Pajero sport vs fortuner

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

evolution21 wrote:@Viqi :
kira2 apa ya yg membuat landrover rangkanya kuat sekali?
kalo dibandingkan mobil2 yg ada di atpm sekarang ini, yg kekuatan rangkanya sebanding mobil apa?
kayaknya mobil di kelas ini rangkanya kuat2 koq om... pernah lihat pajero terguling2, penyok2 dikit aja.. atap masih berdiri.
apalagi kalo ditambahin dengan roll bar... :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by viqi- »

evolution21 wrote:@Viqi :
kira2 apa ya yg membuat landrover rangkanya kuat sekali?
kalo dibandingkan mobil2 yg ada di atpm sekarang ini, yg kekuatan rangkanya sebanding mobil apa?
saya kurang ngerti mas, tp dulu ada vendornya khusus bt ngerawat ni barang bilang, defender body kuat bgt bodynya dari bahan alumunium campuran gt tp klo sekali penyok harus ganti perbagian karena g bisa di ketok magic....kata orangnya sihhhh saya jg g tau pasti apa bener gt....
klo imbangannya defender dengan mobil yg beredar di indonesia gw g tau pasti, tapi klo badaknya sama dengan taft hi line dehh, tp sayang ni mobil udah berhenti produksi untuk umum sejak awal thn 2000. tapi salah satu perusahaan konstruksi migas pt. tripatra engineering pernah pesan khusus ni mobil tahun 2005. untuk orang daerah sumatra byk yg hunting nihhh mobil, sebagai perbandingan taft hi line pick up dengan kondisi cukup bisa di hargain sekitar 120 jtan n bnayak yg minat, bandingin ama ford ranger d-cab dengan kondisi bagus bersih tahun 2003 cm d tawarin 95 jt, itu pun payah jualnya.
viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by viqi- »

ZombiEE wrote:@viqi: ente di riau dimana nya?batam ya?kalo batam emg kaga heran.....
@maskopat: koh kopat,,,,itu ring yang mengisi gap antara velg after market dan as tengah....jadi biasanya velg bawaan mobil itu kalo dop nya dilepasin (tergantung dop), akan nampak tidak ada gap antara lubang tengah velg dan as tengah mobil...thanks.
om.. saya pikir g harus di batam ajhaa, saya udah pernah keliling dari pertambangan baik migas, batu bara dll. saya g tau kenapa di sana banyak mobil2 yang secara resmi g beredar di indonesia. jangankan mobil kecil, sedangkan untuk selevel truck merk MACK, SCANIA, KENWOORTH, SAAB, IVECO, dll berseliweran di daerah pertambangan.....bahkan ada truck yg ban nya setinggi rumah...
pernah ada unit crane ternama "TEREX" ngasi produk barunya pertama untuk di kalimantan 3 unit, intinya pertama yg memakai seri tersebut di dunia.
kenapa beberapa merek TOP lebih seneng mengutamakannya untuk di daerah pertambangan yg berat??IMHO sebagai ajang promosi yg murah dan medunia...kenapa???karena contoh....chevron ada lebih dari 182 negara klo seandainya satu chevron ajhaa yg makai itu produk n sukses namanya harum otomatis akan menjadi kiblat buat buat chevron2 di negara lainnya untuk menggunakan produk tersebut... itu baru satu perusahaan migas.......belum lagi ada banyak lainnya semacam shell, BP, Petronas dll
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by BADAK »

VanzMatic wrote:
BADAK wrote:wih om viqi udah kenyang pengalaman bawa mbl2 kelas berat tuh. pst medan disana ganas bgt ya om? tp kalo catptiva kyk nya lebih nyaman buat di perkotaan ya drpd di medan terjal?
Wah jd berubah pikiran gw ama PS..
Maksudna, berubah pikiran ke PS ato dari PS ke Kucing Garong lagi...? :big_slap:
Ya berubah dr kucing garong ke PS om :upss:
Saya suka ama mobil diesel, n setelah kucing niatnya kl ada rejeki naek ke PS karena pilihan ke medium SUV diesel gak banyak. CRV, Xtrail, n GV gak ada versi diesel. Jd pilihannya tinggal fortie, PS, Captiva, Evie. Sebelumnya menganggap PS plg Ok, tp skrg kyk nya Captiva merupakan yg plg nyaman & tercanggih di kelasnya. :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by viqi- »

BADAK wrote:
VanzMatic wrote:
BADAK wrote:wih om viqi udah kenyang pengalaman bawa mbl2 kelas berat tuh. pst medan disana ganas bgt ya om? tp kalo catptiva kyk nya lebih nyaman buat di perkotaan ya drpd di medan terjal?
Wah jd berubah pikiran gw ama PS..
Maksudna, berubah pikiran ke PS ato dari PS ke Kucing Garong lagi...? :big_slap:
Ya berubah dr kucing garong ke PS om :upss:
Saya suka ama mobil diesel, n setelah kucing niatnya kl ada rejeki naek ke PS karena pilihan ke medium SUV diesel gak banyak. CRV, Xtrail, n GV gak ada versi diesel. Jd pilihannya tinggal fortie, PS, Captiva, Evie. Sebelumnya menganggap PS plg Ok, tp skrg kyk nya Captiva merupakan yg plg nyaman & tercanggih di kelasnya. :e-think:
setuju bgt gw ame pola pikir lo om.... bener bgt, mobil mid SUV diesel yg bener2 di rancang untuk kenyamanan yahhh captiva diesel, saya pernah pinjem captiva diesel temen dari perjalanan jauh dengan berbagai macam kondisi jalan sekitar 9 jam perjalanan n pas balikin tuhh mobil lgsg bawa everest, dalam perjalanan pulang gw tanpa sadar nyeletuk "seenak-enaknya mobil diesel jauh lebih enak mobil bensin" pas besoknya baru gw sadar, klo captiva y gw bawa tuhh diesel..... :big_slap:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Hansen »

:upss: :upss: :upss:
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by imsus2c »

BADAK wrote:
VanzMatic wrote:
BADAK wrote:wih om viqi udah kenyang pengalaman bawa mbl2 kelas berat tuh. pst medan disana ganas bgt ya om? tp kalo catptiva kyk nya lebih nyaman buat di perkotaan ya drpd di medan terjal?
Wah jd berubah pikiran gw ama PS..
Maksudna, berubah pikiran ke PS ato dari PS ke Kucing Garong lagi...? :big_slap:
Ya berubah dr kucing garong ke PS om :upss:
Saya suka ama mobil diesel, n setelah kucing niatnya kl ada rejeki naek ke PS karena pilihan ke medium SUV diesel gak banyak. CRV, Xtrail, n GV gak ada versi diesel. Jd pilihannya tinggal fortie, PS, Captiva, Evie. Sebelumnya menganggap PS plg Ok, tp skrg kyk nya Captiva merupakan yg plg nyaman & tercanggih di kelasnya. :e-think:
ada yg lain tuh..tapi ga populer, mungkin jelek kali ya.... :mrgreen:
hyundai new santa fe crdi :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by BADAK »

Hahahahaha..emang captiva lembut banget ya suaranya? maklum dr desa, gak ngerti mobil modern :upss:
Tapi yg jd kendala kl stay di daerah kyk saya, BBM nya yg susah. Disini sama sekali gak ada PertaDEX. Pertamax aja gak semua SPBU sedia. Pdhl mbl macam captiva kyk nya sensitif sm solar busuk. Jadi kyk nya kl disini mau mbl diesel plg ya cmn bisa panther, innova, everest ato fortie.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by imsus2c »

BADAK wrote:Hahahahaha..emang captiva lembut banget ya suaranya? maklum dr desa, gak ngerti mobil modern :upss:
Tapi yg jd kendala kl stay di daerah kyk saya, BBM nya yg susah. Disini sama sekali gak ada PertaDEX. Pertamax aja gak semua SPBU sedia. Pdhl mbl macam captiva kyk nya sensitif sm solar busuk. Jadi kyk nya kl disini mau mbl diesel plg ya cmn bisa panther, innova, everest ato fortie.
kalo cari DEX musti ngungsi ke desa tetangga dulu kali :mrgreen: kejauhan ga ya? :e-think:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=25
imsus2c wrote: (+250 km) Jombang (tengah kota) = Pertamax, Pertamax+, PertaDEX, ajibbbb bangeetttt......kota kecil dan relatif "jauh", tapi sedia dispenser Pertamax+ dan PertaDEX :frm_tumbleft:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by BADAK »

@om imsus2c: wah baru tau kl santa-fe ada versi crdi. koq gak pernah nemuin ya, emg hrg brp om?
Jujur waktu launching awal sempet suka banget tampang "alien" santa-fe apalagi mesinnya V6, hrg jg msh terjangkau. Waktu mo ganti mbl sempat kepikir jg santa-fe. tapi syg cmn ada versi bensin, itupun katanya boros bgt, selain itu repot cari bengkelnya kl sewaktu-waktu ada trouble. akhirnya pilihan tetep ke panther, tp naek tingkat dr Touring ke Grand Touring.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by imsus2c »

BADAK wrote:@om imsus2c: wah baru tau kl santa-fe ada versi crdi. koq gak pernah nemuin ya, emg hrg brp om?
Jujur waktu launching awal sempet suka banget tampang "alien" santa-fe apalagi mesinnya V6, hrg jg msh terjangkau. Waktu mo ganti mbl sempat kepikir jg santa-fe. tapi syg cmn ada versi bensin, itupun katanya boros bgt, selain itu repot cari bengkelnya kl sewaktu-waktu ada trouble. akhirnya pilihan tetep ke panther, tp naek tingkat dr Touring ke Grand Touring.
gen1 ada dieselnya, tapi ga masuk atpm
yg gen2, kalo gasalah justru yg masuk versi diesel-nya dulu, crdi-turbodiesel vgt
tapi karena engga di "spek-down" akhirnya penyakitan minum solar dan ga laku...jadinya di-discontinue jualannya...akhirnya yg gen2 ini di atpm cuman jualan versi bensin
dan kalo gasalah dulu lihat di brosur, new santa fe gen2 crdi, jualannya mendekati 400jutaan...

yg new santa fe sekarang (MY2010) ada versi yg sudah dapet mesin diesel terbaru hyundai, Diesel R, 2.200cc dengan output 200HP/440NM, termasuk ajibbb untuk output mesin diesel kapasitas segitu di versi komersial (bukan kompetisi looh)

sorry...oot lagi :e-doh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by esh »

viqi- wrote: ane sering bawa k 3 mobil diesel ini, everest 4wd n PS 4wd n fortuner 2wd. bener bgt, paling kerasa beda nya klo habis bawa everest lgsg pindah ke PS. terasa bgt klo PS dari segi apa pun tinggal dari everest. off road nya jelek, di aspalt jg g segarang everest. menang di tampang doank. Fortuner, klo masalah tenaga ,,,,kebo bgt :frm_bang_head: kenyamanan cukup lahhh, tp lebih nyaman everest. tp everest 2004-2006 perasaan gw lebih nyaman dari yg terakhir keluar. tp klo mo ngomongin mobil diesel yg kenceng SUV beredar resmi di indonesia gw VOTE 100% captiva, tara lawan. kayak CRV bermesin diesel, lincah, puter2 dalam kota kerasa enaknya, senyaman sedan...mungkin karena sasis monokok, mang di rancang buat kendaraan penumpang, bukan mobil gerobak ( d-cab ) yg di modif station.
klo lo lebih mentingin kenyaman, responsif, n real fun to drive...gw rekomen captiva....irit. gw kerja di daerah migas, mobil2 diesel banyak beredar di daerah gw, everest bandel meski pun udah 6 tahun pake dengan perawatan normal tetep nyaman n bebas masalah, tp klo PS kerasa bgt bobroknya klo udah 2 tahun pake.padahal jalan yg di lalui sama ama tuhhh everest, kilo meternya pun lebih dikit.""just sharing,,,,,sopir2 mobil di tempat gw kerja dari berbagai oil company bilang klo everest jauh lebih nyaman, lebih nendang on road n off road klo di bandingkan PS..no offense"
tp jujur klo masalah kharisma pribady gw lebih kena forti,,,,,,,,,
Saya setuju dengan statementnya, saya merasa PS adalah triton yang dimodif menjadi station. No offense :big_peace:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by esh »

BADAK wrote:Hahahahaha..emang captiva lembut banget ya suaranya? maklum dr desa, gak ngerti mobil modern :upss:
Tapi yg jd kendala kl stay di daerah kyk saya, BBM nya yg susah. Disini sama sekali gak ada PertaDEX. Pertamax aja gak semua SPBU sedia. Pdhl mbl macam captiva kyk nya sensitif sm solar busuk. Jadi kyk nya kl disini mau mbl diesel plg ya cmn bisa panther, innova, everest ato fortie.
Saya pake captiva dari baru isinya solar subsidi melulu tuh om BADAK, belum pernah isi DEX, hanya sekali isi Shell. Paling tambah additif saja. Sudah setahun lebih nggak ada masalah. :D
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

esh wrote:Saya setuju dengan statementnya, saya merasa PS adalah triton yang dimodif menjadi station.
Ya memang iya...bukan dirasa lagi bro. Sama Fortuner dr Hilux, Everest dari Ranger. Makanya ada istilah traditional SUV sama crossover SUV. SUV tradisional ya yg kaya PS ini...

Makanya saya sangsi PS dibilang gak kuat...soalnya mbahnya (Triton) truk yg cukup kuat.
viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by viqi- »

FortunerMan wrote:
esh wrote:Saya setuju dengan statementnya, saya merasa PS adalah triton yang dimodif menjadi station.
Ya memang iya...bukan dirasa lagi bro. Sama Fortuner dr Hilux, Everest dari Ranger. Makanya ada istilah traditional SUV sama crossover SUV. SUV tradisional ya yg kaya PS ini...

Makanya saya sangsi PS dibilang gak kuat...soalnya mbahnya (Triton) truk yg cukup kuat.
Untuk pemakaian secara normal or umum saya yakin PS or triton mobil yg cukup kuat bahkan saya berani guarantee PS jauh lebih tangguh dari inova, apalagi klo pemiliknya pribadi pasti lebih dari 95 % dfungsikan di aspalt yg mulus or tol. tapi jika digunakan di tempat yg agak extreme yg bisa di bilang lebih 70 % yg dilaluinya off road, PS or triton jadi kehilangan pamor kejantanannya di banding kompetitornya. Penyakitnya yg mengganggu kenyamanan yaitu di kaki2 yg mungkin bisa di bilang lemah bunyi2 dan cepet mati, dan bunyi2an yg sangat mengganggu dari kabin seperti bunyi reng baut or tikus dll.....di PS n triton sering di temuin. Mungkin ini di karenakan guncangan yg berlebihan yg terus menurus dalam pemakaiannya. supensinya pun lebih keras di banding everest.
ada satu contoh yg mungkin masuk logika : ketika mengendarai triton khususnya ketika masuk lubang dalam yg mungkin seukuran ban , triton biasanya langsung nyangkut n lebih menggasing bannya klo di gas, sedangkan ranger jika mengalami hal yg sama setiap hentakan ban terasa suspensinya mengayun sambil truss menggas bisa keluar dengan cukup mudah dari lubang yang sama di lalui triton.( klo saya bawa ranger klo ketemu jalan jelek n banyak lubang besar2 n dalam, saya biasanya tetep nge gas agak tinggi di 4H agar klo masuk lubang suspensinya tetep truss main/ngayun agar tidak terperosok dengan catatan setir di goyangin dikit2 kiri n kanan, dan hal ini lebih mudah di lakukan di ranger di bandingkan di triton. tp dilarang bawa wanita hamil karena dalam kondisi tersebut dijamin bakal keguguran :ungg: )
tapi jujur klo saya punya duit bnyk buat beli mobil untuk pribadi saya bakal milih PS dari pada everest, lebih sesuai umur saya yg baru masuk beberapa hari kepala 3 di tambah lagi selain modelnya ga bakalan berubah dalam waktu 4-5 thn ini n bawaannya mitsubishi dari dulu klo face lift irit alias dikit2 n g se extreme everest yg tiap 2 tahun ganti model hidungnya. tp klo buat kerja jalan jelek or perjalanan jauh saya prefer ke everest. alasannya nyaman, lebih nendang di banding PS. tp mending ngg keluar forti baru.....paling tinggal beberapa bulan lagi, paling telat 2010.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by esh »

FortunerMan wrote:
esh wrote:Saya setuju dengan statementnya, saya merasa PS adalah triton yang dimodif menjadi station.
Ya memang iya...bukan dirasa lagi bro. Sama Fortuner dr Hilux, Everest dari Ranger. Makanya ada istilah traditional SUV sama crossover SUV. SUV tradisional ya yg kaya PS ini...

Makanya saya sangsi PS dibilang gak kuat...soalnya mbahnya (Triton) truk yg cukup kuat.
IMO PS lebih berasa sebagai Triton station daripada Fortie sebagai Hilux station karena beberapa faktor:
1. Triton lebih dahulu beredar baru kemudian PS.
2. Bentuk moncong PS tidak terlalu berbeda dengan Triton, dibanding Fortie dengan Hilux.
2. Kualitas buatan PS yang (menurut saya) tidak sebaik Fortie.

Mungkin yang dimaksud PS nggak kuat kalau dipakai di medan yang benar2 ekstrem. Sedangkan untuk dipakai yang tidak terlalu ekstrem ya nggak bakal ada masalah om FM. Sebagai contoh kalau di dump truck Hino lebih kuat daripada Mitsubishi, sedangkan untuk angkutan umum mitsubishi nggak pernah ada yang bilang nggak kuat.

CMIIW.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

viqi- wrote: Untuk pemakaian secara normal or umum saya yakin PS or triton mobil yg cukup kuat bahkan saya berani guarantee PS jauh lebih tangguh dari inova, apalagi klo pemiliknya pribadi pasti lebih dari 95 % dfungsikan di aspalt yg mulus or tol. tapi jika digunakan di tempat yg agak extreme yg bisa di bilang lebih 70 % yg dilaluinya off road, PS or triton jadi kehilangan pamor kejantanannya di banding kompetitornya. Penyakitnya yg mengganggu kenyamanan yaitu di kaki2 yg mungkin bisa di bilang lemah bunyi2 dan cepet mati, dan bunyi2an yg sangat mengganggu dari kabin seperti bunyi reng baut or tikus dll.....di PS n triton sering di temuin. Mungkin ini di karenakan guncangan yg berlebihan yg terus menurus dalam pemakaiannya. supensinya pun lebih keras di banding everest.
ada satu contoh yg mungkin masuk logika : ketika mengendarai triton khususnya ketika masuk lubang dalam yg mungkin seukuran ban , triton biasanya langsung nyangkut n lebih menggasing bannya klo di gas, sedangkan ranger jika mengalami hal yg sama setiap hentakan ban terasa suspensinya mengayun sambil truss menggas bisa keluar dengan cukup mudah dari lubang yang sama di lalui triton.( klo saya bawa ranger klo ketemu jalan jelek n banyak lubang besar2 n dalam, saya biasanya tetep nge gas agak tinggi di 4H agar klo masuk lubang suspensinya tetep truss main/ngayun agar tidak terperosok dengan catatan setir di goyangin dikit2 kiri n kanan, dan hal ini lebih mudah di lakukan di ranger di bandingkan di triton. tp dilarang bawa wanita hamil karena dalam kondisi tersebut dijamin bakal keguguran :ungg: )
tapi jujur klo saya punya duit bnyk buat beli mobil untuk pribadi saya bakal milih PS dari pada everest, lebih sesuai umur saya yg baru masuk beberapa hari kepala 3 di tambah lagi selain modelnya ga bakalan berubah dalam waktu 4-5 thn ini n bawaannya mitsubishi dari dulu klo face lift irit alias dikit2 n g se extreme everest yg tiap 2 tahun ganti model hidungnya. tp klo buat kerja jalan jelek or perjalanan jauh saya prefer ke everest. alasannya nyaman, lebih nendang di banding PS. tp mending ngg keluar forti baru.....paling tinggal beberapa bulan lagi, paling telat 2010.
waktu pake PS, tuas transfer case dipasang di posisi mana om? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
indraoebez
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Feb 08, 2011 3:38

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by indraoebez »

Kalo ranger n everst siy dari jaman purba juga pada taw kalo emang tw keluaran ford yg tergolong hard tpi speed. Makanya spesialis di jalan ofroad non aspal. Tapi low untUk dimedan asPAL yg berlubang ga usa diraguin paling top tw si d.max. kalo PS dibwa ke kebun sayang bgt , body nya metro bgt mending hilux aja yg emang basiknx pik up
make your own way
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Turboman »

IMHO:
Kalo utk kondisi Indonesia lebih cocok mesin Diesel yg ratio Power to Volume-nya rendah, dimana Horsepower nggak besar.

Krn mesin2 Diesel yg BHP nya relatip kecil thd cc-nya itu banyak yg FRP (Fuel rail Pressure-nya) juga relatip rendah, jadi lebih tolerant thd solar jelek.

Juga cari yg emission standard-nya Max. Euro III, krn kalo yg Euro IV or bahkan V biasanya lubang2 Nozzle-nya udah lebih kecil2 (kecil2 en lebih banyak) + FRP yg tinggi (1800 - 2000 Bar)

Ipah D4 D ane monitor pake i-TRAX itu FRP-nya
- Saat idle = 275 - 280 Bar
- Cruising normal = 500 - 600 Bar
- Akselerasi kenceng s/d 950 Bar
- Kalo akselerasi Gas Pol di kecepatan tinggi barulah Pressure sampe 1300 Bar

Jadi kalo nyetir normal jarang sekali FRP melewati 1000 Bar

Nah......makanya ni mesin nyante2 aja minum solar jelek

Kalo yg FRP nya di standard 1800 Bar, maybe nyetir santai aja FRP udah di level mendekati 1000 Bar, begitu dibejek dikit FRP mungkin lgs terbang ke 1300 - 1400 Bar......wajar aja jika butuh BBM yg lebih baik / lebih bersih / bebas kontaminan

kayak orang yg tekanan darahnya tinggi, begitu pembuluh darah banyak endapan aja lebih berisiko thd organ tubuh (Jantung)

CMIIW yah

Monggo koreksi jika oweh salah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

menurut ane, untuk mesin diesel di kelas ini, mendingan belum common rail.. jadi seperti mesin everest sebelum TDCi dan L200 Strada... cuman turbo intercooler...
nah yang ane bingung di fortuner, tenaga sih mirip2 dengan everest lama dan L200 Strada, sekitar 100-110 HP... tapi dengan tambahan common rail dan tanpa intercooler... jadi kayaknya tenaga tanggung, tapi rentan minyak diesel busuk... :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Turboman »

maskopat wrote: nah yang ane bingung di fortuner, tenaga sih mirip2 dengan everest lama dan L200 Strada, sekitar 100-110 HP... tapi dengan tambahan common rail dan tanpa intercooler... jadi kayaknya tenaga tanggung, tapi rentan minyak diesel busuk... :ungg:
Penerapan sistem CRD juga agar mesin Diesel bisa memenuhi standard emisi Euro II or beyond um, dimana dgn ECU dan Injector Assy / Nozzle yg dipasang lgs mengarah ke ruang bakar akan lebih mudah utk mengontrol proses pembakaran.

Indonesia ini termasuk "sangat sedikit" negara yg "tidak peduli" perbaikan standard emisi, padahal negara2 tetangga kita saja udah banyak yg move dari Euro III ke Euro IV......bahkan negara yg masih byk penduduk miskin spt India sekalipun udah nerapin Euro IV yg disebut Bharat Stage 4

Di 13 besar kota di India skg mobil baru yg dijual harus comply ke BS-IV (Euro 4), kalo nggak maka nggak bisa di registrasi en gak bisa dapat NoPol.

Ipah D4 D yg dijual di Indonesia ama India itu udah berbeda, di sana hrs comply ke Euro 4 maka itu Ipah D4 D di India pake Intercooler (memperbaiki faktor AFR) walau BHP nya sama yaitu 102

tentunya negara2 tsb juga mengiringi dgn penyediaan BBM berkualitas yg Comply dgn Euro 4 (sulphur Max 50 ppm)

Indonesia nerapin standard Euro II tapi batas sulphur Diesel masih 3500 ppm, padahal Euro I aja batas max nya 1500 ppm, kalo Euro II batas max 500 ppm.

CMIIW yah
* Bukan ajakan Beli *
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by smgandi »

viqi- wrote:
FortunerMan wrote:
esh wrote:Saya setuju dengan statementnya, saya merasa PS adalah triton yang dimodif menjadi station.
Ya memang iya...bukan dirasa lagi bro. Sama Fortuner dr Hilux, Everest dari Ranger. Makanya ada istilah traditional SUV sama crossover SUV. SUV tradisional ya yg kaya PS ini...

Makanya saya sangsi PS dibilang gak kuat...soalnya mbahnya (Triton) truk yg cukup kuat.
Untuk pemakaian secara normal or umum saya yakin PS or triton mobil yg cukup kuat bahkan saya berani guarantee PS jauh lebih tangguh dari inova, apalagi klo pemiliknya pribadi pasti lebih dari 95 % dfungsikan di aspalt yg mulus or tol. tapi jika digunakan di tempat yg agak extreme yg bisa di bilang lebih 70 % yg dilaluinya off road, PS or triton jadi kehilangan pamor kejantanannya di banding kompetitornya. Penyakitnya yg mengganggu kenyamanan yaitu di kaki2 yg mungkin bisa di bilang lemah bunyi2 dan cepet mati, dan bunyi2an yg sangat mengganggu dari kabin seperti bunyi reng baut or tikus dll.....di PS n triton sering di temuin. Mungkin ini di karenakan guncangan yg berlebihan yg terus menurus dalam pemakaiannya. supensinya pun lebih keras di banding everest.
ada satu contoh yg mungkin masuk logika : ketika mengendarai triton khususnya ketika masuk lubang dalam yg mungkin seukuran ban , triton biasanya langsung nyangkut n lebih menggasing bannya klo di gas, sedangkan ranger jika mengalami hal yg sama setiap hentakan ban terasa suspensinya mengayun sambil truss menggas bisa keluar dengan cukup mudah dari lubang yang sama di lalui triton.( klo saya bawa ranger klo ketemu jalan jelek n banyak lubang besar2 n dalam, saya biasanya tetep nge gas agak tinggi di 4H agar klo masuk lubang suspensinya tetep truss main/ngayun agar tidak terperosok dengan catatan setir di goyangin dikit2 kiri n kanan, dan hal ini lebih mudah di lakukan di ranger di bandingkan di triton. tp dilarang bawa wanita hamil karena dalam kondisi tersebut dijamin bakal keguguran :ungg: )
tapi jujur klo saya punya duit bnyk buat beli mobil untuk pribadi saya bakal milih PS dari pada everest, lebih sesuai umur saya yg baru masuk beberapa hari kepala 3 di tambah lagi selain modelnya ga bakalan berubah dalam waktu 4-5 thn ini n bawaannya mitsubishi dari dulu klo face lift irit alias dikit2 n g se extreme everest yg tiap 2 tahun ganti model hidungnya. tp klo buat kerja jalan jelek or perjalanan jauh saya prefer ke everest. alasannya nyaman, lebih nendang di banding PS. tp mending ngg keluar forti baru.....paling tinggal beberapa bulan lagi, paling telat 2010.
Fortie baru paling telat 2011, berarti hampir bersamaan dgn Apanja dan Ipah dong kalo gitu. Punya foto2nya?
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

FortunerMan wrote:
indraoebez wrote:Jiah ga malu tw ipah v yg 2000cc ma apanja yg 1300cc cuma beDa 0,1 dtik..
Btw kenapa pada bhas 0-100km/j siy skalian 0-200 aja lho biar avanza keabisan indikator spedo hehe pizz.. Kalo full penumpang gw jamin pasti mundur dah smua Ma PS
Innova kan gak ada yg bilang kenceng. Kalo Pajero Sport katanya "kenceng"...tapi kok dilibas jauh sama Avanza 1.3? :mrgreen: Yah 0-200 boleh2 aja dibahas...dan Avanza pasti kalah - tapi buat sehari hari saya lebih kepake 0-100, kecuali kita tinggal di daerah yg kebanyakan tol - lagian lewat dr 100 juga udah melanggar peraturan lalu lintas bukan? :P
indraoebez wrote:Om FM punya forti ya? Tanya donk kira2 kalo forti dipasang velg ukuran 26 inc bisa ga ya?? gw maw pindah bekas velg L.Cruis temen yg maw dijual ke forti bokp ne,
26 mungkin ngesrok2 dikit, tapi bisa diakalin. Tapi bautnya beda...LC baut 5. Kalo baut LC Prado baru plek ke Fortie (baut 6).
yg tulisannya digedein,, maklum aja,, hahahahhahhaha

statement apanja pasti kalah harap dijelaskan dan pencerahannya
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

Kalo udah diatas 100 Avanza serem soalnya k4ng....kalo 0-100 boleh lah...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

lebih enak melihat real nya di kenyataan drpd di atas kertas,,, aplg cuma copas berita web,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR