Page 2 of 3

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Thu Feb 02, 2017 0:10
by sevenking
Morning agan agan ..
numpang nimbrung nih..mobil saya sepertinya punya masalah yang sama..saat dingin susah gerak di posisi D tapi posisi R lancar saja..
mohon pencerahannya yah...toyota camry 2004 type 2.4G :big_smile]

Re: RE: Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Thu Feb 02, 2017 12:32
by Turboman
sevenking wrote:Morning agan agan ..
numpang nimbrung nih..mobil saya sepertinya punya masalah yang sama..saat dingin susah gerak di posisi D tapi posisi R lancar saja..
mohon pencerahannya yah...toyota camry 2004 type 2.4G :big_smile]
ATF terakhir ganti kapan ?

pakai ATF apa

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Thu Feb 02, 2017 13:47
by cursQ
taruh di D lgs jalan itu salah satu pertanda matic sehat bukan sih om2?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Sat Mar 11, 2017 10:53
by Dodypriy
Hy Master master, salam kenal pendatang baru...


Liat topik yg dibicarakan sama dengan yang saya rsain sekarang, oiya mobil saya Nissan Latio.

Saat awal start ga bisa masuk D, harus 1 trus 2 baru kalau udah lama D-nya bisa jalan.

Ane bongkar sama mekanik langganan freelance udah di flush ganti Oli matic, filter udah dibersihin eh masih kaya kondisi yg lama... Mekanik ane sih bilangnya body valve pumpnya diganti aja, waduh masa sih ya?

Kira2 ada yg punya pengalaman yg sama ga? Sebelum ganti body valve pump sebaiknya step apa dulu ya?


Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih....

Re: RE: Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Sat Mar 11, 2017 15:53
by Turboman
Dodypriy wrote:Hy Master master, salam kenal pendatang baru...


Liat topik yg dibicarakan sama dengan yang saya rsain sekarang, oiya mobil saya Nissan Latio.

Saat awal start ga bisa masuk D, harus 1 trus 2 baru kalau udah lama D-nya bisa jalan.

Ane bongkar sama mekanik langganan freelance udah di flush ganti Oli matic, filter udah dibersihin eh masih kaya kondisi yg lama... Mekanik ane sih bilangnya body valve pumpnya diganti aja, waduh masa sih ya?

Kira2 ada yg punya pengalaman yg sama ga? Sebelum ganti body valve pump sebaiknya step apa dulu ya?


Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih....
cek type maticnya

buka web sonnax

cari type matic yg sama

mrk ada panduan diagnostic nya

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Dec 22, 2017 13:38
by dhianikaea
Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Dec 22, 2017 14:36
by sportplus
dhianikaea wrote:Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?
Up.. matic toyota kluger sohib sy juga ngalamin gejala yg sama. Nunggu mesin panas baru bisa masuk D.

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Dec 22, 2017 14:57
by jivos
Xixixi....Biasa ngecek trany sehat/tdk, baik saat cold starter atopun dah panas

Saat tuas di pindahkan dr p ke r/d
Dia sdh hrs engaged ngga lbh dr 2 detik & tdk dbarengi sentakan.

Klo ngga spt diatas, transmisi dah tanda" minta di overhaoul. Ganti/kuras...ngga bikin tranny jd balik sehat/normal (spanjang spec oli sdh sesuai)
tinggal tunggu waktunya sj biasanya sih. :mky_01:

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Wed Apr 04, 2018 4:53
by vieto
Mobil saya Grand Livina AT 2008 juga sama, baru seminggu terakhir ini jika tuas pindah ke posisi D dari P-R-N saat sedang dingin tidak langsung maju, tunggu sekitar 5 detik baru maju tanpa di gas dengan sedikit hentakan dan selanjutnya jalan normal. Kalau tuas ke posisi 2 atau 1 dari P-R-N-D sih bisa langsung jalan, meskipun kondisinya dingin. Dari thread ini saya belum dapat info apakah solusi ganti ATF bisa mengatasi masalah ini? Soalnya memang kilometer sudah mencapai 110Km dan selama 10 tahun ini belum pernah ganti ATF. Apakah bisa share pengalaman dari rekan2, terutama yang pernah posting dengan permasalahan seperti diatas? Terima kasih.

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Wed Apr 04, 2018 5:44
by ginting
vieto wrote: Wed Apr 04, 2018 4:53 Mobil saya Grand Livina AT 2008 juga sama, baru seminggu terakhir ini jika tuas pindah ke posisi D dari P-R-N saat sedang dingin tidak langsung maju, tunggu sekitar 5 detik baru maju tanpa di gas dengan sedikit hentakan dan selanjutnya jalan normal. Kalau tuas ke posisi 2 atau 1 dari P-R-N-D sih bisa langsung jalan, meskipun kondisinya dingin. Dari thread ini saya belum dapat info apakah solusi ganti ATF bisa mengatasi masalah ini? Soalnya memang kilometer sudah mencapai 110Km dan selama 10 tahun ini belum pernah ganti ATF. Apakah bisa share pengalaman dari rekan2, terutama yang pernah posting dengan permasalahan seperti diatas? Terima kasih.
saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 06, 2018 8:59
by vieto
ginting wrote: Wed Apr 04, 2018 5:44
saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 06, 2018 9:36
by daftar
10 tahun ga pernah ganti ATF :mky_04:

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Mon Apr 09, 2018 2:51
by vieto
daftar wrote: Fri Apr 06, 2018 9:36 10 tahun ga pernah ganti ATF :mky_04:
Yoi om...maklum lom tau kalau 110rb km itu di buku manual itu batas maksimal... sekarang baru tahu dan langsung tobat...untung gejalanya gak langsung parah jadi rencana ini mo oh..

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Mon Apr 09, 2018 2:56
by vieto
vieto wrote: Fri Apr 06, 2018 8:59
ginting wrote: Wed Apr 04, 2018 5:44
saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Sun Apr 15, 2018 23:24
by Turboman
dhianikaea wrote:Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?
Selama ini ganti / kuras ATF brp puluh ribu / brp tahun sekali ?

ATF nya asli or acdc ?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Sun Apr 15, 2018 23:25
by Turboman
sportplus wrote:
dhianikaea wrote:Cek...
Mau konsul mobil saya atoz 2000 beberapa bulan ini juga persneling masuk D/2 ga bisa maju (harus dipanasin dulu 20 menit baru bisa maju) lama banget dan bikin panik tiap habis parkir harus diemin 15-20 menit dan di gas gas biar bisa jalan maju... kalau udah bisa maju sampai dimatikan mesinnya lancar. Tapi kalau dihiduoin lagi harus dipanasin lagi...

Kalau R (mundur) ga ada masalah. Tanceo gas langsung jreng...

Masalahnya apa ya kalau ini?
Up.. matic toyota kluger sohib sy juga ngalamin gejala yg sama. Nunggu mesin panas baru bisa masuk D.
kuras ATF brp puluh ribu km / brp tahun sekali ?

ATF asli or acdc?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Sun Apr 15, 2018 23:27
by Turboman
vieto wrote:
vieto wrote: Fri Apr 06, 2018 8:59
ginting wrote: Wed Apr 04, 2018 5:44
saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
udah coba kasi obat flush matic ?

Buka oil pan dan bersihkan filter ATF / oil strainer ?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Sat Apr 21, 2018 9:34
by Anant
vieto wrote: Mon Apr 09, 2018 2:56
vieto wrote: Fri Apr 06, 2018 8:59
ginting wrote: Wed Apr 04, 2018 5:44
saran saya sih coba dulu secara bertahap :

1. kuras ATF
2. ganti filter matic (strainer)

lalu rasakan, kalau gak ngaruh juga, berarti kudu overhaul maticnya...mungkin sudah "waktunya".
bawa aja ke Bengkel resmi / specialais yang oom bisa percaya
Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
Gimana jadinya om? Jadi ke worner? Apakah penyakitnya sembuh? Saya mengalami hal yang sama.

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 27, 2018 1:40
by vieto
Gimana jadinya om? Jadi ke worner? Apakah penyakitnya sembuh? Saya mengalami hal yang sama.
[/quote]

jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 27, 2018 1:47
by vieto
Turboman wrote: Sun Apr 15, 2018 23:27
vieto wrote:
vieto wrote: Fri Apr 06, 2018 8:59

Terima kasih bang Ginting, besok rencana kuras dan ganti strainer mudah2an bisa teratasi...
lapor om...dah kuras oil tapi masih sama. rencana mo oh ke bengkel spesialis worner matic. apa ada review worner matic? recomend gak? tx
udah coba kasi obat flush matic ?

Buka oil pan dan bersihkan filter ATF / oil strainer ?
Gak kepikiran lagi utk obat flush matic dan bersihin filter atf om...takutnya keluar lagi biaya yg gak perlu kayak pas flushing, jadi ambil keputusan untuk langsung oh.. begicu om turboman. akhirnya ganti sealset, kanvas gigi 1 & R sama piston jg (?) dan skrg tarikan dah seperti baru lagi..

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 27, 2018 2:21
by Anant
vieto wrote: Fri Apr 27, 2018 1:40
jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend
Jadi recommended ya om. Total biaya habis berapa om kalo boleh tahu. Kabarnya 5-7 jutaan ya?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 27, 2018 3:34
by vieto
Anant wrote: Fri Apr 27, 2018 2:21
vieto wrote: Fri Apr 27, 2018 1:40
jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend
Jadi recommended ya om. Total biaya habis berapa om kalo boleh tahu. Kabarnya 5-7 jutaan ya?
saya habis 7 jt kurang. diestimasi diberes 14Jtaan. ganti sealset, kanvas kopling maju & mundur (total 6 disc), piston sama rekondisi pompa dan valve body plus jasa.

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Fri Apr 27, 2018 4:19
by Anant
vieto wrote: Fri Apr 27, 2018 3:34
Anant wrote: Fri Apr 27, 2018 2:21
vieto wrote: Fri Apr 27, 2018 1:40
jadi ke worner, masuk senin keluar kamis transmisi jadi seperti baru...saya recommend
Jadi recommended ya om. Total biaya habis berapa om kalo boleh tahu. Kabarnya 5-7 jutaan ya?
saya habis 7 jt kurang. diestimasi diberes 14Jtaan. ganti sealset, kanvas kopling maju & mundur (total 6 disc), piston sama rekondisi pompa dan valve body plus jasa.
Oke Om. Terima kasih atas informasinya.
Sepertinya perlu ke worner juga sebelum dibawa mudik lebaran nanti.

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Tue Sep 11, 2018 19:08
by Helmias1225
[emo-mark-F] mobil saya Terios at thn 2007, pas jalan di tol bunyi ngingetin, tiba2 maticnya ga bisa jalan malau mesin meraung, tapi kalau saya berhenti matikan mesin terus saya nyalakan kembali beberapa meter. Saya teruskan begitu sampai akhirnya ke rumah, kita2 ada yg tau engga penyebab nya apa yah ?

Re: Matic posisi D belum tentu bisa gerak

Posted: Wed Sep 12, 2018 3:08
by josomba
Helmias1225 wrote: Tue Sep 11, 2018 19:08 [emo-mark-F] mobil saya Terios at thn 2007, pas jalan di tol bunyi ngingetin, tiba2 maticnya ga bisa jalan malau mesin meraung, tapi kalau saya berhenti matikan mesin terus saya nyalakan kembali beberapa meter. Saya teruskan begitu sampai akhirnya ke rumah, kita2 ada yg tau engga penyebab nya apa yah ?
Kapan terakhir flushing oli matic?