newrubble wrote:Ttg benz mb700/800
Dulu tahun 1988 benz global melihat bahwa tahun 1990 indo akan alami eco growth jump di automotive sector sehingga mrk kirim 80 org dari benz indo ...wanaherang site ke unterturkheim main.production and RnD facility, stutgart dan sindelflingen utk ikut designing light truck berharga lebih murah atau sama dgn best seller indo saat itu dan tepat tahun 1990 beberapa bulan sebelum national production shortage mb indo launch out ...mb700 truck chassis ...7 tonner light truck berharga lbh murah dr mitsi canter truck CKD indo saat itu
mrk yg dikirim termasuk bang opik (zulfikar a.b) dan adiknya syahrial yg sekarang jalankan berkah motor di pasar minggu raya. silakan minta mrk tunjukkan foto foto nya saat clay dibuat di sana dan saat extreme test di iceland dan abu dhabi
Sukses dgn MB 700 (99% exported ke EEC yg skrg EU, brazil n south africa ...th 1993 muncul improvement nya 8 tonner light truck ...MB 800 dan MB 800T dgn indo dapat jatah utk full manufacturing cabin, engineblock, chassis, axle, suspension assy ...spain utk transmission dan brazil utk 4000cc 90-115hp diesel engine assembly ...dan indo melalui wanaherang menjadi global assembly hub
Tapi pesta ...sbt sj bgt ...selesai tahun 1995 saat indo maju dgn mobil nasional timor ...setahun dari itu 1996 wanaherang stop sbg global production hub MB 800 dan 800 T ...dan Mercedes benz Turk menggantikan peran wanaherang dan begitu juga brazil utk enhine block, chassis, axle, suspension assy dan zhonghua membuat cabin
Selain itu pertimbangan dari relocation adalah 800 series tdk designed utk overload sehingga users harus modify sendiri xtra crossmember dan springleaf structure agar bisa digunakan sehari hari di indo
Permisi agan2 sekalian.., ijin ikut nimbrung soal truk..
Wah, ternyata ada juga forum yang ngebahas truk MB700/800..
Saya selaku penyuka truk, jg sebagai mantan pengguna MB700 th. 1994 dan 1997, MB800 th. 2000, cuma ingin menambahkan sedikit info saja, buat menambah pengetahuan bagi temen2 yang penasaran sama truk antik ini.
Sepengetahuan saya, ditambah informasi dari para pengguna truk MB700/800 dimana kita sering bertemu di warung2 truk dan bengkel2 yang ada di seputaran jawa timur, truk mb ini sangat tangguh, irit BBM, dan juga sangat mudah perawatannya. Sparepart tersedia bejibun dan murah, karena untuk mesin, sparepartnya sama dengan truk 917/1417/1518-series, sedangkan sparepart kaki-kaki (laher, seal2), banyak serupa dengan truk pabrikan jepang. Untuk urusan harga spare part fast moving, jaminan murah deh..
MB700/800 ini hadir dengan versi truk (MB) maupun bus (MBO), dengan dua pilihan mesin, non-turbo (90hp DIN) dan turbo - a.k.a. ATL - (122hp DIN), yang sama2 menggunakan mesin buatan Afrika Selatan (A.D.E 364) yang juga terpatri pada cylinder head nya. Gardan depan menggunakan buatan India, Tata Motors. Gardan belakang menggunakan buatan Amerika, Rockwell-Meritor AAL-series.
MB700 setahu saya, keluar pertama tahun 1994, dengan dua versi mesin, non-turbo dan turbo. Kabin dan interior truk ini berasal dari MB100 yang dipasarkan di eropa dengan sedikit modifikasi pada bagian bawahnya. Setirnya juga terbilang mewah, khas mercedes, serupa milik sedan E-Classe. Handle pintu serupa milik jip GE-classe, serta perik2 panel yang serupa produk mercedes lainnya. Truk ini menggunakan transmisi buatan Tata Motors Limited. GVW maksimal mencapai 7.900 kg. Pada versi keluaran terakhir (1997), truk MB700ATL ini juga dilengkapi dengan pilihan axle ratio yang sangat kecil (3.71:1), sehingga memungkinkan truk MB700ATL ini sanggup berlari sangat kencang, bahkan untuk mengejar mobil penumpang sekelas ispan,toki, hingga miku, tapi dengan kemampuan tanjak yang tak usah lagi diragukan.
Untuk MB800, setahu saya, edisi pertama tahun 1998 hingga edisi terakhir tahun 2002. Perbedaan signifikan yang kasat mata dari sang kakak, MB700 terletak pada warna kabin, atap kabin yang lebih tinggi, bentuk grill depan, dan bumper yang dilengkapi lampu utama. Masuk ke kabin, truk ini terlihat lebih mewah dengan desain dasbor baru yang roundish, jauh dari kesan kotak seperti MB700. Urusan driveline, sepengetahuan saya, tidak terlalu banyak perubahan. Perubahan terbesar hanya pada penggunaan transmisi ZF 5S-42 yang menggantikan transmisi Tata GBS27 pada MB700. Untuk per, hanya beda2 tipis saja. GVW truk ini, 8.000 kg, tetapi pada beberapa ijin kir truk MB800 milik teman2, juga ada yang tetap 7.900 kg. Ada beberapa pilihan axle ratio yang beragam, mulai dari 4.11:1, hingga 4.63 : 1.
Truk MB ini sangat tangguh di berbagai sektor, mulai mesin yang sangat bertenaga, chassis yang extra besar, kabin yang lapang, rem yang pakem, hingga sparepart yang bejibun. Menurut saya, kalau ada yang beranggapan truk MB ini tidak bisa dioverload, itu adalah anggapan yang salah, karena pengalaman saya, truk ini mampu dimuati overload.
Kelemahan truk ini sebenarnya hanyalah pada injakan kopling yang berat khas eropa, serta jarak injakan kopling penuh yang sangat dalam. Transmisi juga menjadi salah satu penyebab kelemahannya, meski jarang sampai rusak, tapi melihat merknya (Tata dan ZF), kebayang deh mau beli kemana?? Kalau soal penjualannya yang kurang menggembirakan, itu adalah masalah klasik, maksudnya, citra truk eropa yang serba mahal, dan jaringan pejualan yang sangat sedikit kala itu. Saya rasa, itulah yang menyebabkan truk MB ini kurang sukses di pasaran.
Sangat disayangkan juga truk kecil MB ini discontinue produksinya, padahal truk ini memiliki banyak keunggulan. Tetapi mau gimana lagi, jaringan penjualan yang hanya terpusat di ibukota propinsi, membuat volume penjualanya minim, ditambah gempuran truk2 jepang yang agresif akhirnya menghentikan langkah truk ini..
Sekian agan2 sekalian, semoga bisa menambah pengetahuan tentang truk MB-series..