Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote:suhu2 dan master2 oli.... tolong bantuin ane donk... lg binggung nehh...
ipah ane dah mau ganti oli nehh.. saat ini dipakein q8 advanced yg 10W-40... kondisi traffic sering kena macet stop and go... walaupun kadang2 bisa rute highway jg... jarang bawa barang berat, cuman lebi sering penumpang 2 -3 orang doank tiap ari nya... mendingan pake oli apa yahh...
1TR-FE ?
Kalo sering light load bisa coba 5W30 macam Kendall 5W30 semi synth Liquid Titanium API SN, ngeliat di Tech data Sheet antiwear-nya cukup besar, menarik juga.
Tapi pastikan dulu selama ini penguapan oli sgt kecil.
wahhh kendall yg itu semi syn yahh... ane kira full syn, scara di kemasan ama jenis 5W-30 rata2 kan ditulis nya full syn...
well, oli 5W30 yg kelas harga 55 - 85 rb / L kalo ane pribadi sih feeling gak ada yg benar2 Full Synth, tapi utk 5W30 dari base oil-nya rata2 sih VI nya dah cukup tinggi sekitar 157 ke atas, en banyak yg 161 ke atas.
ttg teori nubie ane d page sblom nya yg ttg oli akhiran 40 lebi less bkin mesin glitik dbanding akhiran 30 kalo mesin dalam keadaan panas dan kena macet itu bener ga sehh ???
thanks buat bro DOHC dan Turboman, gimana dgn Oli FK Freshing 5w30 bro DOHC? (tapi kemasannya cuman kaleng isi 4liter aja)
Ipah diesel saya setelah pakai Shell Helix Ultra 5w40, di KM awal saja masi terdengar suara tek2(2-3x). Setelah itu sampai skr, KM4500 udah tdk terdengar suara Tek2 lagi pada saat cold start di pagi hari.
Fk freshing ane blom perna make om... harga nya lumayan bkin jiper soal nya.... biasa yg nyetok bengkel2 performance tuh oli, makanya harga nya jg seenak jidat mreka... padahal musti nya sehhh ga mahal2 amat...
kalo di ipah ane, skrg make 10W-40 malah kaga ada bunyi... dulu waktu make buntut 30 bunyi tek tek gt kalo cold start... tp aneh nya ini 10W-40 jg ane make yg q8 advanced... kalo make total 7000 atau castrol magnatec atau eneos yg 10W-40 jg tetep bunyi... sejauh ini sehh baru motul htec ama ini q8 advanced yg ga bikin bunyi... anehh...
om turbo... ane ksulitan cari si kendall itu... td muter2 atrium kaga nemu... kalo ke toda, harganya ckup mahall walaupun uda di bundling dgn beli 4 gratis 1.. akhirnya ane beli q8 lagi om... yg q8 excel 5W-40 ama q8 formula special yg 5W-30...masing2 segalon... utk spek :
yg excel itu comply ke : ACEA A3/B3/B4; API SM/CF; MB 229.1; GM LL-025B; VW 502.00, 505.00; RN0700, RN0710; Recommended for VW 505.01
yg formula special comply ke : ACEA A3/B3/B4/C3; API SM; MB-Approval 229.31; BMW Longlife-04
kedua oli tsb uda ckup bagus ga om utk pemakaian sehari2 yg sering kena macet tp mobil jarang bawa barang berat...
mengenai oli q8... ada yg ane notice td, utk q8 yg excel 5W-40 kemasan galon... koq ga ada segel aluminium nya yahh ?? cuman ada segel di tutup nya doank... td nya ane sempet kira itu oli palsu, tp waktu kroscek ke toda, ternyata jg begitu... mungkin rekan2 sekalian ada yg perna ngalamin sama ttg hal ini... apalagi oli q8 kan salah satu oli resmi nya chevy... dan excel termasuk salah satu yg dipake disana.. selaen yg formula special G...
ttg teori nubie ane d page sblom nya yg ttg oli akhiran 40 lebi less bkin mesin glitik dbanding akhiran 30 kalo mesin dalam keadaan panas dan kena macet itu bener ga sehh ???
kalo ngelitik di mesin gasoline lebih disebabkan kualitas BBM dan kerak karbon di ruang bakar / intake valve
Coba di Carbon Clean dulu, sistem sembur - hisap lewat lubang busi serta sembur ke intake valve (copot intake manifold, tapi hrs dilakukan montir professional)
R20A ane dari baru selalu buntut 30, nyobain aneka merek gak pernah sekalipun ngelitik, BBM RON 92.
DOHC wrote:mengenai oli q8... ada yg ane notice td, utk q8 yg excel 5W-40 kemasan galon... koq ga ada segel aluminium nya yahh ?? cuman ada segel di tutup nya doank... td nya ane sempet kira itu oli palsu, tp waktu kroscek ke toda, ternyata jg begitu... mungkin rekan2 sekalian ada yg perna ngalamin sama ttg hal ini... apalagi oli q8 kan salah satu oli resmi nya chevy... dan excel termasuk salah satu yg dipake disana.. selaen yg formula special G...
Kalo oli oli bottlingan dr Eropa mmg biasanya gak ada segel aluminium foil
Cek aja Aral.
Dulu ane pake Pentosin (DE) dan Wintershall Viva (DE) juga gak ada segel Al foil-nya.
hoo ternyata gt tohh.... tp kalo utk produk q8 sendiri, kenapa utk beberapa type ada aluminium foil nya yahh om ?? yg advanced diesel ada, bahkan yg formula special G jg ada.. dan ini yg excel utk ukuran botol 1 liter jg ada segel aluminium nya... kenapa ga seragam gt yahh, ada yg dipake in ada yg kaga...
Turboman wrote:
DOHC wrote:mengenai oli q8... ada yg ane notice td, utk q8 yg excel 5W-40 kemasan galon... koq ga ada segel aluminium nya yahh ?? cuman ada segel di tutup nya doank... td nya ane sempet kira itu oli palsu, tp waktu kroscek ke toda, ternyata jg begitu... mungkin rekan2 sekalian ada yg perna ngalamin sama ttg hal ini... apalagi oli q8 kan salah satu oli resmi nya chevy... dan excel termasuk salah satu yg dipake disana.. selaen yg formula special G...
Kalo oli oli bottlingan dr Eropa mmg biasanya gak ada segel aluminium foil
Cek aja Aral.
Dulu ane pake Pentosin (DE) dan Wintershall Viva (DE) juga gak ada segel Al foil-nya.
ttg teori nubie ane d page sblom nya yg ttg oli akhiran 40 lebi less bkin mesin glitik dbanding akhiran 30 kalo mesin dalam keadaan panas dan kena macet itu bener ga sehh ???
kalo ngelitik di mesin gasoline lebih disebabkan kualitas BBM dan kerak karbon di ruang bakar / intake valve
Coba di Carbon Clean dulu, sistem sembur - hisap lewat lubang busi serta sembur ke intake valve (copot intake manifold, tapi hrs dilakukan montir professional)
R20A ane dari baru selalu buntut 30, nyobain aneka merek gak pernah sekalipun ngelitik, BBM RON 92.
hmm, mobil ane seken sih, jd ane krg tau history nya ky gmn, meski ane selalu pk ron 92. br kl ini ngelitik krn coba2 pk q8 formula special g.biasa pk hx7. bukan salah oli y, jd mending tune up dl aja? perlu kuras tangki & bersih2 fuel filter ga sih?
arnan11 wrote:
hmm, mobil ane seken sih, jd ane krg tau history nya ky gmn, meski ane selalu pk ron 92. br kl ini ngelitik krn coba2 pk q8 formula special g.biasa pk hx7. bukan salah oli y, jd mending tune up dl aja? perlu kuras tangki & bersih2 fuel filter ga sih?
Di Carbon Clean / Spirit / JetClean, yg bersihkan ruang bakar sistem sembur / hisap lewat lubang busi
Cek celah busi juga, pastikan celah busi sesuai petunjuk di buku manual, ukur pakai feeler gauge busi.
Bersihkan juga MAF sensor, kalo mobilnya pake MAF sensor
Bersihkan fuel filter dan tangki boleh, tapi gimanapun carbon Clean / Spirit yg utama dulu.
oli idemitsu extreme 5W-30 yg "ngaku" nya full syn... dipake di lipina ane.. stelah pemakaian 5000 km, suara mesin uda terdengar kasar.. FC jg tidak membaik, malah cenderung mnurun.. warna oli uda menghitam cukup gelap.. hanya tarikan yg masi tetep enteng (mungkin karena faktor oli encer kali)..
oli honda genuine oil 5W-30 yg ane pake di kaleng 1.3 vvt-i ane... uda dipake sejauh 4800 km... suara mesin jg uda kasar.. FC masi tetep sama.. tarikan jg blom berubah.. warna oli, hitam gelap...
kayanya utk kedua oli dgn harga generik diatas yg "ngaku" nya full syn.. ane ga brani lanjut ke pemakaian utk 6000- 7000 km...
oli idemitsu extreme 5W-30 yg "ngaku" nya full syn... dipake di lipina ane.. stelah pemakaian 5000 km, suara mesin uda terdengar kasar.. FC jg tidak membaik, malah cenderung mnurun.. warna oli uda menghitam cukup gelap.. hanya tarikan yg masi tetep enteng (mungkin karena faktor oli encer kali)..
oli honda genuine oil 5W-30 yg ane pake di kaleng 1.3 vvt-i ane... uda dipake sejauh 4800 km... suara mesin jg uda kasar.. FC masi tetep sama.. tarikan jg blom berubah.. warna oli, hitam gelap...
kayanya utk kedua oli dgn harga generik diatas yg "ngaku" nya full syn.. ane ga brani lanjut ke pemakaian utk 6000- 7000 km...
sekian report nubie ane...
Um DOHC, oli Q8 G 5w30 nya udah di tes?
di chevy ane so far udah jalan 5000km, blom terlalu hitam, tenaga masih enak, kons bbm jg masih irit
nugroho bagor wrote:Waduh, kemarin bini barusan saya suruh ganti ke honda genuine 5w30
dipake jg gpp koq... ga beracun atau membahayakan mobil... cuman jangka interval penggantian oli nya ga bisa lama2 banget... kalo hemat ane sehh 6000an km dah bole diganti..
juanaxel wrote:Waduw gawat nih, knapa ya atpm2 sekarang menyarankan penggantian oli mesin setiap 10.000km sekali, meskipun oli mineral sekalipun....?
kalo bahasa2 montir2 sini sehh, "yah biar bengkel ama showroom punya kerjaan donk om, kalo mobil ga rusak2 gmana kta nyari makan "
evolution21 wrote:
DOHC wrote:sdikit review ahh...
oli idemitsu extreme 5W-30 yg "ngaku" nya full syn... dipake di lipina ane.. stelah pemakaian 5000 km, suara mesin uda terdengar kasar.. FC jg tidak membaik, malah cenderung mnurun.. warna oli uda menghitam cukup gelap.. hanya tarikan yg masi tetep enteng (mungkin karena faktor oli encer kali)..
oli honda genuine oil 5W-30 yg ane pake di kaleng 1.3 vvt-i ane... uda dipake sejauh 4800 km... suara mesin jg uda kasar.. FC masi tetep sama.. tarikan jg blom berubah.. warna oli, hitam gelap...
kayanya utk kedua oli dgn harga generik diatas yg "ngaku" nya full syn.. ane ga brani lanjut ke pemakaian utk 6000- 7000 km...
sekian report nubie ane...
Um DOHC, oli Q8 G 5w30 nya udah di tes?
di chevy ane so far udah jalan 5000km, blom terlalu hitam, tenaga masih enak, kons bbm jg masih irit
belum om, ane pake nya kmaren akhirnya q8 yg 5W-40 excel... yg 5W-30 masi ada d garasi ane, nanti mau ane pakein ke lipina ane..
tian79 wrote:Mohon petunjuk dunk soal standar oli API Service.
dengan API Service yang tertinggi apakah menunjuknya bahwa oli tersebut sudah lebih baik dari oli lain yang standar API Servicenya lebih rendah ??
Misal oli 10w40 dengan API Service SN apakah kualitasnya lebih baik dari oli 10w40 dengan API service SM ??
Thanks
Hal ini sebetulnya sudah pernah diulas panjang lebar di APG
Singkatnya :
Dari API SJ - SL - SM = kadar ZDDP semakin disunat
ZDDP = ZincDialkYlDithiphosphate = zat antiwer penting utk perlindungan valvetrain
mengapa disunat ? krn utk perlindungan Cat Conv.
Maka itu mesin2 yg era API SM biasanya rocker arm-nya pakai bearing
Good news utk API SN ada mandatory phosphorous retention juga syarat antiwear yg lebih baik, maka banyak oli grade API SN tingkat antiwear-nya kembali ke level API SL hanya saja beda komposisi, ZDDP tetap ga lebih dr 800 ppm tapi ditambah zat2 lain spt Boron / Molybden / liquid Titanium.
bro arnan11 : bisa di cek juga di bengkel2 yg punya "endoskopi" buat liat kerak di ruang bakar. Krmn pas saya ke GUT sby, ada alat "endoskopi" buat liat Ruang bakar si ipah vvti dgn keluhan brebet parah(setelah ruang mesin di salon).
Bro DOHC : mantap pernyataan nya
tian79 wrote:Mohon petunjuk dunk soal standar oli API Service.
dengan API Service yang tertinggi apakah menunjuknya bahwa oli tersebut sudah lebih baik dari oli lain yang standar API Servicenya lebih rendah ??
Misal oli 10w40 dengan API Service SN apakah kualitasnya lebih baik dari oli 10w40 dengan API service SM ??
Thanks
Hal ini sebetulnya sudah pernah diulas panjang lebar di APG
Singkatnya :
Dari API SJ - SL - SM = kadar ZDDP semakin disunat
ZDDP = ZincDialkYlDithiphosphate = zat antiwer penting utk perlindungan valvetrain
mengapa disunat ? krn utk perlindungan Cat Conv.
Maka itu mesin2 yg era API SM biasanya rocker arm-nya pakai bearing
Good news utk API SN ada mandatory phosphorous retention juga syarat antiwear yg lebih baik, maka banyak oli grade API SN tingkat antiwear-nya kembali ke level API SL hanya saja beda komposisi, ZDDP tetap ga lebih dr 800 ppm tapi ditambah zat2 lain spt Boron / Molybden / liquid Titanium.