Sebaiknya yang mana ya??

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

nfs
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 25, 2010 15:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by nfs »

aabx wrote:sedikit pengalaman dengan ferio bos,

- irit = 1:10-11 :frm_tumbright:
- bandel = dulu yg saya punya beli seken jarang pakai (umurnya 4 tahun km nya 20rbuan), cuma ganti oli rutin aja, halus sampe 80rb km, gk banyak (bahkan gk ada) masalah :frm_tumbright:
- nyaman = nyaman bos, klo masalah handling, fun to drive ini mobil, honda gitu :frm_tumbright:
- ganteng = terjamin, saya aja cinta mati sama ini mobil, klo gk ketabrak tahun lalu, pasti masih ada di rumah sekarang
- resale value = lumayan bagus, taun lalu saya lepas ini mobil 82 juta (ferio tahun 99 facelift), bekas tabrakan sih,:frm_bang_head: harga jatuh sampe 10 jutaan, klo mulus masih 90 jutaan

sebagai bahan pertimbangan saja bos :big_peace:
:big_peace: ah...maunya dapat yang begini om....pas..

apa saja om tips untuk cari ferio yang bagus? sharing pengalamannya ya om... :thanks: :thanks: :thanks:
nfs
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 25, 2010 15:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by nfs »

BTW, kalau ada yang mengatakan kaki2 H khususnya Ferio ringkih, se-ringkih apa sih? per berapa km dan berapa besar cost untuk kaki saja?

:thanks:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by roadtrain99 »

pernah pake ferio GLi '97, dari baru. krn tangan pertama, selama rajin service, mobil jadi gak ngulah.
kalo dari kondisi baru, termasuk enak, bantingannya gak terlalu keras namun jg gak lembut. interior lumayan lah.
soal kaki ringkih..spt nya biasa aja, gak ringkih2 amat kok.
seat nya aja yg agak kurang nyaman dikit, spt nya agak kaku, utk gw, mungkin utk org lain beda.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by DOHC »

sedan2 honda itu mungkin emang agak sensitif kalo soal bunyi2an... tapi itu wajar karena emang system suspensi sedan2 jadul honda masi yg bagus punya, walaupun rada complicated tapi di trade off dgn tingkat kestabilan yg tinggi dan handling yg mantap... ringkih itu mungkin dalam arti lebi gampang timbul suara brisik kali stelah beberapa lama dipake gt spert karet2 suspensi, stabilizer dll yg uda getas... tapi overall masi ok koq...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by maskopat »

DOHC wrote:sedan2 honda itu mungkin emang agak sensitif kalo soal bunyi2an... tapi itu wajar karena emang system suspensi sedan2 jadul honda masi yg bagus punya, walaupun rada complicated tapi di trade off dgn tingkat kestabilan yg tinggi dan handling yg mantap... ringkih itu mungkin dalam arti lebi gampang timbul suara brisik kali stelah beberapa lama dipake gt spert karet2 suspensi, stabilizer dll yg uda getas... tapi overall masi ok koq...
kayaknya masih lebih stabil mitsu deh dan handling lebih bagus. tapi kaki2 mitsu lebih kuat daripada H tegak... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by grandscenic »

maskopat wrote:
DOHC wrote:sedan2 honda itu mungkin emang agak sensitif kalo soal bunyi2an... tapi itu wajar karena emang system suspensi sedan2 jadul honda masi yg bagus punya, walaupun rada complicated tapi di trade off dgn tingkat kestabilan yg tinggi dan handling yg mantap... ringkih itu mungkin dalam arti lebi gampang timbul suara brisik kali stelah beberapa lama dipake gt spert karet2 suspensi, stabilizer dll yg uda getas... tapi overall masi ok koq...
kayaknya masih lebih stabil mitsu deh dan handling lebih bagus. tapi kaki2 mitsu lebih kuat daripada H tegak... :big_weee:
Coba contohnya om kopat, mobil apa dicompare dg mobil apa?
Etme Bulma Dünyası
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by maskopat »

grandscenic wrote:
maskopat wrote:
DOHC wrote:sedan2 honda itu mungkin emang agak sensitif kalo soal bunyi2an... tapi itu wajar karena emang system suspensi sedan2 jadul honda masi yg bagus punya, walaupun rada complicated tapi di trade off dgn tingkat kestabilan yg tinggi dan handling yg mantap... ringkih itu mungkin dalam arti lebi gampang timbul suara brisik kali stelah beberapa lama dipake gt spert karet2 suspensi, stabilizer dll yg uda getas... tapi overall masi ok koq...
kayaknya masih lebih stabil mitsu deh dan handling lebih bagus. tapi kaki2 mitsu lebih kuat daripada H tegak... :big_weee:
Coba contohnya om kopat, mobil apa dicompare dg mobil apa?
yang sama2 sekelas lah... civic vs lancer, accord vs galant...

paling sederhana, coba aja bawa ngebut mobil2 tersebut di toll yang bumpy seperti cipularang, jorr.. mana yang lebih stabil sampe kecepatan di atas 160kpj?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by grandscenic »

maskopat wrote:kayaknya masih lebih stabil mitsu deh dan handling lebih bagus. tapi kaki2 mitsu lebih kuat daripada H tegak... :big_weee:
grandscenic wrote:Coba contohnya om kopat, mobil apa dicompare dg mobil apa?
yang sama2 sekelas lah... civic vs lancer, accord vs galant...

paling sederhana, coba aja bawa ngebut mobil2 tersebut di toll yang bumpy seperti cipularang, jorr.. mana yang lebih stabil sampe kecepatan di atas 160kpj?
civic vs lancer, accord vs galant... ini mobil yg dimaksud keluaran thn brp? jaman ferio gitu (1997-2000), wah klo thn segitu ferio dibawa diatas 160km/h ane gak berani ah, apalgi lawannya lancer GTi trus yg bawanya om kopat.. wah ane nyerah deh, ngeri bgt klo tanding lawan om kopat.. SL aja nya bs 150 km/h, apalgi bawa GTi, bisa jebol itu speedometer :mrgreen:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by maskopat »

grandscenic wrote: civic vs lancer, accord vs galant... ini mobil yg dimaksud keluaran thn brp? jaman ferio gitu (1997-2000), wah klo thn segitu ferio dibawa diatas 160km/h ane gak berani ah, apalgi lawannya lancer GTi trus yg bawanya om kopat.. wah ane nyerah deh, ngeri bgt klo tanding lawan om kopat.. SL aja nya bs 150 km/h, apalgi bawa GTi, bisa jebol itu speedometer :mrgreen:
yah, yang sekelas lah... walau lancer dan civic sekelas, lancernya jangan yang GTi. yang SEi aja.. :mrgreen:

btw, kalo mau ngetest gini, enaknya di mana ya? ada yang nyewain circuit plus sensor2?
asik juga nih, sekalian ane belajar bawa mobil cepat, nyaman dan aman..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by DOHC »

maskopat wrote:
DOHC wrote:sedan2 honda itu mungkin emang agak sensitif kalo soal bunyi2an... tapi itu wajar karena emang system suspensi sedan2 jadul honda masi yg bagus punya, walaupun rada complicated tapi di trade off dgn tingkat kestabilan yg tinggi dan handling yg mantap... ringkih itu mungkin dalam arti lebi gampang timbul suara brisik kali stelah beberapa lama dipake gt spert karet2 suspensi, stabilizer dll yg uda getas... tapi overall masi ok koq...
kayaknya masih lebih stabil mitsu deh dan handling lebih bagus. tapi kaki2 mitsu lebih kuat daripada H tegak... :big_weee:
perna bawa sedan mitsu apa aja om selaen ntuh SL... dan perna coba bawa sedan honda apa aja om....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
nfs
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 25, 2010 15:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by nfs »

:big_peace:

jadi......??
kaki-kaki H yang disebut-sebut orang ringkih itu bagaimana?
tiap 5000 km? 10rb? 20 rb?, tiap tahun?
berapa cost-nya sekali ngurusin kaki2 ferio?

sorry ya om-om...habisnya setiap ada thread ttg honda, mesti yang disebutkan kaki-kaki ringkih mulu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by DOHC »

gini om, sperti yg saya blg sblom nya.... ringkih itu dalem arti agak gampang brisik soalnya sedan2 honda yg jadul itu rata2 suspensi nya masi yg 4 wheel independent gt, beda ama mobil2 sedan skrg yg lebi simple... makanya otomatis perlu part2 yg banyak jg... nah biasanya kalo masalah bunyi2 di honda itu di karet2 suspensi nya bro, kalo kering atau getas yah bunyi.... tapi kalo soal kekuatan sehh ga usa pusing broo, dijamin kuatt itu....

kalo mengenai jangka waktu seh tergantung cara pemakaian bro.... contohnya tuh sepupu ane make cityZ, yg terkenal seri sedan honda jadul yg plg brisik suspensi nya aja ternyata dia punya fine2 aja tuh... kaga ada bunyi2 an aneh... tergantung dari cara perilaku nyetir bro...

kalo mengenai part ferio seh tergantung servis dimana bro, kalo di beres pasti mahal, ga beda ama sedan2 laen kaya toyota, kalo di beres yah jgn harap harga kaki lima....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by maskopat »

DOHC wrote:
maskopat wrote:
DOHC wrote:sedan2 honda itu mungkin emang agak sensitif kalo soal bunyi2an... tapi itu wajar karena emang system suspensi sedan2 jadul honda masi yg bagus punya, walaupun rada complicated tapi di trade off dgn tingkat kestabilan yg tinggi dan handling yg mantap... ringkih itu mungkin dalam arti lebi gampang timbul suara brisik kali stelah beberapa lama dipake gt spert karet2 suspensi, stabilizer dll yg uda getas... tapi overall masi ok koq...
kayaknya masih lebih stabil mitsu deh dan handling lebih bagus. tapi kaki2 mitsu lebih kuat daripada H tegak... :big_weee:
perna bawa sedan mitsu apa aja om selaen ntuh SL... dan perna coba bawa sedan honda apa aja om....
yah, kalo mitsu mobil tua semua sih om.... tapi sayangnya waktu itu bawanya yang versi "setan".. kalo versi "manusia", gak pernah bawa cuman jadi penumpang doang....
honda... sama, mobil tua juga... dari wonder, sampe ferio...

kalo kestabilan, mitsu lebih unggul... kaki2, coba aja perhatiin honda kalo lagi berhenti. lihat dari depan atau belakang, masih miring gak bodynya terhadap garis horizon? :mrgreen:
tentang chassis, coba aja dongkrak bagian depan mobil honda sambil buka pintu, lalu coba tutup pintunya, bisa plek mulus gak? :mrgreen:

kalo chassisnya masih lentur, maka lebih cendrung rolling di tikungan.

toyota kalo di chassis lebih baik. tapi suspensinya dipilih lebih soft. makanya enaknya jalan pelan. kebalikannya, coba geber gas sedan toyota sampe 160kpj apakah masih terasa cukup stabil? ane gak banyak bawa sedan toyota. tapi pernah nempelin twincam SE di tikungan sumatra pake SL..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by maskopat »

DOHC wrote:gini om, sperti yg saya blg sblom nya.... ringkih itu dalem arti agak gampang brisik soalnya sedan2 honda yg jadul itu rata2 suspensi nya masi yg 4 wheel independent gt, beda ama mobil2 sedan skrg yg lebi simple... makanya otomatis perlu part2 yg banyak jg... nah biasanya kalo masalah bunyi2 di honda itu di karet2 suspensi nya bro, kalo kering atau getas yah bunyi.... tapi kalo soal kekuatan sehh ga usa pusing broo, dijamin kuatt itu....

kalo mengenai jangka waktu seh tergantung cara pemakaian bro.... contohnya tuh sepupu ane make cityZ, yg terkenal seri sedan honda jadul yg plg brisik suspensi nya aja ternyata dia punya fine2 aja tuh... kaga ada bunyi2 an aneh... tergantung dari cara perilaku nyetir bro...

kalo mengenai part ferio seh tergantung servis dimana bro, kalo di beres pasti mahal, ga beda ama sedan2 laen kaya toyota, kalo di beres yah jgn harap harga kaki lima....
honda emangnya sejak kapan pake full independent di 4 rodanya? kalo wonder sepertinya masih rigid axle di bagian belakang. seri grand, genio kurang tahu. tapi kalo ferio ke atas udah fiss...
kalo mitsu, sampe dan gan masih pake rigid di belakang. tapi kurang tahu di seri CK.

mungkin orang sebut ringkih, karena FISS nya ini ya om dohc? jadi banyak part yang harus diganti di komponen kaki2..

untuk om nfs, harusnya sih 2-4 tahun (sekitar 40-60rb km) baru ganti, masih tergolong bagus kaki2.. kalo mau awet, ambil SUV.. :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
nfs
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 25, 2010 15:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by nfs »

DOHC wrote:gini om, sperti yg saya blg sblom nya.... ringkih itu dalem arti agak gampang brisik soalnya sedan2 honda yg jadul itu rata2 suspensi nya masi yg 4 wheel independent gt, beda ama mobil2 sedan skrg yg lebi simple... makanya otomatis perlu part2 yg banyak jg... nah biasanya kalo masalah bunyi2 di honda itu di karet2 suspensi nya bro, kalo kering atau getas yah bunyi.... tapi kalo soal kekuatan sehh ga usa pusing broo, dijamin kuatt itu....

kalo mengenai jangka waktu seh tergantung cara pemakaian bro.... contohnya tuh sepupu ane make cityZ, yg terkenal seri sedan honda jadul yg plg brisik suspensi nya aja ternyata dia punya fine2 aja tuh... kaga ada bunyi2 an aneh... tergantung dari cara perilaku nyetir bro...

kalo mengenai part ferio seh tergantung servis dimana bro, kalo di beres pasti mahal, ga beda ama sedan2 laen kaya toyota, kalo di beres yah jgn harap harga kaki lima....
:thanks: :thanks:

kalau mmg bgt ya mgk wajar-wajar saja ya, saya kira untuk kaki-kaki yang dimaksud bisa 5 jutaan per tahun (misalkan...), kalau ini bisa melorot dah..tp kalau tergantung pemakaian ya berarti wajar-wajar saja. khawatirnya rencana mau piara ferio, malah nanti sibuk antri di bengkel terus.....
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by jalu »

untuk seputar karet2 suspensi, supaya lebih awet dan tahan lama lbh baik pake yang bahan polyurethane aja oom.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
gio
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
Location: surabaya

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by gio »

kalau mitsu kaki"nya lemah..
gw punya gallant 95 sering masuk bengkel gara" kaki"nya.
tapi ngga tau lagi kalau yg gallant hiu. denger"nya sama sih.

kalau mau kuat n irit mending mobil diesel aja. anti banjir lagi.
pilihan ada kijang capsul, panther, atau kuda.
sparepart juga relatif mudah + harga jual kuat.
all people in seraya is very clever n so polite. :)
nfs
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 25, 2010 15:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by nfs »

gio wrote:kalau mitsu kaki"nya lemah..
gw punya gallant 95 sering masuk bengkel gara" kaki"nya.
tapi ngga tau lagi kalau yg gallant hiu. denger"nya sama sih.

kalau mau kuat n irit mending mobil diesel aja. anti banjir lagi.
pilihan ada kijang capsul, panther, atau kuda.
sparepart juga relatif mudah + harga jual kuat.

kali ini mau nyoba yang lebih nyaman om...
jadi kijang dkk dicoret dulu... :mrgreen:

:thanks:
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by aabx »

nfs wrote::big_peace:

jadi......??
kaki-kaki H yang disebut-sebut orang ringkih itu bagaimana?
tiap 5000 km? 10rb? 20 rb?, tiap tahun?
berapa cost-nya sekali ngurusin kaki2 ferio?

sorry ya om-om...habisnya setiap ada thread ttg honda, mesti yang disebutkan kaki-kaki ringkih mulu.
dulu pas miara ferio selama 5 tahun, gk ada yg terlalu perhatian ma mobil di rumah, taunya ganti oli doang
pas 2 tahun terakhir saya baru agak2 ngerti mobil.
jadi selama 5 tahun miara ferio itu gk ada ngurusin kaki-kaki, dan gk ada yg protes........ :mrgreen:
nfs
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 25, 2010 15:17

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by nfs »

:thanks: :thanks:

rasanya sdh lebih mantap ke ferio saja dulu nih...mudah2an gak salah pilih dan dapat barang yang masih lumayan dengan budget 80-jt-an.

:thanks:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Sebaiknya yang mana ya??

Post by roadtrain99 »

maskopat wrote:honda emangnya sejak kapan pake full independent di 4 rodanya? kalo wonder sepertinya masih rigid axle di bagian belakang. seri grand, genio kurang tahu. tapi kalo ferio ke atas udah fiss...
kalo mitsu, sampe dan gan masih pake rigid di belakang. tapi kurang tahu di seri CK.

mungkin orang sebut ringkih, karena FISS nya ini ya om dohc? jadi banyak part yang harus diganti di komponen kaki2..
seinget gw, genio masih rigid. ferio & lay dangan udah independent.

kalo ringkihnya, sptnya masih wajar sedan gini, secara bukan utk dikasarin.