Sengketa soal Keiritan Nissan March

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by ChZ »

beli mobil tambah kaya?

belilah carry, grenmek, L300, traga, fuso, dutro, dyna dan kawan kawan... pake sampai beranakcucu.

udah kaya pelihara supercar limited edition yang harganya bisa digoreng di auction.

itu baru smakin lama smakin kaya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by Herman7103 »

Nanti saat saya pensiun dari perusahaan Pulp, semoga saya bisa buka perusahaan angkutan dengan armada truck.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by MaddMaxx »

Produk nissin yg masih bikin sy tertarik itu kiks. Pernah liat review yutuber make kiks jkt-tasik pp dapet avg fc 1:18. Utk mobil suv sangat irit menurut sy apalagi medan naik turun tol non tol.

Cuma masih bingung sm hitungan kekekalan energinya. Kok bisa ICE-->batre-->motor listrik-->roda (di kiks) lebih hemat dr ICE-->roda??

Setau sy pas sekolah dulu, semakin panjang konversinya, losses energinya makin besar pula. Sy pernah pk agia 1.0 cuma dpt 1:16. Harusnya kiks lebih boros dari agya kan sama2 1000cc. Masih kepikiran jujur aja. Jgn2 ini another bullsh*t marketing trick hahahaa
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
dudeck99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Apr 13, 2020 10:16
Location: Bali

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by dudeck99 »

MaddMaxx wrote: Sat Dec 05, 2020 3:32 Produk nissin yg masih bikin sy tertarik itu kiks. Pernah liat review yutuber make kiks jkt-tasik pp dapet avg fc 1:18. Utk mobil suv sangat irit menurut sy apalagi medan naik turun tol non tol.

Cuma masih bingung sm hitungan kekekalan energinya. Kok bisa ICE-->batre-->motor listrik-->roda (di kiks) lebih hemat dr ICE-->roda??

Setau sy pas sekolah dulu, semakin panjang konversinya, losses energinya makin besar pula. Sy pernah pk agia 1.0 cuma dpt 1:16. Harusnya kiks lebih boros dari agya kan sama2 1000cc. Masih kepikiran jujur aja. Jgn2 ini another bullsh*t marketing trick hahahaa
Karena ada satu faktor yang ga om masukin dihitungan energinya oms. Energi dari regenerative breaking. Kalau om beneran uda nonton review youtubenya. Tentu ngeliat fcnya pas dalam kota malah bagus.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by fl4b1e »

MaddMaxx wrote:Produk nissin yg masih bikin sy tertarik itu kiks. Pernah liat review yutuber make kiks jkt-tasik pp dapet avg fc 1:18. Utk mobil suv sangat irit menurut sy apalagi medan naik turun tol non tol.

Cuma masih bingung sm hitungan kekekalan energinya. Kok bisa ICE-->batre-->motor listrik-->roda (di kiks) lebih hemat dr ICE-->roda??

Setau sy pas sekolah dulu, semakin panjang konversinya, losses energinya makin besar pula. Sy pernah pk agia 1.0 cuma dpt 1:16. Harusnya kiks lebih boros dari agya kan sama2 1000cc. Masih kepikiran jujur aja. Jgn2 ini another bullsh*t marketing trick hahahaa
Selain energi regeneratif dari pengereman, ada 1 faktor lagi kalau mnrt pandangan sotoy saya. Biasanya kalau mobil ICE kan menyalurkan energinya lewat sistem transmisi dulu baru ke roda (kalau Front wheel drive yaa.. kalau rwd masih ada gardan yg nambah hilangnya energi) di Kicks ini pakai single speed constsnt ratio (e-power) yang kayak ga pakai transmisi kalau ga salah...

Itu sebabnya Kicks ini lebih kerasa kayak EV krn torsinya instan.

Anyway jadi inget perbandingan Kicks dengan Corolla Cross Hybrid di salah satu channel otomotif lokal.
ipo3nk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
Location: bogor
Daily Vehicle: F10A

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by ipo3nk »

MaddMaxx wrote: Sat Dec 05, 2020 3:32 Produk nissin yg masih bikin sy tertarik itu kiks. Pernah liat review yutuber make kiks jkt-tasik pp dapet avg fc 1:18. Utk mobil suv sangat irit menurut sy apalagi medan naik turun tol non tol.

Cuma masih bingung sm hitungan kekekalan energinya. Kok bisa ICE-->batre-->motor listrik-->roda (di kiks) lebih hemat dr ICE-->roda??

Setau sy pas sekolah dulu, semakin panjang konversinya, losses energinya makin besar pula. Sy pernah pk agia 1.0 cuma dpt 1:16. Harusnya kiks lebih boros dari agya kan sama2 1000cc. Masih kepikiran jujur aja. Jgn2 ini another bullsh*t marketing trick hahahaa
klo mesin putaran konstan, AFRnya bisa di cekek sampe semiskin miskin nya. klo mobil ICE biasa kan pas akselerasi, stop and go, AFRnya diprogram lebih kaya biar ada tenaganya. belum lagi klo macet. rpm tinggi tapi ban ngglindingnya pelan. klo listrik kan ga terlalu ngaruh klo macet.
ftmb
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:46

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by ftmb »

Udah dikerjain belum?. Kan sudah tahu caranya supaya semakin kaya.. Jangan bacot doang..
Kerja sendiri, beli mobil pake uang sendiri.. Biar tahu rasanya ngumpulin uang buat beli mobil pakai usaha sendiri. Rasanya beda, merek apapun yang dibeli rasanya nikmat... Hahaa
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by Herman7103 »

Kalau gue mah sudah lepas dari kuliah mah langsung kerja, ngak pernah minta dari ortu lagi wkwkwk. Motor, mobil, dan rumah semuanya beli dengan hasil kerja sendiri, kagak ada bantuan dari ortu. Nanti gue kalau dapet harga bagus bakalan beli Mobil EV juga dgn uang sendiri wkwkwk. Dan kalau sudah pensiun mudah mudahan sudah buka usaha sendiri juga dan semuanya pakai hasil dari penghasilan dan investasi gue selama ini. Memang nikmat kalau hidup dari hasil kerja sendiri dan ngak punya hutang serta ngak bergantung dengan ortu. So far so very good[emoji106].
:glodak:
HR15DE 2014
ftmb
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:46

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by ftmb »

Mantap pak... Makanya saya bilang merek apapun yang dibeli akan terasa nikmat karena hasil usaha keringat sendiri.. Btw, saya juga ex user ogl.. Terlepas dari problem yg dimiliki. Mobil ini paling nyaman untuk keluarga kecil..
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by Herman7103 »

ftmb wrote:Mantap pak... Makanya saya bilang merek apapun yang dibeli akan terasa nikmat karena hasil usaha keringat sendiri.. Btw, saya juga ex user ogl.. Terlepas dari problem yg dimiliki. Mobil ini paling nyaman untuk keluarga kecil..
Saya percaya om, selama ini dari pengalaman kendarai beberapa mobil baik punya pribadi atau punya kantor, memang suspensi mobil Nissan menurut but o meter pantat saya paling enak ngak ajrut ajrutan sepanjang suspensinya masih bagus.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by MaddMaxx »

dudeck99 wrote: Sat Dec 05, 2020 4:47 Karena ada satu faktor yang ga om masukin dihitungan energinya oms. Energi dari regenerative breaking. Kalau om beneran uda nonton review youtubenya. Tentu ngeliat fcnya pas dalam kota malah bagus.
Sebesar itu ya om efek dr regeneratif breaking? Aduh masih blm percaya euy. Semoga ada owner yg bikin reviewnya segera deh buat menjawab rasa penasaran sy :big_grin:
ipo3nk wrote: Sat Dec 05, 2020 5:31
klo mesin putaran konstan, AFRnya bisa di cekek sampe semiskin miskin nya. klo mobil ICE biasa kan pas akselerasi, stop and go, AFRnya diprogram lebih kaya biar ada tenaganya. belum lagi klo macet. rpm tinggi tapi ban ngglindingnya pelan. klo listrik kan ga terlalu ngaruh klo macet.
Logis sih kalo ini om. Nah kenapa ya produsen mobil gak daridulu bikin mobil kaya kiks gitu ya? EV-genset built in. Secara energi lebih efisien tp tetep durable buat jarak jauh. Serius om ane makin penasaran :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by ChZ »

MaddMaxx wrote: Sat Dec 05, 2020 7:34
Logis sih kalo ini om. Nah kenapa ya produsen mobil gak daridulu bikin mobil kaya kiks gitu ya? EV-genset built in. Secara energi lebih efisien tp tetep durable buat jarak jauh. Serius om ane makin penasaran :big_peace:
karna jauh lebih gampang ngembangin mesin ICE atau hybrid yang irit daripada bikin sistem genset ruwet seperti itu... :big_peace: :upss: hyundai tucson baru malah tidak ada powertrain electric, justru hybrid 1.6 turbo GDI dengan CVVD.

kalo kicks pakai sistem hybrid mungkin luar kota bisa lebih irit dari 1:18 ... kalo cm 1:18 itu sebenernya tidak lebih irit juga sih daripada mesin 1.2-1.5 liter turbo apalagi mesin hybrid... honda civic 1.5 turbo dites luar kota bisa dapat 1:20. corolla cross hybrid dapet 1:25. mungkin ini jawaban pertanyaan om sebelumnya : karena memang tidak irit buat luar kota.

dan utk jarak jauh sebenarnya ICE dan EV itu kebalik. ICE justru efisiennya untuk jarak jauh, EV untuk jarak jauh drain battery lebih banyak yang akhirnya lebih boros drpd di dalam kota... range anxiety nya malah makin parah. mgkn ini alasan kenapa mainstream carmaker main hybrid untuk small suv dan citycar saja, buat larger size mereka lebih milih petrol powertrain atau hybrid.

hybrid dapat best of both worlds. di dalam kota irit karena bisa full EV mode, di luar kota juga irit dan less range anxiety. krn itu yang sebesar toyota milih buat fokus di hybrid.

makanya saya lebih trust pengembangan hybrid untuk long run daripada full BEV.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dudeck99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Apr 13, 2020 10:16
Location: Bali

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by dudeck99 »

MaddMaxx wrote: Sat Dec 05, 2020 7:34
dudeck99 wrote: Sat Dec 05, 2020 4:47 Karena ada satu faktor yang ga om masukin dihitungan energinya oms. Energi dari regenerative breaking. Kalau om beneran uda nonton review youtubenya. Tentu ngeliat fcnya pas dalam kota malah bagus.
Sebesar itu ya om efek dr regeneratif breaking? Aduh masih blm percaya euy. Semoga ada owner yg bikin reviewnya segera deh buat menjawab rasa penasaran sy :big_grin:
Besarnya energi regeneratifnya tentu ngikut hukum energi yang om sebutin lagi, butuh energi berapa untuk menghentikan kendaraan dengan berat sekian yang melaju sekian. Dikurangi sedikit loss karena ga mungkin 100% efesien.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: Sat Dec 05, 2020 1:17
nethersun wrote:Probably, udah jarang kelihatan barangnya di jalanan, mungkin dilempar ke luar daerah semua. Barunya Nissan Grand Livina yang Expander look alike aja harganya ancur-ancuran secondnya
Mohon info donk om, mobil apa yg harga nya tidak hancur hancuran di era pandemic corona ini?Saya cuma pengen tahu aja, ngak mau beli karena mobil daily drive saya sekarang sudah cukup memuaskan untuk tingkat ekonomi saya sekarang ini.Saya baru selesai baru bangun rumah baru saya di era pandemic corona jadi karena mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saya masih irit BBM(ya iyalah bensinnya selalu saya isi premium ron 88 Rp 6450/ltr FC di MID rata rata diatas 15 ngak pernah bikin tipis dompet selama ini wkwkwk) dan ngak pernah rewel/mogok selama saya kendarai 6 1/2 tahun sudah cukup memuaskan.[emoji1]
0_1607122797852.jpg0_1607123035092.jpgIMG_20201004_131935.jpg
Apapun yg terjadi jgn djual dl om

Masi 14 taon to go, apalagi belom peca telor 100 rebu km

Saya rekor piara mobil plg lama 11 taon dgn 350 rebu km baru djual, harga seken nya seadanya, tp nilai guna nya ud balik modal
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Sat Dec 05, 2020 1:17
nethersun wrote:Probably, udah jarang kelihatan barangnya di jalanan, mungkin dilempar ke luar daerah semua. Barunya Nissan Grand Livina yang Expander look alike aja harganya ancur-ancuran secondnya
Mohon info donk om, mobil apa yg harga nya tidak hancur hancuran di era pandemic corona ini?Saya cuma pengen tahu aja, ngak mau beli karena mobil daily drive saya sekarang sudah cukup memuaskan untuk tingkat ekonomi saya sekarang ini.Saya baru selesai baru bangun rumah baru saya di era pandemic corona jadi karena mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 saya masih irit BBM(ya iyalah bensinnya selalu saya isi premium ron 88 Rp 6450/ltr FC di MID rata rata diatas 15 ngak pernah bikin tipis dompet selama ini wkwkwk) dan ngak pernah rewel/mogok selama saya kendarai 6 1/2 tahun sudah cukup memuaskan.[emoji1]
0_1607122797852.jpg0_1607123035092.jpgIMG_20201004_131935.jpg
Apapun yg terjadi jgn djual dl om

Masi 14 taon to go, apalagi belom peca telor 100 rebu km

Saya rekor piara mobil plg lama 11 taon dgn 350 rebu km baru djual, harga seken nya seadanya, tp nilai guna nya ud balik modal
Aman Om, ngak bakal saya jual sudah cocok biaya BBM nya, biaya service murah dan yang paling penting 6 1/2 tahun, ngai pakek ngak pernah mogok sekalipun. Pergantian part nya cuma printilan doank selama ini so far so good di dompet. Motor Nuovo dirumah aja sudah 17 tahun masih strong dan dipiara apalagi mobil Nissan ku yg masih kinclong (yang sekarang ngak di produksi lagi oleh Nissan purwokerto) bakal tembus 20 tahun deh. Nanti gue wariskan ke anak gue aja. [emoji2]
IMG_20201014_073526.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sengketa soal Keiritan Nissan March

Post by kunaskun »

MaddMaxx wrote: Sat Dec 05, 2020 7:34 Logis sih kalo ini om. Nah kenapa ya produsen mobil gak daridulu bikin mobil kaya kiks gitu ya? EV-genset built in. Secara energi lebih efisien tp tetep durable buat jarak jauh. Serius om ane makin penasaran :big_peace:
karena batere.