Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by arnan11 »

halo semua salam kenal dari nubi..

ane mau sharing & konsultasi juga nih..

mobil ane swift gx 06, beli second km 79 rban th 2010 akhir.. sekarang dah km 93rban..waktu beli lgsg ganti oli pk shell hx7 & ganti filter oli jg..interval 5 rb ganti oli + filter pk oli yg sama..waktu ganti oli lg di km 91 rb(kelewat ampir 2 rb an :big_slap: ) tergiur pk q8 5-30.. so far sih ok2 aja, ane trkhr cek cm berkurang dikit di dipstick.

oh y, waktu ganti ane ga pernah flush meski ganti filter jg :big_slap:..

menurut mster2 disini, oli yg ane pk skrg ketinggian gak ya buat mesinnya(worth it or not?) bis di buku manual di rekomen 5-30 tp api sl, yg compatible yg ane tau cm SGO..tp kok harga jauh amat y sm q8 ? :ungg: ..

mohon saran dari master2 semua, buat gambaran tuk ganti oli selanjutnya, meski msh rd lama(dengan rute ane yg sehari2 yg gak sp 20 km) krn kata toda q8 ini bisa sp 8000 km(bener gak y?)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

arnan11 wrote: menurut mster2 disini, oli yg ane pk skrg ketinggian gak ya buat mesinnya(worth it or not?) bis di buku manual di rekomen 5-30 tp api sl, yg compatible yg ane tau cm SGO..tp kok harga jauh amat y sm q8 ? :ungg: ..

mohon saran dari master2 semua, buat gambaran tuk ganti oli selanjutnya, meski msh rd lama(dengan rute ane yg sehari2 yg gak sp 20 km) krn kata toda q8 ini bisa sp 8000 km(bener gak y?)
Pake oli overspec gak ada ruginya utk mesin, paling yah di kantong aza

Btw kalo di buku manual mintanya API SL maka kalo sulit cari API SL lebih baik gunakan 5W30 yg API SN aja, krn API SN rata2 zat antiwear-nya lebih baik drpd API SM, apalagi kalo valvetrain non roller rocker.

Boleh coba Kendall GT-1 yg 5W30 Liquid Titanium API SN, harga 85 rb / L, ane lihat kandungan antiwear-nya cukup tinggi + TBN nya juga lumayan

*Bukan sales Kendall*
* Bukan ajakan Beli *
arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by arnan11 »

Mmg dugaan ane jg overspec, tp yowislah..Api sn y? sip2 lbh gmpng crny y hrsny dibanding sl.
Btw kendal semi atau full syn y om turbo? trus rekomen ganti tiap brp km / bln? saya kmrn tertarik q8 salah satunya krn faktor long life..eh dan diskon tentunya:-P..

Oh y, kl ane ga slh inget om turbo prnh blg kl mesin yg sdh berumur sebaiknya pk 10-40.mksdnya berumur tuh brp thn/km y om turbo? trus apakah ada batas toleransi berkurangnya oli per km ?

Salam kenal & tq y om turboman.maaf kl tll byk nanya2..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

nahh patokan umur dan km itu yg rada susah...

ipah ane uda jalan ampir 120 rebu km dan uda 5 taon lebih... tapi di cekokin oli buntut 30 ama 40 ga beda penguapan nya... masi dibawah 500 cc per 1000 km...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by arnan11 »

Ooh ok2, mgkn krn kondisi,perawatan, medan &faktor2 lain yg dijalani tiap msn berbeda2 jg y?
500cc per 1000 km.ok jd kl diatas itu penguapannya, blh saya asumsikan there's something wrong y?

tks om dohc.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

ane sehh patokan nya dari buku manual nya ipah itu sendiri om...

di bukunya ditulis maksimal itu 800-1000cc jumlah penambahan oli per 1000 km... kalo dibawah itu yahh normal...

lipina ane jg nambah oli koq, bisa 300an cc per 1000 km... malah kadang bisa per 2000 km baru mulai nyusut tuh oli...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fernando_lim »

Apa kabar semua rekan2 seraya motor ?
Lama ga absensi disini hehehehehe
Saat ini oli supreme 10w-40 petrocanadanya da sentuh 4000an km mulai berasa drop ga sesuai promonya
Menurut om turbo apa sebaiknya 5000km di tap aja olinya ?

Btw enak bgt jkt byk pilihan oli neh
Utk oli q8 sesuai info om turbo di honda sm.raja medan ane da hunting ternyata sudah tidak menjadi distributor q8 oil

Rekan2 dr medan sapa aja yah ? Bisa infokan speedshop utk mobil di medan ga yah ? Soalnya ane cari part racing susah bgt disini
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

report jg ahh... utk lipina ane sejauh ini make oli idemitsu yg 5W-30, uda jalan ampir 4000 km, so far so good, tarikan masi tetep enak, cuman kalo pas kena macet lama, dan cuaca super terik, mesin mulai terdengar ngeglitik, cuman masi mending ktimbang waktu dl make oli yg 10W-30.. warna oli uda gelap banget sehh, entah ini degradasi kualitas atau emang detergensi nya kuat..

di ipah, awal nya sempet make motul 5W-30, cuman karena satu dan dua hal, cuman sempet ngerasain 1000an km dan harus nge tap oli nya... sejauh 1000an km tsb, yg jelas tarikan, start up enakk bangett... FC membaik dikit... lalu stelah itu dicekokin Q8 advance 10W-40.. ampe skrg uda jalan 3700 km.. tarikan biasa aja, cuman entah ini mobil ane yg mendadak jd boros sejak pake oli ini atau penyebab lain nya, tapi si ipah FC nya cuman dapet 1:6an doank utk dalkot, padahal waktu pake oli semi syn 10W-30 masi dapet 1:7 utk dalkot... kondisi busi baru di ganti seumuran ama ganti oli si Q8 itu... rencana ntar pas 5000 km kayanya ane mau ngetap ini oli trus mau coba Q8 yg5W-30, atau balik ke motul, atau mo nyobain oli honda genuine oil yg 5W-30

di kaleng apanja, ane cekokin oli honda yg 5W itu... uda dijalanin sejauh ampir 3000an km... sejauh ini mesin ga kedengeran ada glitiik sama skali, bahkan pas macet berat skalipun... FC membaikk dikitttttt banget... tarikan membaik jauhh... rencana nya akan di coba ampe 7000 km...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

DOHC wrote:report jg ahh... utk lipina ane sejauh ini make oli idemitsu yg 5W-30, uda jalan ampir 4000 km, so far so good, tarikan masi tetep enak, cuman kalo pas kena macet lama, dan cuaca super terik, mesin mulai terdengar ngeglitik, cuman masi mending ktimbang waktu dl make oli yg 10W-30.. warna oli uda gelap banget sehh, entah ini degradasi kualitas atau emang detergensi nya kuat..
nanya sedikit meneer...

kalau salah spek/visko oli bisa bikin mesin ngelitik yah? (knocking)

:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

itu ane jg kurang paham meneer... mungkin om turbo yg bsa lebi jelasin...

tapi kalo yg nubie rasakan, biasanya kalo baru ganti oli, ntuh suara glitik nyaris minim banget, bahkan saat cuaca terik dan macet parah... tapi kalo uda berjalan beberapa rebu km (tergantung oli nya) nahh makin sering kedengeran... makanya salah satu parameter ane ganti oli jg dari sini, terkadang biarpun baru 3 bulanan dan odo baru 4000an , kalo uda sering denger suara glitik2 gini, pasti ane ganti oli...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

DOHC wrote:itu ane jg kurang paham meneer... mungkin om turbo yg bsa lebi jelasin...

tapi kalo yg nubie rasakan, biasanya kalo baru ganti oli, ntuh suara glitik nyaris minim banget, bahkan saat cuaca terik dan macet parah... tapi kalo uda berjalan beberapa rebu km (tergantung oli nya) nahh makin sering kedengeran... makanya salah satu parameter ane ganti oli jg dari sini, terkadang biarpun baru 3 bulanan dan odo baru 4000an , kalo uda sering denger suara glitik2 gini, pasti ane ganti oli...
siap... :frm_salut:

kalau begitu, kita tunggu petuah dari pak turboman

:frm_salut:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

pernah baca2 juga petuah dari bro penyu, kalo untuk mengurangi gejala ngelitik bisa menggunakan engine flush macam DCS. Maaf kalo salah.
Mari kita sama2 menunggu petuah dari bro Turboman
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

DOHC wrote:itu ane jg kurang paham meneer... mungkin om turbo yg bsa lebi jelasin...

tapi kalo yg nubie rasakan, biasanya kalo baru ganti oli, ntuh suara glitik nyaris minim banget, bahkan saat cuaca terik dan macet parah... tapi kalo uda berjalan beberapa rebu km (tergantung oli nya) nahh makin sering kedengeran... makanya salah satu parameter ane ganti oli jg dari sini, terkadang biarpun baru 3 bulanan dan odo baru 4000an , kalo uda sering denger suara glitik2 gini, pasti ane ganti oli...
Mungkin yang dimaksud ama om DOHC soal "glitik" ntuh suara kemletek dari klep/camshaft/rantai ya ? Jadi bukan Glitik atau piston Knocking

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

yg ane maksud suara glitik piston knocking om... kalo suara tek2 macam bunyi di kem sehhh kaga ada... cuman ngomong2 soal bunyi2.. ini kalo dengerin dgn seksama... mesin lipina ane ada bunyi jg di enjin head nya... cuman ini bunyi nya muncul cuman kalo pas pagi2 atau baru cold start... kaya bunyi tek tek tek gt... tapi kadang muncul kadang kaga... nah kalo mesin uda abis dipake lama, kaga ada bunyi ntuh tek2... anehh... apa jangan2 bunyi HLA nya yahhh.... bunyi HLA kalo uda afkir kira2 kaya apa yahh...
singachu wrote:
DOHC wrote:itu ane jg kurang paham meneer... mungkin om turbo yg bsa lebi jelasin...

tapi kalo yg nubie rasakan, biasanya kalo baru ganti oli, ntuh suara glitik nyaris minim banget, bahkan saat cuaca terik dan macet parah... tapi kalo uda berjalan beberapa rebu km (tergantung oli nya) nahh makin sering kedengeran... makanya salah satu parameter ane ganti oli jg dari sini, terkadang biarpun baru 3 bulanan dan odo baru 4000an , kalo uda sering denger suara glitik2 gini, pasti ane ganti oli...
Mungkin yang dimaksud ama om DOHC soal "glitik" ntuh suara kemletek dari klep/camshaft/rantai ya ? Jadi bukan Glitik atau piston Knocking

regards,
singachu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

DOHC wrote:yg ane maksud suara glitik piston knocking om... kalo suara tek2 macam bunyi di kem sehhh kaga ada... cuman ngomong2 soal bunyi2.. ini kalo dengerin dgn seksama... mesin lipina ane ada bunyi jg di enjin head nya... cuman ini bunyi nya muncul cuman kalo pas pagi2 atau baru cold start... kaya bunyi tek tek tek gt... tapi kadang muncul kadang kaga... nah kalo mesin uda abis dipake lama, kaga ada bunyi ntuh tek2... anehh... apa jangan2 bunyi HLA nya yahhh.... bunyi HLA kalo uda afkir kira2 kaya apa yahh...
oh ternyata yang di maksud emang knocking glitik yah....... sori kirain yang bunyi tek2 itu....
tek2 itu kalo dah lama ilang karena udah terlumasi dengan baik oleh olinya.... kalo oli encer lebih cepet naiknya please CMIIW

nunggu masternya aja dah :big_peace:

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

sebelum nya no offence yahh buat yg doyan pake enjin flush... kalo mnurut ane, slama rutin ganti oli, pake oli berkualitas dan filter oli diganti per ganti oli, ntuh enjin flush cuman buang2 duit... malah salah2 bisa bikin memperpendek usia seal2 di oil pan atau seal2 lain nya... toh di oli yg berkualitas, uda ada kandungan detergensi nya, buat apa buang2 duit lg...

* perna punya pengalaman buruk ama enjin flush... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
juanaxel wrote:pernah baca2 juga petuah dari bro penyu, kalo untuk mengurangi gejala ngelitik bisa menggunakan engine flush macam DCS. Maaf kalo salah.
Mari kita sama2 menunggu petuah dari bro Turboman
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

DOHC wrote:sebelum nya no offence yahh buat yg doyan pake enjin flush... kalo mnurut ane, slama rutin ganti oli, pake oli berkualitas dan filter oli diganti per ganti oli, ntuh enjin flush cuman buang2 duit... malah salah2 bisa bikin memperpendek usia seal2 di oil pan atau seal2 lain nya... toh di oli yg berkualitas, uda ada kandungan detergensi nya, buat apa buang2 duit lg...
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:

12.
If you have an engine that needs internal cleaning of the lifters, valve train, ring
grooves, etc. Use a product designed to clean it in 1000 or more miles. These products
use group V synthetics to deep clean slowly. Don’t use the 20 minute flush junk. It can
loosen too much at once and clog passages. Sometimes it is nothing more than kerosene.

Ideally these products should be run in a Group I or Group II oil that is CI-4 rated, and
the following oil change should be the same for a short (3000 mile) rinse cycle. Follow
the instructions on the product.


http://www.widman.biz/uploads/Corvair_oil.pdf
* Bukan ajakan Beli *
arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by arnan11 »

DOHC wrote:report jg ahh... utk lipina ane sejauh ini make oli idemitsu yg 5W-30, uda jalan ampir 4000 km, so far so good, tarikan masi tetep enak, cuman kalo pas kena macet lama, dan cuaca super terik, mesin mulai terdengar ngeglitik, cuman masi mending ktimbang waktu dl make oli yg 10W-30.. warna oli uda gelap banget sehh, entah ini degradasi kualitas atau emang detergensi nya kuat..

. lalu stelah itu dicekokin Q8 advance 10W-40.. ampe skrg uda jalan 3700 km.. tarikan biasa aja, cuman entah ini mobil ane yg mendadak jd boros sejak pake oli ini atau penyebab lain nya, tapi si ipah FC nya cuman dapet 1:6an doank utk dalkot, padahal waktu pake oli semi syn 10W-30 masi dapet 1:7 utk dalkot...

di kaleng apanja, ane cekokin oli honda yg 5W itu... uda dijalanin sejauh ampir 3000an km... sejauh ini mesin ga kedengeran ada glitiik sama skali, bahkan pas macet berat skalipun... FC membaikk dikitttttt banget... tarikan membaik jauhh... rencana nya akan di coba ampe 7000 km...
duh mesin M15A ane jg mulai nglitik nih kl jln siang2 & rd lama, br kerasa weeknd kmrn biasanya ane cm jln pagi & sore doank..pdhl sblmnya kl jln siang & rd lama jg ga mslh..anehnya ni ngelitik plg sering kedengeran kl siang aja.. :ungg:

oli pk q8 5-30, br jln blm sp 4rb km , pdhl dl ane biasa pk hx7 sp 5rb km kaga pernah ky gini..ane juga selalu pk ron 92, oh ya ,ga ada efek ga sih dr suka gonta-ganti isi kerang & pertamax?

Ini emg udah mesti ganti oli ya? apa mending tune up dl? krn warna olinya msh bagus... :ungg:
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

bisa diceritakan pengalaman buruknya dengan engine flush bro DOHC?
Jadi sebaiknya kalo mau ganti oli full syntjetic yg beda merk gmn bro Turbo? Apakah langsung ganti aja atau di flush dulu dgn dino oil yg CI-4 dulu? Thanks
resicom
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Jul 17, 2012 13:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by resicom »

singachu wrote:
Mungkin yang dimaksud ama om DOHC soal "glitik" ntuh suara kemletek dari klep/camshaft/rantai ya ? Jadi bukan Glitik atau piston Knocking

regards,
singachu
Selamat malam semua, nimbrung ikutan belajar ya :mky_01:

mobil saya sebelumnya pake oli total yang 5w-30, repiewnya baru pake di km 2200 warnanya udah mulai caramel item, terus performa sepertinya sudah mulai berubah ya tidak seperti pada saat awal, karena mobilnya baru langsung saya ganti oli pake motul H-tec 5w-30 masih pemakaian 1000km , rasanya masih enak.. mau dicoba pas 2200 gmna, apakah mungkin ada perbedaan perrforma atau tidak..jika masih sama langsung saya lanjut ke 6000
Tapi sepertinya jika dibandingkan, sepertinya pake motul fc bensin saya berubah, pa mungkin gara2 oli baru ya.. :big_slap:
soalnya saya itung fcnya pake software.. perbedaannya lumayan drastis.. :mky_06:

kemudian suara kmletek masih terdengar walaupun sudah saya ganti tapi terdengar lebih pelan sedikit daripada saat dlu memakai total.. apa mungkin juga gara2 oli baru :big_slap: , kira2 yang berpengaruh dari oli agar suara kmletek itu bisa hilang dan halus lagi apa ya? apakah kekentalannya? :)

Pengen nyoba Shell Helix ultra 5w-30/AB tapi kok di malang susah banget nyarinya, persiapan buat ntr ganti di 6000 :ungg:
apa ada yg tau ya tempat beli shell Helix ultra 5w-30/AB di malang/surabaya? :big_peace: , titip kirim mungkin bole :big_peace: hehehe :mky_01:
makasih :)

salam,
Putra
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

juanaxel wrote: Jadi sebaiknya kalo mau ganti oli full syntjetic yg beda merk gmn bro Turbo? Apakah langsung ganti aja atau di flush dulu dgn dino oil yg CI-4 dulu? Thanks
Kalau sy sih cukup tuang 1 L Mesran Super saat oli lama keluar tinggal menetes, buat dorong sisa2 oli kotor keluar dr mesin.
* Bukan ajakan Beli *
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by salah obat »

mohon info oli mesin, gardan, n transmisi sekaligus jumlah isinya untuk T120ss pick up 1.300cc thn 2000..thanks
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

sudah hampir ganti oli utk mobil ane.... jadi galau, antara motul htec 5w-30, atau 40.... atau q8 advanced G long life 5W-30.... buat ipah ama lipina ane... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

juanaxel wrote:bisa diceritakan pengalaman buruknya dengan engine flush bro DOHC?
Jadi sebaiknya kalo mau ganti oli full syntjetic yg beda merk gmn bro Turbo? Apakah langsung ganti aja atau di flush dulu dgn dino oil yg CI-4 dulu? Thanks
dulu di ferio ane, tuh mobil jarang dipake... km baru 50an rebu kalo ga salah... skalinya iseng2 ane pakein enjin flush, seal di oil pan ama antara enjin dan gearbox lgs rembes oli... rembes nya pun ga tanggung, ampe netes tuh oli...

di panther ane, lebi gokil lg, di seal crankshaft depan, lgs netes oli gt ane pakein enjin flush... sejak itu ane kapok dan mengharam kan penggunaan aditif2 utk mobil ane dahh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

suhu2 dan master2 oli.... tolong bantuin ane donk... lg binggung nehh...

ipah ane dah mau ganti oli nehh.. saat ini dipakein q8 advanced yg 10W-40... kondisi traffic sering kena macet stop and go... walaupun kadang2 bisa rute highway jg... jarang bawa barang berat, cuman lebi sering penumpang 2 -3 orang doank tiap ari nya... mendingan pake oli apa yahh... stick wit q8 10w-40 atau ane ke oli full syn yg 5W-30... atau yg 40 ???
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: