Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

XCI-001 GusSur wrote:Yang pernah saya dengar, INdonesia memang dijadikan salah satu tempat survey ketika Livina akan diluncurkan. tapi memang tidak spesifik bahwa Livina disajikan hanya untuk pasar indonesia.
Duh XCI 001 yang ngomong yah?
Gak berani kasih koment dah...... :e-dance:

Hihihi becanda ya bos......
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya duga KUAT dia orang TAM. Komentar begitu ganas cuman bisa datang dari :


1. Orang atau sales TAM atau ATPM lain. Tapi saat ini TAM paling kena dampak Livina.


2. Orang anti-Livina entah kenapa ....


Kalau bukan yang atas, siapa lagi ?
why71
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Apr 13, 2007 4:05

Post by why71 »

ikutan ya prend... biar tambah rame nih diskusinya...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bumi makin panasssss....huehue
lexastan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20

LEVEL PSIKOLOGIS 2000 POST

Post by lexastan »

Wah tampaknya IHSG toko ini ga bisa nyampe level psikologis 2000 post deh......
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Re: LEVEL PSIKOLOGIS 2000 POST

Post by NissanLovers »

lexastan wrote:Wah tampaknya IHSG toko ini ga bisa nyampe level psikologis 2000 post deh......
mungkin dah pada pegel & capek deh! :lol:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

sukasuka_man wrote:Well hasil searching ane sudah jelas

http://www.worldcarfans.com/news.cfm/ne ... a-revealed

Livina di launched di China pertama di China November 2006, juga dijelaskan bahwa diharapkan dari China pasar global akan terbuka.

Nah kaitannnya dengan
Winata wrote:Dari mobilku.com
Nissan Motor Indonesia berkali-kali mengatakan Nissan Grand Livina dirancang secara spesifik untuk keluarga Indonesia. Ketika merancang model ini, disainer Nissan melakukan survey intensif pada keluarga Indonesia, termasuk mengukur tingkat kenyaman optimal bila penggunanya memakai kebaya, posisi duduk paling pas dan banyak hal lain yang spesifik


Berarti orang NMI gak bener dong.
Lha kalo spesifik buat Indonesia kenapa launching pertama di China? Gak salah tuh?


Produksi China khan setir kiri. Produksi Indonesia setir kanan.

Kalo soal bahasa mah, biasa lah bahasa marketing. Dimana2 sama. Nggak usah dipermasalahkan. Sama kayak TAM waktu launching Vios. Memblow up grill Vios Indonesia dirancang khusus buat Indonesia alias satu2nya di dunia. Kalo dipikir2 beda grill doang apa urgensi nya ..?

BTW, Livina ini emang produk yg heboh. Sebagian over hype, tapi sebagian lagi over kritis. Di SM, belum pernah ada produk yg banyak dipuji dan sekaligus banyak diikritisi kayak gini.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

itulah Grand Livina... :multi:
Image
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Mungkin aja Livina memang awal idenya dari pasar indonesia dan diuji-cobakan untuk dibuat dan dipasarkan untuk di RRC karena nissan mau bangun pabrik/penetrasi disana. Sekali lempar dua burung kena kan.
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

wah.. rame banget.. gw cuman mo bagi opini gw yg mungkin semua orang juga uda ngerti..

toyota, honda n nissan semua nya punya tujuan bisnis.. setiap perusahaan pasti pengen jadi yg terbaik, terbersih, paling support lingkungan etc.. tapi customer lah yang berhak menentukan..

saya secara pribadi lebih setuju dengan pendapat Sithlord.. why? karena merupakan pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan.. saya setuju kalau lebih baik kita beli mobil dengan teknologi kyk livina yang tetap pake bbm tapi irit n muat banyak sekaligus nyaman (ini merupakan FAKTA yang ga bisa disangkal ama orang toyota n honda)

kalo emang ada mobil yang memiliki value of money lebih dari livina.. saya juga pasti ngomongin.. tp so far..
avanza mengecewakan.. suspensi kyk naik becak..
innova boross.. tapi emang hening.. n lebar.. harga nya juga mahal..
stream interior nya keren.. modis.. tp pendek nya itu.. serem kl pas banjir.. (let's face it.. di indo kaga cocok yg pendek2.. kecuali anda punya second car)

bout hybrid.. jujur aja saya juga ngerti kalo bikin mobil hybrid itu pake sumber daya yang besar, bikin POLUSI (ironis banget) and blum tentu orang bisa beli dengan harga segitu tinggi nya.. kalo Arnold yang jadi gubernur negara bagian California bisa beli mobil SUV hybrid ga heran.. orang kaya n dia juga punya image yang perlu dijaga. *politic gitu loh*

balik lagi masalah konsumsi bbm.. biarpun saya setuju dengan sithlord.. mengenai lebih baik mobil kyk livina yang emang nyaman, ga mahal, irit (value of money).. saya lebih menekankan cara berkendara yang baik.. anda mo naik toyota, honda, nissan ato timor.. kl kebut2an.. sering narik2 ato ngerem mendadak.. ya tetep aja.. sehybrid2nya tetep boros.. NOL besar.. n lagi.. kemacetan di indo itu memperparah konsumsi bbm sebesar 30% itu yang skala macet nya moderate.. bukan heavy kyk di jkt..

so guys dari sekarang, kita mulai belajar mengemudi yang baik.. bisa hemat bbm seliter sehari uda bagus lah.. kl ada 10.000 orang uda 10.000ltr/hari.. mayan.. ngurangin emisi gas buang..

saya ga kenal siapa itu sithlord ato conan.. i am just a guy who happen to know a little.. so kl ada yg salah tolong dimaklumi..

john legend rOCks v^^v
btw liverpool is the best.. hahaha.. beat the crap out of chelsea.. LoL
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya juga ngak kenal ama siapapun di sini. Semua pakai alias kok...


Benar, kaki kita sangat pengaruh konsumsi BBM. Injak gas dalam itu kayak full afterburner di pesawat jet tempur, di jamin gasnya cepat habis, mobil maupun jet tempur sama juga..


Ngomong BBM, pagi ini ada kejadian sedikit menarik. Saya lagi isi bensin. Terus di depan ada kijang kapsul 2.0 A/T. Eh, yang isi adalah gadis masih muda. Cantik banget si ngak, tapi tampang kalem, seperti anak gadis tetangga sebelah yang baik, terus terang saya " sedikit " kaget...


Nah, kalau ngkok ngkok tampang yang di Glodok yang galak, saya ma malas ajak ngomong, tapi saya langsung kepikir, eh, jaman sekarang kapsul tua itu konsumsi BBMnya berapa yah ? Langsung saya dekatin itu gadis dan dengan nada suara yang friendly, tapi ngak kesan " buaya ", saya tanya " Mobil ni konsumsi BBM 1 banding berapa yah ? "


Tu gadis sedikit kaget, mungkin dia pikir, waduh, ada buaya datang nih, gimana yah ?... Tapi dia akhirnya jawab " 1 banding 5 ". Dalam hati saya, Astaga ! Tapi cengli lah, mobil tua, mesin 1970s technology, 2000 cc lagi. What do you expect.... Tapi not bad gadis kalem muda bisa tau ratio BBMnya. Padahal ngak semua laki tau.. Not bad for a girl !


Cuman saya pikir, mau " salahin " mobil tua seperti dia juga ngak fair. Siapa yang ngak mau ganti mobil baru yang irit dan enak, tapi ngak semua orang gaji naik, toko / bisnis ramai terus. Kalau uangnya ngak cukup gimana ?


Cuman saya pikir, sudah lebih dari 1 juta kapsul di jalan, belum mobil tua lain yang banyak juga. Bayangkan tiap hari mereka minum BBM begitu, every hour, every day....+ emisinya.... Tapi saya yakin ownernya juga sakit hati, tapi habis gimana, mau ganti mobil uangnya masih perlu di pakai untuk....


Itulah problem dunia saat ini. Mudah mudahan nanti mobil macam Baby Livina lahir, harga cuman 120-130+ juta, lebih irit lagi dari GL 1.5, makin banyak mobil tua yang pindah. Coba mari kita iseng lagi hitung economicsnya untuk pemilik mobil tua seperti gadis manis itu.


Say kapsul LGX 1.8, lihat Autobild mayoritas mereka nilai pasarnya sekitar 100 juta. Plus minus berapa juta lagi tergantung tahun... Assumsi dalam kota 1:6 lah, jangan 1:5. Nah, GL 1.5 say 1:12, or Baby Livina juga segitu deh. Harga 130-150 juta kan.


Assumsi tiap bulan jalan 1500 km, jangan 2000 lebih deh, kan ngak semua orang sales, banyak juga yang buka toko... Jadi pakai kapsul tua, tiap bulan habis 1500/6 = 250 liters. Assumsi harga premium tengah ke 5 tahun ke depan adalah say 5000 ? Jadi Biaya BBM per bulan adalah 1.25 juta.


Kalau GL atau Baby Livina 5 seater (atau Jazz / SX4 etc), BBMnya per bulan jadi 1500/12 = 125 liters. Nilainya 625,000 sebulan. So ganti mobil bisa hemat BBM 625,000 sebulan. Jadi 7.5 juta setahun.


Balik modal nombok jual kapsul tua ke GL 1.5 selisihnya kan say 140-100 = 40 juta. So payback periodnya adalah 40/7.5 = 5.3 tahun....


So worth it ngak ? Susah ngomong yah... Tapi at least 5 tahun masuk akal lah, ngak 50 tahun kok. Pula BBM nanti naik ke 6000 atau 7000 makin cepat balik modal. Bisa saja cuman 3 tahun...


Benar, mobil baru akan depresiasi, tapi seperti saya bilang, di Indonesia, mobil baru harga +- 150 juta, apalagi irit, PASTI tiap tahun cuman turun 10 juta atau bahkan cuman 5 juta setahun sesudah tahun pertama. Ngak beda jauh ama penurunan nilai kapsul per tahun...


Malah nanti BBM naik lagi, mobil tua macam kapsul makin susah jual, nilainya drop, siapa yang mau mobil tua / boros....


Pula pakai GL 1.5, sesudah break even, tiap bulan hemat terus lebih dari 600 ribu sebulan. Cukup untuk gaji 2 pembantu atau 1 baby sitter. Not bad. Sambil bantu hemat minyak dunia, kuranggi polusi...


Dan jika ini terjadi pada jutaan mobil tua di Indonesia, bahkan ratusan juta mobil tua di dunia, effectnya hitung sendiri deh...


Cuman yaitu, pemilik kapsul tua harus yakin, pakai mobilnya kalau 5 tahun atau lebih, BISA WORTH IT ! Pula belum ada bonus, yaitu GL enak dan comfort... Dan kapasitas cargo untuk ngangkut barang toko juga lumayan...


So demikian economics of old and new cars.... Fun juga hitung hitung...
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

Smart Driver (Eco Drive):
- kecepatan 40–100 km/jam adalah kecepatan ideal untuk menghemat BBM (kurang dari 40 km/jam atau lebih dari 100 km/jam konsumsi BBM boros).
– Hilangkan kebiasaan menyalip kendaraan di depannya.
– Jaga jarak aman. Kalau dari jarak jauh terlihat kemacetan, gigi dinetralkan ke nol, gas dilepas dan ancang2 injak pedal rem pelan2. Kadang2, kalau kita merasa aman, kendaraan dapat meluncur dalam keadaan mesin mati....hati2 resiko. Tapi dalam keadaan jalannya menurun dan macet, seperti di Puncak, gigi dinetralkan dan hanya siaga dgn. pedal rem aja (mesin tetap hidup).
- Pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepatnya.
- Pertahankan kecepatan jelajah pada putaran mesin ekonomis (torsi maximum).
- Hindari pengereman dan akselerasi yang berlebihan.
- Jangan biarkan mesin hidup pada saat kendaraan diam.
- Antisipasi arus lalu lintas dan obyek di sekitar jalan.

Have a nice journey... :P
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Khöedhöe wrote:Smart Driver (Eco Drive):
– Kalau dari jarak jauh terlihat kemacetan, gigi dinetralkan ke nol, gas dilepas dan ancang2 injak pedal rem pelan2. Kadang2, kalau kita merasa aman, kendaraan dapat meluncur dalam keadaan mesin mati....hati2 resiko. Tapi dalam keadaan jalannya menurun dan macet, seperti di Puncak, gigi dinetralkan dan hanya siaga dgn. pedal rem aja (mesin tetap hidup).
Apa ga salah tuh bos?
di autobild pernah ditest kalo gigi dinetralkan malah boros bensin daripada masuk gigi satu misalnya pada saat mendekati lampu merah/macet di depan.
jalan menurun gigi netral??????? setau saya sih gigi satu dua.
mobil meluncur dg gigi netral "relatif lebih susah dikendalikan".
just my 2 cent.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

setuju, sebenernya gini teknik yang bener, tapi ini ngga ada dibuku manual.. jadi pas tau bakalan macet didepan, matiin mobilnya.. dorong dikit2.. pasti irit dehh ihhh...

Apa ga salah tuh bos?
di autobild pernah ditest kalo gigi dinetralkan malah boros bensin daripada masuk gigi satu misalnya pada saat mendekati lampu merah/macet di depan.
jalan menurun gigi netral??????? setau saya sih gigi satu dua.
mobil meluncur dg gigi netral "relatif lebih susah dikendalikan".
just my 2 cent.[/quote]
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Gw sengaja buzz bung wardana di tokonya. Bung wardana anda sudah mendapatkan istri ke2 anda alias GL 1.8. Mana kok ga nongol2 lagi di SM. Perlu review independen dan transparan dari anda nih.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung winata, dan SMers

Sorry baru nongol, masih sibuk elus2, sekalian mau sharing nih tentang konsumsi BBM GL 1,8 MT.


seminggu lalu isi premium full sampe luber, reset odometer jadi 000, hari ini pas 100 km, isi ful lagi sampe luber 8,53 liter pemakaian dalam kota denpasar jarang macet tapi banyak stop n go. driving style kadang narik kadang biasa, alias gak nyamtai2 banget. jadi konsumsi 1:11,7.

saya baru pake mobil di dalam kota denpasar saja (rumah - kantor), belon jalan2 ke bedugul yang ada nanjak.

mengenai rem lembut banget tapi pakem. cukuplah untuk di dalam kota, jadi gak terlalu perlu ABS ato EBD dll.

mengenai gigi persneling waktu pertama kali peke sering salah masuk tapi sekarang udah biasa. jadi terasa lembut dan mudah.

mengenai suspensi dah pasti enak, nyokap sampe bingung kok mobil sepi banget.

kaca film Vkool memang bagus padahal panas terik di bali tapi rasanya adem. padahal warna mobil saya hitam yg katanya nyerap panas.

kalo AC otomatis on sedikit ada hambatan di mesin tapi gak berat2 amat,

mengenai drive by wire karena baru kali ini punya, kalo kita bejek gas agak dalam pas injak kopling terus ganti gigi kemuadian gas dilepas rpm gas agak lambat untuk turun, jadi saya agak perlu adaptasi. tapi sekarang sudah lebih terbiasa.

mesin 1,8 memang powernya enak banget kalo digenjot powernya terasa.

sekian dulu sharingnya.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan bung Wardana, takutnya anda miss post saya yang lewat.


Pls check tekanan ban anda. Make sure its 35/37. Sebab kalau anda punya sekarang 30, artinya jika anda adjust ke standard Nissan 35/37, di jamin mau break 12 itu BISA !


Dan apakah oli di dalam sudah NGO 10w30 ? Kalau belum, nanti sudah 1000 km ganti yang itu. Saya yakin anda mau break 12 itu gampang...


BISA ! ala Jackie Chan di iklan M-250 !
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Sithlord,

sebenarnya gak ada yg miss post, cuma saya males kalo bung Sith sama Bung conan lg berantem, males bacanya..

memang rencana saya berikutnya adalah:
- ganti oli dng NGO 10w30 waktu service 1000 km
- ganti angin dengan nitrogen dng tekanan 35/37

tolong di koreksi kalo ada yg salah..thx
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

Kirain sekalian ganti Veleg Bung Wardana.
wawand
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Apr 18, 2007 0:52

Post by wawand »

Bung War....Apa jok nya sudah di bungkus dengan kulit? Karena saya liat yang Ultimate dah kulit kesannya mewah....deh....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Its OK. Kalau saya lagi ciong ama conan, anda jangan baca. Better for you memang. Saya juga ngak ada pilihan baru maju, kalau ngak, saya juga malas juga...


Excellent ! Good plan. Tapi saat tiba di bengkel ban, meskipun Nitrogen, kan bannya sudah panas, jadi di bengkel tekanannya di naikan say 1 psi lagi jadi 36/38... Kalau udara biasa, I would say naikin 2-3 psi dari standard, sebab udara standard naik lebih banyak kalau ban dah panas.


Kalau sesudah itu masih ngak break 12, come back and lets talk again apa yang masih kurang.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Sithlord wrote: Kalau sesudah itu masih ngak break 12, come back and lets talk again apa yang masih kurang.....
Boleh coba analisa & poles Throttle Body bilamana dibutuhkan.

Juga boleh percobaan tuning selang MAP sensor, either dipanjangkan / dipendekkan, tapi tentu harus dianalisa dulu sebelumnya, agar sesuai dgn karakter mesin ybs.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung nissan:
belum ada badget buat ganti pelek, pengen sih..

Bung wawan,
anda betul sekali jok kulit itu mewah sekali, nanti deh...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

wardana wrote:seminggu lalu isi premium full sampe luber, reset odometer jadi 000, hari ini pas 100 km, isi ful lagi sampe luber 8,53 liter pemakaian dalam kota denpasar jarang macet tapi banyak stop n go.
sori, itu maksudnya apa 'sampe luber 8,53 liter...' ?
wawand
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Apr 18, 2007 0:52

Post by wawand »

Bung War, Kebetulan sy juga dah indent 1.8 XV MT Grey Met. Tapi 'ntah kapan datangnya...Mau tanya masalah kaca film Vkool. Kalo gak salah dari NMI dapatnya Solargard ya...? Nah kalo kita mau ganti ke Vkool harus nambah berapa kita?? Ada discount nya ya....???