minim cost tp kl diakumulasi, lmayan menyita waktu betulin penyakit2 d atas... slama 11 taon, btulin smua excl body repair abis ga ampe 6jt total... yg ckup mahal body repair.. tiap taon minimal 600 ampe sejuta abis btulin tuh kropos2...

juara terakhir yahh si ipah
- kopling ganti di 90 rbu km... plat masi mengigit banget tp pedal berat aj
- shock depan blakang ganti pas 110 rb km... beserta support shock depan..
- 120 rb km ganti ball joint depan atas bawah... blm rusak sehh, cuman krn ngeliat leleran gemuk di karet nya jd yahh ganti aj...
- apa lagi yahh.....
Juaraaaa emang livina om kelep wkwkwk :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Landie wrote:Paling rewel ane pegang Opel Blazer '97, masalah paling sering power windows nyangkut (di berbagai titik)...sepele sih tapi rese aja bolak balik bengkel untuk urusan begini padahal mobil < 3 tahun. Trus kyknya ada banyak masalah printilan lain (udah lupa, yg pasti sering complaint ke beres), terakhir sebelum dijual tahun 2000 sempet mogok dan teknisi Opel yg benerin bilang sebaiknya dijual aja...padahal mobil selalu servis di beres. Habis itu ganti LGX rasanya happy banget karena ga usah bolak balik bengkel lagi.
Baru usia 3 tahun udah rewel begitu om? Padahal kan masih baru banget... & blazer 90s komponen2nya masih pada made in america (ato mungkin karna ini jadi ga tahan iklim tropis) :ungg:
walid_007 wrote:W210

Sampah

Sampah

sampah................
Dijabarkan dong om sampahnya apa aja :big_grin:
erwinign wrote:Mobil ane paling juara jajan: GL 1.5 XV manual '07.
-Busi tiap 3 bulan kaput (di thn Ke 5)
-Aki per 6 bulan ganti (mulai tahun ketiga)
-kabel kopling bolak balik kaput gara" air Aki
-tongkat transmisi patah
-Shock breaker belakang ganti 3x
-Kabel klakson problem
-Pengait bagasi bunyi"
-kompresor pernah kaput sampe ngabisin v belt

Kedua: R3 gx mt 2013
- Bolak balik bengkel body karena bbrp
kali tabrakan besar

Demikian sharing ane :big_smile]
Waduh 1 lagi pengguna livina yg problemnya bejibun :big_childish:
jar-jit-no wrote:berhubung baru 2x punya mobil sendiri, jd cerita yg mobil pertama aja..seken soalnya.. :mky_01:

accord cielo '94 MT
- AC bermasalah..awalnya gk dingin, trs ganti evaporator..eh, gak lama kompresor jebol. akhirnya ganti. total abis hampir 6jt-an pake part copotan.
- beberapa kali nyaris overheat. pernah jarum temp naik pas lg di parkiran mall yg nanjak..panik mampus. untung segera dpt parkir...pernah jg selang radiator bocor pas lg jalan sm anak & bini. tapi sampe akhir untung gk sampe kena blok mesin :e-dance:
- Head lamp bolak balik mati :e-snooty:

itu sih..lainnya penyakit wajar mobil berumur, macem selang power steering bocor, alternator mokat, aki mokat, dll. dll. yg biasanya sering ada di mobil berumur :ungg:
Padahal corona absolut taun sama ngga punya problem begini lho om... Apa emang cielo non VTEC ini banyak masalah (denger2) :big_childish:
Nightster Guy wrote:Espass first batch 1995.

Semua rusak, trmasuk dompet ownernya. Semua bunyi, kcuali klaksonnya.
Ya salah sendiri espassnya dikasih logo BMW, kan penyakit BMW nya jadi ngikut semua ke espass
:mky_03:
adty wrote:Pernah miara KIA Carens 2 juara rewelnya. Waktu itu ane masih SD dan pake supir sih tp ane inget banget ini mobil sering mogok dijalan, akhirnya bolak balik bengkel dan ujung2nya ke sekolah naik bajaj atau angkot juga. Tapi kurang tau juga sih penyebab mogoknya belom peduli sama komponen mobil saat itu :wkkk:

Serena C24 juara keduanya. Piara ni mobil 9 tahun lumayan sering overheat. Belom lagi pernah dibobol sama maling di hotel di bandung. Kaca pecah, HU diembat dsb dsb. Belom lagi bunyi jedakk kenceng banget kalo kekencangan lewat poldur di kaki2 belakangan. Tapi ajaibnya almost gaada rattling di mobil ini :mrgreen:
Kalo gitu ngapain dianter jemput kalo ujug ujug naik angkot/bajay :big_slap:
C24 overheat gara2 apa om? Radiator bermasalah? Jarang2 nih denger C24 overheating mulu :mky_01:
ween wrote:
sintoni wrote:2 kata:

Kia carnival. Juara dah!

Lcgc ane jg perna mogok depan PTc surabaya sih, ternya pompa bahan bakarnya rusak, bayar deh 5.5 jeti, nunggu part 1 minggu jg. Hehehe.
Idem....carnival gs a/t 2.5 v6 thn 2000
Tiap bulan selalu jajan....
Mulai dari packing cyl head (2x), pompa pwr steering (2x), master rem, fuel pump, sampe karet balon di pintu2 yg lengket & handle pintu patah
Akhirnya diapain om carnivalnya? Dijual dengan kondisi apa adanya kah? :ungg:
artoodetoo wrote:Mobil saya yg paling banyak problem?
Batu makam hari cerah :big_biglaugh: (baca: Nissan Sunny)
Soalnya itu mobil ex taksi. Macam2 lah rusaknya, mulai dari overheat, rem mengunci, mogok tiba2, suspensi, entah apa lagi :upss:
Jadi sementara ini yang paling banyak menuai keluhan.... Batu makam :mky_02: :big_sorry: :big_sorry:
iamwewe wrote:mazda2 2012. udah sering rpm naik turun karena throttle body nya kotor. padahal filter udara pake standard punya, sering disemprot pula. udah pernah ganti filter udara oem juga, tapi tetep aja throttle bodynya gampang banget dah kotor. sekarang engine mounting udh mulai kena. nyetir di rpm 3000, setir bak vibratorrrrrr.. shockbreaker kanan belakang jg nggak tau kenapa, suka kaya ada suara besi beradu skrg. tonkkk.. tonk... kalo pas lewat poldur.

pemakaian: mobil perang yg tiap hari pp pluit - tjg priuk.

d4d a/t 2012, indikator check filter solar nyala terus. padahal udah diganti filter solarnya DIY. tapi mobil overall nggak ada masalah berarti. masih jalan terusssss aja.
Buseet padahal baru taun 2012 om... :ungg:
Selama pemakaian halus2 aja ato sering dikasarin mobilnya? :mky_01:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Belphegor »

Ikutan sharing ya:

1. MB W220 S280L FL 2003:
- Tangki bahan bakar bocor halus, bau bensin menyengat sampai ke kabin. Tunggu barang dari jerman 2 bulan, alhasil untuk sementara tangkinya di las dulu pakai plat jadi ga bocor, harga 20an juta :frm_shock:
- Crank sensor rusak di tengah jalan alhasil harus ditowing sampai bengkel, padahal lagi ngedate mau pergi ke restaurant. Harganya mgkn ga sampai 1 jt, tapi keselnya sampe ke ubun2 :mad:
- Door Control Module driver side rusak, alhasil mobil ga bisa dikunci baik secara manual maupun remotely, untung posisi saat ini masih di rumah.
- Sering dapet warning ABS / Airbag problem, tapi setelah dicheck tidak ada apa, akhirnya setiap beberapa bulan sekali harus ke bengkel untuk reset ECU

2. Chevrolet Captiva 2.0 FL 2012:
- Dashboard bunyi2, udah dibongkar dashboard 3-4x oleh pihak bengkel ATPM, tapi hanya temporary solved. Sekarang muncul dikit2 lagi.
- Niat mau bersihin injector karena iseng, karena bengkel kurang pengalaman akhirnya malah rusak injektornya (mungkin hanya kotor, tp pihak bengkel tdk bsa bersihkan). Alhasil diganti free oleh pihak bengkel 3 buah injector
- Power window belakang kanan mampet, harus digedor2 baru bisa jalan lagi. Akhirnya diganti motornya karena masih warranty, sekarang sudah normal.
- Kadang2 wiper belakang tidak mau berkerja

Sisanya mobil lain yg ada di garasi beremblem toyota dan saudaranya, so far so good, tidak ada keluhan berarti meskipun salah 1 diantara mereka sudah mengisi garasi saya sejak 2006.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Xous »

Problem mbl sy yg tdk sembuh adalah ECU nyala sejak dulu tp berkahnya jarang ada yg mau pinjam tuh d4d, takut rusak / trobel d tengah jalan kata mereka. haha.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ween »

amfibi wrote:
ween wrote:
sintoni wrote:2 kata:

Kia carnival. Juara dah!

Lcgc ane jg perna mogok depan PTc surabaya sih, ternya pompa bahan bakarnya rusak, bayar deh 5.5 jeti, nunggu part 1 minggu jg. Hehehe.
Idem....carnival gs a/t 2.5 v6 thn 2000
Tiap bulan selalu jajan....
Mulai dari packing cyl head (2x), pompa pwr steering (2x), master rem, fuel pump, sampe karet balon di pintu2 yg lengket & handle pintu patah
Akhirnya diapain om carnivalnya? Dijual dengan kondisi apa adanya kah? :ungg:



Beli baru thn 2000 235an jt.....4thn kmudian d jual skitar 85an jt.....wkt d jual, kondisi sehat, oom....
Selama 4thn itulah tiap bln jajan....
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

Belphegor wrote:Ikutan sharing ya:

1. MB W220 S280L FL 2003:
- Tangki bahan bakar bocor halus, bau bensin menyengat sampai ke kabin. Tunggu barang dari jerman 2 bulan, alhasil untuk sementara tangkinya di las dulu pakai plat jadi ga bocor, harga 20an juta :frm_shock:
- Crank sensor rusak di tengah jalan alhasil harus ditowing sampai bengkel, padahal lagi ngedate mau pergi ke restaurant. Harganya mgkn ga sampai 1 jt, tapi keselnya sampe ke ubun2 :mad:
- Door Control Module driver side rusak, alhasil mobil ga bisa dikunci baik secara manual maupun remotely, untung posisi saat ini masih di rumah.
- Sering dapet warning ABS / Airbag problem, tapi setelah dicheck tidak ada apa, akhirnya setiap beberapa bulan sekali harus ke bengkel untuk reset ECU

2. Chevrolet Captiva 2.0 FL 2012:
- Dashboard bunyi2, udah dibongkar dashboard 3-4x oleh pihak bengkel ATPM, tapi hanya temporary solved. Sekarang muncul dikit2 lagi.
- Niat mau bersihin injector karena iseng, karena bengkel kurang pengalaman akhirnya malah rusak injektornya (mungkin hanya kotor, tp pihak bengkel tdk bsa bersihkan). Alhasil diganti free oleh pihak bengkel 3 buah injector
- Power window belakang kanan mampet, harus digedor2 baru bisa jalan lagi. Akhirnya diganti motornya karena masih warranty, sekarang sudah normal.
- Kadang2 wiper belakang tidak mau berkerja

Sisanya mobil lain yg ada di garasi beremblem toyota dan saudaranya, so far so good, tidak ada keluhan berarti meskipun salah 1 diantara mereka sudah mengisi garasi saya sejak 2006.
S280L nya masih ada om? Waduh padahal yang FL ya... denger2 yang pre-FL lebih sedap lagi penyakit2nya :mky_03:
Xous wrote:Problem mbl sy yg tdk sembuh adalah ECU nyala sejak dulu tp berkahnya jarang ada yg mau pinjam tuh d4d, takut rusak / trobel d tengah jalan kata mereka. haha.
Padahal mah jalan2 aja ya om tanpa kendala :upss: :upss: :upss:
ween wrote:
amfibi wrote:
Akhirnya diapain om carnivalnya? Dijual dengan kondisi apa adanya kah? :ungg:
Beli baru thn 2000 235an jt.....4thn kmudian d jual skitar 85an jt.....wkt d jual, kondisi sehat, oom....
Selama 4thn itulah tiap bln jajan....
Buseet, ngenes banget baru 4 tahun udah jadi bubuk doang harga bekasnya :big_slap:
Jadi ngebayangin, gimana carnival2 bensin pas udah belasan tahun kaya skrg... :ungg:
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ween »

amfibi wrote:
ween wrote:
amfibi wrote:
Akhirnya diapain om carnivalnya? Dijual dengan kondisi apa adanya kah? :ungg:
Beli baru thn 2000 235an jt.....4thn kmudian d jual skitar 85an jt.....wkt d jual, kondisi sehat, oom....
Selama 4thn itulah tiap bln jajan....
Buseet, ngenes banget baru 4 tahun udah jadi bubuk doang harga bekasnya :big_slap:
Jadi ngebayangin, gimana carnival2 bensin pas udah belasan tahun kaya skrg... :ungg:
Eh Maap2.....ane salah.....waktu itu di beli 110jt sama tmn kntr bokap......trus dia pake 1-2thnan, trus dia jual lagi.....nah saat itulahdia bilang laku 85jtan

Skali lagi, maap yah, mod....
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7433
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by newrubble »

pengalaman dr jaman sy blm tk sampai lulus postgrad itu sesuai dgn multi survey di EU

citroen
citroen
citroen
citroen
citroen

ds, cx, bx petrol, bx diesel, ax14 petrol

pas alm ayah sy mati, brand ini yg sy eksekusi dulu...sole agent dia sj nyerah...brand ini classic types cuma cocok jadi movie property n art studio tenant...dijual kiloan juga tdk bgt laku ("maaf pak besi nya sedikit skali, kata satu pedagang dr suku tertentu yg pernah datang u angkat bangkai ax)

sy hanya tertolong satu misan istri sy dr noumea yg bgt liat...lsg dia angkut smua tanpa tawar...wonderful treasures kata dia
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Nightster Guy »

Oot, kl yg plg sdikit problem:

- kijang all gen setelah kotak sebelum ipah. Intinya: bodi pasti kalah duluan dibanding kaki, mesin, drivetrain, elektrikal. Abis bodi kalah baru kaki.

- land cruiser all gen exclude 100 dan 200. Intinya, badak beroda ini mesti dirusakin dulu baru akan rusak.

Salute to toyota buat 2 produk ini.
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

Nightster Guy wrote:Oot, kl yg plg sdikit problem:

- kijang all gen setelah kotak sebelum ipah. Intinya: bodi pasti kalah duluan dibanding kaki, mesin, drivetrain, elektrikal. Abis bodi kalah baru kaki.
.
yg ane quote... ane rada ga stuju mods...

tetangga ane masi make tuh kapsul lgx 1999 seumuran panther ane.... ampe skrg body cuman karat dikit tp ud turun mesin.. OS 0.5 gegara ngebul... mobil ajudan sekda d tempat ane skrg jg sama... kapsul 7K EFI... odo masi 160an rbu ud ngebul...

di ipah jg sama... rata2 body jarang ane liat ampe karatan... malah kaki2 uda tewas duluan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

newrubble wrote:pengalaman dr jaman sy blm tk sampai lulus postgrad itu sesuai dgn multi survey di EU

citroen
citroen
citroen
citroen
citroen

ds, cx, bx petrol, bx diesel, ax14 petrol

pas alm ayah sy mati, brand ini yg sy eksekusi dulu...sole agent dia sj nyerah...brand ini classic types cuma cocok jadi movie property n art studio tenant...dijual kiloan juga tdk bgt laku ("maaf pak besi nya sedikit skali, kata satu pedagang dr suku tertentu yg pernah datang u angkat bangkai ax)

sy hanya tertolong satu misan istri sy dr noumea yg bgt liat...lsg dia angkut smua tanpa tawar...wonderful treasures kata dia
Sampe jeruk nipis prancis ini lebih sering pake tenaga 'hybrid' mesin campur dorong ya om daripada jalan sendiri... :mky_03:
DOHC wrote:
Nightster Guy wrote:Oot, kl yg plg sdikit problem:

- kijang all gen setelah kotak sebelum ipah. Intinya: bodi pasti kalah duluan dibanding kaki, mesin, drivetrain, elektrikal. Abis bodi kalah baru kaki.
.
yg ane quote... ane rada ga stuju mods...

tetangga ane masi make tuh kapsul lgx 1999 seumuran panther ane.... ampe skrg body cuman karat dikit tp ud turun mesin.. OS 0.5 gegara ngebul... mobil ajudan sekda d tempat ane skrg jg sama... kapsul 7K EFI... odo masi 160an rbu ud ngebul...

di ipah jg sama... rata2 body jarang ane liat ampe karatan... malah kaki2 uda tewas duluan...
Iya nih, ane juga sering banget liat kijang kapsul di jalanan sini ngebul putih... Padahal body nggak menunjukkan bekas perang :big_childish:
Yang rusak apanya sih om kalo kisul ngebul gini? :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

biasa di ring oli nya ud kaput duluan... ring kompresi masi ckup sehat walafiat koq rata2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
hanhan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Nov 26, 2007 8:56
Location: Surabaya

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by hanhan »

Ikutan nimbrung........
Ford Fiesta tahun 2010 (batch awal)
Mobil disayang saying, km baru 23ribu, selalu ontime servis ke beres sesuai buku petunjuk
Sampai aku belain nyuci mobil sendiri (sampai diomelin suami kok ngga bawa ke salon mobil aja)

Pertama, air ngerembes dari kanan depan (atas pedal gas) --> setelah wira wiri bengkel bbrp kali ternyata dari pabriknya lupa di seal :big_dunno: Solusi dari ford: diganti unit baru

Kedua, setir kalo diputer mentok bunyi jeduk jeduk

Ketiga, muncul indicator malfunction engine --> TCM rusak

Kapok dah pake merk Ford
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

DOHC wrote:biasa di ring oli nya ud kaput duluan... ring kompresi masi ckup sehat walafiat koq rata2...
Noted om :big_okay:
hanhan wrote:Ikutan nimbrung........
Ford Fiesta tahun 2010 (batch awal)
Mobil disayang saying, km baru 23ribu, selalu ontime servis ke beres sesuai buku petunjuk
Sampai aku belain nyuci mobil sendiri (sampai diomelin suami kok ngga bawa ke salon mobil aja)

Pertama, air ngerembes dari kanan depan (atas pedal gas) --> setelah wira wiri bengkel bbrp kali ternyata dari pabriknya lupa di seal :big_dunno: Solusi dari ford: diganti unit baru

Kedua, setir kalo diputer mentok bunyi jeduk jeduk

Ketiga, muncul indicator malfunction engine --> TCM rusak

Kapok dah pake merk Ford
Ini fiesta 1.6 ya sist? :mky_01:
Waduh mobilnya masih 23 ribu km udah rusak TCM ya... Bahaya banget :big_childish:
Sejauh ini masih jalan normal mobilnya biarpun TCM rusak?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by b8099ok »

Kia Picanto 2010 :
- pompa bensin modiar tanpa sebab.
- idle up kumat ayan, jd rpm bisa bervariasi seenak jidat si idle up (range 600an sampe 3000an, klo pas dia hold di 3000 jd kyk pake cruise control :big_slap:)
- shock belakang patah seblah kiri, gr" dipake ngangkut akua 600ml 14 dus.
- shock depan menyusul gak lama (mungkin minta dikubur bareng).
- tie rod ganti tiap ganti ban.
- spion uda 4x ganti, krn msh manual, sling kabel pengaturnya suka patah klipnya.
- relay ac, relay starter, relay lampu, semuanya udah minta ganti pada tahun ke 2. Skr selalu nyetok relay mini paling ngga 4 biji ama bawa tang jepit.
- kampas rem depan, tiap taon ganti pake bendi*. Pake aslinya cm bertahan 6-7bln.

H. Civic 2004
- tie rod, ball joint meninggal dunia diusia ke 7.
- idle control valve tewas dengan sukses saat beranjak dewasa di usia 8 tahun.

Yaris 2008 limited s
- inner fender tiap banjir pasti beli baru kiri kanan tengah.
- spion modar retractablenya, kerjaan tangan tukang parkir.

Udah itu aja,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
v63000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by v63000 »

Mobil yang banyak problem atau ga saya ga bisa sharing, karena menurut saya masing masing mobil punya masalahnya sendiri. jadi saya sharing masalah yang pernah dialami saja ya :mky_01:
1. Toyota Kijang LSX Diesel Thn 1997
Problem :
- Radiator bocor. jadi mesin pernah overheat terus ditambal ke tukang radiator pinggir jalan Rp. 150.000 sembuh 1 bulan udah gitu kumat lagi. akhirnya ganti radiator ORI toyota Rp. 900.000 masalah selesai :mky_02:
- Rem Kurang pakem bawa bengkel pinggir jalan service rem Rp. 200.000 eh 3 hari kemudian remnya malah "ngigit" terus ga balik lagi akhirnya dibawa ke beres toyota service rem sekaligus ganti "brake pad" Rp. 1.000.000 masalah selesai :mky_02:
- AC kurang dingin bawa ke tukang AC pinggir jalan terus cuman 1 bulan dingin habis itu malah ga dingin sama sekali, terus dibawa ke bengkel resmi AC Denso Fregia di bandung habis 2 jt lebih sampai mobil dijual AC nya masih dingin terus
- Power Window penumpang belakang kanan mati ga dibenerin sampai mobil dijual :mky_04:
2. Toyota Crown Thn 1990
Problem :
- Elektrik seat baik bagian supir atau penumpang belakang kadang-kadang mati :mky_04: tapi ga pernah dibenerin bingung benerinnya dimana :big_childish:
- Rem belakang bunyi-bunyi benerin di beres Toyota Masalah selesai :mky_08:
- Mesin boros dan transmisi telmi ga pernah di cek atau dibenerin soalnya masih berfikiran mungkin gitu karakter crown :big_bored:
- Antena Elektrik mati
3. Hyundai Trajet 2.7 Thn 2001
- Rpm Suka tiba tiba drop terus Ganti Servo di BERES hyundai masalah selesai cuma indennya emang agak lama :big_dunno:
- matik "nyentak" kadang susah masuk R ganti Solenoid di BERES hyundai masalah selesai :mky_02:
- lainnya perawan rutin aja cuma ganti timing belt :mky_03:
4. Hyundai Grandeur Thn 2000
- Ga bisa buka Tutup tangki bensin dari interior karena switch elektrik pembuka tutup bensinnya mati :off_no: akhirnya inden tuh switch inden. Eh udah 2 bulan baru ada itu switch :2gunfire: (Note : Selama switch nya belum diganti buka tangki bensin pakai kabel kawat darurat dari bagasi jadi kalo mau isi bensin harus buka bagasi dulu :off_no: , selama di POM bensin malunya minta ampun :frm_bang_head: karena mau isi bensin kok buka bagasi sampai ditanya mulu sama petugas pom bensin) Pasang switch yang baru akhirnya masalah selesai :mky_02:
- Retract spion Ga bisa ngunci jadi walaupun udah ngelipet spionnya bisa dibalikin lagi ke posisi normal dengan tangan ga pernah dibenerin :big_bored:
- AC ga dingin setelah mobil 3 bulan di tangan saya benerin di bengkel AC Fregia habis 4Jt++ :big_slap: masalah selesai :mky_02:
- Selebihnya perawatan normal aja ganti Timing Belt, dkk :mky_03:
5. Nissan Teana 2005
- Kaki-kaki bunyi bunyi terus perbaiki di bengkel kepercayaan habis 3jt masalah selesai sampai mobil dijual ga ada bunyi bunyi lagi kaki kaki nya :mky_02:
- engine check nyala lalu mesin tiba tiba mati :off_no: stater lagi akhirnya mesin hidup :e-pray: tapi engine check masih nyala periksa di bengkel kepercayaan ternyata Crank Sensornya kena terus ganti Crank sensor 3Jt++ masalah selesai :mky_02:
6. Toyota Harrier Thn 2001
- Mesin sempat terasa Boyo Terus di Tune Up di bengkel kepercayaan di Bandung sampai sekarang Performa nya masih Ok lah ga Seboyo dulu pas pertama kali beli :mky_08:
- Sampai saat ini sih So far So Good cuma CD Changer aja mati males ah dibenerin mending ganti HU aja :mky_03:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Jambangan »

Mobil terewel yg pernah ada di keluarga ane :

1. Opel Blazer '96
-Suka overheat. Entah apa masalahnya kurang tau ane. Soalnya waktu itu msh SD kelas 2 :mrgreen:
Ga sampe setaun dijual bokap ganti kijang EFI. Pake 4 tahun ga ada masalah :mrgreen:
2. Mitsubishi Chariot '99
-Pernah mogok. Kyknya gara2 dicekokin premium. Mesin direct injection dicekokin premium jaman tahun 2004-2005 kaput jg :mrgreen:
3. Nissan X-Trail '03
-Kaki2 bunyi. Dicek balljoint dah lemah. Harus ganti segelondong ama arm nya jatuh mahal kena @1,8 jt per buah. Sampe dijual ga diganti
-lampu rem pernah ga bisa mati padahal kunci kontak udh dicabut & kaki ga di pedal rem. Ternyata ada karet switch penahannya copot. Setelah diganti beres masalahnya :mrgreen:
-pernah susah starter kyk aki ga mau ngangkat. Ternyata filter bensin retak jadi tekanan bensin turun makanya susah distarter. Inidikasi kena part palsu/cacat. Bawa ke beres,ganti,clear masalah
-pas lagi jalan bunyi grok2 dari ruang mesin. Pulley alternator rusak. Ganti abis 1 jtan
-AC ga dingin. Ini udh entah brp kali ke bengkel AC ga nemu masalahnya :D
Akhirnya dijual di 2013 di odo 45rb KM. Ane make dari 2011


Itu aja sih :upss:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Nightster Guy »

CJ7 82. Banyakan di bengkelnya drpd di jalan. Emang gacocok kl kantong kere ala mahasiswa mau (sok) keren piara jeep, back to mid 90an.

Tiap mo start komatkamit doa mohon ampun atas dosa2 semalem, spy si jip keren mau idup. Motor starter OEM CJ7 memang blangsak dr sononya. Mestinya ganti hi torque punya wrangler YJ atau mopar sekalian.

Rem ngelos melulu.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Jambangan »

anakgembrot wrote:
Nightster Guy wrote:Espass first batch 1995.

Semua rusak, trmasuk dompet ownernya. Semua bunyi, kcuali klaksonnya.

:wkkk: :wkkk: :wkkk:

beneran ini om? :big_slap:


jaman SD sering nebeng mobil espass punya temen, serasa alphaaarrdd :mky_02: .... pada jamannya :mky_03:
sama dulu ane jg entah kenapa suka naik espass :mky_01:
pernah ada sodara nitip espassnya di rumah ane. sering jalan2 ama ortu naik espassnya dia rasanya asik bgt :mky_02:
esspas supervan 1.6 '96 atau '97 gitu lupak. warna khasnya : ijo muda :big_grin:
msh SD kelas 1 waktu itu sekitar tahun 1998-1999 :mky_01:
dulu espass rasanya ga kendaraan niaga bgt kyk gran max sekarang. mungkin kyk luxio sekarang :mky_01:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by aldy »

Permisi ikutan nimbrung:
Paling banyak masalah ya batu makam GL :mky_03:
Masalahnya kurleb persis yang diutarakan bro DOHC :big_dunno:
Awal beli 2007 (dijual 2013 kemaren) dapet batch awal apes banget dah sekaligus bikin kapok beli merk N itu :mky_01: Mulai dari, transmisi manual tiba2 bunyi jedakk keras banget + bunyi ngorok klo posisi netral dan pedal kopling ga diinjak (solve diganti segelondong), Joint steer bunyi duk duk klo diputer, Fuel meter ngaco..(Memang semua diganti free tapi berasa kencan ama bengkel :big_biglaugh: ) Tarik nafas dkit ga ada masalah selama 2 tahun.. Tiba2 AC ga dingin ternyata evap bocor :big_cry: , lanjut ke bearing roda depan bunyi, kaki2 mulai orkestra sama bunyi2 bongkar total ganti karet2 bushing2 bantingan oke lagi..kampas rem ganti 5x (sampai kilometer 150rban) Dst.. Belum lagi jaman itu pelayanan bengkel batu makam basrah mengenaskan :frm_shock: :frm_shock: Yang ga rewel sama sekali cuma bagian mesin aja (kecuali suara knocking).. :mky_03: Mungkin emang ane ga hoki pake merk batu makam :mky_03:
Akhirnya jokul ganti nonopah dono :mky_02: Yang skrg sampe kilometer 20ribu lebih free trouble..
#Bukanantekyoyota :ngacir: :ngacir: Soalnya 2x punya yoyota kijang memang ga pernah ada masalah aneh2 selain servis rutin di beres.
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

aldy wrote:Permisi ikutan nimbrung:
Paling banyak masalah ya batu makam GL :mky_03:
Masalahnya kurleb persis yang diutarakan bro DOHC :big_dunno:

Yang ga rewel sama sekali cuma bagian mesin aja (kecuali suara knocking).. :mky_03: Mungkin emang ane ga hoki pake merk batu makam :mky_03:
utk enjin memang seharus nya ga ada masalah sehh... wong pabrik yg buat tuh enjin nya aj pabrik yg sama buat gearbox batu makam jitiar... kl ampe bermasalah jg, mending ntuh enjin blok jadiiin batu makam beneran aj dehh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by imsus2c »

amfibi wrote: Iya nih, ane juga sering banget liat kijang kapsul di jalanan sini ngebul putih... Padahal body nggak menunjukkan bekas perang :big_childish:
Yang rusak apanya sih om kalo kisul ngebul gini? :mky_01:
Penyakit orok alias bawaan genetika mesin 7K
Ring pistonnya loyo, gampang ngebul

Sama kasusnya sama 1MZ-FE, gampang bikin sludge
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking