170km/jam atau turun mesin?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

170km/jam atau turun mesin?

Post by y_anjasrana »

Hyundai atoz 2004 (mesin 1000cc) saya udah bolak balik disaranin oleh teknisi2 dr beberapa bengkel untuk turun mesin. Pasalnya dari kolong mesin keluar asap. Selain itu juga ada bunyi2 aneh dr mesin. Sehingga banyak teknisi yg bilang kalu ada masalah di jeroan mesin. Tp karena blum ada duitnya jadi ditunda terus.

Fyi, saya sudah pakai sekitar 1.5 tahun beli second. Waktu itu sempat direpair ACnya, dan sekaligus dengan idle actuatornya (SAS). Waktu awal2 juga sudah dibilang hrs turun mesin. Tp topspeed saat itu baru 140km/jam karena kondisi jalan yg ramai. Setelah tol JORR barat jadi, dan sepi mlulu, sy bisa bawa si atoz sampai topspeednya, yaitu 170km/jam (di speedo meter bisa sampai 180km/jam).

Yg mau ditanyakan, kenapa dgn performa demikian, bisa disuruh turun mesin ya? Takutnya setelah turun mesin, malah mentok di 140km/jam seperti yg dicatat wikipedia utk atoz.
Accurate V5 Accounting System Consultant
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

buset bro.... mesin uda ngebul gt aja masi dipaksa lari 170... :e-clap: :e-clap: :e-clap: .... mobil ane yg sehat aja kaga brani ane lariin sgitu...

btw maksud nya dari kolong mesin kluar asap tuh gmana yah.... setau ane bukanya lazim nya itu knalpot yahh yg kluar asap ngebul... :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by Hansen »

apa ga dicek asepnya berasal dari mana gitu...... :e-think: :e-think: :e-think:
Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

iya mendingan dicek dulu itu asep asalnya dr mana, jg jgn lupa untuk rajin2 ngecek level oli di deepstick-nya....kalo memang itu asap krn oli yg terbakar, berarti potensi penyusutan volume oli lbh besar.

cmiiw
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by Hansen »

Pakar mesin telah angkat bicara....:e-clap: :e-clap: :e-clap: :off_good:
Image
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

Hansen wrote:Pakar mesin telah angkat bicara....:e-clap: :e-clap: :e-clap: :off_good:
lho...yang ngajarin ttg mesin kan ente sen... :frm_salut:

btw...bukan bermaksud menakut2i TS, saya cuma berbagi pengalaman krn pernah mengalami hal yg mirip dengan TS tapi pada mbl yg berbeda yaitu setelah 4 thn dipake lama2 gejala suara mesin kasar tapi tenaganya lbh mantab dr sebelumnya padahal gak pernah dimodif apa2.

menurut montirnya itu bisa jadi ciri2 sebuah mesin sehat yang sudah menjelang akhir lifetime nya, dimana clearence antar komponen udah lbh longgar (gesekan lbh minim) sementara kompresinya masih solid sehingga mesin berada pada performanya yg optimal. montir cuma pesen ke saya supaya mulai menabung untuk persiapan anggaran karena beberapa bulan lagi mesinnya perlu dioverhaul. Ntah gmn ternyata itu terbukti, 5 bln dr situ mesin mulai berasap di knalpot, performa lama2 turun, tenaga makin ngempos dan akhirnya overhaul pada bulan berikutnya.

eniwey ini cuma sharing aja....boleh dipercaya boleh jg tidak, karena problem ditiap2 mesin kan bermacam2.... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by asudarsono »

Bro Anjasrana nggak salah tuh? 170 kpj di luar kemampuan Atoz pada umumnya deh. Seneng donk, dapat mobil setara Uno Abarth tanpa perlu repot2. Kayaknya udah pernah dimodif sangar deh. SX4 aja gak semua bisa 170.

Kalau aku sih asal jangan ngebul warna biru dan kondisi oli / air normal, pakai aja terus. Turun mesin khan melulu untuk ganti silinder dkk. Kalu silinder masih sehat, apa lagi yg mau dioprek?

Biaya turun mesin 5 - 10 juta. Tapi nanti jadi standard lagi (140 kpj).
Ready to Race
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by flexiblebil »

asudarsono wrote: SX4 aja gak semua bisa 170.
pastinya bro asudarsono, kan yang nyetir beda2, nyali juga beda2 hehehe..

back to topic, kelo menurut saya, coba cek kompresinya.. biasanya salah satu pendukung turun mesin kalo kompresi di silinder2nya udah dibawah batas. jangan khawatir performa turun setelah turun mesin, kalo komponen2nya bener, masangnya juga bener, teorinya performa mesin jadi lebih baik, minimal sama dengan baru..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by y_anjasrana »

buset bro.... mesin uda ngebul gt aja masi dipaksa lari 170... :e-clap: :e-clap: :e-clap: .... mobil ane yg sehat aja kaga brani ane lariin sgitu...
Abis kondisi jalannya mendukung sih. Coba aja lewat situ. Kosong plong. Cuma sayang rada bumpy di beberapa bagian.

Kondisinya atoz saya memang udah jauh di atas performa atoz standard. Makanya saya sendiri heran. Saya pernah cerita pd anak2 dari klub atoz kalu sering jalanin atoz sekitar 130km/jam, udah pada dibilang sombong. gimana kalu cerita 170km/jam ya? Soalnya teknisi dari hmi cilandak (beresnya hyundai), punya atoz yg udah dimodif abis sampai pasang piggyback segala, hasilnya "cuma" 160km/jam. Kalu versi matic umumnya sekitar 120km/jam kalu mesin sehat. Jauh bgt khan? (walaupun di youtube pernah ada yg sampe 180km/jam).

Soal oli memang cepat habis. Makanya tiap 2-3 hari sekali saya selalu cek oli. dari awal beli memang sudah sedikit berasap disekitar ruang mesin. Kalu ga salah dari bawah mesin. Tp karena waktu itu body lumyan mulus jadinya saya ambil. Hehehe..

Mungkin yg boss jalu bilang ada benernya juga. Waktu sampai 170km/jam, saya pakai oli mesin primaxp sae 20-50 (ada masalah dibudget), sebelumnya pakai castrol yg lebih encer. Minggu lalu ganti pakai shell hx7 sae 10-40, asap dr ruang mesin langsung tebal. Dlm beberapa hari oli turun jadi 3/4 dari dip stick. Waktu pakai prima xp 20-50 setelah sebulan baru turun separo. Saya ganti karena olinya cepat hitam.

Coba deh besok2 saya bawa ke AMS (amiaw ms), kyknya alat mereka lumayan lengkap.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

hmm...bener jg yah, olinya cepet susut.....kalo TS masih suka dengan performa 170 kmh ya sdh, selama kita mau ngecek dan nambahin oli nikmati saja mbl itu, ibarat wanita yg sedang hamil muda itu mesin lg hot2nya sebelum akhirnya turun mesin :mrgreen:

yg penting bagi TS mulai dr sekarang udah siap2 menabung untuk biaya perbaikan, lagi2 ibarat wanita hamil muda meski lg hot2nya ya tapi jgn lupa mulai menabung untuk biaya persalinan....

no offence to kaum wanita..... :big_slap:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by y_anjasrana »

Sebetulnya ga tiap hari juga koq. Soalnya rute kerja saya tiap hari berubah. Kebetulan aja jalur kesitu kosong plong. Itung2 italian tune up. Hehehe... Tp trus terang niat awal beli atoz itu untuk ngurangin ngebut lho.. Eh sekarang malah ngebut lagi. Hohoho... :big_peace:

Masalah nabung ya udah mulai dari dulu.. Khan udah dari dulu udah byk yg bilang harus turun mesin. Jadi ya udah siap2. Cuma sepertinya sih masih kurang. Yaa artinya harus cari duit lebih banyak lagi nih. Untungnya manual. Soalnya denger2 kalu gearbox matic yg rusak bisa sampe belasan juta.
Accurate V5 Accounting System Consultant
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

kalo mnurut ane sehh mending di serpis skrg sehh... soalnya kalo bocor kompresi gt kan siapa tau dari seal ring piston yg uda aus atau kaga bener... takutnya kalo kelamaan tambah parah logh... namanya jg benda yg bergerak aktif terus slama mesin nyala kan... nah ntar kalo uda kaga presisi lagi gt malah jadi bikin baret dsb...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

y_anjasrana wrote:Sebetulnya ga tiap hari juga koq. Soalnya rute kerja saya tiap hari berubah. Kebetulan aja jalur kesitu kosong plong. Itung2 italian tune up. Hehehe... Tp trus terang niat awal beli atoz itu untuk ngurangin ngebut lho.. Eh sekarang malah ngebut lagi. Hohoho... :big_peace:

Masalah nabung ya udah mulai dari dulu.. Khan udah dari dulu udah byk yg bilang harus turun mesin. Jadi ya udah siap2. Cuma sepertinya sih masih kurang. Yaa artinya harus cari duit lebih banyak lagi nih. Untungnya manual. Soalnya denger2 kalu gearbox matic yg rusak bisa sampe belasan juta.
biaya overhaul mesin sama aja oom antara mobil matic atau manual, yang berbeda kalo yang dioverhaul itu girboksnya, maka biaya untuk matic bh mahal
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

kalo matic nya atoz kayanya malah rentan rusak soalnya posisi nya agak kelewat bawah yahh... rentan kepentok atau kejedug poldur atau batu gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by y_anjasrana »

Ow.. gitu ya.. coba deh atur skedul dulu. soalnya bulan ini lagi sibuk urusan pajak nih.

Btw dlm kondisi begini, lebih menyiksa mesin mana, diajak jalan jarak jauh dgn kecepatan sekitar 120km/jam (kira2 kecepatan di tol) atau jalan jarak deket tp macet?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

y_anjasrana wrote:Ow.. gitu ya.. coba deh atur skedul dulu. soalnya bulan ini lagi sibuk urusan pajak nih.

Btw dlm kondisi begini, lebih menyiksa mesin mana, diajak jalan jarak jauh dgn kecepatan sekitar 120km/jam (kira2 kecepatan di tol) atau jalan jarak deket tp macet?
IMO...kalo mesin udah doyan minum oli nampaknya stop n go lbh baik,sebab jika sering di rpm tinggi, maka penyusutan volume oli nya lbh cepat...

cmiiw
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by FortunerMan »

Mending di turun mesin skrg, drpada kenceng gak wajar tapi kaya bom waktu yg gak tau meledugnya kapan. Ntar lagi pergi jauh atau bawa mertua (misalnya) trus semaput itu mesin...berabeh...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

btw ini ada hubungan nya atau kaga yahh... tapi koq mobil2 korea yg jadul2 kaya hyundai accent atau accent verna, bahkan skrg atoz koq rada gampang ngebul yah mesin nya... apa emang ga cocok ama iklim indo sini yah... :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

DOHC wrote:btw ini ada hubungan nya atau kaga yahh... tapi koq mobil2 korea yg jadul2 kaya hyundai accent atau accent verna, bahkan skrg atoz koq rada gampang ngebul yah mesin nya... apa emang ga cocok ama iklim indo sini yah... :e-think: :e-think:
AFAIK yg saya baca di forum2, mesin mbl korea sebenernya membutuhkan bbm berkualitas namun disini usernya umumnya mengisi dng premium akibatnya jadi sering nglitik parah....setelah beberapa waktu akhirnya ring pistonnya yg jadi korban...makanya cepet ngebul.

nah tolong dikoreksi kalo informasi tsb keliru....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

nahh kalo yg bang jalu blg kayanya ada benernya jg tuh.... soalnya kalo yg ane denger dari sedan2 accent verna gt kalo mo jalan gt ada suara glitik nya cukup keras... jangan2 itu penyebab nya enjin mereka cepet give up...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by jalu »

dan saya jg udah buktikan itu waktu test drive avega.....dikasi premium bener2 nglitik parah, rekomendasinya memang minimum pertamax deh...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

kira2 mobil korea yg baru2 skrg ini uda kuat premium blom yah... :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by maskopat »

kalo oli sudah berkurang, berarti oli terbakar ketika busi berpijar. yang harus diperiksa:
pertama pastikan asap knalpot berwarna putih. kalo putih, yang harus diperiksa:
1. gasket/packing/seal.
2. ring kompresi
3. silinder apakah baret atau tidak. kalo baret, berarti harus oversized.

tapi kalo ternyata asap knalpot hitam, berarti point2 di atas ditambah dengan klep.
dan juga perlu periksa saluran pendingin di mesin...

pada umumnya, kalo tenaga mesin lagi enak2nya, tunggu aja 1000-5000km, mesin siap2 ngempos.. harusnya sih gak sampe trondol tengah jalan ya.. kecuali piston pecah/retak.. kalo kayak gini sih mesin gak trondol, tapi gak bisa jalan... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by Hansen »

hmmm....brarti mbl korea requirement octane bbmnya lumayan tinggi yah...
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 170km/jam atau turun mesin?

Post by DOHC »

atau mereka lupa pakein knocking sensor kali... :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: