Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

riizv89 wrote:Om Turbo, Dakar 2015 saat ini sudah jalan 6.421 km selama 8 bulan.. Oli pakai Kendall SDXA 10w-30, better diganti pas 10 bulan atau 12 bulan sekalian ya?
Kondisi suara mesin agak berisik dikit dari awal.

TIA
dulu pernah liat UOA oli tsb jalan 7500 km di 2GD angka TBN di 6 mg KOH

aman sih sampe 10 - 11 bulan

Next nya sih boleh coba PTT 10W30 API CI-4.......dari user2 yg pernah coba merek 'K" itu vs PTT sih pada report lebih enak PTT.......kata mereka loh, bukan kata saya
* Bukan ajakan Beli *
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by kangadut »

om Turbo,
Santa fe CRDI 2016 selama ini pakai Q8 FT8700 bbm always dex,
kalau mau yg tetap SAE 5W-30 tp passenger car, baiknya oli apa ya?
SHU 5w-30 ud diskontinue info dr TODA, PETRONAS Syntium 3000 LL 5w-30 ga nemu..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

kangadut wrote:om Turbo,
Santa fe CRDI 2016 selama ini pakai Q8 FT8700 bbm always dex,
kalau mau yg tetap SAE 5W-30 tp passenger car, baiknya oli apa ya?
SHU 5w-30 ud diskontinue info dr TODA, PETRONAS Syntium 3000 LL 5w-30 ga nemu..
Kenapa malah mau switch ke PCMO ?

kan mobil om gak pakai DPF & NOx SCR.....mau pakai API CI-4 pun gak masalah

lagian yg akan bikin rusak emission devices duluan itu kadar sulphur di BBM, kalo SAPS di oli mah kecil pengaruhnya......apalagi kalo kita pasang OCT mah udah gak ada lagi uap oli masuk intake

Kalo suatu hari Katalik mampet (karena jelaga Biosolar) ganti aja dgn Downpipe plong



* Bukan ajakan Beli *
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by kangadut »

Turboman wrote: Wed Mar 27, 2019 6:52
kangadut wrote:om Turbo,
Santa fe CRDI 2016 selama ini pakai Q8 FT8700 bbm always dex,
kalau mau yg tetap SAE 5W-30 tp passenger car, baiknya oli apa ya?
SHU 5w-30 ud diskontinue info dr TODA, PETRONAS Syntium 3000 LL 5w-30 ga nemu..
Kenapa malah mau switch ke PCMO ?

kan mobil om gak pakai DPF & NOx SCR.....mau pakai API CI-4 pun gak masalah

lagian yg akan bikin rusak emission devices duluan itu kadar sulphur di BBM, kalo SAPS di oli mah kecil pengaruhnya......apalagi kalo kita pasang OCT mah udah gak ada lagi uap oli masuk intake

Kalo suatu hari Katalik mampet (karena jelaga Biosolar) ganti aja dgn Downpipe plong
Please CMIIW, oli HDEO umumnya unggul di detergent dan despersant tp lemah di aditif antiwear.
Dari manual book pun sebenarnya minta spek acea B4.
Dipikiran sy yg cetek dan simple, apa ga ada oli acea B4 tp msh memungkinkan minum bbm high sulfur 300ppm sekelas dex??
Mungkin ini krn kondisi negara kita yg spesifikasi mesin dan bbm yg ga match..
Tp klo menurut suhu sebaiknya tetap HDEO,
ane ngikut ikut aj..
Q8 FT8700 sekelas delvac LE.
Mau coba amsoil, utk santi crdi lebih cocok SS Max-Duty atau Hdd Series 3000?
Terima ksh sebelumnya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

kangadut wrote:
Turboman wrote: Wed Mar 27, 2019 6:52
kangadut wrote:om Turbo,
Santa fe CRDI 2016 selama ini pakai Q8 FT8700 bbm always dex,
kalau mau yg tetap SAE 5W-30 tp passenger car, baiknya oli apa ya?
SHU 5w-30 ud diskontinue info dr TODA, PETRONAS Syntium 3000 LL 5w-30 ga nemu..
Kenapa malah mau switch ke PCMO ?

kan mobil om gak pakai DPF & NOx SCR.....mau pakai API CI-4 pun gak masalah

lagian yg akan bikin rusak emission devices duluan itu kadar sulphur di BBM, kalo SAPS di oli mah kecil pengaruhnya......apalagi kalo kita pasang OCT mah udah gak ada lagi uap oli masuk intake

Kalo suatu hari Katalik mampet (karena jelaga Biosolar) ganti aja dgn Downpipe plong
Please CMIIW, oli HDEO umumnya unggul di detergent dan despersant tp lemah di aditif antiwear.
Dari manual book pun sebenarnya minta spek acea B4.
Dipikiran sy yg cetek dan simple, apa ga ada oli acea B4 tp msh memungkinkan minum bbm high sulfur 300ppm sekelas dex??
Mungkin ini krn kondisi negara kita yg spesifikasi mesin dan bbm yg ga match..
Tp klo menurut suhu sebaiknya tetap HDEO,
ane ngikut ikut aj..
Q8 FT8700 sekelas delvac LE.
Mau coba amsoil, utk santi crdi lebih cocok SS Max-Duty atau Hdd Series 3000?
Terima ksh sebelumnya..
antiwear nya oli2 HDEO rata2 gede2 malah......lebih gede drpd oli bensin (kecuali oli racing)

hanya saja kalo udah std API CJ-4 / CK-4 zat antiwear mmg ada dikurangi utk perlindungan DPF / NOx SCR

Tapi kalo mesinnya pake Roller Rocker gak masalah

kalo 5W30 Diesel yg antiwear tinggi sih si Amsoil HDD......mungkin juga MDD

Mau 5W30 PCMO antiwear sgt tinggi ? pake Redline 5W30........high ZDDP - high Moly + Ester ........itu TBN cuman 8 sekian ya bisa lah pake 8000 an km

oli oli PCMO 0W40 biasanya juga antiwear nya tinggi2

kalo 10W30 Diesel API CI-4 dgn AW tinggi salah 1 nya si PTT

* Bukan ajakan Beli *
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by kangadut »

Turboman wrote: Wed Mar 27, 2019 15:27
kangadut wrote:
Turboman wrote: Wed Mar 27, 2019 6:52 Kenapa malah mau switch ke PCMO ?

kan mobil om gak pakai DPF & NOx SCR.....mau pakai API CI-4 pun gak masalah

lagian yg akan bikin rusak emission devices duluan itu kadar sulphur di BBM, kalo SAPS di oli mah kecil pengaruhnya......apalagi kalo kita pasang OCT mah udah gak ada lagi uap oli masuk intake

Kalo suatu hari Katalik mampet (karena jelaga Biosolar) ganti aja dgn Downpipe plong
Please CMIIW, oli HDEO umumnya unggul di detergent dan despersant tp lemah di aditif antiwear.
Dari manual book pun sebenarnya minta spek acea B4.
Dipikiran sy yg cetek dan simple, apa ga ada oli acea B4 tp msh memungkinkan minum bbm high sulfur 300ppm sekelas dex??
Mungkin ini krn kondisi negara kita yg spesifikasi mesin dan bbm yg ga match..
Tp klo menurut suhu sebaiknya tetap HDEO,
ane ngikut ikut aj..
Q8 FT8700 sekelas delvac LE.
Mau coba amsoil, utk santi crdi lebih cocok SS Max-Duty atau Hdd Series 3000?
Terima ksh sebelumnya..
antiwear nya oli2 HDEO rata2 gede2 malah......lebih gede drpd oli bensin (kecuali oli racing)

hanya saja kalo udah std API CJ-4 / CK-4 zat antiwear mmg ada dikurangi utk perlindungan DPF / NOx SCR

Tapi kalo mesinnya pake Roller Rocker gak masalah

kalo 5W30 Diesel yg antiwear tinggi sih si Amsoil HDD......mungkin juga MDD

Mau 5W30 PCMO antiwear sgt tinggi ? pake Redline 5W30........high ZDDP - high Moly + Ester ........itu TBN cuman 8 sekian ya bisa lah pake 8000 an km

oli oli PCMO 0W40 biasanya juga antiwear nya tinggi2

kalo 10W30 Diesel API CI-4 dgn AW tinggi salah 1 nya si PTT
perlindungna DPF dan NOx SCR sebenarnya ga begitu pengaruh utk kondisi kita krn blm ada regulasi.
lha teman2 sorento aj byk yg DPF nya di delete.
Redline 5w-30 oli bagus tp mmang sayang minta bbm low sulfur.
Oli ini bs jadi pertimbangn sesuai saran om Turbo maksimal 8000km.
thx..
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by kangadut »

om Turbo, klo mau UOA baiknya minimal setelah jln brp km ya?
soalnya mobil jarang dipakai..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

kangadut wrote:om Turbo, klo mau UOA baiknya minimal setelah jln brp km ya?
soalnya mobil jarang dipakai..
bebas lah

sesuai kebutuhan anda aja
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by dimasapri »

Saya bingung, ambil kesimpulan darimana kalau CJ-4 & CK-4 dikurangi kandungan antiwear nya?
Yg ada juga dibatasi phosphorus dan sulfated ash nya.
Phosphorus dibatasi kan tidak berarti antiwear berkurang?
Toh produsen oli akan menggantinya dgn moly/boron/titanium dan molekul anti wear lainnya agar ttp bisa lolos API CK-4/CJ-4 engine wear test yg lebih ketat dibandingkan CI-4.

Kalau dikatakan CK-4/CJ-4 lebih gak tahan solar high sulfur dibandingkan CI-4, itu saya setuju secara dibatasi sulfated ash maksimal 1000 ppm.
Sedangkan CI-4 gak dibatasi sehingga produsen oli bisa menambahkan additive detergent & dispersant sebanyak yg mereka mau.

UOA PTT CI-4 vs Kendall CK-4 sdh membuktikannya.
Engine wear rate sebanding, tapi laju penurunan TBN jauh lebih lambat PTT CI-4 karena calciumnya tinggi bgt.
Calcium berkorelasi positif dgn naiknya kandungan sulfated ash
Last edited by dimasapri on Thu Mar 28, 2019 7:26, edited 3 times in total.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by dimasapri »

kangadut wrote: Wed Mar 27, 2019 14:33
Turboman wrote: Wed Mar 27, 2019 6:52
kangadut wrote:om Turbo,
Santa fe CRDI 2016 selama ini pakai Q8 FT8700 bbm always dex,
kalau mau yg tetap SAE 5W-30 tp passenger car, baiknya oli apa ya?
SHU 5w-30 ud diskontinue info dr TODA, PETRONAS Syntium 3000 LL 5w-30 ga nemu..
Kenapa malah mau switch ke PCMO ?

kan mobil om gak pakai DPF & NOx SCR.....mau pakai API CI-4 pun gak masalah

lagian yg akan bikin rusak emission devices duluan itu kadar sulphur di BBM, kalo SAPS di oli mah kecil pengaruhnya......apalagi kalo kita pasang OCT mah udah gak ada lagi uap oli masuk intake

Kalo suatu hari Katalik mampet (karena jelaga Biosolar) ganti aja dgn Downpipe plong
Please CMIIW, oli HDEO umumnya unggul di detergent dan despersant tp lemah di aditif antiwear.
Dari manual book pun sebenarnya minta spek acea B4.
Dipikiran sy yg cetek dan simple, apa ga ada oli acea B4 tp msh memungkinkan minum bbm high sulfur 300ppm sekelas dex??
Mungkin ini krn kondisi negara kita yg spesifikasi mesin dan bbm yg ga match..
Tp klo menurut suhu sebaiknya tetap HDEO,
ane ngikut ikut aj..
Q8 FT8700 sekelas delvac LE.
Mau coba amsoil, utk santi crdi lebih cocok SS Max-Duty atau Hdd Series 3000?
Terima ksh sebelumnya..
Q8 FT8700 bukannya HDEO low saps (acea e6), Om?
Sulfated ash E6 (maks 1000 ppm) malah lebih rendah batasannya dibandingkan A3/B4 (min 1000, maks 1600 ppm).
Phosphorus E6 dibatasi maks 800 ppm.
A3/B4 malah gak dibatasi phosphorusnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

dimasapri wrote:Saya bingung, ambil kesimpulan darimana kalau CJ-4 & CK-4 dikurangi kandungan antiwear nya?
Yg ada juga dibatasi phosphorus dan sulfated ash nya.
Phosphorus dibatasi kan tidak berarti antiwear berkurang?
Toh produsen oli akan menggantinya dgn moly/boron/titanium dan molekul anti wear lainnya agar ttp bisa memenuhi API CK-4/CJ-4 engine test yg lebih ketat dibandingkan CI-4
saya kan udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4

juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)

keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal.....dan lucunya juga kandungan antiwear lainnya sgt kecil / nggak pake

Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total (dibantu pake Titanium)

Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .......

Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya




* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 7:25
dimasapri wrote:Saya bingung, ambil kesimpulan darimana kalau CJ-4 & CK-4 dikurangi kandungan antiwear nya?
Yg ada juga dibatasi phosphorus dan sulfated ash nya.
Phosphorus dibatasi kan tidak berarti antiwear berkurang?
Toh produsen oli akan menggantinya dgn moly/boron/titanium dan molekul anti wear lainnya agar ttp bisa memenuhi API CK-4/CJ-4 engine test yg lebih ketat dibandingkan CI-4
saya udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4

juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)

keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal

Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total

Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .........konon senyawa Boron & Titan is less toxic to emission devices (katanya)

ZDDP dianggap harmful to DPF & Catalyst

Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya
Coba dicermati lagi.
Setuju ZDDP turun karena phosphorus dibatasi.
Tapi antiwear bukan cuma ZDDP kan?
Masih banyak molekul anti wear lainnya yg digunakan.
Kalaupun Delvac LE lebih rendah antiwear nya dibandingkan Delvac 1, itu keputusan Mobil.
Bukan aturan dari API.
Karena API CK-4 tidak membatasi antiwear, yg dibatasi adalah phosphorus.
Itu 2 hal yg berbeda.

Jadi kita ngomongnya ZDDP turun, tapi antiwear belum tentu.
Tergantung produsen oli.
Yg pasti CK-4 tdk otomatis antiwear turun, karena Ck-4 tdk mewajibkan antiwear turun
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Nugrohonug »

Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 7:25
dimasapri wrote:Saya bingung, ambil kesimpulan darimana kalau CJ-4 & CK-4 dikurangi kandungan antiwear nya?
Yg ada juga dibatasi phosphorus dan sulfated ash nya.
Phosphorus dibatasi kan tidak berarti antiwear berkurang?
Toh produsen oli akan menggantinya dgn moly/boron/titanium dan molekul anti wear lainnya agar ttp bisa memenuhi API CK-4/CJ-4 engine test yg lebih ketat dibandingkan CI-4
saya kan udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4

juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)

keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal.....dan lucunya juga kandungan antiwear lainnya sgt kecil / nggak pake

Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total (dibantu pake Titanium)

Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .......

Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya
Mau tanya om, ini misalkan ya,kalo kita dinegara yg bbmnya low sulphur itu mending kita pake api cj4/ck4 atau kita ttp pake ci4+ Untuk keawetan mesinnya ?
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by kangadut »

dimasapri wrote: Thu Mar 28, 2019 7:31
Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 7:25
dimasapri wrote:Saya bingung, ambil kesimpulan darimana kalau CJ-4 & CK-4 dikurangi kandungan antiwear nya?
Yg ada juga dibatasi phosphorus dan sulfated ash nya.
Phosphorus dibatasi kan tidak berarti antiwear berkurang?
Toh produsen oli akan menggantinya dgn moly/boron/titanium dan molekul anti wear lainnya agar ttp bisa memenuhi API CK-4/CJ-4 engine test yg lebih ketat dibandingkan CI-4
saya udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4

juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)

keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal

Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total

Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .........konon senyawa Boron & Titan is less toxic to emission devices (katanya)

ZDDP dianggap harmful to DPF & Catalyst

Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya
Coba dicermati lagi.
Setuju ZDDP turun karena phosphorus dibatasi.
Tapi antiwear bukan cuma ZDDP kan?
Masih banyak molekul anti wear lainnya yg digunakan.
Kalaupun Delvac LE lebih rendah antiwear nya dibandingkan Delvac 1, itu keputusan Mobil.
Bukan aturan dari API.
Karena API CK-4 tidak membatasi antiwear, yg dibatasi adalah phosphorus.
Itu 2 hal yg berbeda.

Jadi kita ngomongnya ZDDP turun, tapi antiwear belum tentu.
Tergantung produsen oli.
Yg pasti CK-4 tdk otomatis antiwear turun, karena Ck-4 tdk mewajibkan antiwear turun
Diskusi menarik..
Nyimak mode on. :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 7:25
dimasapri wrote:Saya bingung, ambil kesimpulan darimana kalau CJ-4 & CK-4 dikurangi kandungan antiwear nya?
Yg ada juga dibatasi phosphorus dan sulfated ash nya.
Phosphorus dibatasi kan tidak berarti antiwear berkurang?
Toh produsen oli akan menggantinya dgn moly/boron/titanium dan molekul anti wear lainnya agar ttp bisa memenuhi API CK-4/CJ-4 engine test yg lebih ketat dibandingkan CI-4
saya udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4

juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)

keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal

Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total

Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .........konon senyawa Boron & Titan is less toxic to emission devices (katanya)

ZDDP dianggap harmful to DPF & Catalyst

Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya
Coba dicermati lagi.
Setuju ZDDP turun karena phosphorus dibatasi.
Tapi antiwear bukan cuma ZDDP kan?
Masih banyak molekul anti wear lainnya yg digunakan.
Kalaupun Delvac LE lebih rendah antiwear nya dibandingkan Delvac 1, itu keputusan Mobil.
Bukan aturan dari API.
Karena API CK-4 tidak membatasi antiwear, yg dibatasi adalah phosphorus.
Itu 2 hal yg berbeda.

Jadi kita ngomongnya ZDDP turun, tapi antiwear belum tentu.
Tergantung produsen oli.
Yg pasti CK-4 tdk otomatis antiwear turun, karena Ck-4 tdk mewajibkan antiwear turun
wkwkwkwkwkw.........tahu bulat......tahu bulat......digoreng langsung.......

Btw saya sendiri lagi test oli 5W30 API CI-4 yg kadar antiwear under 1000 ppm (ZDDP dkk)......2KD kan flat tappet nih........nanti selepas 10.000 km ane mau test......mau liat wear metals nya

yaa kita liat aja dah.........moga2 wear metals tetap jauh di bawah ambang batas.........realita adalah yg paling valid

Btw pernah baca juga kalo Phosporous itu berfungsi sbg antiwear juga.......tapi ane belom paham detailnya gimana

mungkin ada yg bisa jelaskan ?

* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 9:02
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 7:25 saya udah pernah test lab boss ....oli 5W30 API CJ-4

juga di oil club.ru ada tuh hasil test lab Delvac LE 5W30 (CJ-4 juga)

keduanya angka ZDDP nya relatif rendah dibanding oli 5W40 API CI-4 spt Delvac1 misal

Tapi kalo si Kendall 10W30 API CK-4 dia angka antiwear nya cukup gede......sampe 1200 an ppm total

Kalo di oli2 API CI-4 yg generasi terakhir dan CJ-4 yg antiwear nya masi gede, saya melihat ada perubahan formulasi.....angka ZDDP agak dikurangi, tapi kadar Boron di-gede in atau pake senyawa Titanium spt Kendall (add nya mungkin dr Afton chem.) .........konon senyawa Boron & Titan is less toxic to emission devices (katanya)

ZDDP dianggap harmful to DPF & Catalyst

Kalo Amsoil MDD 5W30 saya belom nemu VOA / UOA nya
Coba dicermati lagi.
Setuju ZDDP turun karena phosphorus dibatasi.
Tapi antiwear bukan cuma ZDDP kan?
Masih banyak molekul anti wear lainnya yg digunakan.
Kalaupun Delvac LE lebih rendah antiwear nya dibandingkan Delvac 1, itu keputusan Mobil.
Bukan aturan dari API.
Karena API CK-4 tidak membatasi antiwear, yg dibatasi adalah phosphorus.
Itu 2 hal yg berbeda.

Jadi kita ngomongnya ZDDP turun, tapi antiwear belum tentu.
Tergantung produsen oli.
Yg pasti CK-4 tdk otomatis antiwear turun, karena Ck-4 tdk mewajibkan antiwear turun
wkwkwkwkwkw.........tahu bulat......tahu bulat......digoreng langsung.......

Btw saya sendiri lagi test oli 5W30 API CI-4 yg kadar antiwear under 1000 ppm (ZDDP dkk)......2KD kan flat tappet nih........nanti selepas 10.000 km ane mau test......mau liat wear metals nya

yaa kita liat aja dah.........moga2 wear metals tetap jauh di bawah ambang batas.........realita adalah yg paling valid

Btw pernah baca juga kalo Phosporous itu berfungsi sbg antiwear juga.......tapi ane belom paham detailnya gimana

mungkin ada yg bisa jelaskan ?
Wah parah ini...
Tahunan ngomong soal ZDDP tapi gak paham kalau ZDDP itu tersusun dari zinc & phosphorus?

P2S5 + 4 ROH → 2 (RO)2PS2H + H2S
2 (RO)2PS2H + ZnO → Zn[(S2P(OR)2]2 + H2O

P2S5 = phosphorus pentasulfide
A phosphate is a salt containing phosphorus.
Phosphorus is the raw element, found in several allotropic forms.
Phosphate is its oxoanion, which combines with metal cations to form salts called phosphates.
ZDDP = Zinc dialkyldithiophosphates.

Sebaiknya buka ulang lah apa itu CK-4/CJ-4.
Yg dibatasi adalah phosphorus, bukan ZDDP apalagi zinc.
Phosphorus dibatasi, otomatis ZDDP ngikut.

Yg dibatasi adalah zat pollutant bagi catalyst & dpf, dalam hal ini phosphorus dan sulfated ash.
API gak sesinting itu sampai membatasi additive antiwear.
Wong engine test nya saja justru makin banyak menambahkan batasan ketat atas perlindungan terhadap engine wear (ASTM D7422, ASTM D7484, ASTM D7468, ASTM D6750, ASTM D7549, & ASTM D5966).
Lebih dikit dan ringan syarat CI-4.

Emangnya additive antiwear cuma ZDDP saja?
Masih ada moly, boron, dan titanium.
Itu yg umum diketahui oleh orang awam.
Masih banyak additive "rahasia" yg menjadi previliege produsen oli.
Sebut saja C60 milik Bardahl.

Anti wear itu tidak sesederhana melihat kandungan additive zink, phosphorus, moly, boron, atau titanium saja.
Kalau produsen oli pakai antiwear agent yg gak umum, apa sampeyan bisa tau?

Selama oli tersebut lolos uji engine wear test (untuk CK-4: ASTM D7422, ASTM D7484, ASTM D7468, ASTM D6750, ASTM D7549, & ASTM D5966), artinya antiwear agent nya bekerja dgn sangat baik
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Mar 28, 2019 9:02
dimasapri wrote:
Coba dicermati lagi.
Setuju ZDDP turun karena phosphorus dibatasi.
Tapi antiwear bukan cuma ZDDP kan?
Masih banyak molekul anti wear lainnya yg digunakan.
Kalaupun Delvac LE lebih rendah antiwear nya dibandingkan Delvac 1, itu keputusan Mobil.
Bukan aturan dari API.
Karena API CK-4 tidak membatasi antiwear, yg dibatasi adalah phosphorus.
Itu 2 hal yg berbeda.

Jadi kita ngomongnya ZDDP turun, tapi antiwear belum tentu.
Tergantung produsen oli.
Yg pasti CK-4 tdk otomatis antiwear turun, karena Ck-4 tdk mewajibkan antiwear turun
wkwkwkwkwkw.........tahu bulat......tahu bulat......digoreng langsung.......

Btw saya sendiri lagi test oli 5W30 API CI-4 yg kadar antiwear under 1000 ppm (ZDDP dkk)......2KD kan flat tappet nih........nanti selepas 10.000 km ane mau test......mau liat wear metals nya

yaa kita liat aja dah.........moga2 wear metals tetap jauh di bawah ambang batas.........realita adalah yg paling valid

Btw pernah baca juga kalo Phosporous itu berfungsi sbg antiwear juga.......tapi ane belom paham detailnya gimana

mungkin ada yg bisa jelaskan ?
Wah parah ini...
Tahunan ngomong soal ZDDP tapi gak paham kalau ZDDP itu tersusun dari zinc & phosphorus?

P2S5 + 4 ROH → 2 (RO)2PS2H + H2S
2 (RO)2PS2H + ZnO → Zn[(S2P(OR)2]2 + H2O

P2S5 = phosphorus pentasulfide
A phosphate is a salt containing phosphorus.
Phosphorus is the raw element, found in several allotropic forms.
Phosphate is its oxoanion, which combines with metal cations to form salts called phosphates.
ZDDP = Zinc dialkyldithiophosphates.

Sebaiknya buka ulang lah apa itu CK-4/CJ-4.
Yg dibatasi adalah phosphorus, bukan ZDDP apalagi zinc.
Phosphorus dibatasi, otomatis ZDDP ngikut.

Yg dibatasi adalah zat pollutant bagi catalyst & dpf, dalam hal ini phosphorus dan sulfated ash.
API gak sesinting itu sampai membatasi additive antiwear.
Wong engine test nya saja justru makin banyak menambahkan batasan ketat atas perlindungan terhadap engine wear (ASTM D7422, ASTM D7484, ASTM D7468, ASTM D6750, ASTM D7549, & ASTM D5966).
Lebih dikit dan ringan syarat CI-4.

Emangnya additive antiwear cuma ZDDP saja?
Masih ada moly, boron, dan titanium.
Itu yg umum diketahui oleh orang awam.
Masih banyak additive "rahasia" yg menjadi previliege produsen oli.
Sebut saja C60 milik Bardahl.

Anti wear itu tidak sesederhana melihat kandungan additive zink, phosphorus, moly, boron, atau titanium saja.
Kalau produsen oli pakai antiwear agent yg gak umum, apa sampeyan bisa tau?

Selama oli tersebut lolos uji engine wear test (untuk CK-4: ASTM D7422, ASTM D7484, ASTM D7468, ASTM D6750, ASTM D7549, & ASTM D5966), artinya antiwear agent nya bekerja dgn sangat baik
Oke saya koreksi di postingan2 saya sebelumnya saya sering tulis Zinc dan ZDDP........saya koreksi.....jadi sebetulnya yang saya maksud adalah unsur Zinc nya itu.

Kalo test Lab oli itu antara ZINC dan Phospor itu angka nya sendiri2

Nah yang saya maksud adalah = nominal angka Zinc pada oli2 API CI-4 scr umum VS angka Zinc pada oli2 API CJ-4 type tertentu....terutama yg kategori Low Emission

ZDDP = Zinc Dialkyl DithioPHOSPATE yes itu senyawa Zinc dan P

Kalau salah ya monggo koreksi.....tapi tak perlu dengan tulisan yg merendahkan spt itu bukan ?

Anda ini mau diskusi atau menunjukkan supremasi pengetahuan anda Boss ?

saya sih tidak pernah merasa paling tahu segalanya.......saya senang kalo ada orang tahu lebih banyak dr saya & saya bisa menimba ilmu

Saya mah cuman nubitol yang belajar dari Google + praktek dgn Test lab & kinerja mesin......saya senang dgn praktek......jadi gak sekedar teori mulu.

Salam





Last edited by Turboman on Thu Mar 28, 2019 15:58, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

dopost

deleted
Last edited by Turboman on Thu Mar 28, 2019 16:13, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

Nah ini REAL nya.......

Nih Delvac LE nya

https://www.oil-club.ru/forum/topic/177 ... -m2c171-e/

yg ada kotak ijo itu oli 5W30 API CJ-4 (merek Eropa)

yg oilclub.ru itu Delvac LE (API CJ-4)

liat aja angka Zinc nya cuman brp.....dan zat2 lain spt Moly dan Boron nya juga kecilll bgt

Pabrik juga nggak bilang pake unsur Titan

Nah pabrik kira2 masukkin zat apa ya utk mengkompensasi rendahnya metalllic antiwear agent itu ?

Kalo anda yakin banget adanya unsur X di luar Zi / Bo / Mo / Ti......saya juga pengen tahu tuh.........

Utk angka Phosphor bisa dilihat di tabel

Angka Oxidation nya juga normal......kalo misal ada Ester biasanya Oxidation agak tinggi. (atau mungkin dikasi Ester tapi kecilll banget ? )

Anda bandingkan aja dgn VOA / UOA oli2 yg API CI-4.......any brand......baik angka metallic antiwear & Phosphor nya

Tapi sih yg saya perhatikan mesin2 Diesel yg minta 5W30 oil rata2 udah Roller Rocker......sebetulnya no problem dgn reduced Antiwear

Apakah mungkin pabrikan bikin spec spt ini utk menyasar juga pasar mobil pribadi penumpang Diesel Euro 5 yg rata2 minta spec ACEA C3 ?

Sedangkan yang 10W30 biarpun API CJ-4 / CK-4 mungkin lebih banyak digunakan oleh Heavy Vehicle ? ......jadi antiwear tetap tinggi

CMIIW
Screenshot_2019-03-28-23-15-27-441_com.miui.gallery.jpeg
Screenshot_2019-03-28-23-18-10-302_com.android.chrome.jpeg








You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on Thu Mar 28, 2019 16:26, edited 9 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

yg ada logo KAN di bawah ini adalah 10W30 API CK-4

Nah kalo yg ini metallic antiwear nya mantap.......
Screenshot_2019-03-28-23-28-34-160_com.miui.gallery.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by b8099ok »

FRD lube anti wearnya apa aja?
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

Another 5W30 API CJ-4 .,....test in new condition.......merek U Op

See angka metallic antiwear & Phospor........11 - 12 dgn 2 sample di posting saya sebelumnya yg sama2 oli 5W30 API CJ-4.....bahkan ini a bit lower

pak dimas kan percaya ada unsur X di luar mainstrean antiwear......nah coba sebut kemungkinannya ada zat apa aja......entah FRD oil or .........?

he he hee
IMG_20190329_080738.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by sukerdan02 »

adibudyono wrote: Fri Mar 01, 2019 11:46 Om Turbo... mohon pencerahannya ya ...

Panther 2018 rencana kasih Shell HX8 15W30 sekaligus buat oli transmisi....

Sedang gardan rencana oli pertamina Rored GL5 SAE 90 ....

Rekomendedkah...???
Waduh sultan banget kalo ini om.. Sia2 pake oli mahal2..
Mesin 4JA itu teknologi tahun 80an akhir, pake oli buntut 40 udah cukup banget.. Mau agak mewah ya kasi fastron diesel.. Yang biasa2 aja cukup pake delvacMX, HX5/HX7, Rimula R4X.. Mau lbh ekonomis dikasi Meditran SX juga udah cukup..

Oli transmisi kasi yang murah aja, Meditran S atau SC juga cukup..
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by supriyanto98 »

hmm debatnya menarik.
tapi saya kepikiran kalo ZDDP itu adalah campuran Zinc dan fosfor, mungkin gk pas tes hasilnya ada yang overlap antara zinc dan fosfor?
jadi makin tinggi deh hasilnya :big_think:

misalkan yang di taro di olinya zddp 300ppm zinc 350ppm fosfor 200ppm.
jadinya yang ke detect di mesin adalah
zinc 650 fosfor 300ppm gitu.

kalau begini kan brarti engga keliatan campuran asli pabrikan masing".
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

supriyanto98 wrote:hmm debatnya menarik.
tapi saya kepikiran kalo ZDDP itu adalah campuran Zinc dan fosfor, mungkin gk pas tes hasilnya ada yang overlap antara zinc dan fosfor?
jadi makin tinggi deh hasilnya :big_think:

misalkan yang di taro di olinya zddp 300ppm zinc 350ppm fosfor 200ppm.
jadinya yang ke detect di mesin adalah
zinc 650 fosfor 300ppm gitu.

kalau begini kan brarti engga keliatan campuran asli pabrikan masing".
kalo ada Lab oli kayak gitu mending tutup aja lab nya.......gak usah jualan

hahahah
* Bukan ajakan Beli *