Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by growbuckme »

Turboman wrote:
growbuckme wrote:
Turboman wrote:Kendall GT-1 SAE 5W30 API SN spt nya looks promising juga, barusan temen ada ngeliat di toko oli baru masuk.

Harga konon 85 rebu / L, tapi :
VI : 157
Antiwear : ZDDP 790 an ppm + Boron 200 an ppm + Titanium 100 an ppm
TBN : 8,2 mg KOH

Ini kalo spec yg di sini benar sama maka Spt nya boleh banget dicoba........
Wah, kalo di harga segitu sepertinya mineral based ya om TM? specnya sama dgn produk MOBIL (5w-30 API SN) dan range harganya jg mirip2 kalo saya liat di toda. Tp yah itu, masih mineral based.
Kendall GT-1 = Semi Synth

VI nya sekitar 157 - 160.....dah cukup oke mestinya......mirip sama Motul H-Tech tapi GT-1 ini zat antiwear-nya lebih banyak.
Kalo semi syn dgn spec seperti yg om TM sebutkan, apakah kualitas/performancenya sudah bisa disamakan dengan olie full syn biasa seperti sainz ato motul hi tech 100?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

growbuckme wrote: Kalo semi syn dgn spec seperti yg om TM sebutkan, apakah kualitas/performancenya sudah bisa disamakan dengan olie full syn biasa seperti sainz ato motul hi tech 100?
GT-1 belom pernah coba jadi lom bisa komen, tapi bila melihat kandungan zat antiwear / TBN serta VI nya looks promising

Btw 2 merek yg um sebutkan itu yakin full synth ? :mrgreen:

*ane bukan sales Kendall*
* Bukan ajakan Beli *
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Kaleng »

mau tanya sama master-master oli, rekomendasi oli dengan harga 70rb - 75rb / liter buat honda jazz idsi tahun 2005 apa ya?

Selama ini pakai FK Pulse 10-40w, tapi kalau ada oli yang harga hampir sama atau lebih murah tapi kualitas jauh lebih bagus kenapa tidak.

Thanks.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kaleng wrote:mau tanya sama master-master oli, rekomendasi oli dengan harga 70rb - 75rb / liter buat honda jazz idsi tahun 2005 apa ya?

Selama ini pakai FK Pulse 10-40w, tapi kalau ada oli yang harga hampir sama atau lebih murah tapi kualitas jauh lebih bagus kenapa tidak.

Thanks.
mesin Honda kalo mau tarikan enak pakai 5W30 yg Semi Synth / Full Synth

Tapi kalo udah 7 tahun pastikan selama ini penguapan sgt kecil, then boleh coba 5W30. Kalo penguapan sudah besar better tetap 10W-40
* Bukan ajakan Beli *
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Kaleng »

Turboman wrote:
Kaleng wrote:mau tanya sama master-master oli, rekomendasi oli dengan harga 70rb - 75rb / liter buat honda jazz idsi tahun 2005 apa ya?

Selama ini pakai FK Pulse 10-40w, tapi kalau ada oli yang harga hampir sama atau lebih murah tapi kualitas jauh lebih bagus kenapa tidak.

Thanks.
mesin Honda kalo mau tarikan enak pakai 5W30 yg Semi Synth / Full Synth

Tapi kalo udah 7 tahun pastikan selama ini penguapan sgt kecil, then boleh coba 5W30. Kalo penguapan sudah besar better tetap 10W-40
ada rekomendasi om turbo utk yang 10w-40 dengan range harga 70-75rb/ltr?
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

Mobil 2000 10w40
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kaleng wrote: ada rekomendasi om turbo utk yang 10w-40 dengan range harga 70-75rb/ltr?
10W-40 harganya rata2 start dari 60 rebuan / L

Kalau mau enak bisa pakai shell HX7 Diesel 10W40, kenapa pake yg Diesel ? krn yg Diesel kandungan ZDDP nya lebih tinggi. ZDDP = zat antiwear penting

Btw kalau mau coba test 5W30 bisa pakai Suzuki genuine Oil 5W30, harganya paling affordable, test pakai sampai 6000 Km, dilihat penguapannya banyak / sedikit.

oli 5W30 itu saat panas kekentalannya = SAE 30

mesin2 Honda lebih cocok pakai oli2 encer
* Bukan ajakan Beli *
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Kaleng »

Turboman wrote:
Kaleng wrote: ada rekomendasi om turbo utk yang 10w-40 dengan range harga 70-75rb/ltr?
10W-40 harganya rata2 start dari 60 rebuan / L

Kalau mau enak bisa pakai shell HX7 Diesel 10W40, kenapa pake yg Diesel ? krn yg Diesel kandungan ZDDP nya lebih tinggi. ZDDP = zat antiwear penting

Btw kalau mau coba test 5W30 bisa pakai Suzuki genuine Oil 5W30, harganya paling affordable, test pakai sampai 6000 Km, dilihat penguapannya banyak / sedikit.

oli 5W30 itu saat panas kekentalannya = SAE 30

mesin2 Honda lebih cocok pakai oli2 encer
Gak pa pa mobil premium dikasih oli diesel om turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kaleng wrote:
Gak pa pa mobil premium dikasih oli diesel om turbo?
OLi Diesel kelas passenger Diesel oil yg ACEA B4 itu sebetulnya komposisi dalamnya mirip oli bensin API SL - SJ, bedanya hanya TBN & Detergent nya lebih tinggi dikit.

Justru kalo di luar byk pengguna mesin2 dgn flat tappet / slide rocker arm yg non roller rocker itu pada pake oli Diesel demi mengejar kandungan ZDDP yg di atas 1000 ppm, dimana API SM yg ZDDP cuman 700 - 800 ppm itu kan kurang cocok utk flat tappet / rocker arm non roller.

Roller rocker arm = rocker arm dengan bearing

kalo mesin2 bensin buatan sebelum 2004 kebanyakan masih non roller rocker.
* Bukan ajakan Beli *
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Kaleng »

Turboman wrote:
Kaleng wrote:
Gak pa pa mobil premium dikasih oli diesel om turbo?
OLi Diesel kelas passenger Diesel oil yg ACEA B4 itu sebetulnya komposisi dalamnya mirip oli bensin API SL - SJ, bedanya hanya TBN & Detergent nya lebih tinggi dikit.

Justru kalo di luar byk pengguna mesin2 dgn flat tappet / slide rocker arm yg non roller rocker itu pada pake oli Diesel demi mengejar kandungan ZDDP yg di atas 1000 ppm, dimana API SM yg ZDDP cuman 700 - 800 ppm itu kan kurang cocok utk flat tappet / rocker arm non roller.

Roller rocker arm = rocker arm dengan bearing

kalo mesin2 bensin buatan sebelum 2004 kebanyakan masih non roller rocker.
Mmhh mesin jazz idsi itu termasuk yang mana ya om turbo? maaf byk tanya soalnya bnr2 tak mengerti. thx.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Turboman wrote: OLi Diesel kelas passenger Diesel oil yg ACEA B4 itu sebetulnya komposisi dalamnya mirip oli bensin API SL - SJ, bedanya hanya TBN & Detergent nya lebih tinggi dikit.

Justru kalo di luar byk pengguna mesin2 dgn flat tappet / slide rocker arm yg non roller rocker itu pada pake oli Diesel demi mengejar kandungan ZDDP yg di atas 1000 ppm, dimana API SM yg ZDDP cuman 700 - 800 ppm itu kan kurang cocok utk flat tappet / rocker arm non roller.

Roller rocker arm = rocker arm dengan bearing

kalo mesin2 bensin buatan sebelum 2004 kebanyakan masih non roller rocker.
ada ga oil additive recommended untuk nambahin kadar ZDDP ke API SM ?

regards,
singachu
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by growbuckme »

Turboman wrote:
growbuckme wrote: Kalo semi syn dgn spec seperti yg om TM sebutkan, apakah kualitas/performancenya sudah bisa disamakan dengan olie full syn biasa seperti sainz ato motul hi tech 100?
GT-1 belom pernah coba jadi lom bisa komen, tapi bila melihat kandungan zat antiwear / TBN serta VI nya looks promising

Btw 2 merek yg um sebutkan itu yakin full synth ? :mrgreen:

*ane bukan sales Kendall*
hehe..kalo ane sih yakin 2 merk itu kualitasnya diatas semi syn, tp di kelas full syn mungkin 2 merk itu kualitasnya bukan yg top of the line aja..mudah2an bener.. :ungg: (udah bingung eh malah ditanya...jadi tambah bingung... :roll: )
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ilhami »

Untuk menaikkan TBN bolehkah kita tambahkan KOH atau NaOH sendiri ke dalam oli?
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

ngomong2 tentang campur2 oli, bagaimana kalo Mobil Delvac MX 15w40 dicampur dengan Mobil Delvac1 5w40 dgn komposisi 50:50?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:Untuk menaikkan TBN bolehkah kita tambahkan KOH atau NaOH sendiri ke dalam oli?
Basa yg dipake di oli setahu saya senyawa Kalsium dan Magnesium (maybe CaOH / MgOH....CMIIW)

Eniwei komposisi ratio antara senyawa Kalsium dan Magnesium ini juga harus dihitung dengan tepat agar penurunan TBN berjalan lambat, tetapi TAN tidak naik.

Maka dari itu kalau saya termasuk yg tidak mau menambah additive apapun ke oli, karena membuat oli bagus tidak semudah membuat syrup / cocktail minuman.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

juanaxel wrote:ngomong2 tentang campur2 oli, bagaimana kalo Mobil Delvac MX 15w40 dicampur dengan Mobil Delvac1 5w40 dgn komposisi 50:50?
kalo saya sih gak berani yah

Kalo yg saya lakukan jika Km udah jauh sekali, oli agak susut tetapi stock oli yg sama habis maka saya tambah oli mineral straight grade dengan buntut yg sama

Misal saya pakai 5W40 / 0W40 Full Synth kalo udah jalan 8000 Km an trus misal agak susut saya tambah pakai oli SAE 40 mineral based (mediteran S 40)

Atau pernah juga pakai oli lain dengan SAE yg sama misal 10w40 dengan 10W40

TAPI........

Oli beda merek yg ditambahkan juga hanya bbrp ratus cc (gak sampe 1 L)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by m4rio »

brooo... kalo buat mesin panther oli yang direkomendasikan apa??
skrg ane pake Shell rimula R3X, bagaimana menurut bro?? tolong di analisa donk bro.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kapsul 97 »

m4rio wrote:brooo... kalo buat mesin panther oli yang direkomendasikan apa??
skrg ane pake Shell rimula R3X, bagaimana menurut bro?? tolong di analisa donk bro.
laaa .. emang selama ini dipakein ya .. ? :wkkk:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by m4rio »

kapsul 97 wrote:
m4rio wrote:brooo... kalo buat mesin panther oli yang direkomendasikan apa??
skrg ane pake Shell rimula R3X, bagaimana menurut bro?? tolong di analisa donk bro.
laaa .. emang selama ini dipakein ya .. ? :wkkk:
:mky_01: :mky_01:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

ini rimual R3X dulu nya rimula X kan, cuman di rebadge doank...

kalo kandungan isi nya masi sama ama yg rimula X itu sehhh jelas ane bakal amat sangat recommend ini oli... uda ane buktikan sendiri dulu di panty ane, ampir 200 rebu km ane cekokin ini oli mulu, ga perna ada masalah enjin nya... bahkan waktu panty ane jual di km ampir 400rebu km pun, kompresi masi bagus, oli blom rembes... internal enjin masi bersih...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by VanzMatic »

Om Turbo .. maaf kalo pertanyaan ane dibawah ini nanti doublepost, mungkin ane ada kelewat ngebaca dari awal...

Selama ini, mesin K3VE ane, makai Toyota Motor Oil.
alhamdulillaah ada tambahan rejeki, penginnya beralih ke Fastron Gold... :mky_01: Sorry yah kalo terkesan nyombong, engga maksud begitu sihh..

1. Kira2 untuk mesin K3VE, Fastron yang sudah API SN 5w30, 'terlalu bagus' apa ngga?
2. Worthed ngga untuk mesin K3VE?
3. Apakah kalau sudah 3x isi Toyota Motor Oil, perlu flushing besar?

:thanks: ya sudah membantu...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: 1. Kira2 untuk mesin K3VE, Fastron yang sudah API SN 5w30, 'terlalu bagus' apa ngga?
2. Worthed ngga untuk mesin K3VE?
3. Apakah kalau sudah 3x isi Toyota Motor Oil, perlu flushing besar?
1. Pake oli "OverSpec" gak ada ruginya utk mesin, rugi-nya di kantong ajah :mrgreen:
2. Kalo mau pake 5W30 pake Kendall GT-1 yg Liquid Titanium API SN dah cukup, cuman 85 rb / L
3. Nggak perlu, khan ganti olinya gak jauh2 amat kan ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
VanzMatic wrote: 1. Kira2 untuk mesin K3VE, Fastron yang sudah API SN 5w30, 'terlalu bagus' apa ngga?
2. Worthed ngga untuk mesin K3VE?
3. Apakah kalau sudah 3x isi Toyota Motor Oil, perlu flushing besar?
1. Pake oli "OverSpec" gak ada ruginya utk mesin, rugi-nya di kantong ajah :mrgreen:
2. Kalo mau pake 5W30 pake Kendall GT-1 yg Liquid Titanium API SN dah cukup, cuman 85 rb / L
3. Nggak perlu, khan ganti olinya gak jauh2 amat kan ?
Apa hanya di toko oli tertentu, om?

Rekomen di mana yah belinya? ane di Jakarta Timur,... orang pinggiran... :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: Apa hanya di toko oli tertentu, om?

Rekomen di mana yah belinya? ane di Jakarta Timur,... orang pinggiran... :mky_01:
Toda kelapa Gading

Dutamas fatmawaty (ada bbrp toko oli di sana)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Apa hanya di toko oli tertentu, om?

Rekomen di mana yah belinya? ane di Jakarta Timur,... orang pinggiran... :mky_01:
Toda kelapa Gading

Dutamas fatmawaty (ada bbrp toko oli di sana)
Wah, iya, bener, Toda yang KLD.

:mky_02:

:thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "