Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

bimbimsalabim wrote:mungkin sedikit saya bisa memberikan info pengetahuan tentang logam, berarti deformasi logam dipengaruhi oleh aspek :
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu

Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
Nah maksud nubie itu ukuran tipis berapa mm/10? Kalau wajar atau standar berapa?mana tau senior2 disini ada yang tau:)
Kalau sudah urusan disain dan jenis logam mnrt nubie sudah urusan lain:)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

ZombiEE wrote:
bimbimsalabim wrote:mungkin sedikit saya bisa memberikan info pengetahuan tentang logam, berarti deformasi logam dipengaruhi oleh aspek :
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu

Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
Nah maksud nubie itu ukuran tipis berapa mm/10? Kalau wajar atau standar berapa?mana tau senior2 disini ada yang tau:)
Kalau sudah urusan disain dan jenis logam mnrt nubie sudah urusan lain:)
Menyimak....
:off_sleep:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

Sama lah...nubie jg ikutan nyimak, skaligus minta maaf, sepertinya nubie OOT ne
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Hansen »

nubie menyimak dari atas pohon...
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

Iya lah..mentang bobot nya ringan z
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by MonSTER_GTR »

tapi kalo dipikir-pikir, nih baru kepikiran tadi pagi. adakah kemungkinan avanza xenia luxio grandmax sengaja dibikin gampang ditekuk
supaya elastis dan jadinya pas benturan agak membal? (maap ini ane lagi berimajinasi tingkat tinggi) :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Unta_item »

Hansen wrote:nubie menyimak dari atas pohon...
ikut momod ah newbie nyimaks dari atas Genteng ... :mky_03:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Hansen »

Unta_item wrote:
Hansen wrote:nubie menyimak dari atas pohon...
ikut momod ah newbie nyimaks dari atas Genteng ... :mky_03:
Apa ga rubuh gentengnya dinaikin Unta... :e-think: :mky_07:
Image
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Unta_item »

Hansen wrote:
Unta_item wrote:
Hansen wrote:nubie menyimak dari atas pohon...
ikut momod ah newbie nyimaks dari atas Genteng ... :mky_03:
Apa ga rubuh gentengnya dinaikin Unta... :e-think: :mky_07:
Kan Gentengnya genteng kodok :big_weee:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by DOHC »

MonSTER_GTR wrote:tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.

CMIIW
tipis nya lipina ga sekaleng apansa senia karena di pelat lipina jg ada ditempel semacam peredam yg agak kaku gt om... coba dehh buka door trim lipina... kliatan deh tuh peredam2 tempel tsb...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
bimbimsalabim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
Location: dipelukan gunung kembar

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by bimbimsalabim »

ZombiEE wrote: Nah maksud nubie itu ukuran tipis berapa mm/10? Kalau wajar atau standar berapa?mana tau senior2 disini ada yang tau:)
Kalau sudah urusan disain dan jenis logam mnrt nubie sudah urusan lain:)
Maaf Om untuk kuran data ketebalan plat kap mesin, pintu, bodi luar, bagasi, atap, chasis tiap tiap mobil saya tidak tahu. Begitu juga standar ketebalan plat untuk mobil mpv, suv, sedan, hatchback, truk, JDM, USDM, dsbgnya juga tidak tahu. Maksud dari postingan saya, merubah sedikit paradigma Om yang saya lihat sekilas dipostingan terakhir bahwa pelat yang tipis bukan dikatan rapuh. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menahan dan menyerap gaya yang diterima hingga maksimal :mky_01:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

ehehehe..mantap oom wejangannya...nubie dengan senang hati menerima dah :mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

tetep menyimak...... :off_sleep:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "