Saya owner sportage gen III April tahun 2012 boleh yak share pengalaman selama setahun pake si puput yang sekarang jadi kesayangan ay neh.
Gini latarbelakangnya: diawali dengan kebosanan desain model2 SUV jepun dan ketidaksanggupan meminang SUV buatan londo2 kui, ane terpincut dengan berita Kia boyong head desainer Audi (Peter Schreyer) dan Hyundai boyong tim desainer BMW. nah lo bikin kepo (= pengen tauk) neh. Trus monitor deh dengan sukarela selama beberapa tahun (2009-2012). Singkat cerita review yang ane prioritaskan sebelum menggarasikan sportage cuman 5:
1. improvement manajemen Hyundai+Kia di Indonesia (mereka satu atap di Korea tapi pisah ranjang di Indo). Jawaban yang ane dapet: Hyundai + Kia mulai melebarkan Bengkel Resmi APM-nya dan sudah punya database pemakai secara online di semua bengkel APM. Well, ane puas krn terbiasa dengan pelayanan A2K yang kemana2 buku dokter mobil T ane ter-update di A2K.
2. Fitur keamanan musti jelas dan terbukti. Yang segi ini kagak main2 dah ane, mau murmer tapi gak safety ya males. Resale value bukan prioritas buat ane karena faktor keamanan yang paling penting akibat ane sayang ama anak2 yang lebih sering disupirin driver. Bintang 5 crash-test, Dual Airbag, 4 discbrake, plat body tebal, kabin kedap, cukup menenangkan hati.
3. Jaminan layanan purna jual. Salah satu pemikat ane adalah garansi 5 tahunnya KIA. Ini gue konfirmasi berulangkali sampe berbusa2. Garansi meliputi mesin dan elektrikal bawaan mobil. Confirm accepted. Ane terbiasa make mobil minimal 4 tahunan, tahun ke 5 dah lirik2 penggantinya. Males ama mobil yang tukang claim kayak GL 2007 ane itu.
4. Check user testimony di internet. Waow surprisingly, minimum komplain loh. Cek sendiri deh biar gue gak dianggep HOAX.
5. Kehandalan mesin. Ane TD dengan tucson karena tahun 2011 unit TD sportage susah banget bookingnya. Overall puas dengan performa mesin dan transmisinya meski ane siksa kickdown dan deselerasi dengan menurunkan tuas triptonic-nya (muka sales hyundai ampe pucet hahahaha...).
Nah, kenapa gak FC ? dari TD dengan tucson ane panteng 90kmph RPM-nya dibawah 3000, indikasi mesin irit.
kenapa milih sportage bukan Tucson? desainnya seger, gak pasaran di jalanan dan fitur2 sportage waktu itu lebih lengkap ketimbang Tucson yang berbandrol lebih mahal. Ane gak milih CRV, 42ner dan Xtrail meski mereka juga kelas bagus2 karena sangking banyaknya di jalanan jadi kesan mahalnya (= mobil kelas diatas 300jutaan ) berkurang.
Resale value factor ? dah ane amati juga kok utk kelas SUV resale value hampir sama rata2 setelah 3-4 tahun kena di 30-35%. Gak takut lah, apalagi terbukti sekarang KIA masuk urutan ke 9 dari 10 merek favorit Indonesia. Not bad kan.
Ini testimoni ane yang sesungguhnya:
1. Setahun pake masih gak nyangka kalo all new sportage ini buatan KIA. Gak ada keluhan mesin sama sekali. MID utk bensin rute jalur neraka jakarta 13-15L/100km (= jarak tempuh 23km dicapai selama 2,5 jam tol dalkot !!! gila emang Jakarta sekarang ). Luarkota dengan driving style agresif 9-11L/100km. Kesimpulannya mobil ini irit kalo kebut2an.
2. Gue kagum dengan kekokohan bodinya. Dah berulangkali ane seruduk dengan sengaja motor2 yang ngambil jalur ane di jalan2 sempit. Gak lecet ataupun dekok ( = dent ) karena selain mungkin menghantam bodi plastiknya motor2 juga karena bodinya keras pula. Pernah di seruduk motor sport kenceng banget sampe pengemudinya mental kocar kacir, buritan samping sportage ane cuman luka goresan kena stang rem-nya ( dah mulus lagi di klaim ausransi ). Kabinnya juga lebih kedap dibanding kompetitor (cek sendiri yah biar gak HOAX lagi hehehe)
3. Depresiasi? Hmmm,... ans Option AT 2012 barunya ane beli 291jt (on the road bulan Maret), setahun pakai harga sekennya di autobild terbitan terakhir Maret 2013 dihargain 265jt. Turun 26juta alias +/- 8%... boleh dibilang belum ada depresiasi selain ongkos on the road a.k.a STNK (totalnya Rp 23,958,000).
Yang bikin nyesel sebenernya karena waktu itu pengen ambil unit Platinum tapi ama salesnya dibilang inden dah sampe 4-6 bulan (2012 dashboard hitam). Karena ane perlu segera ya ane spk tipe Option AT dan unit tiba di garasi bulan April. Ternyata KIA memutuskan memperbanyak stok Platinum akibat demand yang tinggi thd unit teratas sportage. Bikin gigit jari aja tiap turing ama club id-sportage, pemilik Platinum suka pura2 ngecek barisan lewat sunroofnya padahal ngeledekin yang make tipe Option... jiaah
Saran buat pengamat mobil Korea terutama di trid ini ttg KIA Sportage, coba intip milisnya dulu aja. Ada gak komplain yang signifikan. O iya, waktu unit2 awal emang CBU semua dan keluhan kampas rem cepet berdebu dialami oleh semua pemilik termasuk ane. Problemnya adalah bahan kampas rem yang buat iklim sub tropis bukan untuk Indonesia. Solusinya KIA mengganti gratis brakepad yang sesuai dengan iklim Indonesia dengan bonus discbrake depan lebih gede ketimbang bawaan CBU. Lainnya so far ndak pernah baca ada keluhan aneh2.
Tipe Platinum diskontinue karena berdekatan dengan Sorento bensin. Makanya dikasih yang LX, oke lah fiturnya masih lebih banyak dibanding yang tipe Option ane ini yang skrg malah jadi unit limited edition
Satu lagi fakta yang perlu dikonfirmasi kayaknya: ada perjanjian manajemen Hyundai dan Kia bahwa Kia baru boleh rilis unitnya setelah setahun unit Hyundai di rilis di Indonesia. Liat tucson vs sportage, accent vs rio, Santafe vs Sorento. Kayaknya unit diesel Sorento gak bakal di jual buat Indonesia krn bakal mengkoreksi peminat Santafe.
Kia emang merek Korea pertama yang ane coba nekad miliki dan sampe hari ini gak nyesel ngambil unit sportage generasi III ini. Saking disayangnya sampe lalet aja kepleset kalo nempel di kaca dan bodi putihnya
(lebay dikiittt).
Jauuuhh banget ama Kia generasi II dan I yang gelembung2 gak jelas dan boros bbm. Testimoni rekan2 club id-sportage yang juga punya CRV, xtrail dan 42ner bensin, mereka bilang FC Sportage lebih irit utk kelas 2000cc light SUV / Cross UV. Jangan bandingin ama PS or 42ner diesel yak.
Jangan mudah terhasut ama sales2 APM yang cuman bisa menjelekkan brand lain. Coba sendiri, rasakan sendiri, pastikan sendiri, cek sendiri, dan putuskan sendiri. toh pada akhirnya mobil kan cuman barang mati dan hanya alat transportasi belaka. Dosa kalo cinta mobil melebihi cinta sama Tuhan Yang Maha Esa
** semoga memberikan pencerahan buat trid ini **