ddjt wrote:
Klo ane kondisinya begini, mobil dipake cuma weekend doang, utk kerja pake R2. Jadi pemakaian rata2 dalam 6 bulan cuma 5000km, so ane ikut jadwal service dan ganti oli + filter tiap 6 bulan, tapi item2 penggantian yang lain tetep ikutin itungan KM nya, seperti ganti busi & oli transmisi tiap 20rb km (kira2 nanti umur ertiga udah 2 tahun).
Jadi selama ini biaya service sangat murah, cuma ganti oli + filter saja. Dan olinya juga pake SGO yang ramah buat kantong ane hehehe..
sepertinya untuk om memang paling sesuai 5000km ya, karena untuk 5000 km dicapai dalam waktu 6 bulan.. kalau saya dalam 6 bulan bisa mencapai 10.000 KM, makanya servisnya di 10.000 Km saja.. di manual book juga tertulisnya 10.000Km ata 6 bulan mana yang tercapai lebih dahulu
kalau saya kebetulan tercapainya bareng
DDR wrote:Ane service bakal setiap 5000 KM pake oli SGO aja karena ane punya pendapat lebih baik pake oli biasa aja (SGO) tapi interval ganti nya dicepetin (5000KM), berhubung Jakarta ini lalulintas nya tidak dapat diprediksi jadi udah gak bisa lagi pake patokan KM, seharusnya sih Engine Hour... tapi susah ngitungnya hehehehe...
sip om.. untung beres juga deket rumah ya om, jadi kalau mau servis gampang.. kalau saya mau servis harus siapin waktu kosong karena jaraknya agak jauh, maklum rumah di pinggir kota.. makanya kalau bisa sih ga terlalu sering ngebengkel
-----------------------
Mau share biaya servis selama s/d saat ini KMnya 29.000.. minggu kemarin baru saja servis ke 4
KM 1000: Gratis termasuk oli
KM 5000: Untuk Ertiga Batch awal tidak ada servis gratis 5.000, jadi saya ke toko spare parts Suzuki langganan utk ganti oli saja dengan SGO.. DC: 240.000
KM 10.000: Gratis jasa. Oli dan Filter beli sendiri. DC:224.000, karena dapat discount dari Beres 15%
KM 15.000: sama seperti KM 5.000.. kalau ke Beres biaya jasanya mahal boo
KM 20.000: Gratis Jasa. Pada servis ini saya klaim steering rack yang berisik, dimana steerung racknya sendiri sebenarnya sudah mulai bunyi-bunyi pada KM 8.000 an, hanya saja bunyinya semakin keras jadi aja klaim.. Klaim diterima, inden komponennya seminggu, plus free spooring sesudahnya.. padahal saya baca-baca di forum sebelah, biasanya untuk spooring dibebankan ke konsumen.. apa karena saya klaimnya sambil ngirim email komplain ke Halo Suzuki ya?
Komponen yang diganti:
Busi, Filter Oli, Oli Transmisi. DC:286.698
Oli bawa sendiri Shell HX 8. DC: 400.000 kurang seingat saya mah
KM 30.000: Jasa dan komponen bayar sendiri. Saya sendiri kkemarin servisnya pas KM 29.000. Ada keluhan, yaitu handle pintu bagasi yang longgar, jadi agak susah untuk buka pintunya. akhirnya bisa diperbaiki tanpa mengganti komponen apapun
Biaya dan Komponen yang diganti:
Jasa Servis Berkala : 299.200
Perbaiki Handle Pintu belakang: 70.400
Filter Oli: 28.636
Air Accu: 5.000
Total (incl PPN dan disc 15%): 376.770
Oli bawa sendiri Shell HX8: 335.000, kebetulan dapet murah
saran saya, kalau sudah punya Beres langganan lebih baik jangan pindah-pindah.. saya dari dulu pas pakai APV servisnya selalu di NJS Cibereum Bandung.. saya sendiri aja bingung kenapa dapet diskon 15%.. ditambah sudah kenal SAnya, kalau komplain juga gampang dan bisa bawa spare parts sendiri juga (Seperti saya bawa oli sendiri).. apalagi antar Beres Suzuki standarnya tidak sama, meskipun kebanyakan sudah online antar Beres
kalau sudah cocok dengan satu Beres, teruskan saja disitu