Truck Second Terbaik

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kartikakarya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26

Re: Truck Second Terbaik

Post by kartikakarya »

:off_sleep:
thnks om Sl Obat.
Lam kenal
Aku Arman di kulon progo, tp sering jajah merapi juga.
iya tuh pernah liat truk w*hy* putra.
So bisa modif githu ya.......
pernah denger juga ada yang di modif di tranmisi n gardan punya nya FE super HD....
tapi bengkel mana ya yang sekitar "kita" yang bisa modif n gak beresiko jadi rewel perawatan.

Oh ya ... ada info Mitsu CD 120 PS th 1998-2000 bak kayu/sentral yg mo dijual???
mau..mau...mau.. :mad:
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

wah saya gak ada info om, biasanya disini juga ada yang dijual om taun segituan.
Klo modif mending ke fuso aja om (tapi teknisnya gmn saya g paham) kan dia emang dirancang buat daya muat 15ton, sedang mau super HD pun paling juga 8ton, ini rekomen pabrik ya.
Oiya klo bisa pakek bak yg kecil aja om (lebar maksimal sesuai lebar ban belakang), muatan keliatan lebih tinggi, truk gak gampang miring hehe..
Klo mau yang udah jadi, beli aja punya WP om, dulu dia punya coltdis taon 81 tp kepala udah ragasa punya hehehe..
Mau disopirin sendiri om?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

Fuso disini yg dimaksud FM ato FE70 intercooler? Kalo fuso FM ukuran udah jelas beda, hrs modif mayan banyak biar bisa msk. Tapi kl maksudnya yg intercooler, apa harga buat parts & modifnya sesuai dgn tujuan? Karena untuk FE70 sendiri termasuk msh baru & mahal harganya. CMIIW.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

FM..
Modifnya emang banyak bgt om, emang bener2 niat dah..

Sejak FE70 intercooler pakek nama mitsubishi fuso di grill nya, saya jadi bingung nyebut truk fuso yang besar itu apa om..
Mohon maap jika membingungkan..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

Wah kl pny fuso FM brarti modif besar tuh. Karena dr ukuran udah jelas beda semua. Perlu diingat jg kalopun mesin, gardan, transmisi udah dimodif demi meningkatkan kapasitas muatan, hrs diimbangi jg dgn penggantian velg & ban yg lebih besar. Kalo tidak diimbangi penggantian velg & ban, yah siap2 aja sewaktu2 ban meledak..
Benar om salah obat, sejak intercooler Mitsu udah pake nama Fuso karena ada perubahan kepemilikan saham di jepang. CMIIW
Last edited by BADAK on Mon Aug 22, 2011 7:59, edited 1 time in total.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Truck Second Terbaik

Post by solar_kerosen »

BADAK wrote:Wah kl pny fuso FM brarti modif besar tuh. Karena dr ukuran udah jelas beda semua. Perlu diingat jg kalopun mesin, gardan, transmisi udah dimodif demi meningkatkan kapasitas muatan, hrs diimbangi jg dgn penggantian velg & ban yg lebih besar. Kalo tidak diimbangi penggantian velg & ban, yah siap2 aja sewaktu2 ban meledak..
kalau semua di modif bukannya malah jadi Fuso beneran Dak :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
kartikakarya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26

Re: Truck Second Terbaik

Post by kartikakarya »

@om badak: emang aku juga pernah denger tentang gantinya bak presneling dan gardan dari fuso FM, dulu aku denger buat truk mitshu yang banyak beroperasi di daerah Dieng-Wonosobo, buat medan tanjakan super extrem bawa hasil pertanian sayur kentang, n pupuk, dll. N pas aku piknik ke dieng yang daerahnya ekstremmm....
Kendaraan yang sampai sana cuma kendaraan yg ber CC besar n Colt diesel FE yg 120-135 ps seri "X tra Transmition". Heeee...
Tapi... dmana bengkelnya........ ada info??,.... n kira2 brapa ya biayanya??
Rcana bsok bakal tak bongkar modif githu.... biar kl pas bawa pasir tenang di tanjakan. Gak keringat sejagung.
:frm_shock:
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

@Badak : setau saya velg n ban tetep 7.50 - 16 om. Masih kuat untuk sepuluh ton, apalagi ban dobel yang belakang kalo muatan penuh kan jadi nempel gt ban-nya, mungkin bisa menahan kekuatan lebih, yg penting jgn dikanisir panas/2x aja hehe.. Ini cuma pemikiran dangkal ane aja sih om..
@Kartikakarya : knp gak tanya temen2 yg udah dimodif truknya aja om mana bengkel yg bagus?


yang jelas harus RWD...upsss..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

Ban 750/16 sebenernya cukup beresiko untuk muatan 10ton. Sekali meletus dgn kondisi muatan penuh truk bisa terguling.
Mending diisi dgn muatan standard aja, demi keselamatan. Spare part jg bkl lbh awet.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

sippp om..
kartikakarya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26

Re: Truck Second Terbaik

Post by kartikakarya »

om..,,. dan kakak kakak ku...
minta pendapat nih......
jadinya aku besok pagi mau beli truk Colt Diesel 135 PS tahun 2000 bulan 12
Lah.... yang mau jadi pertanyaan???
Selisih lebar kabin kira2 berapa Cm ya dengan yang 120 PS thun itu, (facelift), Kok kayaknya gak selisih ya....??
Apa emang tipe Colt Diesel 135 PS ada 2 macam jenis Kabin?? :e-dance:

Trus aku liatin spesifikasi CD 136 PS yang FE 84 keluaran canter,, kok volume silinder (cc) sama ya dengan yang 125 PS (FE74). Lah kalo yang tahun 2000, beda gak tuh cc dari 120PS FE 349(kalo gak salah) dengan 135 PS FE brapa ya.....

Tentang harga jual kembalinya gimana ya buat 135 PS ini??
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

om kartika udah beli truknya?
Ini yang kepalanya warna abu2 apa kuning om?
Kalo yg abu2 pasti lebih lebar.
Karena jarang orang yang punya 135ps yg lebar (warna abu2) jadi ane kurang tau gmn harga jualnya om..
Soal jenis FE FE nya mungkin yg lain lebih tau om..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

Tipe Mitsu Colt Diesel banyak banget om. Saya sendiri gak hafal ada berapa tipe yg ada di Indo.
Untuk simplenya, cukup dikategorikan mulai dr yg tertua T200, FE'79, FE, PS100, PS120, PS135, dan yg terbaru PS New Intercooler. Tiap2 kategori masih dibagi lagi beberapa tipe, misal ada tipe FE101, FE104, FE114, FE119. Sedangkan untuk yg New Intercooler lebih banyak lg pembagiannya, mulai dr FE71, FE73, FE74, FE 83, FE84, dll.
Intinya biar gak pusing dibagi aja seperti kategori yg saya sebutkan sebelumnya, karena dr tipe2 tsb pembagian utama nya ada diangka awal. Misal FE7x, semua tipe FE7x memiliki displacement yg sama hanya beda didimensi & rasio gigi transmisi.
FE347 & FE349 pada masanya kurang begitu digemari drpd tipe PS100 & PS120, mustinya untuk harga sekennya lumayan jatuh. Padahal dr segi power & dimensi tipe ragasa (tepak) ini lebih unggul drpd PS (omplong). Mungkin karena harga yg lebih mahal & FC lebih boros mengakibatkan banyak yg beralih ke tipe PS.
Untuk perbedaan FE74 dgn FE84 saya bantu copas compare product keduanya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Truck Second Terbaik

Post by imsus2c »

wah, ternyata om badak ini pengetahuan tentang truk/kendaraan niaganya sip deh...

hail to master :frm_salut:

mo nanya sedkit oot, kenapa sekarang jarang lihat full-size bus dari mitsubishi ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

Saya cmn nubie aja om. Kebetulan aja ngerti dikit2 :ungg:
Kalo mslh bus jujur saya termasuk awam.
Dari yg saya tau, mitsu menghentikan produk bus nya ditaon 97-98 krn kalah bersaing dgn kompetitor. Mungkin hal ini disebabkan krn bus mitsu suspensinya terkenal kurang nyaman.
Kyk nya yg merajai pasar bus saat ini Hino. Kemarin waktu liburan sempat coba naik bus Hino & mmg untuk kenyamanan termasuk cukup enak. Suara mesin ckp kedap & tidak masuk ke kabin. Tapi kl untuk urusan mesin, saya tetap pilih mitsu. Mesin fuso yg digunakan udah terkenal kencang & bandel.
CMIIW.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

yang masih pakai bus mitsu JAYA ponorogo - surabaya om.
Dulu pas saya naek SK hino masih bisa disalip bus jaya, padahal busnya jelek om tp kok mesinnya msh kenceng, biasanya bagian belakang bus ini ada bendera khas moto gp n ada tulisan angka 46..
kartikakarya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Aug 18, 2011 16:26

Re: Truck Second Terbaik

Post by kartikakarya »

Hebat om badak buat apresiasinya terhadap Mobil Niaga di Indonesia.
Maju Terus..... :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:

thanks om badak. :frm_salut:
nih tambah tanya lagi om....
Punyaku Truk CD 135 PS FE 347. tahun 2000. dengan kabin (tepak) ukuran standart, (sama dengan 120PS tahun itu)
Ternyata isi silinder CD 135 PS 42xx CC sedangkan PS120 tahun itu 39xx CC,
padahal untuk FE 84 136 PS Canter = 39xx CC, alias sama dengan yang FE 74 Canter??? :e-doh: :e-doh: :e-doh:

Trus CD 135 PS ku, ada alat tambahan pada saluran masuk udara, layaknya turbo intercooler. N tak tanyain ke pemilik I, itu asli dari sononya??? Alat apakah itu??? n Fungsinya???

Kalo untuk Mitsu PS 135 FE 347 ini, selain isi silinder, Gardan, Chasis, n (alat tadi), secara teknis ada yang lain gak, mengingat sepertinya gak ada yang beda.??

Kira2, untuk standart konsumsi solar dengan (kondisi muatan dan sopir yang seimbang) bisa berapa kali lipatnya dari 120 PS.

Thanks unutk pencerahannya.

:mky_01:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Truck Second Terbaik

Post by imsus2c »

BADAK wrote:Saya cmn nubie aja om. Kebetulan aja ngerti dikit2 :ungg:
Kalo mslh bus jujur saya termasuk awam.
Dari yg saya tau, mitsu menghentikan produk bus nya ditaon 97-98 krn kalah bersaing dgn kompetitor. Mungkin hal ini disebabkan krn bus mitsu suspensinya terkenal kurang nyaman.
Kyk nya yg merajai pasar bus saat ini Hino. Kemarin waktu liburan sempat coba naik bus Hino & mmg untuk kenyamanan termasuk cukup enak. Suara mesin ckp kedap & tidak masuk ke kabin. Tapi kl untuk urusan mesin, saya tetap pilih mitsu. Mesin fuso yg digunakan udah terkenal kencang & bandel.
CMIIW.
betul, untuk bus2 ekonomi/bumel yg banyak memang hino,
kalo yg patas/eksekutif, rasanya masih dari eropa macam merc, volvo, scania...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Truck Second Terbaik

Post by imsus2c »

salah obat wrote:yang masih pakai bus mitsu JAYA ponorogo - surabaya om.
Dulu pas saya naek SK hino masih bisa disalip bus jaya, padahal busnya jelek om tp kok mesinnya msh kenceng, biasanya bagian belakang bus ini ada bendera khas moto gp n ada tulisan angka 46..
ouw, JAYA pakai mitsu ya? ga perhatikan :ungg:
kalau SK memang langganan hino, meski akhir2 ini (kalo ga salah) pakai dong feng
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

kartikakarya wrote:Hebat om badak buat apresiasinya terhadap Mobil Niaga di Indonesia.
Maju Terus..... :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:

thanks om badak. :frm_salut:
nih tambah tanya lagi om....
Punyaku Truk CD 135 PS FE 347. tahun 2000. dengan kabin (tepak) ukuran standart, (sama dengan 120PS tahun itu)
Ternyata isi silinder CD 135 PS 42xx CC sedangkan PS120 tahun itu 39xx CC,
padahal untuk FE 84 136 PS Canter = 39xx CC, alias sama dengan yang FE 74 Canter??? :e-doh: :e-doh: :e-doh:

Trus CD 135 PS ku, ada alat tambahan pada saluran masuk udara, layaknya turbo intercooler. N tak tanyain ke pemilik I, itu asli dari sononya??? Alat apakah itu??? n Fungsinya???

Kalo untuk Mitsu PS 135 FE 347 ini, selain isi silinder, Gardan, iChasis, n (alat tadi), secara teknis ada yang lain gak, mengingat sepertinya gak ada yang beda.??

Kira2, untuk standart konsumsi solar dengan (kondisi muatan dan sopir yang seimbang) bisa berapa kali lipatnya dari 120 PS.

Thanks unutk pencerahannya.

:mky_01:
Alat yg dimaksud posisinya di atas filter udara ya? Kalo gak salah itu disebut "air cleaner resonator". Fungsinya semacam saringan sebelum masuk ke filter udara.
Dimensi kabin ragasa FE347 sama kyk PS120. Kalo Ragasa 447 baru dimensinya lebih besar drpd PS.
FE347 & FE447 mmg displacement lebih besar drpd FE7x & FE8x, tp jgn lupa FE new udah dilengkapi turbo intercooler. Selain itu hampir semua spec mesin yg digunakan berbeda dgn FE347 & FE119. Parts untuk ragasa & PS intercooler termasuk mahal dibandingkan PS biasa. Makanya tipe PS120 paling laku dijamannya.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Truck Second Terbaik

Post by aldy »

BADAK wrote:Hal ini udah pernah dibahas bro, coba ntar disearch lg. Tapi saya coba bantu jawab ya bro.
Biasa kl light truck kyk gini tergantung daerahnya ya. Ada daerah yg dominan Coltdis, ada yg dominan elf, atau pun rino. Tapi kebanyakan di Indo ya mmg dominan si kepala kuning ini. Faktor knp coltdis sangat dominan salah satunya krn parts KW nya gak karuan banyaknya n parts shop nya jg tersebar smp pelosok2. Ini yg sulit ditandingi kompetitornya.
Kalo tingkat kebandelan sebenernya ya relatif sama, masing2 pny keunggulan & kekurangan. Di coltdis kaki kurang begitu kuat, tp mesin plg powerfull. Elf plg irit, tp konon kurang kuat buat nanjak. Kalo rino sebenernya ckp badak, tp entah knapa koq kalah bersaing.
Gw sering kejar2an ama si kepala kuning pake panther saya. Pd muatan kosong, si kepala kuning ini kenceng bgt larinya khas mesin mitsu. Apalagi yg udah turbo intercooler :mrgreen:
Jadi inget ane pernah kejar2an (surabaya-malang) ama truk kepala ijo intercooler (kinyis2) muatan ga jelas soalnya box..untung harga diri mobil ane (yg konon katanya ga jago nanjak boyo dll) masih ada..ga berhasil kesalip ane padahal jalan kiri kosong :mky_03: :mky_03: (yaiyalah ane oper gigi tiap +-4000rpm) :mrgreen: ..Tapi ane akuin dah kenceng bgt tuh truk 120km/h+ sampe malang masih nempel kyk prangko..akhirnya ane kasih jalan deh pengen liat penampakannya..wew ternyata kepala ijo intercooler 6 ban (kinyis2) :frm_salut: :frm_salut:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Truck Second Terbaik

Post by BADAK »

@aldy: Bukannya itu truk Hino pny indom*ret? :e-think:
Wah kalo lawan mbl bensin agak timpang jg ya, dr akselerasi & top speed udah jelas kalah. Kalo mbl gw msh seimbang, pake mesin diesel jadul & sama bobot yg berat. Malah lawannya udah turbo intetcooler, pny gw turbo mainan :mrgreen:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Truck Second Terbaik

Post by salah obat »

atau itu truk yg biasa bawa cat av*an. belum kalo itu truk ada muatannya. 2 ton kan belum keliatan muatan. Saya jg pernah om mbuntutin pakek panther sepuh saya, baru bisa diselip di 120kpj, ketika jalan kosong, jalur by pas mojokerto juga.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Truck Second Terbaik

Post by nescafe »

aldy wrote:
BADAK wrote:Hal ini udah pernah dibahas bro, coba ntar disearch lg. Tapi saya coba bantu jawab ya bro.
Biasa kl light truck kyk gini tergantung daerahnya ya. Ada daerah yg dominan Coltdis, ada yg dominan elf, atau pun rino. Tapi kebanyakan di Indo ya mmg dominan si kepala kuning ini. Faktor knp coltdis sangat dominan salah satunya krn parts KW nya gak karuan banyaknya n parts shop nya jg tersebar smp pelosok2. Ini yg sulit ditandingi kompetitornya.
Kalo tingkat kebandelan sebenernya ya relatif sama, masing2 pny keunggulan & kekurangan. Di coltdis kaki kurang begitu kuat, tp mesin plg powerfull. Elf plg irit, tp konon kurang kuat buat nanjak. Kalo rino sebenernya ckp badak, tp entah knapa koq kalah bersaing.
Gw sering kejar2an ama si kepala kuning pake panther saya. Pd muatan kosong, si kepala kuning ini kenceng bgt larinya khas mesin mitsu. Apalagi yg udah turbo intercooler :mrgreen:
Jadi inget ane pernah kejar2an (surabaya-malang) ama truk kepala ijo intercooler (kinyis2) muatan ga jelas soalnya box..untung harga diri mobil ane (yg konon katanya ga jago nanjak boyo dll) masih ada..ga berhasil kesalip ane padahal jalan kiri kosong :mky_03: :mky_03: (yaiyalah ane oper gigi tiap +-4000rpm) :mrgreen: ..Tapi ane akuin dah kenceng bgt tuh truk 120km/h+ sampe malang masih nempel kyk prangko..akhirnya ane kasih jalan deh pengen liat penampakannya..wew ternyata kepala ijo intercooler 6 ban (kinyis2) :frm_salut: :frm_salut:
nah.. coba habis ini dipertandingkan, sama2 bawa beban 2 ton, coba test di jalan rata.. yang boyo yang mana.. :upss:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Truck Second Terbaik

Post by zweifellos »

nescafe wrote:
aldy wrote:
BADAK wrote:Hal ini udah pernah dibahas bro, coba ntar disearch lg. Tapi saya coba bantu jawab ya bro.
Biasa kl light truck kyk gini tergantung daerahnya ya. Ada daerah yg dominan Coltdis, ada yg dominan elf, atau pun rino. Tapi kebanyakan di Indo ya mmg dominan si kepala kuning ini. Faktor knp coltdis sangat dominan salah satunya krn parts KW nya gak karuan banyaknya n parts shop nya jg tersebar smp pelosok2. Ini yg sulit ditandingi kompetitornya.
Kalo tingkat kebandelan sebenernya ya relatif sama, masing2 pny keunggulan & kekurangan. Di coltdis kaki kurang begitu kuat, tp mesin plg powerfull. Elf plg irit, tp konon kurang kuat buat nanjak. Kalo rino sebenernya ckp badak, tp entah knapa koq kalah bersaing.
Gw sering kejar2an ama si kepala kuning pake panther saya. Pd muatan kosong, si kepala kuning ini kenceng bgt larinya khas mesin mitsu. Apalagi yg udah turbo intercooler :mrgreen:
Jadi inget ane pernah kejar2an (surabaya-malang) ama truk kepala ijo intercooler (kinyis2) muatan ga jelas soalnya box..untung harga diri mobil ane (yg konon katanya ga jago nanjak boyo dll) masih ada..ga berhasil kesalip ane padahal jalan kiri kosong :mky_03: :mky_03: (yaiyalah ane oper gigi tiap +-4000rpm) :mrgreen: ..Tapi ane akuin dah kenceng bgt tuh truk 120km/h+ sampe malang masih nempel kyk prangko..akhirnya ane kasih jalan deh pengen liat penampakannya..wew ternyata kepala ijo intercooler 6 ban (kinyis2) :frm_salut: :frm_salut:
nah.. coba habis ini dipertandingkan, sama2 bawa beban 2 ton, coba test di jalan rata.. yang boyo yang mana.. :upss:
emang yang dibilang boyo, ga nanjak itu mobil apa ya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.