Car Detailing Lounge - PART 07

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by bimzbim »

Omiyup wrote: Thu Jan 19, 2023 8:42
bimzbim wrote: Thu Jan 19, 2023 7:16
Omiyup wrote: Thu Jan 19, 2023 5:30

Ok deh om, btw kalo ada baret yang ga dalem gitu ilanginnya pake apa ya? Kan kalo kompon katanya bahayaa karena ngikis clear coat. Kalo merk kit kuning yang model tempatnya pake kaleng itu gimana?
baret ga bisa ilang gan pake kit kuning, paling cuma agak jadi samar aja, tapi tetep keliatan. Paling bener ya di compound sih, coatingnya dibagian yg dicompon mau ga mau diaplikasikan ulang. Soale tebel coating itu kan tipis banget ya, ada yg cuma 3 micron malah.

Saran saya sih kalo agan bener bener peduli ama cat yg selalu mulus, hampir sempurna, pake PPF material TPU (tebalnya antara 150-200 micron). Karena coating ga bisa ngelindungi dari swirl dan baret. Saya sudah pengalaman pake coating mulai dari nano sampe cheramic brand CS**. Waktu itu cheramic sampe dihargain 10 jt. Tapi kegesek ranting tanaman kecil macem sejenis kamboja yg ditanam di pot, itu aja tetap baret.
Kekurangan PPF ya cost damagenya itu bisa dicompare buat upgrade audio premium.
Wah kalo PPF juga gakuat DC nya om, berat. Lagian kalo baretnya sih saya liat tipis, hanya seperti kotor tapi diusap tangan ga bisa ilang

Lagian daily driven di ppf kok kayanya rada sayang karena DC nya :big_biglaugh:

Kit paste gitu cuma samarin? Ga gerus clear coat kaya kompon?
Kit kuning itu setau saya wax. jadi ga ada sifat abrasif.
PPF di soul red mazda overkill sih ya. Soale warnanya sendiri udah bisa nyamarin swirl atau baret ringan.
Tapi kirain tadi si om OCD gitu hehehehe :big_okay:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Thu Jan 19, 2023 8:42
Wah kalo PPF juga gakuat DC nya om, berat. Lagian kalo baretnya sih saya liat tipis, hanya seperti kotor tapi diusap tangan ga bisa ilang

Lagian daily driven di ppf kok kayanya rada sayang karena DC nya :big_biglaugh:

Kit paste gitu cuma samarin? Ga gerus clear coat kaya kompon?
Kalo saya blg malah tebalik om, kalo maniak liat mbl mulus n dipake daily, justru wajib di ppf. Keluar duit dikit tp batin puas :big_biglaugh:

Kalo mbl garage queen yg keluar sebulan sdkali justru ngapain di ppf. Kecuali mobil rare, mobil kolektor atau supercar ya.

Kalo mobil baru n emang gamau swirl mending secepetnya di ppf, kalo uda repaint baru di ppf malah resiko cat ngangkat saat peel off ppf lebih besar, karena ppf ada umurnya jg.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

bimzbim wrote: Thu Jan 19, 2023 9:45
Omiyup wrote: Thu Jan 19, 2023 8:42
bimzbim wrote: Thu Jan 19, 2023 7:16
baret ga bisa ilang gan pake kit kuning, paling cuma agak jadi samar aja, tapi tetep keliatan. Paling bener ya di compound sih, coatingnya dibagian yg dicompon mau ga mau diaplikasikan ulang. Soale tebel coating itu kan tipis banget ya, ada yg cuma 3 micron malah.

Saran saya sih kalo agan bener bener peduli ama cat yg selalu mulus, hampir sempurna, pake PPF material TPU (tebalnya antara 150-200 micron). Karena coating ga bisa ngelindungi dari swirl dan baret. Saya sudah pengalaman pake coating mulai dari nano sampe cheramic brand CS**. Waktu itu cheramic sampe dihargain 10 jt. Tapi kegesek ranting tanaman kecil macem sejenis kamboja yg ditanam di pot, itu aja tetap baret.
Kekurangan PPF ya cost damagenya itu bisa dicompare buat upgrade audio premium.
Wah kalo PPF juga gakuat DC nya om, berat. Lagian kalo baretnya sih saya liat tipis, hanya seperti kotor tapi diusap tangan ga bisa ilang

Lagian daily driven di ppf kok kayanya rada sayang karena DC nya :big_biglaugh:

Kit paste gitu cuma samarin? Ga gerus clear coat kaya kompon?
Kit kuning itu setau saya wax. jadi ga ada sifat abrasif.
PPF di soul red mazda overkill sih ya. Soale warnanya sendiri udah bisa nyamarin swirl atau baret ringan.
Tapi kirain tadi si om OCD gitu hehehehe :big_okay:
Nganu om, sebenernya emang saya rada ocd gara2 di deket handle pintu ada baret dikit yang keliatan kalo kena direct light
Makanya saya pengen ilangin biar cling lagi :big_biglaugh:


Jujur ppf worthed buat garage queen atau rare car. Kalo day saya setuju overkill
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by benzz89 »


kendibocor wrote:
Omiyup wrote: Thu Jan 19, 2023 8:42
Wah kalo PPF juga gakuat DC nya om, berat. Lagian kalo baretnya sih saya liat tipis, hanya seperti kotor tapi diusap tangan ga bisa ilang

Lagian daily driven di ppf kok kayanya rada sayang karena DC nya :big_biglaugh:

Kit paste gitu cuma samarin? Ga gerus clear coat kaya kompon?
Kalo saya blg malah tebalik om, kalo maniak liat mbl mulus n dipake daily, justru wajib di ppf. Keluar duit dikit tp batin puas :big_biglaugh:

Kalo mbl garage queen yg keluar sebulan sdkali justru ngapain di ppf. Kecuali mobil rare, mobil kolektor atau supercar ya.

Kalo mobil baru n emang gamau swirl mending secepetnya di ppf, kalo uda repaint baru di ppf malah resiko cat ngangkat saat peel off ppf lebih besar, karena ppf ada umurnya jg.
Betul banget kata Om kendi, mobil perang daily & mau klimis terus yah di PPF... apalagi sdh OCD gitu, pasti bantin puas, drpd kepikiran terus kan swirl mark gimana, baret2 halus gimana, kena getah pohon gimana, kena bird poo gimana, kena stone chip gimana?... batin tersiksa itu om [emoji38]

Bisa juga di cat raptor om... itu cat buat militer & off road, matt finish kulit jeruk, anti gores, gahar om, mau di serempet motor jg santai, kena stone chip juga kebal, minim perawatan, cuci mobil setaon sekali juga gak masalah, anti swirl, jd attention di jalan, cucinya malah hrs pakai sikat spy bersih... enak makan, enak tidur juga ini hahahaha... [emoji23]

Cuman ya itu cat original nya hrs rela di timpa si raptor... habis itu batin sdh plong om, gak mikirin urusan cat mobil lg, sradak sruduk jg gak takut lecet, kena getah pohon & kotoran burung tinggal di bersihkan pakai sikat aja beres, sill plate kena sepatu hak tinggi juga aman om... malah sepatunya yg lecet [emoji1]

Cat raptor ini becandaan aja yah om... biasanya lebih cocok di mobil2 SUV, Jeep gitu sih, di Jimmy keren juga waktu liat di pameran mobil, kesannya heavy duty & pekerja keras banget mobilnya. Khusus yg hobby banget ini krn warna2nya yah itu2 aja, hitam, abu, hijau militer, kl red soul kaga ada [emoji1]

Alternatif lain kalau mau tahan gores cat originalnya, bisa di coating (re-spray clear coat/menambah tebal clear coat) di bengkel cat wet gloss... klaimnya di sikat pakai sikat kawat tidak akan gores sih.

Semuanya ini memang DC nya lumayan... cuman yah demi kepuasan batin sdh lain cerita.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

benzz89 wrote: Thu Jan 19, 2023 11:27
kendibocor wrote:
Omiyup wrote: Thu Jan 19, 2023 8:42
Wah kalo PPF juga gakuat DC nya om, berat. Lagian kalo baretnya sih saya liat tipis, hanya seperti kotor tapi diusap tangan ga bisa ilang

Lagian daily driven di ppf kok kayanya rada sayang karena DC nya :big_biglaugh:

Kit paste gitu cuma samarin? Ga gerus clear coat kaya kompon?
Kalo saya blg malah tebalik om, kalo maniak liat mbl mulus n dipake daily, justru wajib di ppf. Keluar duit dikit tp batin puas :big_biglaugh:

Kalo mbl garage queen yg keluar sebulan sdkali justru ngapain di ppf. Kecuali mobil rare, mobil kolektor atau supercar ya.

Kalo mobil baru n emang gamau swirl mending secepetnya di ppf, kalo uda repaint baru di ppf malah resiko cat ngangkat saat peel off ppf lebih besar, karena ppf ada umurnya jg.
Betul banget kata Om kendi, mobil perang daily & mau klimis terus yah di PPF... apalagi sdh OCD gitu, pasti bantin puas, drpd kepikiran terus kan swirl mark gimana, baret2 halus gimana, kena getah pohon gimana, kena bird poo gimana, kena stone chip gimana?... batin tersiksa itu om [emoji38]

Bisa juga di cat raptor om... itu cat buat militer & off road, matt finish kulit jeruk, anti gores, gahar om, mau di serempet motor jg santai, kena stone chip juga kebal, minim perawatan, cuci mobil setaon sekali juga gak masalah, anti swirl, jd attention di jalan, cucinya malah hrs pakai sikat spy bersih... enak makan, enak tidur juga ini hahahaha... [emoji23]

Cuman ya itu cat original nya hrs rela di timpa si raptor... habis itu batin sdh plong om, gak mikirin urusan cat mobil lg, sradak sruduk jg gak takut lecet, kena getah pohon & kotoran burung tinggal di bersihkan pakai sikat aja beres, sill plate kena sepatu hak tinggi juga aman om... malah sepatunya yg lecet [emoji1]

Cat raptor ini becandaan aja yah om... biasanya lebih cocok di mobil2 SUV, Jeep gitu sih, di Jimmy keren juga waktu liat di pameran mobil, kesannya heavy duty & pekerja keras banget mobilnya. Khusus yg hobby banget ini krn warna2nya yah itu2 aja, hitam, abu, hijau militer, kl red soul kaga ada [emoji1]

Alternatif lain kalau mau tahan gores cat originalnya, bisa di coating (re-spray clear coat/menambah tebal clear coat) di bengkel cat wet gloss... klaimnya di sikat pakai sikat kawat tidak akan gores sih.

Semuanya ini memang DC nya lumayan... cuman yah demi kepuasan batin sdh lain cerita.
Sejauh ini sih ga pernah nemu coating yg bener2 bisa bikin swirl free n level proteksinya sebagus ppf ya. Di coating tetep aja cepat atau lambat bakalan swirl ga kayak ppf yg pilihannya antara tetep mulus atau robek sekalian kalo benturannya keras. Coating itu saya anggapnya refreshment kondisi mobil aja, ga gitu yakin kasih perlindungan seperti yg diiklan2kan. Apalagi kalo mobilnya hitam ampun dah sekali cuci aja biarpun abis dicoating tetep aja muncul swirl
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by KielConstantine »

Emang bener tuh. Kalo ocd banget sama baret2 sgala macem, bagusnya langsung hajar PPF aja. Pake deh daily drive jaminan puass :big_smoking:

Tp klo kg peduli2 amat kek ane sih yaudah ga usah diapa2in. Apalagi mobil2 generik doang. Paling klo kotor tinggal cuci mobil :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

KielConstantine wrote: Thu Jan 19, 2023 17:30 Emang bener tuh. Kalo ocd banget sama baret2 sgala macem, bagusnya langsung hajar PPF aja. Pake deh daily drive jaminan puass :big_smoking:

Tp klo kg peduli2 amat kek ane sih yaudah ga usah diapa2in. Apalagi mobil2 generik doang. Paling klo kotor tinggal cuci mobil :big_biglaugh:
Hahaha iya sih om

Btw ada pengalaman dengan coating merk topcoat? Kebetulan coating termahal mereka selisih hampir 50% dengan scuto
Takutnya hanya placebo saja
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 1:40
KielConstantine wrote: Thu Jan 19, 2023 17:30 Emang bener tuh. Kalo ocd banget sama baret2 sgala macem, bagusnya langsung hajar PPF aja. Pake deh daily drive jaminan puass :big_smoking:

Tp klo kg peduli2 amat kek ane sih yaudah ga usah diapa2in. Apalagi mobil2 generik doang. Paling klo kotor tinggal cuci mobil :big_biglaugh:
Hahaha iya sih om

Btw ada pengalaman dengan coating merk topcoat? Kebetulan coating termahal mereka selisih hampir 50% dengan scuto
Takutnya hanya placebo saja
50% lebih mahal? Jd sekitar 9jt an om? Tanggung om, ppf mid-tier yg TPH dapet kok diatas 15jt dikit untuk ukuran M. Durability bisa 3-5 thn. Kalo TPU lebih mahal dikit mungkin sekitar 20an. Ga perlu yg sampe ppf vkool puluhan jt kok om. Ppf yg merk2 maxdecal aja uda oke kok
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 2:48
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 1:40
KielConstantine wrote: Thu Jan 19, 2023 17:30 Emang bener tuh. Kalo ocd banget sama baret2 sgala macem, bagusnya langsung hajar PPF aja. Pake deh daily drive jaminan puass :big_smoking:

Tp klo kg peduli2 amat kek ane sih yaudah ga usah diapa2in. Apalagi mobil2 generik doang. Paling klo kotor tinggal cuci mobil :big_biglaugh:
Hahaha iya sih om

Btw ada pengalaman dengan coating merk topcoat? Kebetulan coating termahal mereka selisih hampir 50% dengan scuto
Takutnya hanya placebo saja
50% lebih mahal? Jd sekitar 9jt an om? Tanggung om, ppf mid-tier yg TPH dapet kok diatas 15jt dikit untuk ukuran M. Durability bisa 3-5 thn. Kalo TPU lebih mahal dikit mungkin sekitar 20an. Ga perlu yg sampe ppf vkool puluhan jt kok om. Ppf yg merk2 maxdecal aja uda oke kok
Lebih murah om, lupa nulis :big_biglaugh: Kena 4.4 (ada disc lagi 1 jadi kena 3.4)
Maklum sambil ngantor :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 2:57
Lebih murah om, lupa nulis :big_biglaugh: Kena 4.4 (ada disc lagi 1 jadi kena 3.4)
Maklum sambil ngantor :big_biglaugh:
Oh kirain lebih mahal. Ya kalo segitu dicoba aja om. Pengalaman coating sih ya baru selesai keliatan mulus sih tp brp hari swirl ya muncul lg apalg mbl hitam. Pokoknya jgn berekspektasi tinggi mobil bakalan mulus trus berbulan2 sebab abis nyuci pertama jg pasti pd muncul lg. Pd blgnya sih abis coating biarpun swirl, yg swirlnya itu lapisan coatingnya. Tp ya who knows lah orng lapisan coating mungkin kalo diukur jg cuman nambah 0,0xx micron kali
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 4:17
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 2:57
Lebih murah om, lupa nulis :big_biglaugh: Kena 4.4 (ada disc lagi 1 jadi kena 3.4)
Maklum sambil ngantor :big_biglaugh:
Oh kirain lebih mahal. Ya kalo segitu dicoba aja om. Pengalaman coating sih ya baru selesai keliatan mulus sih tp brp hari swirl ya muncul lg apalg mbl hitam. Pokoknya jgn berekspektasi tinggi mobil bakalan mulus trus berbulan2 sebab abis nyuci pertama jg pasti pd muncul lg. Pd blgnya sih abis coating biarpun swirl, yg swirlnya itu lapisan coatingnya. Tp ya who knows lah orng lapisan coating mungkin kalo diukur jg cuman nambah 0,0xx micron kali
Oh gitu ya, jadi sebenernya gimana ya om enaknya? Menimbang cost to benefitnya, mengingat kok rasanya mirip era2 gelang power balance
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 4:27
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 4:17
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 2:57
Lebih murah om, lupa nulis :big_biglaugh: Kena 4.4 (ada disc lagi 1 jadi kena 3.4)
Maklum sambil ngantor :big_biglaugh:
Oh kirain lebih mahal. Ya kalo segitu dicoba aja om. Pengalaman coating sih ya baru selesai keliatan mulus sih tp brp hari swirl ya muncul lg apalg mbl hitam. Pokoknya jgn berekspektasi tinggi mobil bakalan mulus trus berbulan2 sebab abis nyuci pertama jg pasti pd muncul lg. Pd blgnya sih abis coating biarpun swirl, yg swirlnya itu lapisan coatingnya. Tp ya who knows lah orng lapisan coating mungkin kalo diukur jg cuman nambah 0,0xx micron kali
Oh gitu ya, jadi sebenernya gimana ya om enaknya? Menimbang cost to benefitnya, mengingat kok rasanya mirip era2 gelang power balance
Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang. Tp kalo mobil fresh brand new keluar dari showroom dan dana memungkinkan mending ppf. Ane jg agak2 ocd sama mbl sih, demen liat mobil kinclong. Kemaren CX30 langsung naek ppf abis di delivery dari sowrum, F30 mau di ppf tp uda banyak stone chip jd ga bakal maksimal jg makanya yg F30 palingnya coating berkala doang tiap 1-2 thn. Mau repaint masih sayang cat orinya. Kalo skrng kondisi mobil masih prima n cuman swirl2 doang masih bisa didetailing dlu biar kondisi perfect sblm ppf.

Yg om fotoin S ama C itu apaan? Harga coatingnya? Susah lihat om namanya jg dari foto hehehe, sekilas sama aja
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 4:27
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 4:17

Oh kirain lebih mahal. Ya kalo segitu dicoba aja om. Pengalaman coating sih ya baru selesai keliatan mulus sih tp brp hari swirl ya muncul lg apalg mbl hitam. Pokoknya jgn berekspektasi tinggi mobil bakalan mulus trus berbulan2 sebab abis nyuci pertama jg pasti pd muncul lg. Pd blgnya sih abis coating biarpun swirl, yg swirlnya itu lapisan coatingnya. Tp ya who knows lah orng lapisan coating mungkin kalo diukur jg cuman nambah 0,0xx micron kali
Oh gitu ya, jadi sebenernya gimana ya om enaknya? Menimbang cost to benefitnya, mengingat kok rasanya mirip era2 gelang power balance
Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang. Tp kalo mobil fresh brand new keluar dari showroom dan dana memungkinkan mending ppf. Ane jg agak2 ocd sama mbl sih, demen liat mobil kinclong. Kemaren CX30 langsung naek ppf abis di delivery dari sowrum, F30 mau di ppf tp uda banyak stone chip jd ga bakal maksimal jg makanya yg F30 palingnya coating berkala doang tiap 1-2 thn. Mau repaint masih sayang cat orinya. Kalo skrng kondisi mobil masih prima n cuman swirl2 doang masih bisa didetailing dlu biar kondisi perfect sblm ppf.

Yg om fotoin S ama C itu apaan? Harga coatingnya? Susah lihat om namanya jg dari foto hehehe, sekilas sama aja
Beda nya om, saya dapet dari adminnya gitu
Yang s itu yang mahal, yang c yang mid harganya (S= sapphire kena 4.4, C=ceramic kena 2.8 )
Yang mahal itemnya jadi lebih gelap daripada yang mid (kayanya itu mobil bengkelya ipah atau crv hitam)

Kebetulan kalo ppf belom ada budget sih jadinya nganu om :big_biglaugh:
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by forzanetti »

kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by bimzbim »

forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
Yup bener banget ini. Pengalaman di coating harga 6 jt vs 10 jt, ga ada bedanya dari sisi ketahanan.
Btw isitilah nano, chemaric, titanium, saphire, dll, itu cuma bahasa marketing aja. Tetap aja basis nya clear coat yang mudah banget swirl.
Btw untuk fitur self healing coating, pengalaman saya ternyata ga ada itu self healing di coating.

Kalo untuk DIY coating, kayaknya baiknya jangan deh kalo ga ada pengalaman sama sekali di detailing. Yang ada nanti jadinya malah kayak water mark gitu permukaan catnya
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
Wah kalo DIY malah ga berani om, udah DIY trus jelek kecewanya double :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Juga kondisi rumah dan kerjaan ga mendukung buat DIY
bimzbim wrote: Fri Jan 20, 2023 9:10
forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
Yup bener banget ini. Pengalaman di coating harga 6 jt vs 10 jt, ga ada bedanya dari sisi ketahanan.
Btw isitilah nano, chemaric, titanium, saphire, dll, itu cuma bahasa marketing aja. Tetap aja basis nya clear coat yang mudah banget swirl.
Btw untuk fitur self healing coating, pengalaman saya ternyata ga ada itu self healing di coating.

Kalo untuk DIY coating, kayaknya baiknya jangan deh kalo ga ada pengalaman sama sekali di detailing. Yang ada nanti jadinya malah kayak water mark gitu permukaan catnya
Makanya om, ini malah dapet tawaran 4.4 (kena disc jadi 3.4 :upss: ) mau pake tapi galau

Yang lebih murah itu 2.8 (disc jadi 1.8, katanya sih beda ketebalan sama deep warnanya atau entah lah, sama garansinua lebih pendek (3 vs 2th yang murah))

Gambarnya itu diatas ada bedanya, yang S yang 3.4, yang C 1.8
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Omiyup on Fri Jan 20, 2023 10:23, edited 1 time in total.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

kendibocor wrote: Thu Jan 19, 2023 7:18

Bisa per panel om, tp ga murah jg harganya :big_grin:

Terkadang ada sih yg paketan sekalian dpt gratis reapply ppfnya kalo accident. Tergantung sama detailer masing2.
benzz89 wrote: Thu Jan 19, 2023 7:17 Kl PPF nya dipakein garansi boleh install ulang mbah & tentu saja free of charge, pan sdh bayar asuransinya.

Nah masalahnya repaintnya jangan yg kelas abal2 aja sih, takutnya nanti abis repaint ehhh gak lama catnya kusam/buram, mana sdh install ulang PPF nya pula... bisa2 gak enak makan & gak enak tidur lg deh hahahah

Kl sdh install PPF sih sebisa mungkin maksimalkan di PDR aja kali yah kl penyok2 gitu, kl sekedar dent atau penyok2 ringan sih PDR yakin bisa lah, tapi kalau sdh tabrak keras yah ndak tau deh gimana.

Dulu ane belum ngerti PPF tapi baru ingat waktu taon 2002 beli kijang kapsul dari baru itu bumper depan & belakangnya ternyata dipakein PPF loh, pernah serempetan tapi catnya tidak gores, ane bingung waktu itu kok bisa yah cat nya tidak kenapa2, pas perhatiin itu bagian ujung bumper kaya ada lapisan plastiknya... pantesss.

Itu jaman dimana TAM lg royal2nya ke pembeli kisul, sampai bumper depan & belakang di kasih lapisan plastik lg hahahah
I see, balik lg gimana ketentuan garansinya... atau ya install ulang per panel kek om kendi bilang ya.

====

Buat om omiyup, sepertinya sudah yakin dengan installernya dan dia nawarin lebih murah/mahal, kalau saya pilih yg lebih murah aja. Nanti setiap sekian waktu sekali saya akan semprot graphene spray atau apply sealant yg ada montan wax (hd poxy) atau sekalian black wax supaya ada efek darkening. Beda sekian juta untuk ngincer darkening, buat saya pribadi kurang worth.
Image
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

josomba wrote: Fri Jan 20, 2023 10:23
kendibocor wrote: Thu Jan 19, 2023 7:18

Bisa per panel om, tp ga murah jg harganya :big_grin:

Terkadang ada sih yg paketan sekalian dpt gratis reapply ppfnya kalo accident. Tergantung sama detailer masing2.
benzz89 wrote: Thu Jan 19, 2023 7:17 Kl PPF nya dipakein garansi boleh install ulang mbah & tentu saja free of charge, pan sdh bayar asuransinya.

Nah masalahnya repaintnya jangan yg kelas abal2 aja sih, takutnya nanti abis repaint ehhh gak lama catnya kusam/buram, mana sdh install ulang PPF nya pula... bisa2 gak enak makan & gak enak tidur lg deh hahahah

Kl sdh install PPF sih sebisa mungkin maksimalkan di PDR aja kali yah kl penyok2 gitu, kl sekedar dent atau penyok2 ringan sih PDR yakin bisa lah, tapi kalau sdh tabrak keras yah ndak tau deh gimana.

Dulu ane belum ngerti PPF tapi baru ingat waktu taon 2002 beli kijang kapsul dari baru itu bumper depan & belakangnya ternyata dipakein PPF loh, pernah serempetan tapi catnya tidak gores, ane bingung waktu itu kok bisa yah cat nya tidak kenapa2, pas perhatiin itu bagian ujung bumper kaya ada lapisan plastiknya... pantesss.

Itu jaman dimana TAM lg royal2nya ke pembeli kisul, sampai bumper depan & belakang di kasih lapisan plastik lg hahahah
I see, balik lg gimana ketentuan garansinya... atau ya install ulang per panel kek om kendi bilang ya.

====

Buat om omiyup, sepertinya sudah yakin dengan installernya dan dia nawarin lebih murah/mahal, kalau saya pilih yg lebih murah aja. Nanti setiap sekian waktu sekali saya akan semprot graphene spray atau apply sealant yg ada montan wax (hd poxy) atau sekalian black wax supaya ada efek darkening. Beda sekian juta untuk ngincer darkening, buat saya pribadi kurang worth.
Katanya sih lebih nyala om (saya juga ragu sih, cuma karena warna mobil saya soul red crys dia bilang begitu)

Saya juga awam sih soal ginian, dan jujur pilih soul red bakalan agak rewel karena ini warna fav (asli ganteng banget seriusan :upss: )

Soalnya juga kalo semprot2 kaya om takut ga sempet n ga ada nyali :big_biglaugh:
Meskipun liat TW Graphene kok menggoda (1botol cuma cukup 1 mobil ya?)

Sebenernya dia ga paling murah, tengah tengah. Paketnya dia ada yang 1.5jt (kalo ini nurut saya ga worthed karena yang tengah kena 1.8jt)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 10:11
Wah kalo DIY malah ga berani om, udah DIY trus jelek kecewanya double :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Juga kondisi rumah dan kerjaan ga mendukung buat DIY
DIY coating sebenernya gampang om, yg susah paint prepnya. Saya mbl yg mazda 2 ngecoating sendiri. Pake produk glass resin CF lumayan memuaskan water sheeting n beadingnya. Bisa bertahan 6 bulanan kayaknya. Intinya sih kalo pertama kali DIY dan blm paham sama produknya coba dlu di panel kecil, liat brp lama dia ngebond trus di buff. Kalo kelamaan emang biasanya sulit dibuff. Trus yg penting siapin kaen microfiber yg banyak soalnya kalo kaen microfibernya uda jenuh ngebuffnya jg ga maksimal yg ada tenaga abis, sisa coatingnya masih nempel.
Nah kalo paint prep itu yg sampe skrng saya ga bisa maksimal, faktor nyali jg kayaknya blm berani ngepolish dalem2. Saya lg mikir2 beli kap mesin mbl bekas bwat latihan paint prep :upss:
forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
bimzbim wrote: Fri Jan 20, 2023 9:10
forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
Yup bener banget ini. Pengalaman di coating harga 6 jt vs 10 jt, ga ada bedanya dari sisi ketahanan.
Btw isitilah nano, chemaric, titanium, saphire, dll, itu cuma bahasa marketing aja. Tetap aja basis nya clear coat yang mudah banget swirl.
Btw untuk fitur self healing coating, pengalaman saya ternyata ga ada itu self healing di coating.

Kalo untuk DIY coating, kayaknya baiknya jangan deh kalo ga ada pengalaman sama sekali di detailing. Yang ada nanti jadinya malah kayak water mark gitu permukaan catnya
Cairan coating sebenernya ga gitu mahal kalo yg lokalan macem produk CF. Hasil sih oke aja kalo cuman pgn mengkilap n ada water sheeting-beading. IMO kalo pgn masuk coating mahal sekalian, ya cari detailer yg produknya bener2 branded macem gyeon, modesta, dll. Kalo ini kan ketauan emang harga produknya yg dipakenya jg mahal n bukan abal2. Kalo detailer yg ngehype-in produk sendiri bilang produknya super bagus ini-itu tp ga jelas asal-usulnya dan harga sama mahalnya mending skip sih.

Jgn lupa jaman skrng banyak detailer jadi2an jg yg maaf2 aja nih, mungkin sama saya ngepaint prep sendiri masih rapihan saya. Mau tau dapet detailer yg zonk atau nggak susah2 gampang, kalo mo jalan gampangnya ya cari yg uda ada nama. Jgn kemakan posting hasil coatingnya di IG, soalnya banyak yg ternyata bukan kerjaan sendiri entah ngambil gbr dari mana. Waktu cari2 PPF bwat CX30 saya pernah nemu beberapa profil IG jasa ppf dirumah yg followernya dikit, posting jg dikit tp yg di post udah macem ferrari, lambo :big_biglaugh: logika saya aja sih kalo saya punya ferrari atau lambo ga mungkin kasih orng ppf yg ga jelas asal-usulnya dari mana :big_biglaugh:

Mertua saya pernah nyari detailer yg dtg ke rumah untuk coating. Ga nanya2 saya dulu sblmnya. Mobil kondisi lumayan mengenaskan, ngerjain paint prep sampe coating cukup 6 jam saja. DC 3 jutaan. Abis kerjain baru blg saya, saya blg itumah difiller doang n coatingnya pasti abal2. 3 bulan kemudian mobilnya butek seperti sedia kala, uda ga ada tuh jejak2 water sheeting segala, akhirnya ngedumel sendiri dia :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 11:59
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 10:11
Wah kalo DIY malah ga berani om, udah DIY trus jelek kecewanya double :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Juga kondisi rumah dan kerjaan ga mendukung buat DIY
DIY coating sebenernya gampang om, yg susah paint prepnya. Saya mbl yg mazda 2 ngecoating sendiri. Pake produk glass resin CF lumayan memuaskan water sheeting n beadingnya. Bisa bertahan 6 bulanan kayaknya. Intinya sih kalo pertama kali DIY dan blm paham sama produknya coba dlu di panel kecil, liat brp lama dia ngebond trus di buff. Kalo kelamaan emang biasanya sulit dibuff. Trus yg penting siapin kaen microfiber yg banyak soalnya kalo kaen microfibernya uda jenuh ngebuffnya jg ga maksimal yg ada tenaga abis, sisa coatingnya masih nempel.
Nah kalo paint prep itu yg sampe skrng saya ga bisa maksimal, faktor nyali jg kayaknya blm berani ngepolish dalem2. Saya lg mikir2 beli kap mesin mbl bekas bwat latihan paint prep :upss:
forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51
kendibocor wrote: Fri Jan 20, 2023 5:37 Kalo mo coating sih boleh2 aja om, justru menurut ane kalo mo coating ya cari yg 2-3 jt an cukup kali ya. Masih ga terlalu mahal, dan kalo uda mulai butek lg mobilnya tinggal maintenance atau coating ulang.
saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
bimzbim wrote: Fri Jan 20, 2023 9:10
forzanetti wrote: Fri Jan 20, 2023 8:51

saya pribadi setuju sama om kendi. coating yg sampe 7-8jt saya jg ragu bedanya bisa banyak sama yang 2-3jtan.

beda cairan coating yang digunakan kayanya ga sebesar itu (CMIIW). malah yang penting kerapihan dan ketelitian aplikatornya.

om Omiyup ga pengen DIY? beli sendiri cairan coating yang mudah dipake awam, sekarang banyak.
Yup bener banget ini. Pengalaman di coating harga 6 jt vs 10 jt, ga ada bedanya dari sisi ketahanan.
Btw isitilah nano, chemaric, titanium, saphire, dll, itu cuma bahasa marketing aja. Tetap aja basis nya clear coat yang mudah banget swirl.
Btw untuk fitur self healing coating, pengalaman saya ternyata ga ada itu self healing di coating.

Kalo untuk DIY coating, kayaknya baiknya jangan deh kalo ga ada pengalaman sama sekali di detailing. Yang ada nanti jadinya malah kayak water mark gitu permukaan catnya
Cairan coating sebenernya ga gitu mahal kalo yg lokalan macem produk CF. Hasil sih oke aja kalo cuman pgn mengkilap n ada water sheeting-beading. IMO kalo pgn masuk coating mahal sekalian, ya cari detailer yg produknya bener2 branded macem gyeon, modesta, dll. Kalo ini kan ketauan emang harga produknya yg dipakenya jg mahal n bukan abal2. Kalo detailer yg ngehype-in produk sendiri bilang produknya super bagus ini-itu tp ga jelas asal-usulnya dan harga sama mahalnya mending skip sih.

Jgn lupa jaman skrng banyak detailer jadi2an jg yg maaf2 aja nih, mungkin sama saya ngepaint prep sendiri masih rapihan saya. Mau tau dapet detailer yg zonk atau nggak susah2 gampang, kalo mo jalan gampangnya ya cari yg uda ada nama. Jgn kemakan posting hasil coatingnya di IG, soalnya banyak yg ternyata bukan kerjaan sendiri entah ngambil gbr dari mana. Waktu cari2 PPF bwat CX30 saya pernah nemu beberapa profil IG jasa ppf dirumah yg followernya dikit, posting jg dikit tp yg di post udah macem ferrari, lambo :big_biglaugh: logika saya aja sih kalo saya punya ferrari atau lambo ga mungkin kasih orng ppf yg ga jelas asal-usulnya dari mana :big_biglaugh:

Mertua saya pernah nyari detailer yg dtg ke rumah untuk coating. Ga nanya2 saya dulu sblmnya. Mobil kondisi lumayan mengenaskan, ngerjain paint prep sampe coating cukup 6 jam saja. DC 3 jutaan. Abis kerjain baru blg saya, saya blg itumah difiller doang n coatingnya pasti abal2. 3 bulan kemudian mobilnya butek seperti sedia kala, uda ga ada tuh jejak2 water sheeting segala, akhirnya ngedumel sendiri dia :big_biglaugh:
Wah gitu ya om, mikir lagi deh mau DC 3jt buat tuh coating
Malah tertarik sama graphene yang semprot2, sepertinya gampang pakenya :big_biglaugh:
Cuma nganu om, kadang suka lupa nyuci pake kanebo biar cepet, gimana ya om biar dia aman? Mau beli microfiber yang gede (90cm) tapi lama nunggu barangnya dateng :big_bored:

Dapet gratisan sih dari mazda, microfiber tapi kecil (cuma 20 apa 30cm an) pake aja kah buat keringin?

Sama coating bisa dilakuin kapanpun kan? Ga harus baru gres baru boleh coating? Soalnya kepikiran tar aja kalo ada lebih sekalian naik modesta dkk
Ipauzee
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Feb 27, 2017 16:37
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Kawasaki-Ninja

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Ipauzee »

Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 16:18

Wah gitu ya om, mikir lagi deh mau DC 3jt buat tuh coating
Malah tertarik sama graphene yang semprot2, sepertinya gampang pakenya :big_biglaugh:
Cuma nganu om, kadang suka lupa nyuci pake kanebo biar cepet, gimana ya om biar dia aman? Mau beli microfiber yang gede (90cm) tapi lama nunggu barangnya dateng :big_bored:

Dapet gratisan sih dari mazda, microfiber tapi kecil (cuma 20 apa 30cm an) pake aja kah buat keringin?

Sama coating bisa dilakuin kapanpun kan? Ga harus baru gres baru boleh coating? Soalnya kepikiran tar aja kalo ada lebih sekalian naik modesta dkk
Saran ane sih kalau gk sreg sama installer & obat2an nya
Better upgrade tools & skill untuk cuci nya om.

Beli HPC + Foam Cannon
Sponge upgrade ke washmitt
Pengeringan upgrade ke drying towel
Shampoo ph balance jg yg touchless
Skill upgrade ke 2 bucket method

Kanebo buat keringin kaca aja...

Buat proteksi nya kalau ane lebih prefer pakai line up nya megs yang hybrid ceramic series. Ini rekomen banget buat end user dari segi kemudahan apply & result ny.

Untuk base protect nya pakai yg hybrid ceramic wax (spray) kalau mau keringetan boleh coba yg pasta nya, lalu untuk topping nya pakai yg hybrid ceramic detailers...

2 product ini udah cukup banget bagi yang hobby DIY, walau pun DC nya gk jauh2 amat dari coating yg paling murah juga 😅😅😅


Btw nyambung ke installer/detailer dan coating zonk, even untuk sekelas ppf ada juga yg paint prepare nya juga cuma hitungan jam. Dan kenapa pengaruh nya besar, karena detailer cat ibaratnya dokter kulit, semakin banyak defect semakin lama treatment, tp gk jarang juga yg terlihat mulus tenyata treatment nya gk beda jauh 😅😅😅

Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

Ipauzee wrote: Fri Jan 20, 2023 22:28
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 16:18

Wah gitu ya om, mikir lagi deh mau DC 3jt buat tuh coating
Malah tertarik sama graphene yang semprot2, sepertinya gampang pakenya :big_biglaugh:
Cuma nganu om, kadang suka lupa nyuci pake kanebo biar cepet, gimana ya om biar dia aman? Mau beli microfiber yang gede (90cm) tapi lama nunggu barangnya dateng :big_bored:

Dapet gratisan sih dari mazda, microfiber tapi kecil (cuma 20 apa 30cm an) pake aja kah buat keringin?

Sama coating bisa dilakuin kapanpun kan? Ga harus baru gres baru boleh coating? Soalnya kepikiran tar aja kalo ada lebih sekalian naik modesta dkk
Saran ane sih kalau gk sreg sama installer & obat2an nya
Better upgrade tools & skill untuk cuci nya om.

Beli HPC + Foam Cannon
Sponge upgrade ke washmitt
Pengeringan upgrade ke drying towel
Shampoo ph balance jg yg touchless
Skill upgrade ke 2 bucket method

Kanebo buat keringin kaca aja...

Buat proteksi nya kalau ane lebih prefer pakai line up nya megs yang hybrid ceramic series. Ini rekomen banget buat end user dari segi kemudahan apply & result ny.

Untuk base protect nya pakai yg hybrid ceramic wax (spray) kalau mau keringetan boleh coba yg pasta nya, lalu untuk topping nya pakai yg hybrid ceramic detailers...

2 product ini udah cukup banget bagi yang hobby DIY, walau pun DC nya gk jauh2 amat dari coating yg paling murah juga 😅😅😅


Btw nyambung ke installer/detailer dan coating zonk, even untuk sekelas ppf ada juga yg paint prepare nya juga cuma hitungan jam. Dan kenapa pengaruh nya besar, karena detailer cat ibaratnya dokter kulit, semakin banyak defect semakin lama treatment, tp gk jarang juga yg terlihat mulus tenyata treatment nya gk beda jauh 😅😅😅

Rencana sih mau beli washmitt sama drying towel, foam cannon mau beli yang pompa tenaga manusia dulu. HPC juga mau (gara2 ga sreg ama tempat cucian disini ngawur semua)

Kanebo kadang kalo butuh cepet dan pas adanya itu sih om :big_biglaugh: (ini juga alasan kalo mau coating kok malah takut 3jt to the drain :big_biglaugh: )

Kalo yang semprot2 macem ceramic/graphene hybrid punya TW bisa buat hilangin baret2 halus?

Rencana juga mau beli kalo barangnya yang dari mazda habis :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 16:18
Wah gitu ya om, mikir lagi deh mau DC 3jt buat tuh coating
Malah tertarik sama graphene yang semprot2, sepertinya gampang pakenya :big_biglaugh:
Cuma nganu om, kadang suka lupa nyuci pake kanebo biar cepet, gimana ya om biar dia aman? Mau beli microfiber yang gede (90cm) tapi lama nunggu barangnya dateng :big_bored:

Dapet gratisan sih dari mazda, microfiber tapi kecil (cuma 20 apa 30cm an) pake aja kah buat keringin?

Sama coating bisa dilakuin kapanpun kan? Ga harus baru gres baru boleh coating? Soalnya kepikiran tar aja kalo ada lebih sekalian naik modesta dkk
Om mau coating sebagus apapun kalo kalo nyuci ngeringin pake kanebo ya sama aja bohong om :big_biglaugh:
Keringin salah satu step krusial karena sering timbul swirl pas tahap ini. Saya sendiri punya drying towel 2 biji yg gede. Tambah microfiber yg kecil2 ada 10 biji. Uda ga nyimpen kanebo :mky_01:
Kalo bisa beli microfiber kalo yg kecil2 cari yg edgeless. Oh iya cara ngeringin untuk minimalisir swirl jg ada (bisa liat di yutub2)

Kalo soal coating kayaknya boleh kapan aja. Menurut ane Ppf yg justru harus secepat mungkin dari baru karena kalo uda repaint segala macem ane agak2 sangsi mau di ppf, kayanya kalo repaint kurang bagus nanti saat peel off ppf malah rusak catnya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Omiyup »

kendibocor wrote: Sat Jan 21, 2023 1:37
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 16:18
Wah gitu ya om, mikir lagi deh mau DC 3jt buat tuh coating
Malah tertarik sama graphene yang semprot2, sepertinya gampang pakenya :big_biglaugh:
Cuma nganu om, kadang suka lupa nyuci pake kanebo biar cepet, gimana ya om biar dia aman? Mau beli microfiber yang gede (90cm) tapi lama nunggu barangnya dateng :big_bored:

Dapet gratisan sih dari mazda, microfiber tapi kecil (cuma 20 apa 30cm an) pake aja kah buat keringin?

Sama coating bisa dilakuin kapanpun kan? Ga harus baru gres baru boleh coating? Soalnya kepikiran tar aja kalo ada lebih sekalian naik modesta dkk
Om mau coating sebagus apapun kalo kalo nyuci ngeringin pake kanebo ya sama aja bohong om :big_biglaugh:
Keringin salah satu step krusial karena sering timbul swirl pas tahap ini. Saya sendiri punya drying towel 2 biji yg gede. Tambah microfiber yg kecil2 ada 10 biji. Uda ga nyimpen kanebo :mky_01:
Kalo bisa beli microfiber kalo yg kecil2 cari yg edgeless. Oh iya cara ngeringin untuk minimalisir swirl jg ada (bisa liat di yutub2)

Kalo soal coating kayaknya boleh kapan aja. Menurut ane Ppf yg justru harus secepat mungkin dari baru karena kalo uda repaint segala macem ane agak2 sangsi mau di ppf, kayanya kalo repaint kurang bagus nanti saat peel off ppf malah rusak catnya.
Yang kecil2 buat apa om? Kan dia ga bisa buat keringin? Cuma buat apply macem hybrid ceramic dll?
Keringin harus pake yang guede (1600gsm yang udah mirip sama handuk mandi :big_biglaugh: )

Trus belinya harus yang edgeless om?
Kalo 60cm cukup ga? Kebetulan minat beli di ace udah sepaket ama mitt https://www.ruparupa.com/acestore/p/se ... C1r0iuHcrO
Ipauzee
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Feb 27, 2017 16:37
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Kawasaki-Ninja

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Ipauzee »

Omiyup wrote: Sat Jan 21, 2023 1:06
Ipauzee wrote: Fri Jan 20, 2023 22:28
Omiyup wrote: Fri Jan 20, 2023 16:18

Wah gitu ya om, mikir lagi deh mau DC 3jt buat tuh coating
Malah tertarik sama graphene yang semprot2, sepertinya gampang pakenya :big_biglaugh:
Cuma nganu om, kadang suka lupa nyuci pake kanebo biar cepet, gimana ya om biar dia aman? Mau beli microfiber yang gede (90cm) tapi lama nunggu barangnya dateng :big_bored:

Dapet gratisan sih dari mazda, microfiber tapi kecil (cuma 20 apa 30cm an) pake aja kah buat keringin?

Sama coating bisa dilakuin kapanpun kan? Ga harus baru gres baru boleh coating? Soalnya kepikiran tar aja kalo ada lebih sekalian naik modesta dkk
Saran ane sih kalau gk sreg sama installer & obat2an nya
Better upgrade tools & skill untuk cuci nya om.

Beli HPC + Foam Cannon
Sponge upgrade ke washmitt
Pengeringan upgrade ke drying towel
Shampoo ph balance jg yg touchless
Skill upgrade ke 2 bucket method

Kanebo buat keringin kaca aja...

Buat proteksi nya kalau ane lebih prefer pakai line up nya megs yang hybrid ceramic series. Ini rekomen banget buat end user dari segi kemudahan apply & result ny.

Untuk base protect nya pakai yg hybrid ceramic wax (spray) kalau mau keringetan boleh coba yg pasta nya, lalu untuk topping nya pakai yg hybrid ceramic detailers...

2 product ini udah cukup banget bagi yang hobby DIY, walau pun DC nya gk jauh2 amat dari coating yg paling murah juga 😅😅😅


Btw nyambung ke installer/detailer dan coating zonk, even untuk sekelas ppf ada juga yg paint prepare nya juga cuma hitungan jam. Dan kenapa pengaruh nya besar, karena detailer cat ibaratnya dokter kulit, semakin banyak defect semakin lama treatment, tp gk jarang juga yg terlihat mulus tenyata treatment nya gk beda jauh 😅😅😅

Rencana sih mau beli washmitt sama drying towel, foam cannon mau beli yang pompa tenaga manusia dulu. HPC juga mau (gara2 ga sreg ama tempat cucian disini ngawur semua)

Kanebo kadang kalo butuh cepet dan pas adanya itu sih om :big_biglaugh: (ini juga alasan kalo mau coating kok malah takut 3jt to the drain :big_biglaugh: )

Kalo yang semprot2 macem ceramic/graphene hybrid punya TW bisa buat hilangin baret2 halus?

Rencana juga mau beli kalo barangnya yang dari mazda habis :big_biglaugh:
Faktor penyumbang baret terbesar justru dari kanebo om, lalu sponge cuci... Sisa nya tinggal masalah hoki aja 🤣🤣🤣 (kalau cuci sendiri)

Tapi kalau seneng nya berbagi rejeki dengan carwash sih better cari yg premium wash, dan minta di jelaskan SOP nya...

Pernah ngalamin sendiri soal nya, mobil lagi bersih2 nya dari defect. Hanya perkara males cuci sendiri akhirnya bawa ke carwash, hasil nya baret panjang skitar 30cm di kap belakang 😢😢😢

Dan akhirnya mengerti yang nama nya sakit gak berdarah 🤣🤣🤣

Untuk spray2 yang berfiller bisa untuk menutupi swirl, bukan menghilangkan ya...

Tetep untuk hilangkan defect harus tahap polish...

Then kalau terus2 an pakai filler disaat kontaminan sudah banyak malah akan menutup gloss asli dari cat itu sendiri, ujung2 nya tetep harus di detailing...


Itu lah maka nya tetap di butuh kan maintenance walau sudah coating karena kondisi cat tidak akan selama nya perfect ...