"teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

klitz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Jun 25, 2007 10:09

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by klitz »

haha.. habis baca dari awal, lucu juga nih.. sepertinya ada sedikit misunderstanding antara TS dengan om VM, padahal sebenarnya maksudnya sudah sama :p

ane sebagai orang yang bener bener awam tentang ini semua, cuma bisa melihat ini dari sisi logika, dan sebenarnya maksud om TS itu sudah dijelaskan ama om imsus2c (yang ane bold dibawah), ini yang dimaksud ama om TS dengan "pembodohan" tersebut, sama sama kadar emisinya sama, hanya di"encer"kan dulu sebelum diukur, maksudnya gitu bukan om TS ?
imsus2c wrote: perumpamaan gampangnya, ada 1 sendok gula, mau dilarutkan dalam 1 gelas atau 2 gelas air, tetep aja nilai energinya 1 sendok gula, hanya saja rasanya pasti beda antara yg 1 dengan 2 gelas air

kalau ingin menurunkan nilai energinya, tentu harus lewat pemecahan kimia
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

maskopat wrote:kalo memang maksudnya air induction itu dilakukan di knalpot, mungkin ane coba jelaskan seperti ini...

kita pake perumpamaan air dan gula... misalkan polusi yang dihasilkan dari hasil pembakaran itu merupakan gula yang sudah terlarut dengan air (baca: udara).... lalu dengan air induction ini, seperti menambahkan air (baca: udara bersih) ke dalam gelas (baca: knalpot) sehingga kadar gula (baca: polusi) jadi lebih tidak manis (baca: rasio polusi dan udara jadi lebih kecil).. tapi sebenernya gulanya tetap 1 sendok (baca: polusi yang dihasilkan)... bukan begitu maksudnya om sx4user?
Kalo ana boleh menganalisis, bukan seperti itu yang dimaksut om viqi. Dia justru menganggap teknologi itu MEMBODOHI konsumen. Lha...sableng to? Katanya cinta lingkungan bersih, tapi kok malah menganggap upaya menekan emisi untuk menjaga lingkungan, malah dianggap membodohi kita, karena asap buangan malah jadi ngga pekat. Ngawur tho? Dia (mungkin) maunya motor tu pake CC semua. (Mungkin) menurut dia pakai CC tuh jauh lebih bermutu dan ngga ngibulin dibanding pakai injeksi udara ke eksos..

Lantas apa esensinya, kalau yang satu 'diencerkan' tapi yang lain dikonvert? Yang penting, OUTPUT emisi yang keluar dari knalpot sudah sesuai regulasi.

Gitu..

Makanya ane tadi kasih kuliah singkat seperti di atas, om kopat,..,,
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

maskopat wrote:kalo memang maksudnya air induction itu dilakukan di knalpot, mungkin ane coba jelaskan seperti ini...

kita pake perumpamaan air dan gula... misalkan polusi yang dihasilkan dari hasil pembakaran itu merupakan gula yang sudah terlarut dengan air (baca: udara).... lalu dengan air induction ini, seperti menambahkan air (baca: udara bersih) ke dalam gelas (baca: knalpot) sehingga kadar gula (baca: polusi) jadi lebih tidak manis (baca: rasio polusi dan udara jadi lebih kecil).. tapi sebenernya gulanya tetap 1 sendok (baca: polusi yang dihasilkan)... bukan begitu maksudnya om sx4user?

bulls eye !
yup, ane tambahin ya bro.....:

kita pake perumpamaan air dan gula... misalkan polusi yang dihasilkan dari hasil pembakaran itu merupakan gula yang sudah terlarut dengan air (baca: udara).... lalu dengan air induction ini, seperti menambahkan air (baca: udara bersih) ke dalam gelas (baca: knalpot) sehingga kadar gula (baca: polusi) jadi lebih tidak manis (baca: rasio polusi dan udara jadi lebih kecil).. tapi sebenernya gulanya tetap 1 sendok (baca: polusi yang dihasilkan)...

sementara kita ngukurnya sekedar manis atau kurang manis (baca: hasil uji emisi gas buang)



@klitz
saya juga udah bilang "kita tidak berseberangan Om VM"

saya pikir misunderstandingnya adalah di parameter pengukuran dan lingkup pengukuran.
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

VanzMatic wrote: Kalo ana boleh menganalisis, bukan seperti itu yang dimaksut om viqi. Dia justru menganggap teknologi itu MEMBODOHI konsumen. Lha.............
Abis ini om viqi yang bingung. Nggak merasa bilang hal tersebut...
no signature
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

sx4user wrote:
maskopat wrote:kalo memang maksudnya air induction itu dilakukan di knalpot, mungkin ane coba jelaskan seperti ini...

kita pake perumpamaan air dan gula... misalkan polusi yang dihasilkan dari hasil pembakaran itu merupakan gula yang sudah terlarut dengan air (baca: udara).... lalu dengan air induction ini, seperti menambahkan air (baca: udara bersih) ke dalam gelas (baca: knalpot) sehingga kadar gula (baca: polusi) jadi lebih tidak manis (baca: rasio polusi dan udara jadi lebih kecil).. tapi sebenernya gulanya tetap 1 sendok (baca: polusi yang dihasilkan)... bukan begitu maksudnya om sx4user?
Memang gulanya tetep satu sendok. Tapi kalau dalam real kehidupan nyata, saya mau tanya: Kalo seseorang menambahkan air pada segelas air di gelas, tujuan sebenarnya untuk apa oom? Coba tolong jawab dlu..

bulls eye !
yup, ane tambahin ya bro.....:

kita pake perumpamaan air dan gula... misalkan polusi yang dihasilkan dari hasil pembakaran itu merupakan gula yang sudah terlarut dengan air (baca: udara).... lalu dengan air induction ini, seperti menambahkan air (baca: udara bersih) ke dalam gelas (baca: knalpot) sehingga kadar gula (baca: polusi) jadi lebih tidak manis (baca: rasio polusi dan udara jadi lebih kecil).. tapi sebenernya gulanya tetap 1 sendok (baca: polusi yang dihasilkan)...

sementara kita ngukurnya sekedar manis atau kurang manis (baca: hasil uji emisi gas buang)



@klitz
saya juga udah bilang "kita tidak berseberangan Om VM"

saya pikir misunderstandingnya adalah di parameter pengukuran dan lingkup pengukuran.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

sx4user wrote:
sementara kita ngukurnya sekedar manis atau kurang manis (baca: hasil uji emisi gas buang)
Memang itu 'kan tujuannya. Gimana caranya biar emisi yang keluar dari ujung knalpot sesuai regulasi di negara tersebut.
Regulasinya 'kan diukur di ujung saluran pembuangan, dimana dalam hal ini adalah knalpot. Kalau ternyata dari sejak kendaraan bermotor pertama, ujung saluran pembuangannya di exhaust manifold, ya ngukurnya dari exhaust manifold...
no signature
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
om viqi bingung... :e-dance:

om viqi bingung... :e-dance:

om viqi bingung... :e-dance:

om viqi bingung... :e-dance:

om viqi bingung... :e-dance:


:upss:


Nggak pernah nongol di thread ini, tapi dia ditanyain sama om VM... :e-whistle:

:mrgreen:
no signature
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

VanzMatic wrote:

Sebelum kuliah singkat dimulai, mohon mindsetnya kita samakan dulu ya oom... :mrgreen:

Tujuan utama semua teknologi itu dipakai hanya satu: Bagaimana agar output emisi yang dilepas dari knalpot bisa sesuai regulasi Euro di negara tertentu.
umpamanya waktu sekolah dulu, "kagak mau tahu bagaimana caranya, yang penting LULUS"

Metode yang dipakai, bisa bermacam2 oom...! Bisa dari yang paling techy, yaitu pakai injeksi + Catalytic Conv sampai dengan metode injeksi fresh air di saluran pembuangan.

Dengan metode ini injeksi elektronik, gas buang bisa diatur setelannya dengan cara memprogram ECU agar menyemprotkan bahan bakar hanya sesuai kebutuhan mesin saat itu dengan parameter suhu mesin, suhu luar, suhu ruang, elevasi kendaraan dll, dan supaya gas buang bisa kedeteksi, sesuai dengan regulasi yang berlaku. Jadi, dengan pake injeksi elektronik + CC, gas buang sudah diatur supaya saat keluar dari moncong knalpot, sudah bersih / sesuai regulasi. Inilah tujuannya, oom. Apakah ini juga dimaksud penipuan / pembodohan....?
tentunya nggak dong ? karena teknologi ini memang menghasilkan emisi yang lebih hijau.
karena kalau nggak pake ecu, bisa-bisa bahan bakar yang masuk ke ruang bakar berlebih, dan efeknya telah ditulis Om Imsus : Catalyst Poisoning


Sedangkan dengan metode injeksi udara di saluran eksos, juga demikian sama halnya. Tujuannya adalah supaya gas buangan yang keluar sudah rendah emisinya, tapi dengan cost produksi yang lebih rendah,
maning, POKOKE LULUS
implikasinya adalah turut menekan harga jual, agar terjangkau di kalangan middle low level buyer. Kalau kita sudah tegas mengacu ke Euro3 apalagi Euro4, saya yakin semua sepeda motor dari cc kecil sampai besar, sudah wajib pakai injeksi dan CC. Karena teknologi karburator dan injeksi udara eksos sudah tidak sanggup lagi menekan tingkat emisi ke tingkat Euro3 maupun Euro4.

Lah kalau dua metode di atas dianggap pembodohan, apa maksud Anda?
Om, kan saya udah tulis kalau CC termasuk yang saya salutin, meskipun setelah dijelas Om imsus ngeri juga dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan pada waktu perolehan bahan bakunya



Apa maksud Anda adalah produsen kendaraan harus sudah menemukan mesin baru, dimana tanpa CC maupun Injeksi udara di eksos, udara sudah bersih?
lebih cepat lebih baik, siapa tau dapet wangsit

Ada oom, bahan bakarnya AIR! Dari air, yang diambil unsur atom Hidrogen nya untuk menghasilkan pembakaran. Tapi oom udah bayangkan apa belum, berapa biaya riset mesin berbahan bakar air yg sedang dikembangkan Honda itu?
tapi jangan sementara riset belum berhasil trus ngadalin konsumen dong ?


Atau simpelnya, sprti di Brazil. Di sana pemerintahnya sudah menetapkan biofuel dengan campuran tetes tebu dalam komposisi BBM nya. Tapi itu berarti tetap saja masih memakai mesin berbahan bakar Hidrokarbon (fossil), cumaa...tingkat emisinya sudah jauh lebih berkurang, tanpa harus memakai teknologi ini itu ini itu... Murah dari sisi harga jual baru mobil / motor, tapi butuh riset awal yang agak mahal di perusahaan minyak negara nya.
semua membutuhkan pengorbanan Om (biaya riset), at least hasilnya lebih hijau kan ?

Intinya, selama mesin jenis pembakaran dalam yg berbahan bakar Hydrocarbon (Bahan bakar fossil) masih diproduksi dan dipakai, selama itu lah tingkat emisinya masih harus ditekan dengan penggunaan teknologi penekan emisi.
jangan asal LULUS ya ? ntar lulusnya nipu komputer pembaca hasil ujian lagi ?

Semoga berkenan.
semoga berkenan

"Class dismissed" :big_smoking:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

Gimana oom, kok pertanyaan saya belum kejawab, malah ngejawabnya yang asal njeplak, oom viqi...? :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Hansen »

Om viqi dimana engkau........:upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss: :upss:
Image
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

Ryan Steele wrote:
sx4user wrote:
sementara kita ngukurnya sekedar manis atau kurang manis (baca: hasil uji emisi gas buang)
Memang itu 'kan tujuannya. Gimana caranya biar emisi yang keluar dari ujung knalpot sesuai regulasi di negara tersebut.
Regulasinya 'kan diukur di ujung saluran pembuangan, dimana dalam hal ini adalah knalpot. Kalau ternyata dari sejak kendaraan bermotor pertama, ujung saluran pembuangannya di exhaust manifold, ya ngukurnya dari exhaust manifold...

semangat go green, hidup lebih sehat, sehingga ada pengukuran dan penelitian supaya emisi gas buang mesin kan buat orang sedunia Om ?
kita sendiri terlambat lo memulainya.

secara global (sedunia)
Emisi gas buang mesin yang menggunakan CC memang mengurangi tingkat polusi yang disebabkan emisi gas buang yang dihasilkan mesin otomotif
(lepas dari implikasinya seperti yang telah diinfokan om imsus)

tapi kalau induksi udara yang saya asumsikan ini , secara global tidak mengurangi tingkat polusi akibat emisi gas buang otomotif



kalau tujuannya menghasilkan pembacaan emisi gas buang yang rendah, boleh lah pake induksi udara
tapi analoginya :
kita disini selamet (emisi gas buang terbaca rendah), orang di luar sono (Amrik / eropa) nggak selamet
TAPI KALAU GILIRAN MEREKA SELAMET, KITA NGGAK GIMANA ?
Last edited by sx4user on Thu Apr 14, 2011 8:36, edited 1 time in total.
klitz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Jun 25, 2007 10:09

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by klitz »

VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
kalo nubie bole ikut menambahkan, yang ane nangkep dari maksud TS adalah :

kendaraan tanpa "teknologi yang membodohi" itu anggep emisi buangan angkanya 100,
sementara kendaraan yang memakai "teknologi yang membodohi", emisi buangan awalnya juga 100, tapi setelah ditambahin udara (100), jadinya waktu pengukuran, emisi buangannya jadi lebih "encer", jadi 50%, padahal sebenarnya yang dihasilkan itu tetep 100 juga. jadinya waktu diukur, sepertinya lebih environment friendly, padahal setelah lepas ke udara bebas, sama aja.

mohon dikoreksi ama TS kalo ane juga salah nangkep maksudnya :p
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

sx4user wrote:

semangat go green, hidup lebih sehat, sehingga ada pengukuran dan penelitian supaya emisi gas buang mesin kan buat orang sedunia Om ?
kita sendiri terlambat lo memulainya.

secara global (sedunia)
Emisi gas buang mesin yang menggunakan CC memang mengurangi tingkat polusi yang disebabkan emisi gas buang yang dihasilkan mesin otomotif

tapi kalau induksi udara yang saya asumsikan ini , secara global tidak mengurangi tingkat polusi akibat emisi gas buang otomotif



kalau tujuannya menghasilkan pembacaan emisi gas buang yang rendah, boleh lah pake induksi udara
tapi analoginya :
kita disini selamet (emisi gas buang terbaca rendah), orang di luar sono (Amrik / eropa) nggak selamet
TAPI KALAU GILIRAN MEREKA SELAMET, KITA NGGAK GIMANA ?
Pertanyaan saya udah dijawab pa blom siy? Lama amat?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

klitz wrote: kalo nubie bole ikut menambahkan, yang ane nangkep dari maksud TS adalah :

kendaraan tanpa "teknologi yang membodohi" itu anggep emisi buangan angkanya 100,
sementara kendaraan yang memakai "teknologi yang membodohi", emisi buangan awalnya juga 100, tapi setelah ditambahin udara (100), jadinya waktu pengukuran, emisi buangannya jadi lebih "encer", jadi 50%, padahal sebenarnya yang dihasilkan itu tetep 100 juga. jadinya waktu diukur, sepertinya lebih environment friendly, padahal setelah lepas ke udara bebas, sama aja.

mohon dikoreksi ama TS kalo ane juga salah nangkep maksudnya :p
Pertanyaan saya aja belom dijawab tuh:
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
Apalagi diminta kasih data hasil tes emisi motor dengan teknologi 'pembodohan' ala oom viqi.. :mrgreen:

Mana hasil tesnya, oom viqi...? Takut ketauan yaa kalo ternyata hasilnya memang LOLOS EURO2? :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

klitz wrote:
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
kalo nubie bole ikut menambahkan, yang ane nangkep dari maksud TS adalah :

kendaraan tanpa "teknologi yang membodohi" itu anggep emisi buangan angkanya 100,
sementara kendaraan yang memakai "teknologi yang membodohi", emisi buangan awalnya juga 100, tapi setelah ditambahin udara (100), jadinya waktu pengukuran, emisi buangannya jadi lebih "encer", jadi 50%, padahal sebenarnya yang dihasilkan itu tetep 100 juga. jadinya waktu diukur, sepertinya lebih environment friendly, padahal setelah lepas ke udara bebas, sama aja.

mohon dikoreksi ama TS kalo ane juga salah nangkep maksudnya :p

bener bro...... bener...... tapi jangan2 ente cuma sebagian kecil orang yang nangkep maksud ane ?
gimana caranya semua orang nangkep maksud ane ya ?
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by esh »

The Air Induction System (A.I.S.) burns unburned exhaust gases by injecting fresh air into the exhaust port. This injection of fresh air into the exhaust port reduces hydrocarbon emissions.

Source: http://www.yamaha-motor.ca/technology/t ... M&tech=AIS
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

VanzMatic wrote:Pertanyaan saya aja belom dijawab tuh:
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
Apalagi diminta kasih data hasil tes emisi motor dengan teknologi 'pembodohan' ala oom viqi.. :mrgreen:

Mana hasil tesnya, oom viqi...? Takut ketauan yaa kalo ternyata hasilnya memang LOLOS EURO2? :mrgreen:
Om VM... om viqi nggak pernah nognol di thread ini...
Kecuali om sx4user namanya viqi...
no signature
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

esh wrote:The Air Induction System (A.I.S.) burns unburned exhaust gases by injecting fresh air into the exhaust port. This injection of fresh air into the exhaust port reduces hydrocarbon emissions.

Source: http://www.yamaha-motor.ca/technology/t ... M&tech=AIS
Berarti penambahan udara bersih dimaksudkan untuk membakar gas sisa pembakaran yang belum terbakar?
no signature
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

sx4user wrote:
klitz wrote:
kalo nubie bole ikut menambahkan, yang ane nangkep dari maksud TS adalah :

kendaraan tanpa "teknologi yang membodohi" itu anggep emisi buangan angkanya 100,
sementara kendaraan yang memakai "teknologi yang membodohi", emisi buangan awalnya juga 100, tapi setelah ditambahin udara (100), jadinya waktu pengukuran, emisi buangannya jadi lebih "encer", jadi 50%, padahal sebenarnya yang dihasilkan itu tetep 100 juga. jadinya waktu diukur, sepertinya lebih environment friendly, padahal setelah lepas ke udara bebas, sama aja.

mohon dikoreksi ama TS kalo ane juga salah nangkep maksudnya :p

bener bro...... bener...... tapi jangan2 ente cuma sebagian kecil orang yang nangkep maksud ane ?
gimana caranya semua orang nangkep maksud ane ya ?
Makanya saya tanya oom sx4user, kok ga jawab2?
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom sx4user... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
Last edited by VanzMatic on Thu Apr 14, 2011 8:56, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

Ryan Steele wrote:
VanzMatic wrote:Pertanyaan saya aja belom dijawab tuh:
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
Apalagi diminta kasih data hasil tes emisi motor dengan teknologi 'pembodohan' ala oom viqi.. :mrgreen:

Mana hasil tesnya, oom viqi...? Takut ketauan yaa kalo ternyata hasilnya memang LOLOS EURO2? :mrgreen:
Om VM... om viqi nggak pernah nognol di thread ini...
Kecuali om sx4user namanya viqi...
Yap, maaf salah panggil, koreksi, om sx4user yaa...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

VanzMatic wrote:
klitz wrote: kalo nubie bole ikut menambahkan, yang ane nangkep dari maksud TS adalah :

kendaraan tanpa "teknologi yang membodohi" itu anggep emisi buangan angkanya 100,
sementara kendaraan yang memakai "teknologi yang membodohi", emisi buangan awalnya juga 100, tapi setelah ditambahin udara (100), jadinya waktu pengukuran, emisi buangannya jadi lebih "encer", jadi 50%, padahal sebenarnya yang dihasilkan itu tetep 100 juga. jadinya waktu diukur, sepertinya lebih environment friendly, padahal setelah lepas ke udara bebas, sama aja.

mohon dikoreksi ama TS kalo ane juga salah nangkep maksudnya :p
Pertanyaan saya aja belom dijawab tuh:
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
Apalagi diminta kasih data hasil tes emisi motor dengan teknologi 'pembodohan' ala oom viqi.. :mrgreen:

Mana hasil tesnya, oom viqi...? Takut ketauan yaa kalo ternyata hasilnya memang LOLOS EURO2? :mrgreen:



om viqi siapa sih ?
gue ?
viqi apalagi neh ? jetstaaaaar kaleeeeee :(

LOLOS EURO2 ? ya emang lolos !
pake cara ngadalin kan ?

bingung gue, gimana sih kok setelah sekian pangjang ni trit nggak nangkep maksud gue ?
ente ngotot mulu ah. ngetes pake cara loe ? ASAL LULUS gitu ?
tuh di atas sudah ada nangkep maksud gue. (belum membenarkan, baru nangkep lo)

:big_peace: :big_peace: :big_peace:

gue terbuka kalo ada yang ngasih masukan cara ngetes selain cara om VM
cara yang masuk akal, bukan cara yang pasrah ma para kadal !

masa kentut masuk......
analogi gula diterus-terusin......
gue dibilang sableng lah ....... bodoh lah........ ngeyel lah.......
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Hansen »

sx4user wrote:
klitz wrote:
VanzMatic wrote:Coba saya tanya oom viqi... Dalam kehidupan nyata, seseorang kalau menambahkan air pada segelas air bergula tadi, apa tujuan dia, oom?

Tolong jawab dulu ya..
kalo nubie bole ikut menambahkan, yang ane nangkep dari maksud TS adalah :

kendaraan tanpa "teknologi yang membodohi" itu anggep emisi buangan angkanya 100,
sementara kendaraan yang memakai "teknologi yang membodohi", emisi buangan awalnya juga 100, tapi setelah ditambahin udara (100), jadinya waktu pengukuran, emisi buangannya jadi lebih "encer", jadi 50%, padahal sebenarnya yang dihasilkan itu tetep 100 juga. jadinya waktu diukur, sepertinya lebih environment friendly, padahal setelah lepas ke udara bebas, sama aja.

mohon dikoreksi ama TS kalo ane juga salah nangkep maksudnya :p

bener bro...... bener...... tapi jangan2 ente cuma sebagian kecil orang yang nangkep maksud ane ?
gimana caranya semua orang nangkep maksud ane ya ?
untuk TS, apakah benar maksud yg ingin anda sampaikan analoginya seperti ini?

ada 10 ml sirup melon,
karena kalo sirup 10 ml murni tsb langsung diminum, akan terasa terlalu manis... oleh karena itu dicampurlah dengan segelas air hingga rasanya tidak terlalu pekat/manis
antara sirup 10 ml murni dan sirup 10 ml yg dicampur dengan segelas air... lebih banyak manakah jumlah sirup yg kita konsumsi? jawabannya ya tetap kita mengkonsumsi 10 ml sirup walaupun sudah dicampur dengan air

mau 10 ml sirup tersebut dicampur dengan 1 gallon air hingga tidak ada rasanya juga tetap kita menelan 10 ml sirup tersebut bukan? dengan catatan kita meminum semua airnya yg 1 gallon + 10 ml sirup tsb...

ane ga bilang siapa yg benar dan siapa yg salah ya... cuma barangkali ada yg belum mengerti maksud sang TS :big_peace:
Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by esh »

Ryan Steele wrote:
esh wrote:The Air Induction System (A.I.S.) burns unburned exhaust gases by injecting fresh air into the exhaust port. This injection of fresh air into the exhaust port reduces hydrocarbon emissions.

Source: http://www.yamaha-motor.ca/technology/t ... M&tech=AIS
Berarti penambahan udara bersih dimaksudkan untuk membakar gas sisa pembakaran yang belum terbakar?
Kalau yang saya tangkap artinya lebih ke menguraikan karena di exhaust port sudah tidak ada proses pembakaran lagi. Statement itu saya hanya copas dari source Yamaha.

Menguraikan bisa berarti mengencerkan. CMIIW :big_peace:
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

esh wrote:The Air Induction System (A.I.S.) burns unburned exhaust gases by injecting fresh air into the exhaust port. This injection of fresh air into the exhaust port reduces hydrocarbon emissions.

Source: http://www.yamaha-motor.ca/technology/t ... M&tech=AIS



emangnya kalo tanpa AIS, setelah "unburned exhaust gases" keluar dari knalpot nggak terbakar oleh fresh air ?