Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Barusan bubut rem depan sepasang di start tire muara karang kena 275rb

Image Image

Hasilnya saat nge rem, setir udah gk getar lagi, di pedal rem juga sudah gak terasa getar (*kecuali pas ABS nya jalan), rem lebih pakem (*kampas rem nya dibersihkan td), dan yang pasti disc brake nya tambah tipis.

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by merkapa »

thx agan DOHC...............................................................................
arhiday
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:36

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arhiday »

DOHC wrote:
arhiday wrote:
punke wrote:Om om disini ada rekomen bengkel kaki2 diwilayah depok ga?
Salam kenal dari nubie gan :)
YPS bengkel puja gan. cari di waze aja ada locationnya. ane ganti dan pasang cross member disana, lumayan oke.

mohon maaf suhu dimari (suhu DOHC dan suhu suhu lain), mohon info nubie mau tanya soal tbs dan afm ama ferrox filter untuk OGL. recomended ga pake begituan ke performance? dan ada epek lain ga buat jangka panjangnya? mohon pencerahannya ya suhu
mengenai AFM, kl IMHO sehh ga worth it... ud perna coba test dan lebi ke arah sugesti... tp kl user laen blg joss banget yahh terserah mereka... plg enak buat bukttin yah musti naek dyno...

kl ferrox, jfc, knn, dkk... mnurut ane tergantung rute dan trayek... kl dalkot, mending ga usa, buang2 duit aj... tp kl sering tol, berasa beda nya...
hehehe untung ga jd beli AFM. cuma beli ferrox. ripiu nya sih emang bener gan klo dalkot ga berasa bedanya. cuma klo ditol/speed atas lumayan ngisi terus powernya :mky_02:
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by satrialiar69 »

Oms, ada yang punya wiring diagram GL 2009 gak?
rencananya saya mau mindahin klakson dari tombol tambahan ke switch pass lampu jauh
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11068
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by marmut »

satrialiar69 wrote:Oms, ada yang punya wiring diagram GL 2009 gak?
rencananya saya mau mindahin klakson dari tombol tambahan ke switch pass lampu jauh
trus ngedimnya pencet klakson?
[emoji15] [emoji15] [emoji15]
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: RE: Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by satrialiar69 »

marmut wrote:
satrialiar69 wrote:Oms, ada yang punya wiring diagram GL 2009 gak?
rencananya saya mau mindahin klakson dari tombol tambahan ke switch pass lampu jauh
trus ngedimnya pencet klakson?
[emoji15] [emoji15] [emoji15]
klaksonnya udah rusak om
ngedim dorong ke bawah tuas sebelah kanan aja om
tombol klakson di stir udah gak akan dipake, gantinya ya itu tadi, switch dim dialihfungsikan jadi klakson kayak angkot
udah dipikir mateng2, harus ada yang dikorbankan, dipilihlah switch dim dibanding ngorbanin dompet beli parts baru/repair yang ujung2nya rusak lagi...
ariobrahmana
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 12, 2016 8:58

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by ariobrahmana »

allow semua,
saya baru punya GL 2008 matic (beli second) Des 2015 kemarin...
KM masih 85rb an (cuma pake sabtu minggu)..

Problem sekarang :
- klakson ga hidup (yg di setir), soalnya klo alarm hidup kok... mungkin kabel fleksibelnya ?? --> ada rekomen tempat service kah ?
- pengen tune up/service mesin, ada rekomen untuk bengkel bagus sekitar bintaro/pd aren/BSD ?

Thanks.
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by satrialiar69 »

ariobrahmana wrote:allow semua,
saya baru punya GL 2008 matic (beli second) Des 2015 kemarin...
KM masih 85rb an (cuma pake sabtu minggu)..

Problem sekarang :
- klakson ga hidup (yg di setir), soalnya klo alarm hidup kok... mungkin kabel fleksibelnya ?? --> ada rekomen tempat service kah ?
- pengen tune up/service mesin, ada rekomen untuk bengkel bagus sekitar bintaro/pd aren/BSD ?

Thanks.
common problemnya OGL
kalau tempat service, saya ada kontak bengkel yang bisa bantu, recommended sama teman2 Livina user di grup saya
Searching aja, BSB, Bukan Sembarang Bengkel, Ownernya Oom Narko.
cuman agak jauh, di daerah Cijantung
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by r1409 »

denger2 biaya parts livina mendadak murah, apa bener ya? gimana dengan biaya jasa servisnya?

semurah apa nih? penasaran, kalo bener udah murah, ini mobil jadi kandidat soalnya build quality dan naikannya enak nih, cuma ga tahan dengan biaya perawatannya...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

klakson mendadak ga bunyi mahh hampir pasti kabel fleksibel... klasik itu mah di lipina series... kl mau murah, bsa rekondisi... dl si j@5m1n bsa... cman tau dehh skrg... tp jgn harap bsa seawet bawaan pabrik...
kl mau murah, coba muter atrium aj... dl ane dpt sejuta pas 3 taon yg lalu di gt nissan motor atau di champion... lupa ane... barang ori
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

r1409 wrote:denger2 biaya parts livina mendadak murah, apa bener ya? gimana dengan biaya jasa servisnya?

semurah apa nih? penasaran, kalo bener udah murah, ini mobil jadi kandidat soalnya build quality dan naikannya enak nih, cuma ga tahan dengan biaya perawatannya...
kl ngikutin harga beres mahh tetep sami mawon om... jasa ama parts mereka utk fast moving malah lebi mahal dr jaman ane dl pertama pliara lipina... tp kl slow moving... denger2 emg ud ga semahal jaman lipina baru kluar awal dl... mungkin NMI baca2 neh forum kl... trus murahin harganya...

yg berasa murah tuh kl lg belanja ketengan di atrium atau sentra2 otomotif.... contoh nya aj... jaman dl crossmember bsa 2.7 jutaan... skrg, 1.5 bungkusss dahhh... parts onderstel laen jg sama... skrg murah... cuman kl di bandingin scara fisik, ad beda bentuk antara yg skrg ama yg lama... made in nya jg beda... kl dl banyakan thai... skrg beberapa ad yg jepun.... cuman mana yg lebi kuat... entahlah....



* asemmm, dl betulin kaki2 doank aj ud kaya ilang honda beat plus laptop... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arissety »

Pagi semua livina user.

Ane ada livina umur 3 bulan, KM 1000, manual.
Masalah yg ane hadapi, yaitu pas start dari lampu merah, itu kok agak kaku gitu timingnya.
Klo kecepetan lepas kopling dan pd saat g sama gas -nya telat, mesin mati. ane pernah mati 3 kali, bini sekali mati. :mky_01:
Klo ane sih mati di lampu merah bisa tetep nyantai. Tapi bini ane yg panikan.
Sedangkan klo gas kecepetan, kopling telat lepasnya, mobil jadi meraung2. bikin kaget orang2 :mky_01:

Yg aman yg ane praktekkan, yaitu lepas koplingnya kontinue dan gas nya juga kontinue, dan itu dilakukan bersamaan.
Tapi kan susah.

Sebelumnya pakai karimun kotak, g pernah msalah kek gini.
Dan dirumah juga ada March, yg masih low km juga, g ada masalah kek gini.

Mungkin ada masukan yg perlu dibenerin? Diperingan koplingnya atau gimana.
Atau cara lepas kopling ane yg perlu dibenerin.
Dumd
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Aug 20, 2016 16:02

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Dumd »

Parah sesepuhijinkan newbie bertanya
Nissan livina xr 08 ane ada masalh bunyi2 di bagian kaki2 nih..
Ane pusing uda kuar masuk bengkel ga selesai2..
Malah divonis yg macem2..

Ada bengkel yg rekomen ga daerah jakut/jakbar...??

Part yg uda ane ganti shock dpn, link stabil, bearing...
Bunyinya spt gruk gruk klo jalan antara 30-60km tapi kadang bunyi kadang ga, dan tersara di daerah pedal gas,
Kalao muatan penuh alias penumpang terisi di jok blkg spt ilang tapi klo sendiri bisa muncul..
Sama satu lg klo belok patah ke kanan bunyi kretek tek gt... Knp yah?

Thx atas bantuan nya..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

Dumd wrote: Part yg uda ane ganti shock dpn, link stabil, bearing...
Bunyinya spt gruk gruk klo jalan antara 30-60km tapi kadang bunyi kadang ga, dan tersara di daerah pedal gas,
Kalao muatan penuh alias penumpang terisi di jok blkg spt ilang tapi klo sendiri bisa muncul..
Sama satu lg klo belok patah ke kanan bunyi kretek tek gt... Knp yah?

Thx atas bantuan nya..
nubie coba bantu jawap yah.. kes nya mirip lipina ane dl..

asumsi parts yg ente ganti tu ori smua...

gmana dgn support shock ?? ud mendem atau masi nonjol... coba puter setir full lock ke kiri atau kanan... liat atas support shock karet nya ad yg retak atau ampe kebelah ga... kalo iya, most probably itu lah culprit nya...

tp bsa jg kaya ane dl... worst case nya ialah, per nya agak melengkung sedikit... kaga silindris... mungkin waktu itu gegara keseringan bongpas kaki2... montir nya masang lg ga pas... waktu itu solusi ane sehhh lepas bpkb...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dumd
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Aug 20, 2016 16:02

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Dumd »

Part yg ane ganti sih bukan ori bro.. Produk yg murahan dikit..
Cuman nih bunyi2 ga ada sebelum ane ganti tuh part.. Dulu cuman bunyi dengung aja.. Skrg dengun ilang muncul bunyi spt itu
Nah yg ane kesel montir suka asbun.. Blg ini itu yg rusak giliran uda ganti tetep bunyi...
Support shock juga uda ganti pas ganti shock nya sekalian.. Lepas bpkb maksudnya dijokul?

Jujur sih masi sanyang lah. Masi enak tarikannya jarang pake juga thn 08 br 60km interior masi asli...
Mending pelan2 bnr in..
Bengkel cahaya si ko ayung di muara karang raya yg ente pernah itu bisa di andalkan bos ?
User avatar
reza martiyas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon May 20, 2013 8:15
Location: Pekanbaru - Riau

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by reza martiyas »

arissety wrote:Pagi semua livina user.

Ane ada livina umur 3 bulan, KM 1000, manual.
Masalah yg ane hadapi, yaitu pas start dari lampu merah, itu kok agak kaku gitu timingnya.
Klo kecepetan lepas kopling dan pd saat g sama gas -nya telat, mesin mati. ane pernah mati 3 kali, bini sekali mati. :mky_01:
Klo ane sih mati di lampu merah bisa tetep nyantai. Tapi bini ane yg panikan.
Sedangkan klo gas kecepetan, kopling telat lepasnya, mobil jadi meraung2. bikin kaget orang2 :mky_01:

Yg aman yg ane praktekkan, yaitu lepas koplingnya kontinue dan gas nya juga kontinue, dan itu dilakukan bersamaan.
Tapi kan susah.

Sebelumnya pakai karimun kotak, g pernah msalah kek gini.
Dan dirumah juga ada March, yg masih low km juga, g ada masalah kek gini.

Mungkin ada masukan yg perlu dibenerin? Diperingan koplingnya atau gimana.
Atau cara lepas kopling ane yg perlu dibenerin.
saya rasa ini karakter mobilnya om, dan ga cuma om ariessety yang ngalami, saya juga pernah
bbrapa kali mati mesin, kawan2 dikantor pemakai livina bilang gitu juga waktu pertama kali, malah sempat dikira baru bisa nyetir, hahaha

1. aktifkan rem tangan, begitu liat udah lampu udah hampir hijau, gas dulu kira2 1000-1500 rpm,
masuk gigi 1, lepas kopling pelan2 barengan sama lepas rem tangan (pake rem tangan ini tujuannya
supaya mobil nggak mundur, trus supaya kaki kanan bisa tenang ngatur gas). Gak cuma dilampu
merah, cara seperti ini sudah saya praktekkan di banyak situasi
2. kalau ribet pake rem tangan, terpaksa main gantung kopling,
3. kadang2, saya lepas kopling duluan tapi nggak sampai habis (agak digantung), kaki kanan pindah
dari rem ke gas, langsung barengan sama lepas kopling yg agak digantung tadi.

tiga cara diatas yang sering saya pakai klo nyetir livina manual, mau pakai cara yang mana tergantung kondisi yg dihadapi

mudah2an membantu
User avatar
reza martiyas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon May 20, 2013 8:15
Location: Pekanbaru - Riau

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by reza martiyas »

Dumd wrote:Parah sesepuhijinkan newbie bertanya
Nissan livina xr 08 ane ada masalh bunyi2 di bagian kaki2 nih..
Ane pusing uda kuar masuk bengkel ga selesai2..
Malah divonis yg macem2..

Ada bengkel yg rekomen ga daerah jakut/jakbar...??

Part yg uda ane ganti shock dpn, link stabil, bearing...
Bunyinya spt gruk gruk klo jalan antara 30-60km tapi kadang bunyi kadang ga, dan tersara di daerah pedal gas,
Kalao muatan penuh alias penumpang terisi di jok blkg spt ilang tapi klo sendiri bisa muncul..
Sama satu lg klo belok patah ke kanan bunyi kretek tek gt... Knp yah?

Thx atas bantuan nya..
bushing2 di crossmember nya udah dicek om?
kalau bermasalah, bisa jadi penyumbang bunyi2an juga di livina
termasuk bunyi gruuk gruk, dan bunyi kretek2 kalau stir dibelokkan

mudah2an membantu
arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arissety »

reza martiyas wrote:
arissety wrote:Pagi semua livina user.

Ane ada livina umur 3 bulan, KM 1000, manual.
Masalah yg ane hadapi, yaitu pas start dari lampu merah, itu kok agak kaku gitu timingnya.
Klo kecepetan lepas kopling dan pd saat g sama gas -nya telat, mesin mati. ane pernah mati 3 kali, bini sekali mati. :mky_01:
Klo ane sih mati di lampu merah bisa tetep nyantai. Tapi bini ane yg panikan.
Sedangkan klo gas kecepetan, kopling telat lepasnya, mobil jadi meraung2. bikin kaget orang2 :mky_01:

Yg aman yg ane praktekkan, yaitu lepas koplingnya kontinue dan gas nya juga kontinue, dan itu dilakukan bersamaan.
Tapi kan susah.

Sebelumnya pakai karimun kotak, g pernah msalah kek gini.
Dan dirumah juga ada March, yg masih low km juga, g ada masalah kek gini.

Mungkin ada masukan yg perlu dibenerin? Diperingan koplingnya atau gimana.
Atau cara lepas kopling ane yg perlu dibenerin.
saya rasa ini karakter mobilnya om, dan ga cuma om ariessety yang ngalami, saya juga pernah
bbrapa kali mati mesin, kawan2 dikantor pemakai livina bilang gitu juga waktu pertama kali, malah sempat dikira baru bisa nyetir, hahaha

1. aktifkan rem tangan, begitu liat udah lampu udah hampir hijau, gas dulu kira2 1000-1500 rpm,
masuk gigi 1, lepas kopling pelan2 barengan sama lepas rem tangan (pake rem tangan ini tujuannya
supaya mobil nggak mundur, trus supaya kaki kanan bisa tenang ngatur gas). Gak cuma dilampu
merah, cara seperti ini sudah saya praktekkan di banyak situasi
2. kalau ribet pake rem tangan, terpaksa main gantung kopling,
3. kadang2, saya lepas kopling duluan tapi nggak sampai habis (agak digantung), kaki kanan pindah
dari rem ke gas, langsung barengan sama lepas kopling yg agak digantung tadi.

tiga cara diatas yang sering saya pakai klo nyetir livina manual, mau pakai cara yang mana tergantung kondisi yg dihadapi

mudah2an membantu
tengs gan tips nya.
sampai hari kemarin ane pakai cara 1 yg ente jelaskan.

nah, hari ini tadi ane nganterin bini ke luar kota, sambil ane rasa2in karakter gas/koplingnya kek gimana sih sebenernya.
akhirny dapat ane simpulkan untuk nisan gl ini, pas kita injak gas, respon tenaganya munculnya agak delay 1/2 sampai 1 detik.
jadi timing nglepas koplingnya jangan bareng sama pas nginjak gas, tapi harus di-delay dikit, biar pas timingnya sama pas respon mesinnya dateng.
karakter kayak gini sangat pas dan enak klo pas mobil sudah jalan, apalagi kecepatan tinggi, sambil pindah2 gigi 3 atau 4.
tapi klo pas dari posisi jalan, harus adaptasi dulu.

btw, bisa tidak ya respon gasnya di setel jgn delay gitu?
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by r1409 »

respon throttle ada delay itu karena sudah pake drive-by-wire, bertujuan untuk efisiensi bbm dan kerja mesin. jadi pedal gas nya cuma penerima command dari kita mau akselerasi seberapa, lalu ECU akan mengatur sendiri kombinasi intake dan rpm mesin yg dibutuhkan dari seberapa cepat dan dalam injakan pedal gas.

kalo yg spontan sih pake kabel gas.
User avatar
reza martiyas
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Mon May 20, 2013 8:15
Location: Pekanbaru - Riau

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by reza martiyas »

yup teknologi dbw nya yang bikin ada delay, kerasa bgt kalau kickdown di gigi 3-4-5

ada trik lagi ketika nyetir livina, hanya berbagi pengalaman pribadi
pernah gak ngalami seperti ini. Ketika kita injak pedal gas, seperti gak ada respon kan (anggaplah delay DBW nya) begitu gas diangkat malah mesin meraung. pada kondisi ini banyak rekan2 user livina tetap injak gasnya sampai respon mesin n tenaganya muncul, bahkan ada juga yang nambah injak gas rata lantai juga gak akan pengaruh (makanya banyak yang bilang livina lemot).

tapi kalau saya, injak gas, begitu kerasa delay nya, angkat pelan2 pedal gas (mesin meraung ---> tandanya rpm naik, kecepatan mobil pun otomatis nambah) baru deh kickdown lagi. trik ini bukan berarti delay/lag nya hilang, tapi lebih ke meminimalisir aja. ga pake nambah alat macam2, cuma butuh membiasakan kaki kanan aja
User avatar
min0ru
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Nov 05, 2008 2:10

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by min0ru »

arfs wrote:Barusan bubut rem depan sepasang di start tire muara karang kena 275rb

Image Image

Hasilnya saat nge rem, setir udah gk getar lagi, di pedal rem juga sudah gak terasa getar (*kecuali pas ABS nya jalan), rem lebih pakem (*kampas rem nya dibersihkan td), dan yang pasti disc brake nya tambah tipis.

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
Keliatannya ini salah satu tradisi AGL ya? Punya saya juga mesti dibubut tapi belom sempet :mky_01:

======

Anyway salam kenal om2, saya pengguna baru AGL mau numpang nimbrung bin curhat.

Saya pengguna AGL XV CVT, nah dari awal beli pakai pertamax tapi sampai sekarang belom pernah nembus 1:10 untuk konsumsi BBMnya. Paling banter 1:9,6 itu pun sangat jarang. Beberapa minggu lalu terakhir di service malah menunjukkan angka 1:7.8 per pagi ini saya test hitung secara manual (bukan melihat AVG ODO). Apa rekan2 pengguna AGL ada yang mengalami seperti ini? atau mungkin malah ga ada yang sampe segini boros?

:big_cry:

Sepertinya pernah dibahas di OGL 2009 lalu, mungkin pengalamannya berbeda dengan AGL sekarang. Mohon masukkannya.

Tengkyu in advanced
:big_deal:
User avatar
min0ru
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Nov 05, 2008 2:10

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by min0ru »

reza martiyas wrote:yup teknologi dbw nya yang bikin ada delay, kerasa bgt kalau kickdown di gigi 3-4-5

ada trik lagi ketika nyetir livina, hanya berbagi pengalaman pribadi
pernah gak ngalami seperti ini. Ketika kita injak pedal gas, seperti gak ada respon kan (anggaplah delay DBW nya) begitu gas diangkat malah mesin meraung. pada kondisi ini banyak rekan2 user livina tetap injak gasnya sampai respon mesin n tenaganya muncul, bahkan ada juga yang nambah injak gas rata lantai juga gak akan pengaruh (makanya banyak yang bilang livina lemot).

tapi kalau saya, injak gas, begitu kerasa delay nya, angkat pelan2 pedal gas (mesin meraung ---> tandanya rpm naik, kecepatan mobil pun otomatis nambah) baru deh kickdown lagi. trik ini bukan berarti delay/lag nya hilang, tapi lebih ke meminimalisir aja. ga pake nambah alat macam2, cuma butuh membiasakan kaki kanan aja
Trik yang sama juga saya gunakan om. emang karakternya begitu ya :D
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

min0ru wrote: Keliatannya ini salah satu tradisi AGL ya? Punya saya juga mesti dibubut tapi belom sempet :mky_01:

======

Anyway salam kenal om2, saya pengguna baru AGL mau numpang nimbrung bin curhat.

Saya pengguna AGL XV CVT, nah dari awal beli pakai pertamax tapi sampai sekarang belom pernah nembus 1:10 untuk konsumsi BBMnya. Paling banter 1:9,6 itu pun sangat jarang. Beberapa minggu lalu terakhir di service malah menunjukkan angka 1:7.8 per pagi ini saya test hitung secara manual (bukan melihat AVG ODO). Apa rekan2 pengguna AGL ada yang mengalami seperti ini? atau mungkin malah ga ada yang sampe segini boros?

:big_cry:

Sepertinya pernah dibahas di OGL 2009 lalu, mungkin pengalamannya berbeda dengan AGL sekarang. Mohon masukkannya.

Tengkyu in advanced
:big_deal:
Salam kenal juga om Minoru selamat bergabung di SM.
Kalah masalah disc brake getar spertinya iya. Dulu mau coba klaim tapi kata SA nya batar klaim disc brake cuman sampai 15rb km (damn you batumakam(nissan)). Disaranin ganti baru, cuman ane pikir kalo memang part nya yg rada defect percuma ganti baru nanti geter lagi, mending bubut aja dah yg sekarang.

kalau masalah konsumsi BBM, konsumsi BBM saya biasanya kalau habis servis lebih bagus karena kan kalo biasa di servis di kasi engine conditioner biar kerak nya hilang (*walau gk se efektiv carbon clean). Kalau menurut saya, mungkin SA nya maju atau mundurin timing ignition nya. Jadi berubah konsumsi BBM nya. Ane pake pertralite dalkot masih bisa diatas 1:10*. Kalo om barusan service coba aja cepet2 bawa ke beres nya lagi.
Biasa kan ada garansi service nya. Coba aja bilang "balikin timing nya ke-0". BTW tarikan mobil nya berubah gk om? Kalo iy mungkin bener tuh timing nya di rubah.

*udah ganti air filter f*rrox dan tambah air flow manipulator (semaca throttle body spacer)
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

Dumd wrote:Part yg ane ganti sih bukan ori bro.. Produk yg murahan dikit..
Cuman nih bunyi2 ga ada sebelum ane ganti tuh part.. Dulu cuman bunyi dengung aja.. Skrg dengun ilang muncul bunyi spt itu
Nah yg ane kesel montir suka asbun.. Blg ini itu yg rusak giliran uda ganti tetep bunyi...
Support shock juga uda ganti pas ganti shock nya sekalian.. Lepas bpkb maksudnya dijokul?

Jujur sih masi sanyang lah. Masi enak tarikannya jarang pake juga thn 08 br 60km interior masi asli...
Mending pelan2 bnr in..
Bengkel cahaya si ko ayung di muara karang raya yg ente pernah itu bisa di andalkan bos ?
kl montir nya asal asbun yahh mending coba ganti bengkel aj om.. ga bener tuh montir... tp kl asumsi dr crita om, abis servis malah jd bunyi berarti masang lagi nya ga bener...
yes, waktu itu ud kapok ane pliara lipina ane... btulin tuh mobil dalam setaon aj abis ampir 18 juta... masi blm beres jg... kapok dahh..

ane ud lama ga ke si ayung sehh... dl sehh sempet bongpas crossmember ama dia, ckup lumayan... montir nya ad satu yg ckup jago.. kl sekedar penyakit bunyi gredek2 dr kolong, montirnya mustinya ud ngerti, scara mobil ane waktu itu ud jdi klinci percobaan nya.... cuman trakir waktu bongpas per, troubleshoot ama dia ga ketemu masalahnya... malah stelah bongpas ama montir panggilan, baru ketauan kl per ane uda ga silinder lg...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by arfs »

Barusan di kuskus ada yg beli ogl bekas km 90rb setelah dibawa ke beres ternyata sudah 180rb km.
Trus ini estimasi betulin kaki-kai nya... jangan kaget yah :mky_03:
Image
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.