Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

Suryaputra wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Suryaputra wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Ane belom pernah coba sih om, iya pernah denger oli diesel banyak yang cari buat motor. Tapi sebenernya mesin diesel kan justru low rpm ya. Ada beberapa jg customer ya pake FT7000 kita di skutik
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Suryaputra wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote:
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.

Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50) :big_peace:

Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

sahabatq8 wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Suryaputra wrote: Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Ane belom pernah coba sih om, iya pernah denger oli diesel banyak yang cari buat motor. Tapi sebenernya mesin diesel kan justru low rpm ya. Ada beberapa jg customer ya pake FT7000 kita di skutik
Nah, ga tau kenapa banyak aliran oli diesel.
Sekilas spek diesel tinggi tbn, tapi bener rpm lbh rendah. Harusnya sih di pemakaian motor tbn ga ngaruh.
Heran juga hehe
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Suryaputra wrote: Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.

Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50) :big_peace:

Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen :mky_03:
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.

Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 5:14
Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.

Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50) :big_peace:

Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen :mky_03:
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.

Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 5:14
Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 4:11
Apa ada komen ga om om disini ttg bukan oli mesin bensin yg dipake tp malah oli diesel.
Plusnya apa ya?
Dari tes oli terakhir yg q8 5w30 tbn masi bagus, cuma nguap aja di 2600km.
Apa oli diesel lebih resistif?

Oli repsol motosyn yg saya pake di 3/4 postingan diatas dah nguap dikit di lubang intip kapasitas oli (dulu pas pake oli mobil penguapan terlihat di 800km keatas), padahal baru 250an km sejak gantol.

Balik oli mobil lagi ini kyknya. Cuma oli mesin bensin ato diesel ya[emoji28]
Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.

Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50) :big_peace:

Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen :mky_03:
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.

Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Di Q8 aja oli motor sama mobil sama aja mbah harganya, malah kadang bisa mahalan oli motor. Lah kalo di Indonesia sini oli motor standard lebih murah daripada migor :upss:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 5:14
Suryaputra wrote: Yamaha kondisi std kan butuh w40 nih mbah.

Apalagi si mbah udah naik kubikasi mesin, beda lg itungannya, higher power, malah w40 jd nya minimal, yg direkomen biasanya klo motor bore-up malah naik visco (klo di xmax mbah berarti better ke w50) :big_peace:

Klo oli diesel lom prnh coba dan lom prnh test lab
Jd blm bisa komen :mky_03:
Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.

Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa :big_exellent:
Sementara ga ada yg tahan diatas 2000km dgn spek sekarang penguapan masi normal.
Mau tesnya gampang jadinya wkwkwk
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:13
Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 5:14 Yes, betul om. Itu sisa oli simpenan, sayang ga kepake. Kirain naik visco aja cukup.
Tapi sepertinya memang oli skutik bare minimum.
5w30 oli mobil keraton aja lifetimenya bisa lbh lama dr 10w40 motor punya.
Next Change eksperimen oli mobil buntut 40 dl yg keraton juga. Abis itu coba yg 50 deh.
Coba nyari sweet spotnya.

Tapi mungkin coba compare buntut 40 bensin vs 40 diesel dulu bwt head 2 head. Lets see, coba dan tes ke Trakindo kalo niat [emoji28]
Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa :big_exellent:
Sementara ga ada yg tahan diatas 2000km dgn spek sekarang penguapan masi normal.
Mau tesnya gampang jadinya wkwkwk
Salah satu bengkel customer kita untuk xmax boreup make 5w40 /0w40, kalo buat touring pake 10w50 ato 10w60.
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by himaatoo »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54 Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14 JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54 Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14 JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.

A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sesame »

himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54 Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14 JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
stick to w30 aja om..
saya pake PTT 0w20 botol emas itu nguap di 2000an KM pemakaian 1 tahun di Vario 125 LED :big_biglaugh: ..
kecuali mau cek rutin tiap bulan sih..
skrg saya pake Fastron Gold 5w30 curah aja, 60rban tiap ganti oli, udh enak olinya, ganti tiap 2500km aja..
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

sahabatq8 wrote:
hackers11 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:13
Suryaputra wrote: Super Nice experiment mbah
Sampai bore up xmax nyaa :big_exellent:
Sementara ga ada yg tahan diatas 2000km dgn spek sekarang penguapan masi normal.
Mau tesnya gampang jadinya wkwkwk
Salah satu bengkel customer kita untuk xmax boreup make 5w40 /0w40, kalo buat touring pake 10w50 ato 10w60.
Ini kyknya final form om.
Sementara masi penasaran. Kyknya dalam 3 x OCI ntar settle di yg lbh kental memang
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1125
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 1:21 Selamat pagi om semua.

Maaf nih nubi mau tanya karena kebetulan buta sekali di dunia perlendiran motor, hehe.
Alhamdulillah baru meminang PCX 160 dan sekarang baru 50KM.
Di bukman sih bilangnya begini

Screenshot_20230106_081559_Xodo Docs.jpg

Yang mau saya tanyakan, haruskah olinya bersertifikasi JASO MB? Atau oli bensin apa saja bisa (Tanpa JASO dan APInya lebih baik dari SG)?

Terima kasih sebelumnya.
JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Punya produk outboard 2T TC-W3 ga?
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by semarnanjak »

himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54 Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14 JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
Jaso MB hths minimal 2,9 om. Oli 0w20 kayaknya bisa di bawah itu. Amannya buat matik honda baiknya tetep pakai w30 aja. Kebetulan saya juga pake pcx, olinya pakai motul scoot expert 10w30 ganti tiap 1.500-2.000 km/ 3 bulan udah enak sih. Kalau pakai oli mobil males nyimpen sisaan oli nya, secara ga ada yang ukuran 800 ml, hahaha.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:07
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54 Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14 JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.

A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

semarnanjak wrote: Fri Jan 06, 2023 11:45
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 1:54 Bisa oli bensin
Pakai w30 kelas dexos 1, Api SP: spt Bardahl 5w30 XTC S9

Atau acea a5 b5 ada bbrp pilihan, salah satunya PTT 5w30 a5 b5 api sn
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 3:14 JASO MB = Oli motor metik , oli disini berkerja seperti oli mesin mobil pada umumnya. Untuk melumasi, membersihkan dan mendinginkan mesin. Pake oli mobil apa aja bisa asal spek seperti yang om bilang lebih baik apinya. Tapi saya rekomendasiin kalo buat motor mending pake oli mobil yang bagus, karena motor rpmnya tinggi dibanding dengan mobil.

JASO MA= dia ada friction modifier, supaya saat di pake di kopling basah gak selip. (Licin bagus untuk mesin karena gesekan minim, tapi untuk keperluan khusus seperti kopling kalo terlalu licin akan selip)
Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
Jaso MB hths minimal 2,9 om. Oli 0w20 kayaknya bisa di bawah itu. Amannya buat matik honda baiknya tetep pakai w30 aja. Kebetulan saya juga pake pcx, olinya pakai motul scoot expert 10w30 ganti tiap 1.500-2.000 km/ 3 bulan udah enak sih. Kalau pakai oli mobil males nyimpen sisaan oli nya, secara ga ada yang ukuran 800 ml, hahaha.
Oli gardan/gearboxnya pake apa om? Kalo aliran pake oli mobil kadang suka banyak yang samain pake oli mesin (jadi sisa 200mlnya buat gearbox) tapi gak tau ini efek jangka panjangnya gmn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 12:11
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:07
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03


Mantap mbah :big_exellent:

Kalau prinsip lebih encer lebih baik bisa dipakai di motor PCX ini ga ya mbah?
Agak penasaran nyoba juga abis baca postingan mbah DrivingPotato varionya pake 0w20.

Atau lebih baik stick to w30 atau bahkan dinaikin aja sekalian?

Dengan kondisi mesin yang bakalan maintain standar aja tanpa modifan, hehe :upss:
W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.

A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
Hths nya >2.9 mbah
Klo equipped GF5 atau GF6 nah itu masuk energy conserving

Krn a5 b5 bisa buat diesel jg
Kondisi oli "bensin-diesel" gini gak masuk kategori "energy conserving" buat mesin bbm bensin

Skutik pk oli mobil:
- API SL SN SP
- a5 b5
- Dexos 2

Klo ada spec GF5 atau GF6 ini masuk kategori energy conserving

Cmiiw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by semarnanjak »

sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 12:12
semarnanjak wrote: Fri Jan 06, 2023 11:45
himaatoo wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
Oli gardan/gearboxnya pake apa om? Kalo aliran pake oli mobil kadang suka banyak yang samain pake oli mesin (jadi sisa 200mlnya buat gearbox) tapi gak tau ini efek jangka panjangnya gmn
Oli gardan saya beli yang khusus gardan skutik om, hampir semua merk oli motor kayaknya punya. Kalau saya sekalian pakai yang motul jadi pas beli udah sepaket hehe. Sama ukurannya udah pas 120 ml jadi ga perlu nakar volume oli buat gardan (misal pakai oli mobil 1 lt)
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1756
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 12:51
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 12:11
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:07

W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.

A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
Hths nya >2.9 mbah
Klo equipped GF5 atau GF6 nah itu masuk energy conserving

Krn a5 b5 bisa buat diesel jg
Kondisi oli "bensin-diesel" gini gak masuk kategori "energy conserving" buat mesin bbm bensin

Skutik pk oli mobil:
- API SL SN SP
- a5 b5
- Dexos 2

Klo ada spec GF5 atau GF6 ini masuk kategori energy conserving

Cmiiw
Iya deh, dia termasuk low hths dan fuel saving tapi belom termasuk "resource conserving" ya
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by himaatoo »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:07 W30 ajah aman nya dan non energy conserving.
krn energy conserving cenderung encer.

A5 B5 udah pas itu, sweet spotnya, pakai aja sampai 3rb km or 4-6 bulan
sambil monitor penguapan tiap Seceng km.
sesame wrote: Fri Jan 06, 2023 8:19
stick to w30 aja om..
saya pake PTT 0w20 botol emas itu nguap di 2000an KM pemakaian 1 tahun di Vario 125 LED :big_biglaugh: ..
kecuali mau cek rutin tiap bulan sih..
skrg saya pake Fastron Gold 5w30 curah aja, 60rban tiap ganti oli, udh enak olinya, ganti tiap 2500km aja..
semarnanjak wrote: Fri Jan 06, 2023 11:45 Jaso MB hths minimal 2,9 om. Oli 0w20 kayaknya bisa di bawah itu. Amannya buat matik honda baiknya tetep pakai w30 aja. Kebetulan saya juga pake pcx, olinya pakai motul scoot expert 10w30 ganti tiap 1.500-2.000 km/ 3 bulan udah enak sih. Kalau pakai oli mobil males nyimpen sisaan oli nya, secara ga ada yang ukuran 800 ml, hahaha.
Alhamdulillah dapat pencerahan, terima kasih ilmunya mbah.
Final decisionnya bakal maintain w30 ajah :upss:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 22:58
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 12:51
sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 12:11
A5/B5 bukanya kebanyakan resource conserving/energy conserving mbah? Kan dia termasuk versi low hthsnya A3/B4 supaya irit bbm.
Hths nya >2.9 mbah
Klo equipped GF5 atau GF6 nah itu masuk energy conserving

Krn a5 b5 bisa buat diesel jg
Kondisi oli "bensin-diesel" gini gak masuk kategori "energy conserving" buat mesin bbm bensin

Skutik pk oli mobil:
- API SL SN SP
- a5 b5
- Dexos 2

Klo ada spec GF5 atau GF6 ini masuk kategori energy conserving

Cmiiw
Iya deh, dia termasuk low hths dan fuel saving tapi belom termasuk "resource conserving" ya
Iyaa fuel saving nya buat mesin diesel sebetulnya

Tp klo mesin dah panas sih encer2 juga, soalnya sy pernah experimen ngerebus oli mesin di atas sendok besar.

Even oli motor hi rpm w40 pun juga encer banget klo dah 90 C lebih :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by daimler »

Ada yg pernah pakai oli total buat motornya? Baca2 di sini belum nemu reviewnya yg pernah pakai oli total buat di motor. Lg pengen coba total hi-perf 10w-40 buat supra karbu.
Oh iya baca2 soal oli ptt beberapa ada yg api nya masih SL, apakah lebih rekomen dibanding yg malah api nya SN karena sempet baca2 api SL kadar ZDDP nya masih cukup banyak dibanding SN yg udh dikurangin
Mohon pencerahannya suhu dimari
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Tue Jan 17, 2023 3:41 Ada yg pernah pakai oli total buat motornya? Baca2 di sini belum nemu reviewnya yg pernah pakai oli total buat di motor. Lg pengen coba total hi-perf 10w-40 buat supra karbu.
Oh iya baca2 soal oli ptt beberapa ada yg api nya masih SL, apakah lebih rekomen dibanding yg malah api nya SN karena sempet baca2 api SL kadar ZDDP nya masih cukup banyak dibanding SN yg udh dikurangin
Mohon pencerahannya suhu dimari
API SL setau sy gtu mbah
ZDDP higher than most SN

bahkan oli motul untuk skutik jg masih pakai API SL

spt ini yg lagi sy pakai di Skutik yamaha

https://www.motul.com/id/id/products/sc ... er-le-5w40

tapi ini khusu buat motor matic, yg kopling nya misah sm oli mesin yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri