Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sun Jan 06, 2008 11:43
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Kenapa avanza sulit di geser oleh kompetitornya? hmm pertanyaan yg bagus..
Kalo menurut ane, karena faktor value dari mobilnya sendiri.
Value bukan berarti fitur2 yang dibawa oleh mobil itu, tapi nilai secara keseluruhan..
Oke ane coba kupas satu per satu:
1. Engine yang reliable. 1300cc.
Mesin avanza menurut saya sangat istimewa. Nafasnya sangat panjang.
Nafas dibikin panjang sama enginernya karena girboksnya sudah dibikin rasio yang close. Rasio close ini jadi enak buat di macet2. Gak ngeden. Nah karakter rasio yang close biasanya nafasnya cepet abis. Nah biar nggak 'kecekik' di high speed, maka mesinnya di desain bisa teriak ampe rpm tinggi.
Saya nggak mau nyebutin merek (krn di topik ini lebih ke avanza). Merek lain racikan gearboks dan nafas mesin kadang acak kadut dan gak sesuai dengan kondisi di indonesia. Ada yang ngejar uiiiirit bensin. Lari di tol enak rpm nya nggak tinggi, tapi jatohnya buat selip2 di kemacetan gak enak. Selalu 'ngok'. Tapi serba salah, diturunin gearnya biar nggak 'ngok' langsung teriak mesinnya. Ada lagi yang ngeracik enteng gearnya tapi mesinnya rpm atasnya terbatas banget. Ini produk lama sih. Nggak ane sebutin apa itu produknya.
Nah di avanza ini dua2nya dapet. Kalo di kemacetan bisa gesit, di tol nggak kehabisan nafas.
Dibilang mesinnya boros, mmm iya juga sih. Seburuk2 macet dapet 1:9. Tapi tergantung injekan gasnya. Ingat karakter mesinnya: nafasnya panjang. Nah triknya kalo di kemacetan kalo dirasa nurunin gear rpm jadi ngamuk2 ya gak usa diturunin. Nah loh ntar gak bisa lari? bisa kok.. injek aja lebih dalem dikit pasti ngacir. Kata org bengkel, power band si avanza lumayan luas.
Itu dari segi karakter mesin.
2. Sekarang coba dari karakter bodi.
Orang mungkin ngira avanza bodinya nggak jangkung. Wuih coba liat speknya, ground clearencenya tinggi: 190mm
Nah ini dia jadi nilai plusnya: aman ngelewatin genangan air ama jalanan rusak.
Saya heran merek lain nurunin mobil2 kelas under 1500. Tapi tetep dengan desain ground clearance rendah. Ya kesimpulannya: tetep aja avanza berjaya. Jadi buat merek lain, ingin ngebunuh avanza ya bikin donk mobil under 1500 komposisi mesin di depan dan ground clearance tinggi.
Mengenai suspensi yang nggak enak, yaa.. itu karena sumbu rodanya yang pendek antara roda depan dengan roda belakang. Ini yang harus dibayar mahal oleh toyota karena mereka menginginkan si avanza bisa masuk dengan lincah di jalan2 sempit. Bisa masuk garasi atau teras rmh org2 indo yang notabene rata2 gak panjang. Susah emang kalo segalanya harus baik di dunia ini hehe.. . Tp kalo ane bilang suspensi avanza baru skr jujur the best of the best lah. Dipake sendirian nggak mentul2 separah dulu, dipake full penumpang nggak ambles-bles..
3. Kapasitas mengangkut penumpang 7 penumpang.
Ya ini yang ane herankan juga. Ingin ngebunuh avanza tapi ngeluarinnya mobil2 hatchback 5 penumpang. Tetep aja avanza menang. Tapi gosipnya ada suatu merek yang sangat berambisi untuk ngejegal avanza. Katanya mo bikin produk 7 seater sekelas avanza (mesin under 1500). Tauk deh bener atau kagak.
Emang sih 7 seater avanza rada dipaksakan. Tapi bagi org indo kalo uda kepepet harus pergi jalan bareng2, hal gituan mah di nomer duakan. Sebodo teing yang penting bisa jalan bareng2. Bener nggak tuh
4. Kemudahan sparepart
Nah ini dia yang paling menohok. Org gampang bilang ah mobil A fiturnya lebih oke dibanding avanza., Tapi ketika ditanya gimana sparepartnya? jawabannya meneketehek. Sparepart disini penting sekali. Apalagi karakter org indo (krn mobil mahal jadi kata org jawa di eman mobilnya) pakai mblnya relatif lama jangka diatas 4-10 tahun. Sparepart jadi point penting disini.
5. Seting harga yang pas
Range harganya itu lho gilak, dari yg 125an sampai 170an ada. Org bilang ah avanza kemahalan. But then mereka memilih xenia yg notabene sama tp berharga lebih murah.
Tapi menurut ane, setinggan harga yang pas jaman2 sebelum tahun 2010. Itu pas tuh avanza G masih 140an, nah skr udah diatas itu. Gak tahu deh kok bisa jadi semahal itu. Tapi ane akuin avanza yang baru2 skr lebih senyap dan lebih empuk drpd yg lama. Kan terkadang gitu deh improvisasinya item2 yang gak keliatan di mata. Contohnya sapa tahu ternyata dibalik firewall avanza 2011 udah dipasang peredam suara. Orang bilang ah sama aja bentuknya dengan thn2 sebelumnya tp dia tentu gak tahu ada perubahan yang kasat mata.
5. Desain eksterior dan interior yang lumayan bagus.
Mesin yang oke, ketinggian mobil yang aman untuk melibas genangan air, mudah meliuk di jalan2 sempit, 7 seater, kemudahaan sparepart, harga yang kejangkau, plussss desain eksterior dan interior yang menurut rata2 org indo bilang desainnya nggak malu2in dibawa kondangan klop dah ini mobil jadi mobil impian rata2 org indo..
Jadi sebagai kesimpulannya, jangan marah kalo merek A kalah ama si avanza. Padahal itu merek bensin lebih irit dan lebih enak suspensinya ketimbang avanza. Ya itu dia beberapa point diatas, penilaian tidak selalu berdasarkan fitur melulu tapi secara keseluruhan.
Kok bisa ya toyota jeli melakukan itu semua?? Yup lagi2 semua itu karena filosofi mereka: The Toyota Way. Bagi yang udah membaca bukunya pasti ngerti kok bahwa keunggulan suatu produk tidak berdasarkan hanya pada fitur2nya saja tapi pada keseluruhan terciptanya produk itu .
Kalo menurut ane, karena faktor value dari mobilnya sendiri.
Value bukan berarti fitur2 yang dibawa oleh mobil itu, tapi nilai secara keseluruhan..
Oke ane coba kupas satu per satu:
1. Engine yang reliable. 1300cc.
Mesin avanza menurut saya sangat istimewa. Nafasnya sangat panjang.
Nafas dibikin panjang sama enginernya karena girboksnya sudah dibikin rasio yang close. Rasio close ini jadi enak buat di macet2. Gak ngeden. Nah karakter rasio yang close biasanya nafasnya cepet abis. Nah biar nggak 'kecekik' di high speed, maka mesinnya di desain bisa teriak ampe rpm tinggi.
Saya nggak mau nyebutin merek (krn di topik ini lebih ke avanza). Merek lain racikan gearboks dan nafas mesin kadang acak kadut dan gak sesuai dengan kondisi di indonesia. Ada yang ngejar uiiiirit bensin. Lari di tol enak rpm nya nggak tinggi, tapi jatohnya buat selip2 di kemacetan gak enak. Selalu 'ngok'. Tapi serba salah, diturunin gearnya biar nggak 'ngok' langsung teriak mesinnya. Ada lagi yang ngeracik enteng gearnya tapi mesinnya rpm atasnya terbatas banget. Ini produk lama sih. Nggak ane sebutin apa itu produknya.
Nah di avanza ini dua2nya dapet. Kalo di kemacetan bisa gesit, di tol nggak kehabisan nafas.
Dibilang mesinnya boros, mmm iya juga sih. Seburuk2 macet dapet 1:9. Tapi tergantung injekan gasnya. Ingat karakter mesinnya: nafasnya panjang. Nah triknya kalo di kemacetan kalo dirasa nurunin gear rpm jadi ngamuk2 ya gak usa diturunin. Nah loh ntar gak bisa lari? bisa kok.. injek aja lebih dalem dikit pasti ngacir. Kata org bengkel, power band si avanza lumayan luas.
Itu dari segi karakter mesin.
2. Sekarang coba dari karakter bodi.
Orang mungkin ngira avanza bodinya nggak jangkung. Wuih coba liat speknya, ground clearencenya tinggi: 190mm
Nah ini dia jadi nilai plusnya: aman ngelewatin genangan air ama jalanan rusak.
Saya heran merek lain nurunin mobil2 kelas under 1500. Tapi tetep dengan desain ground clearance rendah. Ya kesimpulannya: tetep aja avanza berjaya. Jadi buat merek lain, ingin ngebunuh avanza ya bikin donk mobil under 1500 komposisi mesin di depan dan ground clearance tinggi.
Mengenai suspensi yang nggak enak, yaa.. itu karena sumbu rodanya yang pendek antara roda depan dengan roda belakang. Ini yang harus dibayar mahal oleh toyota karena mereka menginginkan si avanza bisa masuk dengan lincah di jalan2 sempit. Bisa masuk garasi atau teras rmh org2 indo yang notabene rata2 gak panjang. Susah emang kalo segalanya harus baik di dunia ini hehe.. . Tp kalo ane bilang suspensi avanza baru skr jujur the best of the best lah. Dipake sendirian nggak mentul2 separah dulu, dipake full penumpang nggak ambles-bles..
3. Kapasitas mengangkut penumpang 7 penumpang.
Ya ini yang ane herankan juga. Ingin ngebunuh avanza tapi ngeluarinnya mobil2 hatchback 5 penumpang. Tetep aja avanza menang. Tapi gosipnya ada suatu merek yang sangat berambisi untuk ngejegal avanza. Katanya mo bikin produk 7 seater sekelas avanza (mesin under 1500). Tauk deh bener atau kagak.
Emang sih 7 seater avanza rada dipaksakan. Tapi bagi org indo kalo uda kepepet harus pergi jalan bareng2, hal gituan mah di nomer duakan. Sebodo teing yang penting bisa jalan bareng2. Bener nggak tuh
4. Kemudahan sparepart
Nah ini dia yang paling menohok. Org gampang bilang ah mobil A fiturnya lebih oke dibanding avanza., Tapi ketika ditanya gimana sparepartnya? jawabannya meneketehek. Sparepart disini penting sekali. Apalagi karakter org indo (krn mobil mahal jadi kata org jawa di eman mobilnya) pakai mblnya relatif lama jangka diatas 4-10 tahun. Sparepart jadi point penting disini.
5. Seting harga yang pas
Range harganya itu lho gilak, dari yg 125an sampai 170an ada. Org bilang ah avanza kemahalan. But then mereka memilih xenia yg notabene sama tp berharga lebih murah.
Tapi menurut ane, setinggan harga yang pas jaman2 sebelum tahun 2010. Itu pas tuh avanza G masih 140an, nah skr udah diatas itu. Gak tahu deh kok bisa jadi semahal itu. Tapi ane akuin avanza yang baru2 skr lebih senyap dan lebih empuk drpd yg lama. Kan terkadang gitu deh improvisasinya item2 yang gak keliatan di mata. Contohnya sapa tahu ternyata dibalik firewall avanza 2011 udah dipasang peredam suara. Orang bilang ah sama aja bentuknya dengan thn2 sebelumnya tp dia tentu gak tahu ada perubahan yang kasat mata.
5. Desain eksterior dan interior yang lumayan bagus.
Mesin yang oke, ketinggian mobil yang aman untuk melibas genangan air, mudah meliuk di jalan2 sempit, 7 seater, kemudahaan sparepart, harga yang kejangkau, plussss desain eksterior dan interior yang menurut rata2 org indo bilang desainnya nggak malu2in dibawa kondangan klop dah ini mobil jadi mobil impian rata2 org indo..
Jadi sebagai kesimpulannya, jangan marah kalo merek A kalah ama si avanza. Padahal itu merek bensin lebih irit dan lebih enak suspensinya ketimbang avanza. Ya itu dia beberapa point diatas, penilaian tidak selalu berdasarkan fitur melulu tapi secara keseluruhan.
Kok bisa ya toyota jeli melakukan itu semua?? Yup lagi2 semua itu karena filosofi mereka: The Toyota Way. Bagi yang udah membaca bukunya pasti ngerti kok bahwa keunggulan suatu produk tidak berdasarkan hanya pada fitur2nya saja tapi pada keseluruhan terciptanya produk itu .
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
@acerpersada:
wow mantap oom
wow mantap oom
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
sebagai nubie saya penasaran dng jarak sumbu roda avanza, ini ada beberapa data yg saya dapat dr beberapa MPV di indonesia :acerpersada wrote:Mengenai suspensi yang nggak enak, yaa.. itu karena sumbu rodanya yang pendek antara roda depan dengan roda belakang. Ini yang harus dibayar mahal oleh toyota karena mereka menginginkan si avanza bisa masuk dengan lincah di jalan2 sempit.
1. avanza, 2655mm (http://www.toyota.co.id/product/?page=p ... del=Avanza)
2. APV, 2625mm (http://www.suzuki.co.id/)
3. G Livina, 2600mm (http://www.nissan.co.id/id/web/models/G ... 549005.htm)
kalo diliat dr angkanya, justru avanza yg wheelbase/jarak sumbu roda-nya lbh besar lho...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
mungkin ini yg membuat apanja jadi gesit and stabil di kecepatan tinggi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
hmm....entah untuk masalah gesit dan stabilitasnya, yg jelas jarak sumbu roda yg lbh panjang tsb adalah salah satu resep kenapa avanza meski kecil tapi bisa dimuati 7 penumpang (bangku 3 baris)
masalah performa, mesin K3 series yg dipake avanza G memang kecil2 cabe rawit, tapi IMO performa mesin tsb itu bukanlah segalanya, avanza bisa gesit krn lbh didukung bobot nya yg ringan (1045 kg), sedangkan ketika mesin K3 tsb menclok di Daihatsu Gmax MB 1.3 yang bobotnya 1840kg, performa mesin K3 tsb akhirnya ya jadi terasa biasa2 saja...
CMIIW
masalah performa, mesin K3 series yg dipake avanza G memang kecil2 cabe rawit, tapi IMO performa mesin tsb itu bukanlah segalanya, avanza bisa gesit krn lbh didukung bobot nya yg ringan (1045 kg), sedangkan ketika mesin K3 tsb menclok di Daihatsu Gmax MB 1.3 yang bobotnya 1840kg, performa mesin K3 tsb akhirnya ya jadi terasa biasa2 saja...
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
makanya pake apanjaa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
ak4ng wrote:makanya pake apanjaa
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
???????????????????????????BADAK wrote:ak4ng wrote:makanya pake apanjaa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
IMO, lebih tepat jarak pijak roda depan n blakangnya yang lebih kecil. CMIIW..jalu wrote:sebagai nubie saya penasaran dng jarak sumbu roda avanza, ini ada beberapa data yg saya dapat dr beberapa MPV di indonesia :acerpersada wrote:Mengenai suspensi yang nggak enak, yaa.. itu karena sumbu rodanya yang pendek antara roda depan dengan roda belakang. Ini yang harus dibayar mahal oleh toyota karena mereka menginginkan si avanza bisa masuk dengan lincah di jalan2 sempit.
1. avanza, 2655mm (http://www.toyota.co.id/product/?page=p ... del=Avanza)
2. APV, 2625mm (http://www.suzuki.co.id/)
3. G Livina, 2600mm (http://www.nissan.co.id/id/web/models/G ... 549005.htm)
kalo diliat dr angkanya, justru avanza yg wheelbase/jarak sumbu roda-nya lbh besar lho...
Lagipula, overhang depan n blakang juga pendek banget kan?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Pantes Avanza enak handlingnya kalo kelok2 tajam kaya di Bali. Kalo high speed di jalanan gak mulus/rata...emang kurang sedap
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Kalo Avanza spek kayak gitu, pakai yg versi stir kiri, dibawa ke jalan tol di Arab Saudi yang Makkah Madinah aja >400km, bejaban pa gak yaaa???? Lempeeeeeeng mluluu......... Bisa2 kaki kanan yang bejek capek digantiin kaki kiri deh!!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
cobain dulu,, ntar ktagihan lho,, jgn berspekulasi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
CiNtA mAtI pada Habanza nieeee.....
Akang kan masi ABG, jadi pasti istilahnya IN LUPH Ni YEEE...!
Akang kan masi ABG, jadi pasti istilahnya IN LUPH Ni YEEE...!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
ane yang bingung dengan bobot kosong GM.. apa bener 1.8 ton? sedangkan apv aja 1.1 ton... kalo GVW apv baru 1.9 ton...jalu wrote:hmm....entah untuk masalah gesit dan stabilitasnya, yg jelas jarak sumbu roda yg lbh panjang tsb adalah salah satu resep kenapa avanza meski kecil tapi bisa dimuati 7 penumpang (bangku 3 baris)
masalah performa, mesin K3 series yg dipake avanza G memang kecil2 cabe rawit, tapi IMO performa mesin tsb itu bukanlah segalanya, avanza bisa gesit krn lbh didukung bobot nya yg ringan (1045 kg), sedangkan ketika mesin K3 tsb menclok di Daihatsu Gmax MB 1.3 yang bobotnya 1840kg, performa mesin K3 tsb akhirnya ya jadi terasa biasa2 saja...
CMIIW
1.8 ton itu sama beratnya dengan ford everest.... ane koq agak ragu ya....?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
enaknya gimana om? lebih stabil ya?FortunerMan wrote:Pantes Avanza enak handlingnya kalo kelok2 tajam kaya di Bali. Kalo high speed di jalanan gak mulus/rata...emang kurang sedap
kalo ane ngerasa, wb lebih panjang nikung lebih stabil kalo kecepatan "normal" atau "pelan". tapi kalo mau cepat, mungkin wb pendek akan lebih lincah.. cmiiw..
kalo wb panjang, jalan rata akan lebih stabil.. sekali lagi cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
@om kopat : kalo kata websiteny sih gitu om 1840 kg. ane blom pernah bawa avanza/xenia maupun GM yg 1.3. tapi selama ane bw GM yg 1.5 yg ane rasakan dg bobot yg sama tenagany juga agak kurang.entah kalo dibanding dg luxio dan avanza (blom pernah bawa juga).
btw xenia 1.3 dg avanza 1.3 masih ringan xenia ya?
btw xenia 1.3 dg avanza 1.3 masih ringan xenia ya?
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Kelok2 tajam sih pasti pelan gak mungkin kenceng, di tikungan tajam Avanza enak di lempar lempar mobilnya. Rear wheel drive, roda mepet ke ujung2 kendaraan (gak banyak overhang), mesin OK (cocok dengan berat body). Ini manual ya...kalo maticnya sih...ane gak gitu demen...apalagi di kelok2 tajam.maskopat wrote:enaknya gimana om? lebih stabil ya?FortunerMan wrote:Pantes Avanza enak handlingnya kalo kelok2 tajam kaya di Bali. Kalo high speed di jalanan gak mulus/rata...emang kurang sedap
kalo ane ngerasa, wb lebih panjang nikung lebih stabil kalo kecepatan "normal" atau "pelan". tapi kalo mau cepat, mungkin wb pendek akan lebih lincah.. cmiiw..
kalo wb panjang, jalan rata akan lebih stabil.. sekali lagi cmiiw...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
iya iya.. ok... mungkin faktor RWD kali ya om?FortunerMan wrote:Kelok2 tajam sih pasti pelan gak mungkin kenceng, di tikungan tajam Avanza enak di lempar lempar mobilnya. Rear wheel drive, roda mepet ke ujung2 kendaraan (gak banyak overhang), mesin OK (cocok dengan berat body). Ini manual ya...kalo maticnya sih...ane gak gitu demen...apalagi di kelok2 tajam.maskopat wrote:enaknya gimana om? lebih stabil ya?FortunerMan wrote:Pantes Avanza enak handlingnya kalo kelok2 tajam kaya di Bali. Kalo high speed di jalanan gak mulus/rata...emang kurang sedap
kalo ane ngerasa, wb lebih panjang nikung lebih stabil kalo kecepatan "normal" atau "pelan". tapi kalo mau cepat, mungkin wb pendek akan lebih lincah.. cmiiw..
kalo wb panjang, jalan rata akan lebih stabil.. sekali lagi cmiiw...
ane belum pernah bawa apanja dan sodaranya di jalan berkelok.. cuman toll doang.. itu pun apanjanya masih perawan....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
yap,, seperti yg paling laku 7 tahun di indonesia,,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Ouwwww Avanza itu kencang tho? Pantesssss paling banyak pecicilan di jalan......
Tapi saya ga berani lawan, maklum mobil saya pelan, SOHC, pasti kalah sama Avanza.......
Tapi saya ga berani lawan, maklum mobil saya pelan, SOHC, pasti kalah sama Avanza.......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Apanja lawan sepadan ama GL. tp pengemudi GL jarang yg pecicilan kyk ak4ngHikoza wrote:Ouwwww Avanza itu kencang tho? Pantesssss paling banyak pecicilan di jalan......
Tapi saya ga berani lawan, maklum mobil saya pelan, SOHC, pasti kalah sama Avanza.......
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Avanza sulit di geser oleh kompetitornya
Sssttt,,,BADAK wrote:Apanja lawan sepadan ama GL. tp pengemudi GL jarang yg pecicilan kyk ak4ngHikoza wrote:Ouwwww Avanza itu kencang tho? Pantesssss paling banyak pecicilan di jalan......
Tapi saya ga berani lawan, maklum mobil saya pelan, SOHC, pasti kalah sama Avanza.......