share captiva - PART 04
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26
Re: share captiva - PART 04
salam kenal buat om2 semua, saya pemakai captiva diesel 2011.
baru join hari ini di SM.
apa gara2 om kevinsmith yg nyebut nama saya jadi ketarik kesini yah.
hi om rudy.
saran saya sih dibiar idle dulu sebelum matikan mesin, agar agak adem turbo nya, apalagi kalau yg jalan jauh dan mendaki. CMIIW
baru join hari ini di SM.
apa gara2 om kevinsmith yg nyebut nama saya jadi ketarik kesini yah.
hi om rudy.
saran saya sih dibiar idle dulu sebelum matikan mesin, agar agak adem turbo nya, apalagi kalau yg jalan jauh dan mendaki. CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
By the way, ini udah ketemu post tentang turbo timer di Captiva di forum kaskus. Di post oleh user ruste.
Kepada Yth,
Captiva Owner
Menanggapi email Bapak , tentang Turbo pada Chevrolet Captiva Diesel. Berikut kami coba jelaskan :
TURBO yang digunakan oleh Chevrolet Captiva adalah sistem VGT (Variable Geometry Turbo), dimana pada sistem Turbo ini memiliki impeler pada sisi gas buang (drive) yang dapat membuka dengan sudut yang bervariasi. Perubahan sudut pembukaan impeler akan sangat menentukan putaran yang dihasilkan oleh tekanan gas buang.
Pembukaan dan penutupan impeler diatur oleh sebuah motor yang dikendalikan oleh ECM untuk mendorong tuas.
Impeler akan membuka pada saat diperlukan output mesin yang lebih besar terutama saat putaran menengah sampai putaran tinggi dan pada saat putaran rendah Impeler akan menutup saat output mesin tidak diperlukan secara maksimal, kecepatan kendaraan juga mempengaruhi sudut impeler pada saat membuka dan menutup.
Dengan membukanya impeler maka Turbo akan berputar lebih tinggi (high RPM) dan saat impeler menutup putaran Turbo akan menurun.
Keterkaitannya dengan Turbo Timer, karena pada sistem VGT saat putaran idle ECM akan menutup sehingga gas buang dari manifold buang akan lebih bebas keluar tanpa tertahan Impeler Turbo maka secara otomatis putaran Turbo juga akan ikut menurun dan mesin aman untuk dimatikan secara langsung tanpa waktu jeda (tunggu).
Kondisi ini berbeda dengan Sistem Turbo Fix (Konvensional) dimana Impeler-nya adalah tetap, sehingga untuk menurunkan putaran turbo diperlukan waktu yang relatif lebih lama. Saat mesin idle, putaran Turbo masih cukup tinggi, sehingga sangat riskan apabila mesin langsung dimatikan. Karena pada saat itu Turbo masih memerlukan pelumasan sementara pompa oli sebagai supplai sistem pelumas sudah tidak mensuplai lagi karena mesin telah dimatikan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Hormat kami,
Salam,
CUSTOMER ASSISTANCE CENTER
Tol Free : 0 800 10 24389 (CHEVY)
Hot Line : 021-88955105
Fax : 021-8849341
e-mail : [email protected]
Kepada Yth,
Captiva Owner
Menanggapi email Bapak , tentang Turbo pada Chevrolet Captiva Diesel. Berikut kami coba jelaskan :
TURBO yang digunakan oleh Chevrolet Captiva adalah sistem VGT (Variable Geometry Turbo), dimana pada sistem Turbo ini memiliki impeler pada sisi gas buang (drive) yang dapat membuka dengan sudut yang bervariasi. Perubahan sudut pembukaan impeler akan sangat menentukan putaran yang dihasilkan oleh tekanan gas buang.
Pembukaan dan penutupan impeler diatur oleh sebuah motor yang dikendalikan oleh ECM untuk mendorong tuas.
Impeler akan membuka pada saat diperlukan output mesin yang lebih besar terutama saat putaran menengah sampai putaran tinggi dan pada saat putaran rendah Impeler akan menutup saat output mesin tidak diperlukan secara maksimal, kecepatan kendaraan juga mempengaruhi sudut impeler pada saat membuka dan menutup.
Dengan membukanya impeler maka Turbo akan berputar lebih tinggi (high RPM) dan saat impeler menutup putaran Turbo akan menurun.
Keterkaitannya dengan Turbo Timer, karena pada sistem VGT saat putaran idle ECM akan menutup sehingga gas buang dari manifold buang akan lebih bebas keluar tanpa tertahan Impeler Turbo maka secara otomatis putaran Turbo juga akan ikut menurun dan mesin aman untuk dimatikan secara langsung tanpa waktu jeda (tunggu).
Kondisi ini berbeda dengan Sistem Turbo Fix (Konvensional) dimana Impeler-nya adalah tetap, sehingga untuk menurunkan putaran turbo diperlukan waktu yang relatif lebih lama. Saat mesin idle, putaran Turbo masih cukup tinggi, sehingga sangat riskan apabila mesin langsung dimatikan. Karena pada saat itu Turbo masih memerlukan pelumasan sementara pompa oli sebagai supplai sistem pelumas sudah tidak mensuplai lagi karena mesin telah dimatikan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Hormat kami,
Salam,
CUSTOMER ASSISTANCE CENTER
Tol Free : 0 800 10 24389 (CHEVY)
Hot Line : 021-88955105
Fax : 021-8849341
e-mail : [email protected]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Udah saya coba search di website Yuasa Indonesia, tapi gak ada tertera battery kering yang kapasitasnya 90 Ah.fernando_lim wrote: Utk diesel Q8 better than total 9000 but gasoline total 9000 better than Q8
Bisa coba yuasa buat aki kering tahan lama dan sudah proof ketimbang coba2 habis duit heheheheh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Kalau di link yang dikasih agan sih, gak nampak ada Total Quartz 9000 di listnya. Yang ada Total tipe lain sesuai yang ditulis agan.boed2 wrote:
Total Quartz 9000 itu licensed dexos2? (waktu service pertama saya ga liat2 yg Total, langsung milih Q8)
Rekomendasi oli mesin Captiva FL Diesel 5W-30 yang dexos2.
Kalo liat di listnya http://www.gmdexos.com/licensedbrands/d ... rands.html
Q8 Formula Special G Long Life SAE 5W-30 termasuk, produk Total ada
TOTAL Quartz Ineo MC3 5W-30
Elf Solaris MSX 5W-30
Gulf Progress Extended 5W-30
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 496
- Joined: Tue May 29, 2012 7:26
Re: share captiva - PART 04
Kalau selama ini sih, saya gak langsung matiin. Soalnya habis berhentiin mobil, biasa matiin audio, terus matiin AC, dan tarik rem tangan+lihat2 keadaan sekitar. Ya, jadi lebih kurang ada 10 detik gituKevinSmith wrote:Kata mekanik sih tetep perlu nunggu 15 detikan sebelon matiin mesin.evolution21 wrote:lah bukannya kalo dah vgt tu dah ga perlu nunggu lama utk matiin mesin ya
brw selama ini pake oli mesinnya merk apa?
Ya maybe nasib gw aja dapet produk yang rada problem dari sononya. Cilakanya, turbo ini bermasalah pas garansi abis pulak, bukannya nongol 1-2 bulan sebelon garansi abis
3 taonan ini gw ganti oli selalu ke beres, biarin lebih mahal, merem aja :p
@Good_boy + @Will :
Diemin 10 - 15 detikan aja kata mekanik sih, ga perlu lama2
Dan emang ga bisa dipasangin turbo time kata mekanik
Tapi yang herannya, kadang2 setelah dimatiin mesin masih ada bunyi "ngoong" gitu. Suaranya sih cuma 1-3 detik gitu, habis itu pelan2 hilang. Apa itu suara electric fan nya ya?
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Sep 25, 2012 14:32
Re: share captiva - PART 04
Halo, salam kenal juga om2 semua, sm spt om jco sy juga baru join SM hr ini...
Sy baru ambil captiva diesel 2.0 di IIMS kemarin, dpt disc 25jt , free no pol sementara dan perpanjangannya dan free biaya provisi juga (kredit soalnya)
Bsk rencana mo ksh DP, cuma napa masih dpt unit 2011 ya? Alasan salesnya salah daftar jd yg buat patokan bukan thn pembuatannya tp thn model mobilnya. Kayanya agak aneh ya jwbannya?
Sy baru ambil captiva diesel 2.0 di IIMS kemarin, dpt disc 25jt , free no pol sementara dan perpanjangannya dan free biaya provisi juga (kredit soalnya)
Bsk rencana mo ksh DP, cuma napa masih dpt unit 2011 ya? Alasan salesnya salah daftar jd yg buat patokan bukan thn pembuatannya tp thn model mobilnya. Kayanya agak aneh ya jwbannya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 04
gila..diskonnya gede banget.Billiton wrote:Halo, salam kenal juga om2 semua, sm spt om jco sy juga baru join SM hr ini...
Sy baru ambil captiva diesel 2.0 di IIMS kemarin, dpt disc 25jt , free no pol sementara dan perpanjangannya dan free biaya provisi juga (kredit soalnya)
Bsk rencana mo ksh DP, cuma napa masih dpt unit 2011 ya? Alasan salesnya salah daftar jd yg buat patokan bukan thn pembuatannya tp thn model mobilnya. Kayanya agak aneh ya jwbannya?
seharusnya kalo sekarang ini sudah unit 2012, kalo masih 2011 agak aneh. masa taun 2012 hampir habis produksi mobil masih 2011
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
2012 rencana delivery sept, mgkn ini dpt disc gede utk menghabiskan stock 2011
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: share captiva - PART 04
iya, stoknya banyak banget ya sampe 2011 aja masih ada stok nih..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: share captiva - PART 04
gw kemaren juga baru SPK, I think I make the right choice (instead of getting T31)
langsung tanya pelek ah ke pren2 disini wkwkwkw, pelek ring brapa utk CTV FL yg masih balance antara tampilan & kenyamanan? 19" maybe..??
langsung tanya pelek ah ke pren2 disini wkwkwkw, pelek ring brapa utk CTV FL yg masih balance antara tampilan & kenyamanan? 19" maybe..??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Dulu saya juga sempat bingung antara T31 atau CTV, tapi mikir lagi, jauh lebih worthed captiva ya.SaebaRyo wrote:gw kemaren juga baru SPK, I think I make the right choice (instead of getting T31)
langsung tanya pelek ah ke pren2 disini wkwkwkw, pelek ring brapa utk CTV FL yg masih balance antara tampilan & kenyamanan? 19" maybe..??
Kalo saya bilang sih biar pas nyamannya pake 19", terus velgnya Work Craig, sayang belum ada versi 19" pcd 5x114
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Kemarin ini odometer saya sdh 6400 km, saya pikir sudah saatnya untuk bersihin air filter K&N saya. Setelah saya bongkar, kok masi "agak" bersih ya? Bukannya setiap 5rb km harus bersihin terus di oliin ya? Akhirnya karena udah saya buka, saya akhirnya tetap bersihin, keringnya lama juga ya hampir 48 jam baru kering dan bisa dioliin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1319
- Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
- Location: Surabaya
Re: share captiva - PART 04
IMHO, captiva itu worthed it banget. murah meriah..
tetapi saya tdk pilih captiva karena tdk suka modelnya dan it's a "chevy".
tetapi saya tdk pilih captiva karena tdk suka modelnya dan it's a "chevy".
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 04
kalo mau agak cepet kering, pas abis selesai di cuci di kipat2 dulu airnya (seperti anjing kalo baru dimandiin lalu mengeringkan diri gitu)
kalo dah agak kurangan basahnya, di tempel2 pake tissue, tissue sangat sensitif menyerap basah
semoga membantu um... agar ga sampe 24jam bisa kering
kalo dah agak kurangan basahnya, di tempel2 pake tissue, tissue sangat sensitif menyerap basah
semoga membantu um... agar ga sampe 24jam bisa kering
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26
Re: share captiva - PART 04
kemarin malam ke IIMS, ctv lagi ada promo.
disc 25jt , dapat HU caska + kaca film perfection.
mantap bener dah.
minta tambah, supervisor nya angkat tangan
laporan selesai
disc 25jt , dapat HU caska + kaca film perfection.
mantap bener dah.
minta tambah, supervisor nya angkat tangan
laporan selesai
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: share captiva - PART 04
hmm kok masih agak cingkrang yah..Belphegor wrote: Dulu saya juga sempat bingung antara T31 atau CTV, tapi mikir lagi, jauh lebih worthed captiva ya.
Kalo saya bilang sih biar pas nyamannya pake 19", terus velgnya Work Craig, sayang belum ada versi 19" pcd 5x114
bannya CTV FL maximum ukurannya bisa brapa yah guys (yg masih aman kalo dipentokin ke kiri-kanan) ?
kayak PS tuh, karena blom ada per yg rendah, temen gw diakalinnya lingkar rodanya yg digedein, passs banget cakep liat PS nya
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Sep 25, 2012 14:32
Re: share captiva - PART 04
HU caska itu udah termasuk GPS navigasi belum ya?
Kalo dari sales bilang hrs nambah 1,5jt kalo mau +GPS
Kalo dari sales bilang hrs nambah 1,5jt kalo mau +GPS
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed Apr 08, 2009 18:53
- Location: Purwakarta
Re: share captiva - PART 04
Kalo mesti nambah lagi 1.5jt buat modul GPS berarti belum ada GPS nya donk Om.Billiton wrote:HU caska itu udah termasuk GPS navigasi belum ya?
Kalo dari sales bilang hrs nambah 1,5jt kalo mau +GPS
BTW, emang pake Captiva FL ato Non FL gan? Bukannya sudah ada 3D Arkamys Surround Sound nya ya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: share captiva - PART 04
selamat bro.. diskonnya mantap yah sekarang..Billiton wrote:Halo, salam kenal juga om2 semua, sm spt om jco sy juga baru join SM hr ini...
Sy baru ambil captiva diesel 2.0 di IIMS kemarin, dpt disc 25jt , free no pol sementara dan perpanjangannya dan free biaya provisi juga (kredit soalnya)
Bsk rencana mo ksh DP, cuma napa masih dpt unit 2011 ya? Alasan salesnya salah daftar jd yg buat patokan bukan thn pembuatannya tp thn model mobilnya. Kayanya agak aneh ya jwbannya?
memang saya denger dari sales di 2 beres, stoknya lagi banyak bulan ini,
bulan lalu memang overall penjualan mobil pada turun begitu juga kredit mobil.
jadi diskonnya lagi gede buat ngabisin stok terutama dengan kredit menarik sekali..
mengenai unit 2011 saya dulu dibilanginnya juga gitu,
katanya karena pengartian kode vin nya, model MY2011 jadi diartiin 2011 disini??!?
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Sep 25, 2012 14:32
Re: share captiva - PART 04
Yang FL gan , dari dealer di kasih bonus HU Caska.. Cuma trsrh kita mau ditukar ato ga.. Yg bawaan mobil emang 3D Arkamys SS...ekoagusshm wrote:Kalo mesti nambah lagi 1.5jt buat modul GPS berarti belum ada GPS nya donk Om.Billiton wrote:HU caska itu udah termasuk GPS navigasi belum ya?
Kalo dari sales bilang hrs nambah 1,5jt kalo mau +GPS
BTW, emang pake Captiva FL ato Non FL gan? Bukannya sudah ada 3D Arkamys Surround Sound nya ya?
Kalo milih yg Caska dpt parking camera juga.. Cuma GPS msh simpang siur, sales sendiri ga yakin.. Ga ada cthnya , unit yg di display semua msh bawaan mobil yg Arkamys..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26
Re: share captiva - PART 04
hi om eko, salam kenal yahekoagusshm wrote:Kalo mesti nambah lagi 1.5jt buat modul GPS berarti belum ada GPS nya donk Om.Billiton wrote:HU caska itu udah termasuk GPS navigasi belum ya?
Kalo dari sales bilang hrs nambah 1,5jt kalo mau +GPS
BTW, emang pake Captiva FL ato Non FL gan? Bukannya sudah ada 3D Arkamys Surround Sound nya ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Itu fortuner bro mobilnya bukan captiva, setau ane Work Craig ini belum ada 5x114 19"SaebaRyo wrote:
hmm kok masih agak cingkrang yah..
bannya CTV FL maximum ukurannya bisa brapa yah guys (yg masih aman kalo dipentokin ke kiri-kanan) ?
kayak PS tuh, karena blom ada per yg rendah, temen gw diakalinnya lingkar rodanya yg digedein, passs banget cakep liat PS nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Dulu pas ane beli CTV bulan 3 sih salesnya ngmg kalo MY2012 baru masuk indo bulan sept which is this month. Maybe molor 1-2 bulan baru bener2 masuk, berarti stock 2011 nya harus diabisin dulu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: share captiva - PART 04
itu sebenernya HU bawaan yg arkamys itu bagus ato biasa2 aja sih yah..?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 04
Menurut kuping panci ane, setara lah sama audio stdnya Ford Fiesta. Untuk ukuran audio std, ane kasih nilai 7.5/10