Fortuner 4x4

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

kmaren liat portuner di deket rumah neh...di khartoum..tp emang ga banyak. kalo vx100 mah dimana2..vx80 udah jarang..dah ancur2..harrier ga liat..rav4 ada beberapa..
yang aneh negara embargo amerika gini, tapi ada suburban (panjang bener ni mubil pas liat aslinya), envoy, escalade, tahoe..:D :D bahkan limousine caddilac jg pernah liat...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

mandala1 wrote:Jadi inget jaman babeh dulu...hobi nya juga ngumpulin mobil2 kayak hardtop, rocky, vitara 4x4,, dulu ane masih belon ngerti soal kegunaan 4x4 itu malah dianggep cuma ngeribetin doang :)

Coba kalo skr masih ada tuh mobil2nya lumayan juga buat belajar oprod2an sama om billy n om gmx :e-dance:
ABK (angkatan babeh kite) emang yang namanya jip itu pasti 4x4.. gak ada jip yang cuman 4x2...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:selain landrover dan mercy jgn lupa jeep wrangler JK jg dri jaman willys moyang semua jip 4x4 sampe JK modelnya selalu 1 garis body... hehe



hmmm.... kemarin lihat hilux 04 yg sebelum vigo, tpi kok ditengah hingar bingar reputasi ke "badakan" hilux, tpi tierod balljoint dll kecil bngt yah? beda dgn punya ford ranger, gede banget ga main2 nih... dan yg saya lihat ini balljoint yg spek standar ford. padahal ford menyediakan varian SORV(sereve off-road vehicle) yang memiliki material lebih kuat dan lebih tebal lagi..

uda gtu ATPM ford indonesia niat bngt lagi ngepromosiin d-cabnya kemarin 2ranger dan 1everest nyaris standar ikut NCI dri NTT finsih di bali, nanti akhir tahun klw tdk salah ada rencana 5ranger ikut equator offroad di kalimantan, dimana start d pontianak kemudian bergerak ke timur dan HARUS selalu berada di titik KHATULISTIWA pling jauh geser 1derajat apapun yg terjadi mesti di tembusin.. selama 20hari ngelewatin bekas camel tropy dll... ini bukan event ford yah, bnyk offroader senior yg ikut juga dgn jip tempur mereka..

salut nih buat FMI! niat bngt membangun image!

sayang.. desainnya yg skrng ampunn deh..

thx
:beer:
ford emang mobil tangguh koq.. sepertinya FMI lebih serius nih masuk ke indo.. lihat pasar fleet yang sempet disamber KTB.. belum lagi everestnya yang kalah telak dibanding fortie.. ada ancaman PS pulak..

btw, kalo mau mesin ford, mereka jual gelondongan legal tuh.. kali2 aja ada yang mau ganti mesin duratorq.. :frm_tumbright:
wah klw mesin kyanya gosip lama tuh.. pernah di tanyain ktanya kaga jual..... g tw klw om maskopat punya CP orang dalamnya..

iya ford klw uda gini, ga punya apa2 lagi bwat bersaing sama fortin n PS... makanya promosinya lewat jalur yg ga wajar gini...

tapi klw ngomong tangguh... gw lebih pegang everest dibanding forti dan PS... dan lebih pegang ranger dibanding hilux n triton heheheh...... konvensional itu kuncinya..

masalahnya ford blm punya nama aja di indonesia...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

mandala1 wrote:Jadi inget jaman babeh dulu...hobi nya juga ngumpulin mobil2 kayak hardtop, rocky, vitara 4x4,, dulu ane masih belon ngerti soal kegunaan 4x4 itu malah dianggep cuma ngeribetin doang :)

Coba kalo skr masih ada tuh mobil2nya lumayan juga buat belajar oprod2an sama om billy n om gmx :e-dance:
dulu 4x4 nda bgtu mahal yah? nda kya skrng mahal sama pajak.... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:ford emang mobil tangguh koq.. sepertinya FMI lebih serius nih masuk ke indo.. lihat pasar fleet yang sempet disamber KTB.. belum lagi everestnya yang kalah telak dibanding fortie.. ada ancaman PS pulak..

btw, kalo mau mesin ford, mereka jual gelondongan legal tuh.. kali2 aja ada yang mau ganti mesin duratorq.. :frm_tumbright:
wah klw mesin kyanya gosip lama tuh.. pernah di tanyain ktanya kaga jual..... g tw klw om maskopat punya CP orang dalamnya..

iya ford klw uda gini, ga punya apa2 lagi bwat bersaing sama fortin n PS... makanya promosinya lewat jalur yg ga wajar gini...

tapi klw ngomong tangguh... gw lebih pegang everest dibanding forti dan PS... dan lebih pegang ranger dibanding hilux n triton heheheh...... konvensional itu kuncinya..

masalahnya ford blm punya nama aja di indonesia...

thx
:beer:
confirmed om bil.. udah ane telepon ke ford tb simatupang jakarta dan nanyain.. mereka emang jual mesin gelondongan.. kalo emang mau, nanti ane kasih kontak nomor teleponnya.

ngomong ketangguhan, unggulnya di mana si evie/rangi? kayaknya sama2 pake LSD di differential (kalo gak salah depan doang). ke-3-nya sama2 ifs..
bedanya evie/rangie susunan tuas transfer case:
evie/rangi: 2H-4H-N-4L
fortie: H-HL-LL
PS: 2H-4H-4HLc-4LLc

kalo di fortie dan PS pada tuas HL, HLc, LL, dan LLc diff lock (di PS) dan torsen (di fortie) baru bekerja. LSD juga siap bekerja..
kalo di evie masih perlu cari tahu lagi nih apakah 4H nya full time atau part time.. tapi kayaknya part time sih..

unggulnya evie masih pake leaf spring yang lebih tangguh.. tapi depannya pake torsion bar. kurang tahu tangguh atau gak torsion bar ini..

mohon pencerahan.. :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
mandala1 wrote:Jadi inget jaman babeh dulu...hobi nya juga ngumpulin mobil2 kayak hardtop, rocky, vitara 4x4,, dulu ane masih belon ngerti soal kegunaan 4x4 itu malah dianggep cuma ngeribetin doang :)

Coba kalo skr masih ada tuh mobil2nya lumayan juga buat belajar oprod2an sama om billy n om gmx :e-dance:
dulu 4x4 nda bgtu mahal yah? nda kya skrng mahal sama pajak.... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

:beer:
mahal juga si om bil.. tapi dibanding dengan penghasilan rata2, lebih kecil jaman dulu.. ibarat kata, gaji PNS sekitaran 200-400rb, harga FJ baru sekitar 15-20jt...
nah, sekarang gaji PNS 1jt-2jt, harga SUV 4x4 400jt - 500jt.. :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:ford emang mobil tangguh koq.. sepertinya FMI lebih serius nih masuk ke indo.. lihat pasar fleet yang sempet disamber KTB.. belum lagi everestnya yang kalah telak dibanding fortie.. ada ancaman PS pulak..

btw, kalo mau mesin ford, mereka jual gelondongan legal tuh.. kali2 aja ada yang mau ganti mesin duratorq.. :frm_tumbright:
wah klw mesin kyanya gosip lama tuh.. pernah di tanyain ktanya kaga jual..... g tw klw om maskopat punya CP orang dalamnya..

iya ford klw uda gini, ga punya apa2 lagi bwat bersaing sama fortin n PS... makanya promosinya lewat jalur yg ga wajar gini...

tapi klw ngomong tangguh... gw lebih pegang everest dibanding forti dan PS... dan lebih pegang ranger dibanding hilux n triton heheheh...... konvensional itu kuncinya..

masalahnya ford blm punya nama aja di indonesia...

thx
:beer:
confirmed om bil.. udah ane telepon ke ford tb simatupang jakarta dan nanyain.. mereka emang jual mesin gelondongan.. kalo emang mau, nanti ane kasih kontak nomor teleponnya.

ngomong ketangguhan, unggulnya di mana si evie/rangi? kayaknya sama2 pake LSD di differential (kalo gak salah depan doang). ke-3-nya sama2 ifs..
bedanya evie/rangie susunan tuas transfer case:
evie/rangi: 2H-4H-N-4L
fortie: H-HL-LL
PS: 2H-4H-4HLc-4LLc

kalo di fortie dan PS pada tuas HL, HLc, LL, dan LLc diff lock (di PS) dan torsen (di fortie) baru bekerja. LSD juga siap bekerja..
kalo di evie masih perlu cari tahu lagi nih apakah 4H nya full time atau part time.. tapi kayaknya part time sih..

unggulnya evie masih pake leaf spring yang lebih tangguh.. tapi depannya pake torsion bar. kurang tahu tangguh atau gak torsion bar ini..

mohon pencerahan.. :thanks:
nah menarik nih topiknya. info2 yang dari kemaren saya cuman bisa mereka2 aja. ntah itu mengenai LSD nya, jumlah LSD nya (di PS), cara kerjany(sistem nyetop roda slip ketika dilumpur atau cuman membatasi torsi dari roda yang ga slip biar ga semuanya ke yang slip), dll.

mengenai ford, saya ga tau gimana ketangguhannya cuman dari tampilan dan design saya lihat yang dcab dan everest serta escape kalah telak dari misalnya cara toyota ngedesign fortuner. misal everest, mobilnya panjang bgt (keliatannya). orang daerah mungkin banyak suka model gini karena bisa banyak penumpang, tapi apakah di daerah udah banyak layanan purna jual ford? semisalpun (saya ga tau pastinya) everest unggul telak secara spesifikasi dan kehandalan serta ketangguhan juga lebih murah dari fortuner, saya bakal berpikir seribu kali (kalo misalnya ada uang) untuk beli everest karena modelnya benar2 sudah di luar range acceptable buat saya. beda misalnya kalo ngebandingin captiva vs fortuner, secara model masih bisa bersaing ama fortuner. sampai saat ini saya masih berkesimpulan toyota jago dalam melihat model dan design yang diinginkan masyarakat kita.

itu yang saya lihat dari segi model dan design.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

sori salah thread. (deleted)
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote: confirmed om bil.. udah ane telepon ke ford tb simatupang jakarta dan nanyain.. mereka emang jual mesin gelondongan.. kalo emang mau, nanti ane kasih kontak nomor teleponnya.

ngomong ketangguhan, unggulnya di mana si evie/rangi? kayaknya sama2 pake LSD di differential (kalo gak salah depan doang). ke-3-nya sama2 ifs..
bedanya evie/rangie susunan tuas transfer case:
evie/rangi: 2H-4H-N-4L
fortie: H-HL-LL
PS: 2H-4H-4HLc-4LLc

kalo di fortie dan PS pada tuas HL, HLc, LL, dan LLc diff lock (di PS) dan torsen (di fortie) baru bekerja. LSD juga siap bekerja..
kalo di evie masih perlu cari tahu lagi nih apakah 4H nya full time atau part time.. tapi kayaknya part time sih..

unggulnya evie masih pake leaf spring yang lebih tangguh.. tapi depannya pake torsion bar. kurang tahu tangguh atau gak torsion bar ini..

mohon pencerahan.. :thanks:
ow jadi bener yah?
ughhh... telatt keburu ngambil 1kz-te kemarin... :frm_bang_head: :frm_bang_head: tau gini mending ambil ford aja.. powernya lebih sadis gress pula..
brp harganya om?boleh om PM yah hehe..

hmm sistem 4x4nya sama aja, cuma bedanya klw ps n forti ada 4fulltime itu aja.. semuanya ada LSD dan centerdifflok. dan TIDAK ada DIfflok d gardan.

klw bicara durability,bearti hubungannya ke komponen, semakin dikit komponen maka semakin kecil kemungkinan rusak.
bearti yg menang yg pling sederhana.

pertama dri suspensi depan, coil vs torsi hmmm... sepertinya torsi masih lebih low maintenace dri coil, karena klw coil saat tu per uda lemah maka harus di ganti, sedangkan torsi saat lemah tinggal di putar saja bautnya maka akan langsung mengeras,bgtu juga saat dpt beban tambahan kya winch dll tinggal puter batangnya. posisi batang torsi juga lebih terlindung dari benturan. dulu hilux selalu pakai batang torsi sedangkan prado pke coil. skrng hilux jg pke coil nih. (CMIIW yah...)

suspensi blkng leaf(evie) vs 4link with lateral rod(forti)(5link) vs 3link (ps). dari sisi perawatan coil vs leafnya sih mirip2 yah,
masalahnya di link armnya. semakin banyak arm pemegang axlenya semakin banyak juga kemungkinan maintenace atw rusaknya, entah itu sekedar minyakin ganti bushing,braket robek, sampai armnya patah.

disini evie unggul klw leaf sih otomatis tdk ada batang lain yg megang arm selain leafnya itu sendiri kalau pun ada lembar leafspringnya patah mudah aja di ganti dan di pedalaman pasti ada yg jual copotan dari apapun. atw klw ada 5lembar kan tdk mungkin semuanya patah? 1 lembar patah mobil masih bisa jalan, tp klw linkarm 1 aja patah mobil sudah ga bener jalannya. PS 3 link tampa lateral rod ini bagus biasanya klw di pakai extrim beban berat tu di lateralrodnya karena menjaga benturan dri kanan kiri axle agar terus d tempatnya fungsinya di ganti torque arm atw A-arm ini konfigurasi biasa di pkai d jeep.

(klw bicara performa sih sya pegang 3Link lentur bngt hehehe.... tpi yg dibicariin kan durabilty sebagai mobil kerja.)

terus steering system evie ball n nut vs rackpinion klw bwat disiksa sih mending ball n nut..

terakhir ukuran dan kualitas komponen vital di kaki2nya seperti balljoin tierod dll. sya blm tahu nih klw d PS dan forti... yg pernah sya bandingin di hilux 04 dan ranger. ukuran balljoin ranger 2x lipat hilux 04. dan ranger masih ada versi SORVnya yg lebih badak lagi...

oyah ukuran jg blm tentu mengikat sih, bisa jd komponen kecil tpi punya material jempolan jadinya tetep kuat. tpi lebih jempolan lgi ukuran besar dan material bagus.. maknyus tuh..

ini bicara kondisi ekstrim yah. bukan bearti si A jauh lebih lemah dan s B jauh lebih kuat dalam pemakaian normal sampai offroad berat jg hampir ga terasa bedanya.

bedanya klw dsudah di pakai proyek dimana tu mobil bakal jd romusha d suruh kerja nonstop dan di paksa hidup dgn maintenance minimal.

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote: nah menarik nih topiknya. info2 yang dari kemaren saya cuman bisa mereka2 aja. ntah itu mengenai LSD nya, jumlah LSD nya (di PS), cara kerjany(sistem nyetop roda slip ketika dilumpur atau cuman membatasi torsi dari roda yang ga slip biar ga semuanya ke yang slip), dll.

mengenai ford, saya ga tau gimana ketangguhannya cuman dari tampilan dan design saya lihat yang dcab dan everest serta escape kalah telak dari misalnya cara toyota ngedesign fortuner. misal everest, mobilnya panjang bgt (keliatannya). orang daerah mungkin banyak suka model gini karena bisa banyak penumpang, tapi apakah di daerah udah banyak layanan purna jual ford? semisalpun (saya ga tau pastinya) everest unggul telak secara spesifikasi dan kehandalan serta ketangguhan juga lebih murah dari fortuner, saya bakal berpikir seribu kali (kalo misalnya ada uang) untuk beli everest karena modelnya benar2 sudah di luar range acceptable buat saya. beda misalnya kalo ngebandingin captiva vs fortuner, secara model masih bisa bersaing ama fortuner. sampai saat ini saya masih berkesimpulan toyota jago dalam melihat model dan design yang diinginkan masyarakat kita.

itu yang saya lihat dari segi model dan design.
PS forti everest LSDnya sama kok om, hanya membatasi saja. pling bedanya, sejauh mana bisa ngebatasinnya.

hehehe setuju om ane juga ga suka desain ford yg baru amit2 deh....apalgi evienya desain amrik ngotak d blkng ma desain asia bulet d depan d gado2in kacaw..

hehe sya demennya yg versi sebelum yg skrng amrik bngt....

klw purna jual sih, dealer ford malah lebih banyak yg di luar jawa om, kya superstornya yg terbesar malah ada di medan bukan di jkt.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

jadi LSD di semuanya HANYA untuk ngebatasi? bukan misalnya dari ketiganya ada yang pake MURNI mengambil torsi dari roda yang ga ada traksi (terpatar) buat dipindahkan ke yang ada traksi? saya benar2 masih bingung dengan LSD yang dipakai ketiganya.

Om billy bilang semuanya ada LSD dan centerdifflok. dan TIDAK ada DIfflok d gardan, apakah artinya semuanya bisa 50:50 antara depan dan belakang TAPI tidak bisa 50:50 buat kiri dan kanan?

oh iya mengenai jumlah dan lokasi buat ketiganya? apakah sama juga, cuman punya satu LSD semuanya dan berada di posisi gardan belakang aja?

iya om billy, saya tengok banyak juga yang pake everest di medan. tadi barusan beli bukaan, ngeliat everest parkir. panjang euy (ntah keliatannya aja, ntah emang panjang gitu). mengenai mesinnya emang gimana sih om? kok kayanya sangar bgt (dibanding fortie dan PS)? apa punya everest punya power dan torsi sesangar nissan navara?

oh iya, kemaren baca situs g-klasse, disebutkan g-klasse satu2nya di dunia yang punya/bisa 50:50 disemua posisi (tengah, depan dan belakang atau punya 3 fully differential lock) serta traction system. trus dibilang juga jika satu roda terpatar, akan dialihkan powernya ke yang punya traksi. jadi saya nangkepnya, jika roda salah satu roda terpatar, torsi yang sebenarnya buat roda terpatar ini akan dialihkan ke yang tidak terpatar. nah apakah hal ini (power bisa dialihkan) karena adanya peran traction system atau memang ada differential lock yang bisa bekerja seperti itu?

mohon dikoreksi: yang saya ngerti, differential lock itu buat MENGUNCI. jadi power ga dialihkan, cuman DITAHAN biar power ga diambil roda yang slip. sedang pengertian LSD yang saya tangkep adalah sebuah differential yang fungsinya MEMBATASI power yang "diambil" oleh roda yang slip dari roda yang punya traksi. benarkah yang saya mengerti selama ini?

sori ya kalo balik lagi ke differential dan LSD soalnya masih ada keraguan. :mrgreen:

akhir kata, thanks bgt buat jawabannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

differential = gunanya bisa membedakan putaran roda kanan dan kiri, asal katanya different/beda, karena traksi, karena mobil belok dsb..w463 g300 punya 3 difflock...satu di axle depan, satu di axle blakang, dan satu di tengah untuk mengunci kedua axle ..jadi asal mesin hidup keempat roda akan berputar dgn kecepatan yang sama, dan mbl bisa jalan terus..virtually unstoppable

difflock gunanya mengunci differential supaya kedua roda tetep muter dengan putaran yang sama..makanya tidak dianjurkan untuk belok..ada yang electric ada yang vacuum operated

LSD : limited slip differential dimana sampai nilai torsi tertentu (nilai slip-nya) torsi akan dipindahkan ke sisi roda yang lain..pake semacam viscous clutch gitu lah..jadi ini semacam traction control, tapi passive (di sisi output mesin)..
traction control yang baru2 ini lebih active, misalnya mengatur posisi gigi matic/shift down, dan mengatur torsi mesin (makanya pada pake drive by wire biar gampang ngatur trotel secara otomatis)..ada jg yang ngerem roda2 yang kekurangan traksi/slip biar torsi pindah ke sisi sebelah..yg paling ruwet di ML 320, 4ETS = traction control + abs + ESP untuk mobil 4x4...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote:jadi LSD di semuanya HANYA untuk ngebatasi? bukan misalnya dari ketiganya ada yang pake MURNI mengambil torsi dari roda yang ga ada traksi (terpatar) buat dipindahkan ke yang ada traksi? saya benar2 masih bingung dengan LSD yang dipakai ketiganya.
semuanya ngebatasin om biar tdk 100% torsi dialihkan ke yg hilang traksi. tapi di batasi MAKSIMAL 60% ke yg hilang traksi 40% ke yg dapat traksi.

Om billy bilang semuanya ada LSD dan centerdifflok. dan TIDAK ada DIfflok d gardan, apakah artinya semuanya bisa 50:50 antara depan dan belakang TAPI tidak bisa 50:50 buat kiri dan kanan?
btul om.. saat centraldifflok aktif namanya d mode PARTIME.
kalau ngunci 50:50 kanan kiri harus ada difflok di gardanya.
oh iya mengenai jumlah dan lokasi buat ketiganya? apakah sama juga, cuman punya satu LSD semuanya dan berada di posisi gardan belakang aja?
btul om LSDnya di axle blkng saja.
iya om billy, saya tengok banyak juga yang pake everest di medan. tadi barusan beli bukaan, ngeliat everest parkir. panjang euy (ntah keliatannya aja, ntah emang panjang gitu). mengenai mesinnya emang gimana sih om? kok kayanya sangar bgt (dibanding fortie dan PS)? apa punya everest punya power dan torsi sesangar nissan navara?
teknologi commonrail 2.5 ltr nya setaraf 4D56T yg bandel tpi sudah pke turbo VGT, sehingga powernya lebih gede dari PS,ford powernya 143ps & 330Nm yg 3ltr 158ps dan 380Nm mesin dgn basis yg sama dpakai oleh landrover defender. tulisan d webnya sih accept high sulphur diesel oil around the world.

klw ford pke solar biasa sudah bisa dapat peak power, klw navara mungkin harus pke solar "mewah" agar bisa dapat peak power 174ps 400nm nya.

hehehe emang panjang tu mobil....
oh iya, kemaren baca situs g-klasse, disebutkan g-klasse satu2nya di dunia yang punya/bisa 50:50 disemua posisi (tengah, depan dan belakang atau punya 3 fully differential lock) serta traction system. trus dibilang juga jika satu roda terpatar, akan dialihkan powernya ke yang punya traksi. jadi saya nangkepnya, jika roda salah satu roda terpatar, torsi yang sebenarnya buat roda terpatar ini akan dialihkan ke yang tidak terpatar. nah apakah hal ini (power bisa dialihkan) karena adanya peran traction system atau memang ada differential lock yang bisa bekerja seperti itu?
satu2 nya di dunia sih TIDAK om...
bnyk kok yg dari pabriknya sudah ada 3 difflok seperti ini... seperti sejak tahun 80an LC60,rangerover,nissan patrol pajero gen4, disco3, wrangler JK rubicon, dll... buanyakk... biasanya jd opsi dri pabriknya.

yang aftermarket dari yg selectable merk ARB airlocker atw Auburn Ected yg LSD + Locker juga ada om.. tinggal pasang aja.. biasanya tersedia bwat jimny,landcruiser,cherokee,pajero dll....

ada juga yg automatic locker kya detroit locker terus ada lgi yg permanen.. banyak deh yg aftermarket gini sih..


kalau pke kata "dialihkan" bearti yg kerja traction control. klw LSD dan locker kerjanya "membagi"
saya sih lebih suka kata "membagi" hehe

tapi lebih suka lgi kata "traksi" maksudnya percuma pke full difflok sampai 3 biji atau peralatan 4x4 secanggih apapun klw ban yg diapakai dan travel suspensi tdk mendukung karena tidak bakal dapat traksi. dan percuma pke 3difflok klw jarang di pakai beraksi hehehe..... :D :D

oyah, ada kecendrungan mobil2 yg pke 3difflok asrodanya lebih mudah patah klw ga hati2 ngegasnya. jd bnyk yg lebih memilih membiarkan diffaxlenya tetap OPEN(terutama axle dpan) agar ngegasnya bisa "puas".
mohon dikoreksi: yang saya ngerti, differential lock itu buat MENGUNCI. jadi power ga dialihkan, cuman DITAHAN biar power ga diambil roda yang slip. sedang pengertian LSD yang saya tangkep adalah sebuah differential yang fungsinya MEMBATASI power yang "diambil" oleh roda yang slip dari roda yang punya traksi. benarkah yang saya mengerti selama ini?
simpelnya gini om.. klw difflok pasti ngunci 50:50.
klw LSD tujuannya sih biar ngunci agar pembagian daya bisa seimbang kya difflok, tapi tidak bisa sampai 50:50,pembagian LSD selalu bervariasi tergantung beban.
sori ya kalo balik lagi ke differential dan LSD soalnya masih ada keraguan. :mrgreen:

akhir kata, thanks bgt buat jawabannya.
hehehe nyantai aja om..
happy to share :D :D :D :D :D


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

kalo CJ2A atau 3A gimana ya buat offroad2an ringan..? ga ada yang stir kanan yak?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

iwang wrote:kalo CJ2A atau 3A gimana ya buat offroad2an ringan..? ga ada yang stir kanan yak?
wah klw ringan sih ok aja om.. tapi... nyari sparepartnya susah tdk tuh?

sya kurang apal nih speknya CJ2A/3A. apakah masih pke dana44 willys atau sudah pke AMC20 kya CJ7?

klw dana44 dipastikan axle sih ga kan ngecewain,kecuali klw uda dimakan umur yah...

klw AMC20 nya CJ5 - 8 kelemahannya dia twopiece, gigi splinenya sering gundul.... klw kita bicara barangnya gress sih aman aja sampe oprut berat juga, tpi karena mobilnya bekas uda berumur ya siap2 aja barangkali uda mulai gundul... solusinya ganti as roda dgn one piece aftermarket.. atau ganti axle dgn dana35 punya XJ.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Fortuner 4x4

Post by jalu »

weh yang ngumpul pakar ofroad kelas kakap semua nih...numpang nyimak aja sambil belajar...

numpang nanya juga, untuk selector transfer case (mode 4wd) yg udah sistem "push button" /bukan tongkat, itu sebenernya hanya perbedaan di aktuasi-nya aja atau memang konstruksi transfer case nya berbeda (jauh lbh canggih) ?

mohon dicerahkan om... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Fortuner 4x4

Post by gmx »

^^ati2 keracunan om..
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

kelas kakap mah ga ada apa2nya sama kelas hiu..apalagi kelas paus :D :D
dana44 kayanya di CJ5/6/7 yang sumbu lebar kali yeh..?
willys sih taon lama, paling muda mungkin CJ3B yang jadi mitsubishi..(kap mesin tinggi)
setelah itu baru ford utility, tp all independent, ga pake live axle..di indo dipake di timur2..

dulu abang saya pake CJ5, bensin v8..enak denger suara mesinnya..knalpot kanan kiri..taon 80an awal waktu lagi seru2nya CJ sama hardtop buat kebut2an dijalan :D :D ada FJ40 hardtop jg, warna putih, masih baru trus diceperin..son sistem jedak jeduk..hehe
tape nya di sumputin di laci biar ga ilang ..diatas sunvisor pake rak buat kaset
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:ow jadi bener yah?
ughhh... telatt keburu ngambil 1kz-te kemarin... :frm_bang_head: :frm_bang_head: tau gini mending ambil ford aja.. powernya lebih sadis gress pula..
brp harganya om?boleh om PM yah hehe..
harganya lumayan mahal om.. sekitar 60-70 jt.. kurang tahu juga apa yang didapat.. tapi waktu itu ane telepon ke bagian servicenya... nanya2 bisa gak convert evie 4x2 AT ke 4x4.. mereka bilang gak bisa.. paling jual mesin gelondongan.. harga pastinya mereka juga gak tahu.. tapi kisarannya segitu termasuk pajak dan surat2.. ceritanya legal..
billyd1773dz wrote: hmm sistem 4x4nya sama aja, cuma bedanya klw ps n forti ada 4fulltime itu aja.. semuanya ada LSD dan centerdifflok. dan TIDAK ada DIfflok d gardan.

klw bicara durability,bearti hubungannya ke komponen, semakin dikit komponen maka semakin kecil kemungkinan rusak.
bearti yg menang yg pling sederhana.

pertama dri suspensi depan, coil vs torsi hmmm... sepertinya torsi masih lebih low maintenace dri coil, karena klw coil saat tu per uda lemah maka harus di ganti, sedangkan torsi saat lemah tinggal di putar saja bautnya maka akan langsung mengeras,bgtu juga saat dpt beban tambahan kya winch dll tinggal puter batangnya. posisi batang torsi juga lebih terlindung dari benturan. dulu hilux selalu pakai batang torsi sedangkan prado pke coil. skrng hilux jg pke coil nih. (CMIIW yah...)

suspensi blkng leaf(evie) vs 4link with lateral rod(forti)(5link) vs 3link (ps). dari sisi perawatan coil vs leafnya sih mirip2 yah,
masalahnya di link armnya. semakin banyak arm pemegang axlenya semakin banyak juga kemungkinan maintenace atw rusaknya, entah itu sekedar minyakin ganti bushing,braket robek, sampai armnya patah.

disini evie unggul klw leaf sih otomatis tdk ada batang lain yg megang arm selain leafnya itu sendiri kalau pun ada lembar leafspringnya patah mudah aja di ganti dan di pedalaman pasti ada yg jual copotan dari apapun. atw klw ada 5lembar kan tdk mungkin semuanya patah? 1 lembar patah mobil masih bisa jalan, tp klw linkarm 1 aja patah mobil sudah ga bener jalannya. PS 3 link tampa lateral rod ini bagus biasanya klw di pakai extrim beban berat tu di lateralrodnya karena menjaga benturan dri kanan kiri axle agar terus d tempatnya fungsinya di ganti torque arm atw A-arm ini konfigurasi biasa di pkai d jeep.

(klw bicara performa sih sya pegang 3Link lentur bngt hehehe.... tpi yg dibicariin kan durabilty sebagai mobil kerja.)

terus steering system evie ball n nut vs rackpinion klw bwat disiksa sih mending ball n nut..

terakhir ukuran dan kualitas komponen vital di kaki2nya seperti balljoin tierod dll. sya blm tahu nih klw d PS dan forti... yg pernah sya bandingin di hilux 04 dan ranger. ukuran balljoin ranger 2x lipat hilux 04. dan ranger masih ada versi SORVnya yg lebih badak lagi...

oyah ukuran jg blm tentu mengikat sih, bisa jd komponen kecil tpi punya material jempolan jadinya tetep kuat. tpi lebih jempolan lgi ukuran besar dan material bagus.. maknyus tuh..

ini bicara kondisi ekstrim yah. bukan bearti si A jauh lebih lemah dan s B jauh lebih kuat dalam pemakaian normal sampai offroad berat jg hampir ga terasa bedanya.

bedanya klw dsudah di pakai proyek dimana tu mobil bakal jd romusha d suruh kerja nonstop dan di paksa hidup dgn maintenance minimal.

cmiiw

thx
:beer:
hm.. kalo leaf spring gak ada arm yang megang gardan ya?? nanti ane ngolong lagi deh.. :big_peace:

sip sip.. makasih om billy infonya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

gmx wrote:^^ati2 keracunan om..
keracunan mah bisa tewas om.. yang parah kalo udah nyandu... :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

kalo di delta kayanya ga ada tuh hehehe
ga taukalo di passenger..rasanya sih ngga ada..
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Fortuner 4x4

Post by mandala1 »

Tapi om bill, model leaf spring rawan jebol di tiang bendera (braket leaf spring) nya juga kan? secara kekuatan pegangannya cuma sebesar baut 19mm ajah....
tapi ini ane liat dari modelnya mobil2 pasanger jadul, ga tau deh kalo yg buat oprut mungkin beda yah ketebalannya :e-think:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

oprut ya ga ideal pake leaf spring..artikulasinya terbatas kan, musti pake anting2 dsb..kalo per kan relatif lebih gampang modip2annya..bukan begitu?
kalo emang mau pake leaf, ya klem2nya dikuatin, u-bolt dikuatin..kalo u-bolt copot ya gardannya lepas jg hehehe
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

mandala1 wrote:Tapi om bill, model leaf spring rawan jebol di tiang bendera (braket leaf spring) nya juga kan? secara kekuatan pegangannya cuma sebesar baut 19mm ajah....
tapi ini ane liat dari modelnya mobil2 pasanger jadul, ga tau deh kalo yg buat oprut mungkin beda yah ketebalannya :e-think:
iwang wrote:oprut ya ga ideal pake leaf spring..artikulasinya terbatas kan, musti pake anting2 dsb..kalo per kan relatif lebih gampang modip2annya..bukan begitu?
kalo emang mau pake leaf, ya klem2nya dikuatin, u-bolt dikuatin..kalo u-bolt copot ya gardannya lepas jg hehehe
yup.... makanya sya bilang klw bwat oprut sya demennya model 3link hehe...

yg di bicariin di atas kan bukan dari sisi offroad. tapi dari sisi low maintanenace/durabilitas. soalnya gimanapun juga klw U-boltnya patah, toh lebih mudah dan murah btulinnya di banding klw armnya patah di suspensi coil kan? selain itu, U-bolt kan ukurannya kecil, seandainya bawa serep pun lebih mudah nyimpennya. hehe

di sini kita masuk ke kelemahan sistem leaf yah.
1. rawan AXLE WRAP, terutama klw mobilnya overaxle dan di tinggikan dgn di ganjel. di perparah lgi klw pernya sudah lemah. klw di paksa oprut berat sambil gas pol, bagian yg rawan patah U-Bolt, crossjoint, atw leafnya itu sendiri.
tpi klw mobilnya std, dan pemakaian proyek yg jarang adu gas pol mestinya sih aman..

2. travelnya lebih terbatas di banding coil, tpi bisa aja jadi panjang tampa modifikasi anting, seperti pakai per parabolic atw leafspring aftermarket lainnya. selain itu, modifikasi anting dgn revolver sampai akal2 pke perbecak jg bisa dilakukan bwat ngejar travel. masih dijadikan solusi murmer bwat oprut extrime...

3. groundclerence kurang baik, dan memakan banyak tempat.

4. kaku..


apa lgi yah....

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

iwang wrote:kelas kakap mah ga ada apa2nya sama kelas hiu..apalagi kelas paus :D :D
dana44 kayanya di CJ5/6/7 yang sumbu lebar kali yeh..?
willys sih taon lama, paling muda mungkin CJ3B yang jadi mitsubishi..(kap mesin tinggi)
setelah itu baru ford utility, tp all independent, ga pake live axle..di indo dipake di timur2..

dulu abang saya pake CJ5, bensin v8..enak denger suara mesinnya..knalpot kanan kiri..taon 80an awal waktu lagi seru2nya CJ sama hardtop buat kebut2an dijalan :D :D ada FJ40 hardtop jg, warna putih, masih baru trus diceperin..son sistem jedak jeduk..hehe
tape nya di sumputin di laci biar ga ilang ..diatas sunvisor pake rak buat kaset
hmmm bukan om, CJ5-8 yg sumbu lebar maupun sempit semuanya pakai AMC20.. kec klw yg di luar yah ada yg pke dana44.

dana44 generasi baru sekarang di pakai lagi mulai jeep TJ rubicon.

iya willys kan mbahnya jeep hehehe... tpi itu yg pling tangguh tuh... uda gtu willys mitsubishi juga ga kalah kuat..

klw utilty tuh cikal bakal SUV kota kli yah.. fullindependen tampa lowgear hehe...

wah sadis V8 stereo yah suaranya.... lebih merdu dri soun sistem apapun tuh suaranya..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz