http://www.youtube.com/watch?v=uDP7Pty8Qnw
http://www.youtube.com/watch?v=JaS7n6qKQe4
Kalau ane diantara yang ada di video diatas c63 Amg, suaranya manteb
kedua lamborgini aventador

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Eitss beda oom... Jangan disamain kayak BMW kalau bikin suara knalpot fake banget.. Apalagi di new M5 (V8 turbo)..NYoman wrote:suka suara knalpotnya mesin diesel hha..
saya sebetulnya lebih suka dengan suaranya LFA tapi setelah di selidiki dia ada "permainan di bidang akustiknya" sehingga itu bukan suara asli dari mesin, cuma..
Sound chamber yang ada cuma di deket muffler.. Hal itu bukan membentuk suara LFA tapi hanya mendefinisikannya sehingga frekuensi suaranya melebar.. KAlau itu dilepas, suaranya akan tetap seperti itu, dengan definisi yang kurang ..andy1800 wrote:Lesus LFA itu kan menutilize semacam sound chamber yg dibikin Yamaha ya...tu komponen kan "men-synthesize/memanipulasi" suara nya jd spt yg skrg ini.
jd btw apa yg terjadi ya klo itu sound chamber dilepas?...suara aslinya jelek kah?
Om fungsi sound chamber selain membentuk suara apalagi?AD74YA wrote:Eitss beda oom... Jangan disamain kayak BMW kalau bikin suara knalpot fake banget.. Apalagi di new M5 (V8 turbo)..NYoman wrote:suka suara knalpotnya mesin diesel hha..
saya sebetulnya lebih suka dengan suaranya LFA tapi setelah di selidiki dia ada "permainan di bidang akustiknya" sehingga itu bukan suara asli dari mesin, cuma..
LFA dari 0 komponen nya mulai dari intake udah di desain sedemikian rupa.. Bukan permainan software, tapi hardware... Jadi itu suara ASLI mesin...
Sound chamber yang ada cuma di deket muffler.. Hal itu bukan membentuk suara LFA tapi hanya mendefinisikannya sehingga frekuensi suaranya melebar.. KAlau itu dilepas, suaranya akan tetap seperti itu, dengan definisi yang kurang ..andy1800 wrote:Lesus LFA itu kan menutilize semacam sound chamber yg dibikin Yamaha ya...tu komponen kan "men-synthesize/memanipulasi" suara nya jd spt yg skrg ini.
jd btw apa yg terjadi ya klo itu sound chamber dilepas?...suara aslinya jelek kah?
Produsen lain yang menggunakan hal seperti ini adalah Pagani Huayra... Tapi bedanya dengan LFA, AMG nggak dari 0 mendesain tujuan suara mesinnya dari awal.. Dan vendor untuk sound chamber nya juga bukan dari AMG... Tapi dari produsen aftermarket lain yang yang biasa buat komponen pesawat dari bahan titanium.. Berikut bentuknya: Tuh yang warna biru merupakan chamber nya Huayra..
oh gitu ya om? mafkan atas ke sok tauan saya..hheAD74YA wrote:Eitss beda oom... Jangan disamain kayak BMW kalau bikin suara knalpot fake banget.. Apalagi di new M5 (V8 turbo)..NYoman wrote:suka suara knalpotnya mesin diesel hha..
saya sebetulnya lebih suka dengan suaranya LFA tapi setelah di selidiki dia ada "permainan di bidang akustiknya" sehingga itu bukan suara asli dari mesin, cuma..
LFA dari 0 komponen nya mulai dari intake udah di desain sedemikian rupa.. Bukan permainan software, tapi hardware... Jadi itu suara ASLI mesin...
AD74YA wrote:Makin cantik nampaknya tu exhaust...
hehe.. J/K...
Kalau mau dijelasin panjang lebar rada panjang.. soalnya sound chamber di mobil sport/exotic asal muasalnya dari alat yang namanya silencer cuman dikembangkan menjadi chamber.. Nah silencer sendiri ada beberapa tipe.. Ada absortif, pasif-reaktif, dan aktif-reaktif..
Cara kerjanya yang secara singkat mirip dengan prosesor audio, yaitu cutting low-pass dan high-pass frequency.. Tapi menggunakan hardware, bukan software, jadi suaranya "analog" aka "asli"..
Tapi... Hal ini hanya berlaku untuk yang absorptif dan pasif-reaktif..
Kalau yang active-reaktif, dia kerjasama dengan ECU mobil untuk mengontrol sinyal yang diberikan intake mobil, dan knalpot nya memiliki amplifier dan "speaker" sendiri.. Layaknya speaker audio, dan ECU bertugas sebagai prosesor.. Nah yang kayak gini ini namanya suara palsu.. Yang pakai contohnya di BMW M5 baru..
Singkatnya gitu.. Bisa kayak kuliah kalau panjang2.. tar bengkok tangan..
CMIIW ya..
Bagi orang yang keluarin duit buat mobil udah diatas 5 M malah kadang suara mobil jadi pilihan utama.... Seakan-akan eksentrik, tapi masuk akal loh... Tanpa suara exhaust yang khas, supercar nggak akan memiliki kharisma dan karakter.. Dan suara exhaust benar-benar memberikan driving experience yang berbeda...y_anjasrana wrote:baru tau klu suara mesin jg jd bahan dagangan..... ckckck... bikin mobil jd tambah mahal aja.....
Sama-sama minal aidin oom..... wkwkwkNYoman wrote:
oh gitu ya om? mafkan atas ke sok tauan saya..hhe
setelah saya lihat, (di discovery apa di bbc ya yg bahas LFA) suaranya sudah di buat mulai dari filter udara - knalpot..luar biasa memang, gak salah toyota milih yamaha sebagai enginer nya bahkan kerjasama dengan yamaha music, bukan yamaha engine aja..dan baru inget toyota 2000gt dulu yg buat mesin juga dari yamaha kalo tidak salah..
Eh tapi suara itu mempengaruhi Resale Value gak sihh?....DOHC wrote:yahh koq cuman sgini bang djay ??? ayo donk di jabarkan lagi... ane masi mau lebi tau banget ttg absortif, pasif reaktif, dan aktif reaktif gt...
panjang lebar gpp koq, postingan bergizi begini kalo panjang lebar malah bagus.... nambah ilmu dan berguna... drpd postingan panjang lebar membosankan ngalor ngidur sok tau nya "seseorang" ttg harga jual mobil..![]()
AD74YA wrote:Makin cantik nampaknya tu exhaust...
hehe.. J/K...
Kalau mau dijelasin panjang lebar rada panjang.. soalnya sound chamber di mobil sport/exotic asal muasalnya dari alat yang namanya silencer cuman dikembangkan menjadi chamber.. Nah silencer sendiri ada beberapa tipe.. Ada absortif, pasif-reaktif, dan aktif-reaktif..
Cara kerjanya yang secara singkat mirip dengan prosesor audio, yaitu cutting low-pass dan high-pass frequency.. Tapi menggunakan hardware, bukan software, jadi suaranya "analog" aka "asli"..
Tapi... Hal ini hanya berlaku untuk yang absorptif dan pasif-reaktif..
Kalau yang active-reaktif, dia kerjasama dengan ECU mobil untuk mengontrol sinyal yang diberikan intake mobil, dan knalpot nya memiliki amplifier dan "speaker" sendiri.. Layaknya speaker audio, dan ECU bertugas sebagai prosesor.. Nah yang kayak gini ini namanya suara palsu.. Yang pakai contohnya di BMW M5 baru..
Singkatnya gitu.. Bisa kayak kuliah kalau panjang2.. tar bengkok tangan..
CMIIW ya..
Maksud ane selain untuk membuat suara menjadi merdu apakah berfungsi untuk meningkatkan perfoma?AD74YA wrote:Makin cantik nampaknya tu exhaust...
hehe.. J/K...
Kalau mau dijelasin panjang lebar rada panjang.. soalnya sound chamber di mobil sport/exotic asal muasalnya dari alat yang namanya silencer cuman dikembangkan menjadi chamber.. Nah silencer sendiri ada beberapa tipe.. Ada absortif, pasif-reaktif, dan aktif-reaktif..
Cara kerjanya yang secara singkat mirip dengan prosesor audio, yaitu cutting low-pass dan high-pass frequency.. Tapi menggunakan hardware, bukan software, jadi suaranya "analog" aka "asli"..
Tapi... Hal ini hanya berlaku untuk yang absorptif dan pasif-reaktif..
Kalau yang active-reaktif, dia kerjasama dengan ECU mobil untuk mengontrol sinyal yang diberikan intake mobil, dan knalpot nya memiliki amplifier dan "speaker" sendiri.. Layaknya speaker audio, dan ECU bertugas sebagai prosesor.. Nah yang kayak gini ini namanya suara palsu.. Yang pakai contohnya di BMW M5 baru..
Singkatnya gitu.. Bisa kayak kuliah kalau panjang2.. tar bengkok tangan..
CMIIW ya..
Suara memang fitur kali... Hehehe..c_adhi_k wrote: Maksud ane selain untuk membuat suara menjadi merdu apakah berfungsi untuk meningkatkan perfoma?
kalau ega berarti bener kata om anjas, suara bisa dijual, lagian sound chamber apa ga nambah2in beban mobil?
oh begitu, ya mungkin malu aja om kalau v12 suaranya ga manteb, bisa bayangkan mobil v12 suaranya kayak carry secengAD74YA wrote:Suara memang fitur kali... Hehehe..c_adhi_k wrote: Maksud ane selain untuk membuat suara menjadi merdu apakah berfungsi untuk meningkatkan perfoma?
kalau ega berarti bener kata om anjas, suara bisa dijual, lagian sound chamber apa ga nambah2in beban mobil?
Beratnya nggak seberapa... Pastinya lebih worthed untuk digunakan..
Kalau mesin tanpa knalpot, antara 2000 cc atau 1000cc sama ga ya suaranya? dari pabrikan yang sama dehDOHC wrote:tp spengamatan nubie ane... rata2 mobil2 yg cc nya uda diatas 2000... agak lebi "berat" gt suara nya... apalagi pas lagi ditarik... beda ama mobil2 kelas 1500 kebawah... lebih ke cempreng..
imaly..
DOHC wrote: btw ane masi nunggu lecture dari ente loh djay ttg knalpot2 tsb...![]()
![]()
![]()
If she still young, then she is barely legal...DOHC wrote:the nite is still young bro...![]()
![]()