Sedan-Sedan Tahun '90

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by adiyamake »

artoodetoo wrote:Corona Absolute itu speedonya jarum ya, bukan digital.

lupa oom mod, kalo ga salah corona twin cam 2.0 seperti kata amfibi deh soalnya dulu dipakenya buat taksi gelap hehehe lumayan buat jaman dulu.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by montirangin »

adiyamake wrote:
artoodetoo wrote:Corona Absolute itu speedonya jarum ya, bukan digital.

lupa oom mod, kalo ga salah corona twin cam 2.0 seperti kata amfibi deh soalnya dulu dipakenya buat taksi gelap hehehe lumayan buat jaman dulu.
taxi gelap di luar kota jakarta rasanya om.
adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by adiyamake »

montirangin wrote:
adiyamake wrote:
artoodetoo wrote:Corona Absolute itu speedonya jarum ya, bukan digital.

lupa oom mod, kalo ga salah corona twin cam 2.0 seperti kata amfibi deh soalnya dulu dipakenya buat taksi gelap hehehe lumayan buat jaman dulu.
taxi gelap di luar kota jakarta rasanya om.
ya beroperasinya cuman di bandara aja seh oom, orang diceritain ama mbah kok.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by amfibi »

Ummm 93... twincam or great corolla ya? :mky_01:

4A-GE.. berarti twincam GTI :mky_02:

Pantesan bingung, di otak ane mikirnya twincam udh termasuk curvy ga ngotak lg :mky_01:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by artoodetoo »

amfibi wrote:Ummm 93... twincam or great corolla ya? :mky_01:

4A-GE.. berarti twincam GTI :mky_02:

Pantesan bingung, di otak ane mikirnya twincam udh termasuk curvy ga ngotak lg :mky_01:
Kalo perbandingannya Great ya Twincam itu termasuk kotak :upss:
Saya hafal betul lekuk2 tubuh Corolla Twincam dan Corona Absolute karena pernah miara dan sering memandikan mereka :big_love:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

adiyamake wrote:
amfibi wrote:
adiyamake wrote:mengingat kembali mobil yang digunakan oleh mbah ama babe terutama sedan dari tahun 90-an.

kebetulan mbah ane punya corona absolute tahun 90-an kira-kira warna hitam udah geto pake speedometer digital. kebayang jaman dulu corona pakai spido digital begitu mewahnya.

kalau dipikir seh masih mewah ya jaman dulu corona absolute.
terus babe sempat pakai toyota corolla kotak yang mesinnya 1.3 dan bentuknya masih kotak banget. padahal dulu sempat minang nissan sentra kotak
berhubung perawatannya mahal ya dijual deh
tapi penasaran aja sama corona absolute ada ga yang versi spido digital soalnya mbah ane punya yang versi itu deh
Corolla kotak SE/GL? Kalo itu 80an om :mky_01:

Ada simpen 1 dirumah... Taun 84 odo 230k, jd perfect abis kelar restorasi2 & jd garage queen :mky_03:
Corolla SEG deeh soalnya body sedikit mengotak, kalo ga salah yang ada versi mesin 4A-GE nya pokoknya tahun 93 deh mobilnya ane lupa hehehe
SEG, 1.3 dan ada versi 4A-GE? Udah pasti corolla twincam aka toyota AE92.

Seingat sy kl yg enjin 1.3 maka emblemnya cm SE, enjin 1.6 4A-FE emblem SE-G, enjin 1.6 4A-GE legend emblem GTI.

Pada jamannya dan di kelasnya, yg brani ngelawan twincam gti ya cm estillo yg selapis lebih muda angkatannya.

Kl cm grandci or nouva mah ke laut aje..

:big_weee:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by VanzMatic »

adiyamake wrote:
artoodetoo wrote:Corona Absolute itu speedonya jarum ya, bukan digital.

lupa oom mod, kalo ga salah corona twin cam 2.0 seperti kata amfibi deh soalnya dulu dipakenya buat taksi gelap hehehe lumayan buat jaman dulu.
Yang pasti, mod droid bener. Corona twincam yang bodysize nya sama dengan corolla twincam lah yang speedometernya digital. Ane ingat pasti. Karena waktu esempe, Corona twincam ini pernah menjadi hadiah Hole in One dalam turnamen golf di tempat ane di bontang sana. Warna hitam. Buaguss bener untuk saat itu... dan serasa melihat film mobil Kitt karena dasbor yg canggih itu.

Corona absolute malah dasbornya balik ke model toko jam.

Sebenernya Mazda lah yg lebih duluan masukin speedo digital di Mazda 626, disusul Mazda 323 Familia Interplay, kembar tidak identiknya Ford Laser 1.3.

Imho, cmiiw.




Nightster Guy wrote:
axala wrote:Btw memang ada ya hikayah kijang grand dengan gb at dan speedo digital perna denger dimana gitu :ngacir:
Berhubung pernah punya grand dr baru, dan berhubung sampe skrg sy msh simpen booklet kijang gen ini (KF50 series) maka saya hakulyakin ngga ada versi metik dan spido digital, factory spec.

Gen kijang kapsul udah ada AT tp langka peminat mklum taun sgitu metik di mpv itu fitur dr mars.

Kl modif, cerita lain. Eksperimen n modif aneh2 udah mulai njamur di mid nineties, termasuk kijang pikap drag dgn double engine (satu engine tambahan disamping supir dalam kabin, makanya ngga lulus scrut dan ngga pernah turun balap)..
Tepat sekali, mod.. Kijang generasi Grand Extra atau nama resminya Kijang generasi Toyota Original Body, ngga pernah ada versi matic.

Versi matic baru muncul di versi Kijang kapsul LGX 1.8 EFI kalo nda salah. Cmiiw ya. Karena ane sendiri pernah jaman nguli jadi sales komputer, nganterin supir kantor ane untuk ambil Kijang tsb oleh bigboss. Sungguh mewah untuk jamannya. Walaupun masih kerasa jerking saat upshift, tapi it is .... rare items. Ngga banyak yang mau miara matic...apalagi sebuah MPV.... yang versi manualnya jauh lebih banyak pemuja nya, dan dianggap GILA kalau mau miara sebuah mpv bertransmisi otomatis yang dianggap super duper mahal perawatannya.


Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by aerotourersora »

dari jaman 7K karburator udah ada a/t nya kok kapsul, pernah liat brochurenya dan ada beberapa jual di koskas


LGX gen awal paling cakep, biar sederhana :mky_01: dengan lampu sein depan ambil punya celica 80an dan pelek dari crown comfort 1st gen
continuously-variable
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by octafiantos »

Nightster Guy wrote:
SEG, 1.3 dan ada versi 4A-GE? Udah pasti corolla twincam aka toyota AE92.

Seingat sy kl yg enjin 1.3 maka emblemnya cm SE, enjin 1.6 4A-FE emblem SE-G, enjin 1.6 4A-GE legend emblem GTI.

Pada jamannya dan di kelasnya, yg brani ngelawan twincam gti ya cm estillo yg selapis lebih muda angkatannya.

Kl cm grandci or nouva mah ke laut aje..

:big_weee:
Seinget saya twincam 1.6 karbu emblemnya se limited.


Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

VanzMatic wrote: Yang pasti, mod droid bener. Corona twincam yang bodysize nya sama dengan corolla twincam lah yang speedometernya digital. Ane ingat pasti. Karena waktu esempe, Corona twincam ini pernah menjadi hadiah Hole in One dalam turnamen golf di tempat ane di bontang sana. Warna hitam. Buaguss bener untuk saat itu... dan serasa melihat film mobil Kitt karena dasbor yg canggih itu.

Corona absolute malah dasbornya balik ke model toko jam.

Sebenernya Mazda lah yg lebih duluan masukin speedo digital di Mazda 626, disusul Mazda 323 Familia Interplay, kembar tidak identiknya Ford Laser 1.3.

Imho, cmiiw.
Sah.

Karena sy jg msh simpen majalah MM taun 88/89an edisi test drive/review corona twincam EFI. Highlight interior ada di dasbor yg 'driver oriented' (menyerong ke arah driver) dan indikator digital.




VanzMatic wrote:
Tepat sekali, mod.. Kijang generasi Grand Extra atau nama resminya Kijang generasi Toyota Original Body, ngga pernah ada versi matic.

Versi matic baru muncul di versi Kijang kapsul LGX 1.8 EFI kalo nda salah. Cmiiw ya. Karena ane sendiri pernah jaman nguli jadi sales komputer, nganterin supir kantor ane untuk ambil Kijang tsb oleh bigboss. Sungguh mewah untuk jamannya. Walaupun masih kerasa jerking saat upshift, tapi it is .... rare items. Ngga banyak yang mau miara matic...apalagi sebuah MPV.... yang versi manualnya jauh lebih banyak pemuja nya, dan dianggap GILA kalau mau miara sebuah mpv bertransmisi otomatis yang dianggap super duper mahal perawatannya.


Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Koreksi mod.. Kijang metik udah ada di generasi kapsul karbu, dan seperti halnya di generasi EFI nya, metik hanya tersedia di 2 trim tertinggi yaitu Krista dan LGX, sy ngga ngeh apa SGX jg ada metiknya, dmikian jg Rangga.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

octafiantos wrote:
Nightster Guy wrote:
SEG, 1.3 dan ada versi 4A-GE? Udah pasti corolla twincam aka toyota AE92.

Seingat sy kl yg enjin 1.3 maka emblemnya cm SE, enjin 1.6 4A-FE emblem SE-G, enjin 1.6 4A-GE legend emblem GTI.

Pada jamannya dan di kelasnya, yg brani ngelawan twincam gti ya cm estillo yg selapis lebih muda angkatannya.

Kl cm grandci or nouva mah ke laut aje..

:big_weee:
Seinget saya twincam 1.6 karbu emblemnya se limited.


Sent from my R821 using Tapatalk
Thx koreksinya om, tepat, SE Limited. Buat yg 1.6 karbu 4A-FE.
Das Beste oder nichts.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7414
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by newrubble »

betul sejak saat kluar pertama feb 1996 kf60 dgn 7k carby sdh ada matic

public inauguration saat itu adalah "pameran kijang" di jhcc n ada 45 units kijang multi variant n sy beli yg lsx long matic green metalic seharga onroad rp.50juta n terahir sblm dijual plaat b-147-tj

shifter nya agak miring ke driver's side n hrs hati hati kalo pagi engine warming up jgn sampai kunci ada di dlm. bisa terkunci sendiri dia. yg sy ingat 17x sy panggil ula (unit layanan astra, dulu blm ada tyt home service) husus u unlock krn engine on, key inside indeed, doors locked
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by marmut »

kalo di kf40, cukup buka lampu belakang kiri pake obeng kembang, ada 4 baut kalo ndak salah. setelah terlepas, tangan kiri masuk dan bisa ngebuka kunci pintu belakang dengan mudah.

*ngga bermaksud ngajarin jadi pancilok
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by VanzMatic »

Noted, om NG , om NR, om aerotourersora, trima kasih koreksinya.[emoji41] [emoji106] You're the best!

Imho, Kijang Krista karbu, tampang depannya yang lampu pipih dan grille tipis itu malah jauh lebih cuantik ketimbang Krista efi maupun facelift akhir yg kegedean grille itu.

[emoji209] [emoji97]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by imingwahyudi »

Kangen Krista EFI :big_cry:

mobil yang bersejarah untuk ane, diluar GreCo dan Kijang Kotak :mky_01:

kalo gaada 3 mobil itu, entah gimana ane bolak balik Harapan Kita 15 tahunan yll :big_blushing:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by walid_007 »

Image


2004 krista 1rz a/t
engine roaring!
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by montirangin »

imingwahyudi wrote:Kangen Krista EFI :big_cry:

mobil yang bersejarah untuk ane, diluar GreCo dan Kijang Kotak :mky_01:

kalo gaada 3 mobil itu, entah gimana ane bolak balik Harapan Kita 15 tahunan yll :big_blushing:
kerja apa di harapan kita om?
adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by adiyamake »

makasi om mod dan teman semua yang dimaksud corolla se 1.3 yang bentuknya agak ngotak tapi curvy bisa dibilang paling lapan soalnya pernah bawa ke solo semua barang muat terus mbah ane punya yang corona twin cam kalo ga salah dulu punya banyak tapi dijual buat nambah beli rumah maklum mau pensiun dari bank indonesia hehehe
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

newrubble wrote:betul sejak saat kluar pertama feb 1996 kf60 dgn 7k carby sdh ada matic

public inauguration saat itu adalah "pameran kijang" di jhcc n ada 45 units kijang multi variant n sy beli yg lsx long matic green metalic seharga onroad rp.50juta n terahir sblm dijual plaat b-147-tj

shifter nya agak miring ke driver's side n hrs hati hati kalo pagi engine warming up jgn sampai kunci ada di dlm. bisa terkunci sendiri dia. yg sy ingat 17x sy panggil ula (unit layanan astra, dulu blm ada tyt home service) husus u unlock krn engine on, key inside indeed, doors locked
Yg pasti publik saat itu gegap gempita banget nyambut kijang baru ini, maklum trakir kijang revolusi bodi skitar 10taun lalunya di 87 awal dgn generasi super kijang.

Kijang kapsul kf60 series jg awal dr 'real MPV nya' TAM dlm arti in-house manufacturing, tdk lagi di-subkon-kan ke third party (karoseri) seperti jaman kijang super/grand (dgn 3 karoseri rekanan resminya: nusa cendana harum, nasmoco auto body, superior coach. Plus belasan/puluhan karoseri non resmi yg ikutan bikin bodi di generasi kijang super, dr yg keren seperti rover (karoseri adhi jaya tama mobilindo) sampe yg naujubilah ajaib seperti perkasa (karoseri shelby)).

Kijang kapsul menandai surutnya industri karoseri di mobil penumpang non bus, sepenglihatan sy cm tersisa 2 produk karoseri di generasi ini, rover dan jantan.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

VanzMatic wrote:Noted, om NG , om NR, om aerotourersora, trima kasih koreksinya.[emoji41] [emoji106] You're the best!

Imho, Kijang Krista karbu, tampang depannya yang lampu pipih dan grille tipis itu malah jauh lebih cuantik ketimbang Krista efi maupun facelift akhir yg kegedean grille itu.

[emoji209] [emoji97]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Selera memang bener2 relatif/subyektif personal ya om ternyata.. bagi sy malahan jauh lbih suka krista EFI, grilnya pas, plus lampu sein keren, plus velg 15 uda lumayan cukup sizenya ktimbang krista karbu yg imo gril kekecilan, sein kurang cakep plus rame 2 warna, velg oem 14 kebanting ama bodinya..

:big_peace:....... :ngacir:....
Das Beste oder nichts.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by montirangin »

memang kalo udah selera susah untuk dijadiin point debat ..:D
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by PlantFoot »

eh om NG kl suzuki dgn adiputra nya itu tmsk subkon jg kah?

kl kijang mmg ketara krn byk bener karoseri nya. babe ane dl smpt piara kijang super karoseri nusa kl g slh.

yg di subkon cm toyota kijang aja y ? knp mesti d subkon y ? tmmin blm mampu produksi sesuai pasar gt ?
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

walid_007 wrote:Image


2004 krista 1rz a/t
Krista/kijang kapsul latest year ya? 2004. Kl ga salah sjak 2002 kijang efi di karet kaca depannya ditambahin list krom tipis, cmiiw..

Denger2, si 1RZ-E ini borosnya ngga sebanding dgn tambahan powernya yg ngga seberapa kl diversuskan ama 7K-E, om walid?
Das Beste oder nichts.
adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by adiyamake »

Nightster Guy wrote:
newrubble wrote:betul sejak saat kluar pertama feb 1996 kf60 dgn 7k carby sdh ada matic

public inauguration saat itu adalah "pameran kijang" di jhcc n ada 45 units kijang multi variant n sy beli yg lsx long matic green metalic seharga onroad rp.50juta n terahir sblm dijual plaat b-147-tj

shifter nya agak miring ke driver's side n hrs hati hati kalo pagi engine warming up jgn sampai kunci ada di dlm. bisa terkunci sendiri dia. yg sy ingat 17x sy panggil ula (unit layanan astra, dulu blm ada tyt home service) husus u unlock krn engine on, key inside indeed, doors locked
Yg pasti publik saat itu gegap gempita banget nyambut kijang baru ini, maklum trakir kijang revolusi bodi skitar 10taun lalunya di 87 awal dgn generasi super kijang.

Kijang kapsul kf60 series jg awal dr 'real MPV nya' TAM dlm arti in-house manufacturing, tdk lagi di-subkon-kan ke third party (karoseri) seperti jaman kijang super/grand (dgn 3 karoseri rekanan resminya: nusa cendana harum, nasmoco auto body, superior coach. Plus belasan/puluhan karoseri non resmi yg ikutan bikin bodi di generasi kijang super, dr yg keren seperti rover (karoseri adhi jaya tama mobilindo) sampe yg naujubilah ajaib seperti perkasa (karoseri shelby)).

Kijang kapsul menandai surutnya industri karoseri di mobil penumpang non bus, sepenglihatan sy cm tersisa 2 produk karoseri di generasi ini, rover dan jantan.
kijang kapsul kaya produk yang benar benar produksi bahkan desainnya dari toyota langsung, dan lapangnya itu lhoo ga ada yang ngalahin di zamannya. sesuai slogannya kijang memang tiada duanya
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

PlantFoot wrote:eh om NG kl suzuki dgn adiputra nya itu tmsk subkon jg kah?

kl kijang mmg ketara krn byk bener karoseri nya. babe ane dl smpt piara kijang super karoseri nusa kl g slh.

yg di subkon cm toyota kijang aja y ? knp mesti d subkon y ? tmmin blm mampu produksi sesuai pasar gt ?
Nah sy ngga ngerti om gimana mapping nya kl di low mpv nonbonnet spt carry/hijet/t120ss, apakah adiputro dan alexander (utk suzuki) dan permorin (utk mitsu) apakah bs dibilang partner subkontraktor? Yg jelas iklan2 suzuki dan mitsu jaman itu selalu nampilin hasil karoseri dr 3 pihak tsb.

Om rubble mic dan waktu disediakan..

:upss:

Ini trid sedan nineties heeehehehe..
Das Beste oder nichts.