Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by JESKONENG »

Khusus utk pemula yg tertarik utk miara Pug 405 :

Beberapa kasus kebakaran yg menimpa Pug 405, khususnya type 405 SR/SRi, sebenernya penyebabnya sangat jelas :

- selang (hose) high pressured Power Steering di type SR/SRi (th 91-94) posisinya persis di atas manifold. Saat selang itu bocor karna usia, oli PS yg netes langsung terbakar terkena manifold yg panas.

- solusinya : bawa unit SR/SRi yg posisi selang HP PS masih di atas manifold ke bengkel resmi atau bengkel spesialis Pug, utk minta dirobah menjadi kayak type STi (th 95-96) yg lebih aman.

Dari foto2 Pug 405 yg sedang terbakar, jelas banget lampu masih menyala walau api dari engine bay sudah membesar. Jadi tidak ada kaitannya sama konslet atau arus pendek kelistrikan. Dan tidak ada kaitannya dengan kecenderungan mesin Pug yg rawan overheat.

Mengenai masalah overheat, walaupun tidak menyebabkan kebakaran, sangat potensial menyebabkan cyl head melengkung jika tidak dilakukan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin terhadap komponen2 :
- mekanisme low dan high speed fan
- relay yg berkaitan dng mekanisme fan (tidak ada karat dan debu yg mengganggu fungsinya)
- sensor2 yg mendeteksi panas cairan radiator
- thermostat (harus ada dan berfungsi prima)
- intinya : jika indikator suhu cairan radiator menunjukkan angka antara 80-90 saat mesin bekerja, itu menandakan cooling system bekerja prima. Jika mencapai angka 95, mending kendorkan gas agar suhu menurun, dan jika mencapai 100 mau gak mau harus stop engine, pasti ada yg salah dengan cooling system.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by artoodetoo »

Makasih sharenya om Jess :big_exellent:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by imsus2c »

Kalau yg STi gimana, Pak?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11032
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by marmut »

Sebetulnya itu bukan kelemahan mobil, tapi ajang buat ngetes otak kita encer apa enggak. Mau berpikir mencari solusi apa mau lempar masalah ke bengkel dan tau beres...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11032
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by marmut »

Electric fan 405 sering terganggu karena relay dual speed yang ngambek minta pensiun.
Kalo nggak ada dana buat beli relay-nya, bisa pake relay biasa dan difungsikan jadi single speed.
Kalau lagi iseng, thermoswitch boleh diganti dengan yang derajatnya lebih rendah, semisal 87-88 derajat celcius sudah mengaktifkan electric fan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11032
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by marmut »

Selang hawa oli, selang vakum rem, dan selang bensin juga mudah getas. Entah karena bahannya atau faktor lain.
Solusi mudah, silahkan ganti dengan non orisinil tapi dengan kualitas yang baik. Banyak dijual per meter dengan harga bervariasi.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11032
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by marmut »

Sekedar masukan, kalau mau merubah jalur selang PS, nggak perlu ke bengkel resmi. Lebih baik ke bengkel power steering yang juga menjual selang meteran dan menyediakan alat pres untuk fiting selangnya.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by artoodetoo »

marmut wrote:Sebetulnya itu bukan kelemahan mobil, tapi ajang buat ngetes otak kita encer apa enggak. Mau berpikir mencari solusi apa mau lempar masalah ke bengkel dan tau beres...
Anu om, kalo nubie seperti saya yg gak ngerti mesin ya cenderung panggil montir langganan dan minta dibereskan masalah2nya :upss:
Cuma memang biasanya saya tanya2 dulu soal urgen atau tidaknya suatu komponen untuk diganti dan bagaimana pencegahan supaya kerusakan tidak terjadi lagi. Hehe

:big_grin:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by JESKONENG »

kalok 405 STi dng mesin XU10J2, jalur high pressured PS hose sudah aman dari sononya, dan blok mesin bahannya besi cor, lebih tahan kropos...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by imsus2c »

artoodetoo wrote:
marmut wrote:Sebetulnya itu bukan kelemahan mobil, tapi ajang buat ngetes otak kita encer apa enggak. Mau berpikir mencari solusi apa mau lempar masalah ke bengkel dan tau beres...
Anu om, kalo nubie seperti saya yg gak ngerti mesin ya cenderung panggil montir langganan dan minta dibereskan masalah2nya :upss:
Cuma memang biasanya saya tanya2 dulu soal urgen atau tidaknya suatu komponen untuk diganti dan bagaimana pencegahan supaya kerusakan tidak terjadi lagi. Hehe

:big_grin:
Kali ini, +1 buat pak mod robot :D
Soalnya ini menyangkut "passion" seseorang juga, alias minat.

Ada contoh di kantor saya, 2 mekanik beda bidang, satunya mekanik teknis satunya mekanik system (IT). Keduanya saya nilai cukup mumpuni di bidang masing2, background pendidikan dan "kecerdasan" juga saya anggap setara.

Suatu hari, saat mau pulang kerja, kendaraan mekanik IT bermasalah, mobilnya ngga bisa hidup mesinnya lantas minta tolong ke mekanik teknik. Setelah otak-atik dan cek sana sini sebentar ternyata ada salah satu relay dan sekring yg koit. Cukup ganti itu, mobilnya greng....
Mekanik IT terheran2, "kok kamu bisa dan langsung tau?, ternyata gampang dan sepele masalahnya..."

Lain hari, komputer si mekanik teknis bermasalah, ngga bisa terhubung ke jaringan.
Mekanik IT datang, cek sana sini sebentar, cabut kabel data, reset router, restart PC...selesailah masalah.
Giliran mekanik teknis yg terkagum kagum, "kok kamu bisa dan langsung tau? ternyata gampang dan sepele masalahnya..."

:big_chicken:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Funkadelic
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Dec 04, 2023 5:38
Location: sidoarjo
Daily Vehicle: peugeot 405sr

Re: Kelemahan Peugeot 405 SR/SRi

Post by Funkadelic »

JESKONENG wrote: Fri Jan 31, 2014 11:35 Khusus utk pemula yg tertarik utk miara Pug 405 :

Beberapa kasus kebakaran yg menimpa Pug 405, khususnya type 405 SR/SRi, sebenernya penyebabnya sangat jelas :

- selang (hose) high pressured Power Steering di type SR/SRi (th 91-94) posisinya persis di atas manifold. Saat selang itu bocor karna usia, oli PS yg netes langsung terbakar terkena manifold yg panas.

- solusinya : bawa unit SR/SRi yg posisi selang HP PS masih di atas manifold ke bengkel resmi atau bengkel spesialis Pug, utk minta dirobah menjadi kayak type STi (th 95-96) yg lebih aman.

Dari foto2 Pug 405 yg sedang terbakar, jelas banget lampu masih menyala walau api dari engine bay sudah membesar. Jadi tidak ada kaitannya sama konslet atau arus pendek kelistrikan. Dan tidak ada kaitannya dengan kecenderungan mesin Pug yg rawan overheat.

Mengenai masalah overheat, walaupun tidak menyebabkan kebakaran, sangat potensial menyebabkan cyl head melengkung jika tidak dilakukan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin terhadap komponen2 :
- mekanisme low dan high speed fan
- relay yg berkaitan dng mekanisme fan (tidak ada karat dan debu yg mengganggu fungsinya)
- sensor2 yg mendeteksi panas cairan radiator
- thermostat (harus ada dan berfungsi prima)
- intinya : jika indikator suhu cairan radiator menunjukkan angka antara 80-90 saat mesin bekerja, itu menandakan cooling system bekerja prima. Jika mencapai angka 95, mending kendorkan gas agar suhu menurun, dan jika mencapai 100 mau gak mau harus stop engine, pasti ada yg salah dengan cooling system.
GW JG BARU DPT PUG 405SR, MMG SETTINGAN TEMPERSTURNYA 90°C baru highspeed fan bisa muter, fan sangat beresiko krn sdh hampir 100.. tapi ada yrik nya.. gw liat di yutub "baliomahtv" , vw praktekkan dan berhasil, yaitu dg menambahkan resistor 220 ohm ke salah satu kabel sensor cooling fan, yg ada di belakang blok head mesin, tepatnya sebelah kanan dari depan mobil.. kabelnya ada 2 , ambil salah satu, di potong dan disambung pk resistor 220 ohm..

nanti sistem cooling fan akan bekerja di suhu antara 78-80°C.. jadi aman.. meskipun sedang dipakai jalan siang hari..
cz ketika fan bekerja , suhu akan turun lagi..
dan selama perjalanan.. mentok cm sampe 85°C.
monggo di coba..