Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1731
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote:
Yesterday, 16:43
om @Omnibus dan om @DOHC.

Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.

Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?
yg izfr itu kasta tertingginya ngk iridium (beda sama iridum ix). dia standar pabrik utk L15A (intake alum) yg terpasang di jazz GE8 dan city GM2 (kl ga salah freed juga.) krn posisi mesin susah utk ganti busi jd dikasih yg bisa tahan lama. tp dulu bnyk yg mengeluh krn busi itu mahal sekali terutama di beres.

akhirnya semenjak jazz gk5, hrv dan mobilio L15Z (intake plastik) standar pabrik dikasih fr6f biasa krn posisi ganti jauh lbh bersahabat.

kl bisa ngga L15Z dikasih izfr ya pasti bisa.

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1974
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Serba Serbi Busi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote:
Yesterday, 17:08
Profith83 wrote:
Yesterday, 16:43
om @Omnibus dan om @DOHC.

Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.

Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?
yg izfr itu kasta tertingginya ngk iridium (beda sama iridum ix). dia standar pabrik utk L15A (intake alum) yg terpasang di jazz GE8 dan city GM2 (kl ga salah freed juga.) krn posisi mesin susah utk ganti busi jd dikasih yg bisa tahan lama. tp dulu bnyk yg mengeluh krn busi itu mahal sekali terutama di beres.

akhirnya semenjak jazz gk5, hrv dan mobilio L15Z (intake plastik) standar pabrik dikasih fr6f biasa krn posisi ganti jauh lbh bersahabat.

kl bisa ngga L15Z dikasih izfr ya pasti bisa.
oh siap om. Bawaannya FR6F-11K karena orang banyak compliant dulunya mahal. makanya diberi yang FR6F-11K.

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 478
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

Omnibus wrote:
Yesterday, 14:06
MSU wrote:
Yesterday, 14:01
coklatMetalik wrote:
Yesterday, 12:59


Iya besi Lnya memang kehalang delco utk busi nomer 2 & 3, makanya sy diledekin di trit sebelah :big_biglaugh:

Tp emang kayanya bawaan mobil deh, dari jaman duluuu udh disimpen di kantong yg tulisan TOYOTA gabung sama kunci2 roda, krom2nya jg udh pada ngelupas & agak karatan :mky_01:
Barusan browsing di partsouq.com malah ketemu, part numbernya 09155-44010

Kalo kunci roda sih sy punya yg bs dipanjangin & bahannya rada kuat, berani sy injek2, biasanya kalo udh diinjek2 sih bs lepas juga.
Tp emang pernah jg sih sampe kunci rodanya bengkok, 2 taun yg lalu, di bengkel, pas mau ganti kampas rem depan, akhirnya itu bengkel terpaksa pake pipa juga :big_biglaugh:
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:
Haha...tenang om...kalo udh tau senangnya punya kunci sok....dijamin ketagihan

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1984
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

MSU wrote:
Yesterday, 14:01

seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
:mky_02: :mky_02:
:thanks: Ntar sy coba
Omnibus wrote:
Yesterday, 14:06


yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:
:big_weee: :big_weee: :upss:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17947
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

coklatMetalik wrote:
Yesterday, 20:19
MSU wrote:
Yesterday, 14:01

seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
:mky_02: :mky_02:
:thanks: Ntar sy coba
Omnibus wrote:
Yesterday, 14:06


yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh :mky_03:
:big_weee: :big_weee: :upss:
Ayo buruan tu beli konci sok busi

Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3350
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote:
Today, 10:15

Ayo buruan tu beli konci sok busi

Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin

justru asemreges malah seneng kalo busi patah.
jadi ada kerjaan tambahan angkat head, bengkel bubut benerin drat busi, sekir klep, papas head, more tjuan more fun.
derita lu, rejeki gue.
pipes - cigars - coffee

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17947
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote:
Today, 11:16
DOHC wrote:
Today, 10:15

Ayo buruan tu beli konci sok busi

Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin

justru asemreges malah seneng kalo busi patah.
jadi ada kerjaan tambahan angkat head, bengkel bubut benerin drat busi, sekir klep, papas head, more tjuan more fun.
derita lu, rejeki gue.
Dl kijang super papa saya perna patah busi mbah, waktu itu krn tinggal nya masi deket sawah besar sana, bokap manggil sala satu montir asem reges sana

Dsitulah saya terbuka mata nya dgn cara asem reges utk kluarin busi patah, pake besi pasak pipih, ketok2 ke dalem patahan busi, trus pake tang gede ama baju diputer2 sambil d ketok2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Post Reply