Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by ak4ng »

VanzMatic wrote:
ak4ng wrote:TP kl 160JT cm dapet versi trondol doank macem produk malon ya nasibnya ga bakal jauh lah.......... :mky_07: :mky_07:
meningan beli yg udah teruji 7 thn dengan AC dobel+RWD....... :mky_03:
Exora Star ya?

Image
Karena merupakan varian base line, Exora Star tidak dilengkapi dual airbag dan seatbelt pre tensioner, ABS dan EBD, Reverse Sensor, Steering Wheel dan Audio Switches.
dan...

Image
yap...... BENARR...............
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by Abu2 »

ini nv 200, disainnya mulai taon berapa sih? koq kerasa jadul ya?
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by doq »

cakep!!!
me like that car :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by VanzMatic »

for me, lebih mending NV kemana-mana dibanding Kia Soul, secara desain masa kini.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

OK. Mau bicara siapa yang lebih muat banyak tanpa membahayakan penumpangnya ? Dari pada debate asal, mari kita pakai data yang di supply dari pabriknya sendiri. Untuk mulai, baca dulu artikel ini :


http://forum.otomotifnet.com/otoweb/inc ... r_id=12533


Perhatikan Payload Mobil Sebelum Mudik Berdasar Karakternya


OTOMOTIFNET - Lebaran kali ini bisa jadi momen paling berbahagia. Bagaimana tidak, berdasarkan data penjualan mobil tahun ini, bisa naik jauh dari tahun lalu. Jadi, kian banyak keluarga yang pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan anyar.


Dengan mobil baru, tentu tidak perlu banyak persiapan yang dilakukan pada kendaraan. Namun, sangat penting untuk mengenali kendaraan. Karena baru, pasti butuh penanganan yang berbeda pula. Terpenting, kenali karakter kendaraan supaya tetap nyaman dan aman sampai tujuan.


Daya Angkut


Kebanyakan pemudik berusaha sebanyak mungkin membawa barang saat pulang kampung. Meski di kabin sudah penuh buat penumpang, tak kalah akal barang ditaruh di atap. Sebenarnya boleh tidak sih? Nah, untuk menjawab itu sebaiknya menilik kembali daya angkut mobil yang akan dipakai.


Seperti diungkap Bansar Maduma, department head accessories department marketing planning and customer relation division PT Toyota Astra Motor. "Kombinasi antara jumlah penumpang & barang bawaan, mungkin dapat dilihat pada payload yang diperbolehkan oleh manufacturer," kata Bansar, yang lama di divisi product planning ini.


Bagaimana mencari payload atau daya angkut kendaraan? Sebaiknya merujuk pada data Curb Vehicle Weight (CVW) dan Gross Vehicle Weight (GVW). Kedua istilah itu bisa diartikan sebagai berat kosong dan berat kotor kendaraan.


Ambil contoh, Toyota Kijang Innova G bensin manual punya CVW 1525 kg dan GVW 2130 kg. berarti daya angkutnya sekitar 2130-1525 = 605 kg.


Atau Toyota Avanza 1.3 manual punya CVW 1045 kg dan GVW 1585. Maka payload Avanza adalah sekitar 540 kg.


Data ini memang jadi panduan pabrikan untuk melakukan tes mobil secara keseluruhan. Sayangnya, memang tidak semua pabrikan memberikan data GVW. Ambil contoh, berat pada brosur atau pada pedoman pemilik adalah berat kosong atau CVW.


Lantas bagaimana menghitung perkiraan berat maksimum yang bisa dibawa mobil? "Biasanya diasumsikan berat satu orang adalah 70 kg. Sedangkan penumpang buat Avanza adalah 7 orang dan Kijang Innova adalah 8 orang," lanjutnya.


Jika diasumsikan demikian, coba lihat payload Avanza adalah 540 kg. Sedangkan bobot 7 penumpangnya sudah 490 kg. Jadi, berat barang yang bisa diangkut sekitar 50 kg. Pun demikian dengan Kijang Innova, dari payload 605 kg, bobot 8 penumpang 560 kg. Maka barang yang bisa diangkut sekitar 45 kg.


Artinya, perhitungan tambahan barang dari jumlah penumpang untuk setiap mobil hampir mirip. Bagaimana dengan mobil Anda? Tinggal hitung jumlah penumpangnya dan tambahkan jumlah barang maksimul 50 kg. Jangan lebih, ya.

------------------------------------------

Sebelum lanjut, kita semua harus clear dulu hal ini. Ada yang mau debate urusan ini dulu ? Mengenai GVW dan CVW ? Cukup jelas ?
Last edited by toyotaman on Wed Sep 21, 2011 9:16, edited 1 time in total.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by doq »

toyotaman wrote:Saiful seharusnya baca artikel ini. Jika dia baca, hari ini istrinya pasti masih hidup !
membawa contoh utk memperkuat argumen adalah suatu hal yg baik, tapi apabila contoh yg ada itu ditambahkan pernyataan pribadi yg bersifat spekulatif.........rasa nya kurang pantas ya? apalagi menyangkut nyawa seseorang.
tolong utk diperhatikan hal seperti ini pada postingan2 berikut nya

:thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by VanzMatic »

Bro Toyotaman, Anda punya teori, bagus itu! Bikin ngingetin kita2 disini.

Tapii, sama halnya dengan perilaku konsumen mobil Indonesia, apa yang dipilih mayoritas pasar, itulah cermin sebenarnya.
Cermin sebenarnya perilaku rakyat kita, ya seperti yang saya tulis itu. Saya juga tidak menampik, saya pernah membawa total 10 orang di dalam Avanza saya. Tapi itu juga dalam kota yang radius sekira 10 km pp, pas di daerah kala mudik kemarin.

Mau bilang apa?

Kita dateng ke kampung adlh kebahagiaan buat mereka. Mereka jg ngga bisa disalahin kalo akhirnya pada berbondong2 pengin ikut di mobil saya u/ jalan2 di kampubg. Kalau saya tolak 1 orang, itu artinya menyuruh bapak saya mengeluarkan 1 unit Kuda hanya untuk mengangkut kekurangan 1 orang?

Saya malah sama sekali belum berminat pasang roof rack untuk mudik sekalipun! Saya lebih prefer semua barang saya masukkan kabin, tapi ketinggian tidak melebihi kaca belakang. Toh pulang mudik bagi saya kemaren, hanya berisi baju2, dan keyboard buat ngamen di kampung.

Pulangnya lah yang pasti lebih berat. Orang tua pasti latah ngasih perbekalan makanan dan non makanan. Mau ditolak? Kalau saya mah, ogah nolak pemberian orang tua. Saru (sunda:pamali). Yaa akhirnya saya yang puter otak ngatur penempatan barang di mobil. Angin di ban ya ditambah. Bersyukur sy tidak mengisi dengan nitrogen di ban saya, shg sy bisa langsung pompa ban, nambah angin jadi 38 psi u/ belakang, dan 32 psi u/ depan.

Kasarnya, orang mengunyah makan perlu 33 kali. Katanya kalo abis makan, jgn minum teh. Katanya kalo minum teh tawar, bagus untuk kesehatan. Kalo orang udh mau makan, mau minum, udah dibilang ba bi bu gni gitu... ya ngga makan2, ngga minum2 lah..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by datsu »

dari http://www.chorleynissan.co.uk/assets/b ... 0V5%20.pdf

Gross Vehicle Weight Kg 2000
Kerb Weight Min Kg 1333
Maximum Payload Kg 667

bravo!! lha iya lah... mobil tempur buat barang koq.. tapi ini UK version ya.. Thai/Indo version belum tentu sama..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by zweifellos »

bukannya mobil tempur buat barang malah sebagai sisi positif alias lebih badak aka lebih cocok untuk kondisi indonesia? keknya di indonesia udah banyak yang kek gini dan malah jadi laris manis karena awalnya itu MPV atau SUV di'comot' dari mobil tempur buat barang.

btw GC nya berapa ya?

yang saya suka itu udah tiga baris tapi tempat buat barang di belakang sepertinya cukup luas. ntah karena baris ketiga sempit kali ya jaraknya ke bangku baris kedua.

mengenai masuknya produk ini, salut buat nissan. semakin memperbanyak mobil2 yang dijualnya, semakin mengetes, mengenalkan dan/atau menanamkan merk nissan di indonesia. harapannya semakin banyak beres nissan khususnya di daerah2 (tak terbatas cuma di ibu kota provinsi untuk di luar pulau jawa).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

Bukan teori, tapi nasihat dari pabrik tu mobil sendiri. Mereka udah uji dan sudah keluarkan warning, maximum payload tiap mobil mereka itu berapa.


Cuman seperti kata joko trisanyoto, head marketing toyota, mereka tau apalagi di Indonesia, ngak bisa larang orang mau melebihi max payload yang di anjurkan pabrik. Mau bawa 10 orang + 4 koper gede di atas juga mereka ngak bisa larang.


Seperti kasus Saipul deh.


Asal konsumen tau diri aja, yang berlebihan menanggung sendiri akibatnya kalau ada apa apa. Jadi masing masing sadar sendiri, mau perilaku orang waras, atau ngak peduli, seenak jidatnya muat mobilnya seolah ngak ada batas kekuatan nanggung beban.

VanzMatic wrote:Bro Toyotaman, Anda punya teori, bagus itu! Bikin ngingetin kita2 disini.

Tapii, sama halnya dengan perilaku konsumen mobil Indonesia, apa yang dipilih mayoritas pasar, itulah cermin sebenarnya.
Cermin sebenarnya perilaku rakyat kita, ya seperti yang saya tulis itu. Saya juga tidak menampik, saya pernah membawa total 10 orang di dalam Avanza saya. Tapi itu juga dalam kota yang radius sekira 10 km pp, pas di daerah kala mudik kemarin.

Mau bilang apa?

Kita dateng ke kampung adlh kebahagiaan buat mereka. Mereka jg ngga bisa disalahin kalo akhirnya pada berbondong2 pengin ikut di mobil saya u/ jalan2 di kampubg. Kalau saya tolak 1 orang, itu artinya menyuruh bapak saya mengeluarkan 1 unit Kuda hanya untuk mengangkut kekurangan 1 orang?

Saya malah sama sekali belum berminat pasang roof rack untuk mudik sekalipun! Saya lebih prefer semua barang saya masukkan kabin, tapi ketinggian tidak melebihi kaca belakang. Toh pulang mudik bagi saya kemaren, hanya berisi baju2, dan keyboard buat ngamen di kampung.

Pulangnya lah yang pasti lebih berat. Orang tua pasti latah ngasih perbekalan makanan dan non makanan. Mau ditolak? Kalau saya mah, ogah nolak pemberian orang tua. Saru (sunda:pamali). Yaa akhirnya saya yang puter otak ngatur penempatan barang di mobil. Angin di ban ya ditambah. Bersyukur sy tidak mengisi dengan nitrogen di ban saya, shg sy bisa langsung pompa ban, nambah angin jadi 38 psi u/ belakang, dan 32 psi u/ depan.

Kasarnya, orang mengunyah makan perlu 33 kali. Katanya kalo abis makan, jgn minum teh. Katanya kalo minum teh tawar, bagus untuk kesehatan. Kalo orang udh mau makan, mau minum, udah dibilang ba bi bu gni gitu... ya ngga makan2, ngga minum2 lah..
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by VanzMatic »

Tidak hanya di Indonesia...

Di US juga kok/./. :mky_01:

Image
Image
Image
Image
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by datsu »

@oom zwei: mobil tempur barang cocok buat kondisi di Indo.. RWD. IMHO, mobil barang yang FWD lebih cocok buat daerah kota dan suburban aja... untuk daerah pedalaman, untuk penumpang ane rasa masih akan lebih laku yang RWD. Tapi untuk perkotaan oke lha...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

Biasanya kalau modelnya sama, ngak beda jauh. Kita harus kompensasi dikit bobot mesin. Misalnya contoh, Grand Livina 1.8 lebih berat puluhan kg banding GL 1.5.


Data Eropa pakai mesin diesel yang bisa saja lebih berat banding bensin. Juga yang di Jepang pakai mesin bensin 1600 cc, di Indonesia nanti pakai 1500 cc. Bisa jadi bobot CVWnya lebih ringan dikit. Maybe 20-30 kg ? Tapi itu ngak seberapa memang.


Ini data NV200 dari Jepang versi 1600 cc bensin :

http://www.nissan.co.jp/NV200VANETTE/m2 ... 200VANETTE

Gross Vehicle weight : 1980 kg

Curb Weight : 1270 kg

Jadi maximum payload versi Jepang 1600 cc bensin ini adalah 1980-1270 = 710 kg !


Jadi NV200 ini daya angkutnya lebih banyak sekitar 710-540 = 170 kg banding avanza,


Dan lebih muat extra sekitar 710-605 = 105 kg banding innova.



Karena mesin 1500 cc lebih ringgan dikit banding 1600 cc, daya angkut versi Indonesia udah pasti dapat extra puluhan kg, cuman memang ngak banyak, paling +- 30 kg ?


So estimasi saya, versi Indonesia nanti maximum payloadnya sekitar +- 730 kg.


Cukup untuk bawa 7 orang @ 70 kg = 490 kg, masih ada sisa batas yang aman untuk bawa barang sekitar 730-490 = 240 kg !!!


Masih kuat untuk bawa sekitar 6 koper gede lagi jika satu koper gede beratnya 40 kg.


Itulah kenapa dealer Nissan Jepang tawarkan accessory ROOF RACK, karena mereka udah tau daya muat beban NV200 ini jago. Bawa 7 orang pun masih bisa bawa banyak barang lagi tanpa melanggar maximum payload warningnya dari pabriknya.

datsu wrote:dari http://www.chorleynissan.co.uk/assets/b ... 0V5%20.pdf

Gross Vehicle Weight Kg 2000
Kerb Weight Min Kg 1333
Maximum Payload Kg 667

bravo!! lha iya lah... mobil tempur buat barang koq.. tapi ini UK version ya.. Thai/Indo version belum tentu sama..
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by datsu »

oya, GC 158.... coba bandingin ama lawan2nya... GC 1-2 cm cukup ngaruh buat parkir di mall.. biar gak kesandung batu parkiran (kalo ada kepret lumpurnya)
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by datsu »

maaf TM saya gak bermain asumsi +- berapa. Baru percaya kalo ada data faktanya. Kalo berasumsi, saya juga bisa berasumsi bahwa penurun curb weight, pasti akan nurunin grossnya juga... liat aja perbandingan antara UK sama Japan...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by zweifellos »

datsu wrote:@oom zwei: mobil tempur barang cocok buat kondisi di Indo.. RWD. IMHO, mobil barang yang FWD lebih cocok buat daerah kota dan suburban aja... untuk daerah pedalaman, untuk penumpang ane rasa masih akan lebih laku yang RWD. Tapi untuk perkotaan oke lha...
oo gara2 FWD nya om datsu. kirain gara2 mobil tempur buat barang dijadiin mobil penumpang. paham sekarang saya. :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by zweifellos »

datsu wrote:oya, GC 158.... coba bandingin ama lawan2nya... GC 1-2 cm cukup ngaruh buat parkir di mall.. biar gak kesandung batu parkiran (kalo ada kepret lumpurnya)
iya om, setuju 1 cm apalagi 2 cm cukup signifikan. kalo kaya innova berapa ya GC nya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

GCnya NV200 lumayan kok. 160 mm. avanza berapa ? Sekitar 170-180 mm kan ? Cuman beda 1-2 centi doang masa akan akibatkan NV200 ngak bisa mudik dan avanza bisa ?


Buktinya saat saya mudik, banyak tuh jazz, yaris, freed, dan banyak mobil lain yang GCnya lebih pendek lagi banding NV200 OK OK aja kok, bisa jalan jauh ke Jawa Tengah - Timur. Itupun max payload mereka udah pasti jauh lebih rendah banding NV200.


Ingat pula, karena max payload avanza 540 kg, udah pasti kalau di isi beban 700 kg, GC avanza udah ngak 170-180 mm kan ? Karena suspensinya pasti turun agak banyak, karena udah overloaded.


Dan NV200 suspensinya paling turun dikit doang, karena 700 kg belum melebihi max payload dia. Jadi angka payload ini semacam indikator sekuat apa suspensi, kaki kaki mobilnya. Tentu saja kalau max payloadnya makin tinggi, kaki kakinya makin kuat nanggung beban.


Jadi tinggal pikir, kalau bawa beban 800 kg deh, GC avanza tinggal berapa ? Kalau NV200 masih berapa ? Bisa jadi kalau bawa 800 kg, GC NV200 udah lebih tinggi banding avanza yang sudah nyusut banyak GCnya karena udah overloaded.


Tul ngak ?


zweifellos wrote:bukannya mobil tempur buat barang malah sebagai sisi positif alias lebih badak aka lebih cocok untuk kondisi indonesia? keknya di indonesia udah banyak yang kek gini dan malah jadi laris manis karena awalnya itu MPV atau SUV di'comot' dari mobil tempur buat barang.

btw GC nya berapa ya?

yang saya suka itu udah tiga baris tapi tempat buat barang di belakang sepertinya cukup luas. ntah karena baris ketiga sempit kali ya jaraknya ke bangku baris kedua.

mengenai masuknya produk ini, salut buat nissan. semakin memperbanyak mobil2 yang dijualnya, semakin mengetes, mengenalkan dan/atau menanamkan merk nissan di indonesia. harapannya semakin banyak beres nissan khususnya di daerah2 (tak terbatas cuma di ibu kota provinsi untuk di luar pulau jawa).
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
And45
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Tue May 31, 2011 8:56

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by And45 »

mobil yang cukup bagus, tp saya tidak teralu suka modelnya...
@ om TM : om, boleh minta ukuran mobilya nga?
dan ini mobil pasti fwd?
pintu samping uda elektrik blom ya???
sori banyak nanya
thx, anyway :big_peace:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by zweifellos »

boleh nih ditampilih GC dari saingan2 NV200. kalo saya karena yang udah sempat nyoba untuk dibawa masuk ke jalan perkebunan (jalan tanah berbatu yang dihiasi lubang2 cukup dalam), acuan saya ke innova. mohon disharing juga GC nya innova. :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

Karena mesin diesel ama mesin bensin bobotnya BEDA. Jadi jika tubuhnya sama, otomatis karena beda bobot mesin, GVWnya akan beda pula karena CVWnya juga berubah.


Cuman memang paling +- 20 kg doang. Saya ngak mau debate panjang masalah beda Jepang ama Eropa, dan nanti versi Indonesia. Ngak bakal beda jauh. Kalau udah bisa bawa +- 700 kg, selisih +- 20 kg no big deal.

datsu wrote:maaf TM saya gak bermain asumsi +- berapa. Baru percaya kalo ada data faktanya. Kalo berasumsi, saya juga bisa berasumsi bahwa penurun curb weight, pasti akan nurunin grossnya juga... liat aja perbandingan antara UK sama Japan...
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

Panjang 4400 mm

Lebar 1695 mm

Tinggi 1855 mm


Wheelbase 2725 mm

Turning Radius 5.2 meter

Tangki BBM 55 liter

Sangat mungkin FWD, karena mayoritas model JDM adalah FWD, seperti alphard, yaris, noah / voxy, freed, Stepwagon, Serena, Juke etc perhatiin semuanya FWD.


Pintu sliding, cuman ada versi elektrik atau ngak saya ngak tau. Siapa tau ada option ini ? Tapi saya rasa ngak bakal, karena ini minibus di design untuk harga terjangkau, jadi sangat mungkin ada option elektrik pun NMI belum tentu mau siapin.


Yang saya tau di Jepang, versi tingginya banyak accessory, seperti rear view camera dan tombol audio di steering wheel seperti X-Trail baru.


And45 wrote:mobil yang cukup bagus, tp saya tidak teralu suka modelnya...
@ om TM : om, boleh minta ukuran mobilya nga?
dan ini mobil pasti fwd?
pintu samping uda elektrik blom ya???
sori banyak nanya
thx, anyway :big_peace:
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by toyotaman »

Ingat pula GC itu akan berubah saat di muat makin banyak beban. Selama ini tu angka GC mendasarkan kosong atau full load ? Saya ngak tau. Ada yang tau ?


Yang saya yakin adalah, max. payload makin besar, jelas GCnya ngak akan cepat turun. Banding ama mobil seperti mini sedan / hatch gitu yang udah pasti GCnya cepat turun karena max payload lebih kecil, cepat nyusut bodynya ke arah lantai jika beban makin banyak.


Jadi lebih berarti jika kita tau tu angka GC di test saat kosong atau di kondisi max payload ?


zweifellos wrote:boleh nih ditampilih GC dari saingan2 NV200. kalo saya karena yang udah sempat nyoba untuk dibawa masuk ke jalan perkebunan (jalan tanah berbatu yang dihiasi lubang2 cukup dalam), acuan saya ke innova. mohon disharing juga GC nya innova. :thanks:
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by VanzMatic »

toyotaman wrote:Panjang 4400 mm

Lebar 1695 mm

Tinggi 1855 mm


Wheelbase 2725 mm

Turning Radius 5.2 meter

Tangki BBM 55 liter

Sangat mungkin FWD, karena mayoritas model JDM adalah FWD, seperti alphard, yaris, noah / voxy, freed, Stepwagon, Serena, Juke etc perhatiin semuanya FWD.

-cut-
Diliat dari desain nya yang ber GC sangat rendah (garis bawah bodi berada di bawah sumbu roda) dan tiadanya 'punuk onta' di interiornya, udh cukup menunjukkan bahwa mobil ini FWD.

Turning radius 5,2 meter..?? Wedeww... ngalahin Innova yang 5,4 meter. Tapi lebigh besar dari Avanza yg 4,7 meter (ya iyalah, emang udh beda dimensi. makanya saya bandingkan dengan Innova)

Lebar 1695 -> Lebih mungil dibanding Innova yg 1770.

Tapi tingginyaa...waow 1855? Hampir menyentuh angka 1900mm nya Mitsubishi Colt T120ss Karoseri Adiputro atap jumbo.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 27 Sept 2011, NISSAN NV200 akan Muncul di Indonesia !

Post by doq »

ngomong2 suspensi, apakah nv200 ini menggunakan per daun atawa per keong ya? gimana jg dg pilihan transmisi nya? manual/matik? system transmisi nya konvensional atawa cvt?
dan kalo oom TM ada foto dashboard nya tolong di post jg dunk :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator