Review Avanza Veloz M/T 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by AD74YA »

Kali ini saya coba review Avanza Veloz atas request review dari oom fairoes. Entah kenapa tiba-tiba ada yang bawa Avanza Veloz ke garasi ya udah apa boleh buat saya coba aja hehehe...
IMG_1438.JPG
Sepertinya nggak banyak yang bisa diceritakan mengenai sejarah Avanza ini, kecuali rekor penjualannya bertahun-tahun belakangan ini. Sisa sejarah Avanza malah diwarnai kecelakaan yang mengenaskan. Jadi langsung saja kita review:

Veloz yang nangkring di garasi ini tipe Veloz yang manual, dibanderol dengan harga nyaris 180 juta. Sebuah harga yang cukup fantastis kalau mengingat apa yang ditawarkan Avanza sebelumnya yang cukup kopong fiturnya terutama fitur keamanan.

Eksterior
Sudah pada tau pastinya perbedaan Veloz dengan generasi sebelumnya, jadi saya sebutkan saja perbedaan Veloz dengan New Avanza:
-Grill depan bilah chrome nya menyatu
-Desain air scoop berbeda
-Desain rumah foglamp berbeda dan pada veloz tidak ada ornamen chrome, sedangkan di all-new ada
-Rear reflector
-Dibanding generasi sebelumnya velg nya berbeda
IMG_1439.JPG
IMG_1441.JPG
IMG_1445.JPG
Dibanding generasi sebelumnya, desain yang baru ini jauh meningkat di sektor kedinamisan eksteriornya. Secara kasat mata Veloz ini bagaikan Avanza lama yang di photoshop oleh anak TK menyisakan pilar A,B,C dengan desain sama sedangkan sisanya berbeda. Tetapi untuk sebuah kesatuan desain, Veloz memiliki nilai plus, bahkan terlihat lebih mewah dibanding GL (IMO).

Guratan 2 garis pada bonnet nya menimbulkan kesegaran tersendiri, spion nya bagus dan sewarna body. Pada bagian depan saya hanya terganggu oleh antena radio eksternal yang bener-bener membuat kasta Veloz ini keliatan rendah. Antena radionya kayak koreng.
IMG_1458.JPG
Pada rear end design disini saya agak memicingkan mata. Entah apa yang coba diraih oleh desainer Veloz karena desainnya agak abstrak. Mau bulat enggak, mau kotak enggak. Tarikan garis membaur kemana-mana. Setelah lama berpikir, akhirnya saya menemukan apa yang menginspirasi desainer Veloz untuk desain rear-end nya = roti tawar.

Bagaimanapun juga desain belakangnya berkali-kali lebih fresh dan sporty dibanding generasi sebelumnya. Saya suka garnish chrome yang melintang diantara kaca dan pintu bagasi, saya suka muffler tip yang kelihatan mengangkat kasta Veloz, dan saya suka wing spoilernya.
Akhir cerita saya masih menganggap Veloz lebih mewah dibanding GL dari sisi eksterior.
IMG_1448.JPG
IMG_1447.JPG
Interior
Dari sisi interior disini ada beberapa perbedaan yang signifikan dibanding versi all-new nya, antara lain:
Warna dashboard, panel istrumen, dan jok: Veloz berwarna black dan grey sedangkan versi All-new nya beige dan grey.
Udah itu aja.
IMG_1451.JPG
Tapi, di Interior inilah what Avanza Veloz is all about. Ruang yang disediakan lebih lapang, terasa signifikan dibanding Avanza sebelumnya. Perbedaan pertama terasa di desain dashboard depan yang lebih narrow memberikan leg room tambahan sedikit. Tapi yang paling terasa adalah duduk di second row, terasa berbeda sekali luasnya dengan Avanza sebelumnya. Untuk 3rd row, masih seperti penjara. Bagasi mengalami pembesaran ukuran juga dibanding sebelumnya, usut punya usut sepertinya desain pintu bagasi yang membuat extra room di bagasi.
IMG_1452.JPG
IMG_1454.JPG
Row 2 bisa reclining sedikit memberikan ruang lebih untuk row 3.
IMG_1456.JPG
IMG_1468.JPG
Dan berbicara masalah desain, lagi-lagi saya harus angkat topi terhadap penyegaran desain yang dilakukan. Avanza berhasil menaikkan kastanya lewat desain interiornya. Dashboard sekarang terasa fresh, ornamen ornamen silver dibuat dengan material dan desain yang baik sampai ada guratan guratannya. Setir lebih menarik dengan ornamen silver dan audio button. Yang agak alay memang desain speedometer merahnya.. Not my kind of taste.
IMG_1464.JPG
Dan topi sekali lagi saya angkat untuk banyaknya tempat penyimpanan barang yang ada di veloz ini. Tercatat ada 20 cup holder di mobil ini, belum termasuk pocket, glove box, center console, seat pockets dan celah kecil di doortrim dan kursi belakang. Gila.... entah berapa liter penampungan extra yang bisa di akomodasi oleh Veloz.. Bener-bener 4 thumbs up.
IMG_1460.JPG
IMG_1471.JPG
IMG_1470.JPG
IMG_1472.JPG
Terus lihat lebih dekat kualitas interiornya... Err.... Nutup glovebox agak berisik, center box lebih-lebih lagi, transmisi berisik, dan fit and finish nya jauh dari harapan, terutama kulit lokal yang dipasang di jok dan trim Veloz. Kualitasnya beneran setingkat bahan baku IKEA.
IMG_1467.JPG
Fitur
Nah di fitur ini ane sangat tidak respect terhadap Veloz. Simpel:
• Nggak ada Airbag,
• Nggak ada EBD
• Nggak ada BA
• Rem belakang tromol
Satu-satunya fitur keamanan tambahan cuma ABS sama seatbelt pretensioner. Yang lain? Paling mentok alarm Toyota. Jadi saya simpulkan bahwa Veloz ini mobil yang tepat untuk mendampingi anda yang ingin bunuh diri. Err... Ada juga sih rear parking sensor, tapi saya pikir itu nggak akan bisa membantu mencegah anda bunuh diri.

Di sisi kenyamanan, beda cerita. Disini investasi R&D Veloz keliatan. Pertama dari aplikasi 6 speaker di dalam mobil. sepasang tweeter di pilar A, dan 2 pasang fullrange di tempat midbass keempat pintu. Suaranya? yaa.. Sebagian besar treble (as usual), lemes tweeternya, dll dsb lah.... HU terintegrasi sekarang pakai colokan AUX+USB, jadi sedikit agak lebih modern bagi generasi iPod.
IMG_1465.JPG
IMG_1463.JPG
Lalu ada juga EPS (power steering) yang menbuat setir Veloz ini jadi lebih ringan dan presisi. Selain itu di sisi mekanisme gerak ada perubahan signifikan. Setting baru suspensi depan yang menganut sistem McPherson strut dengan coil spring dan 4 link lateral dengan coil spring di belakang, membuat Avanza Veloz lebih stabil dan nyaman. Desain jok baru (atau lebih tepatnya permak-an dari generasi sebelumnya) juga memberikan side support tambahan.
AC juga sekarang lebih dingin, blower tengah juga masih sama dengan generasi sebelumnya. Tambahan MID juga sangat informatif sekali, selain fuel tank juga ada bacaan konsumsi BBM dan sisa mileage yang bisa ditempuh.

Test Drive
Mesin Veloz terasa lebih halus dibanding varian sebelumnya. 1500cc, VVT-i, 3SZ-VE DOHC. Saya coba gas dikit.. Loh kok makin lemot dibanding sebelumnya.. Asumsi saya karena beban Veloz ini lebih berat tetapi usut punya usut ternyata tenaga mesinnya diperkecil 3 Hp, pun torsinya dikatakan menurun dari varian sebelumnya, tetapi emisi gas buang menjadi lebih baik. Secara overall rasa mesin tetap sama dengan varian sebelumnya, gesit dan menggigit. Setir yang ringan dan mesin yang suka putaran bawah-tengah mengakibatkan orang menjadi terintimidasi untuk ngebut menggunakan Veloz ini.
IMG_1473.JPG
Perubahan signifikan berasal dari sektor kaki-kaki, perubahan konfigurasinya menyebabkan Veloz lebih nyaman meskipun tetep oleng banget kalo disuruh manuver. Test drive di kecepatan tinggi belum sempat, hanya sebatas jalan-jalan biasa.

Yang agak mengganggu adalah tinting bawaan yang berwarna hijau di kaca depan, semburat hijau nampak terlihat ketika driving dan dalam kondisi perubahan kecerahan yang cepat dari silau menjadi gelap atau sebaliknya agak mengaburkan pandangan.

Jok menjadi lebih nyaman. Transmisi masih sama seperti sebelumnya tidak ada perubahan (manual), pengereman juga sama-sama saja.

Kesimpulan:
Kalau malas ke Ancol atau Trans Studio tetapi pengen merasakan sensasi adrenalin roller coaster, silahkan beli Veloz dan nyetir sekencang-kencangnya. Nyetir Veloz dengan fitur keamanan yang sangat sedikit membutuhkan konsentrasi yang luar biasa besar di kecepatan agak tinggi, dan yang paling asik adalah tau bahwa nyawa kita cuma ditopang rem kecil dan sabuk pengaman.

Disisi lain, masih belum ada saingannya yang bisa menyaingi praktikalitas, kualitas service, purna jual, keiritan BBM dan akomodasi yang diberikan oleh Veloz.Bahkan termasuk GL menurut ane masih setingkat dibawah Veloz.

Akan tetapi yang patut dipikirkan ulang adalah tingginya banderol harga yang ditawarkan terhadap kualitas produk yang kita dapat.

Plus:
Roomy, Praktikal, Irit, Kencang, "Mewah".

Minus:
Fitur keamanan. Harga sangat tinggi.

CMIIW. IMHO. :thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by ak4ng »

ane pertamax..... si irit nan kenchang ttp juara....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by yoyoyo »

somehow saia merasakan narasi Jeremy Clarkson tapi dlm bahasa indonesia :mky_01:
nice review oom stigjay.

jadi diantara lineup av/xen baru ini, mana yang bang for bucks? (tanpa melihat merk lain)
FortunerMan

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by FortunerMan »

Emang standarnya udah kulit2an begitu? hih amit2 pasangannya - kaya sarung jok.

Ceki2 di website Toyota ternyata itu nggak standar - phewww....

MAU NANGIS liat pemasangan jok kulit2an ini... :wkkk:

Image
Last edited by FortunerMan on Fri Apr 13, 2012 8:40, edited 1 time in total.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by ilhami »

fitur-fiturnya hanya sekadar biar nggak ketinggalan dari pesaingnya macam grand livina yang sudah pakai EPS duluan, agar bisa dinaikkan harganya.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by campoeran »

Entah kenapa tiba-tiba ada yang bawa Avanza Veloz ke garasi ya udah apa boleh buat saya coba aja hehehe.
Trademark pembukaan review om Helm putih........... :mky_07:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by kapsul 97 »

nice inph gan :big_peace:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by AD74YA »

yoyoyo wrote:somehow saia merasakan narasi Jeremy Clarkson tapi dlm bahasa indonesia :mky_01:
nice review oom stigjay.

jadi diantara lineup av/xen baru ini, mana yang bang for bucks? (tanpa melihat merk lain)
Haha kebetulan itu oom... Tapi saya memang admire TG UK dalam ulasan mobil.

Kalau menurut ane yang lebih oke sih ambil Xenia Attivo ya.. Mesin 1300cc, lemot, dapet LCD tapi gak ada ABS... Hehehe... Selip dikit ya modar... :wkkk:
FortunerMan wrote:Emang standarnya udah kulit2an begitu? hih amit2 pasangannya - kaya sarung jok.

Ceki2 di website Toyota ternyata itu nggak standar - phewww....

MAU NANGIS liat pemasangan jok kulit2an ini... :wkkk:
hooh kata orang yang bawa mobil ini dari sononya dikasih... Kayaknya sih keputusan bonus tiap dealer beda2..

Kulitnya JUELEK banget oom... Macem kulitnya Drogba kalo keringetan main bola... Silau!
ilhami wrote:fitur-fiturnya hanya sekadar biar nggak ketinggalan dari pesaingnya macam grand livina yang sudah pakai EPS duluan, agar bisa dinaikkan harganya.
Klasik.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by AD74YA »

campoeran wrote:
Entah kenapa tiba-tiba ada yang bawa Avanza Veloz ke garasi ya udah apa boleh buat saya coba aja hehehe.
Trademark pembukaan review om Helm putih........... :mky_07:
Emang beneran gitu... Suwer deh... :mky_03:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Fairoes »

thanks om atas review... menarik nih...
ada enggak kira2 review dari sisi penumpang ya... kalau di bawa lewat jalan tol yang bumpy seperti di JLB or Cipularang kerasa kayak apa ya......

maaf nih mau nanya emang pertanyaan nubie pengaruh EBD dan BA gede ya... belum pernah ngebut pakai avanza dan ngerem mendadak sih....
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by AD74YA »

Fairoes wrote:thanks om atas review... menarik nih...
ada enggak kira2 review dari sisi penumpang ya... kalau di bawa lewat jalan tol yang bumpy seperti di JLB or Cipularang kerasa kayak apa ya......

maaf nih mau nanya emang pertanyaan nubie pengaruh EBD dan BA gede ya... belum pernah ngebut pakai avanza dan ngerem mendadak sih....
Pastinya juga akan jauh lebih nyaman dibanding generasi sebelumnya, plus jarak terdekat dengan tanahnya cukup tinggi dan wheelbase sedang pasti untuk medan rusak lebih jawara.

EBD itu penting banget apalagi disaat aspal basah atau mobil lari ke rumput... Dia distribusi besarnya tenaga rem yang dibutuhin tiap ban depan, jadi bisa bedain besarnya rem dikiri dan dikanan, sangat berguna untuk keadaan darurat.

KAlau BA itu buat optimalisasi ABS, karena ABS sendiri itu sebuah sistem yang ga ada sensor berat atau kecepatan hanya menahan agar rem ga ke kunci selama rem darurat, by default seperti itu, kerjanya hanya berdasar kencang tidaknya pedal rem ditekan... Kalau ada BA, kecepatan penahanan ABS terhadap rem bisa jadi variasi tergantung kondisi yang dibutuhkan... Lagi-lagi berguna saat keadaan darurat..


Yaaa keduanya hanya sekunder sih, yang paling penting tetep Rem dan Seatbelt.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by dieselkiki »

sebulan kmaren menuju ke cirebon lewat jalur tengah subang kadipaten. jalannya lebih bumpy daripada cipularang walo udah di beton.

pas kebetulan jatah nyopir avanza g disalip all new xenia type r. spontan ngikut dr blakang pgn tahu kinerja suapensinya.

ternyata beda. reboundnya gak seperti gen 1. nikung lebih anteng bodyroll beda.

kl dr bawa ato jd penumpangnya ANA ANX blm tahu.
- faith humanity freedom -
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Fairoes »

hmmm.. kayaknya kalau dari kenyamanan so far pada bilang peningkatan banget ya dari gen sebelumnya...
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by yoyoyo »

AD74YA wrote: Haha kebetulan itu oom... Tapi saya memang admire TG UK dalam ulasan mobil.

Kalau menurut ane yang lebih oke sih ambil Xenia Attivo ya.. Mesin 1300cc, lemot, dapet LCD tapi gak ada ABS... Hehehe... Selip dikit ya modar... :wkkk:
no offense, tanpa ABS artinya safe speed nya hrs diturunkan, apalagi klo jln tol yg crowded :mky_01:

lihat attivo (MT) disini 169 jutaan ya..
http://www.rodanews.com/2011/12/harga-d ... hatsu.html

berarti head-to-head sama allnew avanza 1.5 G AT , seri G ini yg sepi features ya..?
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by dieselkiki »

berdasarkan berapa uang yg dikeluarkan dan fitur apa yg didapatkan pilihan ana anx menurutku

kalo seneng avanza ambil E atau Veloz sekalian. dan daripada beli G mending beli xenia R. lebih menghargai uang anda.

disclaimer : opini pribadi.
- faith humanity freedom -
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Fairoes »

yoyoyo wrote: no offense, tanpa ABS artinya safe speed nya hrs diturunkan, apalagi klo jln tol yg crowded :mky_01:
hehehe... emang sih tapi ngeliat jalan sepi and lebar bawaannya suka lupa kalau enggak ada ABS
dieselkiki wrote:berdasarkan berapa uang yg dikeluarkan dan fitur apa yg didapatkan pilihan ana anx menurutku

kalo seneng avanza ambil E atau Veloz sekalian. dan daripada beli G mending beli xenia R. lebih menghargai uang anda.

disclaimer : opini pribadi.
Yang Xenia enggak ada yang 1.5 ya ??? 1.3 dan 1.5 secara tenaga bedanya kerasa banget enggak ya, terutama untuk tanjakan... kalau untuk speed sih enggak masalah, jarang lebih dari 120 soalnya... rata2 kalau di tol 100-110 doang....
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by dieselkiki »

xenia gak ada mesin1.5. waktu dulu sering nyervisin avanza kantor sering ngobrol ma avansa s owner yang pindah dari g. kesimpulannya s lebih powerful buat nanjak. beda banget katanya... ya sekali lagi critanya dari orang lain bukan ngrasain sendiri.

yang saya rasakan malah avanza g yang mulai buatan tahun 2010 rasanya kok mesinnya gak senyaman 2006 2008. sori malah oot
- faith humanity freedom -
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Tjiewei »

Setuju sama bung adjaya,aavansa minim fitur keselamatan pun veloz yg harga sangat mahal dgn frame body avanza lama,terkesan hanya di tekuk tekuk dan dan ganti lampu blkg dan dpn,diblg all new :mky_07: tp mmg avanza ini bikin penasaran sampai saya beli juga 1 tapi yg 1,3 matic ,sungguh gak nyaman,idle up ac pengaruh banget ke jalannnya mobil,jd apabila jalan lagi macet posisi di d,dan di lepas dan injek remnya,ketika idlenya lagi up nyentak nyentak mobilnya :mky_07: ,minta dibenerin ke auto2000 ktnya gak bisa ,waduh,trus kalo dijalan tol kecepatan 100 saja,apalagi tol cipularang,serasa nyesak ke dada,soalnya mobilnya manggut manggut gak nyaman banget,tdnya beli mobil ini pikir bisa 8 penumpang bisa utk keluargs tp gak jadi,akhirnya dipake utk operasional saja,tp utk keceptan mobil ini patut di kasih jempol 1300 cc matic,captiva turbo diesel gak bisa ngejar,hanya di coba sekali kalinya,ketika ada captiva disel di tol nyodok melulu dan nge dim ketika jalan santai ,saya coba ajak ngebut sekalian trnyata speedometer sekilas ngelirik memcapai 155kpj,tp ingat kalo ini mobil ringkih langsung turunin lagi jalan santai lagi ,selang 5 menit baru nyusul tuh captiva tsb,mengenai rem betul tuh bahaya,masa kec 40 kpj,direm mendadak karna tiba tiba ada yg nyebrang ,sudah berdecit,pernah juga direm mendadak dikec 60 kpj,mobilnya bukan berenti malah keseret sambil decit,saya sampai bingung ini mobil kog bisa laku banget,dan kalo di tol jawara ngebut ya avanza xenia yg sering zig zag dan nyalib sambil ngebut,saya hanya pikir kalo kec 100 direm mendadak sepertinya ini mobil bakal kebalik atau melintir.
Dan 1 lagi,mata gak mobil meleng kalo masuk perumahan,sekali meleng dan hantam polisi tidur bakal gak ada ampun utk penumpang,bisa terpental sampe mentok plafon.
Maaf jgn tersinggung so berhati hatilah
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Fairoes »

Tjiewei wrote:Setuju sama bung adjaya,aavansa minim fitur keselamatan pun veloz yg harga sangat mahal dgn frame body avanza lama,terkesan hanya di tekuk tekuk dan dan ganti lampu blkg dan dpn,diblg all new :mky_07: tp mmg avanza ini bikin penasaran sampai saya beli juga 1 tapi yg 1,3 matic ,sungguh gak nyaman,idle up ac pengaruh banget ke jalannnya mobil,jd apabila jalan lagi macet posisi di d,dan di lepas dan injek remnya,ketika idlenya lagi up nyentak nyentak mobilnya :mky_07: ,minta dibenerin ke auto2000 ktnya gak bisa ,waduh,trus kalo dijalan tol kecepatan 100 saja,apalagi tol cipularang,serasa nyesak ke dada,soalnya mobilnya manggut manggut gak nyaman banget,tdnya beli mobil ini pikir bisa 8 penumpang bisa utk keluargs tp gak jadi,akhirnya dipake utk operasional saja,tp utk keceptan mobil ini patut di kasih jempol 1300 cc matic,captiva turbo diesel gak bisa ngejar,hanya di coba sekali kalinya,ketika ada captiva disel di tol nyodok melulu dan nge dim ketika jalan santai ,saya coba ajak ngebut sekalian trnyata speedometer sekilas ngelirik memcapai 155kpj,tp ingat kalo ini mobil ringkih langsung turunin lagi jalan santai lagi ,selang 5 menit baru nyusul tuh captiva tsb,mengenai rem betul tuh bahaya,masa kec 40 kpj,direm mendadak karna tiba tiba ada yg nyebrang ,sudah berdecit,pernah juga direm mendadak dikec 60 kpj,mobilnya bukan berenti malah keseret sambil decit,saya sampai bingung ini mobil kog bisa laku banget,dan kalo di tol jawara ngebut ya avanza xenia yg sering zig zag dan nyalib sambil ngebut,saya hanya pikir kalo kec 100 direm mendadak sepertinya ini mobil bakal kebalik atau melintir.
Dan 1 lagi,mata gak mobil meleng kalo masuk perumahan,sekali meleng dan hantam polisi tidur bakal gak ada ampun utk penumpang,bisa terpental sampe mentok plafon.
Maaf jgn tersinggung so berhati hatilah
ini make yang 1.3 ya... kalau 1.5 gimana ya...
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Tjiewei »

Kalo utk yg punya saya matic 1.3 ternyata tdk juga irit kalo dibawa normal :big_slap: ,sekitar 1:11.hampir sama dgn innova yg 1:10.tp kalo dibawa smooth,bisa 1;12
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Lucky11 »

Tjiewei wrote:saya sampai bingung ini mobil kog bisa laku banget,dan kalo di tol jawara ngebut ya avanza xenia yg sering zig zag dan nyalib sambil ngebut,saya hanya pikir kalo kec 100 direm mendadak sepertinya ini mobil bakal kebalik atau melintir.
Dan 1 lagi,mata gak mobil meleng kalo masuk perumahan,sekali meleng dan hantam polisi tidur bakal gak ada ampun utk penumpang,bisa terpental sampe mentok plafon.
Maaf jgn tersinggung so berhati hatilah
sepertinya Itu faktor drivernya om... yang terlalu hebat dan memaksakan bukan karena mobilnya, kalau mobil sih nurut aja siapa yang bawa mau maling, copet, atau mobil derek ya nurut namanya juga mobil benda mati ibaratnya barang hawadis walaupun di sayang2 di elus2 kalau dah waktunya rusak ya menyusahkan... :big_peace:
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Tjiewei »

sepertinya Itu faktor drivernya om... yang terlalu hebat dan memaksakan bukan karena mobilnya, kalau mobil sih nurut aja siapa yang bawa mau maling, copet, atau mobil derek ya nurut namanya juga mobil benda mati ibaratnya barang hawadis walaupun di sayang2 di elus2 kalau dah waktunya rusak ya menyusahkan...

Sorry kog gak nyambung ya :wkkk:
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by Tjiewei »

sepertinya Itu faktor drivernya om... yang terlalu hebat dan memaksakan bukan karena mobilnya, kalau mobil sih nurut aja siapa yang bawa mau maling, copet, atau mobil derek ya nurut namanya juga mobil benda mati ibaratnya barang hawadis walaupun di sayang2 di elus2 kalau dah waktunya rusak ya menyusahkan...

Iya kalo mobil ya gmn driver,tapai yg aneh driver avanza xenia rata rata sangar sangar kalo di tol,td aja ada 3 avanza yg kejar kejaran,zig zag trus berusaha masuk jalir cepat trus keluar lagi :mky_02: tanya kenapa?
FortunerMan

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by FortunerMan »

Karena avanza xenia sangat banyak di jalanan - ada yg serasa pembalap, banyak juga yg bawa biasa2 aja :p
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Avanza Veloz M/T 2012

Post by DOHC »

yahh di forum ini aj uda ada 2 contoh pemakai apanja yg berbeda...

kalo abg muda ababil yg diwakilkan oleh akang yahhh kerjaan nya manas2 in mentok in speedo

tapi kalo liat om2 yg uda 30an (ngaku nya sehh) macam om vanzmatic yahhh, apanja mahh pelan2 aja...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: