Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Penikmat_Kopi »

Turboman wrote:
Penikmat_Kopi wrote:Fortuner VNT gue belum ganti oli apapun sampe skr, udah 3000an km.
Mohon pencerahannya nih, soalnya berkali-kali gue nanya di beres dengan technical advisor yg beda-beda, jawabannya sama gantinya nanti 10 ribu aja. Sampe gue nanya, serius nih mas? Dia bilang, iya Pak, memang gantinya di 10ribu km , walaupun Bapak keluarin biaya sendiri tapi ya sayang aja Pak karena memang belum perlu ganti.
Sementara beberapa teman menyarankan ganti di 1000 km. Karena kelamaan mikir ganti...enggak... ganti... enggak....... jadinya sampe 3000an km belum ganti-ganti :wkkk:
Kalo gak percaya, ganti aja oli garadnnya dulu, lihat warnanya gimana :mrgreen:

Ganti oli mesin dgn yg mineral khusus Diesel (15W40 cukup), nanti rasakan di mesin dan lihat kondisi oli yg dibuang spt apa
Pak Turbo, ini yg diganti dua-duanya ya? Gardan dan mesin?
Mohon sharingnya, kalau saya sudah terlanjur 3000an km belum ganti oli, kalau saya mau ganti dalam waktu dekat ini sebaiknya pakai full sitetis atau semi? sekalian rekomendasinya pakai merk apa yg maknyozzz.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

Penikmat_Kopi wrote: Pak Turbo, ini yg diganti dua-duanya ya? Gardan dan mesin?
Mohon sharingnya, kalau saya sudah terlanjur 3000an km belum ganti oli, kalau saya mau ganti dalam waktu dekat ini sebaiknya pakai full sitetis atau semi? sekalian rekomendasinya pakai merk apa yg maknyozzz.....
kalau saya sih sampe 5000 Km pake mineral, tapi kalau ente mau lgs sintetis ya monggo aja

Kalo buat gardan sih sy nyaranin tetep yg sedang2 dulu aja, pakai aja yg SAE 80W90 / 85W90 / 90 yang penting API GL-5

Buat mesin kalau mau mineral pakai yg 15W40 khusus Diesel API CI-4 (merek bebas), tapi kalau mau lgs semi synth bisa pakai Shell HX-7 Diesel atau HX7 API SN 10W40.
* Bukan ajakan Beli *
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Penikmat_Kopi »

Turboman wrote:
Penikmat_Kopi wrote: Pak Turbo, ini yg diganti dua-duanya ya? Gardan dan mesin?
Mohon sharingnya, kalau saya sudah terlanjur 3000an km belum ganti oli, kalau saya mau ganti dalam waktu dekat ini sebaiknya pakai full sitetis atau semi? sekalian rekomendasinya pakai merk apa yg maknyozzz.....
kalau saya sih sampe 5000 Km pake mineral, tapi kalau ente mau lgs sintetis ya monggo aja

Kalo buat gardan sih sy nyaranin tetep yg sedang2 dulu aja, pakai aja yg SAE 80W90 / 85W90 / 90 yang penting API GL-5

Buat mesin kalau mau mineral pakai yg 15W40 khusus Diesel API CI-4 (merek bebas), tapi kalau mau lgs semi synth bisa pakai Shell HX-7 Diesel atau HX7 API SN 10W40.
Matur nuwun masukannya ya Pak Turbo
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by kklover »

Turboman wrote:
kklover wrote:kalo saya selama ini condong dengan yg pertama ya ikut rekomendasi pabrik saja,avanza saya sudah 3 tahun, gak ganti oli di 1000km langsung di 10,000km, sekarang masih bisa lari 160kmh no problem sehat walafiat, ya berdasarkan logika saya, kalo emang pabrikan gak yakin masa iya dia berani ambil resiko kasih garansi 3 tahun, di buku service juga tercantum gak ganti oli di km1000.
waktu buang olinya lihat gak warna en kondisi olinya spt apa ? baik oli mesin maupun oli gardan ? atau terima beres laporan bengkel aja ? :mrgreen:
enggak sih, cuman ya selama ini sih ikutin bukunya ajah dan enak di bwa ya saya anggap gak ada masalah :mky_01:
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by kklover »

abrof wrote:@kklover...lha klo rusaknya setelah 3 tahun? :mky_08:
yaaaah kalo rusak mah atuh diservice broooo :big_peace: , tapi selama ini sih udah lewat 3 tahun nih avanza gak ada tanda2 sedikitpun mau rusak, kalo emang entarnya rusak juga kan belom tentu karena oli :mky_01:
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Penikmat_Kopi »

hahahahahahahahaha :wkkk:
dani123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Mon Oct 22, 2012 6:28

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by dani123 »

Kalo mobil CBU harus ganti oli di 1000 km gak?
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Penikmat_Kopi »

nggak tau
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by kklover »

dani123 wrote:Kalo mobil CBU harus ganti oli di 1000 km gak?
di bukunya bilang apa? itupun tergantung orgnya, kalo saya sih penganut yg ikut buku service :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

dani123 wrote:Kalo mobil CBU harus ganti oli di 1000 km gak?
Kalau saya sih lihat2 CBU negara mana dulu, kalao negara2 yg standardnya tinggi ya oli saya pakai sampai 2000 - 3000 Km baru buang.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

Mengenai paradigma ganti oli / jadwal ganti oli ini kalau saya pribadi lebih percaya kenyataan daripada buku manual.

Saya pribadi punya feeling bahwa produsen berharap "supaya orang ganti mobil jangan lama2"..........moga2 dugaan sy salah

Pernah punya E39 yg di manualnya tertulis ATF "Permanent Filled", lalu baca2 di berbagai forum ternyata user2 BMW juga merekomendasikan ATF utk diganti jika telah menempuh jarak tertentu walau memang jarak tsb sgt jauh sekali..........tetap ada umurnya juga tuh oli

ATF original Ipah disarankan ganti di 80.000 Km, padahal di 40.000 Km aja saat dibuang olinya sudah babak belur...........

Jika user yg peduli dengan perawatan mobil = saat ganti oli lihatlah kondisi oli bekasnya, jika ingin tahu lebih pastinya bawalah ke lab utk test

*Salam Peduli Realita*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Jambangan »

Jadi pengen ganti oli transmisi manual nih
Om turbo, nanya lagi dong
Swift M/T ane sekarang jarak tempuhnya udh 5600an KM
berarti lebih baik diganti aja ya oli transmisinya??
soalnya oli bawaan pabrik belum diganti ampe sekarang
Oh iya di buku manual tertulis untuk oli transmisi "SGO 75W-90 API GL-4"
Nah kalo ane ganti pake merek lain yg 80W API GL-4 atau 85W-90 API GL-4 boleh ga om??

Mohon pencerahannya om :ungg:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by DOHC »

Turboman wrote:Mengenai paradigma ganti oli / jadwal ganti oli ini kalau saya pribadi lebih percaya kenyataan daripada buku manual.

Saya pribadi punya feeling bahwa produsen berharap "supaya orang ganti mobil jangan lama2"..........moga2 dugaan sy salah

Pernah punya E39 yg di manualnya tertulis ATF "Permanent Filled", lalu baca2 di berbagai forum ternyata user2 BMW juga merekomendasikan ATF utk diganti jika telah menempuh jarak tertentu walau memang jarak tsb sgt jauh sekali..........tetap ada umurnya juga tuh oli

ATF original Ipah disarankan ganti di 80.000 Km, padahal di 40.000 Km aja saat dibuang olinya sudah babak belur...........

Jika user yg peduli dengan perawatan mobil = saat ganti oli lihatlah kondisi oli bekasnya, jika ingin tahu lebih pastinya bawalah ke lab utk test

*Salam Peduli Realita*
stuju...

ane sendiri jg sejak liat sendiri nasib oli transmisi gardan yg katanya diganti sesuai petunjuk manual... bener2 ancur...

akhirnya ane ganti jauhh lebi cepet dari jadwal..

di ipah ane, transmisi gardan disuru ganti per 40 rebu... padahal 15 rebu aja uda berbusa dan item banget...

di kaleng ane apalagi... ampe jadi encer banget tuh oli.. ga brani dahh.. btw utk apansa, harap diperhatikan tuh, di manual jelas2 ditulis oli gearbox pake gl4...tp beres suka semprul bloon ngisi disamain ama gardan yg gl5...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Jambangan »

DOHC wrote:
Turboman wrote:Mengenai paradigma ganti oli / jadwal ganti oli ini kalau saya pribadi lebih percaya kenyataan daripada buku manual.

Saya pribadi punya feeling bahwa produsen berharap "supaya orang ganti mobil jangan lama2"..........moga2 dugaan sy salah

Pernah punya E39 yg di manualnya tertulis ATF "Permanent Filled", lalu baca2 di berbagai forum ternyata user2 BMW juga merekomendasikan ATF utk diganti jika telah menempuh jarak tertentu walau memang jarak tsb sgt jauh sekali..........tetap ada umurnya juga tuh oli

ATF original Ipah disarankan ganti di 80.000 Km, padahal di 40.000 Km aja saat dibuang olinya sudah babak belur...........

Jika user yg peduli dengan perawatan mobil = saat ganti oli lihatlah kondisi oli bekasnya, jika ingin tahu lebih pastinya bawalah ke lab utk test

*Salam Peduli Realita*
stuju...

ane sendiri jg sejak liat sendiri nasib oli transmisi gardan yg katanya diganti sesuai petunjuk manual... bener2 ancur...

akhirnya ane ganti jauhh lebi cepet dari jadwal..

di ipah ane, transmisi gardan disuru ganti per 40 rebu... padahal 15 rebu aja uda berbusa dan item banget...

di kaleng ane apalagi... ampe jadi encer banget tuh oli.. ga brani dahh.. btw utk apansa, harap diperhatikan tuh, di manual jelas2 ditulis oli gearbox pake gl4...tp beres suka semprul bloon ngisi disamain ama gardan yg gl5...
itu dia om beres emang suka ngaco. Bikin kesel aja
Dulu terios m/t 2007 ane servis di beres dicekokin oli gl-5 mulu buat gearbox
Waktu itu ganti pas servis besar 40rb KM
akhirnya pas KM 60rb ane ganti tuh oli transmisi pake yg gl-4
Ampe dijual tih mobil di KM 69rb
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by kklover »

heheheheh kalo saya sih bukannya sok tahu atau apa yah, bokap tuh buka bengkel motor dan dulu jual beli mobil bekas jadi apal bgt sama urusan mesin, itu di rumah motor ada banyaaaak (secara bokap dan keluarga hobby otomotif) ganti olinya bisa ditung pake jari mungkin dalam beberapa tahun, sampe saat ini walaupun tuh body motor2, mobil, udah pada ringsek tapi mesinnya yg aneh jalan terus tanpa ada kurang apapun, malah saya kalo keseringan ganti oli dimarahin di bilang buat apaan sih gonta ganti oli, tapi emang saya sendiri berpegangan pada prinsip kalo pake mobil ya kalo bisa jgn lebih dari 5 tahun lah, karena pada saat itu biasanya tuh mobil walau mesinnya sebagus apapun komponen lain udah mulai aussss, ujung2nya bikin dompet bolong juga lantaran ada aja yg rusak, meding jual tuh mobil duitnya buat dp beli baru, no offense dan bukannya sombong loh yah :mky_01: :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

Saya juga kalau ganti oli mesin mobil gak ada yg 5000 Km, umumnya minimal 7000 bahkan 8000 / 9000 / 10.000 Km asal gak lebih dari 12 bulan (utk Full Synth). Bahkan pernah ada yg sy test sampe 11.000 Km

Ganti oli mesin di 5000 Km kalau olinya benar2 gak enak (kualitas rendah).

tapi setiap ganti oli saya perhatikan betul kondisi oli bekasnya spt apa, dan beberapa jenis oli saya lakukan test uji sample oli bekas ke lab, patungan ama teman2 yg hobby juga. (Bbrp hasil test lab pernah sy sharing di forum ini)

Selain itu, kondisi jeroan mesin juga saya monitor, at least intip dr lubang pengisian oli atau saat buka valve cover, saya monitor ada / tidaknya lapisan vernish / endapan.

Jadi interval ganti oli saya bisa sekian2 ribu Km semua ada dasarnya :mrgreen:

Mudah mudahan semangat untuk meneliti & analitis bisa menular ke para hobbyist, jadi kita bisa saling tukar2 data hasil pengamatan dan memperkaya database kita.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Hansen »

betul... mudah2an jiwa dinamis, kritis, analitis, pikiran terbuka, tidak manut grubyuk dan tidak mbebek dapat menular ke para hobbyist di sini :off_good_job:
Image
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Penikmat_Kopi »

Hansen wrote:betul... mudah2an jiwa dinamis, kritis, analitis, pikiran terbuka, tidak manut grubyuk dan tidak mbebek dapat menular ke para hobbyist di sini :off_good_job:
Dan tidak nyelonong masuk jalur busway........
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by ilhami »

Melihat pengalaman Om turbo yang ganti oli kurang dari 10000 km, berarti standar pabrikan ganti oli di 10000 km perlu dipertanyakan, terutama untuk kondisi jakarta ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

ilhami wrote:Melihat pengalaman Om turbo yang ganti oli kurang dari 10000 km, berarti standar pabrikan ganti oli di 10000 km perlu dipertanyakan, terutama untuk kondisi jakarta ya?
hal itu memang membuat tanda tanya, tapi kalo ane pribadi sih percaya ada "unsur politis".....ya gimanapun pabrikan mobil pasti berharap orang ganti mobil "jangan lama2 dah"..........mudah2-an pandangan saya salah..........heheheheheheheh

Khusus utk mobil2 yg karter-nya besar spt Ipah / 42ner, ganti oli di atas 5000 Km gak masalah, tapi kalo oli mineral std ya berat juga dihantam sampe 10 rb Km, di 6000 Km aja oli mineral udah drop kinerjanya

Kalau si Honda lebih realistis, di buku servis R20A disuruh ganti tiap 5000 Km, walau di negara maju pasti ganti tiap 10.000 Km.

IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
freeza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:55

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by freeza »

Kalo saya kebetulan pake chevy yg CBU dari KORSEL.
Begitu terima kendaraan, saya langsung masukin ke BERES lagi untuk ganti oli mesin + filter, dan kuras oli transmisi maticnya.
User avatar
P 13 QA
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
Location: Warehouse

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by P 13 QA »

Turboman wrote:
dani123 wrote:Kalo mobil CBU harus ganti oli di 1000 km gak?
Kalau saya sih lihat2 CBU negara mana dulu, kalao negara2 yg standardnya tinggi ya oli saya pakai sampai 2000 - 3000 Km baru buang.
pak Turbo.. kalo CBU thailand termasuk standar yg mana?

Ane mau ambil Ford focus.. and dia kan CBU thailand
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

freeza wrote:Kalo saya kebetulan pake chevy yg CBU dari KORSEL.
Begitu terima kendaraan, saya langsung masukin ke BERES lagi untuk ganti oli mesin + filter, dan kuras oli transmisi maticnya.
Utk Captiva konon oli bawaan aslinya udah pake Total, berarti ganti nyantai2 aja di KM 2000 & 3000 gak pa pa

Oli Matic gak perlu diganti, nanti gantinya di 20 - 25 rb Km aja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by Turboman »

P 13 QA wrote:
Turboman wrote:
dani123 wrote:Kalo mobil CBU harus ganti oli di 1000 km gak?
Kalau saya sih lihat2 CBU negara mana dulu, kalao negara2 yg standardnya tinggi ya oli saya pakai sampai 2000 - 3000 Km baru buang.
pak Turbo.. kalo CBU thailand termasuk standar yg mana?

Ane mau ambil Ford focus.. and dia kan CBU thailand
Nah kalau ini ane gak paham dikasih oli apa dari pabriknya di Thailand sana.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sharing pentingnya ganti oli di KM 1000 (mobil2 baru CKD

Post by madcat015 »

Om Turbo, kalo CBU Jepang oli nya tahan banting ga? Ane lupa di manual book nya kapan harus ganti oli pertama. :mky_01:

Odo sekarang di 700an km.
Obey the mahakitteh. :big_cat: