Share Captiva - PART 06

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by roadtrain99 » 22 Feb 2018, 23:24

Ferin wrote:
06 Jan 2018, 20:02
Numpang tanya pada teman2 pengguna Captiva. Saya pakai captiva 2.4l FWD thn 2009. Waktu dipakai dipendakian yg terjal dibandung pakai gigi satu dari bawah, tiba2 dipertengahan engine dan di indikatornya nya pindah ke matic D, padahal tuasnya masih di manual. Dan dicoba di pindahkan + atau -, tetap ajah di posisi matic D. Dan di panelnya ada tanda maintenance engine (gambar kunci gitu). Trus pada saat di restart lagi. Indikatornya udah baik lagi.
Apakah ini hal yang wajar atau kenapa yah?
sekarang setelah itu, pernah dicoba nanjak lagi gak? apa sudah normal?
sepertinya ini mungkin masalah ke electrical. kalau ada indicator muncul, baiknya bawa scan saja dan terangin masalah om, sebab soal electrical bisa gampang ketemu bisa gak.

denbagus1910
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 05 Apr 2018, 15:26
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva VCDi 2010

Re: Share Captiva - PART 06

Post by denbagus1910 » 05 Apr 2018, 15:38

Misi Om..

Bisa join ke Grup Wa gak.. Atau line

mohon diinvite ya

081524879824
line : bagus_skan3

terima kasih

denbagus1910
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 05 Apr 2018, 15:26
Location: Makassar
Daily Vehicle: Captiva VCDi 2010

Re: Share Captiva - PART 06

Post by denbagus1910 » 14 Apr 2018, 14:19

Misi teman2 mau nanya,

sy kan biasa pake matic mode manual pada captiva vcdi 2010 sy,
tp kemarin itu sy ga sadar di gigi 2 rpm kurang lebih 4000 sy mau naikkin ke gigi 3 eh tau2nya sy trik mundur ke gigi 1 rpm +- 6000an :big_dunno:
mobil lngsung trhentak. kira kira berefek pada transmisi ya , apa kira kira ada komponen yg rusak ?

mohon pencerahannya gan :D

Mikolirt
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 22 Apr 2018, 17:51
Location: Makassar

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Mikolirt » 26 Apr 2018, 00:53

Om mau ikutan join di grup line juga dong hehehe
Id line mikolirt
Baru meminang badak awd diesel 2010 nfl nih hehehe

pugi69
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 02 Jun 2018, 00:41
Location: Bogor
Daily Vehicle: peugeot 206

Re: Share Captiva - PART 06

Post by pugi69 » 02 Jun 2018, 02:50

Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.

feryandi2209
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 26 Jun 2018, 14:53
Location: Medan
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by feryandi2209 » 26 Jun 2018, 15:11

pugi69 wrote:
02 Jun 2018, 02:50
Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
om pugi69, ini saran saya
1. ambil captiva yang 2010 kebawah aja, lebih tahan minum solar busuk. perawatan juga lebih murah ketimbang FL. kalau fitur uda pasti kalah..hehe
2. lihat dari spakbor nya om kalau yang AWD sewarna dengan body, kalau yang FWD warna hitam. kecuali captiva prime edition kayak punya saya. spakbor sewarna body juga..
3. Harga parts tergantung ada yang asli dan ada yg wkwk juga, jadi ada perbandingan harga. tapi untuk yang sifatnya pemakaian jangka panjang sebaiknya pakai yang ori, contoh shockbreaker dll
4. kalau dari mesin, lihat ada rembesan oli apa gak om, biasa nya rembesan oli dari selang turbo yang sudah termakan usia, kalau dari paking deksel biasanya jarang terjadi, terus kondisi mesin nyala tarik stik oli nya om, ada asep apa gk, kalau gk ada sih harusnya aman2 aja.
- kaki kaki test om ditest dijalan yang rusak biar ketahuan ada bunyi apa gak. matiin suara radio atau music om..
- transmisi, test masih enak tarikannya apa gak, lemot apa gak, jgn lupa test mundur juga..kalau tahun 2010 kebawah dapet KM yang masih rendah mantep om, biasanya mobil itu rumahan.
nomor 5 kagak tau, soalnya saya orang medan..hehehe
demikian, semoga bermanfaat

feryandi2209
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 26 Jun 2018, 14:53
Location: Medan
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva

Re: Share Captiva - PART 06

Post by feryandi2209 » 26 Jun 2018, 15:29

om, mohon add Line ane dong, mau bagi2 tips dan trik, badak ane uda 4 tahun Prime edition 2010.hehe
id : feryandi2209

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2701
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Share Captiva - PART 06

Post by ginting » 26 Jun 2018, 15:45

pugi69 wrote:
02 Jun 2018, 02:50
Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.

Saya jawab saja no. 5

Untuk Bogor sejauh ini belum ada. Tapi di Serpong ada, yaitu Badak Auto Raya (BAR) langganan anak anak Captiva / Blazer.

Jl. T.P.M. Tanjung No.59, RT.007/RW.002, Pondok Jagung, Serpong Utara, Pd. Jagung, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Jam buka: Buka ⋅ Tutup pukul 17.30
Telepon: 0858-1353-4555
Provinsi: Banten

Silahkan google atau call dulu..
Dari bogor mah satu jam saja lewat Parung, Gaplek, Pamulang, Serpong.

dwi24
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 06 Feb 2018, 15:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CaptivaVCDi

Re: Share Captiva - PART 06

Post by dwi24 » 26 Jun 2018, 16:49

pugi69 wrote:Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
Sy coba bantu jawab Om..
1. Banyak user captiva maupun teknisi di bengkel spesialis mengatakan bahwa captiva yg NFL khususnya diesel lebih bandel mesin+electricalnya dan lbh tahan minum solbus.
3. Utk harga sparepart menurut sy ga terlalu jauh bedanya dng mbl jepun. Dan ada jg yg OEMnya. Utk harga servis (jasa) ini tergantung bengkel. Ya kalo servisnya ke BeRes udah pasti mahal. Lbh baik ke bengkel spesialis captiva aja om kalo mau servis.
4. Om coba tonton video ini smp selesai, itu lumayan ngasih kita pengetahuan sblm 'berburu' mbl captiva : https://youtu.be/_Geu1EIHT6A
5. Utk bengkel spesialis chevy yg rekomen di bogor mohon maaf sy jg kurang tau om. Tp biasanya user captiva bawa ke : PRM di pamulang, BAR, JCO/Omega Motor di PMK, atau Salatiga motor di MGK.

Semoga membantu, dan mudah2an om dpt 'badak' yg sehat..

Bigsam
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 15 Jul 2018, 20:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Captiva diesel

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Bigsam » 15 Jul 2018, 22:24

Malam para suhu.

Sy newbie dr BDG yg butuh pencerahan dr master disini.mohon bantuan nya.

Sy bbrp mg lalu baru nembak ctv 2011 FL seken.km 96rban.sy kepincut gara2 diesel dan turbonya mantaf abissss...

Sblmnya sy test dl selama bbrp keliling n hasilnya oke,jd fix dech sy meminang si badak ctv ini.pertama2 semuanya berasa enak dan mantaf,tp stlh +- sy pakai antara 600km an,disini sy mulai ada kendala.

1. Perpindahan gigi dr 2 ke 3 dan 6 ke 5 agak tersentak walau halus tp kerasa tdk smooth.terutama saat pelan dan saat sedang engine break pas speed menurun dr 100km/jam ke 80 km/jam an.lebih parah lg pas mao parkir saat msk gigi mundur lebih keras sentakan nya.apakah pr master pernah mengalami dan paham solusinya?
2. Mengacu pada thread tetangga soal recall modul matic ctv 2011 - 12,ada yg pernah melakukan nya ke beres terutama master dr BDG?bisa info nya apakah itu msh bisa dilakukan tahun ini dan brp biayanya?
3. EPB sy sempat berbunyi saat posisi on dan diam pas jalanan agak landai.setelah kej itu,saat diam posisi jalan datar pun tetap berbunyi seperti besi yg beradu.ada yg tao solusinya bagaimana?

Sebelumnya,sy sdh melakukan General Checkup pas baru beli dan dinyatakan oke.tp pas setelah no 1 n 3 kej,sy balik lg kesana dan solusinya menurut sy agak terlalu over price dan tdk jelas permasalahan nya,hny disebut ini itu hrs ganti, overhaul dan ganti2 elektrik dgn kondisi part pun yg tdk ready alias nunggu.

Newbie ini sdg butuh info yg paten dr para suhu disini ttg kendala2 yg sdg sy hadapi.mudah2an para suhu bisa membantu.nuhun sadayana terima kasih.

garduinduk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 07 Aug 2016, 14:56

Re: Share Captiva - PART 06

Post by garduinduk » 16 Jul 2018, 10:07

dwi24 wrote:
pugi69 wrote:Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
Sy coba bantu jawab Om..
1. Banyak user captiva maupun teknisi di bengkel spesialis mengatakan bahwa captiva yg NFL khususnya diesel lebih bandel mesin+electricalnya dan lbh tahan minum solbus.
3. Utk harga sparepart menurut sy ga terlalu jauh bedanya dng mbl jepun. Dan ada jg yg OEMnya. Utk harga servis (jasa) ini tergantung bengkel. Ya kalo servisnya ke BeRes udah pasti mahal. Lbh baik ke bengkel spesialis captiva aja om kalo mau servis.
4. Om coba tonton video ini smp selesai, itu lumayan ngasih kita pengetahuan sblm 'berburu' mbl captiva : https://youtu.be/_Geu1EIHT6A
5. Utk bengkel spesialis chevy yg rekomen di bogor mohon maaf sy jg kurang tau om. Tp biasanya user captiva bawa ke : PRM di pamulang, BAR, JCO/Omega Motor di PMK, atau Salatiga motor di MGK.

Semoga membantu, dan mudah2an om dpt 'badak' yg sehat..
Baru ngeh dari tautan video itu kalau Pertadex baru setara Euro 2. Pertadex HQ yang setara Euro 4 belum keluar ya?

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Share Captiva - PART 06

Post by roadtrain99 » 12 Aug 2018, 22:47

pugi69 wrote:
02 Jun 2018, 02:50
Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.

2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.

3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.

4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.

5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.

ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html

lumayan lengkap ada troubleshooting jg.

sekian..mudah2an membantu.

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: 08 Mar 2016, 19:16

Re: Share Captiva - PART 06

Post by Bulgogi » 13 Aug 2018, 07:45

roadtrain99 wrote:
pugi69 wrote:
02 Jun 2018, 02:50
Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.

2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.

3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.

4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.

5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.

ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html

lumayan lengkap ada troubleshooting jg.

sekian..mudah2an membantu.
Terima kasih om roadtrain, infonya lengkap & jelas.

Saya ada rencana ambil captiva nfl minggu depan, abis baca tips dr om roadtrain minimal saya ngga buta2 amat sm captiva bekas.. Image

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2701
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Share Captiva - PART 06

Post by ginting » 13 Aug 2018, 07:51

roadtrain99 wrote:
pugi69 wrote:
02 Jun 2018, 02:50
Misi om mau numpang tanya.

Saya ada rencana mau meminang captiva tapi masih butuh pencerahan dan ada yg mau saya tanyakan.

1. Lebih baik ambil captiva nfl <2010 atau fl 2011 diesel dan apa saja perbedaan nya dari kedua type captiva tersebut, dan Dari segi fitur, perawatan, dan keawetan captiva tsb manakah yang lebih unggul dan bandel?
2. Cara membedakan captiva yg fwd dan awd secara kasat mata bagaimana caranya ya? Dana mana yg lebih baik untuk pemakaian sehari hari?
3. Apakah harga sparepart dan biaya servis captiva mahal?
4. Apa saja yang harus saya perhatikan dan cek ketika akn membeli captiva?
5. Apakah ada rekomendasi bengkel untuk merawar captiva untuk wilayah bogor dan sekitar nya?

Terimakasih banyak om semua, semoga saya bisa segera meminang captiva.
sy coba share
1. sama seperti yg smer lainnya tulis, kalau dari segi perawatan menurut beberapa mekanik dari beberapa bengkel resmi / specialist, yg nfl memang tidak terlalu rewel dalam hal solar non dex. kebetulan sy user dari baru dan blm pernah ngalamin masalah yg disebabkan solar, tapi ini juga dengan catatan jgn telat2 ganti filter bbm nya. merk filter apa pun yg oem pun gak apa2. kalau misalnya pake yg lebih murah dan oem, bisa ganti lebih sering. kalau dengan jadwal manual biasanya per 30rbkm jika pakai filter GM nya. tapi kalu oem yang setara, kita ganti per 15rb km secara harga lebih murah. purging juga gak perlu sering2 sebab kalau sering juga nanti ada pengaruh ke selang2 karet fuel line nya.
Untuk selang2 karet pasti nya ada umurnya. Cuma kalau yg FL sudah pakai timing chain, sementara yg nfl masih belt.

2. secara kasat mata, ada emblemnya di belakang. tapi kalau ga ada..berarti mungkin liat kolong ya? kalau pemakaian sehari2, 2wd jg sangat cukup. tapi kembali ke selera masing2.

3. mahal mungkin relatif. di non beres, nfl oli mesin sekitar 900rb, oli atf 900-1jt. timing belt 2.5jtan, fan/v serpentine belt sekitar 2,3jtan. shock depan belakang 8jtan, bushing kaki depan per pcs 400rban, tapi kalo tie rod katanya 300-400rban, oli power steering murah, brake oil murah, kalau brake pad depan tergantung merk tapi rem mah pentinglah. compressor ac oem 3.5jtan, evap 1,3jtan. tapi bisa dibilang kaki2 captiva ini sepertinya lumayan tahan banting dibanding jepang. tapi ya tergantung user nya kalau semua lubang jalan rusak dihajar ya gak bakal awet.

4. mesin, bawa senter terang om, periksa sorot ada rembes gak, kalau perlu buka cover mesinnya supaya enak lihatnya, lihat pcv valve nya apa ada oli, (pcv valve di google aja utk lihat bentuknya) kalau ada, biasanya tinggal buka dan bersihin aja, kalau ganti hrg nya 400ribuan.
selang2 pencet kaku atau masih flexible. air radiator bersih gak. denger bunyi sekitar bearing pulley belt. a/c nyalain depan belakang. cek temperatur sampe working condition. lihat ke bawah dak mesin ada bekas lelehan oli atau gak.
kalau kaki2 test aja jalan om, dengering ada bunyi2. kalau kondisi normal bantingan peredaman shock nya captiva ini tergolong mantep lembut tapi gak terlalu soft.

5. bogor? kalau jakarta utk non resmi ada jco kemayoran, kalau tngerang serpong ciater ada fajar motor, BAR, dan ada 1 sy lupa sekitar puspitek serpong, kalau beres ada di serpong raya.

ini ada link manual perawatan ctv lama
https://www.autocats.ws/manual/chevrole ... B0.en.html

lumayan lengkap ada troubleshooting jg.

sekian..mudah2an membantu.
Yang di Puspitek namanya Panorama Motor.
google aja.
depan perumahan Panorama Serpong

Post Reply

Return to “SUV (2WD/4WD) Types”