Odyssey RB1 users!

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Odyssey RB1 users!

Post by Tomiko_Van »

axala wrote:Takut ama CVTnya RB1....gajadi beli deh :ngacir:
Untuk Honda Odyssey RB1/2 tahun keluaran 2003 (akhir) sampai 2007 (pertengahan-akhir), berikut data-data yg bisa dijadikan pegangan menurut situs resmi honda (http://www.honda.co.jp) bisa juga check wikipedia utk referensi :

Chassis : RB1 (2WD) & RB2 (4WD) --> RB2 kelihatannya belum ada yg import ke indonesia
Mesin : K24 series (2400cc DOHC i-VTEC)
-> K24A1 = 160PS @6000 rpm (redline 6500 rpm) kompresi 9.6:1 (mirip sama mesin K24 awal di CRV RD, accord CM), mostly bisa minum premium :mky_02:
-> K24A2 = 200PS @6800 rpm (redline 7000 rpm) kompresi 10.5:1 (disarankan premium gasoline, walaupun disini bnyk dikasih minum selang kuning juga :mky_01: )
Transmisi : CVT & 5-speed A/T

Trim :
Untuk model awal sebelum minor change (~MMC) dgn ciri khas bumper depan 1-airdam, gril depan banyak bilah, spion menempel di lis kaca, lampu belakang segitiga kombinasi merah-putih non-LED

Type M (Basic)
- kode chassis ada RB1/2 (di indonesia sepertinya yg RB1 semua)
- Mesin K24A1 (160PS)
- Transmisi CVT
- Interior 2-warna 2-tone hitam-krem & abu2
- Trim jok fabric/non-kulit (kecuali sama pemiliknya dibungkus leather sendiri)
- setir palang-4
- warna wood panel agak gelap
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit bervariasi, ada yg integrated & yg versi double-din
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna biru
- velg 16" steel & cap (dop)
- Biasanya sudah ada sunroof
- Pintu bagasi manual
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type cukup banyak dimasukin ke Indonesia, ke-2 terbanyak setelah Absolute, mostly warna silver (hitam beberapa), ciri khas dari luar yaitu masih pakai Dop..

Type L (Luxury/mewah)
- kode chassis ada RB1/2 (di indonesia sepertinya yg RB1 semua)
- Mesin K24A1 (160PS)
- Transmisi CVT
- Interior biasanya 2-tone (versi jdm ada yg single tone)
- Trim jok biasanya kulit (versi jdm ada yg warna "blue jeans", kelihatannya belum ada yg masukin kesini)
- setir palang-4
- warna wood panel normal agak muda
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit bervariasi, ada yg integrated & yg versi double-din
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna biru
- velg 16" alloy motif palang 5 akar (seperti yg versi ATPM) polished
- Biasanya sudah ada sunroof
- Pintu bagasi electric pakai tombol (salah satu unit2 awal type-L ada fitur ini)
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type-L ini jarang dimasukan ke Indonesia, karena lebih kearah harga (di jepang lebih mahal dari Absolute), dan minus "pemanis" seperti bodykit & velg keren ala Absolute. Dari luar bisa dibedakan dgn velg Alloy seperti ATPM & interior kulit. Sekilas mirip dgn type ATPM tapi bedanya nggk ada lampu sein di fender depan..

Type Absolute (Sporty)
- kode chassis ada RB1/2 (di indonesia sepertinya yg RB1 semua)
- Mesin K24A2 (200PS)
- Transmisi 5-A/T
- Interior Single tone warna hitam
- Trim jok biasanya kombinasi : fabric di bagian alas + kulit di bagian sisi, door trim juga kombinasi. Tapi pernah ada versi full-leather warna hitam (tergantung option IU)
- setir palang-3
- warna wood panel black wood
- banyak ormanen hyper silver di setir
- pedal racing aluminium
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit bervariasi, ada yg integrated & yg versi double-din (kalau beruntung ada yg full-option built in monitor)
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna merah (tapi sempat ditemukan ambient light warna biru, walaupun sangat jarang)
- velg 17" alloy motif palang 10 jari-jari warna gunmetal
- Biasanya sudah ada sunroof
- Pintu bagasi manual (belum electric)
- Kunci mobil ada yg model card-key (kartu), ada juga yg versi keyless seperti mobil2 saat ini..
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type-Absolute yg paling banyak tersedia di pasar Indonesia. Selain karena harga lebih murah dari type-L, sudah dapat paket yg komplit seperti bodykit, velg racing, jok kulit (kombinasi).. Plus sporty-feel seperti interior hitam single-tone, mesin perkasa 200ps.. Kalau ada yg beruntung bisa dapat full-option seperti integrated-TV, jok full leather, meter panel warna biru, atau electric tail gate..

Type ATPM (spec Lokal/HPM) (Sporty)
- kode chassis ada RB1 (2WD)
- Mesin K24A1 (160PS) -> waktu itu sama dgn mesin K24 CRV RD & Accord CM
- Transmisi 5-A/T
- Ada lampu sein orange di fender depan
- Interior Single 2-tone warna hitam & krem
- Trim kulit warna krem
- setir palang-4
- warna wood panel normal agak muda
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit versi double-din (kalau nggk salah waktu itu merk JVC double-din non-monitor)
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna biru
- velg 16" alloy motif palang 5 akar (seperti yg type-L IU) polished
- Biasanya sudah ada sunroof
- Kaca film non-private glass
- banyak warna-warna "aneh" seperti gold, biru tua, merah maroon.
- Pintu bagasi manual (belum electric)
- Ada yg Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto) tidak ada, tergantung dealer IU pesan fiturnya
- Type-ATPM versi resmi dari Odyssey RB1, keluar sekitar 2006 awal, sebenarnya adalah "gado-gado", sepertinya mengambil basic type-M (paling murah), tapi full option (jok kulit, velg alloy, sunroof). cara paling gampang lihat versi atpm lihat saja pada lampu sein orange di fender depan

Utk yg type setah MMC disambung di posting berikutnya :mky_01:
Last edited by Tomiko_Van on Wed Aug 13, 2014 11:11, edited 1 time in total.
アイドリング!!!
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Odyssey RB1 users!

Post by Tomiko_Van »

Lanjutan untuk yg versi setelah Minor Change (MMC~), keluar setelah tahun 2006~2008

Untuk model ini (MMC~) ciri khas gril depan 2-stroke atau 2-garis, spion menempel di body (ala jazz FD & civic FD), lampu sein samping di spion, lampu belakang LED, memanjang merah (aksen segitiga untuk sein & rem)

Untuk type setelah MMC ini difokuskan kepada 2 type saja Absolute & ATPM karena memang kelihatannya hanya 2-type tsb yg dimasukan ke Indonesia, type-type lain absen (type-B, type-M & type-L)

Type Absolute (Sporty)
- kode chassis ada RB1 (2WD)
- Mesin K24A2 (200PS)
- Transmisi 5-A/T
- Bumper depan 3-airdam (3-bolongan) & foglamp
- lampu depan ambient warna smoked
- Lampu sein & mundur belakang ambient warna smoked
- Interior Single tone warna hitam & Abu-abu muda (beberapa masuk kesini)
- Trim jok biasanya kombinasi : fabric di bagian alas + kulit di bagian sisi, door trim juga kombinasi. Tapi pernah ada versi full-leather warna hitam atau abu2 muda (tergantung option IU)
- setir palang-3
- warna wood panel black wood
- banyak ormanen hyper silver di setir
- pedal racing aluminium
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit integrated (sepertinya tidak ada yg versi full option di model MMC)
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna Biru (perbedaan dgn model non-MMC)
- velg 18" alloy motif palang 10 jari-jari besar warna gunmetal (diameter naik 1" dibanding dahulu, motif jari-jari lebih tebal)
- ada sunroof
- Pintu bagasi manual (belum electric)
- Kunci mobil model keyless
- Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto)
- Type-Absolute MMC sepertinya jadi model yg "hanya" dijual IU semenjak Odyssey RB MMC, tampilan lebih keren karena model bumper lebih agresif, velg lbh besar, lampu belakang lbh cantik.

Type ATPM (spec Lokal/HPM) (Sporty)
- kode chassis ada RB1 (2WD)
- Mesin K24A1 (160PS)
- Transmisi 5-A/T
- Bumper depan 1-airdam (1-bolongan) & foglamp
- lampu depan ambient warna biru (seperti model sebelum MMC)
- Lampu sein & mundur belakang ambient warna clear/bening
- Interior 2-tone warna hitam & Krem
- Trim full leather
- setir palang-4
- warna wood panel normal/cerah
- Jok depan electric (driver side)
- Head Unit integrated ala versi CBU
- a/c full auto (6-zone)
- ambient meter & tombol wrna Biru (sekarang sama dgn versi Absolute)
- velg 17" alloy motif palang 10 jari-jari kecil warna gunmetal (sama dgn velg versi Absolute sebelum MMC)
- ada sunroof
- Pintu bagasi manual (belum electric)
- Kunci mobil model keyless
- Electric Folding Seat (baris ke-3 lipat auto)
- Type-ATPM cukup banyak ditemui untuk model MMC, caranya cukup lihat yg non-Bodykit :mky_01: (lebih simple) dan kaca film aftermarket (non-private glass)
アイドリング!!!
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

Hehe,, Koreksi pak kalo boleh.

Punya saya yg udah FL, yg lampu belakang LED memanjang tapi belum yg absolute.

Kunci masi belom keyless terus belom ada foglamp.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Odyssey RB1 users!

Post by Leonhearts »

Maaf..ada yang tau gimana caranya ganti HU ori odyssey rb1 2008 ga ya? Soalnya Head unitnya terintegrasi...

Saya pengennya ganti HU yang ada tv dan gpsnya tapi keliatan tetap terintegrasi seperti honda odyssey 2012..


Terimakasih
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Odyssey RB1 users!

Post by axala »

HU integrated RB1 suka liat ada yg jual di oelX ,keren bener...

Dan ane tambahkan...
yg K24A1 ada yg 5at...tapi di RB2 aka awd

dan disini gamasuk

Serius yg atpm 5at? Ciri2nya si PRND32+- sementara CVT PRNDL+-

Dan atpm beigw aja khan? Soalnya ada yg nawarin odyss tulisannya atpm tp cvt dan black interior

penasaran ama atpm....ato absolute aja biar aman

tapi ganti jok full kulit :upss:
Pursuit of Perfection
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

Punya saya sih bisa naik turunin gigi di shiftknob nya. Apa itu cvt atau geared ya suhu2? Punya saya di FL ATPM, tapi yakinnya sih geared.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

Si odi ane skrg kalo diinjek remnya, bisa getar gt. Jadi ini solusinya harus bubut cakram atau ganti kampas rem ya?

Terus mau ganti filter udara, enaknya ambil OEM atau aftermarket aja?

Thanks suhu2 SM.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Odyssey RB1 users!

Post by montirangin »

ganti kanvas rem ga akan menghilangkan getar gitu, harus dibubut. tapi kalo ada dana, diganding aja piringannya :D
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

Ya dananya it ga ada om montir..

Kalo di sby yg bagus selain di gbt ada dimana ya?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Odyssey RB1 users!

Post by madcat015 »

sintoni wrote:Si odi ane skrg kalo diinjek remnya, bisa getar gt. Jadi ini solusinya harus bubut cakram atau ganti kampas rem ya?

Terus mau ganti filter udara, enaknya ambil OEM atau aftermarket aja?

Thanks suhu2 SM.
M8 ane juga gitu. Kec di atas 80kpj, medium braking, geter kayak vibro setirnya...

Mmg piringan rem Mazda CBU ga tahan di Indonesia, perlu di bubut dan ventilasi di tambah... meski ane sebenarnya pengen cross drilled. :ungg:


Anyway, M8 ane di recall lg, barusan di telp Mazda. Parts exhaust system uda datang. :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

madcat015 wrote:
sintoni wrote:Si odi ane skrg kalo diinjek remnya, bisa getar gt. Jadi ini solusinya harus bubut cakram atau ganti kampas rem ya?

Terus mau ganti filter udara, enaknya ambil OEM atau aftermarket aja?

Thanks suhu2 SM.
M8 ane juga gitu. Kec di atas 80kpj, medium braking, geter kayak vibro setirnya...

Mmg piringan rem Mazda CBU ga tahan di Indonesia, perlu di bubut dan ventilasi di tambah... meski ane sebenarnya pengen cross drilled. :ungg:


Anyway, M8 ane di recall lg, barusan di telp Mazda. Parts exhaust system uda datang. :ungg:
Padahal kapal induk baru seumur jagung nih mod. Jual aja ganti RB absolute. Hahahaha.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

Trit sepiiiii. Ga ada yg mau sharing atau gimana?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Odyssey RB1 users!

Post by montirangin »

sintoni wrote:
madcat015 wrote:
sintoni wrote:Si odi ane skrg kalo diinjek remnya, bisa getar gt. Jadi ini solusinya harus bubut cakram atau ganti kampas rem ya?

Terus mau ganti filter udara, enaknya ambil OEM atau aftermarket aja?

Thanks suhu2 SM.
M8 ane juga gitu. Kec di atas 80kpj, medium braking, geter kayak vibro setirnya...

Mmg piringan rem Mazda CBU ga tahan di Indonesia, perlu di bubut dan ventilasi di tambah... meski ane sebenarnya pengen cross drilled. :ungg:


Anyway, M8 ane di recall lg, barusan di telp Mazda. Parts exhaust system uda datang. :ungg:
Padahal kapal induk baru seumur jagung nih mod. Jual aja ganti RB absolute. Hahahaha.
jgn atuh om..bagusan m8 :big_blushing:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Odyssey RB1 users!

Post by madcat015 »

sintoni wrote:Trit sepiiiii. Ga ada yg mau sharing atau gimana?
Masalahnya, di beberapa trit lawas, beberapa member membandingkan Odyss RB vs M8... dan berakhir dengan M8 digarasi... :mky_03:

errr... bentar, trit M8 juga sepi. :big_slap:




@om montir: my inner honda scream for RB1+ :big_cry: :big_cry: :big_cry:

*curhat mantan fanboy honda...* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Odyssey RB1 users!

Post by montirangin »

madcat015 wrote:
@om montir: my inner honda scream for RB1+ :big_cry: :big_cry: :big_cry:

*curhat mantan fanboy honda...* :ngacir:
nyari 2ndnya gmn ini om, rada sulit rasanya karena mobil sopir ini rb.
User avatar
dargombes
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Jan 20, 2009 13:13

Re: Odyssey RB1 users!

Post by dargombes »

Bingung...

Saya mau nyari RB1 ditawari :

1. Absolute plus 2004 IU
2. Absolute 2006 ATPM

Katanya transmisi dari kedua model diatas beda ya ?...sebatas penggunaan teman2 enak mana dan awet mana serta murah mana perawatannya?

Salam
Agus
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5715
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Odyssey RB1 users!

Post by sintoni »

dargombes wrote:Bingung...

Saya mau nyari RB1 ditawari :

1. Absolute plus 2004 IU
2. Absolute 2006 ATPM

Katanya transmisi dari kedua model diatas beda ya ?...sebatas penggunaan teman2 enak mana dan awet mana serta murah mana perawatannya?

Salam
Agus
Hmm. Bantu jawab ya om, tapi kalo salah mohon maklum, masi nubi saya.

Absolute IU pasti lebih enak lah, tenaga 200 hp, suspensi lebih firm, terus kalo ga salah features lebi lengkap udah ada tivi nya jg.

Kalo yg ATPM tenaga lebih rendah, cuma 160hp, tapi boleh minum premium, terus suspensi lebih empuk.

Nah, kalo transmisi ini banyak yg bingung, termasuk ane, ada yg bilang ATPM masi metik konvensional, ada jg yg bilang udah CVT.